Bab 15 Senam Lantai Bagian 2

120 

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

Bab 15

Kata Kunci

• Guling depan • Guling lenting • Meroda

Senam Lantai

Senam lantai adalah salah satu cabang olahraga yang unsur gerakannya seperti mengguling, melenting, keseimbangan lompat, serta loncat. Untuk dapat melakukan gerakan-gerakan senam lantai, kamu harus melakukan banyak latihan secara teratur.

Senam dapat memberikan banyak manfaat bagimu. Manfaat senam yaitu seseorang dapat memiliki bentuk tubuh yang ideal, di antaranya indah, bugar , dan kuat. Di samping itu senam juga dapat menambah rasa percaya diri dan memiliki sikap kesadaran yang sangat baik dan dapat hidup sehat secara jasmani dan rohani.

Dalam bab 6 kamu telah mempelajari tentang senam lantai, yaitu gerakan meroda dan guling lenting. Sudahkah kamu menguasainya dengan baik? Dalam bab ini kamu akan mempelajari latihan rangkaian gerak meroda dan guling depan serta rangkaian gerak guling depan dan guling lenting. Untuk dapat melakukan rangkaian gerakan tersebut kamu harus menguasai gerakan-gerakan dasar meroda, guling depan, dan guling lenting. Agar kamu lebih paham mari kita pelajari pembahasan berikut.

Gambar 15.1 Senam lantai memerlukan kelenturan tubuh

(2)

Gambar 15.2 Teknik meroda.

A. Latihan Rangkaian Gerakan Meroda dan Guling Depan

Meroda adalah suatu gerakan ke sampin, bertumpu atas kedua tangan dengan kaki terbuka lebar. Meroda dapat dilakukan dengan gerakan ke kiri dan kanan. Meroda kelihatannya mudah, akan tetapi gerakan ini memerlukan koordinasi gerakan yang baik. Sedangkan guling depan adalah berguling ke depan atas bagian belakang badan (tengkuk, punggung, pinggang, dan panggul bagian belakang). Latihan guling ke depan dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu guling ke depan dengan sikap awal jongkok dan guling ke depan dengan sikap awal berdiri.

Cara melakukan rangkaian gerakan meroda dan guling depan adalah sebagai berikut. 1. Diawali dengan gerakan meroda yang baik.

Cara melakukanya:

a. Mula-mula berdiri tegak menyamping, kedua kaki dibuka lebar, kedua tangan lurus ke atas serong ke samping (menyerupai huruf V) dan pandangan ke depan. b. Jatuhkan badan ke samping kiri, letakkan telapak tangan kiri ke samping kiri, kemudian kaki kanan diangkat ke atas. Setelah itu disusul dengan meletakkan telapak tangan kanan di samping badan.

c. Pada saat kaki kanan diayunkan maka kaki kiri ditolakkan pada lantai, sehingga kedua kaki terbuka dan serong ke samping.

d. Lalu letakkan kaki kanan ke samping lengan kanan tangan kiri diangkat disusul dengan meletakkan kaki kiri di samping kaki kanan.

e. Badan terangkat dan kedua lengan lurus ke atas ke posisi semula.

2. Setelah gerakan meroda dilakukan atau berakhir, posisi badan berputar menghadap arah gerakan.

3. Lanjutkan dengan gerakan guling depan, sehingga akhir gerakannya berdiri menghadap arah gerakan dan kedua lengan lurus ke atas di samping telinga. Cara melakukan gerakan guling depan adalah:

(3)

c. Lanjutkan dengan melakukan gerakan berguling ke depan, ketika panggul menyentuh matras peganglah tulang kering dengan kedua tangan menuju posisi jongkok.

Sehingga rangkaian gerakannya akan menjadi seperti berikut. Gambar 15.3 Teknik guling depan.

Gambar 15.4 Rangkaian meroda dan guling depan.

Tugas

Coba praktikkan bagaimana cara melakukan latihan meroda dan guling depan! Unsur yang dinilai adalah teknik gerakan yang meliputi aspek-aspek gerakan badan, gerakan keseimbangan dan gerakan kelentukan.

Il

u

str

as

i: S

u

sa

n

to

Il

u

str

as

i: S

u

sa

n

(4)

B. Latihan Rangkaian Gerakan Guling Depan dan Guling Lenting

Untuk dapat melakukan rangkaian gerakan guling depan dan guling lenting kamu harus menguasai teknik dasar keduanya. Guling lenting adalah suatu gerakan melentingkan badan ke depan atas dengan lemparan kedua kaki dan tolakan kedua tangan. Tolakan tersebut dimulai dari sikap setengah guling ke belakang/setengah guling ke depan dengan kedua kaki rapat dan lutut lurus.

Cara melakukan rangkaian gerakan lenting depan dan gerakan guling lenting adalah sebagai berikut.

1. Diawali dengan gerak guling depan dengan baik dan benar (caranya seperti di atas). 2. Setelah gerak guling depan berakhir, maka dilanjutkan dengan melakukan gerakan

guling lenting , sehingga akhir gerakannya berdiri menghadap ke arah gerakan. Cara melakukan guling lenting adalah:

a. Sikap permulaan tidur telentang, kedua kaki lurus dan rapat serta kedua tangan di sisi badan.

b. Guling ke depan kedua tungkai lurus sehingga kaki dekat kepala, siku dibengkokkan dan telapak tangan bertumpu pada matras di sisi telinga. c. Guling ke depan, bersamaan dengan itu tolakkan/lecutkan tungkai ke depan

atas dan tolakkan kedua tangan sehingga badan melayang seperti membuat busur.

d. Gerakan mendarat dilakukan dengan kedua kaki rapat dan gerakan pinggul di dorong ke depan, kemudian diikuti dengan gerakan badan mengikuti arah rotasi gerakan.

Gambar 15.5 Teknik guling lenting.

Il

u

str

as

i: S

u

sa

n

(5)

3. Posisi berikutnya adalah kedua lengan lurus ke atas di samping telinga dan pinggang melenting.

L

Rangkaian gerakan senam merupakan penggabungan dari beberapa gerakan senam yang dilakukan secara berurutan dalam satu periode gerakan/ kesempatan . Pada gerak rangkaian, karena pesenam akan melakukan unsur gerakan mengguling, melenting, keseimbangan, memutar, melompat, dan meloncat sesuai kaidah senam lantai.

L

Manfaat senam yaitu seseorang dapat memiliki bentuk tubuh yang ideal, di antaranya indah, bugar, dan kuat. Di samping itu senam juga dapat menambah rasa percaya diri dan memiliki sikap kesadaran yang sangat baik dan dapat hidup sehat secara jasmani dan rohani.

Rangkuman

Tugas

Lakukan gerakan rangkaian senam lantai yang mengandung keseimbangan, mengguling, melenting, meroda dan roll ke depan dan dilanjutkan dengan gerakan guling lenting!

Gambar 15.6 Rangkaian gerakan guling depan dan guling lenting.

Il

u

str

as

i: S

u

sa

n

(6)

A. Berilah tanda silang ( X) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang paling benar!

1. Untuk dapat melakukan guling lenting dengan baik, seorang pesenam terlebih dahulu harus menguasai gerakan ....

a. guling depan c. guling lenting b. guling belakang d. meroda 2. Gerakan meroda bertumpu atas ....

a. kedua tangan c. dua kaki

b. satu tangan d. dua tangan dan dua kaki 3. Agar meroda dapat dilakukan dengan benar, maka gerakan kaki harus....

a. dilemparkan ke atas depan c. dilemparkan ke atas samping b. dilemparkan ke atas belakang d. dilemparkan ke belakang 4. Gerakan akhir sikap meroda adalah ....

a. sikap telungkup c. sikap berdiri menyamping b. sikap jongkok d. sikap berdiri ke depan 5. Posisi kaki sikap awal gerakan meroda adalah ....

a. dibuka sedikit lebar c. dibuka selebar bahu

b. dibuka lebar-lebar d. berdiri dengan salah satu kaki 6. Latihan awal untuk melakukan gerakan meroda adalah ....

a. gerakan roll c. gerakan handstand

b. gerakan lompat jongkok d. gerakan back roll

7. Gerakan melenting yang benar dilakukan saat ....

a. pundak menempel matras c. telapak tangan menempel matras b. pinggul terangkat ke atas d. kepala dimasukkan di antara lengan 8. Gerakan meroda dapat digunakan untuk melatih ....

a. keterampilan c. kekuatan b. kesegaran d. ketangkasan 9. Arah gerakan melenting saat guling lenting adalah ke ....

a. depan atas b. belakang atas c. samping atas d. pinggul

10. Saat melakukan gerakan meroda, posisi kedua kaki sebaiknya .... a. dirapatkan c. dibuka

b. dibengkokkan d. dilipat

II. Jawablah pertanyaan berikut secara singkat dan tepat!

1. Sebutkan kesalahan-kesalahan yang sering terjadi saat melakukan gerakan

Figur

Gambar 15.1 Senam lantai memerlukan kelenturan tubuh
Gambar 15 1 Senam lantai memerlukan kelenturan tubuh. View in document p.1

Referensi

Memperbarui...