PERNYATAAN. Dengan ini saya menyatakan dengan sebenarnya bahwa: masyarakat akademik atau yang disebut plagianisme.

Teks penuh

(1)

PERNYATAAN

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Jan Evradus Sudarno

No. Pokok Mahasiswa : 0923012013

Program Studi : Magister Manajemen Pendidikan

Fakultas : Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung

Dengan ini saya menyatakan dengan sebenarnya bahwa:

1. Tesis dengan judul “Hubungan Persepsi Siswa tentang Manajemen Pembelajaran Guru dengan Prestasi Belajar Biologi Siswa Di SMA Negeri 1 Gadingrejo” adalah karya saya sendiri dan saya tidak melakukan penjiplakan atau pengutipan atas karya penulis lain dengan cara yang tidak sesuai dengan tata etika ilmiah yang berlaku dalam masyarakat akademik atau yang disebut plagianisme.

2. Hak intelektual atas karya ilmiah ini diserahkan sepenuhnya kepada Universitas Lampung.

Atas pernyataan ini, apabila dikemudian hari ternyata ditemukan adanya ketidakbenaran, saya bersedia menanggung akibat dan sanksi yang diberikan kepada saya; saya bersedia dan sanggup dituntut sesuai hukum yang berlaku.

Bandar Lampung, 14 Pebruari 2011 Pembuat pernyataan

(2)

vi

THE RELATIONSHIP STUDENTS' PERCEPTIONS ABOUT THE TEACHER’S MANAGEMENT LEARNING ON THE ACHIEVEMENT

OF LEARNING BIOLOGY TO THE STUDENTS OF SMA NEGERI 1 GADINGREJO

By

JAN EVRADUS SUDARNO ABSTRACT

The aims of this research to examine the relationship students' perceptions about the teacher’s management learning including: planning and organizing, implementing, monitoring and evaluation the teacher’s management learning on the students’ achievement in learning biology. The method used is a quantitative method with correlation approach. Analysis data using correlation technique with α = 0.05.

The aims of this research showed that: (1) there is a positive and significant the relationship students' perceptions about the planning and organizing on the students’ achievement in learning biology with the relationship levels/closeness is enough/medium. (2) there is a positive and significant the relationship students' perceptions about the implementing on the students’ achievement in learning biology with the relationship levels/closeness is enough/medium. (3) there is a positive and significant the relationship students' perceptions about the monitoring and evaluation on the students’ achievement in learning biology with the relationship levels/closeness is enough/medium. (4) there is a positive and significant the relationship students' perceptions about the teacher’s management learning including: planning and organizing, implementing, monitoring and evaluation the teacher’s management learning on the students’ achievement in learning biology with the relationship levels/closeness is enough/medium.

(3)

HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG MANAJEMEN PEMBELAJARAN GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI

SISWA DI SMA NEGERI 1 GADINGREJO

Oleh

JAN EVRADUS SUDARNO ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan persepsi siswa tentang manajemen pembelajaran guru yang meliputi: perencanaan dan pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi pembelajaran guru dengan prestasi belajar biologi siswa. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Analisis data menggunakan tehnik korelasi dengan α = 0,05.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan persepsi siswa tentang perencanaan dan pengorganisasian pembelajaran guru dengan prestasi belajar biologi siswa dengan kadar/keeratan hubungan cukup/sedang. (2) terdapat hubungan positif dan signifikan persepsi siswa tentang pelaksanaan pembelajaran guru dengan prestasi belajar biologi dengan kadar/keeratan hubungan cukup/sedang. (3) terdapat hubungan positif dan signifikan persepsi siswa tentang pengawasan dan evaluasi pembelajaran guru dengan prestasi belajar biologi dengan kadar/keeratan hubungan cukup/sedang. (4) terdapat hubungan positif dan signifikan persepsi siswa tentang manajemen pembelajaran guru yang meliputi: perencanaan dan pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi pembelajaran guru dengan prestasi belajar biologi dengan kadar/keeratan hubungan cukup/sedang.

(4)

viii MOTTO

Jika orang berpegang pada keyakinan, maka hilanglah kesangsian. Tetapi, jika orang sudah mulai berpegang pada kesangsian, maka hilanglah keyakinan.

(5)

Tesis ini Kupersembahkan untuk: Ayah dan Ibu yang kusayangi

Istriku Tercinta Sri Suharsini

Buah Hatiku Albert Agustinus Sudarno, Bagas Epafras Sudarno dan Julian Kevin Sudarno

Para pendidikku dan almamater yang senantiasa mengingatkanku untuk selalu menuntut ilmu

(6)

x

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Mahakuasa, karena berkat Karunia-Nya sebuah Tesis yang berjudul Hubungan Persepsi Siswa tentang Manajemen Pembelajaran Guru dengan Prestasi Belajar Biologi Siswa Di SMA Negeri 1 Gadingrejo”dapat terselesaikan tepat pada waktunya.

Berkenaan dengan itu pada kesempatan ini kami sampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya, atas segala bantuan moril, dorongan dan pemikirannya, kepada yang terhormat:

1. Prof. Dr. Ir.H.Abdul Kadir Salam, M.Sc., Direktur Program Pascasarjana Universitas Lampung.

2. Dr. Bujang Rahman, M.Si., Dekan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung.

3. Dr. Mulyanto Widodo, M.Pd., Pembantu Dekan I Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung, sekaligus sebagai Penguji II dalam ujian tesis ini.

4. Prof. Dr. Sudjarwo, M.S., Dosen Program Magister Manajemen Pendidikan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung, sekaligus sebagai Pembimbing I dalam penyusunan tesis ini dan sebagai Ketua Tim Penguji dalam ujian tesis ini.

5. Dr. Sumadi. M.S., Ketua Program Magister Manajemen Pendidikan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung,

(7)

sekaligus sebagai Pembimbing II dalam penyusunan tesis ini dan sebagai Sekretaris Tim Penguji dalam ujian tesis ini.

6. Dr. Sowiyah, M.Pd., Sekretaris Program Magister Manajemen Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung.

7. Dr. R. Gunawan Sudarmanto, S.Pd., S.E., M.M., Dosen Program Magister Manajemen Pendidikan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung, sekaligus sebagai Pembahas I dalam , Seminar Proporsal, Seminar Hasil dan Penguji II dalam ujian tesis ini. 8. Dr. Irawan Suntoro, M.S., Dosen Program Magister Manajemen

Pendidikan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung, sekaligus sebagai Pembahas II dalam Seminar Hasil tesis ini. 9. Seluruh Dosen Program Pascasarjana Manajemen Pendidikan Fakultas

Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung, yang tidak mungkin untuk kami sebutkan namanya satu persatu.

10. Dra. Hermin Budiarsi, Kepala SMA Negeri 1 Gadingrejo, yang telah memfasilitasi dan memberikan masukan-masukan selama pelaksanaan penelitian.

11. Semua kawan-kawanku mahasiswa Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung.

12. Istri dan anak-anakku tercinta yang telah memberikan dorongan dan semangat.

(8)

xii

Penulis menyadari tesis ini masih jauh dari kesempurnaan, tak ada gading yang tak retak. Semoga Tesis ini bermanfaat bagi kita dan sebagai sumbangsih penulis dalam Keilmuan Pendidikan pada Manajemen Pendidikan. Amin.

Bandarlampung, 14 Pebruari 2011 Penulis

(9)

RIWAYAT HIDUP

Penulis dilahirkan di Yogyakarya pada tanggal 6 Januari 1964, putra ketiga dari Bapak Oscar Christian Liliek Sudarno dan Ibu Christina Costhafina Tehusalawany. Menikah dengan Sri Suharsini pada 22 Juni 1992, dikaruniai tiga orang anak laki-laki; Albert Agustinus Sudarno, lahir pada tanggal 9 Agustus 1993, Bagas Epafras Sudarno, lahir pada tanggal 3 Agustus 1994, dan Julian Kevin Sudarno, lahir pada tanggal 4 Juli 1996.

Pendidikan Sekolah Dasar lulus pada tahun 1975 pada SD Negeri 1 Tawiri Ambon Maluku. Sekolah Menengah Pertama lulus pada tahun 1979 pada SMP Angkasa Lanu Pattimura Laha Ambon Maluku. Sekolah menengah Atas lulus pada tahun 1982 pada SMA Katholik Santo Bonaventura Madiun Jawa Timur. Diploma III/Akta III Lulus pada IKIP Yogyakarta pada tahun 1986. Sarjana Pendidikan jurusan MIPA Program Studi Pendidikan Biologi lulus pada tahun 1997, program penyetaraan pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Tahun 2009 terdaftar sebagai mahasiswa Program Magister Manajemen Pendidikan pada Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan Universitas Lampung.

Sejak tahun 1987 diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebagai guru Biologi di SMA Negeri 1 Gadingrejo Kabupaten Pringsewu Lampung sampai sekarang.

(10)

xiv DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL KATA PENGANTAR DAFTAR ISI Halaman BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah ...…………...………. 1

1.2 Identifikasi Masalah …..………...……...… 5

1.3 Pembatasan Masalah ………...………. 6

1.4 Rumusan Masalah ...…. 7

1.5 Tujuan Penelitian ...…...…..……...………. 7

1.6 Kegunaan Penelitian ……….…………...………. 8

1.7 Ruang Lingkup Penelitian ... 9

BAB II TINJAUAN PUSTAKA DAN KERANGKA PIKIR 2.1 Tinjauan Pustaka ... 11

2.1.1 Konsep Persepsi ... 12

2.1.1.1 Pengertian Persepsi ... 12

2.1.1.2 Pembentukan Persepsi dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi ... 14

2.1.1.3 Bentuk-Bentuk Persepsi ... 16

2.1.1.4 Persepsi Siswa ... 17

2.1.2 Konsep Manajemen Pendidikan 20 2.1.2.1 Pengertian Manajemen ……….. 20

2.1.2.2 Pengertian Pendidikan ... 23

2.1.2.3 Pengertian Manajemen Pendidikan ... 23

2.1.3 Konsep Manajemen Pembelajaran ... 24

2.1.3.1 Pengertian Pembelajaran ... 24

2.1.3.2 Pengertian Manajemen Pembelajaran ... 28

(11)

2.1.4.1 Pengertian Prestasi... 36

2.1.4.2 Pengertian Prestasi Belajar... 36

2.1.5 Biologi 38 2.1.5.1 Pengertian Biologi... 38

2.1.5.2 Fungsi dan Tujuan Mata Pelajaran Biologi... 39

2.1.5.3 Ruang lingkup pendidikan biologi SMA dan MA... 40

2.2 Penelitian yang Relevan... 41

2.3 Kerangka Berpikir 42 2.3.1 Hubungan Persepsi Siswa Tentang Perencanaan dan Pengorganisasian Pembelajaran Guru dengan Prestasi Belajar Biologi Siswa... 43

2.3.2 Hubungan Persepsi Siswa Tentang Pelaksanaan Pembelajaran Guru dengan Prestasi Belajar Biologi Siswa... 43

2.3.3 Hubungan Persepsi Siswa Terhadap Pengawasan dan Evaluasi Pembelajaran Guru dengan Prestasi Belajar Biologi Siswa ... 43

2.3.4 Hubungan Persepsi Siswa Tentang Perencanaan dan Pengorganisasian, Pelaksanaan, Pengawasan dan Evaluasi Pembelajaran Guru dengan Prestasi Belajar Biologi Siswa ... 44 2.4 Hipotesis ... 45 2.4.1 Hipotesis 1 ... 45 2.4.2 Hipotesis 2 ... 45 2.4.3 Hipotesis 3 ... 46 2.4.4 Hipotesis 4 ... 46

BAB III METODE PENELITIAN 3.1 Metode yang dipakai ... 47

3.2 Populasi, sampel dan teknik sampling ... 48

3.2.1 Populasi ... 48

3.2.2 Sampel ... 49

3.2.3 Teknik sampling ... 50

3.3 Variabel Penelitian ... 50

(12)

xvi

3.4 Definisi Operasional Variabel ... 51

3.4.1 Hubungan Antar Variabel 53 3.5 Teknik Pengumpulan Data ... 55

3.5.1 Instrumen Penelitian ... 56

3.5.1.1 Instrumen Persepsi Siswa Tentang Manajemen Pembelajaran Guru ... 56

3.5.1.2 Validitas Dan Reabilitas Instrumen Persepsi Siswa Tentang Manajemen Pembelajaran Guru ... 58

3.5.1.3 Instrumen Prestasi Belajar Biologi Siswa (Y) 60 3.5.1.4 Validitas dan Reabilitas Instrumen Prestasi Belajar Biologi Siswa (Y) ... 60

3.6 Teknik Analisis Data Dan Pengujian Hipotesis ... 62

3.6.1 Tehnik Analisis Data ... 62

3.6.2 Pengujian Hipotesis ... 62

3.6.3 Uji Signifikansi Koefiesien Korelasi ... 63

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN 4.1 Lokasi penelitian ... 64

4.2 Deskripsi Data ... 64

4.2.1 Persepsi Siswa Tentang Perencanaan dan Pengorganisasian Pembelajaran Guru (X1) ... 66

4.2.2 Persepsi Siswa Tentang Pelaksanaan Pembelajaran Guru (X2) ... 67

4.2.3 Persepsi Siswa Tentang Pengawasan dan Evaluasi Pembelajaran Guru (X3) ... 69

4.2.4 Prestasi belajar biologi siswa ... 71

4.3 Pengujian Hipotesis ... 73

4.3.1 Analisis Tabel silang ... 73

4.3.1.1 Analisis tabel silang persepsi siswa tentang perencanaan dan pengorganisasian pembelajaran guru dengan prestasi belajar biologi siswa ... 74

4.3.1.2 Analisis tabel silang persepsi siswa tentang pelaksanaan pembelajaran guru dengan prestasi belajar biologi siswa ... 76

(13)

4.3.1.3 Analisis tabel silang persepsi siswa tentang pengawasan dan evaluasi pembelajaran guru

dengan prestasi belajar biologi siswa ... 77 4.3.2 Uji Statistik ... 79

4.3.2.1 Hubungan antara persepsi siswa tentang perencanaan dan pengorganisasian

pembelajaran guru dengan prestasi belajar

biologi siswa... 80 4.3.2.2 Hubungan antara persepsi siswa tentang

pelaksanaan pembelajaran guru dengan

prestasi belajar biologi siswa ... 81 4.3.2.3 Hubungan antara persepsi siswa terhadap

pengawasan dan evaluasi pembelajaran guru

dengan prestasi belajar biologi siswa ... 83 4.3.2.4 Hubungan persepsi siswa tentang

perencanaan dan pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi pembelajaran guru dengan prestasi belajar

biologi siswa ... 84 4.4 Pembahasan Hasil Penelitian ... 85 4.5 Keterbatasan Hasil Penelitian ... 92 BAB V KESIMPULAN, IMPLIKASI DAN SARAN

5.1 Kesimpulan ... 94 5.2 Implikasi ... 96 5.3 Saran ... 97

DAFTAR PUSTAKA 98

(14)

xviii

DAFTAR TABEL

Tabel Halaman

2.1 Kisi-kisi manajemen pembelajaran sesuai Permendiknas No 41

tahun 2007 tentang Standar Proses ... 30

2.2 Kisi-kisi manajemen pembelajaran untuk biologi ... 34

3.1 Proporsi populasi penelitian ... 49

3.2 Proporsi populasi dan sampel penelitian ... 50

3.3 Kisi-kisi konsep teoritis, empiris dan analitis variabel ... 54

3.4 Hasil uji validitas dan reliabilitas instrumen persepsi siswa terhadap manajemen pembelajaran guru ... 59

3.5 Hasil uji validitas dan reliabilitas instrumen prestasi belajar biologi ... 61

3.6 Tingkat keeratan hubungan variabel X dan variabel Y ... 63

4.1 Proporsi populasi dan sampel penelitian ... 65

4.2 Data statistik dasar semua variabel penelitian ... 65

4.3 Distribusi skor variabel persepsi siswa terhadap perencanaan dan pengorganisasian pembelajaran guru ... 66

4.4 Distribusi frekuensi skor persepsi siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran guru ... 68

4.5 Distribusi frekuensi skor persepsi siswa terhadap pengawasan dan evaluasi pembelajaran guru ... 70

4.6 Distribusi frekuensi prestasi belajar biologi siswa ... 72

4.7 Data silang persepsi siswa terhadap perencanaan dan pengorganisasian pembelajaran guru dengan prestasi belajar biologi siswa ... 74

4.8 Data silang persepsi siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran guru dengan prestasi belajar biologi siswa ... 76

4.9 Data silang persepsi siswa terhadap pengawasan dan evaluasi pembelajaran guru dengan prestasi belajar biologi siswa ... 78

(15)

DAFTAR GAMBAR

Gambar Halaman

2.1 Hubungan persepsi siswa tentang manajemen pembelajaran

guru dengan prestasi belajar biologi siswa ... 45 4.1 Histogram skor persepsi siswa tentang perencanaan dan

pengorganisasian pembelajaran guru ……...………. 67 4.2 Histogram skor persepsi siswa tentang pelaksanaan

pembelajaran guru ... 69 4.3 Histogram skor persepsi siswa tentang pengawasan dan

evaluasi pembelajaran guru ………...…….. 71 4.4 Histogram prestasi belajar biologi siswa ... 72

(16)

xx

DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran Halaman

1 a. Kisi-kisi instrumen penelitian variabel X ... 103

b. Instrumen penelitian variabel X ... 104

c. Kisi-kisi instrumen variabel Y ... 111

d. Instrumen penelitian prestasi belajar biologi siswa kelas X .. 114

e. Instrumen penelitian prestasi belajar biologi siswa kelas XI IPA ... 118

f. Instrumen penelitian prestasi belajar biologi siswa kelas XII IPA ... 122 g. Perolehan skor instrumen penelitian variabel Y ... 126

2 a. Perolehan skor variabelX1... 127

b. Perolehan skor variabelX2... 128

c. Perolehan skor variabelX3... 129

d. Perolehan skor variabelY... 130

3 Data uji validitas dan reabilitas angket ... 131

4 Uji validitas variabel X ... 133

5 Uji validitas variabel Y ... 139

6 Hasil deskripsi data penelitian... 145

7 Frequency table variabel X dan Y ... 158

8 Hasil perhitungan uji korelasi tunggal variabel X1 dengan Y, variabel X2dengan Y, dan variabel X3dengan Y ... 151 9 Hasil perhitungan uji korelasi ganda variabel X1 X2dan X3 dengan Y... 152

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :