Sistem Informasi Akuntansi Penggajian dan Pengupahan pada PT Batu Bhumi Suryatama

Teks penuh

(1)

i

SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENGGAJIAN DAN PENGUPAHAN PADA PT BATU BHUMI SURYATAMA

SKRIPSI

Untuk Memenuhi Salah Satu Persyaratan Mencapai Derajat Sarjana Ekonomi

Oleh : Yuni Nur Aisah 201510170311245

PROGRAM STUDI AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG

(2)
(3)
(4)
(5)

i

ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENGGAJIAN DAN PENGUPAHAN PADA PT BATU BHUMI SURYATAMA

Yuni Nur Aisah, Djoko Sigit Sayogo, Achmad Saiful Hidayat Anwar Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Universitas Muhammadiyah Malang Jl. Raya Tlogomas No. 246 Malang

Email : Icha7299@gmail.com

ABSTRAK

Sistem yang dibutuhkan oleh perusahaan terkait dengan penggajian dan pengupahan untuk pembayaran transaksi pembayarannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan cara penerapan sistem informasi akuntansi penggajian dan pengupahan karyawan pada PT Batu Bhumi Suryatama. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif-deskriptif. Hasil penelitian ini dilaksanakan sesuai dengan kebijakan perusahaan yakni dengan pencatatan jam kerja karyawan, penghitungan penerimaan gaji dan upah serta pembayarannya. Penelitian ini diharapkan melengkapi dalam kajian analisis sistem informasi akuntansi. Juga diharapkan dapat memberikan masukan kepada PT Batu Bhumi Suryatama.

(6)

ii

ANALYSIS OF ACCOUNTING INFORMATION SYSTEMS SALARY AND REMUNERATION AT PT BATU BHUMI SURYATAMA

Yuni Nur Aisah, Djoko Sigit Sayogo, Achmad Saiful Hidayat Anwar Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Universitas Muhammadiyah Malang Jl. Raya Tlogomas No. 246 Malang

Email : Icha7299@gmail.com

ABSTRACT

The system required by the company is related to providing salaries and remuneration for payment transactions. The purpose of this study is to describe how the applications of accounting information systems for salaries and remuneration wages at PT Batu Bhumi Suryatama. This study used a qualitative-descriptive research method. The result of this study were carried out in a accordance with company policy with recording employee work hours, calculation of salary and remuneration receipt and payment system. This research is expected to complement the analysis of accounting information systems. Also expected to provide input to PT Batu Bhumi Suryatama.

(7)

iii

KATA PENGANTAR Bismillahirrohmanirrohim.

Assalamualaikum Wr. Wb.

Puji syukur yang teramat dalam saya haturkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Segala, atas percikan kasih, hidayat, dan taufiq – Nya sehingga skripsi yang berjudul “Sistem Informasi Akuntansi Penggajian dan Pengupahan pada PT Batu Bhumi Suryatama” ini terselesaikan pada waktu yang telah direncanakan.

Teriring do’a dan sholawat semoga senantiasa melimpah ke haribaan Muhammad SAW., Rasul akhir zaman, penutup para Nabi yang membawa kesempurnaan ajaran Tauhid dan keutamaan budi pekerti.

Semoga tumpahan do’a sholawat menetas kepada segenap keluarga dan sahabatnya, para syuhada’, para mushonnifin, para ulama’, dan seluruh umatnya yang dengan tulus ikhlas mencintai dan menjunjung sunnahnya.

Selama proses penyusunan skripsi ini, banyak pihak yang telah memberikan bantuin dan dukungan kepada saya. Sebagai ungkapan syukur, dalam kesempatan ini saya ingin mengucapkan terima kasih kepada:

1. Rektor Universitas Muhammadiyah Malang Drs. Fauzan, M.P.d.

2. Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang Dr. Ida Zuhroh, M.M.

3. Ketua Jurusan Dr. Masiyah Kholmi, MM., Ak., CA.

4. Dra. Sri Wahyuni L, M.Si., Ak., CA selaku dosen wali kelas Akuntansi E 2015 yang telah membimbing serta memberikan arahan selama perkuliahan.

5. Djoko Sigit Sayogo, S.E., M.Acc., Ph.D selaku dosen pembimbing I yang telah meluangkan waktu, tenaga, dan fikirannya dengan penuh kesabaran untuk memberikan bimbingan dan arahan serta masukan yang sangat bermanfaat bagi penulis dalam penyusunan skripsi ini.

6. A. Syaiful Hidayat A., S.E., M.Sc., Ak selaku dosen pembimbing II yang telah meluangkan waktu, tenaga, dan fikirannya dengan penuh kesabaran untuk memberikan bimbingan dan arahan serta masukan yang sangat bermanfaat bagi penulis dalam penyusunan skripsi ini.

(8)

iv

7. Seluruh Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang yang telah memberikan banyak ilmu yang bermanfaat selama kuliah.

8. Kedua orang tua tercinta, Ibu Saadah dan Bapak Sholeh yang telah mebesarkan, mendidik, dan memberikan kasih sayang dan perhatian yang sangat besar, tulus, dan ikhlas. Yang tak pernah lelah berjuang memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya, dan tidak pernah lupa mendoakan sehingga saya bisa menyelesaikan Pendidikan S1 dan menjadikan saya seorang Sarjana Akuntansi.

9. Kakak tercinta Mukhammad Nur Fahmi dan Mukhammad Sofyan Arif serta kakak ipar Rosafika Nur Aida dan Nur Hidayatul Hilmiah yang selalu sayang dan memberikan saya semangat untuk menyelesaikan Pendidikan S1.

10. Nur Lailiya Hartanti teman sahabat dan rekan yang telah memberikan saya semangat, motivasi, dan bantuan yang tiada hentinya selama saya menempuh pendidikan

11. Chusnul Novi sahabat yang selalu memberikan semangat dan motivasi selama menempuh pendidikan.

12. Sahabat kost tercinta yaitu Khoiratunnisyak, Hikmatul Bella Rosandra, Puspita Jayanti, Amalia Meika Sari, Lirahayu Erisa, Raisa Rhena. Terima kasih telah memberikan semangat dan persahabatan dan sebuah arti keluarga baru.

13. Raisa Septianingdya sahabat SMA yang sampai sekarang selalu memberikan semangat dan motivasi selama menempuh pendidikan. 14. Teman-teman Akuntansi E angkatan 2015, rekan seperjuangan Leonita,

Bella, Ridya, Esti dan masih banyak lagi yang tidak dapat disebutkan satu persatu yang selalu memberikan semangat, solusi, dan bertukar pendapat dan dukungan dalam proses pendidikan dan pengerjaan skripsi ini.

Kepada mereka semua, hanya ungkapan terima kasih dan do’a tulus yang dapat saya persembahkan, semoga segala yang telah mereka berikan kepada saya tercatat dengan tinta emas dalam lembaran catatan Roqib sabagai sebuah ibadah yang tiada ternilai. Amiin.

(9)

v

Akhirnya dengan segala keterbatasan dan kekurangannya, saya persembahkan karya tulis ini kepada siapapun yang membutuhkannya. Kritik konstruktif dan saran dari semua pihak sangat saya harapkan untuk penyempurnaan karya-karya saya selanjutnya. Terima kasih.

Billahittaufiq Wal Hidayah. Wassalamu’alaikum Wr. Wb

Malang, 25 Oktober 2019

(10)

vi DAFTAR ISI

ABSTRAK ... i

ABSTRACT ... ii

KATA PENGANTAR ... iii

DAFTAR ISI ... vi

DAFTAR GAMBAR ... viii

BAB I PENDAHULUAN ... 1

A. Latar Belakang ... 1

B. Rumusan Masalah ... 5

C. Tujuan Penelitian ... 5

D. Manfaat Penelitian ... 6

BAB II TINJAUAN PUSTAKA ... 7

A. Penelitian Terdahulu ... 7

B. Landasan Teori ... 10

1. Sistem Informasi Akuntansi ... 10

2. Unsur-unsur Sistem Informasi Akuntansi ... 11

3. Unsur-Unsur Sistem Akuntansi ... 12

4. Fungsi sistem informasi akuntansi (SIA ... 13

5. Unsur - unsur yang ada pada sistem informasi akuntansi penggajian ... 14

BAB III METODE PENELITIAN ... 34

A. Lokasi Penelitian ... 34

B. Jenis Penelitian ... 35

C. Jenis dan Sumber Data ... 35

1. Jenis data ... 35

2. Sumber data ... 36

D. Teknik Pengumpulan Data ... 36

E. Teknik Analisis Data ... 37

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN ... 41

A. Gambaran Umum Perusahaan ... 41

(11)

vii

2. Visi Perusahaan ... 41

3. Misi Perusahaan ... 42

4. Bidang Usaha ... 42

5. Perubahan Karyawan ... 42

6. Jam kerja karyawan ... 42

7. Struktur Organisasi ... 42

B. Struktur Organisasi ... 43

C. Deskripsi Data ... 46

D. Analisis Data ... 54

E. Sistem dan Prosedur Penggajian dan Pengupahan pada PT Batu Bhumi Suryatama ... 58

F. Unsur-unsur Pengendalian Intern pada PT Batu Bhumi Suryatama ... 64 G. Pembahasan ... 65 BAB V PENUTUP ... 72 A. Simpulan ... 72 B. Saran ... 73 DAFTAR PUSTAKA LAMPIRAN

(12)

viii

DAFTAR GAMBAR

Gambar 2.1 Flowchart Penggajian ... 29

Gambar 2.2 Flowchart Penggajian ... 30

Gambar 2.3 Flowchart Penggajian ... 31

Gambar 2.4 Flowchart Penggajian ... 32

Gambar 4.1 Bagian yang diarsir merupakan fungsi yang terkait pada PT Batu Bhumi Suryatama ... 43

Gambar 4.2 Daftar Hadir Karyawan ... 47

Gambar 4.3 Rekap Daftar Hadir Karyawan ... 48

Gambar 4.4 Daftar Gaji Karyawan ... 49

Gambar 4.5 Rekap Daftar Gaji Karyawan ... 50

Gambar 4.6 Slip Gaji Karyawan ... 50

Gambar 4.7 Jurnal Umum ... 51

Gambar 4.8 Slip Gaji Karyawan ... 55

Gambar 4.9 Diagram Alir dan Prosedur Penggajian dan Pengupahan PT Batu Bhumi Suryatama ... 63

(13)

9

DAFTAR PUSTAKA

Agrianto, Satria, R., Kertahadi & Dwiatmanto, 2014. Analisis Sistem Akuntansi Penggajian dan Pengupahan dalam Upaya Meningkatkan Efektivitas Pengendalian Internal Perusahaan. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Volume 7.

Baridwan, Z., 1991. Sistem Informasi Akuntansi. Yogyakarta: STIE YKPN. Hall, J., 2001. Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

Herdianto, Bagus, R., Saifi, M. & Zahroh, 2015. Analisis Sistem Akuntansi Penggajian dan Pengupahan Untuk Menunjang Pengendalian Intern. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Volume 27.

Jusuf, A. H., 2002. Auditing (Pengauditan). Yogyakarta: STIE YKPN.

Maharani, S., Kertahadi & Dwiatmanto, 2015. Analisis Sistem dan Prosedur Penggajian dan Pengupahan dalam meningkatkan efektivitas pengendalian intern gaji dan upah (Studi pada PG Kebon Agung Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Volume 26.

Mardi, 2012. Sistem Informasi Akuntansi. Bogor: Ghalia. Mulyadi, 2016. Sistem Akuntansi. Jakarta: 2016.

Retnaningtyas, D. T. R., A.R, M. D. & Saifi, M., 2015. Analisis Sistem dan Prosedur Penggajian dan Pengupahan dalam Upaya Mendukung Pengendalian Intern pada Perusahaan Kacang Shanghai Gangsar Ngunut Tulungagung. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Volume 1.

Romney, M. B. & Steinbart, P. J., 2016. Sistem Informasi Akuntansi. 13 ed. Jakarta: Salemba Empat.

Saraswati, Kumala, M., Rahayu, S. M. & Husaini, A., 2014. Analisis Sistem Akuntansi Penggajian dan Pengupahan Karyawan Dalam Usaha Meningkatkan Pengendalian Internal Perusahaan. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Volume 8.

(14)
(15)

11

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...