TESIS. Oleh WASTON MALAU /SP

14 

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

ANALISIS KEHIDUPAN EKONOMI DAN SOSIAL BUDAYA

PENDUDUK DI DAERAH SLUM (SLUM AREA) DI

KELURAHAN PULO BRAYAN KOTA KECAMATAN

MEDAN BARAT KOTA MEDAN

TESIS

Oleh

WASTON MALAU

127024015/SP

PROGRAM STUDI MAGISTER STUDI PEMBANGUNAN

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS SUMATERA UTARA

MEDAN

2014

(2)

ANALISIS KEHIDUPAN EKONOMI DAN SOSIAL BUDAYA

PENDUDUK DI DAERAH SLUM (SLUM AREA) DI

KELURAHAN PULO BRAYAN KOTA KECAMATAN

MEDAN BARAT KOTA MEDAN

TESIS

Diajukan Sebagai Salah Satu Syarat Untuk Memperoleh Gelar Magister Studi Pembangunan (MSP) Program Studi Magister Studi Pembangunan

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara

Oleh

WASTON MALAU

127024015/SP

PROGRAM STUDI MAGISTER STUDI PEMBANGUNAN

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS SUMATERA UTARA

MEDAN

2014

(3)

Judul Tesis : Analisis Kehidupan Ekonomi dan Sosial Budaya Penduduk di Daerah Slum (Slum Area) di Kelurahan Pulo Brayan Kota Kecamatan Medan Barat Kota Medan

Nama Mahasiswa : Waston Malau Nomor Pokok : 127024015

Program Studi : Studi Pembangunan

Menyetujui Komisi Pembimbing

( Dr. R. Hamdani Harahap, M.Si )

Ketua Anggota

( Drs. Agus Suriadi, M.Si )

Ketua Program Studi Dekan

( Prof. Dr. M. Arif Nasution, MA ) ( Prof. Dr. Badaruddin, M.Si )

Tanggal Lulus : 28 Maret 2014

(4)

Telah diuji pada

Tanggal 28 Maret 2014

__________________________________________________________________

PANITIA PENGUJI TESIS

Ketua : Dr. R. Hamdani Harahap, M.Si Anggota : 1. Drs. Agus Suriadi, M.Si

2. Dr. Muryanto Amin, M.Si 3. Husni Thamrin, S.Sos, MSP 4. Prof. Dr. M. Arif Nasution, MA

(5)

PERNYATAAN

ANALISIS KEHIDUPAN EKONOMI DAN SOSIAL BUDAYA PENDUDUK DI DAERAH SLUM (SLUM AREA) DI

KELURAHAN PULO BRAYAN KOTA KECAMATAN MEDAN BARAT KOTA MEDAN

T E S I S

Dengan ini saya menyatakan bahwa dalam tesis ini tidak terdapat karya yang pernah diajukan untuk memperoleh gelar kesarjanaan di suatu perguruan tinggi dan sepanjang pengetahuan saya juga tidak terdapat karya atau pendapat yang pernah ditulis atau diterbitkan oleh orang lain, kecuali yang secara tertulis diacu dalam naskah ini dan disebutkan dalam daftar pustaka.

Medan, 28 Maret 2014 Penulis

Waston Malau

(6)

ANALISIS KEHIDUPAN EKONOMI DAN SOSIAL BUDAYA PENDUDUK DI DAERAH SLUM (SLUM AREA) DI

KELURAHAN PULO BRAYAN KOTA KECAMATAN MEDAN BARAT KOTA MEDAN

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kehidupan ekonomi dan sosial budaya serta strategi adaptasi dalam kehidupan ekonomi dan sosial budaya penduduk di daerah slum (slum area) di Kelurahan Pulo Brayan Kota Kecamatan Medan Barat Kota Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui studi dokumen dan studi lapangan dengan menggunakan observasi dan interview. Lingkungan XXIV Kelurahan Pulo Brayan Kota merupakan pemukiman kumuh yang ditandai oleh ciri-ciri antara lain rumah yang dibangun secara berdempetan dan tidak teratur. Dinding rumah terbuat dari tepas, papan/tripleks dan sebagian kecil terbuat dari setengah batu bata tanpa plester dan setengah papan/tripleks. Atap rumah terbuat dari seng dan rumbia. Lantai rumah telah menggunakan semen kasar dan ada yang berlantai tanah. Lingkungan pemukiman terlihat jorok, kurangnya fasilitas penerangan, air bersih dan MCK. Warga pemukiman kumuh ini merupakan kaum urban yang datang dari berbagai daerah di sekitar kota Medan. Mereka bekerja di sektor informal dengan penghasilan yang rendah, sehingga mereka berada dalam kehidupan ekonomi yang miskin. Akibatnya adalah tingkat pendidikan orang tua dan anak-anak mereka sangat rendah yaitu hanya tamat SD dan SMP, sehingga kelak mereka hanya dapat bekerja di sektor informal. Kehidupan ekonomi yang miskin menyebabkan warga pemukiman kumuh ini terpaksa harus bersikap pasrah untuk bertempat tinggal di pemukiman kumuh tersebut. Dengan demikian kemiskinan tetap tersosialisasikan dari generasi orang tua kepada anak-anak mereka. Untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya maka warga pemukiman kumuh ini mengembangkan berbagai strategi adaptasi. Strategi adaptasi dalam kehidupan ekonomi meliputi upaya mencari pekerjaan sampingan atau menambah jam kerja, meminjam uang atau mengutang di warung, mengurangi kuantitas dan kualitas makanan, menghemat atau mengurangi pengeluaran. Strategi adaptasi dalam kehidupan sosial budaya meliputi keikutsertaan dalam organisasi sosial kemasyarakatan, tetap memelihara hubungan yang baik dengan lingkungan kerabat. Adanya sikap pasrah, kemiskinan yang tersosialisasikan dan upaya mengembangkan berbagai strategi adaptasi untuk mempertahankan kelangsungan hidup merupakan ciri dari “kebudayaan kemiskinan” yang dimiliki warga pemukiman kumuh tersebut.

Kata kunci : pemukiman kumuh, kehidupan ekonomi dan sosial budaya, strategi adaptasi dan kebudayaan kemiskinan

i

(7)

THE ANALYSIS OF ECONOMIC AND SOCIO-CULTURAL LIFE OF POPULATION IN SLUM AREA IN THE PULO BRAYAN CITY

DISTRICT WEST MEDAN, MEDAN CITY

ABSTRACT

The purpose of this study is to analyze the economic and socio-cultural life as well as the adaptation strategies in social, cultural and economic life of the population in slum areas (slum area) in Pulo Brayan City District, West Medan, Medan city. The instruments for collecting data are observation sheet and interview as the qualitative data and using the document and field study. XXIV environment Pulo Brayan City district is characterized by traits that include house which is built huddled and irregular. The wall is made of the tepas, board/plywood and a little bit parts are made of half-bricks without plaster and half board / plywood. The roofs are made of corrugated iron and thatch. The floor of the house has been using the rough cement and dirt floors. The environment looks dirty, lack of facilities of lighting, water and sanitation. The slum residents are the urban people which are coming from various areas around Medan city. They work in the informal sector with low income, so they live in the poor economy. Consequently, the level of education of the parents and their children is very low that are only graduated from elementary and junior high school, so that they can only work in the informal sector. The life of the poor economy caused the slum residents are forced to live in the slums area. Thus the poverty will be socialized from the parents’ generations to their children’s generation In order to survive the life, the slum residents develop some adaptation strategies. The adaptation strategies in the economic life include some efforts such as search for the second job or increase the office hours, borrow money or borrow in the stall, reduce the quantity and quality of food, save or reduce outcome. The adaptation strategies in the social and cultural life include the participation in social organizations, and maintain a good relationship with the environment relatives. The existence of resignation, the socialized poverty and efforts to develop the adaptation strategies for survival are a hallmark of the "culture of poverty" that the residents of the slum have.

Keywords: slums area, economic and socio-cultural life, adaptation strategies and culture of poverty

ii

(8)

KATA PENGANTAR

Penulis mengucapkan puji dan syukur pada Tuhan Yang Maha Kuasa yang telah memberikan berkah-Nya kepada penulis sehingga dapat menyelesaikan penulisan tesis ini.

Selama melakukan penelitian dan penulisan tesis ini, Penulis banyak memperoleh bantuan moril dan materil dari berbagai pihak. Oleh karena itu, pada kesempatan ini penulis menyampaikan ucapan terima kasih yang tulus kepada:

1. Bapak Prof. Dr. dr. Syahril Pasaribu, DTM&H, M.Sc, (CTM), Sp.A(K), sebagai Rektor Universitas Sumatera Utara.

2. Bapak Prof. Dr. Badaruddin, M.Si sebagai Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara.

3. Bapak Prof. Dr. M. Arif Nasution, MA., selaku Ketua Program Studi Magister Studi Pembangunan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara, sekaligus sebagai Anggota Komisi Pembanding.

4. Bapak Dr. R. Hamdani Harahap, M.Si sebagai Sekretaris Program Studi Magister Studi Pembangunan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara, sekaligus sebagai Ketua Komisi Pembimbing 5. Bapak Drs. Agus Suriadi, M.Si sebagai Anggota Komisi Pembimbing

yang telah banyak memberikan arahan, motivasi dan ide-ide kepada penulis dalam proses penyelesaian tesis ini.

6. Bapak Dr. Muryanto Amin, M.Si dan Bapak Husni Thamrin, S.Sos, MSP, selaku Komisi Pembanding atas saran dan kritik yang diberikan.

7. Seluruh Dosen dan staf di Program Magister Studi Pembangunan pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara, yang telah banyak membantu baik di bidang Akademik maupun administratif. 8. Seluruh rekan – rekan seperjuangan angkatan XXV, atas dukungan dan

kerjasamanya, mudah – mudahan kita semua akan sukses, amin.

9. Seluruh informan yang telah banyak memberikan bantuan sehingga penelitian ini dapat terlaksana dengan baik.

10.Buat isteri tercinta Dra. Herlina Marpaung dan anak - anakku tersayang Sesdi Floria Malau, SPd/Oslanto Siagian, Afriliando Malau, S.Kom, Winda Febrianti Malau, SE, serta cucu tersayang Alvindo Valentino Siagian, terima kasih atas dukungan dan motivasi yang kalian berikan.

Penulis menyadari tesis ini masih banyak memiliki kekurangan dan jauh dari sempurna. namun harapan penulis semoga tesis ini bermanfaat bagi seluruh pembaca. Semoga kiranya Tuhan Yang Maha Kuasa memberkati kita semua. Amin.

Medan, 28 Maret 2014 Penulis

Waston Malau

(9)

RIWAYAT HIDUP

I. Identitas Pribadi

Nama : Waston Malau

Tempat/ Tgl. Lahir : Balige, 18 Januari 1960

Alamat : Jl. Abadi No. 65 Tj. Rejo Medan Agama : Kristen Protestan

Status : Kawin II. Keluarga :

Isteri : Dra. Herlina Marpaung

Anak : 1. Sesdi Floria Malau, S.Pd/Oslanto Siagian 2. Afriliando Malau, S.Kom

3. Winda Febrianti Malau, SE Cucu : Alvindo Valentino Siagian III. Pendidikan :

SD Fajar Binjai, tahun 1965 - 1971 SMP Negeri 3 Binjai, tahun 1972 - 1974 SMA Negeri 1 Binjai, tahun 1975 - 1977 IKIP Negeri Medan, tahun 1978 - 1984

Magister Studi Pembangunan FISIP USU Medan, tahun 2012 - 2014 IV. Pekerjaan :

CPNS IKIP Medan, tahun 1985

Dosen Prodi Antropologi UNIMED (IKIP) , 1986 - sekarang

Medan, 28 Maret 2014 Penulis

Waston Malau

iv

(10)

DAFTAR ISI

ABSTRAK ... i

ABSTRACT ……… ii

KATA PENGANTAR ………. iii

RIWAYAT HIDUP ……….. iv

DAFTAR ISI ………. v

DAFTAR TABEL ……… vii

DAFTAR GAMBAR ……….. viii

DAFTAR LAMPIRAN ………. ix

BAB I PENDAHULUAN ………. 1

1.1. Latar Belakang Masalah ………... 1

1.2. Rumusan Masalah ……….... 3

1.3. Tujuan Penelitian ………. 8

1.4. Manfaat Penelitian ………... 8

BAB II TINJAUAN KEPUSTAKAAN ……… 10

2.1. Urbanisasi dan Perkembangan Kota ……… 10

2.2. Pemukiman Kumuh (Daerah Slum) ………. 20

2.3. Kemiskinan dan Kebudayaan Kemiskinan ……….. 26

2.4. Defenisi Konsep ……….. 35

2.5. Kerangka Pemikiran ……… 36

BAB III METODE PENELITIAN ……… 38

3.1. Jenis Penelitian ……… 38

3.2. Lokasi Penelitian ……… 38

3.3. Informan Penelitian ………. 39

3.4. Teknik Pengumpulan Data ……….. 40

3.5. Teknik Analisa Data ……… 41

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN …….. 42

4.1 Gambaran Umum Lokasi Penelitian ……… 42

4.1.1. Letak Kelurahan Pulo Brayan Kota ……… 42

4.1.2. Keadaan Penduduk ……….. 45

4.1.3. Sarana Pendidikan ……… 51

4.1.4. Sarana Kesehatan ………. 52

4.2. Kondisi Fisik Pemukiman Kumuh ……….. 53

4.3. Kehidupan Ekonomi Penduduk ……….. 60

4.3.1. Pekerjaan ………. 60

4.3.2. Pendapatan dan Pengeluaran ……….. 62

4.3.3. Kepemilikan Rumah dan Peralatan Rumah Tangga ……… 66

4.3.4. Kepemilikan Alat-alat Transportasi dan Elektronik ……….. 71

v

(11)

4.4. Kehidupan Sosial Budaya Penduduk ……… 72

4.4.1. Pendidikan ……… 72

4.4.2. Organisasi Sosial ……… 74

4.4.3. Interaksi Sosial Budaya ……… 76

4.5. Strategi Adaptasi dalam Mengatasi Kemiskinan…… 78

4.5.1. Strategi Adaptasi dalam Kehidupan Ekonomi 79

4.5.2. Strategi Adaptasi dalam Kehidupan Sosial Budaya ……….. 85

4.6. Analisis Teoritis Tentang Pemukiman Kumuh …… 89

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN ……… 91

5.1. Kesimpulan ……….. 91

5.2. Saran ……… 92

DAFTAR PUSTAKA ... 94

vi

(12)

DAFTAR TABEL

No. Judul Halaman 4.1. Lingkungan, Luas Wilayah dan Jumlah Penduduk ………….. 44 4.2. Komposisi Penduduk Berdasarkan Suku Bangsa ………. 47 4.3. Komposisi Penduduk Berdasarkan Mata Pencaharian Hidup… 50 4.4. Sarana Pendidikan ……… 51 4.5. Sarana Kesehatan ………. 52 4.6. Matriks Kehidupan Ekonomi dan Sosial Budaya Serta

Strategi Adaptasi Mengatasi Kemiskinan ………. …….. 88

vii

(13)

DAFTAR GAMBAR

No. Judul Halaman 2.1. Kerangka Pemikiran ……… 37 4.1. Nama Kelurahan dan Luas Wilayah (Ha) ………... 43 4.2. Komposisi Penduduk Berdasarkan Jenis Kelamin ……. 45 4.3. Komposisi Penduduk Berdasarkan Usia ………. 46 4.4. Komposisi Penduduk Berdasarkan Agama ………….. . 48 4.5. Komposisi Penduduk Berdasarkan Tingkat Pendidikan 49 4.6. Jarak Rumah Penduduk dengan Rel Kereta Api …….. .. 53 4.7. Kondisi Fisik Rumah Penduduk ………. .. 55 4.8. Sumur Galian untuk Keperluan MCK ………. 56 4.9. Saluran Pembuangan Air Limbah dari Rumah Penduduk 57 4.10 Tempat Pembuangan Sampah ………. 58 4.11. Genangan Air di Depan Rumah Penduduk ……… 59 4.12. Kondisi Atap Rumah Penduduk ……….. 69 4.13. Beca Dayung/Bermotor Sebagai Alat Transportasi dan

Untuk Mencari Nafkah ………. 72

viii

(14)

DAFTAR LAMPIRAN

No. Judul Halaman

1. Daftar Informan ………. 97

2. Pedoman Wawancara ………... 100

3. Pedoman Observasi ……… 102

4. Peta Wilayah Kecamatan Medan Barat ………. 103

5. Peta Wilayah Kelurahan Pulo Brayan Kota …………... 104

ix

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :