Keberfungsian Distraktor dan Tingkat Kesulitan Butir Soal Pilihan Ganda Bahasa Indonesia Pada Ulangan Akhir Semester Gasal Kelas VIII A Keberfungsian Distraktor dan Tingkat Kesulitan Butir Soal Pilihan Ganda Bahasa Indonesia Pada Ulangan Akhir Semester

13 

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

Keberfungsian Distraktor dan Tingkat Kesulitan Butir Soal Pilihan Ganda Bahasa Indonesia Pada Ulangan Akhir Semester Gasal Kelas VIII A

SMP N 4 Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014

Skripsi Diajukan untuk Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan pada Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia

Diajukan Oleh: Ernawati A 310110154

PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA

(2)
(3)

ABSTRAK

KEBERFUNGSIAN DISTRAKTOR DAN TINGKAT KESULITAN BUTIR SOAL PILIHAN GANDABAHASA INDONESIA PADA ULANGAN

AKHIR SEMESTER GASAL KELAS VIII A SMP N 4 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2013/2014

Ernawati, A310110154, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas

Muhammadiyah Surakarta

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis distraktor dan tingkat kesulitan pada soal ulangan akhir semester gasal tahun ajaran 2013/2014 kelas VIII A SMP N 4 Sukoharjo. Penelitian ini mengumpulkan data dengan menggunakan metode observasi dan teknik pengumpulan tes. Metode pengolahan data menggunakan Content analysis dan teknik dokumentasi. Ulangan akhir semester gasal jumlah soal pilihan ganda ada 50 butir item. Setiap butir item terdiri dari 4 alternatif jawaban yaitu A, B, C, dan D. Alternatif jawaban terdiri dari 1 kunci jawaban benar dan 3 distraktor. Menentukan distraktor itu berfungsi atau tidak dapat dihitung dengan menggunakan rumus P =

X 100%. Hasil perhitungan jika lebih dari 5% distraktor dikatakan berfungsi apabila kurang tidak berfungsi. Tingkat kesulitan soal juga dianalisis dari data yang telah diperoleh, hasil dari pengolahan data digolongkan pada rentang nilai dari soal yang terlalu sukar, cukup (sedang), dan soal terlalu mudah. Hasil analisis tingkat perbandingan keberfungsian distraktor. Kelas A distraktor yang berfungsi ada 80 dan tidak berfungsi 70. Pada tingkat kesulitan soal untuk kelas A terlalu sukar ada 3 soal. Cukup (sedang) 19, dan terlalu mudah 28.

(4)

Pendahuluan

Menurut Arikunto (2013:181) tes yang dapat dilakukan untuk mengetahui seberapa jauh kompetensi siswa yakni tes objektif. Pada tes objektif terdapat macam-macam tes diantaranya tes benar atau salah (True-False), tes pilihan ganda (Multiple Choice Test), menjodohkan (Matching Test), dan tes isian (Completion Test). Pada tes pilihan ganda siswa sering mengalamii kesulitan untuk memilih

jawaban yang benar karena terdapat distraktor. Distraktor pada butir item membuat teste merasa bimbang dan bingung dengan pilihan jawaban. Berfikir bahwa jawaban yang dipilih benar karena alternatif jawaban mempunyai tingkat kemiripan tinggi sehingga yakin dengan pilihan jawaban. Merasa jawaban yang dipilih benar padahal jawaban tersebut merupakan salah satu distraktor.

Tingkat kesukaran soal (Difficulty Index) merupakan perhitungan tingkat kesukaran soal yang diawali dengan pengukuran seberapa besar derajat kesukaran suatu soal. Tingkat kesulitan dapat diperhitungkan dari perbandingan antara jumlah peserta tes yang dapat menjawab dengan benar dan tidak mampu menjawab dengan benar. Hubungan antara distraktor yang terdapat dalam soal ujian. Metode yang digunakan untuk menganalisi distraktor dan tingkat kesulitan yaitu content analysis dan dukumentasi. Analisis dengan mengunakan lebar jawaban soal Bahasa Indonesia ulangan akhir semester gasal kelas VIII A tahun ajaran 2013/2014. Tujuan penelitian yaitu menganalisis tingkat keberfungsian distraktor dan tingkat kesulitan soal.

Metode penelitiaan

A. Jenis dan Desaian Penelitian

(5)

mendalam. Kasus berupa keberfungsian distraktor dan tingkat kesulitan soal Bahasa Indonesia ulangan akhir semester gasal kelas VIII A.

B. Tempat dan Waktu Penelitian

Lokasi penelitian dilaksanakan di SMP N 4 Sukoharjo. Jl. Slamet Riyadi, Begajah Sukoharjo, Jawa Tengah karena tingkat prestasi siwa tiap tahun meningkat. Penelitian ini dimulai pada tanggal 9 September 2014. C. Data, Sumber Data, dan Nara Sumber

Data dalam penelitian ini yaitu distraktor dan tingkat kesulitan soal ulangan akhir semester gasal Bahasa Indonesia kelas VIII A tahun ajaran 2013/2014. Sumber data dalam penelitian ini adalah siwa kelas VIII A SMP N 4 Sukoharjo tahun ajaran 2013/2014. Nara sumber dalam penelitian ini adalah guru selaku pengampu mata pelajaran Bahasa Indonesia dan siswa kelas VIII A.

D. Metode dan Teknik Pengumpulan Data

Observasi adalah kegiatan mengamati, mencatan, dan mengadakan penilaian (Suharsimi, 2013:274). Wawancara adalah percakapan dengan maksud tertentu (Moleong, 2011:186).

Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan teknik pengumpulan data menggunakan tes. Melakukan observasi langsung ke SMP N 4 Sukoharjo dan teknik pengumpulan menggunakan wawancara dengan siswa kelas VIII A dan guru untuk mendapatkan jawaban mengenai soal pilihan ganda ulangan akhir semester gasal tahun ajaran 2013/2014.

E. Metode dan Teknik Analisis Data

(6)

kabar, majalah, agenda, notulen rapat, dan sebagainya (Suharsimi, 2013:274). Teknik analis data dalam penelitian ini adalah dokumentasi kunci jawaban soal ulangan akhir semester gasal Bahasa Indonesia siswa kelas VIII A SMP N 4 Sukoharjo.

F. Keabsahan Data

Pelitian ini menggunakan teknik trianggulasi yang merupakan cara paling umum untuk digunakan bagi peningkatan validitas data dalam penelitian kualitatif. Trianggulasi merupakan teknik pengecekan keabsahan data yang didasarkan pada sesuatu di luar data untuk keperluan mengecek atau sebagai perbandingan terhadap data yang telah ada (Afifudin,2009: 95). Trianggulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah trianggulasi data. Pengumpulan data dalam penelitian ini bersumber dari beberapa yaitu wawancara dengan guru selaku pengampu mata pelajaran Bahasa Indonesia dan siswa kelas VIII A.

Hasil Penelitian dan Pembahasan

Soal ulangan Bahasa Indonesia dengan tipe pilihan ganda yang terdiri dari 50 soal dengan unsur-unsur materi ajar yang telah ditentukan. Materi pelajaran yang harus dikuasai oleh siswa. Soal diberikan untuk mengukur tingkat pemahaman siswa dalam menerima materi pelajaran yang telah disampaikan. Ulangan dengan tipe pilihan ganda dipilih sebagai instrumen peilaian. Soal pilihan ganda pada ulangan akhir semester gasal kelas VIII A disetiap butir item terdiri dari 117 distraktor berfungsi dengan baik dan 83 distraktor belum berfungsi.

Tingkat kesulitan soal Bahasa Indonesia ulangan akhir semester gasal kelas VIII A tahun pelajaran 2013/2014 SMP N 4 Sukoharjo. Pada 50 soal ulangan Bahasa Indonesia.

(7)

2. Soal berjumlah 5 butir termasuk dalam kategori terlalu sukar dikerjakan, terdapat pada nomor soal (12, 13, 14, 21, dan 31)

3. Soal berjumlah 13 butir soal termasuk dalam kategori soal yang cukup (sedang), terdapat pada nomor soal (2, 6, 8, 11, 15, 18, 19, 27, 32, 40, 44, 46, dan 49).

Hasil perhitungan tingkat kesulitan pada tipe soal pilihan ganda ulangan akhir semester gasal kelas VIII A. Soal pilihan ganda terdiri dari 50 butir soal dan duaratus alternatif jawaban. Tingkat kesulitan soal pilihan ganda dibagi menjadi tiga kategori yaitu soal mudah, sedang, dan sulit.

Diagram 1 menunjukkan tingkat kesulitan soal yang dikerjakan siswa kelas VIII A SMP N 4 Sukoharjo. Kategori persentase cukup tergambar dengan jelas sesuai dengan klasifikasi tiga tingkat kesulitan butir soal pilihan ganda.

Diagram: 1 menunjukkan tingkat kesulitan soal pilihan ganda Bahasa Indonesia ulangan akhir semester gasal kelas VIII A SMP N 4 Sukoharjo.

Rentang nilai yang dicapai siswa kelas VIII A soal pilihan ganda Bahasa Indonesia pada ulangan akhir semester gasal SMP N 4 Sukoharjo tahun ajaran 2013/2014.

64% 26%

10%

Diagram Tingkat Kesulitan Soal

Terlalu Mudah

Cukup (sedang)

(8)

Garfik 1 menunjukkan p mengikuti ulangan akhir

Grafik 1 menunjuk soalih pilihan ganda rentang paling rendah

persentase nilai yang dicapai siswa kelas VIII A y hir semester gasal SMlaiP N 4 Sukoharjo.

jukkan pencapain nilai yang diperoleh siswa kel da pada ulangan akhir semester gasal. Nilai di dah sampai tertinggi yaitu 50 sampai 100. Siswa

60 terdapat satu siswa . Kategori nilai yang ke ng siswa yang mendapatkan nilai tersebut, sedang itu nilai 71-80 ada 13 siswa, kategori 81-90 ber ategori terakhir 91-100 terdapat satu orang siswa.

ata Pelajaran Bahasa Indonesia Mengenai So khir Semester Tahun Ajaran 2013/2014 nda ulangan akhir semester gasal kelas VIII S

(9)

5. Kesulitan yang Dialami Siswa dalam Mengerjakan Soal Pilihan Ganda dengan Tipe Pertanyaan Panjang

Soal pilihan ganda tersusun dari soal dengan tipe cerita, dialog, menentukan unsur intrinsik, mengurutkan sistematika laporan, mencari jenis paragraf, dan menentukan tempat tujuan dengan membaca peta yang telah disediakan. Soal ulangan pilihan ganda menggunakan wacana yang panjang untuk menjawab pertanyaan terdapat beberapa buah. Pada soal nomor 4 merupakan wacana laporan cukup panjang dengan perintah untuk memberikan masukan yang tepat. Siswa dituntut untuk membaca wacana laporan dan menentukan jawaban berupa masukan yang sesuai. Soal nomor 7 terdapat wacana mengenai fungsi MMS yang menggunakan bahasa Inggris.

Kendala yang sering dialami siswa dalam mengerjakan soal pilihan ganda yaitu tidak mampu memanajemen waktu dengan baik. Waktu yang kurang menjadi salah satu alasan siswa tidak mendapatkan nilai tinggi. Wacana cerita yang panjang merupakan penyebab siswa kekurangan waktu dalam mengerjakan soal. Siswa terlalu lama saat membaca cerita sehingga kehabisan waktu dalam menjawab soal. Nilai siswa jatuh pada proses pembaca soal yang kurang cermat dan teliti. Membaca wacana yang kurang cermat akan membingunkan siswa dalam menentukan pilihan jawaban.

Simpulan

Berdasarkan hasil penelitian serta pembahasan hasil penelitian yang terdapat pada bab sebelumnya, maka dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut.

1. Soal pilihan ganda pada ulangan akhir semester gasal kelas VIII A disetiap butir item terdiri dari 117 distraktor berfungsi dengan baik dan 83 distraktor belum berfungsi.

(10)

3. Soal berjumlah 5 butir termasuk dalam kategori terlalu sukar dikerjakan, terdapat pada nomor soal (12, 13, 14, 21, dan 31).

(11)

Daftar Pustaka

Afifudin dan Beni Ahmad Saebani. 2009. Metodelogi penelitian Kualitaif. Bandung: CV Pustaka Setia.

Aifin, Zainal. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi

Aksara.

Bagus, Ragita. 2012. “Analisis Butir Soal Tes Ulangan Akhir Semester IPS Terpadu Buatan MGM IPS Kabupaten Gianyar Kelas VII Semester 1 Tahun Pelajaran 2011-2012”. Jurnal: FKIP, universitas Gianyar Bali.https://www.google.co.id/search?q=jurnal+penelitian+daya+pembeda+ Diakses tanggal 29 September 2014, pukul 08.07 wib.

Djiwandono, Soenardi. 2011. Tes Bahasa: Pegangan Bagi Pengajar Bahasa. Jakarta: PT. INDEKS.

Eny, Putri Rahayu. 2013. “Analisis Butir Soal Ulangan Kenaikan Kelas Ekonomi Akutansi” Jurnal : Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. XI, No. 1, Tahun 2013.http://jurnalonline.um.ac.id/data/artikel/artikelC74FAE9A067916 6D7B3C8DA4E9CD6673.pdf.Diakses tanggal 10 Oktober 2014, pukul 13.35 wib

Karzuni. 2014.“Analisis Butir Soal Ulangan Akhir Semester (UAS) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMK KELAS X Semester Gasal Tahun Ajaran 2010/2011 (Studi Kasus di SMK Muhammadiyah Ungaran ). Tesis:

Universitas Negeri Semarang.

http://www.google.co.id/url?journal.unnes.ac.id%2Fnju%2Findex.php%2FJ IPK%2Farticle%2Fdownload%2F1314%2F13. Diakses 2014, pukul 13.35 wib.

Kusaeri dan Suprananto. 2012. Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. Yogyakarta:Graha Ilmu.

Moleong, J.Lexy. 2011. Metode Kualitatif dan Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nayla, Amali Ata. 2012 “Analisis Butir Soal Tes Kendali Mutu Kelas XII SMA Mata Pelajaran Ekonomi Akutansi”. Jurnal: Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. X, No. 1, Tahun 2012. http://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun/article/view/919. Diakses tanggal 29 September 2014, pukul 14.02 wib.

(12)

Nuswowati, Murbangun, Binadja, Ahmad. 2010. “Pengaruh Validitas dan Reliabelitas Butir Soal Ulangan Akhir Semester Bidang Studi Kimia Terhadap tencapaian Kompetensi. Jurnal :Inovasi Pendidikan Kimia, Vol . 4, No.1, 2010, hlm 566-573. Jurusan Kimia FMIPA: Universitas Negeri Semarang

http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=4& cad=rja&uact=8&ved=0CD0QFjA. Diakses tanggal 10 Oktober 2014, pukul 13.40 wib.

Rachman. 2012.“Kajian Butir Soal Ujian Matematika SMA Negeri 1 Gondanglegi Tahun 2012” Jurnal: SMK N 1 Gondang legi

http://jurnalonline.um.ac.id/data/artikel/artikelC74FAE9A0679166D7B3C8 DA4E9CD6673.pdf. Diakses tanggal 12 Oktober 2014, pukul 13.30 wib.

Rakhamaddiniyah. 2013. “Analisis Butir Soal Ulangan Akhir Semester Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas VIII MTS Negeri Piyungan Bantul Tahun Ajaran 2012/2013. Skrips : Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Sunan KalijagaYogyakarta.

Tari.https://www.google.co.id/search?q=contoh+surat+observasi+penelitia. Diakses tanggal 25 September 2014pukul 12.00 wib.

Rufi’I. 2012. “ Analisis Butir Tes”. Jurnal :Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Surabaya.

http://rufiismada.files.wordpress.com/2012/02/analisis-butir-tes-stain-pamekasan.pdf. Diakses tanggal 10 Oktober 2014, pukul 15.10 wib.

Sartika, Evy. 2013.“Analisis Soal Ulangan Tengah Semester Bahasa Indonesia Kelas VII Mas Raudhatul Ulum Meranti”. Jurnal : Bahasa dan Seni, Universitas Tanjungpura Pontianak.

http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1& cad=rja&uact=8&ved=0CCEQFjAA&url=http%3A%2F%2Fjurnal.fmipa.u nila.ac.id. Diakses tanggal tanggal 10 Oktober 2014, pukul 15.05 wib.

Santos, Higuita. 2012. “ Tingkat Kesukaran dan Daya Beda Butir-butir Soal Ujian Akhir Semester (UAS) Bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Batu Tahun Ajaran 2011/2012”. Skripsi: Sastra Indonesia, Universitas Negeri Malang. https://www.google.co.id/search?q=jurnal+penelitian+tentang+tingkat+kesu litan+soal&ieUS:official&client=firefoxa&channel=np&source=hp&gws_r d=cr&ei=Y_AfVN-VAYWLuASYy4DACw. Diakses tanggal 12 Oktober 2014, pukul 15.00 wib.

Sudaryanto. 1993. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistis. Yogyakarta: Duta Wacana University Perss.

(13)

Sukardi. 2008. Evaluasi Pendidikan: Prinsip dan Operasionalnya. Rawamangun:PT Bumi Aksara.

Tri Ariyana,Lilis. 2011.“ Analisis Butir Soal Ulangan Akhir Semester Gasal IPA Kelas IXSMP di Kabupaten Grobogan. Skripsi: Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang. https://www.google.co.id/US:officia. Diakses tanggal 24 September 2014, pukul 10.50 wib.

Figur

Grafik Persentase Nilai
Grafik Persentase Nilai. View in document p.8

Referensi

Memperbarui...