ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA PENULISAN SURAT DINAS SISWA KELAS VIIIB SMP MUHAMMADIYAH 4 SAMBI Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Penulisan Surat Dinas Siswa Kelas VIIIB SMP Muhammadiyah 4 Sambi Boyolali.

11 

Loading.... (view fulltext now)

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

i

ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA PENULISAN SURAT DINAS SISWA KELAS VIIIB SMP MUHAMMADIYAH 4 SAMBI

BOYOLALI

Skripsi

Untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan Guna Mencapai Derajat S-1

Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah

Diajukan Oleh:

YANIK SEPTYANINGSIH A310 090 034

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA

(2)
(3)
(4)
(5)

v MOTTO

Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan,

kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita

gembira kepada orang-orang yang sabar

(Al Baqarah: 155)

Temukan kebahagiaan hari ini dengan bersyukur dari hal-hal kecil yang akan

menuntun kamu esok meraih hal-hal besar

(Mario Teguh)

Ikuti apa kata hati di setiap langkahmu, maka pikiran akan menuntunmu

menemukan titik puncaknya

(6)

vi

PERSEMBAHAN

Alhamdullilah, puji syukur atas kehadirat Allah Swt sehingga Skripsi ini dapat terselesaikan. Skripsi ini penulis persembahkan kepada :

1. Bapak dan Ibu tercinta yang tiada henti melantunkan doa untukku, memberi motivasi, terima kasih telah membimbing dan mengantarkanku hingga menjadi seperti sekarang.

2. Adikku tersayang yang telah memberi semanagat, terima kasih atas canda tawamu.

3. Teman-teman seperjuangan Ervin, Yeni, Tika, Siti Aminah, Prima, dan PBSID kelas A terima kasih atas dorongan dan bantuannya.

4. Teman-teman Kos Cipto (Nopy, Yani, May, Anis, Ita, Yuli, Tina, Mbak Dani dan Endang) terima kasih atas bantuan dan canda tawanya selama ini.

(7)

vii

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum wr. wb

Alhamdulillah segala puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah Swt yang telah melimpahkan rahmat, hidayah serta karunia-Nya. Sholawat serta salam terjunjung kepada Nabi Besar Muhammad Saw. Penulis sangat bersyukur karena dapat menyelesaikan skripsi yang berjudul “Analisis Kesalahan Berbahasa pada Penulisan Surat Dinas Siswa Kelas VIIIB SMP Muhammadiyah 4 Sambi Boyolali”. Guna memenuhi salah satu syarat dalam memperoleh gelar sarjana pendidikan S-1 Jurusan Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Penyusunan skripsi ini, penulis mendapat bantuan, bimbingan, dan dorongan dari berbagai pihak, maka pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih kepada yang terhormat.

1. Dra. Nining Setyaningsih, M. Si, selaku Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

2. Drs. Adyana Sunanda selaku pembimbing akademik.

3. Prof. Dr. Markhamah, M. Hum, selaku pembimbing yang telah memberikan petunjuk, bimbingan serta pengarahan dengan penuh kesabaran dan kebijaksanaan dari awal hingga akhir penyusunan skripsi ini.

(8)

viii

telah memberi izin dan kesempatan serta membantu dalam pelaksanaan penelitian.

Penulis berharap skripsi ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan bagi semua pembaca pada umumnya. Penulis menyadari bahwa skripsi ini masih jauh dari sempurna sehingga dengan segenap kerendahan hati dan tangan terbuka, saran dan kritikan yang bersifat membangun sangat penulis harapkan.

Wassalamu’alaikum wr. wb

Surakarta, September 2013 Penulis

(9)

ix

2. Analisis Kesalahan Berbahasa ... 19

(10)

x

1. Kesalahan Penulisan Kata Tidak Baku ... 31

2. Kesalahan Penggunaan Huruf Kapital ... 35

3. Kesalahan Penulisan Kata Depan ... 39

4. Kesalahan Penggunaan Tanda Baca ... 39

B. Wujud Kesalahan Pemilihan Kata ... 45

1. Ketidakbakuan Pemilihan Kata ... 45

2. Ketidaktepatan Pemilihan Kata ... 45

3. Ketidakhematan Pemilihan Kata ... 46

C. Penyebab Terjadinya Kesalahan Ejaan dan Diksi ... 51

D. Perbandingan Penelitian Terdahulu dengan Penelitian ini ... 54

BAB V PENUTUP ... 59

A. Simpulan ... 59

B. Saran ... 59

(11)

xi

ABSTRAK

ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA PENULISAN SURAT DINAS SISWA KELAS VIIIB SMP MUHAMMADIYAH 4 SAMBI

BOYOLALI

Yanik Septyaningsih, A310090034, Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta. 62 halaman.

Penelitian ini bertujuan: (1) Mendeskripsikan wujud kesalahan ejaan dan kesalahan diksi pada penulisan surat dinas siswa kelas VIIIB SMP Muhammadiyah 4 Sambi Boyolali. (2) Mengidentifikasi penyebab kesalahan ejaan dan kesalahan diksi pada penulisan surat dinas siswa kelas VIIIB SMP Muhammadiyah 4 Sambi Boyolali. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Objek penelitian yang dianalisis dalam penelitian ini adalah analisis kesalahan ejaan dan kesalahan diksi pada penulisan surat dinas siswa kelas VIIIB SMP Muhammadiyah 4 Sambi Boyolali. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simak, catat, dan pustaka. Hasil penelitian ini yaitu (1) wujud kesalahan ejaan meliputi kesalahan penulisan kata tidak baku, kesalahan penguunaan huruf kapital, kesalahan penulisan kata depan, kesalahan penggunaan tanda baca (tanda titik, koma, titik dua, dan tanda hubung). (2) wujud kesalahan pemilihan kata meliputi ketidakbakuan pemilihan kata, ketidaktepatan pemilihan kata, dan ketidakhematan pemilihan kata (penggunaan kata mubazir). (3) penyebab terjadinya kesalahan berbahasa meliputi penyebab kesalahan yang berasal dari peserta didik dan penyebab kesalahan yang berasal dari lingkungan peserta didik.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...