Analisis Peluang Usaha

Top PDF Analisis Peluang Usaha:

Staff Site Universitas Negeri Yogyakarta

Staff Site Universitas Negeri Yogyakarta

15 Menganalisis peluang usaha baru  Identifikasi peluang usaha  Analisis peluang usaha internal & eksternal  Menetapkan peluang usaha baru  Mahasiswa menyaksikan dan menganalis[r]

20 Baca lebih lajut

Bahan Pelatihan Untuk Calon Wirausahawan

Bahan Pelatihan Untuk Calon Wirausahawan

Menemukan pelung usaha yang bagus adalah langkah awal untuk mengubah keinginan dan kreativitas wirausaha menjadi peluang usaha/bisnis. Peluang usaha yang bagus sangat penting untuk memulai bisnis agar dapat bersaing di kemudian hari. Bagaimanapun juga peluang bisnis yang bagus tidak hanya muncul secara kebetulan pada diri wirausaha, melainkan karena kerja keras, usaha, dan kreativitas dari wirausaha itu sendiri. Untuk mendapatkan peluang usaha yang bagus terdapat beberapa sumber. Beberapa sumber untuk menemukan peluang usaha/ide bisnis antara lain adalah: hobi, minat, ketrampilan dan pengalaman, waralaba, media massa, survei, keluhan-keluhan, curah pendapat maupun kreativitas. Setelah identifikasi peluang usaha langkah selanjutnya perlu di pilih satu peluang usaha yang sekiranya benar-benar dapat diimplementasikan dan kedepan memiliki prospek yang baik. Cara memilih peluang usaha ada beberapa langkah yaitu penetapan kelayakan usaha baru, analisis peluang pasar, studi kelayakan pasar, analisis kelayakan finansial, penilaian kemampuan organisasional dan analisis persaingan. Setelah dilakukan analisis peluang usaha dan telah ditemukan satu peluang usaha baru yang kedepan memiliki prospek yang bagus, langkah selanjutnya adalah menyusun perencanaan usaha/business plan Business
Baca lebih lanjut

38 Baca lebih lajut

Staff Site Universitas Negeri Yogyakarta

Staff Site Universitas Negeri Yogyakarta

Setelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa diharapkan memiliki pemahaman dan ketrampilan dalam mengelola suatu usaha boga. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah praktek 3 SKS yang mencakup: pembuatan perencanaan suatu usaha Boga dengan memperhatikan berbagai aspek: analisis peluang usaha, jenis usaha, analisis SWOT sesuai bidang usaha, sistem produksi, stuktur SDM, sistem keuangan dan pemasaran. Implementasi perencanaan usaha boga dalam praktik (lingkup terbatas). Evaluasi dan refleksi implementasi perencanaan usaha. Metode pembelajaran dengan pemberian tugas dan latihan/praktek. Penilaian meliputi: partisipasi/keaktifan dalam perkuliahan, tugas mandiri, tugas kelompok, pelaksanaan praktik dan ujian akhir semester.
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

Peluang untuk Mengembangkan Usaha

Peluang untuk Mengembangkan Usaha

Berkaitan dengan hal tersebut, banyak sekali para entrepreneur kita yang telah berhasil mendirikan dan membangun suatu usaha, terlihat sulit atau bisa dibilang gagal untuk dapat mengembangkan usahanya lebih lanjut. Bahkan yang lebih buruk lagi, kondisi ini dapat saja menjadikan usahanya menjadi mundur dan tutup usia. Coba bayangkan, berapa banyak curahan waktu, pikiran, dan uang yang telah ia perjuangkan pada saat pendirian usaha tersebut yang telah terbuang begitu saja. Dan yang tersisapun hanya berupa pengalaman ‘trial and error’ usahanya. Sampai poin ini, Anda jangan buat kesimpulan terlebih dahulu!
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

Peluang Usaha Bidang Pendidikan

Peluang Usaha Bidang Pendidikan

Lulusan program Public Speaking diharapkan akan mampu menjadi seorang Public Speaker yang andal, sedangkan bagi lulusan program Broadcasting saat ini sangat dibutuhkan oleh dunia industri kepenyiaran baik televisi maupun radio, kita telah ketahui bersama bahwa stasiun televisi dan radio saat ini sudah bertambah jumlahnya, hal ini merupakan peluang kerja bagi mereka yang baru lulus dan mempunyai bakat bekerja di dunia kepenyiaran..

14 Baca lebih lajut

prawira kurtilas sem1 xi bukusiswa rev2017 terampilmatematika blogspot com

prawira kurtilas sem1 xi bukusiswa rev2017 terampilmatematika blogspot com

Kegiatan budidaya ikan saat ini merupakan salah satu usaha ekonomi produktif bagi masyarakat. Segmen usaha budidaya ikan berdasarkan proses produksinya, dibagi menjadi 3 (tiga) kelompok yaitu usaha pembenihan, pendederan, dan pembesaran ikan. Usaha pembenihan merupakan suatu tahapan kegiatan perikanan yang outputnya adalah benih ikan. Usaha pembesaran merupakan kegiatan perikanan yang outputnya adalah ikan berukuran konsumsi. Usaha pendederan merupakan kegiatan perikanan yang outputnya adalah benih ikan tetapi ukurannya lebih besar dari output pembenihan. Komoditas usaha yang dipilih dalam kegiatan budidaya ikan sangat bergantung pada permintaan pasar, teknis operasional, serta implementasinya. Permintaan ikan konsumsi khususnya ikan lele yang semakin meningkat menjadikan peluang usaha sangat terbuka bagi para pelaku usaha pembesaran. Dengan tingkat konsumsi yang tinggi yang terlihat melalui warung-warung makanan dengan menu ikan lele, berdampak secara langsung terhadap kebutuhan benih ikan lele oleh para pengusaha. Kondisi ini membuat para petani pembenihan ikan lele untuk semakin memanfaatkan usaha pemasaran produknya, karena banyak konsumen yang datang langsung ke lokasi pembenihan.
Baca lebih lanjut

258 Baca lebih lajut

Peluang Usaha Makanan Yang Ada Di Sekita

Peluang Usaha Makanan Yang Ada Di Sekita

Usaha dibidang ini membutuhkan modal yang lumayan besar apalagi jika masih baru buka membutuhkan biaya promosi yang tidak sedikit. Menu-menu yang ditawarkan tentu berbeda dari menu yang ditawarkan diwarung biasanya, karen arestaurant pasti memiliki menu khusus yang menjadi daya tarik tersendiri untuk konsumen. Memang harga jual dari makanan direstaurant cenderung lebih mahal daripada diwarung makan biasanya.

3 Baca lebih lajut

Peluang Usaha Makanan yang menguntungkan

Peluang Usaha Makanan yang menguntungkan

Mungkin membuka usaha kuliner gorengan terdengar kurang keren buat Anda, bahkan beberapa diantara calon pebisnis tidak mau menjalankannya karena gengsi atau malu. Tetapi, bagi seseorang yang punya jiwa pengusaha, bisnis gorengan ini adalah sebuah peluang usaha makanan ringan yang sangat berpotensi memberikan keuntungan.

5 Baca lebih lajut

Kelas 11 SMA Prakarya dan Kewirausahaan Siswa 2017

Kelas 11 SMA Prakarya dan Kewirausahaan Siswa 2017

Pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan bagi peserta didik pada jenjang Pendidikan Menengah Kelas XI harus mencakup aktivitas dan materi pembelajaran yang secara utuh dapat meningkatkan kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diperlukan untuk menciptakan karya nyata, menciptakan peluang pasar, dan menciptakan kegiatan bernilai ekonomi dari produk dan pasar tersebut. Pembelajarannya dirancang berbasis aktivitas terkait dengan sejumlah ranah karya nyata, yaitu karya kerajinan, karya teknologi, karya pengolahan, dan karya budidaya dengan contoh-contoh karya konkret berasal dari tema-tema karya populer yang sesuai untuk peserta didik Kelas XI. Sebagai mata pelajaran yang mengandung unsur muatan lokal, tambahan materi yang digali dari kearifan lokal yang relevan sangat diharapkan untuk ditambahkan sebagai pengayaan dari buku ini.
Baca lebih lanjut

257 Baca lebih lajut

Peluang Pengembangan Usaha Mikro Kecil M

Peluang Pengembangan Usaha Mikro Kecil M

daya saing dan pengembangan sumber daya manusianya agar memiliki nilai dan mampu bertahan menghadapi pasar ACFTA, diantaranya melalui penyaluran kredit usaha rakyat (KUR), penyediaan akses informasi . Di sisi lain, UMKM juga menghadapi banyak masalah, yaitu keterbatasan modal kerja, sumber daya manusia yang rendah, dan kurang cakapnya penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi (Novandari, 2013).

3 Baca lebih lajut

2 1 menganalisis peluang usaha

2 1 menganalisis peluang usaha

1. Pola pikir yg mengarah pd sikap & kemampuan utk sukses 2. Kepribadian yg kuat utk sukses 3. Kecakapan dlm mengelola usaha 4. Penerapan manajemen yg baik 5. Berani memikul risiko dlm usaha 6. Perumusan tujuan usaha yg jelas 7. Pemahaman ttg hakikat & makna

44 Baca lebih lajut

Prakarya dan kewirausahaan SMA kelas XI - Repositori Institusi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Prakarya dan kewirausahaan SMA kelas XI - Repositori Institusi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

2. Sumber daya yang Dibutuhkan dalam Usaha Makanan Khas Daerah Indonesia adalah negara yang memiliki kekayaan kuliner sangat luar biasa baik ragam maupun cita rasanya. Hampir semua daerah di Indonesia memiliki makanan khas. Dari yang diolah secara tradisional hingga modern. Bahkan berbagai varian baru muncul sebagai hasil eksperimen dan modifikasi. Makanan khas daerah tersebut menggunakan bahan pangan nabati dan hewani yang menjadi potensi dan unggulan daerah. Beberapa daerah bahkan memiliki lebih dari satu makanan khas. Sebagai contoh Jawa Barat dengan bahan baku utama singkong, diolah makanan yang menjadi makanan khas daerah berupa tape, suwar-suwir (dodol tape), proll tape dan juga brownis tape. Rasanya pun sangat variatif. Hal itu menunjukkan bahwa usaha makanan khas daerah memanfaatkan sumber daya alam. Namun untuk membuat sebuah produk makanan khas daerah, bukan hanya sumber daya alam saja yang dibutuhkan. Sumber daya yang dibutuhkan untuk membuat usaha makanan khas daerah adalah :
Baca lebih lanjut

258 Baca lebih lajut

SHABEE “Sampo Biji Pepaya Antiuban Aromaterapi Multiguna dan Terjangkau”.

SHABEE “Sampo Biji Pepaya Antiuban Aromaterapi Multiguna dan Terjangkau”.

Tujuan diadakannya program usaha ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dan kreativitas dalam menciptakan suatu hal yang baru, dapat berpikir panjang atau luas dalam menjalankan setiap kegiatan, serta membuka peluang atau kesempatan untuk mendapatkan keuntungan yang cukup besar dan melatih jiwa kewirausahaan yang dimiliki agar lebih terampil, efektif, dan efisien di bidang kewirausahaan. Program Kreativitas Mahasiswa- Kewirausahaan (PKM-K) yang diajukan ialah program usaha yang diberi nama SHABEE “Sampo Biji Pepaya Antiuban Aromaterapi Multiguna dan Terjangkau” . Program usaha sampo yang kami buat berbahan dasar biji pepaya, produksi sampo antiuban yang kami buat menggunakan bahan dasar yang belum pernah dijadikan bahan dasar pembuatan sampo antiuban sebelumnya. Produk ini menggunakan biji pepaya yang notabene merupakan limbah dari pepaya yang biasanya hanya dijadikan bibit untuk ditanam kembali. Hal tersebut sebagai upaya penggunaan limbah pepaya menjadi produk kaya manfaat dan bernilai ekonomi tinggi. Sebagai bentuk pembelajaran kreativitas mahasiswa di dalam mengasah dan mengaplikasikan ilmu kewirausahaan yang telah diberikan oleh dosen pengajar. Program ini dibuat karena sampo merupakan produk perawatan yang menyentuh semua kalangan dari usia muda sampai tua, pria maupun wanita, dan juga anak-anak maupun dewasa. Dengan keyakinan dan kerja cerdas usaha sampo ini akan berhasil, karena sampo ini dikemas dengan bentuk yang menarik dan memiliki aromaterapi yang berbeda dari produk sampo yang lain. Selain itu, usaha sampo ini dapat membantu mahasiswa untuk memenuhi kebutuhan perawatan rambut yang murah, kaya manfaat, dan aman tanpa adanya bahan kimia berbahaya yang dapat merusak rambut. Metode pemasaran yang dipakai dalam mempromosikan sampo SHABEE “Sampo Biji Pepaya Antiuban Aromaterapi Multiguna dan Terjangkau” adalah informasi dari mulut ke mulut, sosial media, berpartisipasi dalam expo, serta akan menjalin kerjasama dengan salon kecantikan dan bekerjasama dengan perusahaan sampo ternama. Maka dengan ide kreatif usaha ini membutuhkan kisaran dana untuk berwirausaha sebesar Rp10.871.000,00 untuk keberlangsungan usaha sampo SHABEE “Sampo Biji Pepaya Antiuban Aromaterapi Multiguna dan Terjangkau” yang akan diproduksi dan di pasarkan serta dapat dikembangkan seiring perkembangan kewirausahaan yang selalu tumbuh dalam menyejahterakan perekonomian UKM (usaha kecil menengah) yang ada di Indonesia.
Baca lebih lanjut

21 Baca lebih lajut

Kelas XI PRAKARYA BS Sem1

Kelas XI PRAKARYA BS Sem1

2. Sumber daya yang Dibutuhkan dalam Usaha Makanan Khas Daerah Indonesia adalah negara yang memiliki kekayaan kuliner sangat luar biasa baik ragam maupun cita rasanya. Hampir semua daerah di Indonesia memiliki makanan khas. Dari yang diolah secara tradisional hingga modern. Bahkan berbagai varian baru muncul sebagai hasil eksperimen dan modiikasi. Makanan khas daerah tersebut menggunakan bahan pangan nabati dan hewani yang menjadi potensi dan unggulan daerah. Beberapa daerah bahkan memiliki lebih dari satu makanan khas. Sebagai contoh Jawa Barat dengan bahan baku utama singkong, diolah makanan yang menjadi makanan khas daerah berupa tape, suwar-suwir (dodol tape), proll tape dan juga brownis tape. Rasanya pun sangat variatif. Hal itu menunjukkan bahwa usaha makanan khas daerah memanfaatkan sumber daya alam. Namun untuk membuat sebuah produk makanan khas daerah, bukan hanya sumber daya alam saja yang dibutuhkan. Sumber daya yang dibutuhkan untuk membuat usaha makanan khas daerah adalah :
Baca lebih lanjut

256 Baca lebih lajut

PENGERTIAN DAN PELUANG USAHA KECIL

PENGERTIAN DAN PELUANG USAHA KECIL

Pertumbuhan Ekonomi merupakan salah satu faktor yang menentukan maju mundurnya sebuah negara. Penerimaan pajak merupakan pemasukan terbesar dalam perekonomian di Indonesia, tapi tahukah anda bahwa UMKM berperan juga dalam pengembangan perekonomian negara? Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) adalah salah satu pendorong tumbuhnya ekonomi di Indonesia karena pertumbuhan Usaha Mikro kecil dan Menengah setiap tahun mengalami peningkatan, dimana jumlah UMKM di Indonesia pada tahun 2008 sebanyak 48,9 Juta unit, dan terbukti memberikan kontribusi 53,28% terhadap PDB (Pendapatan Domestik Bruto) dan 96,18% terhadap penyerapan tenaga kerja (Abidin,Abdullah:2008). UMKM menjadi sarana penyedia lapangan pekerjaan bagi sebagian besar pengangguran di Indonesia maka dari itu dikatakan UMKM adalah salah satu pendorong perekonomian Indonesia. 5
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

Ide dan Peluang Usaha dalam

Ide dan Peluang Usaha dalam

Mengamati kebutuhan konsumen di pasar dapat menimbulkan peluang bisnis. Contoh, kecendrungan sebagian orang akan belanja langsung ke pabrik dengan harga murah. Maka bermuncullah factory outlet di mana- mn. Dengan berbagai promosi maka FO menawarkan barang dengan harga murah dengan kualitas barang yang dapat dijamin.

5 Baca lebih lajut

331 KEWIRAUSAHAAN SMK

331 KEWIRAUSAHAAN SMK

Merencanakan usaha kecil/mikro 3.1 Menganalisis peluang usaha 3.1.1 Merumuskan ide • Ide usaha • Peluang usaha 3.1.2 Menentukan sumber peluang usaha • Sumber peluang usaha 3.1.3 Me[r]

15 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...