Evaluasi Kejadian Infeksi Pada Luka Operasi Pasca AV Fistula Dengan Pemberian Antibiotik Profilaksis di RSUPH Adam Malik Medan

Teks penuh

(1)

1 TESIS

OLEH :

SURYA RAMADHAN NIM : 087102004

PROGRAM PENDIDIKAN DOKTER SPESIALIS ILMU BEDAH

DEPARTEMEN ILMU BEDAH

FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SUMATERA UTARA

MEDAN

(2)

JudulTesisPenelitian Akhir : Evaluasi Kejadian Infeksi Pada Luka Operasi Pasca AV Fistula Dengan

Pemberian Antibiotik Profilaksis di

RSUPH Adam Malik Medan

Nama PPDS : Surya Ramadhan

N I M : 087102004

Program Studi : Ilmu Bedah

Kategori : Divisi Bedah Thoraks Kardiak dan Vaskular

Hari / Tanggal : Maret 2015

TESIS PENELITIAN AKHIR INI TELAH DIPERIKSA DAN DISETUJUI

OLEH :

Pembimbing I, Pembimbing II,

Dr.Marshal,Sp.BSp.B-TKV. (K)

NIP.19610316 198611 1 001 NIP. 197511132005011004 Dr. Doddy P. Pohan Sp.B-TKV.

Ketua Departemen Ketua Program Studi

Ilmu Bedah FK. USU Medan, Ilmu Bedah FK.USU Medan,

(3)

SURAT KETERANGAN

Telah Diperiksa TesisPenelitian Akhir :

Judul Proposal Penelitian Akhir : Evaluasi kejadian Infeksi Pada Luka Operasi Pasca AV Fistula Dengan

Pemberian Antibiotik Profilaksis di RSUP

H Adam Malik Medan

Nama PPDS : Surya Ramadhan N I M : 087102004 Program Studi : Ilmu Bedah

Kategori : Divisi Bedah Thoraks Kardiak dan Vaskular

Medan, Maret 2015 Konsultan Metodologi Penelitian

Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara

(4)

SURAT KETERANGAN

Telah Diperiksa Tesis Penelitian Akhir :

Judul Proposal Penelitian Akhir : Evaluasi Kejadioan infeksi Pada Luka Operasi Pasca AV Fistula Dengan

Pemberian Antibiotik Profilaksis di RSUP

H Adam Malik Medan

Nama PPDS : Surya Ramadhan N I M : 087102004 Program Studi : Ilmu Bedah

Kategori : Divisi Bedah Thoraks Kardiak dan Vaskular

Medan, Maret 2015 Konsultan Mikrobiologi

Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara

(5)

LEMBAR PERNYATAAN

EVALUASI KEJADIANINFEKSI PADA LUKA OPERASI PASCA AV

FISTULA DENGAN PEMBERIAN ANTIBIOTIK PROFILAKSIS

DIRUMAH SAKIT UMUM PUSAT H. ADAM MALIK

MEDAN

PENELITIAN AKHIR

Dengan ini saya menyatakan bahwa dalam proposal penelitian akhir ini tidak terdapat karya yang pernah diajukan untuk memperoleh gelar pasca sarjana di suatu perguruan tinggi. Dan sepanjang pengetahuan saya tidak terdapat karya atau pendapat yang pernah ditulis atau diterbitkan oleh orang lain, kecuali yang tertulis mengacu dalam naskah ini dan disebutkan dalam daftar pustaka.

Medan, Maret 2015

(6)

Evaluation of the Incidence of Surgical SiteInfection

AfterAV Fistula with the Administration of Prophylactic

Antibiotics in H.Adam Malik General Hospital

Medan

Ramadhan S*, Marshal**, P Doddy**

*Resident of General Surgery, Departement of Surgery, Medical Faculty, University of Sumatera Utara

**Consultant Sub Division of Cardiothorasic and Vascular Surgery, Departement of Surgery, Medical Faculty, University of Sumatera Utara

Abstract

Background : Surgical site infection (SSI) can increases the morbidity,

length of care and cause disability and mortality. Prophylactic antibiotics shown to reduce the incidence of surgical site infection and can be given to the action with high infection. AV fistula surgery aimed at preventing morbidity and mortality. due to puncture a blood vessel when hemodialysis. The aimed of this study to evaluated the incidence of surgical site infection after AV fistula with administration of prophylactic antibiotic in H.Adam Malik General Hospital in Medan.

Materials and Methods : Prospective observational study to incidence of

surgical site infection on AV fistula in patients with renal failure for hemodialysis action The study sample was patients with renal failure who underwent AV fistula surgery for hemodialysis. The research data collection tool is the surgical wound sheet observation. Sample size was calculated using simple random sampling.

Result : In 32 patients, 21 (62.5%) was male and 12 (37.5%) female. The

mean length of surgery was 71.4 minute. The longer duration time of surgery the greater the risk of wound infection. The results of the examination day 3, not found anyone patients with postoperative wound infection. Day 7, we found 1 (3.1%) patients were contaminated Proteus sp, 31 (96.3%) patients no infection present.

Conclusion : Not found the clinical sign of surgical site infection in 32

patients after AV fistula surgery with cefazolin prophylactic antibiotic. Wound swab results of operation, 1 patients day 3 after AV fistula surgery obtained the growth of bacteria Staphylococcus Epidermidis that resistant cefazolin. 1 patients other obtained the growth of bacteria Proteus sp on day 7, without the clinical sign of infection and a contamination.There is no nosocomial infection after AV fistula surgery at the operating room in H.Adam Malik General Hospital in Medan.

Keywords : Surgical Site Infection (SSI), AV Fistula, Prophylactic

(7)

EVALUASI KEJADIAN INFEKSI PADA LUKA OPERASI PASCA AV FISTULA DENGAN PEMBERIAN ANTIBIOTIK PROFILAKSIS DI

RUMAH SAKIT UMUM PUSAT H. ADAM MALIK MEDAN Ramadhan S*, Marshal**,P Doddy**

*Residen Bedah, Departemen Ilmu Bedah Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara

**Konsultan Sub Divisi Bedah Thoraks Kardiak Dan Vaskular, Departemen Ilmu Bedah Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara

ABSTRAK

Latar Belakang : Infeksi Luka Operasi (ILO) dapat meningkatkan morbiditas, lama perawatan dan dapat mengakibatkan cacat bahkan kematian. Antibiotik profilaksis terbukti mengurangi kejadian ILO dan dapat diberikan untuk tindakan dengan infeksi tinggi. Tindakan AV fistula bertujuan mencegah morbiditas dan mortalitas akibat tindakan punksi pembuluh darah saat hemodalisa. Tahun 2014, terdapat 124 kasus operasi AV fistula. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi kejadian infeksi luka operasi pasca AV fistula dengan pemberian antibiotik profilaksis di Rumah Sakit Umum Pusat H. Adam Malik Medan.

Material dan Metode : Penelitian ini adalah observasional dengan studi deskriptif melalui pengamatan secara prospektif terhadap kejadian infeksi luka AV fistula pada pasien gagal ginjal untuk tindakan hemodialisa di RSUP H.Adam Malik Medan. Sampel penelitian ini adalah pasien gagal ginjal yang menjalani operasi AV fistula untuk tindakan hemodialisa. Alat pengumpul data penelitian ini adalah lembar pengamatan luka operasi. Besar sampel dihitung mengunakan simple random sampling.

Hasil : Pasien yang mengikuti penelitian sebanyak 32 orang dengan kriteria inklusi pasien laki-laki 21 (62,5%), perempuan 12 (37,5%) dan rerata lama operasi 71,4 menit. Didapatkan hasil, semakin lama proses operasi semakin besar resiko terjadinya ILO. Dari hasil pemeriksaan hari ketiga, tidak didapatkan satupun pasien yang mengalami infeksi pasca operasi, pemantauan hari ketujuh didapatkan 1 orang (3,1%) terkontaminasi Proteus sp, 31 pasien (96,3%) tidak mengalami infeksi.

Kesimpulan : Kejadian infeksi pada luka operasi pasca AV Fistula pada 32 pasien dengan antibiotik profilaksis Cefaziolin tidak ditemukan pasien yang mengalami tanda klinis ILO. Hasil swab luka bekas operasi, 1 pasien hari ke-3 pasca operasi AV Fistula didapatkan pertumbuhan kuman Staphylococcus epidermidis yang resisten Cefazolin, 1 pasien lain didapatkan pertumbuhan kuman Proteus sp. dan pada hari ke 7, tanpa tanda klinis infeksi dan merupakan kontaminasi. Dari hasil tidak dijumpai adanya infeksi nosokomial operasi pasca AV fistula dikamar operasi RSUP. H. Adam Malik Medan.

(8)

KATA PENGATAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT penulis panjatkan, karena berkat segala rahmat dan karuniaNya penulis dapat menyelesaikan penelitian dan penulisan tesis akhir ini yang merupakan salah satu persyaratan tugas akhir untuk memperoleh keahlian dalam bidang Ilmu Bedah di Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara Medan. Selawat dan salam tak lupa penulis sampaikan kepada junjungan Rasulullah Muhammad SAW.

Dengan selesainya penulisan tesis akhir ini, perkenankanlah penulis untuk menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada :

Bapak Rektor Universitas Sumatera Utara dan Bapak Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara atas kesempatan yang telah diberikan kepada penulis untuk mengikuti Program Pendidikan Dokter Spesialis Ilmu Bedah di lingkungan Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara

Ketua Departemen Ilmu Bedah Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara, dr. Emir T Pasaribu, SpB(K)ONK dan Sekretaris Departemen, dr. Erjan Fikri, SpB,SpBA. Ketua Program Studi Ilmu Bedah, dr. Marshal SpB,SpBTKV dan Sekretaris Program Studi Ilmu Bedah, dr. Asrul S, SpB-KBD, yang telah bersedia menerima, mendidik dan membimbing penulis dengan penuh kesabaran selama penulis menjalani pendidikan.

(9)

motivasi yang tiada hentinya dengan penuh bijaksana dan tulus ikhlas disepanjang waktu sehingga penulis dapat menyelesaikan tesis ini.

Rasa hormat dan terima kasih yang sebesar-besarnya saya sampaikan kepada guru-guru saya : Prof. Bachtiar Surya, SpB-KBD,Prof.A.Gofar Sastrodiningrat,SpBS(K), Prof. Iskandar Japardi, SpBS(K), Prof. Adril A Hakim, SpS,SpBS(K), Prof. Nazar Moesbar, SpB,SpOT, Prof. Hafas Hanafiah, SpB,SpOT, Alm.Prof Usul Sinaga, SpB, Alm.Prof Buchari Kasim, SpBP, dr. Asmui Yosodihardjo, SpB,SpBA, dr. Syahbuddin Harahap, SpB, DR. dr. Humala Hutagalung, SpB(K)ONK, dr. Gerhard Panjaitan, SpB(K)ONK, dr. Harry Soejatmiko, SpB,SpBTKV, dr. Chairiandi Siregar, SpOT, dr. Bungaran Sihombing, SpU, dr. Syah M Warli, SpU,dr Doddy P. Pohan Sp.B-TKV. dr Suyatno SpB(K) Onk dan seluruh guru bedah saya yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu, di lingkungan RSUP H Adam Malik, RSU Pirngadi Medan dan di semua tempat yang telah mengajarkan ketrampilan bedah pada diri saya. Semua telah tanpa pamrih memberikan bimbingan, koreksi dan saran kepada penulis selama mengikuti program pendidikan ini.

Prof. Aznan Lelo, PhD, SpFK, yang telah membimbing, membantu dan meluangkan waktu dalam membimbing statistik dari tulisan tugas akhir ini

Dr. R. Lia Kusumawati, MS, Sp.MK (K),yang telah membimbing, membantu dan meluangkan waktu dalam membimbing mikrobiologi dari tulisan akhir ini.

Para Senior, dan sejawat peserta program studi Bedah yang bersama-sama menjalani suka duka selama pendidikan.

Para pegawai dilingkungan Departemen Ilmu Bedah FK USU, dan para tenaga kesehatan yang berbaur berbagi pekerjaan memberikan pelayanan Bedah di RSUP H Adam Malik, RSU Pirngadi, dan di semua tempat bersama penulis selama penulis menimba ilmu.

(10)

kasih yang sedalam-dalamnya dan setulus-tulusnya, yang telah membesarkan dan mendidik penulis sejak kecil dengan penuh kesabaran, kasih sayang dan perhatian, dengan diiringi doa dan dorongan yang tiada hentinya sepanjang waktu, memberikan contoh yang sangat berharga dalam menghargai dan menjalani kehidupan. .

Teristimewa buat istriku tercinta Dr Zuheri M KES dan anakku alm atika Zuhra, Alm M qalill dan zarril givarri ,raisul akram farrid berkat mereka penulis termotivasi untuk menyelesaikan Program Pendidikan Dokter Spesialis Ilmu Bedah ini

Akhirnya hanya Allah SWT yang dapat membalas segala kebaikan.

Semoga ilmu yang penulis peroleh selama pendidikan spesialisasi ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua.

Terima kasih.

Medan, Des 2014 Penulis

(11)

DAFTAR ISI

Halaman

LEMBAR PERSETUJUAN ... i

SURAT KETERANGAN (Konsultan Metodologi Penelitian) ... ii

SURAT KETERANGAN(Konsultan Mikrobiologi) ... iii

LEMBAR PERNYATAAN ... iv

1.4.1Bidang akademik/ilmiah ... 3

1.4.2 Bidang pelayanan masyarakat ... 3

1.4.3Bidang pengembangan penelitian ... 3

BAB 2. TINJAUAN PUSTAKA ... 4

2.1 Antibiotik Profilaksis ... 4

2.1.1 Pengertian Antibiotika Profilaksis.. ... 5

2.1.2 Tujuan pemberian Antibiotik Profilaksis ... 7

2.1.3 Prinsip Penggunaan Antibiotik Profilaksis ... 7

2.1.4 Indikasi Penggunaan Antibiotik Profilaksis. ... 8

2.1.5 Dasar Pemilihan Jenis Antibiotik Untuk Tujuan Profilaksis.. ... 9

2.1.6 Pedoman Pemberian Antibiotika Profilaksis ... 9

2.2 Infeksi Luka Operasi ... 11

2.3.3 Pemeriksaan Pra Tindakan AV Fistula ... 15

2.3.4 Komplikasi Pasca Operasi AV Fistula ... 17

(12)

3.5Metode Pengumpulan Data ... 19

3.5.1Alat Pengumpul Data ... 19

3.5.2 Pelaksanaan Pengumpulan Data ... 19

3.6 Definisi Operasional ... 20

3.7 Rencana Pengolahan Dan Penyajian Data ... 21

BAB 4 HASIL PENELITIAN ... 22

4.1 Distribusi Frekuensi Jenis Kelamin ... 22

4.2 Distribusi Frekuensi Ruang Operasi AV Fistrula ... 22

4.3 Statistik Deskriptif Usia Responden ... 23

4.4 Statistik Deskripsi Lama Operasi ... 23

4.5 Distribusi Frekuensi Tanda- Tanda Infeksi pada Hari Ketiga Pasca Operasi AV Fistula ... 23

4.6 Frekuensi Pertumbuhan Bakteri hari Ke-3 Pasca Operasi ... 24

4.7 Distribusi Frekuensi Tanda Infeksi Pada Hari Ke-7 Pasca Operasi AV fistula ... 24

4.8 Distribusi Frekuensi Pertumbuhan Bakteri hari ke-7 Pasca Operasi ... 24

BAB 5 PEMBAHASAN ... 26

BAB 6 SIMPULAN DAN SARAN ... 29

(13)

DAFTAR LAMPIRAN

Halaman

Lampiran 1 Susunan Penelitian ... 33

Lampiran 2 Rencana Anggaran Penelitian ... 34

Lampiran 3 Jadwal Penelitian ... 35

Lampiran 4 Lembar Penjelasan Kepada Calon Subjek Penelitian ... 36

Lampiran 5 Persetujuan Setelah Penjelasan (PSP) ... 38

Lampiran 6 Persetujuan Komisi Etik Tentang Pelaksanaan Penelitian Bidang Kesehatan ... 39

Lampiran 7 Formulir Data Penelitian ... 40

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...