Sistem Informasi Penjualan Berbasis Website pada Cyber Book Center

29 

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

TUGAS MATA KULIAH

SISTEM E-BISNIS

Sistem Informasi Penjualan Berbasis Website pada

Cyber Book Center

Disusun Oleh :

Nama

: Rr. Dewi Nilamsari

NIM

: J4F008025

PROGRAM

 

PASCA

 

SARJANA

 

SISTEM

 

INFORMASI

UNIVERSITAS

 

DIPONEGORO

 

SEMARANG

 

(2)

TUGAS MATA KULIAH SISTEM E-BISNIS

Sistem Informasi Penjualan Berbasis

Website

pada Cyber Book Center

I. Latar

Belakang

Perkembangan teknologi informasi membawa perubahan penting dalam perkembangan peradaban dunia. Hal ini ditandai dengan perubahan paradigma dalam masyarakat, dari kekuatan ekonomi produsen ke kekuatan pasar. Oleh karena kebutuhan manusia akan informasi, maka teknologi pun berkembang dengan menitikberatkan kepada aspek pengumpulan, penyediaan dan pengolahan informasi yang berkualitas dan tepat guna. Teknologi ini dikenal dengan istilah teknologi informasi.

Teknologi informasi yang makin berkembang menyebabkan kebutuhan akan informasi yang akurat dan valid sangat diperlukan oleh berbagai pihak. Karena itu perkembangan suatu sistem informasi sangat perlu ditingkatkan, sehingga fungsi informasi sebagai sarana pengambilan keputusan lebih terjamin.

Sistem komputerisasi merupakan suatu sistem informasi yang sangat dibutuhkan guna mengikuti perkembangan jaman yang demikian pesatnya. Seiring dengan hal itu kebutuhan akan komputer juga semakin meningkat baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya. Saat ini sistem komputer yang cepat dan akurat sangat dibutuhkan karena setiap pihak yang berkepentingan selalu berusaha ingin mendapatkan data maupun informasi yang lengkap pada saat dibutuhkan.

Internet merupakan salah satu media penyampaian sistem informasi melalui perangkat komputer yang sedang berkembang pesat. Internet telah menjadi sebuah gaya hidup dalam masyarakat. Internet mampu menyampaikan informasi dari satu area ke area lain dengan kecepatan yang tinggi tanpa batasan-batasan fisik. Dewasa ini, sebagian besar perusahaan sudah mulai menggunakan teknologi internet sebagai media pemasaran dan informasi melalui website e-commerce.

Aplikasi ini disediakan bagi dunia bisnis untuk mendekatkan produsen dan konsumen tanpa batasan waktu serta lokasi.

(3)

Cyber Book Center sebagai salah satu UKM berbentuk Gerai di Jalan Pandega Rini 26B, Yogyakarta. Cyber Book Center menyediakan dan melayani pemesanan buku-buku di bidang Teknologi Informasi. Selama ini, sistem penjualan dilakukan secara langsung, yaitu konsumen datang sendiri ke Gerai Cyber Book Center untuk melakukan pemesanan dan pembelian buku yang diinginkannya.

Dalam perkembangan usahanya, Cyber Book Center mengalami beberapa kendala antara lain :

1. Penyebaran informasi mengenai buku-buku yang ditawarkan melalui brosur dan media cetak masih terbatas di daerah Yogyakarta dan sekitarnya sehingga area pemasaran terbatas.

2. Cyber Book Center memiliki jam kerja mulai pukul 09.00 hingga 21.00. Hal ini menyebabkan konsumen dari luar kota harus menyesuaikan dengan jam kerja Cyber Book Center jika ingin melakukan order. Kesulitan ini akan berdampak mengurangi pemasukan dari sisi Cyber Book Center, sedangkan dari sisi konsumen akan mengurangi kenyamanan dan kemudahan dalam bertransaksi.

Untuk mengatasi masalah di atas, maka diperlukan website e-commerce sebagai media yang melayani transaksi penjualan secara online. Mengingat pentingnya perancangan sistem informasi penjualan berbasis website, maka penelitian ini dilakukan dengan kerangka pikir sebagai berikut :

Gambar 1. Kerangka Pikir

Input

Proses

Output

Perancangan

E-Commerce

Analisis sistem

(4)

II. Konsep Dasar Sistem Informasi

II.1. Pengertian Sistem

1. Sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran tertentu (Jogiyanto H.M, 2005).

2. Sistem adalah sebuah kumpulan elemen-elemen atau komponen-komponen yang diorganisasikan untuk suatu tujuan tertentu. Kata “sistem” biasanya menggambarkan sebuah organisasi atau sebuah rencana dan kadang juga menggambarkan sebuah bagian dari sebuah sistem yang lebih besar (seperti pada “sistem komputer”).

http://searchwin2000.techtarget.com/sDefinition/0,,sid1_gci2130 83,00.html

II.2. Pengertian Informasi

1. Informasi adalah data yang sudah diolah menjadi suatu bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat dalam mengambil keputusan saat ini atau mendatang (Jogiyanto HM, 2005).

2. Informasi adalah pengetahuan dari hasil pengolahan data-data yang berhubungan menjadi sebuah kesimpulan. Beberapa data dapat dinyatakan sebagai informasi bila dari sedikit data tersebut sudah dapat ditarik sebuah kesimpulan. http://www.uny.ac.id/akademik/sharefile/files/0203200862204_

II.3. Pengertian Sistem Informasi

1. Sistem informasi adalah sebuah sistem dalam suatu sistem organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat managerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan yang dibutuhkan (Jogiyanto HM, 2005).

(5)

III. Internet

III.1. Konsep Dasar Internet

Sejarah terciptanya internet diawali di Amerika Serikat. Internet disusun oleh

Advanced Research Projects Agency (ARPA) milik pemerintah Amerika pada tahun 1969 dan pertama kalinya dinamakan ARPANet. Tujuan aslinya adalah untuk membuat sebuah jaringan yang bisa memampukan para user dari sebuah komputer riset pada sebuah university untuk dapat “berbicara” pada komputer-komputer riset di universitas-universitas lain. Keuntungan sampingan dari desain ARPANet adalah pesan-pesan dapat dirutekan atau dirutekan ulang pada lebih dari satu arah. Jaringan dapat tetap berfungsi bahkan jika ada bagian-bagian dari jaringan tersebut rusak karena serangan militer atau oleh bencana lainnya. . Internet adalah suatu komunitas dunia yang sifatnya sangat demokratis serta memiliki kode etik yang dihormati segenap anggotanya. Manfaat internet terutama diperoleh melalui kerjasama antar pribadi atau kelompok tanpa mengenal batas jarak dan waktu.

www.litbang.depkes.go.id/tik/media/Pengantar_WWW.doc

Dunia teknologi komputer dan informasi berkembang pesat dan maju, termasuk didalamnya adalah teknologi internet. Para produsen komputer, terutama mikroprosesor, berlomba-lomba untuk menemukan komputer yang canggih dan umumnya komputer-komputer tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan akan informasi, terutama informasi melalui internet. Internet pulalah yang membuat dunia informasi berkembang dengan sangat mencengangkan. Beberapa tahun yang lalu informasi umumnya hanya diperoleh melalui media masa baik yang bersifat cetak, seperti surat kabar atau buku, maupun elektronik seperti televisi dan radio. Media-media informasi tersebut memiliki beberapa kekurangan, antara lain hanya memberi informasi saja, tetapi tidak dapat “mencarikan” informasi yang kita butuhkan, juga memiliki keterbatasan waktu karena dibatasi oleh waktu terbit ataupun waktu tayang. Dengan internet, kita dapa mencari hampir semua informasi yan kita butuhkan dan tidak terbatas oleh waktu dan tempat, karena internet “dibuka” 24 jam sehari dan 356 hari setahun.

III.2. Pengertian Internet

(6)

dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif. Ada beberapa jenis layanan yang disediakan di internet, yaitu :

a. WWW (World Wide Web), merupakan layanan dari internet yang membuat internet berkembang dengan sangat pesat. Dengan WWW, kita bisa mendapatkan informasi dalam bentuk multimedia, tidak pada seperti kebanyakan layanan internet lainnya yang sebagian besar masih berbasiskan text.

b. FTP (File Transfer Protocol) adalah protocol internet yang mengkhususkan diri melayani proses transfer atau pengiriman file.

c. E-mail (Electronic Mail) adalah salah satu fasilitas yang paling populer di dalam internet. Fungsi dasar e-mail yang sering digunakan, yaitu mengirim dan menerima surat, serta menyimpan atau membuang surat secara cepat, mudah dan akurat. Dan fungsi tambahan e-mail yaitu mencetak surat, serta menyisipkan file.

IV.

World Wide Web

(WWW)

IV.1. Pengertian WWW

World Wide Web (WWW) merupakan sumber-sumber informasi yang berada dalam jaringan yang berbasiskan komputer dimana user dapat bergerak di dalamnya dengan menggunakan links dari suatu dokumen ke dokumen lainnya. Informasi yang terdapat pada WWW tersebar pada semua komputer di seluruh dunia ini.

Web muncul atas ide dari Tim Beners-Lee, seorang peneliti pada CERN Particle Physics Lab (Laboratorium Fisika Partikel Eropa) di Jenewa, Swiss pada tahun 1989. Ide ini awalnya dinamakan Global Hypertext Space yang terus berkembang hingga beralih nama menjadi World Wide Web (WWW). Web mulai online pada tahun 1992. Web merupakan salah satu layanan multimedia untuk mempermudah akses informasi yang merupakan gabungan dari teks, animasi, grafik, suara. http://encarta.msn.com/find/concise.asp?ti=761579872&sid=1#s1

IV.2. Komponen-Komponen Website

Komponen-komponen yang harus ada dalam suatu website agar berjalan dengan baik antara lain :

(7)

adalah URL. Contoh sebuah URL adalah http://www.yahoo.com. Secara garis besar, domain name terbagi menjadi 2 macam :

a. Generic Domains

Merupakan domain name yang berakhiran dengan .Com .Net .Org .Edu .Mil atau .Gov. Jenis domain ini tidak berafiliasi berdasarkan negara, sehingga siapapun dapat mendaftar.

Ø.com : merupakan top level domain yang ditujukan untuk kebutuhan "commercial".

Ø.edu : merupakan domain yang ditujukan untuk kebutuhan dunia pendidikan (education)

Ø.gov : merupakan domain untuk pemerintahan (government)

Ø.mil : merupakan domain untuk kebutuhan angkatan bersenjata (military) Ø.org : domain untuk organisasi atau lembaga non profit (Organization). b. Country-Specific Domains

Merupakan domain yang berkaitan dengan dua huruf ekstensi seperti .id(Indonesia), .au(Australia), .jp(Jepang) dan lain lain. Domain ini dioperasikan dan didaftarkan di masing-masing negara. Beberapa contoh Country-Specific Domains :

Ø.co.id : Untuk Badan Usaha yang mempunyai badan hukum sah Ø.ac.id : Untuk Lembaga Pendidikan

Ø.go.id : Khusus untuk Lembaga Pemerintahan Republik Indonesia

Ø.web.id : Ditujukan bagi badan usaha, organisasi ataupun perseorangan yang melakukan kegiatannya di Worl Wide Web.

Nama domain dari tiap-tiap situs di seluruh dunia tidak ada yang sama sehingga tidak ada satupun situs yang akan dijumpai tertukar nama atau tertukar halaman situsnya.

(8)

3. Scripts (Bahasa Program) merupakan bahasa yang digunakan untuk menerjemahkan setiap perintah dalam situs saat diakses. Semakin banyak ragam scripts yang digunakan maka akan terlihat situs semakin dinamis, dan interaktif serta terlihat bagus. Jenis jenis scripts yang banyak dipakai para designer antara lain HTML, ASP, PHP, JSP, Java Scripts. Bahasa dasar yang dipakai setiap situs adalah HTML sedangkan ASP dan lainnya merupakan bahasa pendukung yang bertindak sebagai pengatur dinamis, dan interaktifnya situs.

4. Design Web setelah memiliki domain dan hosting serta penguasaan scripts, unsur situs yang paling penting dan utama adalah design. Design web sangat menentukan kualitas dan keindahan situs. Design sangat berpengaruh kepada penilaian pengunjung akan bagus tidaknya sebuah web site. Untuk membuat situs biasanya dapat dilakukan sendiri atau menyewa jasa web designer. Saat ini sangat banyak jasa web designer, terutama di kota-kota besar. Kualitas suatu situs sangat ditentukan oleh kualitas designer. Semakin banyak penguasaan web designer tentang beragam program/software pendukung pembuatan situs maka akan dihasilkan situs yang semakin berkualitas, demikian pula sebaliknya.

IV.3. Cara Kerja dan Keamanan Website

Informasi web disimpan dalam dokumen yang disebut dengan halaman web. Halaman web disimpan dalam komputer yang disebut server web. Web client adalah komputer yang membaca halaman web. Server web mengolah dan menerima informasi yang diminta oleh web client. Jika web client meminta suatu informasi, maka server web akan mencari file yang diminta dan mengirimkannya pada web

client.

Perkembangan teknologi yang ditandai dengan makin mudahnya pencarian serta transfer data melalui internet memungkinkan terjadinya pembajakan data. Oleh karena itu, keamanan menjadi hal yang sangat penting. Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk memproteksi sistem komputer antara lain :

1. Melakukan instalasi sistem Firewall pada jaringan komputer untuk melindungi Proxy Server.

2. Mempekerjakan seorang database administrator untuk menangani jaringan tersebut.

(9)

IV.4. Hypertext Markup Language (HTML)

HTML (HyperText Markup Language) merupakan suatu metoda untuk mengimplementasikan konsep hypertext dalam suatu naskah atau dokumen. HTML sendiri bukan tergolong pada suatu bahasa pemrograman karena sifatnya yang hanya memberikan tanda (marking up) pada suatu naskah teks dan bukan sebagai program. http://www.total.or.id/info.php?kk=HTML

Sebagian besar kode HTML terletak di antara tag kontainer yang diawali dengan <nama tag> dan diakhiri </nama tag>. Sebuah halaman web minimal mempunyai empat tag,yaitu :

a) <HTML> sebagai tanda awal dokumen HTML.

b) <HEAD> sebagai informasi page header. Di dalam tag ini kita bisa meletakkan tag-tag Title, Base, Link, Script, Style dan Meta.

c) <TITLE> sebagai judul halaman. Kalimat yang terletak di dalam tag ini akan muncul pada title bar.

d) <BODY> bisa diletakkan berbagai page atribute seperti warna, latar belakang, dan lain-lain.

Contoh skrip HTML :

<html>

<head>

<title>Contoh Format HTML</title> </head>

<body>

<p><b>Format dokumen dengan huruf tebal</b></p> <p><i>Format dokumen dengan huruf miring</i></p>

<p><u>Format dokumen dengan huruf bergaris bawah</u></p>

<p><b><i><u>Format dokumen dengan huruf tebal, miring, dan bergaris bawah</u></i></b></p>

<h1>Heading 1</h1><h2>Heading 2</h2> </body>

(10)

IV.5. Hypertext Transfer Protocol (HTTP)

HTTP singkatan dari Hypertext Transfer Protocol yang merupakan suatu protokol yang digunakan oleh World Wide Web. HTTP mendefinisikan bagaimana suatu pesan bisa diformat dan dikirimkan dari server ke client. HTTP juga mengatur kegiatan apa saja yang harus dilakukan oleh web server dan juga web browser

sebagai respon atas perintah-perintah yang ada pada protokol HTTP ini.

IV.6. Browser

Perangkat lunak (software) yang digunakan untuk mengakses World Wide Web. Kemampuan dari sistem ini di antaranya adalah menampilkan informasi yang terdapat pada suatu alamat di internet serta menuju halaman lain yang terkait yang disediakan oleh halaman tersebut. Contoh-contoh browser yang ada pada saat ini adalah Mozilla Firefox, Microsoft Internet Explorer, Google Chrome, dan lainnya.

http://www.total.or.id/info.php?kk=browser

IV.7. Server

Sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Server didukung dengan processor yang bersifat scalable

dan RAM yang besar, juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus, yang disebut sebagai sistem operasi jaringan atau network operating system. Contoh sistem operasi server adalah Windows 2000 Server dan Windows Server 2003.

http://id.wikipedia.org/wiki/Server

IV.8. Client

Client adalah program yang melakukan permintaan atau seorang user dalam sebuah hubungan client/server. Adanya client ini, memudahkan koneksi ke komputer server, dan mengatur serta menjaga hubungan dari sumber daya lainnya.

http://www.total.or.id/info.php?kk=Client

IV.9. Firewall

Firewall adalah suatu set program yang berhubungan dan terletak pada

gateway server dari sebuah jaringan, yang memberikan proteksi kepada resource jaringan privat terhadap pengguna dari jaringan yang lain.

(11)

V. PHP

PHP adalah bahasa program yang berbentuk script yang digunakan dalam dunia website (Abdul Kadir, 2002). Tujuan utama penggunaan PHP adalah untuk memudahkan designer dalam merancang web. Sistem kerja dari PHP adalah sebagai bahasa interpreter bukan sebagai bahasa compiler dimana saat menjalankan bentuk program, kode dasar, secara langsung akan dijalankan tanpa harus menghiraukan kesalahan yang ada. Kelebihan utama PHP adalah dapat menghubungkan database dengan web sehingga aplikasi dapat dibuat dengan mudah.

PHP singkatan dari PHP Hypertext Preprocessor. PHP merupakan bahasa berbentuk script yang ditempatkan dalam server dan diproses di server. Hasilnyalah yang dikirim ke klien, tempat pemakai menggunakan browser. Kelahiran PHP bermula saat Rasmus Lerdorf membuat script Perl yang dapat mengamati siapa saja yang melihat daftar riwayat hidupnya, yakni tahun 1994. Skrip-skrip ini selanjutnya dikemas menjadi tool yang disebut “Home Page Tool”. Paket inilah yang menjadi cikal bakal PHP. Pada tahun 1995, Rasmus menciptakan PHP/F1 versi 2. Pada versi inilah pemrogram dapat menempelkan kode terstruktur di dalam tag HTML. Yang menarik, kode PHP juga bisa berkomunikasi dengan database dan melakukan perhitungan yang kompleks sambil jalan (Abdul Kadir, 2003).

Pada saat ini, PHP populer sebagai peranti pemrograman Web, terutama di lingkungan Linux. PHP juga dapat berfungsi pada server-server yang berbasis UNIX, Windows NT, dan Macintosh.

V.1. Konsep Kerja PHP

Model kerja HTML diawali dengan permintaan suatu halaman web oleh browser. Berdasarkan URL (Uniform Resource Located) atau dikenal dengan sebutan alamat internet, browser mendapatkan alamat dari web server, mengidentifikasi halaman yang dikehendaki dan menyampaikan segala informasi yang dibutuhkan oleh web server (Abdul Kadir, 2002).

(12)

dikirimkan ke mesin PHP dan mesin inilah yang memproses dan memberikan ke klien.

V.2. Elemen Dasar PHP 1. Pengenal

Pengenal banyak digunakan dalam program untuk memberi nama variabel, fungsi, atau kelas. Aturan penamaan yang berlaku untuk pengenal :

a. Karakter yang dapat digunakan adalah huruf, angka, underscore. b. Karakter pertama harus berupa huruf atau underscore.

c. Panjang pengenal bisa berapa saja. d. Huruf kecil dan huruf kapital dibedakan. 2. Tipe data

Tipe data dasar pada PHP ada tiga macam, yaitu :

a. Integer, menyatakan tipe data bilangan bulat dengan jangkauan kira-kira kurang dari 2 milyar hingga lebih dari 2 milyar.

b. Double, menyatakan tipe data bilangan real atau titik-mengambang, yaitu bilangan yang mempunyai bagian pecahan.

c. String, menyatakan tipe data teks (sederetan karakter yang tidak menyatakan bilangan).

V.3. PHP dan Database

Salah satu kelebihan dari PHP adalah mampu berkomunikasi dengan berbagai database. Dengan demikian, menampilkan data yang bersifat dinamis, yang diambil dari database, merupakan hal yang mudah untuk diimplementasikan. Itulah sebabnya sering dikatakan bahwa PHP sangat cocok untuk membangun halaman-halaman web dinamis (Abdul Kadir, 2002)

Pada saat ini PHP sudah dapat berkomunikasi dengan berbagai database meskipun dengan kelengkapan yang berbeda-beda. Beberapa di antaranya adalah Microsoft Access dan MySQL

VI. MySQL

(13)

banyak digunakan oleh programmer. MySQL dijalankan menggunakan bahasa SQL. Bahasa SQL adalah suatu bahasa permintaan terstruktur yang telah distandarkan untuk semua program pengakses database seperti Oracle, SQL Server. Bahasa ini pada awalnya dikembangkan oleh IBM, namun diadopsi dan digunakan sebagai standar industri.

MySQL termasuk jenis RDBMS (Relation Data Base Management System). Itulah sebabnya istilah seperti tabel, baris, dan kolom digunakan pada MySQL. Pada MySQL database mengandung satu atau sejumlah tabel. Tabel terdiri atas sejumlah baris dan setiap baris mengandung satu atau beberapa kolom.

VII.

Macromedia Dreamweaver

Macromedia Dreamweaver adalah suatu bentuk program editor web yang dibuat oleh Macromedia. Program ini memiliki 2 bentuk layer, yaitu halaman design

dan halaman code sehingga memudahkan programmer dalam menambahkan script. Dalam hal mendesain website, Macromedia Dreamweaver sangat bagus karena menyediakan banyak objek website seperti layer, frame, tabel, dan masih banyak lagi.

VIII.

E-Commerce

E-Commerce merupakan satu set dinamis teknologi, aplikasi dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen dan komunitas tertentu melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang , pelayanan dan informasi yang dilakukan secara elektronik. E-Commerce dapat diartikan sebagai segala bentuk transaksi perdagangan barang atau jasa (trade of goods and service) dengan menggunakan media elektronik. http://students.ukdw.ac.id/~22033156/index.php?E-Commerce_and_E-Business:Definition

Keuntungan yang diperoleh dengan menggunakan transaksi melalui E-Commerce bagi suatu perusahaan adalah sebagai berikut :

1. Meningkatkan pendapatan dengan menggunakan online channel yang biayanya lebih murah.

2. Mengurangi biaya-biaya yang berhubungan dengan kertas, seperti biaya pos surat, pencetakan, report, dan sebagainya.

(14)

IX. Pengertian Penjualan

Penjualan adalah suatu proses transaksi di mana terjadi pertukaran barang dengan sejumlah uang atas kesepakatan dari kedua belah pihak, yaitu antara penjual dan pembeli. Penjualan dan pemasaran merupakan dua kegiatan yang berbeda. Pemasaran meliputi kegiatan yang luas, sedangkan penjualan merupakan salah satu kegitan dalam pemasaran. ( Philip Kotler, 2002 ). Ada dua jenis penjualan, yaitu :

1. Penjualan tunai, suatu proses penjualan yang dilakukan oleh perusahaan dengan cara mewajibkan pembeli melakukan pembayaran harga barang lebih dahulu sebelum barang diserahkan oleh perusahaan kepada pembeli.

2. Penjualan kredit, suatu proses penjualan barang atau jasa yang pembayarannya dilakukan dalam jangka waktu yang ditentukan sehingga menimbulkan piutang.

IX.1. Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Penjualan 1. Kondisi dan kemampuan penjual

Seorang penjual harus dapat meyakinkan pembeli agar dapat berhasil mencapai sasaran penjualan yang diharapkan untuk maksud tersebut, penjual harus memahami beberapa masalah penting yang berkaitan yaitu: harga produk, pelayanan, pembelian, pengiriman.

2. Kondisi pasar

Kondisi pasar sangat mempengaruhi tingkat penjualan. Kondisi pasar yang perlu diperhatikan adalah jenis pasar, segmen pasar, daya beli, frekuensi pembelian, keinginan dan kebutuhannya.

3. Modal

(15)

IX.2. Masalah Aktivitas Penjualan

Masalah yang dihadapi dalam aktivitas penjualan adalah sebagai berikut: 1. Produk, pimpinan perusahaan harus menentukan produk apa yang akan dijual

dan berapa jumlah produk yang akan dijual.

2. Penetapan harga, berapa harga produk yang akan dijual supaya dapat bersaing dengan harga barang yang sejenis di pasaran dan bagaimana syarat penjualan yang akan diberikan.

3. Distribusi, kepada siapa produk tersebut ditujukan dan apakah perusahaan akan menjual langsung kepada konsumen atau melalui saluran lain seperti pedagang besar.

4. Metode penjualan, bagaimana caranya produk tersebut dijual dan bagaimana cara perusahaan memasarkan produknya.

XI. Metode Penelitian

XI.1. Data Primer

Data primer merupakan jenis dan sumber data yang diperoleh secara langsung dari sumber pertama. Ada 2 metode yang digunakan untuk mengumpulkan data primer :

a. Metode Observasi

Metode observasi dilakukan dengan mengadakan pengamatan secara langsung terhadap objek yang akan diteliti yaitu Gerai Cyber Book Center.

b. Metode survey

Metode survey dilakukan dengan wawancara tatap muka (personal atau face to face interview) dengan pemilik Gerai Cyber Book Center yang membantu dalam memberikan penjelasan mengenai sistem yang sedang berjalan.

XI.2. Data Sekunder

(16)

XI.3. Metode Analisis data 1. Tahap Investigasi Awal

Tahap ini merupakan tahap pengidentifikasian masalah yang ada dengan jelas dan menjadi dasar dalam melakukan analisis sistem.

2. Tahap Analisis Masalah

Tahap ini bertujuan menganalisis sistem lama yang sedang berjalan dan merancang sistem baru yang dibutuhkan berdasarkan kebutuhan pengguna. 3. Tahap Pembuatan Desain

Setelah melakukan analisis sistem, maka analis sistem membuat sebuah desain sistem yang baru.

XI.4. Gambaran Umum Gerai Cyber Book Center

Gerai Cyber Book Center adalah sebuah toko buku yang menyediakan segala bentuk referensi tertulis di bidang Teknologi Informasi, baik itu berupa buku, majalah, ataupun tabloid. Cyber Book Centre dirintis oleh Eko Pintoro sejak 12 Januari 2004. Semula dengan berbekal 10 buku saja Cyber Book Centre mulai mengembangkan sayapnya, dengan semakin banyaknya permintaan maka didirikanlah gerai kecil Cyber Book Centre di Jl. Pandega Rini 26B, Yogyakarta.

Pada awalnya Gerai Cyber Book Center hanya melayani pembelian dan pemesanan buku-buku untuk DIY dan sekitarnya. Seiring dengan kemajuan teknologi dan banyaknya permintaan, Gerai Cyber Book Center ingin memperluas daerah pemasarannya hingga ke tingkat nasional.

XII. Hasil dan Pembahasan

XII.1. Investigasi Awal

Tahap investigasi awal merupakan tahap awal dari analisis sistem. Tahap ini merupakan tahap pengidentifikasian masalah yang ada dengan jelas dan menjadi dasar dalam melakukan analisis sistem dan bertujuan untuk menentukan luas proyek serta batasan masalah yang ada.

(17)

Center menyediakan informasi produk yang dijual secara lengkap dan up to date

untuk konsumen.

XII.2. Analisa Sistem Lama

Pada tahap ini, dilakukan pengamatan terhadap gambaran sistem dan prosedur yang saat ini sedang berjalan di Gerai Cyber Book Center. Saat ini, Cyber Book Center menawarkan produknya melalui media pemasaran brosur. Selain itu, Cyber Book Center turut serta membuka stand pada beberapa acara pameran buku di wilayah DIY. Akan tetapi, media iklan tersebut memiliki beberapa kendala sehingga kurang maksimal dalam mempromosikan produk.

Beberapa kendala yang terdapat pada sistem lama yaitu :

1. Fakta : penyebaran informasi mengenai produk-produk yang ditawarkan termasuk harga dan penawaran khusus melalui brosur yang disebarkan Cyber Book Center belum tersebar luas. Masalah : banyak konsumen yang tidak mengetahui dan harus datang ke Gerai Cyber Book Center secara langsung untuk mengetahui informasi-informasi tersebut.

2. Fakta : keterbatasan tempat dalam brosur sehingga tidak dapat memuat semua informasi produk yang ditawarkan. Masalah : banyak produk yang tidak tercantum dalam brosur. Hanya produk-produk tertentu yg dipromosikan sesuai dengan space yang terdapat dalam brosur.

3. Fakta : Gerai Cyber Book Center tidak melayani transaksi penjualan selama 24 jam dalam sehari karena terkendala oleh masalah waktu jam kerja. Masalah : hal ini akan menyebabkan konsumen dari luar kota harus menyesuaikan dengan jam kerja Gerai Cyber Book Center sehingga akan berdampak mengurangi pemasukan dari sisi perusahaan dan dari sisi konsumen akan mengurangi kenyamanan dan kemudahan dalam bertransaksi.

(18)

XII.2. Analisa Sistem Baru

Untuk mengatasi kendala yang dihadapi pada sistem lama, penulis menggunakan website sebagai media penjualan produk Cyber Book Center. Dengan berbagai kelebihan yang dimiliki, website sebagai media iklan lebih bermanfaat, efektif dan efisien.

Beberapa kelebihan yang dimiliki website antara lain :

1. Penyediaan informasi yang lengkap dan up to date mengenai produk-produk yang dijual di Cyber Book Center, termasuk detail informasi dan harganya. Dengan adanya website yang memuat informasi yang lengkap ini maka konsumen hanya perlu terhubung dengan internet dan mengakses situs Cyber Book Center untuk mengetahui segala informasi yang dibutuhkan sehingga penyebaran informasi dapat lebih meluas dan meningkat.

2. Kenyamanan dan kemudahan dalam bertransaksi dapat dicapai dengan memberikan fasilitas e-commerce. Dengan e-commerce, sebuah website akan

online 24 jam dalam sehari untuk melayani konsumen dalam melakukan transaksi.

3. Penyediaan fasilitas searching untuk memudahkan konsumen mencari barang yang diinginkan.

XIII. Cara Kerja Website

a. Menu Home Page

Menu home page merupakan halaman pertama yang muncul saat konsumen mengakses website. Halaman ini terbagi menjadi 2 bagian, yaitu kiri dan kanan. Pada bagian kiri, ada beberapa pilihan yang dapat kita akses antara lain :

1. Pencarian

Pencarian merupakan fasilitas yg diberikan situs Cyber Book Center bagi konsumen yang belum terdaftar sebagai Member, gunanya adalah memudahkan konsumen baru untuk mencari buku yang diinginkannya. Fasilitas pencarian ini didasarkan pada kategori buku.

2. 10 Koleksi Buku Terbaru

(19)

3. Form Login

Form Login digunakan oleh konsumen yang telah menjadi Member untuk melakukan transaksi on line. Dengan mengisikan kolom username dan

password maka konsumen yang telah menjadi Member secara otomatis dapat melakukan transaksi.

4. Statistik Pengunjung

Statistik Pengunjung merupakan informasi yang memberikan keterangan jumlah pengunjung website Cyber Book Center.

Pada bagian kanan, ada beberapa pilihan yang dapat diakses antara lain : 1. Kata Persembahan

Kata Persembahan memberikan informasi khususnya bagi konsumen baru yang belum terdaftar sebagai Member. Kata Persembahan ini berisi profil singkat Gerai Cyber Book Center.

2. Request Pelanggan

Request Pelanggan memberikan layanan bagi Member ataupun konsumen baru mengenai referensi buku jika persediaan buku tidak ada pada Cyber Book Center. Dengan mengisikan informasi pada kolom nama, alamat e-mail, dan buku apa yang dipesan, maka informasi balasan dari Cyber Book Center akan dikirm pada e-mail konsumen.

3. Iklan Buku atau Link Relasi

Iklan Buku atau Link Relasi merupakan fitur yang diberikan bagi toko buku lain yang ingin berpromosi melalu situs Cyber Book Center.

b. Menu Koleksi

Menu Koleksi merupakan halaman kedua yang muncul saat konsumen mengakses website. Pada halaman ini bagi konsumen yang belum terdaftar sebagai Member, konsumen hanya bisa melihat koleksi yang dimiliki oleh Cyber Book Center dengan meng-klik masing-masing kategori. Sedangkan bagi konsumen yang sudah terdaftar sebagai Member dan telah melakukan Login, maka dapat melakukan transaksi pembelian dengan meng-klik icon “beli” pada buku yang dipilih dan secara otomatis akan masuk pada keranjang belanja mereka. Halaman ini terbagi menjadi 2 bagian, yaitu kiri dan kanan. Pada bagian kiri, menu yang ditampilkan sama dengan menu pada Home Page, sedangkan pada bagian kanan beberapa pilihan yang dapat diakses antara lain:

(20)

Kategori Koleksi Buku memberikan kemudahan bagi konsumen baru ataupun Member untuk mencari buku, majalah atau tabloid yang diinginkannya berdasarkan kategorinya. Dengan meng-klik salah satu kategori yang diinginkan maka pelanggan dapat dengan mudah menemukan buku yang dicarinya.

2. Koleksi Buku Terlaris

Setelah pelanggan meng-klik pada salah satu kategori, maka seluruh informasi buku pada kategori tersebut akan muncul pada pilihan Koleksi Buku Terlaris, dengan urutan buku yang paling banyak permintaannya pada kategori tersebut. Bagi konsumen baru pada pilihan ini hanya dapat melihat informasi buku saja sedangkan bagi Member pada pilihan ini dapat melakukan transaksi beli dengan meng-klik icon “beli”.

c. Menu Informasi

Menu Informasi merupakan halaman yang memberikan informasi mengenai tata cara melakukan transaksi pembelian secara on line. Halaman ini terbagi menjadi 2 bagian, yaitu kiri dan kanan. Pada bagian kiri, menu yang ditampilkan sama dengan menu pada Home Page, sedangkan pada bagian kanan adalah pilihan Informasi Cara Transaksi.

d. Menu Daftar

Menu Daftar merupakan halaman yang berisi Form Pendaftaran bagi konsumen baru yang ingin menjadi Member Cyber Book Center. Halaman ini terbagi menjadi 2 bagian, yaitu kiri dan kanan. Pada bagian kiri, menu yang ditampilkan sama dengan menu pada Home Page, sedangkan pada bagian kanan tersedia beberapa pilihan antara lain :

1 Authorifikasi Anggota dan Cara Menjadi Anggota

Pilihan ini memberikan informasi tata cara pengisian Form untuk menjadi Member.

2 Cyber Book Center Member

Cyber Book Center Member adalah Form yang disediakan bagi konsumen baru untuk menjadi Member sehinggan dapat melakukan transaksi on line.

(21)

e. Menu Pemesanan

Bagi pelanggan yang sudah menjadi Member setelah berhasil Login dan telah menentukan buku, majalah atau tabloid yang ingin dibeli, maka pelanggan dapat melihat transaksi yang telah dilakukannya atau menambah jumlah pesanannya serta melihat jumlah transaksi yang harus dibayar pada Menu Pemesanan. Halaman ini terbagi menjadi 2 bagian, yaitu kiri dan kanan. Pada bagian kiri, menu yang ditampilkan sama dengan menu pada Home Page, sedangkan pada bagian kanan tersedia pilihan Transaksi Pemesanan. Bila pelanggan ingin membatalkan pemesanan maka dapat meng-kliki icon “delete”, sedangkan bila sudah selesai melakukan pemesanan dapat meng-klik icon “ChekOut”.

XIV. Desain

Database

Nama Tabel : Buku

Field Type Length Keterangan

id Integer 11 Nomer Buku kode Varchar 10 Kode Buku judul Varchar 100 Nama Buku kodeKategori Integer 11 Kode Kategori penulis Varchar 50 Nama Pengarang jmlHal Integer 11 Jumlah Halaman Buku penerbit Varchar 50 Nama Penerbit

thnTerbit Integer 11 Tahun Terbit beratBuku Integer 11 Berat Buku Deskripsi Text - Cerita singkat isi buku Harga Integer 11 Harga Buku Image Varchar 25 Gambar Buku

(22)

Nama Tabel : Kategori

Field Type Length Keterangan

kodeKategori Integer 11 Kode Kategori kategori Varchar 50 Nama Kategori

Nama Tabel : Member

Field Type Length Keterangan

idMember Integer 11 Nomer Anggota nama Varchar 50 Nama Anggota alamat Varchar 25 Alamat Anggota identitas Varchar 15 Nomer Identitas Anggota asal Varchar 25 Kota Asal Anggota email Varchar 25 Alamat Email Anggota telepon Varchar 15 Nomer Telepon Anggota password Varchar 225 Password Anggota status Varchar 10 Status Transaksi Pelanggan waktuCheckout Timestam - Waktu Terakhir Transaksi

(23)

Nama Tabel : Pesanan

Field Type Length Keterangan

no Integer 11 Nomer Pesanan nama Varchar 15 Nama Pemesan email Varchar 15 Email Pemesan pesan Text Buku yang Dibeli

tanggal Date Tanggal Pesan

Nama Tabel : Transaksi

Field Type Length Keterangan

idTransaksi Integer 11 Nomer Transaksi kode Varchar 10 Kode Transaksi idMember Integer 11 Nomer Anggota

(24)

XV. DESAIN WEBSITE

Gambar 2. Tampilan Menu Pencarian dan Menu Kata Persembahan Home Page

(25)

Gambar 4. Tampilan Setelah Berhasil Login

(26)

Gambar 6. Tampilan Halaman Pemesanan bila Pelanggan Memilih Icon ”Beli” pada Buku yang Diinginkan

(27)

Gambar 8. Tampilan Halaman Daftar

(28)

XVI. Kesimpulan

Berdasarkan uraian dari bab-bab sebelumnya, maka penulis dapat mengambil kesimpulan sebagai berikut :

1 Pada sistem yang lama, setiap konsumen yang ingin mengetahui informasi mengenai produk yang dijual oleh Cyber Book Center harus datang langsung ke Gerai. Media pemasaran yang ada saat ini, yaitu melalui brosur dirasa kurang efektif dan efisien dalam penyebaran informasi. Produk yang tercetak hanya produk yang baru atau sedang promosi sehingga informasi yang diperoleh konsumen kurang lengkap.

2 Sistem baru yang berbasis web mempermudah konsumen dalam melakukan transaksi. Konsumen tidak perlu datang ke Gerai saat ingin melakukan order. Konsumen dapat melakukan transaksi secara online melalui pada website. Dengan hadirnya website Cyber Book Center, maka setiap konsumen melakukan transaksi serta memperoleh informasi yang berkaitan dengan produk-produk perusahaan selama 24 jam dalam sehari.

3 Perancangan sistem penjualan berbasiskan web pada Cyber Book Center bertujuan untuk melayani transaksi penjualan secara on line.

(29)

DAFTAR PUSTAKA

Husein, Muhammad Fakhri, Sistem Informasi Manajemen, 2002, Edisi Revisi, Yogyakarta: Unit Penerbit & Percetakan AMP YKPN

Kadir, Abdul, Dasar Pemrograman Web Dinamis Menggunakan PHP, 2002, Yogyakarta: Penerbit Andi

Nugroho, Bunafit, Latihan Membuat Aplikasi Web PHP dan MySQL dengan Dreamweaver MX, 2004, Yogyakarta : Gava Media

Figur

Gambar 1. Kerangka Pikir
Gambar 1 Kerangka Pikir . View in document p.3
Gambar Buku
Gambar Buku . View in document p.21
Gambar 2. Tampilan Menu Pencarian dan Menu Kata Persembahan Home Page
Gambar 2 Tampilan Menu Pencarian dan Menu Kata Persembahan Home Page . View in document p.24
Gambar 3. Tampilan Menu Login, Request Pelanggan, Statistik Pengunjung, dan Iklan Buku pada Home Page
Gambar 3 Tampilan Menu Login Request Pelanggan Statistik Pengunjung dan Iklan Buku pada Home Page . View in document p.24
Gambar 4. Tampilan Setelah Berhasil Login
Gambar 4 Tampilan Setelah Berhasil Login . View in document p.25
Gambar 5.  Tampilan Halaman Koleksi
Gambar 5 Tampilan Halaman Koleksi . View in document p.25
Gambar 6. Tampilan Halaman Pemesanan bila Pelanggan Memilih Icon ”Beli” pada Buku yang Diinginkan
Gambar 6 Tampilan Halaman Pemesanan bila Pelanggan Memilih Icon Beli pada Buku yang Diinginkan . View in document p.26
Gambar 7. Tampilan Halaman Informasi
Gambar 7 Tampilan Halaman Informasi . View in document p.26
Gambar 8. Tampilan Halaman Daftar
Gambar 8 Tampilan Halaman Daftar . View in document p.27
Gambar 9. Tampilan Halaman Pemesanan bila Pelanggan Pilih Icon ”Checkout”
Gambar 9 Tampilan Halaman Pemesanan bila Pelanggan Pilih Icon Checkout . View in document p.27

Referensi

Memperbarui...