TINDAK TUTUR LOKUSI DAN PERLOKUSI DALAM NOVEL Tindak Tutur Lokusi Dan Perlokusi Dalam Novel Surat Kecil Untuk Tuhan Karya Agnes Davonar.

Teks penuh

(1)

TINDAK TUTUR LOKUSI DAN PERLOKUSI DALAM NOVEL

SURAT KECIL UNTUK TUHAN KARYA AGNES DAVONAR

SKRIPSI

Untuk memenuhi sebagian persyaratan Guna mencapai derajat sarjana S-1 Pendidikan Bahasa Sastra IndonesiaDaerah

Oleh:

SYAIFUL REZA AZIZ

A.310 080 096

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA

(2)

PERSETUJUAN

TINDAK TUTUR LOKUSI DAN PERLOKUSI DALAM NOVEL SURAT KECIL UNTUK TUHAN KARYA AGNES DAVONAR

Disusun Oleh:

SYAIFUL REZA AZIZ

A 310 080 096

Telah disetujui dan disahkan untuk dipertahankan di depan Dewan Penguji Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Surakarta

Telah disetujui oleh:

Pembimbing I,

Prof. Dr. Abdul Ngalim, M. M, M. Hum.

Tanggal: 24 September 2012

Pembimbing II,

Drs. Andi Haris P. M. Hum.

(3)

TINDAK TUTUR LOKUSI DAN PERLOKUSI DALAM NOVEL SURAT KECIL UNTUK TUHAN KARYA AGNES DAVONAR

Yang dipersiapkan dan disusun oleh: SYAIFUL REZA AZIZ

A 310 080 096

Telah dipertahankan di depan dewan penguji pada tanggal 26 November 2012 dan dinyatakan telah memenuhi syarat.

1) Prof. Dr. A. Ngalim, M.M, M. Hum. ( )

2) Drs. Andi Haris Prabawa, M, Hum. ( )

3) Prof. Dr. Markhamah, M.Hum. ( )

Surakarta, 26 November 2012 Universitas Muhammadiyah Surakarta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Mengetahui, Dekan

(4)

HALAMAN PERNYATAAN

Dengan ini saya menyatakan bahwa skripsi ini tidak terdapat karya yang pernah diajukan untuk memperoleh gelar gelar kesarjanaan di suatu perguruan tinggi di manapun dan sepanjang pengetahuan saya juga tidak terdapat karya atau pendapat yang pernah ditulis atau diterbitkan oleh orang lain, kecuali secara tertulis diacu dalam naskah dan disebutkan dalam daftar pustaka

Apabila ternyata di kemudian hari terbukti ada ketidakbenaran dalam pernyataan saya di atas, maka saya akan bertanggung jawab sepenuhnya.

Surakarta, 22 Oktober 2012

(5)

HALAMAN MOTTO

Inna ma’al usri yusro

(sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan)

(Qs. Insyirah: 16)

Tugas kita bukanlah untuk berhasil. Tugas kita adalah untuk mencoba,

karena di dalam mencoba itulah

kita menemukan dan belajar membangun kesempatan untuk berhasil.

(Mario Teguh )

Doa memberikan kekuatan pada orang yang lemah,

Membuat orang tidak percaya menjadi percaya

Dan memberikan keberanian pada orang yang ketakutan.

(6)

PERSEMBAHAN

Dengan segala doa dan puji syukur kehadirat Allah SWT, karya ini diperuntukkan keluarga dan teman tercinta.

1. Ayah dan Ibu tercinta, tiada kata lain yang bisa terucap selain ucapan terima kasih yang tidak terkira atas semua pengorbanan, kasih sayang, dan doa yang selalu mengiringi setiap langkah dalam menyelesaikan skripsi ini.

2. Adikku (SirilSifak Fausiah), terima kasih telah memberikan semangat, motivasi dan dorongan yang diberikan sehingga terselesaikan skripsi ini. 3. Devi Susanti yang selalu setia menemaniku dalam suka maupun duka, selalu

memberikan semangat, dukungan dan motivasi selama ini.

4. Teman-teman angkatan 2008 khususnya kelas B, terima kasih atas kebersamaan selama ini.

(7)

KATA PENGANTAR

Assalamualaikum wr.wb

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya, sehingga penulis dapat menyusun dan menyelesaikan skripsi ini. Penulisan skripsi ini digunakan untuk memenuhi syarat dalam rangka mencapai gelar sarjana Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Dalam melaksanakan penelitian dan penyusunan skripsi ini banyak mendapatkan bantuan, bimbingan dan dorongan yang kami terima sehingga membantu penyelesaian skripsi ini. Oleh karena itu, pada kesempatan ini penulismenyampaikan rasa terima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu dalam penyelesaian skripsi ini.

1. Drs.H. Sofyan Anif, M.Si. selaku Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan UMS yang telah memberikan ini penulis untuk melakukan penelitian.

2. Drs. Agus Budi Wahyudi, M.Hum. selaku Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah yang telah memberikan izin kepada penulis untuk menyusun skripsi.

(8)

4. Drs. Andi Haris Prabawa, M.Hum., selaku pembimbing II yang telah mendorong penulis untuk segera menyelesaikan pendidikan sekaligus merampungkan skripsi ini.

5. Prof. Dr. Markhamah, M.Hum, selaku penguji yang telah merelakan waktunya untuk menguji, dan memberikan masukan atas karya ini.

6. Semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan skripsi ini baik langsung maupun tidak langsung.

Penulis menyadari bahwa penyusunan skripsi ini masih banyak kekurangan. Hal ini dikarenakan keterbatasan pengetahuan penulis. Akhirnya, penulis berharap semoga karya kecil ini dapat bermanfaat bagi pembaca, khususnya mahasiswa Keguruan dan Ilmu Pendidikan UMS.

Wasalamualaikum wr.wb

Penulis

(9)

DAFTAR ISI

BAB II TINJAUAN PUSTAKA DAN LANDASAN TEORI ... 8

A. Penelitian Terdahulu ... 8

B. Landasan Teori ... 10

1. Pengertian Pragmatik... 10

(10)

BAB III METODE PENELITIAN ... 21

G. Teknik Penyajian Hasil Analisis ... 24

(11)

ABSTRAK

TINDAK TUTUR LOKUSI DAN PERLOKUSI DALAM NOVEL SURAT KECIL UNTUK TUHAN KARYA AGNES DAVONAR

Syaiful Reza Aziz(310 080 096), Jurusan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta,

2012, 53 halaman.

Penelitian ini memiliki dua masalah :(1) Bagaimanakah tindak tutur lokusi yang digunakan dalam novel Surat Kecil Untuk Tuhan karya Agnes Davonar? dan (2) Bagaimanakah tindak tutur perlokusi yang terdapat dalam novel Surat Kecil Untuk Tuhan karya Agnes Davonar? Data dalam penelitian ini adalah kata, frase dan kalimat yang merupakan tindak tutur lokusi dan perlokusi yang terdapat dalam novel Surat Kecil Untuk Tuhan karya Agnes Davonar.

Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif. Teknik penyediaan data dalam penelitian ini menggunakan teknik catat, yang dilakukan dengan cara pencatatan terhadap data-data yang terkumpul pada kartu data. Teknik catat dilakukan untuk mencatat data yang berupa tuturan pada novel Surat Kecil Untuk Tuhan yang mengandung tindak tutur lokusi dan perlokusi.

Sesuai dengan rumusan masalah yang telah dibuat, penelitian ini menghasilkan dua hal. Pertama, dalam novel Surat Kecil Untuk Tuhan terdapat beberapa tindak tutur yang termasuk ke dalam jenis tindak tutur lokusi maupun perlokusi. Dalam novel Surat Kecil Untuk Tuhan ditemukan sepuluh tuturan lokusi. Kedua, dalam novel Surat Kecil Untuk Tuhan terdapat delapan tuturan perlokusi yang memiliki efek disengaja dan dua tuturan yang memiliki efek tidak disengaja. Disebut efek disengaja karena efek yang diakibatkan oleh tuturan sesuai dengan maksud yang diinginkan penutur.Sedangkan disebut efek yang tidak disengaja karena efek yang diakibatkan oleh tuturan tidak sesuai dengan maksud yang diingikan penutur. Efek yang ditimbulkan dari tuturan perlokusi mempunyai maksud yaitu untuk menyindir, berharap/menginginkan dan mempengaruhi.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...