PENGARUH KENAIKAN HARGA BBM TERHADAP INDEKS HARGA KONSUMEN (IHK) MASING-MASING KELOMPOK BARANG DAN JASA DI KOTA BANDA ACEH TAHUN

10 

Teks penuh

(1)

PENGARUH KENAIKAN HARGA BBM TERHADAP

INDEKS HARGA KONSUMEN (IHK) MASING-MASING

KELOMPOK BARANG DAN JASA DI KOTA BANDA ACEH

TAHUN 1998-2008

Oleh : Nenden Budiarti

H14084014

DEPARTEMEN ILMU EKONOMI FAKULTAS EKONOMI DAN MANAJEMEN

INSTITUT PERTANIAN BOGOR 2008

(2)

RINGKASAN

NENDEN BUDIARTI. Pengaruh Kenaikan Harga BBM terhadap Indeks Harga Konsumen (IHK) Masing-masing Kelompok Barang dan Jasa di Kota Banda Aceh Tahun 1998-2008. Di bawah bimbingan TANTI NOVIANTI.

Akhir bulan Mei 2008 pemerintah memutuskan untuk menaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Kenaikan harga BBM dapat dipastikan menimbulkan multiplier effect terhadap kebutuhan pokok masyarakat terutama sandang, pangan dan papan. Salah satu indikator ekonomi makro yang digunakan untuk mengukur kenaikan harga barang dan jasa ialah Indeks Harga Konsumen (IHK).

Kota Banda Aceh termasuk kota yang melaksanakan penghitungan IHK. Perkembangan harga yang terjadi di kota tersebut akan menjadi tolok ukur perkembangan harga barang dan jasa di Provinsi Serambi Mekah. Letak geografis dan ketergantungan barang jadi dari daerah luar menyebabkan harga barang jadi di Kota Banda Aceh akan ikut terkena imbas kenaikan bila terjadi kenaikan harga BBM.

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Menggambarkan pola inflasi masing-masing kelompok komoditi barang dan jasa di Kota Banda Aceh serta perkembangan harga BBM dari tahun 1998–2008 per bulan, (2) Mengkaji pengaruh harga BBM terhadap indeks harga konsumen masing- masing kelompok komoditi barang dan jasa di Kota Banda Aceh, (3) Mengkaji seberapa besar pengaruh harga BBM terhadap IHK masing-masing kelompok komoditi barang dan jasa di Kota Banda Aceh, (4) Mengkaji respon IHK masing-masing kelompok komoditi barang dan jasa di Kota Banda Aceh apabila terjadi shock (kenaikan harga) BBM, dan berapa lama pengaruh itu akan hilang.

Penelitian berlangsung mulai tanggal 14 sampai dengan 31 Agustus 2008 dengan menggunakan data sekunder IHK dan data inflasi yang bersumber dari BPS Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam serta data harga BBM (Premium, Solar, dan Minyak Tanah) yang bersumber dari PT Pertamina. Uji kausalitas digunakan untuk mengkaji pengaruh harga BBM terhadap IHK, sedangkan model yang dibentuk merupakan model simultan vector autoregression (VAR).

Analisis grafik menunjukan bahwa setiap kenaikan harga BBM mengakibatkan naiknya inflasi secara umum di Kota Banda Aceh. Kenaikan harga BBM memengaruhi inflasi beberapa kelompok barang dan jasa diantaranya: inflasi bahan makanan, inflasi makanan jadi, inflasi perumahan, inflasi sandang, dan inflasi transportasi dan komunikasi. Namun, kenaikan harga BBM tidak terlalu memengaruhi inflasi kesehatan dan inflasi pendidikan.

Uji kausalitas memberikan hasil: (1) harga minyak tanah, premium dan solar memengaruhi IHK bahan makanan, IHK perumahan, IHK kesehatan dan IHK pendidikan, (2) harga minyak tanah dan solar memengaruhi IHK makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau serta IHK sandang dan (3) harga minyak tanah, premium dan solar tidak memengaruhi IHK transportasi dan komunikasi.

Besarnya pengaruh harga BBM terhadap IHK masing-masing kelompok komoditi barang dan jasa di Kota Banda Aceh yang ditunjukkan oleh model simultan vector autoregression (VAR), menunjukan besaran yang berbeda berdasarkan pergerakan IHK itu sendiri di masa lalu (lag IHK), ditambah dengan

(3)

informasi mengenai pergerakan harga minyak tanah, premium dan solar di masa lalu.

Hasil analisis Impulse Response, menunjukan bahwa apabila terjadi kenaikan harga BBM secara umum setiap IHK merespon adanya shock tersebut, dan shock itu akan hilang dalam jangka pendek yaitu 12 bulan.

Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka saran yang dapat diberikan adalah sebagai berikut: (1) Penelitian lanjutan untuk mengkaji tidak adanya hubungan kausalitas antara kenaikan harga BBM dan IHK Transpor dan Komunikasi dan (2) Untuk meningkatkan ketelitian dalam penelitian selanjutnya disarankan untuk menggunakan periode waktu yang lebih panjang, dengan memanfaatkan data bulanan sehingga siklus dan fluktuasi dari series yang digunakan lebih terlihat. dan (3) Bagi pemerintah Provinsi NAD, dalam hal ini tidak dalam posisi pengambil keputusan kebijakan harga BBM, disarankan melakukan langkah-langkah strategis untuk mengurangi pengaruh kenaikan harga BBM terhadap kenaikan harga barang dan jasa di Kota Banda Aceh. Langkah-langkah strategis itu antara lain: menciptakan ketenangan di dalam masyarakat (efek psikologis), menjaga kelancaran arus distribusi barang, menjamin stok barang kebutuhan pokok tercukupi serta menindak orang-orang yang berlebihan dalam memanfaatkan kesempatan ini (menimbun, menaikkan harga dengan ekstrim).

(4)

PENGARUH KENAIKAN HARGA BBM TERHADAP

INDEKS HARGA KONSUMEN (IHK) MASING-MASING

KELOMPOK BARANG DAN JASA DI KOTA BANDA ACEH

TAHUN 1998 -2008

Oleh : Nenden Budiarti

H14084014

Skripsi

Sebagai Salah Satu Syarat Untuk Memperoleh Gelar Sarjana Ekonomi Pada Fakultas Ekonomi Dan Manajemen

Institut Pertanian Bogor

DEPARTEMEN ILMU EKONOMI FAKULTAS EKONOMI DAN MANAJEMEN

INSTITUT PERTANIAN BOGOR 2008

(5)

INSTITUT PERTANIAN BOGOR FAKULTAS EKONOMI DAN MANAJEMEN

DEPARTEMEN ILMU EKONOMI

Dengan ini menyatakan bahwa skripisi yang disusun oleh, Nama Mahasiswa : NENDEN BUDIARTI

NRP : H14084014 Program Studi : Ilmu Ekonomi

Judul Skripsi : Pengaruh Kenaikan Harga BBM Terhadap Indeks Harga Konsumen (IHK) masing-masing Kelompok Barang dan Jasa di Kota Banda Aceh Tahun 1998-2008

dapat diterima sebagai syarat untuk memperoleh gelar Sarjana Ekonomi pada Departemen Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor.

Menyetujui, Dosen Pembimbing

Tanti Novianti, S.P., M.Si. NIP. 132 206 249

Mengetahui,

Ketua Departemen Ilmu Ekonomi

Dr. Ir. Rina Oktaviani, M.S. NIP. 131 846 872

(6)

PERNYATAAN

DENGAN INI SAYA MENYATAKAN BAHWA SKRIPSI YANG BERJUDUL ”PENGARUH KENAIKAN HARGA BBM TERHADAP INDEKS HARGA KONSUMEN (IHK) MASING-MASING KELOMPOK BARANG DAN JASA DI KOTA BANDA ACEH TAHUN 1998-2008” ADALAH BENAR-BENAR MERUPAKAN HASIL KARYA SAYA SENDIRI DAN BELUM PERNAH DIAJUKAN SEBAGAI SKRIPSI ATAU KARYA ILMIAH PADA PERGURUAN TINGGI LAIN ATAU LEMBAGA MANAPUN.

Bogor, September 2008

NENDEN BUDIARTI H14084014

(7)

RIWAYAT HIDUP

Penulis bernama Nenden Budiarti lahir di Sukabumi, 16 Oktober 1978, merupakan anak pertama dari dua bersaudara dari pasangan Ace Iman Zaenudin dan Indrayani. Penulis menyelesaikan pendidikan tingkat dasar di SD Negeri Brawijaya I Kotamadya Sukabumi pada tahun 1985 sampai dengan 1991.

Pada tahun yang sama, penulis melanjutkan pendidikan menengah pertama di SMP Negeri I Kotamadya Sukabumi sampai dengan 1994, dan menyelesaikan pendidikan menengah atas di SMU Negeri I Kotamadya Sukabumi pada tahun 1997.

Pada tahun 1998 penulis diterima sebagai mahasiswa di Sekolah Tinggi Ilmu Statistik Jakarta dan dapat menyelesaikan pendidikan pada tahun 2002. Di tahun yang sama penulis ditempatkan bekerja di BPS Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam pada Bidang Neraca Wilayah dan Analisis Statistik.

Bogor, September 2008

(8)

KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, puji dan syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT yang dengan segala rahmat dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan penulisan skripsi dengan judul ”PENGARUH KENAIKAN HARGA BBM TERHADAP INDEKS HARGA KONSUMEN (IHK) MASING-MASING KELOMPOK BARANG DAN JASA DI KOTA BANDA ACEH TAHUN 1998-2008”. Penulisan skripsi ini sebagai bagian persyaratan untuk memperoleh gelar Sarjana Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor.

Secara garis besar, materi yang ada dalam skripsi ini adalah analisis mengenai pengaruh kenaikan harga BBM terhadap indeks harga konsumen (IHK) masing-masing kelompok barang dan jasa di Kota Banda Aceh selama periode tahun 1998 hingga 2008.

Terima kasih penulis ucapkan kepada semua pihak yang turut membantu kelancaran penelitian sampai dengan penulisan karya ilmiah ini, baik secara keilmuan, materi dan spiritual.

Bogor, September 2008

(9)

UCAPAN TERIMA KASIH

Segala puji dan syukur kehadirat Allah SWT karena berkat rahmat dan karunia-Nya penulis dapat menyelesaikan skripsi ini. Seiring dengan berakhirnya satu tahap pendidikan di Institut Pertanian Bogor, maka penulis ingin mengucapkan terima kasih pada berbagai pihak yang telah membantu, terutama dalam penulisan skripsi ini. Pihak-pihak yang telah membantu penulis diantaranya:

1. Kedua orangtua, terima kasih untuk kasih sayang, suri tauladan serta berbagai dukungan baik moril maupun materi dan nasihat serta semangat yang diberikan.

2. Tanti Novianti, S.P., M.Si. selaku dosen pembimbing skripsi yang dengan penuh kesabaran selalu bersedia membimbing, membantu dan mengarahkan penulis dalam menyelesaikan skripsi serta terima kasih atas ilmu, nasihat dan kepercayaan yang telah diberikan untuk penulis.

3. Dr. Muhammad Findi A. selaku dosen penguji. Terima kasih atas segala bimbingan, masukan, kritik serta saran dalam penulisan skripsi ini.

4. Mas Budi Setiawan, atas nasihat, semangat serta dorongan yang telah diberikan kepada penulis di sela-sela kesibukan kuliahnya.

5. Dede Yayuk, terima kasih atas doanya sehingga penulis dapat menyelesaikan penyusunan skripsi ini.

6. Rekan-rekan di BPS Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam yang telah bersedia membantu dalam proses inventarisasi data.

(10)

7. Teman-teman yang sudah bersedia hadir dalam seminar. Terima kasih untuk kesediaannya menghadiri seminar dan memberikan saran serta kritik yang bermanfaat bagi penyusunan skripsi ini.

8. Semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu oleh penulis yang sudah membantu dalam penyusunan skripsi ini.

Semoga Allah SWT membalas dan melimpahkan karunia-Nya kepada Bapak/Ibu dan rekan-rekan sekalian. Amin.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :