Analisis Kinerja Petugas Malaria dalam Penemuan dan Pengobatan Kasus Malaria di Puskesmas Kabupaten Deli Serdang Tahun 2014

Teks penuh

(1)

ANALISIS KINERJA PETUGAS MALARIA DALAM PENEMUAN DAN PENGOBATAN KASUS MALARIA DI PUSKESMAS

KABUPATEN DELI SERDANG TAHUN 2014

TESIS

Oleh

ERIKA MARLINA MARPAUNG 127032115/IKM

PROGRAM STUDI S2 ILMU KESEHATAN MASYARAKAT FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT

UNIVERSITAS SUMATERA UTARA MEDAN

(2)

THE ANALYSIS ON THE PERFORMANCE OF MALARIA PERSONNEL IN FINDING AND MEDICATION OF MALARIA CASE AT

PUSKESMAS OF DELI SERDANG DISTRICT, IN 2014

THESIS

BY

ERIKA MARLINA MARPAUNG 127032115/IKM

MAGISTER OF PUBLIC HEALTH SCIENCE STUDY PROGRAM FACULTY OF PUBLIC HEALTH

UNIVERSITY OF SUMATERA UTARA MEDAN

(3)

ANALISIS KINERJA PETUGAS MALARIA DALAM PENEMUAN DAN PENGOBATAN KASUS MALARIA DI PUSKESMAS

KABUPATEN DELI SERDANG TAHUN 2014

TESIS

Diajukan Sebagai Salah Satu Syarat

untuk Memperoleh Gelar Magister Kesehatan (M.Kes) dalam Program Studi S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat

Minat Studi Administrasi dan Kebijakan Kesehatan pada Fakultas Kesehatan Masyarakat

Universitas Sumatera Utara

Oleh

ERIKA MARLINA MARPAUNG 127032115/IKM

PROGRAM STUDI S2 ILMU KESEHATAN MASYARAKAT FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT

UNIVERSITAS SUMATERA UTARA MEDAN

(4)

Judul Tesis : ANALISIS KINERJA PETUGAS MALARIA DALAM PENEMUAN DAN PENGOBATAN KASUS MALARIA DI PUSKESMAS

KABUPATEN DELI SERDANG TAHUN 2014 Nama Mahasiswa : Erika Marlina Marpaung

Nomor Induk Mahasiswa : 127032115

Program Studi : S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat

Minat Studi : Administrasi dan Kebijakan Kesehatan

Menyetujui Komisi Pembimbing

(Prof. dr. Sorimuda Sarumpaet, M.P.H) (dr. Heldy BZ, M.P.H

Ketua Anggota

)

Dekan

(Dr. Drs. Surya Utama, M.S)

(5)

Telah Diuji

Pada Tanggal : 26 Agustus 2014

PANITIA PENGUJI TESIS

Ketua : Prof. dr. Sorimuda Sarumpaet, M.P.H Anggota : 1. dr. Heldy BZ, M.P.H

(6)

PERNYATAAN

ANALISIS KINERJA PETUGAS MALARIA DALAM PENEMUAN DAN PENGOBATAN KASUS MALARIA DI PUSKESMAS

KABUPATEN DELI SERDANG TAHUN 2014

TESIS

Dengan ini saya menyatakan bahwa dalam tesis ini tidak terdapat karya yang pernah diajukan untuk memperoleh gelar kesarjanaan di suatu perguruan tinggi, dan sepanjang pengetahuan saya juga tidak terdapat karya atau pendapat yang pernah ditulis atau diterbitkan orang lain, kecuali yang secara tertulis diacu dalam naskah ini dan disebutkan dalam daftar pustaka.

Medan, September 2014

(7)

ABSTRAK

Tidak tercapainya konfirmasi laboratorium dengan menggunakan mikroskop/RDT yang ditargetkan sebesar 29.208 sedangkan realisasi yang diperoleh hanya sebesar 7.117 atau hanya 32 % tahun 2013. Berbagai dukungan dana juga banyak diperoleh dari negara pendonor yaitu Global Fund ATM, akan tetapi kinerja petugas malaria masih rendah dalam penemuan dan pengobatan kasus malaria. Oleh karena itu kinerja petugas malaria di Puskesmas harus ditingkatkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kinerja petugas malaria dalam penemuan dan pengobatan kasus malaria di Puskesmas Kabupaten Deli Serdang.

Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Pendekatan masalah dilakukan dengan analisis deskriptif, yaitu wawancara secara mendalam kepada informan dan studi literatur. Penelitian ini akan dilakukan di 12 Puskesmas endemis di Dinas Kesehatan Kabupaten Deli Serdang dengan menjadikan petugas malaria dan kepala puskesmas juga sebagai informan pelengkap. Penelitian ini menggunakan snowball sampling untuk menentukan sumber data. Data dianalisa pertama kali dengan analisis domain, kemudian analisis toksonomi, analisis komponensial dan analisis tema.

Pengetahuan, strategi kerja, dan sarana/prasarana yang dimiliki oleh petugas malaria tidak berpengaruh terhadap kinerja. Pengetahuan, strategi kerja, dan sarana/prasarana dari petugas malaria tergolong baik, tetapi kinerjanya buruk. Beberapa faktor lain yang mempengaruhi kinerja yaitu faktor pengetahuan tentang lingkungan, faktor kepemimpinan dan perilaku kerja serta faktor pelatihan.

Dinas Kesehatan Kabupaten Deli Serdang harus membuat pelatihan dan sosialisasi dan koordinasi lintas program dan sektoral yang rutin, serta merancang strategi yang terintgrasi dengan daerah, setelah itu menyediakan sarana dan prasarana yang belum lengkap di puskesmas.

Kata Kunci : Malaria, Kinerja, Petugas Malaria

(8)

ABSTRACT

That laboratory confirmation had not been achieved by using microscope/RDT which was targeted 29.208, while the realization was only 7.117, or only 32% in 2013. Various financing supports were obtained from donor countries like Global Fund ATM, but the performance of malaria personnel was still low in the finding and in the medication of malaria. Therefore, the performance of malaria personnel at Puskesmas should be improved.The objective of the research was to find out some factors which were correlated with the performance of malaria personnel in the finding and the medication of malaria at Puskesmas, Deli Serdang District.

The research used qualitative and descriptive analytic approach by conducting in-depth interviews with the informants and library study. It was conducted in 12 endemic puskesmas at the Health Service of Deli Serdang District; malaria personnel and the heads of puskesmas were used as the supplementary informants. The research used snowball sampling technique to determine data source. The data were analyzed for the first time by domain analysis, followed by taxonomy analysis, componential analysis, and thematic analysis.

Knowledge, work strategy, and facility/infrastructure owned by the personnel did not have any influence on the performance. The personnel’s knowledge, work strategy, and facility/infrastructure were good, but their performance was bad. Some other factors which influenced the performance were knowledge of environment, leadership, work behavior, and training.

It is recommended that the Health Service of Deli Serdang District should provide training, socialization, and coordination of cross-sectoral program regularly, and design integrated strategy with local governments, and provide complete facility and infrastructure at puskesmas.

Keywords: Malaria, Performance, Malaria Personnel

(9)

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kepada Tuhan YME karena berkat rahmat dan karuniaNya, penulis dapat menyelesaikan tesis ini dengan judul “Analisis Kinerja Petugas Malaria dalam Penemuan dan Pengobatan Kasus Malaria di Puskesmas Kabupaten Deli Serdang Tahun 2014 ”.

Dalam proses penulisan tesis ini penulis mendapat bantuan, dorongan dan bimbingan serta doa dari berbagai pihak. Untuk itu pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih kepada :

1. Prof. Dr. dr. Syahril Pasaribu, DTM&H, M.Sc (CTM), Sp.A(K), selaku Rektor Universitas Sumatera Utara.

2. Dr. Drs. Surya Utama, M.S, selaku Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara.

3. Dr. Ir. Evawany Y Aritonang, M.Si, selaku Sekretaris Program Studi S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara.

4. Prof. dr. Sorimuda Sarumpaet, M.P.H, selaku Ketua Komisi Pembimbing dan dr. Heldy BZ, M.P.H, selaku Anggota Komisi Pembimbing yang telah banyak membantu, membimbing dan memberikan masukkan dalam penulisan tesis ini. 5. dr. Fauzi, S.K.M, selaku Ketua Komisi Penguji dan drh. Rasmaliah, M.Kes

yang telah banyak memberikan masukan dan saran dalam kesempurnaan penulisan tesis ini.

(10)

6. dr. Hj. Aida Harahap, MARS selaku Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Deli Serdang dan dr. Herri Kurnia, MARS selaku Kepala Bidang P2P yang telah memberi izin kepada penulis untuk melakukan penelitian di Puskesmas Dinkes Kab. Deli Serdang .

7. Seluruh Kepala Puskesmas dan Petugas Malaria Puskesmas endemis malaria, atas bantuan dan kerjasamanya selama penulis melakukan penelitian.

8. Seluruh staf dosen Program Studi S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara, yang telah memberikan pembelajaran selama penulis mengikuti pendidikan.

9. Kementrian Kesehatan RI (PPSDM) yang telah memberi kesempatan dan dukungan dana selama proses pendidikan S2 sampai selesai.

10. Ayahanda tercinta Peter Marpaung dan Mama tersayang Dengsi br. Panjaitan serta keluarga besar, abangku tersayang Henrry Marpaung dan kakakku tersayang Shinta Hotmian Marpaung yang selalu berdoa dan memberikan dukungan semangat untuk menyelesaikan pendidikan.

11. Teristimewa buat suami tercinta Poltak Martupa Simamora dan anak-anakku tersayang abang Mikhael Sanford Simamora, kakak Amanda Rivanie Paulina Simamora dan adek Laura Dewitri Paulina Simamora atas pengertian, kesabaran dan doa serta dukungan semangat untuk menyelesaikan pendidikan. 12. Mama mertu Hularia br. Pasaribu yang telah memberikan support dan doa

selama melaksanakan pendidikan sampai selesai.

(11)

13. Rekan-rekan mahasiswa peminatan Administrasi dan Kebijakan Kesehatan (AKK) IKM FKM USU 2012, atas bantuan, doa dan supportnya serta kebersamaan dalam pembelajaran selama ini.

14. Semua pihak yang telah membantu proses penyusunan tesis ini.

Penulis menyadari bahwa tesis ini masih jauh dari sempurna baik dari segi isi maupun penulisan, untuk itu kritik dan saran yang bersifat membangun sangat penulis harapkan demi kesempurnaan tesis ini.

Medan, September 2014 Penulis

Erika Marlina Marpaung 127032115/IKM

(12)

RIWAYAT HIDUP

Penulis bernama Erika Marlina Marpaung, lahir di Medan, 18 Desember 1977, beragama Kristen Protestan, penulis lahir dari orang tua Peter Marpaung dan Dengsi br. Panjaitan, penulis menikah dengan Poltak Martupa Simamora dan telah dikaruniai 3 (tiga) orang anak yaitu Mikhael Sanford Simamora, Amanda Rivanie Paulina Simamora dan Laura Dewitri Paulina Simamora.

Jenjang pendidikan formal penulis dimulai dari SD Negeri 060793 Medan (1991), SMP Negeri 2 Medan (1994), SMAK Dharma Analitika Medan (1997), S-1 STISIPOL Merdeka Manado (2003). Penulis menempuh pendidikan lanjutan di Program Studi S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat minat studi Administrasi dan Kebijakan Kesehatan (AKK) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara (2012).

Penulis pernah bekerja di Praktek dr. Felix Tarigan di Jl. Gatot Subroto ,Sei Kambing Medan sebagai tenaga Laboratorium dari Tahun 1997 s/d 1998, di RSUD Sam Ratulangi Tondano, Sulawesi Utara sebagai tenaga Laboratorium dari Tahun 1998 s/d 2004, di Dinas Kesehatan Kabupaten Simalungun, Pematang Siantar di Bidang Pelayanan Kesehatan Dasar dari Tahun 2004 s/d 2006, dan bekerja di Dinas Kesehatan Kabupaten Deli Serdang, Lubuk Pakam di Bidang Pemberantasan Penyakit Menular dari Tahun 2006 sampai saat ini.

(13)

DAFTAR ISI

2.4.2 Strategi dalam Pemberantasan Malaria ... 15

2.4.3 Kegiatan Program Malaria ... 16

2.4.4 Pengawasan Penyakit Malaria ... 16

2.5 Sejarah Perkembangan Upaya Penanggulangan Malaria di Indonesia ... 17

2.5.1. Periode 1959-1968 (Periode Pembasmian Malaria)... ... 17

2.5.2. Periode 1969-2000 (Periode Pemberantasan Malaria) ... 18

2.5.3. Periode 2000-Sekarang (Periode Eliminasi Malaria) ... 18

2.6 Penemuan dan Pengobatan Kasus Malaria ... 24

2.7 Pengertian dan Peran Petugas Malaria dalam Penemuan dan Pengobatan Kasus Malaria ... 27

(14)

2.9. Alur Pikir Penelitian ... 48

4.1. Gambaran Umum Lokasi Penelitian ... 54

4.1.1. Gambaran Umum Kabupaten Deli Serdang ... 54

4.1.2. Gambaran Umum Dinas Kesehatan Kabupaten Deli Serdang ... 56

4.1.3. Gambaran Umum Puskesmas Endemis Malaria ... 57

4.1.4. Karakteristik Informan ... 60

4.2. Penyajian dan Analisis Data ... 62

4.2.1. Analisis Kinerja Petugas Malaria dalam Penemuan dan Pengobatan Kasus Malaria di Puskesmas Kabupaten Deli Serdang ... 62

4.3. Kinerja Petugas Malaria ... 71

BAB 5. PEMBAHASAN ... 74

5.1. Analisis Data tentang Pengetahuan Petugas Malaria Puskesmas dalam Penemuan dan Pengobatan Kasus Malaria di Puskesmas 74 5.2. Analisis Data tentang Strategi yang dipakai Petugas Malaria Puskesmas dalam Penemuan dan Pengobatan Kasus Malaria di Puskesmas ... 79

(15)

DAFTAR TABEL

No. Judul Halaman

1.1. Data Persentase Realisasi Jumlah Konfirmasi Kasus yang diperiksa dengan menggunakan Mikroskop/RDT di Puskesmas Kabupaten Deli Serdang Tahun 2013 ... 5 4.1. Daftar Kecamatan dan Puskesmas yang memiliki Petugas Malaria

Tahun 2014 ... 57 4.2. Indikator Penemuan dan Pengobatan Kasus Malaria Bulanan di

Puskesmas Tahun 2013 ... 58 4.3. Fasilitas Kesehatan di Puskesmas Kabupaten Deli Serdang Tahun

2013... 58 4.4. Data Jumlah Sarana Pendukung Pelayanan Kesehatan di Puskesmas

Kabupaten Deli Serdang Tahun 2013 ... 59 4.5. Karakteristik Informan ... 60 4.6. Kesimpulan Analisa DomainkKepada Informan Perihal Pengetahuan

dalam Penemuan dan Pengobatan Kasus Malaria di Puskesmas ... 65 4.7. Kesimpulan Analisa Domain kepada Informan Perihal Strategi yang

dipakai dalam Penemuan dan Pengobatan Kasus Malaria di Puskesmas ... 67 4.8. Kesimpulan Analisa Domain kepada Informan Perihal

Sarana/Prasarana dalam Penemuan dan Pengobatan Kasus Malaria di Puskesmas ... 70 4.9. Rata-Rata Pencapaian Kinerja Petugas Malaria Berdasarkan

Puskesmas ... 72

(16)

DAFTAR GAMBAR

No. Judul Halaman

2.1. Alur Penemuan dan Pengobatan Kasus Malaria ... 36 2.2. Alur Pikir Penelitian ... 48

(17)

DAFTAR LAMPIRAN

No. Judul Halaman

1. Kuesioner Penelitian ... 93 2. Matriks ... 99 3. Surat Penelitian ... 132

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :