Bahan Bahan Nabati dan hewani

15 

Teks penuh

(1)

Bahan Bahan Nabati

Bahan Nabati adalah bahan bahan makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan.

Contohnya :

Sayur-sayuran seperti sawi, bayam, kol, kangkung, wortel, bayam, kentang

Buah-buahan seperti mangga, durian, apel, pisang, nanas

Kacang-kacangan seperti kedelai, kacang tanah, kacang merah

Bahan Bahan Hewani

Bahan Nabati adalah bahan bahan makanan yang berasal dari hewan

Contohnya :

1. Ayam

Daging ayam merupakan pilihan yang lezat sebagai alternatif daging merah. Manfaatdari daging ayam meliputi:- Sumber protein yang kaya. Dalam 100 gm ayam sudah terkandung 60 persen darinilai kecukupan harian untuk protein.- Tinggi niasin (vitamin B3) dan vitamin B6. Niasin penting untuk menjaga kesehatankulit dan sistem saraf. Niasin dan vitamin B6 juga diperlukan dalam metabolismelemak, karbohidrat dan protein dalam tubuh.- Sumber mineral dan selenium yang sangat baik. Selenium merupakan komponenpenting dari beberapa jalur metabolisme, termasuk metabolisme hormon tiroid, sistempertahanan antioksidan, dan kekebalan tubuh.

(2)

2. Ikan

Ikan merupakan makanan yang sangat bergizi dan tambahan yang luar biasa untuk dietsehat Anda. Keunggulan ikan meliputi:-Mengandung protein yang berkualitas tinggi dengan jumlah yang cukup dari semuaasam amino esensial, dan rendah lemak.- Kaya akan asam lemak esensial omega-3 yang memberikan perlindungan terhadappenyakit jantung dan otak.- Minyak ikan adalah salah satu dari beberapa sumber makanan alami vitamin D.

• Minus: Akhir-akhir ini ditemukan merkuri pada beberapa jenis ikan air dingin. Kadar yang tinggi ditemukan dalam ikan besar yang biasanya memakan ikan kecil. Merkuridapat merusak perkembangan otak.

3. Kambing

Inilah jenis daging merah yang dikonsumsi di berbagai bagian dunia. Kelebihan dagingkambing adalah:- Kaya akan protein berkualitas tinggi dan zat besi. Konsumsi daging kambing jugaakan meningkatkan penyerapan zat besi nonheme dari makanan nabati. Dagingkambing juga kaya akan seng.- Minus: Kandungan kolesterolnya tinggi dan tidak memiliki serat. Daging yang sudahdiproduksi secara komersial juga mengandung antibiotik, hormon, dan toksin.

4. Sapi

(3)

dinding pembuluh darah yangberkontribusi terhadap penyempitan pembuluh darah. aterosklerosis.- Sumber zat besi yang baik serta mengandung selenium dan fosfor.

• Minus: Daging sapi mengandung lemak jenuh yang tinggi dan dianggap meningkatkan risiko kanker. Daging sapi yang tidak dimasak dengan benar juga bisa mengundang penyakit. Untuk pilihan terbaik, pilihlah daging sapi organik yang bebas hormon danantibiotik. Selain itu pilihlah bagian daging tanpa lemak.

Bahan pangan merupakan semua jenis bahan yang dapat digunakan sebagai bahan makanan yang bersifat aman, memiliki palatabilitas dan menyehatkan bagi manusia. Namun, walaupun sifat dasar dari pangan itu baik, jika penanganannya kurang baik maka akan menyebabkan terjadinya suatu penyimpangan yang mungkin dapat membahayakan bagi yang

mengkonsumsinya.

Diantara beberapa sumber bahan pangan, produk hewani merupakan salah satu bahan yang penting sekali. Produk pangan hewani umumnya berupa daging, susu, telur, dan ikan yang sangat kaya dengan protein. Protein ini juga mengandung asam amino esensial yang sangat sesuai dengan kebutuhan manusia.

Hasil turunan yang berasal dari produk hewani seperti gelatin, mineral, gliserol, lemak, emulsifier, dan lain sebagainya. Bahan-bahan ini diperoleh dengan suatu proses penanganan dan perlakuan khusus yang apabila kurang baik secara langsung akan menurunkan mutu bahkan mungkin menimbulkan bahaya bagi manusia.

Pada umumnya, bahan pangan akan mudah mengalami kerusakan, langkah-langkah penanganan dari awal sampai akhir akan sangat

menentukan kondisi dari bahan pangan itu sendiri. Sama halnya dengan produk hewani, mulai dari penyembelihan untuk ternak dan unggas, pemisahan bulu, pencacahan karkas, penyimpanan dan proses

pengolahan dan pasca pengolahan memerlukan perhatian khusus yang mempunyai resiko tersendiri baik dari quality mau pun safety. Produk hewani memiliki tambahan risiko, mengingat kandungan nutrisinya yang sangat kaya.

(4)

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...