abu pelepah kelapa

Top PDF abu pelepah kelapa:

PENDAHULUAN  Uji Organoleptik Pada Telur Yang Diasinkan Dengan Abu Pelepah Kelapa Dan Dimasak Dengan Cara Kukus Dan Asap.

PENDAHULUAN Uji Organoleptik Pada Telur Yang Diasinkan Dengan Abu Pelepah Kelapa Dan Dimasak Dengan Cara Kukus Dan Asap.

Kelapa merupakan tanaman perkebunan berupa pohon batang lurus dari famili Palmae. Kelapa dijuluki pohon kehidupan, karena setiap bagian tanaman dapat dimanfaatkan (Badiaroh, 2011). Ibu rumah tangga biasanya menggunakan pelepah daun kelapa sebagai bahan bakar untuk memasak. Sisa dari bahan bakar tersebut berupa abu yang bisa dimanfaatkan kembali selain sebagai abu gosok (Aji, 2010). Abu pelepah kelapa mengandung unsur Magnesium (Mg) dan Kalium (K) yang akan membentuk garam MgCl 2 dan KCl,

4 Baca lebih lajut

KADAR PROTEIN DAN SIFAT ORGANOLEPTIK TELUR ASIN DENGAN PERENDAMAN ABU PELEPAH KELAPA.

KADAR PROTEIN DAN SIFAT ORGANOLEPTIK TELUR ASIN DENGAN PERENDAMAN ABU PELEPAH KELAPA.

Di Indonesia persediaan telur sangat melimpah, akan tetapi kurang dimanfaatkan sehingga banyak telur yang busuk. Oleh karena itu perlu dilakukan pengawetan agar telur tersebut awet karena telur segar hanya mampu bertahan selama 2-3 minggu. Salah satu cara pengawetan telur yaitu dengan pengasinan. Media pengasinan itu bermacam-macam antara lain serbuk batu bata merah, abu pelepah kelapa, tanah lempung.

4 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  Uji Protein Dan Organoleptik Telur Asin Hasil Pengasinan Menggunakan Abu Pelepah Kelapa Dengan Penambahan Sari Buah Nanas.

PENDAHULUAN Uji Protein Dan Organoleptik Telur Asin Hasil Pengasinan Menggunakan Abu Pelepah Kelapa Dengan Penambahan Sari Buah Nanas.

akan meningkatkan gizi terutama kadar protein pada telur asin. Guna membuktikan hal tersebut maka akan dilaksanakan penelitian pengasinan telur dengan abu pelepah kelapa dan untuk meningkatkan kadar protein dengan penambahan ekstrak nanas dengan konsentrasi yang berbeda.

4 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN   Kadar Protein Dan Ca Pada Ikan Teri Asin Hasil Pengasinan Dengan Abu Pelepah Kelapa.

PENDAHULUAN Kadar Protein Dan Ca Pada Ikan Teri Asin Hasil Pengasinan Dengan Abu Pelepah Kelapa.

pelepah kelapa untuk mengasinkan telur sebagai pengganti garam dapur. Menurut Robby (2007) ternyata abu pelepah kelapa mengandung unsur Magnesium (Mg) dan Kalium (K). Dari observasi yang sudah dilakukan, ternyata abu pelepah daun kelapa dapat digunakan juga untuk mengasinkan teri. Penelitian lanjutan yang perlu dilakukan adalah mencari perbandingan antara abu pelepah daun kelapa dan air untuk mendapatkan ikan teri asin yang secara organoleptik paling disukai dan paling awet.
Baca lebih lanjut

6 Baca lebih lajut

UJI PROTEIN DAN ORGANOLEPTIK TELUR ASIN HASIL PENGASINAN MENGGUNAKAN ABU PELEPAH KELAPA DENGAN PENAMBAHAN  Uji Protein Dan Organoleptik Telur Asin Hasil Pengasinan Menggunakan Abu Pelepah Kelapa Dengan Penambahan Sari Buah Nanas.

UJI PROTEIN DAN ORGANOLEPTIK TELUR ASIN HASIL PENGASINAN MENGGUNAKAN ABU PELEPAH KELAPA DENGAN PENAMBAHAN Uji Protein Dan Organoleptik Telur Asin Hasil Pengasinan Menggunakan Abu Pelepah Kelapa Dengan Penambahan Sari Buah Nanas.

pengasinan telur asin. Dalam penelitian ini abu pelepah kelapa dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan telur asin dengan penambahan sari buah nanas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kadar protein dan organoleptik telur asin hasil pengasinan menggunakan abu pelepah kelapa dengan penambahan sari buah nanas. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola faktor tunggal yaitu penambahan volume sari buah nanas dengan 4 perlakuan yaitu T 0 (kontrol), T 1 (25 ml), T 2 (50 ml), T 3 (75 ml). Masing-masing
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

KADAR PHOSPOR (P) DAN ZAT BESI (Fe) IKAN TERI ASIN HASIL PENGASINAN MENGGUNAKAN AIR ABU PELEPAH KELAPA.

KADAR PHOSPOR (P) DAN ZAT BESI (Fe) IKAN TERI ASIN HASIL PENGASINAN MENGGUNAKAN AIR ABU PELEPAH KELAPA.

digunakan untuk mengasinkan ikan teri. Penelitian yang dilakukan adalah mencari perbandingan antara abu pelepah daun kelapa dan air untuk mendapatkan ikan teri asin yang secara organoleptik paling disukai dan paling awet. Perlakuannya adalah P1 (5 sendok teh abu pelepah kelapa dengan 100 ml air), P2 (4 sendok teh abu pelepah kelapa dengan 100 ml air), P3 (3 sendok teh abu pelepah kelapa dengan 100 ml air). Dari perlakuan tersebut hasil yang paling baik adalah P2 yang menggunakan 4 sendok teh abu pelepah kelapa.
Baca lebih lanjut

6 Baca lebih lajut

UJI PROTEIN DAN ORGANOLEPTIK TELUR ASIN HASIL PENGASINAN MENGGUNAKAN ABU PELEPAH KELAPA DENGAN  Uji Protein Dan Organoleptik Telur Asin Hasil Pengasinan Menggunakan Abu Pelepah Kelapa Dengan Penambahan Sari Buah Nanas.

UJI PROTEIN DAN ORGANOLEPTIK TELUR ASIN HASIL PENGASINAN MENGGUNAKAN ABU PELEPAH KELAPA DENGAN Uji Protein Dan Organoleptik Telur Asin Hasil Pengasinan Menggunakan Abu Pelepah Kelapa Dengan Penambahan Sari Buah Nanas.

Berdasarkan kandungan gizi pada nanas tersebut maka tidak menutup kemungkinan bahwa telur asin yang dalam proses pengasinannya menggunakan campuran antara abu pelepah kelapa dan ekstrak buah nanas akan meningkatkan gizi terutama kadar protein pada telur asin. Guna membuktikan hal tersebut maka akan dilaksanakan penelitian pengasinan telur dengan abu pelepah kelapa dan untuk meningkatkan kadar protein dengan penambahan ekstrak nanas dengan konsentrasi yang berbeda.

18 Baca lebih lajut

KADAR Mg DAN Na PADA IKAN TERI ASIN HASIL PENGASINAN MENGGUNAKAN ABU PELEPAH KELAPA   KADAR Mg DAN Na PADA IKAN TERI ASIN HASIL PENGASINAN MENGGUNAKAN ABU PELEPAH KELAPA.

KADAR Mg DAN Na PADA IKAN TERI ASIN HASIL PENGASINAN MENGGUNAKAN ABU PELEPAH KELAPA KADAR Mg DAN Na PADA IKAN TERI ASIN HASIL PENGASINAN MENGGUNAKAN ABU PELEPAH KELAPA.

untuk menggantikan garam (NaCl) dalam pengasinan makanan. Ikan teri merupakan salah satu sumber kalsium terbaik untuk mencegah pengeroposan tulang, serta sebagai sumber kalsium yang murah dan mudah didapat. Kandungan gizi teri meliputi energi, protein, lemak, kalsium, phosfor, besi, Vit A, Vit B, mineral. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui berapa kadar Magnesium (Mg) dan Natrium (Na) pada ikan teri asin hasil pengasinan menggunakan abu pelepah kelapa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksplorasi. Dalam penelitian ini teri diasinkan dengan 4 sendok makan abu pelepah kelapa yang dicampur dengan 100ml air. Analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif data hasil uji kandungan Magnesium (Mg) dan Natrium (Na). Kadar Magnesium (Mg) dan Natrium (Na) diukur dengan metode spektrofotometer jenis AAS-Flame; IKU/5.4/AAS-05. Dari penelitian didapat kadar Mg teri hasil pengasinan abu pelepah kelapa sebanyak 0,19%. Kadar Na didapat 1,42% pada pengasinan menggunakan abu pelepah kelapa.
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN   KADAR Mg DAN Na PADA IKAN TERI ASIN HASIL PENGASINAN MENGGUNAKAN ABU PELEPAH KELAPA.

PENDAHULUAN KADAR Mg DAN Na PADA IKAN TERI ASIN HASIL PENGASINAN MENGGUNAKAN ABU PELEPAH KELAPA.

pelepah kelapa untuk mengasinkan telur sebagai pengganti garam dapur. Robby (2007) menyatakan bahwa abu pelepah kelapa mengandung unsur Magnesium (Mg) dan Kalium (K). Dari penelitian yang sudah dilakukan Ja’far (2010), ternyata abu pelepah kelapa dapat digunakan juga untuk mengasinkan teri. Perlakuan yang dilakukan Ja’far (2010) adalah P1 (5 sendok makan abu pelepah kelapa dengan 100 ml air), P2 (4 sendok makan abu pelepah kelapa dengan 100 ml air), P3 (3 sendok makan abu pelepah kelapa dengan 100 ml air), Dari ketiga perlakuan tersebut, perlakuan terbaik untuk dikonsumsi adalah P2.
Baca lebih lanjut

6 Baca lebih lajut

KADAR PROTEIN  DAN Ca PADA IKAN TERI ASIN  HASIL PENGASINAN DENGAN ABU PELEPAH KELAPA  Kadar Protein Dan Ca Pada Ikan Teri Asin Hasil Pengasinan Dengan Abu Pelepah Kelapa.

KADAR PROTEIN DAN Ca PADA IKAN TERI ASIN HASIL PENGASINAN DENGAN ABU PELEPAH KELAPA Kadar Protein Dan Ca Pada Ikan Teri Asin Hasil Pengasinan Dengan Abu Pelepah Kelapa.

untuk menggantikan garam (NaCl) dalam pengasinan makanan. Ikan teri merupakan salah satu sumber kalsium terbaik untuk mencegah pengeroposan tulang, serta sebagai sumber kalsium yang murah dan mudah didapat. Kandungan gizi teri meliputi energi, protein, lemak, kalsium, phosfor, besi, Vit A, Vit B,mineral. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui berapa kadar protein dan calsium (Ca) pada ikan teri asin hasil pengasinan menggunakan abu pelepah kelapa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen. Perlakuan P1 adalah 5 sendok teh abu pelepah kelapa dengan 100 ml air P2 adalah 4 sendok teh abu pelepah kelapa dengan 100 ml air dan P3 adalah 3 sendok teh abu pelepah kelapa dengan 100 ml air. Kadar protein dan calcium (Ca)
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

UJI ORGANOLEPTIK PADA TELUR YANG DIASINKAN DENGAN ABU PELEPAH KELAPA DAN DIMASAK   Uji Organoleptik Pada Telur Yang Diasinkan Dengan Abu Pelepah Kelapa Dan Dimasak Dengan Cara Kukus Dan Asap.

UJI ORGANOLEPTIK PADA TELUR YANG DIASINKAN DENGAN ABU PELEPAH KELAPA DAN DIMASAK Uji Organoleptik Pada Telur Yang Diasinkan Dengan Abu Pelepah Kelapa Dan Dimasak Dengan Cara Kukus Dan Asap.

Alhamdulillah segala puji kehadirat Allah SWT yang telah memberikan nikmat iman, islam, kesehatan dan nikmat lain yang tak terhitung jumlahnya, sehingga penulis dapat menyelesaikan penyusunan skripsi yang berjudul “ UJI ORGANOLEPTIK PADA TELUR YANG DIASINKAN DENGAN ABU PELEPAH KELAPA DAN DIMASAK DENGAN CARA KUKUS DAN ASAP ”. Skripsi ini disusun untuk memenuhi sebagian persyaratan guna mencapai derajat sarjana (S-1) Program Studi Pendidikan Biologi di Universitas Muhammadiyah Surakarta.

15 Baca lebih lajut

UJI ORGANOLEPTIK PADA TELUR YANG DIASINKAN DENGAN ABU PELEPAH KELAPA DAN DIMASAK   Uji Organoleptik Pada Telur Yang Diasinkan Dengan Abu Pelepah Kelapa Dan Dimasak Dengan Cara Kukus Dan Asap.

UJI ORGANOLEPTIK PADA TELUR YANG DIASINKAN DENGAN ABU PELEPAH KELAPA DAN DIMASAK Uji Organoleptik Pada Telur Yang Diasinkan Dengan Abu Pelepah Kelapa Dan Dimasak Dengan Cara Kukus Dan Asap.

Telur merupakan salah satu sumber protein hewani yang memiliki rasa lezat, mudah dicerna, dan bergizi tinggi. Penelitian ini menggunakan bahan dasar telur itik, abu pelepah kelapa, dan ekstrak daun pandan wangi. Telur yang diasinkan dengan abu pelepah kelapa dimasak dengan cara dikukus dan diasap sebagai perlakuan . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengukusan dan pengasapan telur yang diasinkan dengan abu pelepah kelapa terhadap organoleptik dan daya terima masyarakat. Metode yang digunakan untuk penelitian adalah metode eksperimen Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan satu faktor perlakuan yaitu cara pemasakan kukus dan asap dengan tiga kali ulangan. Analisis data diuji secara deskriptif kualitatif. Telur asin kukus 20 menit menghasilkan kualitas organoleptik putih telur warna putih, kuning telur kuning, aroma tidak amis, rasa asin, tekstur agak kenyal dan masir, tidak lengket, mudah dikelupas, dan disukai masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cara pemasakan yang berbeda juga berpengaruh terhadap kadar protein dan lemak. Kadar protein tertinggi pada telur asin yang dikukus selama 20 menit yaitu 4,51 gr dan kadar protein terendah pada telur asin yang diasap selama 5 jam yaitu 1,88 gr. Kadar lemak tertinggi pada telur asin yang dikukus selama 20 menit yaitu 14,49% dan kadar lemak terendah pada telur asin yang diasap selama 4 jam yaitu 12,03%.
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

KADAR PROTEIN  DAN Ca PADA IKAN TERI ASIN  HASIL PENGASINAN DENGAN ABU PELEPAH KELAPA  Kadar Protein Dan Ca Pada Ikan Teri Asin Hasil Pengasinan Dengan Abu Pelepah Kelapa.

KADAR PROTEIN DAN Ca PADA IKAN TERI ASIN HASIL PENGASINAN DENGAN ABU PELEPAH KELAPA Kadar Protein Dan Ca Pada Ikan Teri Asin Hasil Pengasinan Dengan Abu Pelepah Kelapa.

Hasil dari pembakaran pelepah kelapa adalah abu yang biasanya kurang dimanfaatkan kembali selain digunakan sebagai abu gosok. Robby Adwa Fahlepi dalam LPIR Nasional 2007, mensosialisasikan manfaat lain dari abu pelepah kelapa untuk mengasinkan telur sebagai pengganti garam dapur. Menurut Robby (2007) ternyata abu pelepah kelapa mengandung unsur Magnesium (Mg) dan Kalium (K). Dari observasi yang sudah dilakukan, ternyata abu pelepah daun kelapa dapat digunakan juga untuk mengasinkan teri. Penelitian lanjutan yang perlu dilakukan adalah mencari perbandingan antara abu pelepah daun kelapa dan air untuk mendapatkan ikan teri asin yang secara organoleptik paling disukai dan paling awet.
Baca lebih lanjut

22 Baca lebih lajut

UJI ORGANOLEPTIK DAN KEAWETAN IKAN TERI ASIN HASIL PENGASINAN MENGGUNAKAN ABU PELEPAH KELAPA.

UJI ORGANOLEPTIK DAN KEAWETAN IKAN TERI ASIN HASIL PENGASINAN MENGGUNAKAN ABU PELEPAH KELAPA.

Menurut Robby (2007) ternyata abu pelepah kelapa mengandung unsur Magnesium (Mg) dan Kalium (K). Dari observasi yang sudah dilakukan, ternyata abu pelepah daun kelapa dapat digunakan juga untuk mengasinkan teri. Penelitian lanjutan yang perlu dilakukan adalah mencari perbandingan antara abu pelepah daun kelapa dan air untuk mendapatkan ikan teri asin yang secara organoleptik paling disukai dan paling awet.

7 Baca lebih lajut

UJI PROTEIN DAN LEMAK PADA TELUR ASIN HASIL PENGASINAN DENGAN ABU PELEPAH KELAPA.

UJI PROTEIN DAN LEMAK PADA TELUR ASIN HASIL PENGASINAN DENGAN ABU PELEPAH KELAPA.

Pohon kelapa adalah jenis tanaman perkebunan yang mempunyai banyak manfaat bagi manusia dan dapat hidup di lingkungan alam tropis seperti Indonesia. Maka dari itu pohon kelapa dapat ditemukan mulai dari dataran tinggi sampai dataran rendah. Ciri-ciri pohon kelapa adalah pohon tinggi, batang lurus tanpa ada percabangan, daun majemuk sempurna dengan tulang daun menyirip, akar serabut dan termasuk tumbuhan monokotil (Familia Palmae).

6 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  Uji Organoleptik Dan Mikrobiologi Telur Asin Menggunakan Perendaman Lumpur Sawah.

PENDAHULUAN Uji Organoleptik Dan Mikrobiologi Telur Asin Menggunakan Perendaman Lumpur Sawah.

Pada pembuatan telur asin yang digunakan adalah serbuk batu bata merah, abu pelepah kelapa dan lumpur sawah. Pada penelitian ini yang digunakan adalah lumpur sawah karena lumpur sawah mudah didapat dan irit biaya, tetapi terkendala dengan kemungkinan meningkatnya populasi bakteri.

5 Baca lebih lajut

594894059.doc 1.34MB 2015-10-12 00:18:01

594894059.doc 1.34MB 2015-10-12 00:18:01

Telur asin yang akan dihasilkan ini berbeda dengan telur asin pada umumnya, karena kami menambahkan berbagai varian rasa di dalamnya sehingga kami beri nama “TESIN KASA (Telur Asin Aneka Rasa)”. Selain itu kami juga menggunakan abu dari serabut pelepah kelapa yang akan memberikan rasa gurih yang berbeda karena abu pelepah kelapa mengandung unsur Magnesium (Mg) dan Kalium (K) yang akan membentuk garam MgCl 2

20 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  Pengaruh Penambahan Ekstrak Daun Pepaya, Daun Salam dan Daun Teh Terhadap kadar Protein Telur Asin.

PENDAHULUAN Pengaruh Penambahan Ekstrak Daun Pepaya, Daun Salam dan Daun Teh Terhadap kadar Protein Telur Asin.

Indonesia memiliki persediaan telur yang sangat melimpah yang berasal dari peternakan masyarakat. Menurut data Bidang Peternakan, pada bulan Juni 2010 produksi telur itik sudah mencapai 2,49 juta butir atau 50% dari target 4,99 juta butir (Anonim, 2010). Akan tetapi, pemanfaatan dan pengolahan telur kurang maksimal karena telur memiliki sifat mudah rusak. Oleh karena itu perlu dilakukan pengawetan telur agar telur dapat bertahan lebih lama (telur segar hanya bertahan 2-3 minggu). Terdapat berbagai macam cara pengawetan telur. Salah satunya adalah dengan pengasinan. Media pengasinan ada 3 macam antara lain serbuk batu bata merah, abu pelepah kelapa, dan tanah liat.
Baca lebih lanjut

5 Baca lebih lajut

Pemanfaatan Pelepah Sawit Sebagai Bahan Baku Papan Zephyr

Pemanfaatan Pelepah Sawit Sebagai Bahan Baku Papan Zephyr

Hasil penelitian tahap kedua menunjukkan bahwa terjadi perubahan sifat fisis mekanis yang signifikan dari pelepah sawit menjadi papan zephyr. Pemberian bahan perekat phenol formaldehida sebanyak 12% dalam sebuah proses kempa pada tekanan 25 kg cm ⁻ ² dan suhu 120 ⁰ C selama 10 menit menunjukan bahwa pelepah sawit dapat menjadi papan zephyr yang berkualitas. Perbedaan jumlah/ulangan penggilasan untuk mendapatkan homogenitas helaian zephyr menunjukkan bahwa pada penggilasan 5 dan 6 kali diperoleh kualitas papan yang relatif sama, akan tetapi secara visual penggilasan 5 kali menghasilkan helaian zephyr yang tidak terputus. Analisis lanjut dari perbedaan penggilasan memperlihatkan sebaran dan luas void yang terbentuk pada papan zephyr relatif sangat kecil. Hasil uji sifat fisis dan mekanis papan zephyr ini dapat memenuhi standar JIS A 5908(JAS 2003) dan papan zephyr terhadap serangan rayap kayu kering termasuk kelas ketahanan I-II (sangat tahan-tahan). Eksplorasi pemanfaatan pelepah sawit menjadi papan zephyr yang berkualitas dilanjutkan dengan menguji sifat fisis dan mekanis papan dengan perbedaan jenis perekat dan orientasi pelapisan zephyr pelepah dengan menggunakan pelepah sawit 5 kali penggilasan dan proses kempa dibuat sama dengan kadar perekat 12%, hasilnya dibandingkan dengan standar JIS A 5908 (JAS 2003) type 18. Hasil rangkaian penelitian menyatakan bahwa pelepah sawit dengan ulangan penggilasan 5 kali tanpa membedakan bagian pelepah dapat dijadikan papan zephyr yang berkualitas baik berdasarkan standar JIS A 5908 (2003) type 18. Pola pelapisan pada arah pelapisan sejajar dari zephyr pelepah sawit direkomendasikan daripada arah bersilangan. Sedangkan jenis perekat dapat dipilih sesuai dengan tujuan penggunaan papan zephyr. Upaya peningkatan kualitas papan zephyr dengan memberikan lapisan finishing memberian hasil yang sangat baik. Uji kelayakan kualitas papan zephyr pelepah sawit dibandingkan dengan papan komersial lain menunjukkan bahwa papan zephyr dengan perekat UF mempunyai kelas yang sama dengan kayu lapis dengan kerapatan 0.81 g.cm ⁻ ³.
Baca lebih lanjut

88 Baca lebih lajut

PENGARUH KADAR FILLER ABU BATU KAPUR DAN ABU TEMPURUNG KELAPA TERHADAP KARAKTERISTIK MARSHALL PADA CAMPURAN ASPAL BETON AC-BC

PENGARUH KADAR FILLER ABU BATU KAPUR DAN ABU TEMPURUNG KELAPA TERHADAP KARAKTERISTIK MARSHALL PADA CAMPURAN ASPAL BETON AC-BC

214 seperti tempurung kelapa yang persediaannya melimpah di Provinsi Aceh dapat bermanfaat, hasil sampingan buah kelapa seperti tempurung jika tidak dimanfaatkan secara optimal nantinya menjadi limbah sehingga menggangu lingkungan, ada usaha untuk memanfaatkan limbah ini salah satunya kemungkinan abu arang tempurung kelapa digunakan sebagai filler dalam campuran aspal beton, namun hal ini juga diperlukan peran tanah dasar dalam member daya dukungnya dalam parameter CBR. Semakin kecil nilai daya dukung tanah semakin besar tebal lapisan perkerasan yang dibutuhkan, menunjukan bahwa semakin kecil nilai CBR semakin kecil pula nilai daya dukung tanah yang diperoleh (Said Jalalul Akbar, Wesli, 2014)
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...