Pengaruh emosi negatif pada pengambilan keputusan individu dan kelompok dalam pemilihan alternatif investasi modal

Teks penuh

(1)

PENGARUH EMOSI NEGATIF PADA

PENGAMBILAN KEPUTUSAN INDIVIDU

DAN KELOMPOK DALAM PEMILIHAN

ALTERNATIF INVESTASI MODAL

OLEH:

TAN ALBERT TANDI HENDRATA 3203007069

JURUSAN AKUNTANSI FAKULTAS BISNIS

UNIVERSITAS KATOLIK WIDYA MANDALA SURABAYA

(2)

i

PENGARUH EMOSI NEGATIF PADA

PENGAMBILAN KEPUTUSAN INDIVIDU

DAN KELOMPOK DALAM PEMILIHAN

ALTERNATIF INVESTASI MODAL

SKRIPSI Diajukan kepada FAKULTAS BISNIS

UNIVERSITAS KATOLIK WIDYA MANDALA SURABAYA untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan

Memperoleh Gelar Sarjana Ekonomi Jurusan Akuntansi

OLEH :

TAN ALBERT TANDI HENDRATA 3203007069

JURUSAN AKUNTANSI FAKULTAS BISNIS

UNIVERSITAS KATOLIK WIDYA MANDALA SURABAYA

(3)
(4)
(5)
(6)

v

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yesus Kristus yang telah melimpahkan berkat, rahmat, dan bimbingan-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas skripsi ini dengan judul “Pengaruh Emosi Negatif pada Pengambilan Keputusan Individu dan Kelompok dalam Pemilihan Alternatif Investasi Modal”. Penyusunan skripsi ini bertujuan untuk memenuhi salah satu syarat dalam memperoleh gelar Sarjana Ekonomi pada jenjang strata satu (S-1) di Fakultas Bisnis Jurusan Akuntansi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.

Penulis menyadari bahwa skripsi ini jauh dari kesempurnaan dan masih banyak kekurangan. Hal ini disebabkan karena keterbatasan dan kendala yang dihadapi penulis saat menyusun skripsi ini. Dalam penyusunan skripsi ini, penulis telah banyak menerima bantuan dan dukungan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih kepada: 1. Ibu Dr. Christina Whidya Utami, MM. selaku Dekan Fakultas

Bisnis Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.

2. Bapak Yohanes Harimurti, SE., M.Si., Ak, selaku Ketua Jurusan Akuntansi Fakultas Bisnis Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.

(7)

vi

3. Bapak Slamet Riyadi, DR., M.Si., Ak. selaku Dosen Pembimbing I yang telah meluangkan waktunya untuk membimbing penulis sehingga skripsi ini bisa terselesaikan dengan baik.

4. Bapak Lodovicus Lasdi, SE., MM. Selaku Dosen Pembimbing II yang telah dengan sepenuh hati membimbing dan memberikan masukan-masukan yang sangat berarti bagi penulis sehingga skripsi ini bisa terselesaikan dengan baik.

5. Ibu Winda Mulia, Ibu Jesica Handoko atas masukan-masukan yang diberikan sehingga penulis bisa menyelesaikan skripsi ini dengan baik.

6. Seluruh staf pengajar Fakultas Bisnis Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya atas ilmu yang telah diberikan sehingga penulis bisa menjadi seperti saat ini. Anda semua adalah dosen terbaik yang pernah ada.

7. Papa tercinta yang telah dengan susah payah membesarkan penulis seorang diri, serta adik penulis Willy dan Novy terima kasih untuk dukungannya baik secara moril maupun materiil. 8. Mama di Surga yang telah melahirkan dan membimbing penulis

sejak kecil sehingga penulis bisa berhasil sampai saat ini. Semua jasamu akan selalu kuingat dalam hati.

9. Bapak Tony Wijaya atas bantuannya pada penulis baik secara moril maupun materiil sehingga penulis bisa menyelesaikan studinya dengan baik.

(8)

vii

10. Stefany Hariyono tercinta yang telah menemani dan mengingatkan penulis baik dalam susah maupun senang sehingga penulis bisa tetap bersemangat dalam menyelesaikan skripsi ini.

11. Hutomo, Lukyanto, Ferdinand yang telah saling memberi bantuan sehingga skripsi ini bisa terselesaikan dengan baik. 12. Rekan-rekan eks BPM-FE Steven, Anita, CP, Mariyati, Angelia,

Irene, Wahyudi, dan semua yang tidak bisa disebutkan satu-persatu terima kasih atas dukungan dan bantuannya pada penulis. 13. Rekan-rekan lomba yang telah saling mendukung satu sama lain dalam menyusun skripsi Niken, Ruth, CS, Agung, Ignas, Remon, Cynthya, Sisylia dan rekan lomba di luar Widya Mandala yang telah saling memberi semangat.

14. Teman-teman penulis dan semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu, yang telah banyak memberikan dukungan dan semangat selama penyususnan skripsi ini.

Kiranya segala kebaikan dan perhatian yang telah diberikan mendapat balasan dari Tuhan Yesus Kristus. Akhir kata, penulis berharap skripsi ini dapat bermanfaat bagi berbagai pihak yang memerlukan.

Surabaya, 14 Januari 2011

(9)

viii

DAFTAR ISI

Halaman

HALAMAN JUDUL ……….. i

HALAMAN PERSETUJUAN ………... ii

HALAMAN PENGESAHAN ……… iii

SURAT PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH iv KATA PENGANTAR ……… v

DAFTAR ISI ……… viii

DAFTAR TABEL ……… x

DAFTAR GAMBAR ……….. xi

DAFTAR LAMPIRAN ……… xii

ABSTRAK ……….. xiii

BAB 1. PENDAHULUAN ……….………. 1

1.1.Latar Belakang Masalah ………... 1

1.2.Perumusan Masalah ……… 4

1.3.Tujuan Penelitian ……… 4

1.4.Manfaat Penelitian ……….. 4

1.5.Sistematika Penelitian ………. 5

BAB 2. TINJAUAN PUSTAKA ……… 7

2.1. Penelitian Terdahulu ………... 7

2.2. Landasan Teori ………. 8

(10)

ix

2.3. Model Penelitian ………... 19

BAB 3. METODA PENELITIAN ………. 23

3.1. Desain Eksperimen ………...………. 23

3.2. Identifikasi Variabel Penelitian ... 23

3.3. Jenis Data dan Sumber Data ……… 24

3.4. Alat dan Metode Pengumpulan Data ….……. 25

3.5. Instrumen Penelitian ….……... 25

3.6. Populasi, Sampel (Partisipan), dan Teknik Pengambilan Sampel ………... 26

3.7. Prosedur Eksperimen ………... 29

3.8. Metode Analisis Data ………... 32

BAB 4. ANALISIS DAN PEMBAHASAN ……….... 33

4.1. Gambaran Obyek Penelitian ……… 33

4.2. Deskripsi Data ………. 33

4.3. Analisis Data ……… 34

4.4. Pembahasan ………. 39

BAB 5. SIMPULAN DAN SARAN ……….. 41

5.1. Simpulan ……….. 41

5.2. Keterbatasan ………. 41

5.3. Saran ……… 42

DAFTAR PUSTAKA ……….. 43 LAMPIRAN

(11)

x

DAFTAR TABEL

Halaman Tabel 3.1. 3 x 2 Mixed-subjects Experimental Design ... 23 Tabel 4.1. Jumlah Partisipan dalam 3 x 2 Mixed-subjects

Experimental Design …...……….. 34 Tabel 4.2. Tabel Karakteristik Demografis Penelitian ….... 34 Tabel 4.3. Tabel Statistik Deskriptif Variabel Dependen .... 35 Tabel 4.4. Hasil Manipulation Checks …... 37 Tabel 4.5. Hasil Leven’s Test of Homogeneity Variance .... 37 Tabel 4.6. Hasil Pengujian Between-subjects Effects

(Individu) ……... 38 Tabel 4.7. Hasil Pengujian Between-subjects Effects

(12)

xi

DAFTAR GAMBAR

Halaman Gambar 2.1. Model Penelitian ………..…….. 22 Gambar 3.1. Prosedur Eksperimen ………..…….. 29

(13)

xii

DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran 1 Instrumen Penelitian

Lampiran 2 Rekapitulasi Jawaban Partisipan

Lampiran 3 Hasil Output ANOVA Pengujian Hipotesis Pertama Lampiran 4 Hasil Output ANOVA Pengujian Hipotesis Kedua Lampiran 5 Daftar Hadir Pilot Tes

(14)

xiii

ABSTRAK

Salah satu keputusan manajemen yang penting bagi perusahaan adalah keputusan investasi modal. Keputusan investasi modal memerlukan modal yang besar dan komitmen jangka panjang perusahaan. Pada umumnya, pengambilan keputusan ini dilakukan dengan memilih proyek yang memberikan tingkat pengambalian investasi tertinggi. Penelitian ini dilakukan untuk dua tujuan. Pertama, menguji pengaruh emosi negatif dalam pemilihan alternatif investasi modal, dan kedua, menguji pengaruh keputusan kelompok dalam mengurangi emosi negatif. Eksperimen dengan desain 3 x 2

mixed-subjects akan dilakukan dengan menguji mahasiswa Fakultas Bisnis melalui penugasan secara random. Data akan dianalisis dengan alat statistik ANOVA. Hasil eksperimen ini konsisten dengan penelitian sebelumnya yang menemukan bahwa emosi negatif berpengaruh dalam pemilihan alternatif investasi modal, dan pengambilan keputusan secara berkelompok dapat mengurangi pengaruh dari emosi negatif.

Kata kunci: Keputusan Investasi Modal, Emosi Negatif, Keputusan Kelompok.

(15)

xiv

THE NEGATIVE EFFECT OF EMOTION IN INDIVIDUAL AND GROUP DECISIONS MAKING IN CHOSING CAPITAL

INVESTMENT ALTERNATIVE

ABSTRACT

One of the important management decisions for organization is capital investment decision. Capital investment decision requires big number of organization’s capital and long-term commitment. Generally, decision making is done by choosing projects that provide the highest return of investment. This research is conducted for two purposes. First, testing the negative effect of emotion in choosing capital investment alternative, and second, testing the effect of groups decision to reduce the negative effect of emotion. A 3 x 2 experimental design will be conducted with testing the Faculty of Business’ students by randomly assignment. Data will be analyzed by using ANOVA statistical test. The result of this experiment was consistent with the recent research which found that the negative emotion affect in choosing capital investment alternative, and group decision making can reduce the effect of negative emotion.

Keywords: Capital investment decision, negative emotion, group decision.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...