BAB I PENDAHULUAN. pesat, ini dapat dilihat dari kemunculan berbagai aplikasi-aplikasi yang dapat

Teks penuh

(1)

1

BAB I

PENDAHULUAN

I.1. Latar Belakang

Perkembangan teknologi perangkat lunak pada masa sekarang ini sangatlah pesat, ini dapat dilihat dari kemunculan berbagai aplikasi-aplikasi yang dapat memudahkan user dengan menggunakan berbagai macam teknik pembuatan perangkat lunak. Dari sinilah perluasan pemanfaatan komputer yang semula hanya dimanfaatkan segelintir orang sekarang menjadi universal dan umum.

Golongan karyawan merupakan salah satu komoditas unggulan yang memberikan kontribusi penting untuk tingkat pendapatan setiap karyawan didalam perusahaan. Besar tidaknya tingkat pendapatan karyawan didalam suatu perusahaan ditetapkan pada tingkat golongan yang telah ditentukan untuk setiap masing-masing karyawan. Oleh karena itu, pentingnya suatu golongan bagi karyawan membuat seorang pengambil keputusan dalam kenaikan golongan karyawan pada suatu perusahaan harus benar-benar teliti dan mempertimbangkan segalanya agar tidak terjadi kesalahan dalam mengambil keputusan. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan penulis, masalah yang dihadapi oleh pihak pengambil keputusan pada PTPN IV Kebun Sidamanik adalah kesulitan dalam pengambilan keputusan karena system yang ada masih menggunakan system manual sehingga proses kenaikan golongan karyawan tidak mengarah pada kriteria-kriteria yang ditentukan oleh perusahaan.

(2)

Profile Matching secara garis besar merupakan proses membandingkan antara kompetensi individu ke dalam kompetensi jabatan sehingga dapat diketahui perbedaan kompetensinya (disebut juga gap), Semakin kecil gap yang dihasilkan maka bobot nilainya semakin besar berarti memiliki peluang lebih besar untuk karyawan menempati posisi tersebut (Nina Sherly,2013 : 3).

Berdasarkan penjelasan diatas maka penulis tertarik untuk membuat “Perancangan Sistem Pendukunng Keputusan Kenaikan Golongan Karyawan Menggunakan Metode Profile Matching (Studi Kasus PTPN IV Kebun Sidamanik)” Sehingga dengan adanya aplikasi ini maka pengambilan keputusan dalam menentukan kenaikan golongan karyawan pihak PTPN IV Kebun Sidamanik dapat dilakukan dengan cepat dan akurat.

I.2. Ruang lingkup Permasalahan

Adapun beberapa tahap yang dilakukan dalam membuat ruang lingkup permasalahan adalah :

I.2.1. Identifikasi Masalah

Dari identifikasi di atas, terdapat beberapa masalah yang ditemuidan diharapkan dapat diselesaikan melalui penelitian ini adalah:

1. PTPN IV Kebun Sidamanik membutuhkan suatu perubahan sistem, dari sistem yang manual menjadi system yang terkomputerisasi dalam pengambilan keputusan kenaikan golongan karyawan.

(3)

2. Proses kenaikan golongan karyawan tidak mengarah pada kriteria – kriteria yang di tentukan oleh perusahaan.

3. Belum adanya metode sebagai alternative dalam pengambilan keputusan kenaikan golongan karyawan.

I.2.2. Rumusan Masalah

Berdasarkan identifikasi masalah diatas timbulah suatu rumusan masalah yaitu:

1. Bagaimana merancang dan membangun sebuah aplikasi yang dapat membantu pihak PTPN IV Kebun Sidamanik untuk mengambil keputusan kenaikan golongan karyawan ?

2. Bagaimana menerapkan system pendukung keputusan dalam proses kenaikan golongan karyawan dapat mengacu pada kriteria-kriteria yang di tentukan secara efektif dan efisien?

3. Bagaimana menerapkan metode profile matching dalam proses mengambil keputusan untuk kenaikan golongan karyawan?

I.2.3. Batasan Masalah

Agar penelitian yang dilakukan lebih terarah dan tidak menyimpang, maka perlu dibuat batasan masalah yaitu :

1. Kriteria yang digunakan sebagai dasar penilaian diperoleh dari PTPN IV Kebun Sidamanik.

(4)

2. Aplikasi yang dirancang menggunakan Bahasa Pemrograman PHP. 3. Database yang dirancang menggunakan MySQL.

4. Metode yang digunakan dalam perancangan sistem ini adalah UML (Unified Modelling Language) sedangkan untuk perhitungan kriteria menggunakan metode Profile Matching.

I.3. Tujuan Dan Manfaat I.3.1. Tujuan

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah :

1. Membantu dalam pengambilan keputusan kenaikan golongan karyawan pada PTPN IV Kebun Sidamanik.

2. Membuat aplikasi system pendukung keputusan kenaikan golongan karyawan pada PTPN IV Kebun Sidamanik.

I.3.2. Manfaat

Adapun maanfaat dari penelitian ini adalah :

1. Adanya sistem yang terkomputerisasi dan user friendly untuk menghasilkan keputusan atau informasi dalam pengambilan keputusan dalam kenaikan golongan karyawan.

2. Menghasilkan sistem yang handal dan aman dalam hal pengambilan keputusan kenaikan golongan karyawan secara tepat dan akurat.

(5)

Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan Metode waterfall yaitu pengerjaan dari suatu sistem dilakukan secara berurutan atau secara linear. Jadi jika langkah satu belum dikerjakan maka tidak akan bisa melakukan pengerjaan langkah 2, 3 dan seterusnya. Secara otomatis tahapan ke-3 akan bisa dilakukan jika tahap ke-1 dan ke-2 sudah dilakukan. (Pressman, 2012)

Gambar I.1. Gambar Waterfall

a. Analisa.

Pada tahap ini adalah menganalisis sistem yang sedang berjalan sesuai dengan data – data khususnya data kayawan dan data kriteria kenaikan golongan karyawan serta data golongan.Penelitian pada PTPN IV Kebun Sidamanik.Adapun metode pengumpulan data yang dilakukan antara lain :

(6)

Merupakan metode yang dilakukan dengan mengadakan studi langsung kelapangan untuk mengumpulkan data yaitu peninjauan langsung kelokasi studi.Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis adalah :

a. Pengamatan Langsung (Observation)

Melakukan pengamatan secara langsung ke tempat objek pembahasan yang ingin diperoleh yaitu bagian-bagian terpenting dalam pengambilan data yang diperlukan pada perusahaan PTPN IV Kebun Sidamanik. b. Wawancara (Interview)

Teknik ini secara langsung bertatap muka dengan pihak bersangkutan untuk mendapatkan penjelasan dari masalah-masalah yang sebelumnya kurang jelas yaitu tentang mekanisme sistem yang digunakan pada perusahaan dan juga untuk meyakinkan bahwa data yang diperoleh dikumpulkan benar-benar akurat. Penulis melakukan wawancara dengan Bapak Mohd. Abdul Ghoni sebagai kepala personalia. Adapun pertanyaan yang penulis ajukan adalah:

a. Bagaimana sistem yang berjalan selama ini dalam hal pengambilan keputusan kenaikan golongan karyawan di PTPN IV kebun Sidamanik?

Jawab : Sistem yang berjalan selama ini dalam hal pengambilan keputusan kenaikan golongan karyawan masih mennggunakan sistem manual.

(7)

b. Apa saja kriteria yang digumakan dalam menentukan kenaikan golongan karyawan PTPN IV kebun Sidamanik ?

Jawab : Kriteria yang digunakan dalam kenaikan golongan karyawan PTPN IV Kebun Sidamanik melalui 3 Aspek yaitu aspek kecerdasan, aspek sikap kerja dann aspek perilaku.

c. Apa yang dibutuhkan pihak PTPN IV Kebunn Sidamanik dalam hal pengambilan keputusan sekarang ?

Jawab: Pihak PTPN IV Kebun Sidamanik sekarang membutuhkan system yang terkomputerisasi agar dapat membantu dalam hal pengambilan keputusan.

d. Sampling

Meneliti dan memilih dokumen perusahaan yang tersedia dan sesuai dengan bidang yang dipilih sebagai berkas lampiran, yaitu pada dokumen data karyawan, data criteria kenaikan golongan karyawan.

2. Penelitian perpustakaan (Library Research)

Pada metode ini penulis Penulis melakukan studi pustaka dengan cara mempelajari, meneliti dan menelaah berbagai literatur-literatur dari perpustakaan yang bersumber dari buku-buku, jurnal ilmiah, situs-situs di internet, dan bacaan-bacaan yang ada kaitannya dengan penentuan kenaikan golongan karyawan. b.Design.

Pada tahap ini dilakukan perancangan sistem yang diusulkan mengenai system pendukung keputusan kenaikan golongan karyawan pada PTPN IV Kebun

(8)

Sidamanik.Dalam melakukan design penulis menggunakan metode diagram UML (Unified Modelling Langguage). Dimana UML bukan hanya sekedar diagram, tetapi juga menceritakan konteksnya.

c. Coding&Testing

Pada tahap ini dilakukan pembuatan suatu aplikasi berdasarkan perancangan sistem yang diusulkan yaitu menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Tahapan inilah yang merupakan tahapan secara nyata dalam mengerjakan suatu sistem. Pada tahap ini dilakukan pengujian terhadap sistem yang telah dibuatdengan menggunakan teknik black box.

d. Implementasi

Berisi langkah-langkah yang dilakukan dalam pembuatan alat serta tahapan-tahapan pengujian yang dilakukan untuk masing-masing blok peralatan yang dirancang.

a. Menganalisis beberapa kesalahan yang ada pada sistem yang lama.

b. Melakukan pengujian aplikasi yang baru untuk meminimalisir kesalahan yang ada.

c. Melakukan perawatan sistem yang baru apabila terjadi kesalahan.

e. Maintenance/Pemeliharaan

Perangkat lunak yang sudah disampaikan kepada pelanggan pasti akan mengalami perubahan. Perubahan tersebut bisa karena mengalami kesalahan karena perangkat lunak harus menyesuaikan dengan lingkungan (periperal atau

(9)

sistem operasi baru) baru, atau karena pelanggan membutuhkan perkembangan fungsional.

I.5. KeaslianPenelitian

Sebagai bukti penelitian yang akan dibuat, maka penelitian akan dibandingkan terhadap penelitian sejenis yang pernah dilakukan. Adapun Penelitian sebelumnya yang pernah diangkat yaitu :

Tabel. I.1. Tabel Keaslian Penelitian

No : 1

Nama Peneliti : Luckyana Puspitasari

Judul Jurnal : Penerapan Metode Profile Matching Dalam SistemPendukung Keputusan Penilaian Kinerja Karyawan Sumber : Pelita Informatika Budi Darma, Volume : V, Nomor: 3,

Desember 2013 Metode Penelitian : 1. PenentuanKriteria

2. Perhitungan GAP 3. Pengujian Sistem

Hasil Penelitian : 1. Proses perankingan digunakan untuk menginputkan hasil akhir dari masing-masing karyawan yang telah di nilai sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan.

Perbandingan : 1. Penulis menggunakan metode GAP untuk pendukung keputusan penilaian kinerja karyawan

2. Penulis menentukan aspek penilaian kinerja karyawan. 3. Penulis Menentukan nilai aspek berdasarkan kinerja

karyawan.

No : 2

Nama Peneliti : Asfan Muqtadir1

,Iwan Purdianto2

Judul Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Kenaikan Jabatan Menggunakan Metode Profile Matching (Studi Kasus di PT. Industri Kemasan Semen Gresik)

Sumber : Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI), 15 Juni 2013

Metode Penelitian : 1. Penentuan bobot nilai masing-masing aspek dengan menggunakan bobot nilai yang telah ditentukan bagi masing-masing aspek itu sendiri

(10)

2. Melakukan Pemetaan GAP

3. Melakukan pencocokan dengan table bobot Gap Hasil Gap dari pengurangan profil karyawan

4. Melakukan perhitungan core factor dan secondary factor Hasil Penelitian : 1. Hasil akhir system aplikasi ini berupa laporan-laporan

yang digunakan oleh pejabat yang berwenang untuk menganalisis hasil evaluasi kinerja karyawan yang digunakan untuk promosi jabatan.

2. Hasil pengujian dihasilkan data yang sama antara pengujian melalui aplikasi dan pengujian melalui cara manual

Perbandingan : 1.

Penulis melakukan penelitian untuk promosi jabatan. 2. Menentukan aspek dan mengelompokkannya menjadi

dua bagian yaitu core factor dan secondary factor.

I.6. Lokasi Penelitian

Adapun lokasi yang menjadi tempat riset penulis yaitu pada PTPN IV Kebun Sidamanik, kota Sidamanik Kec. Sidamanik Kab. Simalungun, Telepon : +62 61 415 4666, Fax : +62 61 457 3117, Website : www.ptpn4.co.id, E-mail :

ptpnusantara4@ptpn4.co.id.

I.7. Sistematika Penulisan

Adapun sistematika penulisan yang diajukan dalam Skripsi ini adalah sebagai berikut :

BAB I : PENDAHULUAN

Pada bab ini menerangkan tentang latar belakang, ruang lingkup permasalahan, tujuan dan manfaat, metode penelitian dan sistematika penulisan.

(11)

BAB II : TINJAUAN PUSTAKA

Pada bab ini menerangkan teori dasar yang berhubungan dengan program yang dirancang serta bahasa pemrograman yang digunakan.

BAB III : ANALISA DAN DESAIN SISTEM

Pada bab ini mengemukakan analisa masalah program yang akan dirancang dan rancangan program yang digunakan pada penulisan Skripsi ini.

BAB IV : HASIL DAN PEMBAHASAN

Pada bab ini mengemukakan tentang hasil implementasi sstem yang dirancang mencakup uji coba sistem, tampilan serta perangkat yang dibutuhkan. Analisa sistem dirancang untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan sistem yang dibuat.

BAB V : KESIMPULAN DAN SARAN

Dalam bab ini berisikan berbagai kesimpulan yang dapat dibuat berdasarkan uraian yang telah disimpulkan, serta saran kepada perusahaan.

Figur

Gambar I.1. Gambar Waterfall  a.  Analisa.

Gambar I.1.

Gambar Waterfall a. Analisa. p.5

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :