Amerika Serikat

Top PDF Amerika Serikat:

Islamophobia di Amerika Serikat Tinjauan

Islamophobia di Amerika Serikat Tinjauan

Dari banyaknya respon terhadap kasus Ahmed dan Carson, dapat dilihat bahwa masyarakat Amerika terbagi menjadi dua kelompok besar. Satu kelompok yang masih terbayang-bayang oleh kejadian 9/11 sehingga masih tetap menganggap bahwa apapun atau siapapun yang berkaitan dengan Islam adalah “musuh”,”berbahaya’, “ekstrem”, dan sebagainya. Kelompok ini adalah orang-orang yang mendukung penangkapan Ahmed, just in case he really is a terrorist and the clock he built is really a bomb. Selain itu, kelompok ini juga barangkali sependapat dengan Carson (meskipun hanya sedikit respon positif atas pernyataan Carson). Kelompok kedua, yang terdiri dari sebagian besar warga Muslim di negara-negara bagian di seluruh Amerika, pelajar dan mahasiswa, politisi, dan akademisi serta kalangan terpelajar, akan lebih mudah membuka mata atas kedua kejadian tersebut dan mempelajari sendiri pelajaran apa yang dapat diambil dari kedua kasus tersebut, serta bagaimana kemudian menyikapi warga Muslim di Amerika. Salah satu opini datanng dari Douglas Murray. Ia menulis di blognya, bahwa kasus-kasus Islamophobia semacam itu sebenarnya justru akan membantu orang-orang dalam memahami Islamophobia sendiri, tanpa harus “dibimbing” oleh politisi untuk berpikir. Dalam beberapa survey pemilih untuk pemilu 2016, terlihat bahwa angka pemilihan untuk Capres yang beragama Islam cukup tinggi. Jadi, kasus Islamophobia tersebut sebenarnya justru menguatkan dukungan atas kehidupan Muslim di Amerika Serikat, terlepas dari sikap sebagian politisi dan kelompok-kelompok kepentingan lainnya.
Baca lebih lanjut

21 Baca lebih lajut

KEBIJAKAN PENDIDIKAN DI AMERIKA SERIKAT

KEBIJAKAN PENDIDIKAN DI AMERIKA SERIKAT

Penulisan artikel ini bertujuan untuk memberikan gambaran sedikit tentang kebijakan pendidikan di Amerika Serikat. Walaupun banyak negara yang mempunyai sistem pendidikan baik dan unggul, tetapi paling tidak Amerika Serikat tetap tidak bisa dianggap enteng. Universitas-universitas terkemuka banyak terdapat di sana dan AS tetap menjadi tujuan bagi mereka yang ingin melanjutkan studinya di luar negeri. Dalam hal jumlah siswa yang menerima pedidikan tinggi, Amerika Serikat pun masih menempati peringkat di atas. Dengan demikian hal-hal yang sekiranya bermanfaat dapat dijadikan wacana dalam usaha memperbaiki mutu pendidikan, di Indonesia khususnya.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

Krisis Finansial Amerika Serikat dan Per

Krisis Finansial Amerika Serikat dan Per

Upaya yang dilakukan untuk merangsang pergerakan ekonomi agar bangkit kembali, The Fed memangkas suku bunga sejak tanggal 18 September 2007 sampai akhir Desember 2007. The Fed funds rate diturunkan dari 5,25% menjadi 4,25% , turun lagi menjadi 3,5% (22 Januari 2008) dan 3% pada akhir Januari 2008, bahkan menuju ke 2,5% , tetapi BOJ Jepang dan ECB Zona Euro masih menahan laju suku bunga di tengah tingginya inflasi akibat kenaikan harga energi. Pada awalnya turunnya suku bunga berhasil mendorong laju bursa global (termasuk I HSG), akan tetapi pada penurunan terakhir 11 Desember 2007, bursa global malah terpuruk naas. Pemerintah Amerika Serikat telah mengumumkan kebijakan stimulus fiskal sebesar US$150 miliar berupa tax rebates US$800 per rumah, bahkan pertengahan Februari 2009 stimulus fiskal yang telah disetujui sebesar US$787 miliar (Warta Ekonomi April- Mei 2009). The Fed menurunkan suku bunga dan pemerintah memberikan stimulus fiskal, bertujuan meningkatkan daya beli masyarakat agar konsumsi meningkat.
Baca lebih lanjut

22 Baca lebih lajut

Kebijakan Amerika Serikat di dalam bidan

Kebijakan Amerika Serikat di dalam bidan

Konflik senjata antara Amerika Serikat dengan Irak pada tahun 2003, ada tiga tujuan yaitu AS ingin menghancurkan senjata pemusnah masal, menyingkirkan ancaman teroris internasional dan membebaskan rakyat irak dari penindasan rezim Saddam Hussein dengan cara memulihkan demokrasi di Irak. Dari tiga alasan tentang masalah Irak yang harus diselesaikan dengan cara AS ( dhancurkan ) ternyata dipenuhi kebohongan, yaitu : Agresi AS ke Irak untuk memusnahkan senjata pemusnah masal adalah upaya AS untuk membohongi masyarakat internasional. Dikatakan oleh Presiden George W. Bush bahwa Irak mempunyai senjata pemusnah atau destruksi missal ( Weapons of mass Destruction ) yang berupa :
Baca lebih lanjut

6 Baca lebih lajut

ANALISIS PENYADAPAN AMERIKA SERIKAT DAN

ANALISIS PENYADAPAN AMERIKA SERIKAT DAN

Pelanggaran yang telah dilakukan Amerika Serikat dan Australia melalui Perwakilan Diplomatik Australia di Indonesia sudah termasuk mencampuri urusan dalam negeri. Penyadapan tersebut secara jelas dilakukan Amerika dan Australia melalui gedung Kedutaan Besar Australia di Indonesia terhadap orang-orang penting di negara ini. Hal ini jelas melanggar ketentuan yang ada di Konvensi Wina 1961 tentang Hubungan Diplomatik yang melarang secara tegas dalam Pasal 41 Ayat (1) “Without prejudice to their privileges and immunities, it is the duty of all persons enjoying such privileges and immunities to respect the laws and regulation of the receiving State. They also have a duty not to interfece in the internal affairs of the State”. Hal ini juga jelas melanggar ketentuan dalam Pasal 2 Ayat (7) Piagam PBB yang isinya tentang prinsip non-intervensi urusan dalam negeri suatu negara (The Principle of non-interference in the internal affairs of state).
Baca lebih lanjut

20 Baca lebih lajut

Desentralisasi PWP di Amerika Serikat

Desentralisasi PWP di Amerika Serikat

Menurut UU No. 22/1999, Indonesia t elah meninggalkan paradigma pengelolaan sumberdaya alam yang telah berlangsung selama 50 tahun belakangan ini dan melangkah pada suatu paradigma baru, yaitu desentralisasi pengelolaan sumber daya alam berbasis masyarakat setempat yang berhubungan langsung d engan sumber day a t er sebut . SWI menggambar k an bagai man a Amer ik a Serik at mengembangkan desent ralisasi program pengelolaan pesisirnya yang menurut sejarah Amerika bertitik tolak 30 tahun lalu. Dar i sini SWI dinilai oleh pesertanya sebagai pengalaman yang amat tepat dan sangat terencana yang menunjukkan pilihan-pilihan baru dalam pengelolaan pesisir tepat, pada saat ide-ide tersebut merupakan hal yang amat bagus dan bisa dit erapkan di Indonesia. Meskipun kedua negara sangat berbeda ditinjau dari segi mana pun, Amerika Serikat telah bergulat dengan masalah serupa dengan yang dihadapi Indonesia dalam hal desentralisasi pengelolaan sumber daya pesisir. Kemiripan ini semakin nyata di mata peserta studi wisata ketika mereka mengikuti jadwal SWI lebih lanjut. Pengalaman ini mencapai puncaknya saat peserta SWI menemukan korelasi ant ara “pengembangan program pengelolaan pesisir” yang ada di Amerika Serikat dengan “kebut uhan pengembangan program pesisir” di Indonesia. Pelajaran utama yang ditangkap oleh peserta SWI disajikan dalam dokumen ini. Berikut adalah sejumlah kesimpulan utama yang didapat oleh peserta SWI.
Baca lebih lanjut

106 Baca lebih lajut

GERAKAN BURUH DI AMERIKA SERIKAT

GERAKAN BURUH DI AMERIKA SERIKAT

Istilah buruh yang dalam bahasa Inggris labor diartikan sebagai seseorang yang melakukan pekerjaan tertentu untuk mendapatkan upah. Namun buruh juga diartikan sebagai prestasi seseorang maupun kelompok yang harus dikaitkan dengan industri modern, produksi, organisasi, tenaga kerja serta tergantung pada keberhasilan perusahaan modern 2 . Pada mulanya kaum buruh di Amerika Serikat bagian Utara mengadakan perjanjian kerja antara pihak pengusaha dengan pihak buruh yang belum berorganisasi, sehingga sistem semacam ini bersifat berat sebelah dan lebih menguntungkan kaum pengusaha. Perjanjian kerja semacam ini biasanya ditetapkan oleh pihak pengusaha dengan melalui upah rendah, jam kerja panjang, kondisi pekerjaan tidak sehat dan membahayakan, sehingga kaum buruh di Amerika Serikat bagian Utara hidupnya sangat memprihatinkan, karena tereksploitasi oleh kaum pengusaha, sehingga mereka mempersatukan diri membentuk serikat buruh untuk memperjuangkan perbaikan kondisi sosial ekonominya. Kaum buruh Amerika Serikat bagian Utara dengan rasa berat hati menerima perjanjian kerja secara perseorangan, karena mendapat tekanan dari kebutuhan keluarga 3 .
Baca lebih lanjut

21 Baca lebih lajut

Diplomasi HI Di Amerika Serikat

Diplomasi HI Di Amerika Serikat

Perkembangan ekonomi global telah menimbulkan perubahan pada struktur perdagangan ekonomiinternasional. Perubahan struktural yang terpenting ialah menurunnya posisi relatif Amerika Serikat terhadap negara-negara lain. Pada akhir PD II dan praktis selama dasawarsa 1960 AS merupakan satu-satunya raksasa ekonomi dunia. Sistem ekonomi dunia adalah unipolar. Tetapi didorong oleh bantuan ekonomi AS kepada dunia, terutama sekali dalam membangun kembali ekonomi negara-negara industri yang sudah hancur karena perang, ekonomi AS sendiri meningkat secara substansial selama dan sesudah PD II, tetapi perkembangan ekonomi negara-negara lain, khususnya daya saing mereka , meningkat lebih cepat. Ekonomi negara-negara Eropa barat, khususnya Jerman, kemudian Jepang, kedua-duanya bekas musuh utamanya dalam PD II, melejit dengan cepatnya dan memperkecil GAP ekonomi mereka dengan AS. Indikator-indikator berikut memberikan gambar yang meyakinkan: 1
Baca lebih lanjut

142 Baca lebih lajut

MASALAH PENDUDUK DI AMERIKA SERIKAT

MASALAH PENDUDUK DI AMERIKA SERIKAT

Walaupun Amerika Serikat merupakan negara maju yang PDB dan KKB yang besar, tapi negara ini tak lepas dari permasalahan kependudukan. Mengingat Amerika Serikat merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar ke-3 setelah China dan India, tak mengherankan bila terdapat permasalahan yang mempengaruhi negara tersebut. Faktor-faktor yang menyebabkan munculnya masalah kependudukan di Amerika Serikat, antara lain :

3 Baca lebih lajut

KRISIS FINANSIAL DI AMERIKA SERIKAT

KRISIS FINANSIAL DI AMERIKA SERIKAT

Berdasarkan pemaparan di atas, terlihat jelas bahwa peran sebuah negara dalam perdagangan internasional di era globalisasi ini sangatlah penting dan merupakan sesuatu yang dianggap bisa menentukan arah masa depan dalam mensejahterakan rakyat. Selain itu, Nngara harus bisa menjadi pemenang dalam kompetisi perdagangan internasional. Merkantilisme didukung oleh beberapa politisi dan ekonom terkemuka seperti Alexander Hamilton yang merupakan salah seorang pendiri Amerika Serikat. Ia mendukung merkantilisme dalam bentuk kebijakan proteksionis yang dimaksudkan untuk kemajuan industri domestik di Amerika Serikat. 23 Selain Alexander Hamilto, pendukung lainnya adalah Friedrich List, tahun 1840 List mengembangkan sebuah teori bernama “kekuatan produksi” yang menekankan pada kemampuan menghasilkan lebih penting dari hasil produksi. Dengan kata lain, kesejahteraan suatu negara tidak semata-mata tergantung pada banyaknya tumpukan kekayaan, namun pada kekuatan negara tersebut dalam mengembangkan kekuatan produksinya.
Baca lebih lanjut

20 Baca lebih lajut

Diplomasi Publik Amerika Serikat Melalui

Diplomasi Publik Amerika Serikat Melalui

Penelitian yang dilakukan oleh Ciolek ini menjelaskan bahwa pihak Amerika Serikat melalui Kedutaan Besar (Kedubes)-nya yang berlokasi di Jakarta, telah memahami arus informasi yang semakin berkembang untuk mengembangkan strategi yang efektif dengan menggunakan Facebook dalam upaya diplomasi publik yang lebih besar. 32 Diterangkan pula oleh Ciolek bahwa diplomasi publik termasuk upaya untuk melibatkan, menginformasikan dan mempengaruhi publik asing dalam rangka untuk mempromosikan pemahaman antar budaya dan mendorong dukungan bagi kebijakan AS. 33 Platform media sosial seperti Facebook, Twitter, dan YouTube tidak merubah tujuan diplomasi publik, justru merupakan cara-cara baru untuk memfasilitasi keterlibatan dan dialog dengan khalayak dalam arus informasi berkembang. 34
Baca lebih lanjut

102 Baca lebih lajut

DUKUNGAN AMERIKA SERIKAT TERHADAP PERKEM

DUKUNGAN AMERIKA SERIKAT TERHADAP PERKEM

1. India adalah negara demokrasi terbesar di dunia dan karena itu dapat diandalkan sebagai mitra yang bisa diajak kerja sama termasuk dalam bidang keamanan. Amerika Serikat berasumsi bahwa peluang terjadinya konflik terbuka dengan India sebagai negara demokrasi lebih rendah dibandingkan dengan kekuatan – kekuatan besar lainnya khususnya China

11 Baca lebih lajut

NAFTA dan Sikap Amerika Serikat Terhadap

NAFTA dan Sikap Amerika Serikat Terhadap

Masyarakat Budaya Politik Amerika Page 5 mengatakan bahwa dampak terbesar dari NAFTA terjadi pada hubungan pola dagang antara Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko. Meksiko sendiri akan memperoleh banyak manfaat dari bebeaskannya hubungan dagang tersebut. Antara lain, lapangan pekerjaan yang baru dengan masuknya indsutri-industri dari Amerika dan Kanada, serta masuknya modal asing dari anggota pabean NAFTA ke Meksiko.

6 Baca lebih lajut

Sejarah Hubungan Antara Amerika Serikat

Sejarah Hubungan Antara Amerika Serikat

Inti dari perjanjian tersebut adalah mencabut pangkalan rudal di Kuba atas pengawasan dari PBB, mencabut semua blokade, dan berjanji bahwa Kuba tidak akan mendapat serangan. Pada akhirnya Amerika Serikat dan Uni Soviet mencabut pangkalan rudal masing-masing, yaitu di Kuba dan Turki.

3 Baca lebih lajut

AMERIKA SERIKAT DAN TIMUR TENGAH

AMERIKA SERIKAT DAN TIMUR TENGAH

Presiden-presiden Amerika Serikat (AS) seperti Jimmy Carter, Ronald Reagen, dan George Bush sampai masa kepemimpinan anaknya: George Walker Bush, tidak ada yang pernah luput dari permasalahan kawasan Timur Tengah. Tercatat bahwa Carter sukses besar ketika berhasil menciptakan perdamaian antara Israel dan Mesir, yang menghasilkan kesepakatan “ Camp David Peace Accord ”. Akan tetapi pada saat yang sama, Carter juga dianggap gagal dalam menghadapi revolusi di Iran.

3 Baca lebih lajut

OPERASI KONTRAINSURJENSI AMERIKA SERIKAT SEBAGAI

OPERASI KONTRAINSURJENSI AMERIKA SERIKAT SEBAGAI

Pada awalnya, pasukan tentara Amerika Serikat (AS) berhasil mengusir tentara Spanyol keluar dari tanah Filipina dan menyerahkan Manila kepada Amerika Serikat. Pada saat yang bersamaan, pasukan tentara Filipina juga telah berhasil mengusir Spanyol dari seluruh wilayah Filipina, tetapi Spanyol akhirnya menyerahkan ibu kota Filipina, yaitu Manila ke tangan pasukan tentara AS dibawah Mayjen Wesley Merrit. Pasukan Tentara Filipina berada dibawah perintah Emilio Agunaldo, seorang pemuda berusia 29 tahun yang berpendidikan, serta dikenal sebagai illustrados. Aguinaldo telah memimpin berbagai pemberontakan terhadap kekuasaan Spanyol pada tahun 1896. Aguinaldo yang mengklaim dirinya sendiri sebagai seorang presiden pernah berharap kepada AS bahwa AS akan memfasilitasi kemerdekaan bagi rakyat Filipina.
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

SISTEM PENDIDIKAN di AMERIKA Serikat

SISTEM PENDIDIKAN di AMERIKA Serikat

Amerika Serikat mulai dihuni manusia sekitar tahun 40.000 tahun yang lalu. Penduduk aslinya orang Indian. Mereka tidak diganggu musuh dari luar hingga Colombus menemukan Amerika pada tahun 1492. Pada tahun 1581, misionaris Spanyol sampai di Meksiko. Mereka menyebarkan agama dan mengajarkan berbagai keterampilan kepada suku bangsa Indian seperti keterampilan di bidang pertanian, peternakan, dan irigasi. Bangsa Perancis memasuki Amerika dari bagian utara. Sejumlah bentrokan terjadi antara kedua pendatang ini dalam merebutkan daerah kekuasaan. John Cabot, seorang berkebangsaan Inggris, memasuki Amerika tahun 1947. Ia diikuti sejumlah penjelajah Inggris berikutnya yang segera meluaskan daerahnya ke seluruh benua ini. Kedatangan Inggris ini mengakibatkan timbulnya berbagai pertempuranan melawan Perancis dan Spanyol. Namun orang Inggris akhirnya paling berhasil membentuk kolonial di Amerika Serikat (Ensiklopedi Nasional Indonesia, 1990: 353-354).
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

Diplomasi HI di Amerika Serikat

Diplomasi HI di Amerika Serikat

Perkembangan ekonomi global telah menimbulkan perubahan pada struktur perdagangan ekonomiinternasional. Perubahan struktural yang terpenting ialah menurunnya posisi relatif Amerika Serikat terhadap negara-negara lain. Pada akhir PD II dan praktis selama dasawarsa 1960 AS merupakan satu-satunya raksasa ekonomi dunia. Sistem ekonomi dunia adalah unipolar. Tetapi didorong oleh bantuan ekonomi AS kepada dunia, terutama sekali dalam membangun kembali ekonomi negara-negara industri yang sudah hancur karena perang, ekonomi AS sendiri meningkat secara substansial selama dan sesudah PD II, tetapi perkembangan ekonomi negara-negara lain, khususnya daya saing mereka , meningkat lebih cepat. Ekonomi negara-negara Eropa barat, khususnya Jerman, kemudian Jepang, kedua-duanya bekas musuh utamanya dalam PD II, melejit dengan cepatnya dan memperkecil GAP ekonomi mereka dengan AS. Indikator-indikator berikut memberikan gambar yang meyakinkan: 1
Baca lebih lanjut

142 Baca lebih lajut

Sistem Pendidikan di Amerika Serikat

Sistem Pendidikan di Amerika Serikat

Jenjang pendidikan menengah di Amerika Serikat dibagi menjadi dua tahap (middle school/ junior high) mulai pada jenjang sixth, seventh, eighth and ninth grade (kelas 6, 7, 8, 9). Jenjang pendidikan pada middle school/ junior high(grade/kelas) di tentukan oleh faktor demografi seperti jumlah usia siswa sekolah menegah. Hal ini bertujuan untuk mempertahankan populasi siswa sekolah yang stabil. Pada jenjang ini, siswa diberikan kebebasan untuk memilih mata pelajaran yang dikehendaki dan menggunakan system kelas berpindah (moving class). Senior High(kelas 9,10,11,12) adalah jenjang lanjutan setelah middle school/ junior high, biasanya Jenjang ini dimulai dari ninth grade (freshman), tenth grade(sophomores), eleventh grade(Juniors), twelfth grade(seniors). Perlu diketahui bahwa jenjang middle school/Junior high dan Senior high berbeda-beda di setiap Negara bagian, mengacu pada demografi usia siswa di Negara bagian tersebut.
Baca lebih lanjut

2 Baca lebih lajut

Pemberantasan Korupsi di Amerika Serikat

Pemberantasan Korupsi di Amerika Serikat

Travel Act yang ditetapkan pada tahun 1961 sering digunakan untuk mengadili tindak korupsi, termasuk penyuapan komersial. Travel Act mencakup kegiatan kriminal yang terjadi melintasi perbatasan antarnegara bagian maupun nasional. Oleh karena itu Travel Act juga mencakup penyuapan pejabat asing yang diatur FCPA, penyuapan pejabat publik AS sesuai diatur dalam hukum pidana dan maupun penyuapan komersial global. Tiga per lima negara bagian Amerika Serikat memiliki undang-undang yang melarang penyuapan komersial, termasuk California dan New York.
Baca lebih lanjut

4 Baca lebih lajut

Show all 2799 documents...