ANALISIS LAPORAN KEUANGAN UNTUK MENILAI KINERJA PERUSAHAAN BERDASARKAN ANALISIS RASIO LIKUIDITAS, RASIO SOLVABILITAS, DAN Analisis Laporan Keuangan Untuk Menilai Kinerja Perusahaan Berdasarkan Analisis Rasio Likuiditas, Rasio Solvabilitas, Dan Rasio Rent

12  21  Download (0)

Teks penuh

(1)

ANALISIS LAPORAN KEUANGAN UNTUK MENILAI KINERJA PERUSAHAAN BERDASARKAN ANALISIS RASIO LIKUIDITAS, RASIO SOLVABILITAS, DAN

RASIO RENTABILITAS PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM KOTA SURAKARTA

SKRIPSI

Disusun dan Diajukan untuk Memenuhi Tugas dan Syarat-syarat Guna Memperoleh Gelar Sarjana Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen

Universitas Muhammadiyah Surakarta

Disusun Oleh: VERAWATI

B100100125

FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS

(2)

HALAMAN PENGESAHAN

Yang bertanda tangan dibawah ini telah membaca skripsi dengan judul:

ANALISIS LAPORAN KEUANGAN UNTUK MENILAI KINERJA PERUSAHAAN

BERDASARKAN ANALISIS RASIO LIKUIDITAS, RASIO SOLVABILITAS, DAN RASIO RENTABILITAS PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM KOTA

SURAKARTA”

Yang ditulis Oleh:

VERAWATI B100100125

Telah dipertahankan di depan Tim Penguji Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen Universitas Muhammadiyah Surakarta pada Juli 2014. Penandatangan berpendapat bahwa skripsi tersebut telah memenuhi syarat untuk diterima.

Surakarta, Juli 2014 Pembimbing Utama

Ahmad Mardalis, SE, MBA Mengetahui,

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta

(3)

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS

Jl. A. Yani Tromol Pos I Pabelan Kartasura Telp. (0271) 717417 Surakarta – 57102

PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : VERAWATI NIRM : B 100 100 125 Jurusan : MANAJEMEN

Judul Skripsi : “ANALISIS LAPORAN KEUANGAN UNTUK MENILAI KINERJA PERUSAHAAN BERDASARKAN ANALISIS RASIO LIKUIDITAS, RASIO SOLVABILITAS, DAN RASIO RENTABILITAS PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM KOTA SURAKARTA”.

Menyatakan dengan sebenarnya bahwa skripsi yang saya buat dan serahkan ini merupakan hasil karya saya sendiri, kecuali kutipan-kutipan dan ringkasan-ringkasan yang semuanya telah saya jelaskan sumbernya. Apabila dikemudian hari terbukti dan atau dapat dibuktikan bahwa skripsi ini hasil jiplakan, maka saya bersedia menerima sanksi apapun dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis dan atau gelar dan ijazah yang diberikan oleh Universitas Muhammadiyah Surakarta batal saya terima.

Surakarta, Juli 2014

(4)

MOTTO

“Dan barang siapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan (mencukupkan keperluan) nya”.

(QS. Ath Tholaq: 3)

“Barang siapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan jalan keluar”.

(QS. At Thalaq: 2)

“Maka sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan. Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan. Maka apabila engkau telah selesai (dari sesuatu urusan), tetaplah bekerja keras (untuk

urusan yang lain). Dan hanya kepada Tuhanmulah engkau berharap.”

(Q.S. Al-Insyirah: 6-8)

"Biasakanlah bersikap jujur sekalipun didepanmu terlihat bahaya, sebab itu bukanlah bahaya tetapi bahagia. Dan jauhilah kebohongan sekalipun di depanmu terlihat bahagia, sebab itu bukanlah

bahagia melainkan bahaya."

(Rasulullah SAW)

"Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, maka apabila kamu telah selesai dari satu urusan, kerjakanlah dengan sungguh-sungguh urusan yang lain. Dan kepada Tuhanmulah

hendaknya kamu berharap."

(Q.S. Alam Nasyrah: 6-8)

Sebuah pengorbanan disertai rasa ikhlas akan membuahkan hasil yang memuaskan.

(Penulis)

Seseorang akan memperjuangkan apa yang akan menjadi impian dan cita-citanya

(5)

PERSEMBAHAN

Sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT dan terimakasih atas segala rahmat-Nya yang telah Ia berikan. Karya ini ku persembahkan untuk :

 Bapak dan ibu yang memberi dukungan doa yang senantiasa untukku.

 Kakak-kakakku tersayang (yoko, dewi, adit, lina, mia, nanang) yang mendorong semangatku untuk lebih baik lagi.

 Seseorang yang senantiasa memberikan semangat dan motivasinya.

 Saudaraku febriarta(babe),oki satria,hary, lulu chodriratul yang sudah membuat hari-hariku indah dengan canda tawa kalian, suka duka bersama, dan persahabatan yang sudah seperti persaudaraan selama ini.

 Sahabatku

diana,putri,yeni,yayan,pungky,riyadi,eko,basuki, yang selama ini udah membuat hari-hariku untuk jauh lebih baik.

 Buat anak kos melati (kania,dini,winda,indah,mbak memey, mamah dian, dini, dea,mbak asty, ike (jambi), kikuk,jihan) terimakasih kebersamaan selama ini untuk saling mendukung untuk kemajuan kita dan menyongsong masa depan.

(6)

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang penguasa semesta alam. Limpahan rahmat dan salam tercurahkan pada junjungan Nabi besar Muhammad SAW yang telah membimbing menuju zaman yang lebih baik lagi.

Dengan terselesainya skripsi ini tidak lepas dari dorongan yang berada disekitar penulis, sehingga penulisan skripsi yang dapat terselaikan. Penulis ucapkan terimakasih kepada semua memberikan doa serta bantuan dalam penyelesaian skripsi ini. Oleh karena itu penulis mengucapkan terimakasih kepada:

1. Bapak Prof. H. Bambang Setiaji, MS. Selaku Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta.

2. Bapak Dr. H. Triyono, M.Si Selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta.

3. Bapak Dr. Anton Agus S, SE., M.Si Selaku Ketua Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta.

4. Bapak Ahmad Mardalis, SE, MBA., selaku Dosen Pembimbing skripsi yang senantiasa dengan penuh kesabaran, meluangkan waktu, membagi ilmunya dan memberikan bimbingan serta pengarahan kepada penulis dari awal sampai penulisan skripsi ini.

5. Bapak Mochammad Nasir, Drs. MM Selaku Dosen Pembimbing Akademik (PA) yang memberikan bimbingan selama masa kuliah.

6. Segenap dosen dan karyawan Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang memberikan ilmu kepada penulis, sehingga sangat bermanfaat dalam penulisan skripsi ini.

7. Bapak dan ibu tercinta atas doa restu dan kasih sayangnya yang memberikan semangat untukku.

(7)

9. Segenap keluarga semua yang senantiasa mendoakanku.

10.Seseorang yang tak henti-hentinya memberikan dorongan dan dukungan kepadaku. 11.Semua sahabat seperjuanganku si Putri, Yenni, Nika, Ahmad, Pungki, Riyadi,

Eko, Sumarsono, Diana, Febriarta, Oky, Harry, dan teman-teman yang lain yang tak bisa kusebutkan satu persatu. Terima kasih sahabat-sahabatku kalian menjadi bagian dari kehidupanku selama kuliah.

12.Temen-temenku kania, mbak lulu, mbak memey, mbak asty, jihan, ike jambi, kikuk,

winda dan teman-temanku yang lain dengan secara tidak langsung juga telah memberi

dukungan kepadaku.

13.Untuk semua yang terlibat dalam penyelesaian dalam penyelesaian skripsi ini.

Akhirnya penulis hanya dapat membalas dengan doa semoga Allah SWT membalas jasa semuanya.

Wassalamu’alaikum, Wr.Wb

Surakarta, Juli 2014 Penulis

(8)
(9)

BAB III METODOLOGI PENELITIAN

A. Kerangka Pemikiran ... 28

B. Lokasi Dan Obyek Penelitian ... 28

C. Jenis dan Sumber Data ... 29

D. Teknik Pengumpulan Data ... 29

E. Model dan Teknik Analisis Data ... 30

BAB IV ANALISIS DATA ... 31

A. Gambaran Umum ... 31

B. Analisis Data ... 46

C. Pembahasan ... 57

BAB V PENUTUP ... 61

A. Kesimpulan ... 61

B. Saran ... 64 DAFTAR PUSTAKA

(10)

DAFTAR TABEL

Tabel Halaman

4.1 Perhitungan Current Ratio ... 47

4.2 Perhitungan Quick Ratio ... 49

4.3 Perhitungan Total Debt to Equity Ratio... 50

4.4 Perhitungan Debt to Total Aktiva Ratio ... 52

4.5 Perhitungan Long Term Debt to Equity Ratio ... 53

4.6 Perhitungan ROA ... 55

(11)

DAFTAR GAMBAR

Gambar Halaman

(12)

ABSTRAKSI

Penelitian ini berjudul “ Analisis Laporan Keuangan Untuk Menilai Kinerja Perusahaan Berdasarkan Analisis Rasio Likuiditas, Rasio Solvabilitas, Rasio Rentabilitas Pada Perusahaan Daerah Air Minum Kota Surakarta” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja keuangan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Surakarta selama tahun 2008-2012 berdasarkan analisis rasio likuiditas, rasio solvabilitas, rasio rentabilitas.

Dalam menganalisis laporan keuangan PDAM Kota Surakarta, penulis menggunakan teknik/metode analisis rasio keuangan berdasar laporan keuangan yang terdiri dari neraca, laporan laba rugi, periode 2008, 2009, 2010, 2011 dan 2012. Analisis rasio meliputi rasio likuiditas, solvabilitas dan rentabilitas. Berdasarkan ukuran tersebut menunjukkan bahwa

current ratio yang diperoleh PDAM Kota Surakarta tahun 2008 s/d 2011 dalam kondisi

illikuid, karena lebih kecil dari ukuran 1:1 atau 100%, sedangkan tahun 2012 menunjukkan dalam kondisi likuid karena karena lebih besar dari ukuran 1:1 atau 100% ini berarti bahwa PDAM Kota Surakarta mampu untuk memenuhi kewajibannya yang segera (jatuh tempo). Sedangkan Hasil perhitungan quick ratio tahun 2008 sebesar 16,37%, tahun 2009 sebesar 41,71%, tahun 2010 sebesar 53,62%, tahun 2011 sebesar 65,13% dan tahun 2012 sebesar 136,10%, sedangkan ukuran yang ditetapkan berdasarkan prinsip hati-hati adalah 1:1 atau 100%, apabila kurang dari ukuran tersebut dianggap kurang baik. Berdasarkan ukuran tersebut menunjukkan bahwa Debt to Total Aktiva Ratio yang diperoleh PDAM Kota Surakarta dalam kondisi insolvabel, dan Long Term Debt To Equity Ratio yang diperoleh PDAM Kota Surakarta. menunjukkan bahwa tahun 2008 sebesar 85,40%, tahun 2009 sebesar 67,94%, tahun 2010 sebesar 60,15%, tahun 2011 sebesar 123,06% dan tahun 2012 sebesar 126,70%, sedangkan ukuran yang ditetapkan berdasarkan prinsip hati-hati adalah 1:1 atau 100%, apabila kurang dari ukuran tersebut dianggap kurang baik.

Rasio Rentabilitas dalam keadaan rentabel dibuktikan dengan perhitungan rentabilitas ekonomi diperoleh PDAM Kota Surakarta, menunjukkan bahwa tahun 2008 sebesar 96,04% tahun 2009 sebesar 36,54%, tahun 2010 sebesar 18,43% dan tahun 2011 sebesar 20,40% serta tahun 2012 sebesar 14,83%. Dari hasil ini menunjukkan bahwa PDAM Kota Surakarta dalam keadaan rentabel karena kondisi ini bahwa perusahaan mampu memperoleh laba selama tiga tahun periode terakhir, walaupun mengalami penurunan perolehan laba dan sehingga mampu mempertahankan tingkat efisiensi penggunaan modal usaha perusahaan.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...