Anak Sekolah Dasar

Top PDF Anak Sekolah Dasar:

Preferensi Pangan Anak Sekolah Dasar Di Kota Bogor

Preferensi Pangan Anak Sekolah Dasar Di Kota Bogor

Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT atas segala karunia- Nya sehingga skripsi dengan judul “ Preferensi Pangan Anak Sekolah Dasar di Kota Bogor ” dapat diselesaikan. Terima kasih penulis ucapkan kepada Ibu Dr. Ir. Yayuk Farida Baliwati, MS selaku Dosen pembimbing yang telah meluangkan waktu dan pikirannya, memberikan arahan, kritik dan saran, serta dorongan kepada penulis untuk menyelesaikan skripsi. Dr. Ir. Siti Madanijah, MS selaku Dosen Penguji dan Dr. Ir. Dodik Briawan, MCN selaku Dosen Pemandu Seminar, yang telah memberikan saran dan masukan demi kesempurnaan skripsi. Di samping itu, penghargaan penulis sampaikan kepada Bapak Mat Ali Karjam, S.Pd, SD, Bapak Stevanus Marantika, S.Si, MA, M.Pd, serta Bapak Fachrudin SN, BA selaku kepala sekolah dari SD yang menjadi tempat penelitian serta Ibu Jannah, Bapak Mumu, dan Ibu Yanti yang telah membantu penulis selama proses pengumpulan data serta kemudahan yang diberikan. Ungkapan terima kasih juga disampaikan kepada ayah, ibu, seluruh keluarga, serta teman-teman semua atas doa, kasih sayang, serta dukungan yang tak henti-hentinya diberikan kepada penulis.
Baca lebih lanjut

164 Baca lebih lajut

School Refusal Pada Anak Sekolah Dasar

School Refusal Pada Anak Sekolah Dasar

Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dalam meneliti school refusal pada anak sekolah dasar adalah untuk menggali suatu topik yang masih sedikit diketahui. Peneliti juga ingin mengetahui mengapa subjek yaitu anak sekolah dasar mengalami school refusal. Hal ini sesuai dengan pendapat Poerwandari (2001) yang menyatakan bahwa salah satu tujuan penting penelitian kualitatif adalah diperolehnya pemahaman yang menyeluruh dan utuh tentang fenomena yang diteliti, sebagian besar aspek psikologis manusia juga sangat sulit direduksi dalam bentuk elemen dan angka sehingga akan lebih ‘etis’ dan kontekstual bila diteliti dalam setting alamiah. Artinya tidak cukup mencari “what” dan “how much”, tetapi perlu juga memahaminya (“why” dan “how”) dalam konteksnya.
Baca lebih lanjut

87 Baca lebih lajut

Prevalensi Obesitas pada Anak Sekolah Dasar di Kota Medan

Prevalensi Obesitas pada Anak Sekolah Dasar di Kota Medan

). Anak dengan IMT ≥ persentil (P) 85 di klasifikasikan sebagai berat badan lebih dan IMT ≥ P 95 di klasifikasikan sebagai obesitas. Obesitas pada anak merupakan faktor resiko terjadinya obesitas pada masa dewasa. Hal ini merupakan faktor resiko terjadinya diabetes mellitus, penyakit jantung koroner, dan hipertensi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa prevalensi obesitas pada anak sekolah dasar di kota Medan.

4 Baca lebih lajut

KORELASI PERILAKU IBU DALAM MENYIAPKAN MAKANAN DENGAN POLA MAKAN ANAK SEKOLAH DASAR DI DRONCO IMOGIRI BANTUL NASKAH PUBLIKASI - Korelasi Perilaku Ibu dalam Menyiapkan Makanan dengan Pola Makan Anak Sekolah Dasar di Dronco Imogiri Bantul - DIGILIB UNISAYOG

KORELASI PERILAKU IBU DALAM MENYIAPKAN MAKANAN DENGAN POLA MAKAN ANAK SEKOLAH DASAR DI DRONCO IMOGIRI BANTUL NASKAH PUBLIKASI - Korelasi Perilaku Ibu dalam Menyiapkan Makanan dengan Pola Makan Anak Sekolah Dasar di Dronco Imogiri Bantul - DIGILIB UNISAYOG

Banyak faktor yang mempengaruhi pola makan anak sekolah dasar diantaranya faktor perilaku, sosial budaya, ekonomi, iklan ditv dan teman bermain atau lingkungan. Hal tersebut sangat erat kaitannya denga pola makan anak sekolah apalagi pada usia-usia ini anak banyak berada dilingkungan dengan teman-teman daripada dirumah bersama ibu. (Koentjaraningrat (1984) yang disadur Santoso (2004)). Terutama iklan ditv sangat memiliki peran yang besar meskipun ibu kadang-kadang atau tidak pernah menyiapkan makanan siap saji tetapi dilingkungan sekolah anak dapat menikmati makan siap saji tersebut misalnya mie, sosis, nugget, kornet.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

Pola Makan dan Status Gizi Anak Sekolah Dasar di Desa Perbukitan dan di Desa Tepi Danau Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir Tahun 2010

Pola Makan dan Status Gizi Anak Sekolah Dasar di Desa Perbukitan dan di Desa Tepi Danau Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir Tahun 2010

Berdasarkan dari Tabel 4.6 dapat dilihat bahwa jenis lauk-pauk yang dikonsumsi, anak sekolah dasar di desa perbukitan pada umumnya mengkonsumsi ikan asin, ikan mujahir dan teri sedangkan di desa tepi danau adalah ikan mujahir, ikan asin, ikan pora-pora , teri, telur, tahu dan tempe. Masyarakat di desa perbukitan memperoleh lauk-pauk dari pasar yang cenderung memilih jenis lauk pauk yang tahan lebih lama seperti ikan yang dikeringkan, sedangkan di desa tepi danau masyarakat dapat memperoleh ikan pora-pora segar setiap harinya dari tangkapan nelayan dan jenis lauk-pauk lainnya dari pasar yang setiap hari buka.
Baca lebih lanjut

78 Baca lebih lajut

SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ANAK SEKOLAH DASAR  Augmented Reality Edugame Jenis-Jenis Pekerjaan Sebagai Media Pembelajaran Anak Sekolah Dasar.

SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ANAK SEKOLAH DASAR Augmented Reality Edugame Jenis-Jenis Pekerjaan Sebagai Media Pembelajaran Anak Sekolah Dasar.

Alhamdulillah, kami panjatkan syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi ini dengan judul “ Augmented Reality Edugame Jenis-Jenis Pekerjaan Sebagai Media Pembelajaran Anak Sekolah Dasar”.

18 Baca lebih lajut

GAMBARAN STATUS GIZI PADA ANAK SEKOLAH DASAR

GAMBARAN STATUS GIZI PADA ANAK SEKOLAH DASAR

tentukan dengan menggunakan rumus estimasi proporsi (Notoatmodjo, 2010). Setelah dilakukan perhitungan sampel dengan rumus di atas, maka dari kedua populasi diperoleh sampel sebanyak 93 anak sekolah dasar.Sampel dipilih dengan menggunakan cara purposive sampling dengan kriteria anak sekolah dasar kelas IV, V, dan kelas VI yang dapat berkomunikasi dengan baik dan tidak ada cacat bawaan. Pengumpulan data status gizi anak sekolah dilakukan dengan cara pengukuran berat badan dengan menggunakan alat timbangan injak dan tinggi badan dengan menggunakan alat microtoise pada anak sekolah dasar dari kelas IV sampai dengan kelas VI.
Baca lebih lanjut

5 Baca lebih lajut

Perancangan Promosi Prangko Prisma kepada Anak-Anak Sekolah Dasar.

Perancangan Promosi Prangko Prisma kepada Anak-Anak Sekolah Dasar.

Maka dari itu, tujuan dari perancangan ini adalah untuk mempromosikan dan meningkatkan ketertarikan masyarakat, khususnya anak-anak Sekolah Dasar terhadap prangko PRISMA sebagai upaya untuk mengenalkan kembali fungsi prangko sebagai media untuk surat menyurat. Dengan populernya gaya berfoto selfie di masyarakat, hal tersebut dijadikan solusi promosi oleh perancang. Dengan harapan promosi tersebut dapat mempopulerkan dan meningkatkan penjualan prangko PRISMA.

14 Baca lebih lajut

ANTROPOMETRI ANAK SEKOLAH DASAR UNTUK ME

ANTROPOMETRI ANAK SEKOLAH DASAR UNTUK ME

Negara-negara industri sudah lebih sadar tentang pentingnya perbedaan etnis, populasi dan rasial pada manusia sesudah mendapat pengalaman dari hasil pemakaian senjata dan produksi industri lainnya yang diekspor ke negara-negara lain. Hal ini sebetulnya mudah dimengerti oleh orang awam, tetapi kadang- kadang luput dri perhatian para akademisi. Peralatan sekolah perlu disesuaikan dengan ukuran dan bentuk tubuh anak-anak oleh karena masih dalam masa pertumbuhan, sehingga ketidaksesuaian akan berpengaruh buruk pada sikap badan dan tulang belakang. Sikap yang salah ini sering terlihat pada anak-anak sekarang serta karyawan- karyawan kantor seperti dilaporkan oleh beberapa ahli.
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

PEKERJAAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ANAK SEKOLAH DASAR  Augmented Reality Edugame Jenis-Jenis Pekerjaan Sebagai Media Pembelajaran Anak Sekolah Dasar.

PEKERJAAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ANAK SEKOLAH DASAR Augmented Reality Edugame Jenis-Jenis Pekerjaan Sebagai Media Pembelajaran Anak Sekolah Dasar.

Pembelajaran di sekolah sekarang ini sudah disesuaikan dengan perkembangan teknologi informasi. Dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat, media pembelajaran saat ini dituntut untuk lebih kreatif dan menarik sehingga dapat menarik seorang anak dalam mempelajari suatu hal. Perkembangan teknologi sudah sangatlah maju, sebagai contoh di dalam penggunaan alat-alat bantu mengajar seperti alat-alat audio visual dan perlengkapan sekolah disesuaikan dengan perkembangan zaman pada saat ini. Di dalam dunia media yang kegiatan pembelajaran telah menuju dikuranginya metode lama yaitu penyampaian bahan pengajaran dengan metode ceramah dan diganti dengan digunakannnya banyak media (Mukimin dan Saliman, 2008). Selain itu juga harus disesuaikan dengan tuntutan kurikulum pada saat ini.
Baca lebih lanjut

18 Baca lebih lajut

ANEMIA DAN PRESTASI BELAJAR ANAK SEKOLAH DASAR

ANEMIA DAN PRESTASI BELAJAR ANAK SEKOLAH DASAR

Anemia sebagai sebuah masalah kesehatan masyarakat dikategorikan sebagai berikut: bila prevalensi anemia < 5%, maka anemia bukan merupakan masalah kesehatan masyarakat; 5- 19,9% merupakan masalah kesehatan masyarakat tingkat ringan; 20-39,9% merupakan masalah kesehatan masya- rakat tingkat sedang; dan > 40% meru- pakan masalah kesehatan masyarakat tingkat berat. Data terakhir menunjuk- kan bahwa prevalensi anak usia seko- lah di Indonesia (WHO/CDC, 2007) mencapai angka 50,9%, yang berarti hal ini menjadi masalah kesehatan masyarakat pada tingkatan yang “parah”. Namun, pada wilayah peneli- tian masalah anemia termasuk masalah kesehatan masyarakat tingkat “sedang”. Penyebab anemia di wilayah penelitian masih belum dapat dipasti- kan, akan tetapi dari hasil beberapa studi di negara sedang berkembang, penyebab utama anemia adalah defi- siensi besi. Hasil penelitian tentang suplementasi Fe dan Fe+Zn dalam bentuk permen yang diberikan pada anak sekolah di wilayah yang sama oleh Hidayati et al. (2009), walaupun telah berhasil menurunkan angka anemia dari keadaan semula, namun di akhir penelitian masih menyisakan anak
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

Penyuluhan Kesehatan Gigi pada Anak Sekolah Dasar

Penyuluhan Kesehatan Gigi pada Anak Sekolah Dasar

Fisur merupakan bentuk anatomi normal dari gigi. Fisur berbentuk seperti parit-parit kecil yang terdapat pada permukaan kunyah gigi posterior. Bentuk fisur yang cukup dalam dapat menyebabkan plak menempel di daerah tersebut sehingga sulit dibersihkan dengan sikat gigi. Silen adalah bahan resin yang diaplikasikan pada permukaan enamel gigi sehingga menutup pit dan fisur dari kemungkinan terjadinya karies. Bakteri mudah terjebak di fisur gigi sehingga perlu dilakukan fisur silen oleh dokter gigi untuk gigi geraham pada anak dan dewasa muda. 2,25-27

38 Baca lebih lajut

Tingkat Pengetahuan Anak-Anak Sekolah Dasar tentang Manfaat Konsumsi  Sayur-mayur di Sekolah Dasar Shafiyyatul Amaliyyah Medan

Tingkat Pengetahuan Anak-Anak Sekolah Dasar tentang Manfaat Konsumsi Sayur-mayur di Sekolah Dasar Shafiyyatul Amaliyyah Medan

Dalam hidangan orang Indonesia, sayur-mayur adalah sebagai pelengkap makanan pokok, pemberi serat dalam hidangan serta pembasah karena umumnya dimasak berkuah. Zat gizi pada sayur-mayur seperti karbohidrat, lemak, protein, mineral dan vitamin merupakan kebutuhan dasar anak, dan masalah kesulitan makan pada anak merupakan problema yang sangat sering dihadapi baik oleh para orangtua maupun para dokter atau petugas kesehatan lain. Walaupun demikian, tidak banyak literatur membahas tentang hal ini secara spesifik dan mendalam, padahal dampak dari makan bermasalah ini adalah tidak terpenuhinya kebutuhan nutrien yang dapat mengakibatkan keadaan defisiensi nutrien dan malnutrisi.
Baca lebih lanjut

69 Baca lebih lajut

Tingkat Pengetahuan Anak-Anak Sekolah Dasar Tentang Manfaat Konsumsi  Sayur-Mayur Di Sekolah Dasar Shafiyyatul Amaliyyah Medan

Tingkat Pengetahuan Anak-Anak Sekolah Dasar Tentang Manfaat Konsumsi Sayur-Mayur Di Sekolah Dasar Shafiyyatul Amaliyyah Medan

Dalam hidangan orang Indonesia, sayur-mayur adalah sebagai pelengkap makanan pokok, pemberi serat dalam hidangan serta pembasah karena umumnya dimasak berkuah. Zat gizi pada sayur-mayur seperti karbohidrat, lemak, protein, mineral dan vitamin merupakan kebutuhan dasar anak, dan masalah kesulitan makan pada anak merupakan problema yang sangat sering dihadapi baik oleh para orangtua maupun para dokter atau petugas kesehatan lain. Walaupun demikian, tidak banyak literatur membahas tentang hal ini secara spesifik dan mendalam, padahal dampak dari makan bermasalah ini adalah tidak terpenuhinya kebutuhan nutrien yang dapat mengakibatkan keadaan defisiensi nutrien dan malnutrisi.
Baca lebih lanjut

69 Baca lebih lajut

ANTROPOMETRI ANAK SEKOLAH DASAR UNTUK ME

ANTROPOMETRI ANAK SEKOLAH DASAR UNTUK ME

Negara-negara industri sudah lebih sadar tentang pentingnya perbedaan etnis, populasi dan rasial pada manusia sesudah mendapat pengalaman dari hasil pemakaian senjata dan produksi industri lainnya yang diekspor ke negara-negara lain. Hal ini sebetulnya mudah dimengerti oleh orang awam, tetapi kadang- kadang luput dri perhatian para akademisi. Peralatan sekolah perlu disesuaikan dengan ukuran dan bentuk tubuh anak-anak oleh karena masih dalam masa pertumbuhan, sehingga ketidaksesuaian akan berpengaruh buruk pada sikap badan dan tulang belakang. Sikap yang salah ini sering terlihat pada anak-anak sekarang serta karyawan- karyawan kantor seperti dilaporkan oleh beberapa ahli.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

02 kesulitan belajar anak sekolah dasar

02 kesulitan belajar anak sekolah dasar

Kesulitan Belajar : • Suatu gejala yang nampak pada peserta didik yang tidandai dengan adanya prestasi belajar yang rendah atau dibawah norma yang telah ditetapkan.. • Prestasi Belajar[r]

11 Baca lebih lajut

PEMBENTUKAN KARANTER ANAK SEKOLAH DASAR

PEMBENTUKAN KARANTER ANAK SEKOLAH DASAR

Anak usia di bawah 10 tahun seseungguhnya belum mempunyai fondasi yang kuat dalam menjalani hidup, cara berpikir, dan tingkah laku. Jadi semua hal yang dilihat, didengar, dan dirasakan selama masa pertumbuhan akan diserap melalui pikirian dan dijadikan sebagai dasar atau modal bersikap dan bertingkah laku dalam hidupnya. Oleh karena itu, menjadi tugas dan tanggung jawab orang tua untuk memilah, memilih, dan menentukan input yang akan dimasukkan untuk membentuk karakter anak pada hal-hal yang baik/positif sehingga tumbuh menjadi generasi masa depan yang membanggakan.
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

Kampanye Pemilihan Dan Pengolahan SampahUntuk Anak Sekolah Dasar.

Kampanye Pemilihan Dan Pengolahan SampahUntuk Anak Sekolah Dasar.

Tujuan dari penciptaan karya desain yang akan dilaksanakan yaitu menginformasikan sistem pengolahan sampah yang lebih baik saat ini, yaitu dengan cara memilah-milah sampah kepada anak-anak dengan cara yang lebih optimal dan menarik dengan pertimbangan dasar kebiasaan-kebiasaan yang berlaku di masyarakat.

17 Baca lebih lajut

Penerapan Strategi Pembelajaran Afektip pada anak Sekolah Dasar

Penerapan Strategi Pembelajaran Afektip pada anak Sekolah Dasar

Keempat, keberhasilan pembentukkan sikap tidak bisa dievaluasi dengan segera karena penilaian afektif berkaitan dengan perasaan, sikap, minat, dan apresiasi. Berbeda dengan pembentukkan aspek kognitif dan aspek ketrampilan yang hasilnya dapat diketahui setelah proses pembelajaran berakhir, maka keberhasilan pembentukkan sikap dapat dilihat pada rentang waktu yang cukup panjang. Hal ini disebabkan hubungan internalisasi nilai yang memerlukan proses yang lama. Sebagai contoh, kita tidak dapat menyimpulkan bahwa seseorang telah memiliki sikap jujur hanya dengan melihat suatu kejadian tertentu. Selain sikap jujur perlu diuraikan pada indikator-indikator yang mungkin masih banyak, juga menilai secara jujur perlu dilakukan secara terus menerus hingga menkristal dalam segala tindakan dan perbuatan. Adapula contoh yang seringkali kita hadapi, seseorang yang dianggap biasa-biasa saja di sekolah, tidak punya prestasi yang menonjol, justru setelah dewasa ia mempunyai prestasi yang luar biasa. Siswa seperti ini merupakan siswa yang memiliki domain afeksi yang luar biasa, seperti mempunyai motivasi yang tinggi, bekrja keras, dll. Dalam proses pembelajaran, banyak guru yang tidak tahu tentang sikap dan kepribadian peserta didiknya sehingga gagal dalam menyelesaikan sekolah. Apabila guru mampu memperbaiki sikap peserta didik lalu memberikan motivasi belajar, mungkin saja siswa yang bersangkutan tidak akan gagal bahkan lebih sukses dari temannya yang lain.
Baca lebih lanjut

29 Baca lebih lajut

Model Upaya Mengatasi Masalah Keamanan Pangan Jajanan Anak Sekolah Dasar Di Kota Bogor

Model Upaya Mengatasi Masalah Keamanan Pangan Jajanan Anak Sekolah Dasar Di Kota Bogor

Risiko ketidakamanan pada pangan yang diamati dalam penelitian ini yaitu mengenai pewarna pada saus makanan, penguat rasa/flavour, es balok yang digunakan penjaja, dan penggunaan minyak goreng. Risiko ketidakamanan pada pangan tidak dilakukan terhadap kandungan boraks dan formalin berdasarkan hasil BPOM (2010) dengan ditemukannya dari 2.984 sampel yang diuji, 45% diantaranya tidak memenuhi syarat karena mengandung BTP yang dilarang seperti boraks, formalin, rhodamin B, methanol yellow atau BTP yang diperbolehkan seperti benzoat, sakarin, dan siklamat namun penggunaannya melebihi batas. Hal ini didasarkan pada jenis jajanan yang paling banyak dijual dan disukai anak-anak dari semua sekolah dasar adalah makanan camilan siap saji seperti telur gulung dan sosis goreng yang menggunakan saos sebagai pelengkap makanannya.
Baca lebih lanjut

154 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...