Allah SWT

Top PDF Allah SWT:

Mustahil Allah SWT bersifat Hudus (

Mustahil Allah SWT bersifat Hudus (

Bagaimana sikap kita setelah meyakini bahwa Allah SWT mempunyai sifat basar (Maha Melihat) ? Tentunya kita lebih berhati-hati dalam berbuat sesuatu. Kita tidak mungkin berbohong atau menyembunyikan kebohongan di hadapan Allah SWT. Karena apapun yang kita lakukan sudah barang tentu akan dilihat oleh Allah SWT. Bila kita melakukan suatu kebaikan sekecil apaun akan dilihat Allah SWT , sebaliknya bila kita melakukan kejelekan walupun disembunyikan juga akan tetap dilihat oleh Allah SWT. Sekarang terserah manusia itu sendiri, mau memperbanyak berbuat baik atau menunmpuk-numpuk perbuatan jahat. Memang ketika manusia masih di dunia, barangkali dia bisa mengelak atau menyangkal perbuatan buruk yang dia lakukan. Namun di akhirat nanti, ketika keadilan Allah SWT betul- betul ditegakkan, dia tidak akan bisa mengelak sedikitpun.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

Pelajaran 3 Aku Beriman Kepada Kitab kitab Allah SWT

Pelajaran 3 Aku Beriman Kepada Kitab kitab Allah SWT

Zabur artinya tulisan. Kitab Zabur diturunkan kepada Nabi Daud AS. Kitab Zabur berbahasa Qibti berisi tentang beberapa zikir, pengajaran, dan hikmah. Kitab Zabur merupakan petunjuk atau wahyu dari Allah dan berlaku pada umat Bani Israil. Allah Swt. berirman dalam surah An-Nisa ayat 163 :

11 Baca lebih lajut

Iman Kepada Kitab Suci Allah SWT

Iman Kepada Kitab Suci Allah SWT

Isi yang terkandung dalam Injil ini berbeda dengan kitabُ-kitab terdahulu. Kitab Taurat mengajarkan tentang Tauhid (keُ-Esaُ-an Allah SWT), dan Kitab Zabur mengajarkan pujiُ-pujian (zikir dan doa) kepada Allah SWT, sedangkan Injil mengajarkan tentang pembersihan jiwaُ-raga dari kekotoran (nafsu duniawi). Dengan kata lain, Injil mengajak manusia untuk hidup zuhud, yakni pola hidup yang tidak mengutamakan halُ-hal yang bersifat duniawi. Sebagai umat Islam kita wajib mempercayai bahwa Injil merupakan kitab dari Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Isa as. Akan tetapi umat Kristen berpendapat lain. Menurut mereka, Injil adalah kisah atau laporan yang disusun oleh para pengikut Isa Almasih tentang kehidupan Almasih, termasuk tentang pengajarannya kepada Bani Israil atau Bangsa Yahudi agar mereka beragama secara benar.
Baca lebih lanjut

20 Baca lebih lajut

Bab 6 Meraih Kasih Allah SWT dengan Ihsan

Bab 6 Meraih Kasih Allah SWT dengan Ihsan

Berbuat baik kepada kedua orangtua ialah dengan cara mengasihi, memelihara, dan menjaga mereka dengan sepenuh hati serta memenuhi semua keinginan mereka selama tidak bertentangan dengan aturan Allah Swt.. Mereka telah berkorban untuk kepentingan anak mereka sewaktu masih kecil dengan perhatian penuh dan belas kasihan. Mereka mendidik dan mengurus semua keperluan anak-anak ketika masih lemah. Selain itu, orang tua memberian kasih sayang yang tidak ada tandingannya. Jika demikian, apakah tidak semestinya orangtua mendapat perlakuan yang baik pula sebagai imbalan dari budi baiknya yang tulus itu? Sedangkan Allah Swt. telah menegaskan dalam firman- Nya, “Tidak ada balasan untuk kebaikan kecuali kebaikan (pula)” (Q.S. ar- Rahm±n/55:60).
Baca lebih lanjut

20 Baca lebih lajut

Bab 7 Rasul Rasul Itu Kekasaih Allah SWT

Bab 7 Rasul Rasul Itu Kekasaih Allah SWT

Pada setiap umat, Allah pasti mengutus seorang rasul. Rasul diutus oleh Allah Swt. untuk membimbing umat manusia agar berjalan dalam rel yang benar. Yang sering terjadi adalah ketika masih ada rasul, mereka masih mengikuti ajarannya, tetapi ketika rasul tidak ada, umat mulai menjauhi ajarannya. Bahkan, ada yang mengaku dirinya sebagai nabi dan rasul.

16 Baca lebih lajut

Lebih Dekat dengan Allah Swt. yang Sangat Indah Nama-Nya

Lebih Dekat dengan Allah Swt. yang Sangat Indah Nama-Nya

Al-‘Al³m artinya Maha Mengetahui. Allah Swt. Maha Mengetahui yang tampak atau yang gaib. Pe ngetahuan Allah Swt. tidak terbatas oleh ruang dan waktu. Segala aktivitas yang dilakukan oleh makhluk diketahui oleh Allah Swt. Bahkan, peristiwa yang akan terjadi pun sudah diketahui oleh Allah Swt. Dengan kata lain, pengetahuan Allah Swt. itu tanpa batas. Luar biasa, bukan? Agar lebih yakin perhatikan firman-Nya berikut ini.

15 Baca lebih lajut

Pelajaran 9 Beriman Kepada Nabi dan Rasul Allah SWT

Pelajaran 9 Beriman Kepada Nabi dan Rasul Allah SWT

Nabi dan rasul diutus oleh Allah Swt. hanya terbatas kepada umat tertentu, seperti Nabi Musa AS. hanya untuk bangsa Israil. Nabi Syuaib AS. diutus Allah Swt. untuk bangsa Madyan. Nabi Hud AS. diutus untuk bangsa Ad. Begitu juga dengan Nabi dan Rasul lainnya mereka diutus untuk bangsa tertentu saja. Akan tetapi Nabi Muhammad Saw. diutus Allah Swt. untuk semua umat manusia yang ada di planet bumi ini karena beliau sebagai rasul akhir zaman.

12 Baca lebih lajut

Upaya Meraih Rahmat Allah swt

Upaya Meraih Rahmat Allah swt

Cerita di atas membuktikan betapa hidup manusia ini sangat tergantung pada rahmat Allah swt sebagai pengatur alam jagad raya. Ia-lah yang menentukan semuanya. Ia berhak melakukan apapun kepada makhluk-Nya. Sebagai Sang Pencipta, sebagai Sang Maha Kuasa, Dia bebas menyiksa dan mengganjar siapa saja yang Ia mau. Tidak ada yang dapat membatasi gerak-Nya. Ketundukan atau kedurhakaan kita kepada-Nya tidaklah mampu menggeser kekuasaannya walau sedikitpun. Oleh karena itulah hidup semua makhluk ini sungguh-sungguh tergantung paa rahmatnya, bukan pada kesalehan amal ibadah kita.
Baca lebih lanjut

5 Baca lebih lajut

Bab 4 Tenangnya Dekat Dengan ALLAH SWT

Bab 4 Tenangnya Dekat Dengan ALLAH SWT

Kata zikir berasal dari kata “ĪDNDUR” ǂȺºÈºǯ¯ ” \DĪNXUX” ǂºººÉǯÌǀººȇ « ĪLNUDQ” ¦ÅǂººººÌǯʯ artinya; mengingat, menyebut, menuturkan atau merenungi. Sedangkan menurut istilah adalah mengingat Allah Swt., dengan maksud mendekatkan diri kepada Allah Swt. dengan cara menyebut semua sifat-sifat keagungan-Nya atau kemulian-Nya, seperti membaca tasbih, tahmid, takbir dan tahlil. Sebagaimana diterangkan dalam al-Qur’an:

16 Baca lebih lajut

2. IMAM KEPADA KITAB-KITAB ALLAH SWT. - IMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH

2. IMAM KEPADA KITAB-KITAB ALLAH SWT. - IMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH

3. Ada berapa kitab Allah SWT yang diturunkan kepada para Nabi dan Rasul ? 4. Sebutkan nama kitab Allah SWT dan nabi/rasul yang menerima kitab ! 5. Hal-hal apa saja yang terkacup berkait dengan iman kepada kitab Allah SWT. 6. Sebutkan isi kandungan kitab Al Qur’an !

6 Baca lebih lajut

Pengertian Makanan yang Dihalalkan Allah SWT

Pengertian Makanan yang Dihalalkan Allah SWT

Isyarat tersebut sebenarnya dalam rangka memacu semangat kerja umatnya. Karena dengan bekerja yang rajin setiap orang bisa terbebas dari perbuatan yang dilarang oleh Allah S.W.T. Bagi umat Islam, mengkonsumsi makanan yang halal lagi baik merupakan manivestasi dari ketaatan dan ketakwaannya kepada Allah S.W.T. Mengkonsumsi makanan yang halal dan baik merupakan perintah dari Allah swt yang harus dilaksanakan oleh setiap manusia yang beriman. Bahkan perintah ini

13 Baca lebih lajut

Pelajaran 3 Beriman Kepada Malaikat Allah SWT

Pelajaran 3 Beriman Kepada Malaikat Allah SWT

Malaikat adalah makhluk ciptaan Allah Swt yang mulia. Ia diciptakan dari nur atau cahaya. Ia juga mempunyai sifat-sifat yang berbeda dengan makhluk lain. Malaikat merupakan makhluk gaib yang tidak dapat dilihat, diraba, maupun didengar. Namun keberadaan malaikat dapat diketahui dari wahyu yang diterima oleh para Nabi dan Rasul Allah Swt. Beriman kepada malaikat-malaikat Allah Swt adalah rukun iman yang kedua. Allah Swt menciptakan malaikat tanpa memiliki hawa nafsu sedikitpun. Para Malaikat juga hidup tanpa memiliki orang tua maupun anak, hidup mereka hanya untuk berkhidmat kepada Allah Swt semata. Para malaikat merupakan makhluk Allah Swt yang paling taat dan sama sekali tidak pernah melanggar perintah-Nya. Apabila mereka disuruh untuk bersujud, maka mereka tidak akan bangun hingga hari kiamat kecuali setelah Allah Swt perintahkan untuk bangkit kembali. Itulah sedikit gambaran mengenai ketaatan malaikat kepada Allah Swt.
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

Bab 7 Akhlak Tercela Kepada Allah SWT

Bab 7 Akhlak Tercela Kepada Allah SWT

Riya ࡃ ’ dalam Bahasa Arab artinya memperlihatkan atau memamerkan, secara istilah riya ࡃ ’ yaitu memperlihatkan sesuatu kepada orang lain, baik barang maupun perbuatan baik yang dilakukan, dengan maksud agar orang lain dapat melihatnya dan akhirnya memujinya. Hal yang sepadan dengan riya ࡃ ’ adalah sum’ah yaitu berbuat kebaikan agar kebaikan itu didengar orang lain dan dipujinya, walaupun kebaikan itu berupa amal ibadah kepada Allah Swt. Orang yang sum’ah dengan perbuatan baiknya, berarti ingin mendengar pujian orang lain terhadap kebaikan yang ia lakukan. Dengan adanya pujian tersebut, akhirnya masyhurlah nama baiknya di lingkungan masyarakat.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

Bab 1 Beriman Kepada Kitab kitab Allah SWT

Bab 1 Beriman Kepada Kitab kitab Allah SWT

3. Perlu disadari, bahwa membaca dan mempelajari al-Qur’±n akan meminimalisir kegelisahan batin, bahkan gangguan jiwa yang erat kaitannya dengan penyakit jasmani. Memperbanyak membaca dan mempelajari al-Qur’±n akan meningkatkan kewaspadaan diri dan termotivasi untuk selalu taat kepada Allah Swt. dan rasul- Nya. Dengan banyak mengkaji dan mengamalkan isi al-Qur’±n, kehidupan akan menjadi aman, tenteram, damai, sejahtera, selamat dunia dan akhirat serta mendapat ri«h± Allah swt. Betulkah demikian adanya?

17 Baca lebih lajut

2. IMAN KEPADA ALLAH SWT - IMAN KEPADA ALLAH

2. IMAN KEPADA ALLAH SWT - IMAN KEPADA ALLAH

Masih ada fenomena alam semesta lain yang patut kita amati sebagai tanda-tanda adanya Allah, yaitu hujan. Hujan membawa berkah bagi tumbuh-tumbuhan yang selama musim kemarau kering, sehingga tumbuh bersemi kembali. Siapa yang menurunkan hujan ? Pasti Allah SWT. ! QS. An Naml (27): 60

9 Baca lebih lajut

MENGAPAI AMPUNAN ALLAH SWT

MENGAPAI AMPUNAN ALLAH SWT

Hamba yang puasa dengan iman akan menjaga anggota tubuhnya dari perkara- perkara yang dapat merusak nilai puasa, misalnya mulut untuk berkata, orang puasa karna iman akan menjaga kata-kata yang akan ia keluarkan, ia memikirkan apa yang diucapkanya, menjaga lidahnya, mejaga tangannya, menjaga pandangannya, selama ibadah puasa kita lakukan dengan dasar iman, Insya Allah puasa kita bersih dan diterima oleh Allah Swt. Dan terhindar dari kesia-siaan sebab banyak orang yang puasa tapi tidak menerima apa-apa dari puasanya itu, bak kato urang minang. Minyak Abih, samba ndak lamak, arang abi, basi binaso. Mubazir…usaha tanpa hasil.
Baca lebih lanjut

3 Baca lebih lajut

Pelajaran 3 Indahnya Nama nama ALLAH SWT

Pelajaran 3 Indahnya Nama nama ALLAH SWT

Arti al-Muqaddim adalah Maha Mendahulukan. Artinya, Allah Swt. Maha Mendahulukan atas apa yang diciptakan-Nya. Nah, anak-anak, tentu kalian sudah tahu kursi atau meja yang ada di rumah atau di sekolah. Kursi dan meja dibuat oleh tukang kayu. Siapakah yang lebih dulu ada, tukang kayu atau kursi dan meja? Tentu saja tukang kayu lebih dulu ada daripada kursi dan meja. Begitu juga Allah Swt. lebih dulu ada daripada makhluk ciptaan-Nya.

10 Baca lebih lajut

Bab 1 Aku Selalu Dekat dengan ALLAH SWT

Bab 1 Aku Selalu Dekat dengan ALLAH SWT

Allah Swt. dinamai al-‘Adl karena keadilan Allah Swt. adalah sempurna. Dengan demikian semua yang diciptakan dan ditentukan oleh Allah Swt. sudah menunjukkan keadilan yang sempurna. Hanya saja, banyak di antara kita yang idak menyadari atau idak mampu menangkap keadilan Allah Swt. terhadap apa yang menimpa makhluk-Nya. Karena itu, sebelum menilai sesuatu itu adil atau idak, kita harus dapat memperhaikan dan mengetahui segala sesuatu yang berkaitan dengan kasus yang akan dinilai. Akal manusia idak dapat menembus semua dimensi tersebut. Seringkali keika manusia memandang sesuatu secara sepintas dinilainya buruk, jahat, atau idak adil, tetapi jika dipandangnya secara luas dan menyeluruh, justru sebaliknya, merupakan suatu keindahan, kebaikan, atau keadilan. Tahi lalat secara sepintas terlihat buruk, namun jika berada di tengah-tengah wajah seseorang dapat terlihat indah. Begitu juga memotong kaki seseorang (amputasi) terlihat kejam, namun keika dikaitkan dengan penyakit yang mengharuskannya untuk dipotong, hal tersebut merupakan suatu kebaikan. Di situlah makna keadilan yang idak gampang menilainya.
Baca lebih lanjut

19 Baca lebih lajut

RPP 3 AKU SELALU DEKAT DENGAN ALLAH SWT

RPP 3 AKU SELALU DEKAT DENGAN ALLAH SWT

Dapat juga dengan menggunakan buku penghubung kepada orang tua tentang perubahan perilaku peserta didik setelah mengikuti kegiatan pembelajaran atau berkomunikasi langsung, dengan pernyataan tertulis atau lewat telepon. Begitupula tentang perkembangan kemampuan membaca dan memahami peserta didik, terkait dengan materi “Aku selalu dekat dengan Allah Swt.” berdasarkan pemahaman makna dan pengamalan al-Asmā’u al-Ĥusnā.

26 Baca lebih lajut

Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT

Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT

Dalam penyusunan materi ajar ini saya banyak mendapat bantuan dan bimbingan baik yang bersifat moril maupun materil dari berbagai pihak. Mudah- mudahan atas segala bantuan dan kebijakan yang telah diberikan kepada saya, mendapatkan imbalan yang berlipat ganda dari Allah SWT.

30 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...