Proposal KKG 2017 - BAB I sd IV Proposal

23  56 

Loading.... (view fulltext now)

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

BAB 1 PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 2 mengamanatkan bahwa tujuan pendidikan nasional adalah berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Selanjutnya, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 5 ayat (1) mengamanatkan bahwa setiap warga negara berhak memperoleh pendidikan yang bermutu. Sudah tentu, upaya untuk mewujudkan pendidikan yang bermutu bagi setiap warga negara tersebut memerlukan guru yang kompeten, profesional, sejahtera, dan bermartabat. Tugas dari seorang guru adalahmendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik dengan hati yang tulus dan ikhlas. Sesuai dengan filsafat Ki Hajar Dewantara bahwa guru adalah orang yang dapat digugu dan ditiru oleh peserta didiknya.

Untuk mewujudkan pendidikan yang bermutu tersebut seorang guru dalam kegiatan pembelajaran patut menguasai kompetensi profesional, salah satunya adalah bagaimana menyusun soal-soal yang baik dan berkualitas sehingga guru tersebut akan mengetahui apakah peserta didik sudah menguasai atau belum materi pembelajaran yang sudah disampaikan. Namun dalam kenyataannya di lapangan bahwa masih terdapat guru yang belum memahami bagaimana menyusun soal yang baik dan berkualitas tersebut. Selain itu juga seorang guru dalam menyusun soal biasanya hanya bagaimana soal tersebut mudah untuk dikoreksi oleh dirinya tanpa memperhatikan apakah soal tersebut memenuhi syarat pembuatannya atau tidak.

(2)

mengindahkan kaidah-kaidah penyusunan soal. Oleh karena itu sudah seharusnya seorang guru secara profesional dapat menyusun soal-soal yang baik dan berkualitas.

Terlepas dari hal di atas, bahwa guru seperti filsafat dari Ki Hajar Dewantara yang menyatakan bahwa guru adalah orang yang dapat digugu dan ditiru oleh peserta didiknya patutlah dibuktikan dengan kenyataan di lapangan dan filsafat tersebut jangan hanya dijadikan slogan semata.

Banyak kasus negatif di lingkungan sekolah yang dilakukan oleh peserta didik baik dari kasus yang ringan sampai berat. Seperti peserta didik membuang sampah sembarangan, merokok, menonton pornografi melalui handphone dan masih banyak lagi kasus yang biasanya terjadi. Kasus seperti bisa terjadi juga karena kekurangpekaan pihak guru dalam memahami karakter peserta didiknya. Sebagai contoh misalnya peserta didik membuang sampah sembarangan oleh guru kejadian tersebut dibiarkan, bahkan kadang perilaku guru sendiri ditiru oleh peserta didik seperti merokok.

Oleh karena itu untuk merealisasikan filsafatnya Ki Hajar Dewantara maka perlu adanya penguatan pendidikan karakter kepada para guru, salah satunya adalah guru-guru SD anggota KKG Gugus I Bungursari di lingkungan UPTD TK/SD Kec. Bungursari khususnya dan Kabupaten Purwakarta umumnya.

(3)

tersebut dapat diarahkan pada berbagai kelompok kerja, salah satu diantaranya yaitu KKG/MGMP.

Untuk meningkatkan mutu guru pendidikan dasar dan menengah khususnya guru-guru SD anggota KKG Gugus I Bungursari di lingkungan Kabupaten Purwakarta, maka KKG Gugus I Bungursari membuat program dengan mengajukan bantuan dana kepada Direktorat PGPD, Ditjen GTK, Kemdikbud. Pengembangan dan implementasi program tersebut diharapkan dapat mendorong peningkatan partisipasi dan kontribusi KKG/MGMP, utamanya KKG Gugus I Bungursari Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat, untuk meningkatkan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru.

B. Tujuan

Tujuan penyusunan dan implementasi program bantuan peningkatan mutu guru pendidikan dasardan menengah adalah melalui KKG Gugus I SD Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat ini guru-guru SD dapat memahami dan menyusun soal-soal yang baik dan berkualitas serta mempunyai karakter yang baik dalam rangka peningkatan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional, peningkatan kinerja, serta peningkatan karier guru anggota KKG SD Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat.

C. Manfaat

Berikut adalah manfaat yang ingin dipetik melalui implementasi program bantuan untuk pendidikan dan pelatihan penyusunan soal dan penguatan pendidikan karaktermelalui KKG Gugus I Bungursari Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat.

1. Bagi Peserta, sebagai rujukan dalam :

a. peningkatan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional melalui program pendidikan dan pelatihan penyusunan soal-soal yang baik dan berkualitas;

(4)

2. Bagi KKG Gugus I Bungursari Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat, sebagai acuan dalam :

a. peningkatan frekuensi dan intensitas kegiatan KKG Gugus I Bungursari Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat;

b. pelibatan anggota KKG Gugus I Bungursari melalui pendidikan dan pelatihan

3. Bagi Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, sebagai acuan dalam :

a. fasilitasi pembinaan dan bimbingan terhadap guru anggota KKG Gugus I Bungursari Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat di wilayah binaan masing-masing;

b. fasilitasi pengendalian dan supervisi terhadap guru anggota KKG Gugus I Bungursari Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat di wilayah binaan masing-masing

4. Bagi Direktorat PGPD, Ditjen GTK, Kemdikbud, sebagai acuan dalam : a. pengelolaan dan pengembangan bantuan peningkatan mutu guru

pendidikan dasarmelalui KKG/MGMP untuk program pendidikan dan pelatihan penyusunan soal-soal yang baik dan berkualitas serta penguatan pendidikan karakter.;

b. pelaksanaan dan pengendalian mutu bantuan peningkatan karier guru pendidikan dasarmelalui KKG/MGMP untuk program pendidikan dan pelatihan penyusunan soal-soal yang baik dan berkualitas serta penguatan pendidikan karakter.

5. Bagi Pemangku Kepentingan, sebagai acuan dalam :

a. perencanaan program kemitraan di bidang peningkatan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional, dan peningkatan karier guru anggota KKG Gugus I Bungursari Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat

(5)

anggota KKG Gugus I Bungursari Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat.

D. Sasaran

Sasaran peserta program bantuan peningkatan mutu guru pendidikan dasaruntuk program pendidikan dan pelatihan penyusunan soal-soal yang baik dan berkualitasserta penguatan pendidikan karakter melalui KKG Gugus I Bungursari Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat sebanyak 40 guru anggota KKG Gugus I Bungursari Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat.

E. Hasil

(6)

BAB II

DESKRSDI SINGKAT PROGRAM YANG TELAH DILAKSANAKAN

A. Program

1. Umum

Adalah program yang bertujuan untuk memberikan wawasan kepada guru tentang kebijakan-kebijakan pendidikan di tingkat daerah sampai pusat, seperti kebijakan terkait dengan pengembangan profesionalisme guru.

1. Penyampaian Informasi tentang kebijakan pendidikan. 2. Pemahaman tentang Penilaian Kinerja Guru (PKG).

3. Pemahaman tentang Penilaian Kinerja Berkelanjutan (PKB). 4. Pemahaman tentang proses Penilaian Angka Kredit Guru (PAK).

2. Inti

Adalah program-program utama yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas kompetensi dan profesionalisme guru.

a. Program rutin terdiri dari:

1. Diskusi permasalahan pembelajaran. 2. Analisis kurikulum.

3. Penyusunan dan pengembangan silabus, program semester, rencana program pembelajaran dan sistem evaluasi.

4. Pendalaman materi.

5. Pelatihan terkait dengan penguasaan materi yang mendukung tugas mengajar.

6. Pembahasan materi dan pemantapan menghadapi Ujian Sekolah.

b. Program pengembangan

(7)

3. Seminar (paparan hasil penelitian).

4. Pendidikan dan pelatihan berjenjang (diklat berjenjang).

c. Program penunjang

Bertujuan untuk menambah pengetahuan dan keterampilan peserta KKG Gugus I Bungursari Kabupaten Purwakarta dengan materi-materi yang bersifat penunjang.

1. Pelatihan Pemanfaatan TIK Untuk Pembelajaran.

2. Pelatihan membuat karya Media Pembelajaran Interaktif (MPI) seperti (Ms.Power Point, Adobe Flash ).

B. Program Kerja Tahun 2016/2017

1. Pertemuan Berkala

Pertemuan berkala sekali sebulan atau menurut keperluan, guru membahas: kurikulum/silabus, program tahunan, program semester, satuan pelajaran, rencana pelajaran, pendalaman materi, perakitan soal ulangan harian dan semester, analisis ulangan harian, pembuatan LKS dan praktikum.

2. Pembuatan perangkat pembelajaran guru

Sarana pengembangan inisiatif dan inovatif dalam rangka peningkatan mutu pembelajaran melalui berbagai metode pembelajaran yang efektif, menarik dan menyenangkan.

3. Pendalaman Materi

4. Kajian dan Evaluasi Pelaksanaan PBM 5. Pembuatan Kisi-kisi Ujian Sekolah

(8)

BAB III

RENCANA KEGIATAN YANG DIUSULKAN

A. Nama Kegiatan

Pendidikan dan Pelatihan Penyusunan Soal serta Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Guru-guru anggota KKG Gugus I Bungursari Kabupaten Purwakarta Tahun 2017.

B. Tempat dan Waktu

1. Program bantuan peningkatan karier guru pendidikan dasaruntuk program Pendidikan dan Pelatihan Penyusunan Soal serta Penguatan Pendidikan Karakterdilaksanakan di Home Based KKG Gugus I Bungursari Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat.

2. Program bantuan peningkatan karier guru pendidikan dasaruntuk program Pendidikan dan Pelatihan Penyusunan Soal serta Penguatan Pendidikan Karakter dilaksanakan pada bulan Pebruari sampai Maret2017.

C. Bentuk dan Alokasi Waktu

1. Bentuk

Bantuan peningkatan karier guru pendidikan dasar untuk guru-guru dilaksanakan di Home KKG Gugus I Bungursari Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Baratdalam bentuk pendidikan dan pelatihan (diklat) penyususunan soal-soal yang baik dan berkualitas sehingga menghasilkan paket soal-soal USBN mata pelajaran SD tahun 2017 dan penguatan pendidikan karakter.

2. Alokasi Waktu

(9)

sebagai berikut :7 x pertemuan (tiap minggu 2X) dengan setiap pertemuan 6

Daftar Peserta Pendidikan dan Pelatihan Penyusunan Soal dan Penguatan Pendidikan Karakter Tahun 2017

(10)

N

Panitia kegiatan adalah pengurus dan/atau guru/staf lain yang ditugaskan oleh ketua KKG Gugus I Bungursari Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat.Berikut adalah daftar nama panitia pelaksana diklat penyusunan soal-soal yang baik dan berkualitas dan penguatan pendidikan karaktermelalui KKG Gugus I Bungursari Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat:

Tabel 3.2

Daftar Panitia Pendidikan dan Pelatihan Penyusunan Soal-soal Dan Penguatan Pendidikan Karakter Tahun 2017

N

(11)

melalui KKG Gugus I Bungursari Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Baratdiatur sebagai berikut :

a. Narasumber Penyusunan Soal-soal, terdiri dari : 1) Narasumber Nasional (NS); dan/atau

2) Instruktur Nasional (IN)/mentor.

b. Narasumber Penguatan Pendidikan Karakter

Narasumber/fasilitator dalam kegiatan ini adalah widyaiswara, dosen, guru, pengawas sekolah, kepala sekolah, dan pejabat lainnya.

E. Pendekatan dan Metode

Pendekatan yang digunakan dalam pelaksanaan program penyusunan soal-soal yang baik dan berkualitas dan penguatan pendidikan karakter melalui KKG Gugus I Bungursari Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat adalah

Berikut adalah rencana anggaran biaya (RAB) riil program pendidikan dan pelatihan penyusunan soal-soal yang baik dan berkualitas dan penguatan pendidikan karakter melalui KKG Gugus I Bungursari Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat.

Tabel 3.3 FORMAT RAB

Penggunaan Dana Program Pendidikan Dan PelatihanPenyusunan SoalDan Penguatan Pendidikan Karakter Tahun 2017

melalui KKG GUGUS I BUNGURSARI Kabupaten Purwakarta Provinsi Jawa Barat

(12)

No. Uraian Kegiatan Alokasi

C Konsumsi Penyusunan Proposal 5 2 30.000 300.000 D Transpor penyusunan

proposal 5 2 40.000 400.000

F Biaya Pengiriman Proposal 1 1 150.000 150.000

G Pembuatan Spanduk 1 1 100.000 100.000

Sub Jumlah 1.500.000

II Pelaksanaan Program

Kegiatan 22.900.000

A ATK Peserta 35 1 30.000 1.050.000

B Konsumsi

1. Konsumsi kegiatan

Diklat Penyusunan soal 37 6 30.000 6.660.000 2. Konsumsi kegiatan

Penguatan Pendidikan Karakter

37 1 30.000 1.110.000

C Transport Peserta 30 7 40.000 8.400.000

Petugas kebersihan 1 7 40.000 280.000

D Honorarium dan transport Narasumber

a. Honor 1 1 500.000 500.000

b. Transport 1 1 100.000 100.000

IN/ Mentor

a. Honor 1 6 500.000 3.000.000

b. Transport 1 6 100.000 600.000

Panitia

a. Ketua 1 1 300.000 300.000

b. Sekretaris 1 1 250.000 250.000

b. Bendahara 1 1 250.000 250.000

c. Anggota 2 1 200.000 400.000

Sub Jumlah 22.900.000

III Hasil Kegiatan 1.050.000

C Sertifikat 35 1 30.000 1.050.000

Sub Jumlah 1.050.000

IV Pelaporan 2.550.000

A Pembuatan Video 1 1 500.000 500.000

B Penyelesaian Laporan 1. ATK Penyelesaian

Laporan 1 1 500.000 500.000

2. Konsumsi Penyelesaian

(13)

No. Uraian Kegiatan Alokasi karakter melalui KKG Gugus I Bungursari Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat antara lain:

1. Kebijakan Kemdikbud;

2. Program PenguatanPendidikan Karakter; 3. Program Pelatihan Penyusunan Soal-soal.

Berikut adalah rincianmateri yang dikembangkan dalam program pendidikan dan pelatihan penyusunan soal-soal yang baik dan berkualitas serta penguatan pendidikan karakter melalui KKG Gugus I Bungursari Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barattahun 2017.

Tabel 3.4

Struktur Program Pendidikan dan Pelatihan Penyusunan Soal Dan Penguatan Pendidikan Karakter Tahun 2017 melalui KKG Gugus I Bungursari Kabupaten Purwakarta

Provinsi Jawa Barat

NO MATERI JP

A PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER

1 Umum 6

(14)

NO MATERI JP

2 Pokok 6

a. Kompetensi Profesional 3

b. Kompetensi Pedagogik 3

3 Penunjang 2

Tes Akhir 2

JUMLAH 14

B PROGRAM PELATIHAN PENYUSUNAN SOAL

1 Bedah SKL 2

2 Praktik Penyusunan Kisi-kisi 10

3 Praktik Penyusunan Soal 14

4 Analisi Butir Soal 4

JUMLAH 30

JUMLAH TOTAL 44

1. Rincian Kegiatan

Berikut adalah rincian kegiatan yang akan dilaksanakan oleh KKG Gugus I Bungursari Kabupaten Purwakarta,Provinsi Jawa Barat terkait dengan program pendidikan dan pelatihan penyusunan soal-soal yang baik dan berkualitas serta penguatan pendidikan karaktermelalui KKG Gugus I Bungursari Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat.

2. Persiapan

Persiapan program pendidikan dan pelatihan penyusunan soal-soal yang baik dan berkualitas serta penguatan pendidikan karakter melalui KKG Gugus I Bungursari Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat, antara lain meliputi: a. penyusunan program pendidikan dan pelatihan penyusunan soal-soal yang

baik dan berkualitas serta penguatan pendidikan karakter melalui KKG Gugus I Bungursari Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat.

(15)

c. mengusulkan dan mengirimkan program bantuan peningkatan karier guru pendidikan dasar melalui KKG Gugus I Bungursari untuk pendidikan dan pelatihan penyusunan soal-soal yang baik dan berkualitas serta penguatan pendidikan karakteryang sudah disahkan oleh ketua KKG Gugus I Bungursari Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat ke Direktorat PGPD, Ditjen GTK, Kemdikbud, Jakarta.

3. Pelaksanaan

Program bantuan untuk pendidikan dan pelatihan penyusunan soal dan penguatan pendidikan karakter melalui KKG Gugus I Bungursari Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Baratdilaksanakan setelah cairnya dana bantuan langsung dari Direktorat PGPD, Ditjen GTK, Kemdikbud. Berikut adalah berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan.

a. Koordinasi Internal

Dalam koordinasi internal, panitia pelaksana program bantuan untuk pendidikan dan pelatihan penyusunan soal dan penguatan pendidikan karakter melalui KKG Gugus I Bungursari Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Baratantara lain melaksanakan pemantapan dan pengecekan:

1) kepastian cairnya dana bantuan program pendidikan dan pelatihan penyusunan soaldan penguatan pendidikan karaktermelalui KKG Gugus I Bungursari Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat;

2) panduan dan perangkat pelaksanaan program pendidikan dan pelatihan penyusunan soaldan penguatan pendidikan karakter melalui KKG Gugus I Bungursari Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat;

3) kesediaan kepala dinas/kepala bidang/pejabat dinas pendidikan kabupaten/kota untuk hadir dan memberikan pengarahan;

4) ketersediaan narasumber nasional/instruktur nasional untuk program diklat penyusunan soaldan penguatan pendidikan karakter;

(16)

widyaiswara, dosen, guru, pengawas sekolah, kepala sekolah, dan pejabat yang telah mengikuti training of trainer (ToT) penyusunan soal USBN;

6) peserta program program diklat penyusunan soaldan penguatan pendidikan karaktermelalui KKG Gugus I Bungursari Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat;

7) fasilitas pelaksanaan program diklat penyusunan soaldan penguatan pendidikan karaktermelalui KKG KKG Gugus I Bungursari Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat;

8) kesiapan bahan/materi diklat program program diklat penyusunan soaldan penguatan pendidikan karaktermelalui KKG Gugus I Bungursari Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat.

b. Surat Menyurat

Panitia pelaksana program pendidikan dan pelatihan penyusunan soaldan penguatan pendidikan karaktermelalui KKG Gugus I Bungursari Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat, melaksanakan antara lain: 1) memastikan semua surat undangan untuk kepala dinas/kepala

bidang/pejabat dinas pendidikan kabupaten/kota telah diterima dan bersedia hadir;

2) memastikan semua surat undangan untuk narasumber nasional/instruktur nasional telah diterima dan bersedia hadir dan melaksanakan tugas;

3) memastikan semua surat undangan untuk narasumber/fasilitator PKG dan PKB telah diterima dan bersedia hadir dan melaksanakan tugas;

4) memastikan semua surat undangan untuk peserta diklat penyusunan soaldan penguatan pendidikan karaktertelah diterima dan bersedia hadir dan melaksanakan tugas;

c. Penyiapan Sarana/prasarana 1) Tempat kegiatan

2) ATK

3) Pendokumentasian

(17)

5) Fasilitas pendukung : laptop,infocus,pengeras suara,dsb; d. Narasumber

1) Kepala Dinas Pendidikan Kab. Purwakarta 2) Narasumber Nasional

3) Instruktur Nasional 4) P4TK SD

4. Evaluasi dan Sertifikat

a. mencetak sertifikat peserta pendidikan dan pelatihan penyusunan soal dan penguatan pendidikan karaktermelalui KKG Gugus I Bungursari Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat;

b. meminta tanda tangan pejabat dinas pendidikan kabupaten/kota untuk menandatangani sertifikat peserta;

c. menyerahkan sertifikat peserta pendidikan dan pelatihan penyusunan soal dan penguatan pendidikan karaktermelalui KKG Gugus I Bungursari Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat;

5. Hasil Yang Dicapai

a. Pengetahuan/wawasan baru terkait dengan kebijakan

mendiknas dan dinas pendidikan di kab.Purwakarta

b. Memahami cara penyusunan soal

c. Praktik menyusun soal

d. Peningkatan kinerja Guru

6. Penutupan

a. Evaluasi kegiatan b. Refleksi kegiatan c. Pengarsipan tugas-tugas d. Penyerahan sertifikat

e. Pengarahan/sambutan Kepala Dinas Pendidikan sekaligus penutup f. Pembagian transport peserta

(18)

b. Pelaporan kegiatan c. Pelaporan Keuangan d. Hasil penugasan peserta e. Dokumentasi kegiatan

H. Jadwal/Agenda

Program bantuan diklat penyusunan soaldan penguatan pendidikan karaktermelalui KKG Gugus I Bungursari Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Baratdilaksanakan dengan menggunakan jadwal sebagai berikut :

Tabel 3.5 Jadwal kegiatan

JADWAL KEGIATAN DIKLAT PENYSUNAN SOAL

NO PUKUL MATERI PENYAJI MODERATOR

A Pertemuan Kesatu, Hari: Selasa, Tanggal 14-02-2017

1. 07.15 – 07.45 Absensi Kehadiran Panitia

2. 07.45 – 09.45 Kebijakan Pengembangan dan Pembinaan Profesi Guru Dinas Pendidikan Panitia

09.45 – 10.00 coffe break

3. 10.00 – 12.00 Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Dinas Pendidikan Panitia

4. 12.00 – 13.00 Ishoma

5. 13.00 – 15.00 Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Dinas Pendidikan Panitia B Pertemuan Kedua, Hari: Sabtu, Tanggal 18-02-2017

1. 07.45 – 09.45 Kompetensi Profesional Pengawas Panitia

09.45 – 10.00 coffe break

2. 10.00 – 11.00 Kompetensi Profesional Pengawas Panitia 11.00 – 12.00 Kompetensi Pedagogik Pengawas Panitia

4. 12.00 – 13.00 Ishoma

5. 13.00 – 15.00 Kompetensi Pedagogik Pengawas Panitia C Pertemuan Ketiga, Hari: Selasa, Tanggal 21-02-2017

1. 07.45 – 09.45 Bedah SKL IN/Narasumber Panitia

(19)

JADWAL KEGIATAN DIKLAT PENYSUNAN SOAL

NO PUKUL MATERI PENYAJI MODERATOR

3. 10.00 – 12.00 Praktik Penyusunan Kisi-kisi IN/Narasumber Panitia

4. 12.00 – 13.00 Ishoma

5. 13.00 – 15.00 Praktik Penyusunan Kisi-kisi IN/Narasumber Panitia D Pertemuan Keempat, Hari: Sabtu, Tanggal 25-02-2017

1. 07.45 – 09.45 Praktik Penyusunan Kisi-kisi IN/Narasumber Panitia

2. 09.45 – 10.00 coffe break

3. 10.00 – 12.00 Praktik Penyusunan Kisi-kisi IN/Narasumber Panitia

4. 12.00 – 13.00 Ishoma

5. 13.00 – 15.00 Praktik Penyusunan Kisi-kisi IN/Narasumber Panitia E Pertemuan Kelima, Hari: Selasa, Tanggal 28-02-2017

1. 07.45 – 09.45 Praktik Penyusunan Soal IN/Narasumber Panitia

2. 09.45 – 10.00 coffe break

3. 10.00 – 12.00 Praktik Penyusunan Soal IN/Narasumber Panitia

4. 12.00 – 13.00 Ishoma

5. 13.00 – 15.00 Praktik Penyusunan Soal IN/Narasumber Panitia F Pertemuan Keenam, Hari: Sabtu, Tanggal 04-03-2017

1. 07.45 – 09.45 Praktik Penyusunan Soal IN/Narasumber Panitia

2. 09.45 – 10.00 coffe break

3. 10.00 – 12.00 Praktik Penyusunan Soal IN/Narasumber Panitia

4. 12.00 – 13.00 Ishoma

5. 13.00 – 15.00 Praktik Penyusunan Soal IN/Narasumber Panitia G Pertemuan Ketujuh, Hari: Selasa, Tanggal 07-03-2017

1. 07.45 – 09.45 Praktik Penyusunan Soal IN/Narasumber Panitia

2. 09.45 – 10.00 coffe break

3. 10.00 – 12.00 Analisi Butir Soal IN/Narasumber Panitia

4. 12.00 – 13.00 Ishoma

(20)

BAB IV PENUTUP

A. Kesimpulan

(21)

Barat.Hasil yang ingin dicapai melalui implementasi program tersebut yaitupeserta pendidikan dan pelatihan penyusunan soal dan penguatan pendidikan karakter dari anggota KKG Gugus I Bungursari Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat mampu memahami cara penyusunan soal yang baik dan berkualitas sesuai yang dipersyaratkan serta dapat meningkatkan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional, meningkatkan kinerja, sertameningkatkan karier secara profesional dan proporsional.

B. Rekomendasi

Berikut adalah rekomendasi untuk penyempurnaan dan pengembangan program bagi para pihak terkait yang berkenaan dengan bantuan untuk pendidikan dan pelatihan penyusunan soal dan penguatan pendidikan karakter melalui KKG Gugus I Bungursari Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Baratuntuk pesertasebanyak 30 guru anggota KKG Gugus I Bungursari Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat.

1. Bagi Peserta

a. Guru SD perlu meningkatkan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional melalui program pendidikan dan pelatihan

b. Guru SD perlu memahami cara penyusunan soal yang baik c. Guru SD perlu mempraktikkan penyusunan soal yang baik d. Guru SD perlu meningkatkan penguatan pendidikan karakter

2. Bagi KKG Gugus I Bungursari Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat

a. Perlu adanya peningkatan frekuensi dan intensitas kegiatan KKG Gugus I Bungursari Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat.

b. Perlu adanya penyusunan program untuk pendidikan dan pelatihan penyusunan soal dalam kegiatan kolektif KKG Gugus I Bungursari Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat.

(22)

d. Perlu adanya dukungan dana demi suksesnya kegiatan KKG Gugus I Bungursari dari seluruh pihak terkait khususnya dari Direktorat PGPD, Ditjen GTK, Kemdikbud melalui DBL.

3. Bagi Satuan Pendidikan

a. Perlu adanya dukungan terhadap guru SD dari semua kepala SD Negeri dan Swasta dalam kegiatan KKG Gugus I Bungursari.

b. Perlu adanya dukungan dari semua peserta didik dalam rangka peningkatan hasil prestasi belajar.

c. Perlu adanya dukungan sapras SD di tiap-tiap satuan pendidikan. d. KKG Gugus I Bungursari sebagai wadah peningkatan kinerja guru

4. Bagi Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota

a. Perlu memfasilitasi pembinaan dan bimbingan terhadap guru SD melalui KKG Gugus I Bungursari Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat di wilayah binaan masing-masing.

b. Perlu memfasilitasi pengendalian dan supervisi terhadap guru SD melalui KKG Gugus I Bungursari Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Baratdi wilayah binaan masing-masing.

c. Perlu adanya dukungan dalam penyediaan sarana/prasarana kegiatan KKG Gugus I Bungursari khususnya di sanggar KKG Gugus I Bungursari.

d. Perlu adanya monev terhadap keikutsertaan sekolah swasta dalam kegiatan KKG Gugus I Bungursari.

5. Bagi Stakeholders

a. Perlu adanya perencanaan program kemitraan di bidang peningkatan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional, serta peningkatan karier guru anggota KKG Gugus I Bungursari Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat.

(23)

karier guru anggota KKG Gugus I Bungursari Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat.

c. Perlu adanya pengelolaan dan pengembangan bantuan peningkatan karier guru pendidikan dasarmelalui KKG Gugus I Bungursari untuk pendidikan dan pelatihan penyusunan soal secara nasional.

d. Perlu adanya pelaksanaan dan pengendalian mutu bantuan peningkatan

Figur

Tabel 3.1Daftar Peserta Pendidikan dan Pelatihan Penyusunan Soal
Tabel 3 1Daftar Peserta Pendidikan dan Pelatihan Penyusunan Soal. View in document p.9
Tabel 3.2Daftar Panitia Pendidikan dan Pelatihan Penyusunan Soal-soal
Tabel 3 2Daftar Panitia Pendidikan dan Pelatihan Penyusunan Soal soal. View in document p.10
Tabel 3.4Struktur Program Pendidikan dan Pelatihan Penyusunan Soal
Tabel 3 4Struktur Program Pendidikan dan Pelatihan Penyusunan Soal. View in document p.13
Tabel 3.5Jadwal kegiatan
Tabel 3 5Jadwal kegiatan. View in document p.18

Referensi

Memperbarui...