Analisis Potensi

Top PDF Analisis Potensi:

ANALISIS POTENSI SISWA [Compatibility Mode]

ANALISIS POTENSI SISWA [Compatibility Mode]

LANGKAH LANGKAH--LANGKAH ANALISIS POTENSI SISWALANGKAH ANALISIS POTENSI SISWA... Analisis dan Penafsiran Data Analisis dan Penafsiran Data..[r]

17 Baca lebih lajut

ANALISIS POTENSI DAN KELAYAKAN FINANSIAL INDUSTRI ASAP CAIR BERBAHAN BAKU TANDAN KOSONG KELAPA (TKKS) DI PROVINSI LAMPUNG

ANALISIS POTENSI DAN KELAYAKAN FINANSIAL INDUSTRI ASAP CAIR BERBAHAN BAKU TANDAN KOSONG KELAPA (TKKS) DI PROVINSI LAMPUNG

mencapai 241.379 ha dengan tingkat produksi 169.004 ton karet pada tahun 2014 (BPS Provinsi Lampung, 2015). Asap cair yang digunakan sebagai koagulan dapat meningkatkan mutu lateks yang dihasilkan. Penelitian mengenai analisis potensi serta kelayakan finansial untuk melihat prospek industri asap cair di Lampung belum ada, maka perlu adanya kajian analisis potensi dan kelayakan finansial yang disertai dengan analisis sensitivitas sebelum dibangun industri asap cair berbahan baku tandan kosong kelapa sawit yang harapannya dapat menjadi usaha berkelanjutan dan layak untuk dikembangkan di Lampung.
Baca lebih lanjut

60 Baca lebih lajut

ANALISIS POTENSI LAHAN PERTANIAN (PRODUKSI PANGAN) BERDASARKAN NILAI INDEKS POTENSI LAHAN  Analisis Potensi Lahan (Pertanian Pangan) Berdasarkan Nilai Indeks Potensi Lahan Kabupaten Bantul.

ANALISIS POTENSI LAHAN PERTANIAN (PRODUKSI PANGAN) BERDASARKAN NILAI INDEKS POTENSI LAHAN Analisis Potensi Lahan (Pertanian Pangan) Berdasarkan Nilai Indeks Potensi Lahan Kabupaten Bantul.

Puji syukur penulis haturkan kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan rahmat, inayah, hidayat, kesehatan, rizki dan kekuatan hingga penulis dapat menyelesaikan Skripsi ini dengan maksimal dan semoga bermanfaat untuk kedepannya. Laporan Skripsi dengan judul “Analisis Potensi Lahan Pertanian (Produksi Pangan) berdasarkan Nilai Indeks Potensi Lahan Kabupaten Bantul” ini merupakan salah satu syarat untuk mendapatkan gelar Sarjana di Fakulatas Geografi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

16 Baca lebih lajut

Analisis Potensi Wilayah Pengembangan.

Analisis Potensi Wilayah Pengembangan.

ABSTRAK. Penelitian mengenai analisis potensi pengembangan ternak ruminansia di wilayah Kabupaten Purwakarta Propinsi Jawa Barat telah dilaksanakan di Kabupaten Purwakarta Propinsi Jawa Barat dari tanggal 3 September sampai 1 Oktober 2007. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) menentukan komoditas ternak ruminansia yang dapat diunggulkan oleh Kabupaten Purwakarta; dan (2) wilayah yang dapat dijadikan sebagai basis pengembangan ternak ruminansia. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Objek dari penelitian ini adalah kecamatan di wilayah Kabupaten Purwakarta yang terdiri dari 17 kecamatan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Data sekunder yang dihimpun merupakan data berkala selama periode lima tahun yaitu dari tahun 2001 sampai dengan tahun 2006 yang bersumber dari beberapa instansi terkait antara lain yaitu Dinas Peternakan Propinsi Jawa Barat, Sub Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Purwakarta, Badan Pusat Statistik Propinsi Jawa Barat, Badan Pusat Statistik Kabupaten Purwakarta, BAPEDA Kabupaten Purwakarta dan Sub Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Purwakarta. Variabel yang diamati dalam penelitian ini adalah populasi ternak, lahan pertanian, rumah tangga pertanian, fasilitas pelayanan peternakan, Rancangan Tata Ruang Wilayah (RTRW) Pemerintah Daerah, Rencana Strategis (Renstra) Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Purwakarta. Model perhitungan yang digunakan adalah (1) Location Quotient (LQ), (2) Penentuan daya tampung wilayah yang terdiri dari perhitungan potensi produksi rumput, perhitungan potensi limbah pertanian, dan perhitungan daya tampung wilayah, (3) Indeks Spesialisasi untuk rumah tangga pertanian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) ternak ruminansia, khususnya ruminansia kecil, memiliki dukungan sumberdaya wilayah yang memadai untuk pengembangan dalam jangka panjang; dan (2) Kecamatan Bojong, Pasawahan, Pondoksalam, Wanayasa dan Kiarapedes merupakan wilayah kecamatan yang memiliki potensi sebagai basis pengembangan ternak unggulan tersebut.
Baca lebih lanjut

1 Baca lebih lajut

ANALISIS POTENSI LAHAN PERTANIAN SAWAH BERDASARKAN INDEKS POTENSI LAHAN (IPL)   Analisis Potensi Lahan Pertanian Sawah Berdasarkan Indeks Potensi Lahan (Ipl) Di Kabupaten Wonosobo HAL AMAN.

ANALISIS POTENSI LAHAN PERTANIAN SAWAH BERDASARKAN INDEKS POTENSI LAHAN (IPL) Analisis Potensi Lahan Pertanian Sawah Berdasarkan Indeks Potensi Lahan (Ipl) Di Kabupaten Wonosobo HAL AMAN.

Puji syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, taufik, serta hidayah-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi dengan judul “Analisis Potensi Lahan Pertanian Sawah berdasarkan Indeks Potensi Lahan (IPL) di Kabupaten Wonosobo”. Penelitian ini disusun untuk memenuhi syarat mendapatkan gelar Sarjana Sains di Fakultas Geografi, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

11 Baca lebih lajut

Analisis Potensi Demand, Abillity to Pay (ATP) dan Willingness to Pay (WTP) BST Koridor 1 dengan Adanya Sistem Contra Flow di Jalan Brigjen Slamet Riyadi Pada Instansi Pemerintah

Analisis Potensi Demand, Abillity to Pay (ATP) dan Willingness to Pay (WTP) BST Koridor 1 dengan Adanya Sistem Contra Flow di Jalan Brigjen Slamet Riyadi Pada Instansi Pemerintah

Analisis potensi demand merupakan analisis untuk mengetahui jumlah pegawai instansi pemerintah yang tertarik menggunakan BST koridor 1 dengan adanya sistem contra flow di Jalan Brigjen Slamet Riyadi. Berdasarkan kuisioner yang telah di bagikan kepada responden didapat 2 kategori responden yakni responden yang tertarik menngunakan BST koridor 1 (YA) dan responden yang tidak tertarik menggunakan BST koridor 1 (TIDAK) yang disajikan dalam bentuk diagram Gambar 2.

6 Baca lebih lajut

View of ANALISIS POTENSI EKONOMI PENGEMBANGAN AGROWISATA BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI DESA WISATA SUMBERMUJUR KABUPATEN LUMAJANG

View of ANALISIS POTENSI EKONOMI PENGEMBANGAN AGROWISATA BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI DESA WISATA SUMBERMUJUR KABUPATEN LUMAJANG

Penelitian tentang “Analisis Potensi Agrowisata Berbasis Kearifan Lokal Di Desa Wisata Sumbermujur Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang” ini bertujuan untuk memberikan gambaran potensi agrowisata di desa wisata Sumbermujur Kabupaten Lumajang yang berbasis pada kearifan lokal sebagai strategi peningkatan pendapatan masyarakat sekitar. Pengembangan penelitian ini melalui analisis profil kegiatan masyarakat serta analisis akses dan kontrol terhadap potensi setempat untuk menyusun strategi kegiatan pengembangan model desa wisata berbasis kearifan lokal dalam kerangka pengentasan kemiskinan di pedesaan. Berdasarkan potensi wilayah baik potensi fisik maupun non fisik serta kegiatan desa wisata dan kearifan lokal yang ada di daerah penelitian maka kesimpulan dalam penelitian ini adalah: Desa Wisata Sumbermujur dijadikan alternatif model pengembangan desa wisata alam.
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

Analisis Potensi Enzim Protease Lokal

Analisis Potensi Enzim Protease Lokal

Penelitian dilakukan dengan mengumpulkan data karakteristik dan proses produksi protease lokal yang telab dilakukan pada ene1itian-enelitian sebelumnya, serta melakukan enelitian untuk memeroleh informasi tambahan yang dibutuhkan untuk keperluan analisis potensi. Selanjutnya analisis potensi dilakukan berdasarkan kelebihan n kekurangan i karakteristik masing-masing protease, data proses produksi, kemungkinan aplikasi yang paling otensial disesuaikan dengan karakteristik. dan melakukan estimasi biaya produksi protease skala pilot plan.
Baca lebih lanjut

90 Baca lebih lajut

ANALISIS POTENSI EKONOMI KABUPATEN BONDOWOSO

ANALISIS POTENSI EKONOMI KABUPATEN BONDOWOSO

Menyatakan dengan sesungguhnya bahwa skripsi yang berjudul “Analisis Potensi Ekonomi Kabupaten Bondowoso” adalah benar-benar hasil karya sendiri, kecuali jika disebutkan sumbernya dan belum pernah diajukan pada institusi manapun, serta bukan karya jiplakan. Saya bertanggung jawab atas keabsahan dan kebenaran isinya sesuai dengan sikap ilmiah yang harus dijunjung tinggi.

18 Baca lebih lajut

URGENSI DAN MANFAAT ANALISIS POTENSI WIL

URGENSI DAN MANFAAT ANALISIS POTENSI WIL

Pada kenyataannya, walaupun anpotwil telah menjadi hal yang harus diilaksanakan dalam perencanaan pembangunan, namun masih banyak daerah yang belum mampu menggunakan anpowil sebagai upaya menggali seluruh potensi yang dimiliki, baik dari segi sumber daya manusianya yang kurang kompetensinya serta masih banyak sektor sumber daya alam yang belum dimobilisir sehingga belum dapat dimanfaatkan secara maksimal. Hal ini tidak akan terjadi apabila pemerintahan daerah benar-benar memahami arti penting dan manfaat dari analisis potensi wilayah itu sendiri.
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

ANALISIS POTENSI DAN CADANGAN BATUBARA D

ANALISIS POTENSI DAN CADANGAN BATUBARA D

Analisis potensi dan cadangan batubara pada Daerah Massenrengpulu ini menggunakan metode Geolistrik Resistivity yang dimaksudkan untuk menduga seberapa besar potensi lapisan batubara di daerah ini bisa diambil sehingga bisa digunakan untuk menghitung besar cadangan yang dapat dikembangkan ke tahap eksploitasi agar dapat dijadikan sebagai data referensi penentuan lapisan-lapisan batubara yang potensi di daerah tersebut. Metode penelitian dengan langsung mengambil data geolistrik resistivity dan pemetaan geologi terbatas, kemudian mengolah, menghitung dan menganalisis data geolistrik dan menasabahkannya ke dalam data geologi kemudian membuat model penampang dua dimensi kondisi ketebalan dan kedalaman lapisan batubara di Daerah Massenrengpulu. Secara umum kondisi lapisan batubara di daerah ini ada dua lapisan, dimana lapisan pertama berada pada kedalaman 1,5 – 2,5 meter dengan ketebalan antara 0,5-1,0 meter dan lapisan kedua pada kedalaman antara 7,5 – 15,5 meter dengan ketebalan antara 1,0 -2,5 meter. Luas areal pelamparan batubara 120 Ha yang berisi sekitar 15% dengan ketebalan rata-rata batubara 2,5 meter di Daerah Massenrengpulu, sehingga jumlah cadangan batubara sekitar 0,585 juta ton dengan jenis bituminus.
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

Analisis Potensi Wilayah dan Strategi Pembangunan Kabupaten Dairi

Analisis Potensi Wilayah dan Strategi Pembangunan Kabupaten Dairi

Semangat otonomi adalah semangat yang bertujuan memperkecil jurang ketimpangan di Indonesia. Pelaksanaannya harus sesuai amanat undang-undang. Agar sesuai amanat undang-undang, pemerintah daerah harus mampu secara tepat mengetahui potensi yang dimiliki oleh daerahnya. Ketepatan dalam analisis potensi menjadi urgensi tersendiri bagi pembangunan daerah karena dengan analisis potensi yang tepat, maka dapat disusun perencanaan dan strategi pembangunan daerah yang tepat pula, yaitu peningkatan kesejahteraan masyarakat. Potensi harus digali dari segala sektor. Akan ada sektor yang menjadi basis dan juga sektor yang bukan basis bagi pembangunan daerah. Sektor basis harus diprioritaskan untuk dikembangkan, dan sektor bukan basis tetap dibangun, namun menjadi prioritas berikutnya.
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

Analisis Potensi Ekonomi Kota Metro

Analisis Potensi Ekonomi Kota Metro

Salah satu faktor penentu dalam pembentukan suatu daerah yakni potensi ekonomi. Potensi ekonomi menunjukkan suatu kemampuan sumberdaya ekonomi yang dihasilkan oleh suatu daerah / wilayah yang perlu dikembangkan dan ditingkatkan guna memberikan nilai tambah bagi pembangunan ekonomi selanjutnya. Hal ini mengandung pengertian bahwa pembangunan sektor-sektor ekonomi yang berlangsung pada setiap daerah di wilayah Indonesia harus disesuaikan dengan potensi yang dimiliki dan prioritas masing-masing daerah sehingga keseluruhan pembangunan merupakan satu kesatuan yang utuh dalam rangka mewujudkan pembangunan sosial. Kemampuan pemerintah daerah untuk melihat sektor yang memiliki keunggulan / kelemahan di wilayahnya semakin penting. Sektor basis, memiliki prospek yang lebih baik untuk dikembangkan.
Baca lebih lanjut

2 Baca lebih lajut

Analisis Potensi Pariwisata Kabupaten Karo

Analisis Potensi Pariwisata Kabupaten Karo

bagaimana potensi fisik dilokasi obyek wisata Batu Hoda Di Desa Tigaras Kecamatan Dolok Pardamean Kabupaten Simalungun. Menggunakan data Primer dan Sekunder dan wawancara. Metode yang digunakan untuk menganalisa data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil Penelitian menunjukkan Potensi fisik yang dimiliki oleh lokasi obyek wisata Batu Hoda untuk menjadi suatu daerah tujuan wisata sudah cukup memadai, namun masih memerlukan beberapa pengembangan agar dapat meningkatkan kenyamanan pengunjung yang akan datang berkunjung dan menjaga kondisi kebersihan di lokasi obyek wisata Batu Hoda.
Baca lebih lanjut

72 Baca lebih lajut

ANALISIS POTENSI EKONOMI WILAYAH PROVINS

ANALISIS POTENSI EKONOMI WILAYAH PROVINS

Dalam pengembangan wilayah/daerah, pengembangan tidak dapat dilakukan serentak pada semua sektor perekonomian akan tetapi diprioritaskan pada pengembangan sektor-sektor yang potensi berkembangnya cukup besar, atau biasa disebut sebagai sektor unggulan. Karena sektor ini diharapkan dapat tumbuh dan berkembang pesat yang akan merangsang sektor-sektor lain yang terkait untuk berkembang mengimbangi sektor potensial tersebut. Perkembangan ekonomi suatu wilayah membangun suatu aktivitas perekonomian yang mampu tumbuh dengan pesat dan memiliki keterkaitan yang tinggi dengan sektor lain sehingga membentuk forward linkage dan backward linkage. Pertumbuhan yang cepat dari sektor potensial tersebut akan mendorong polarisasi dari unit-unit ekonomi lainnya yang pada akhirnya secara tidak langsung sektor perekonomian lainnya akan mengalami perkembangan.
Baca lebih lanjut

18 Baca lebih lajut

Analisis Potensi Pariwisata Kabupaten Karo

Analisis Potensi Pariwisata Kabupaten Karo

Analisis LQ sesuai dengan rumusanya memang sederhana dan apabila digunakan dalam bentuk one shot analysis, manfaatnya juga tidak begitu besar, yaitu hanya melihat apakah LQ berada di atas 1 atau tidak. Akan tetapi, analisis LQ dapat dibuat menarik apabila digunakan dalam bentuk time-series/trend, artinya dianalisis dalam kurun waktu tertentu. Dalam hal ini perkembangan LQ bisa dilihat untuk suatu sektor pada kurun waktu yang berbeda, apakah terjadi kenaikan atau penurunan. Hal ini dapat memancing analisis lebih lanjut, misalnya apabila naik maka dapat dilihat faktor-faktor yang membuat daerah tersebut tumbuh lebih cepat dari rata-rata nasional.demikian juga sebaliknya. Apabila turun dapat dilihat faktor-faktor yang membuat daerah tersebut tumbuh lebih lambat dari rata-rata nasional. Hal ini dapat membantu untuk melihat kekuata/kelemahan wilayah tersebut dibandingkan secara relatif dengan wilayah yang lebih luas. Potensi yang positif digunakan untuk strategi pengembangan wilayah. Adapun faktor-faktor yang membuat potensi sektor di suatu wilayah lemah, perlu dipikirkan apakah perlu ditanggulangi atau dianggap tidak prioritas (Robinson Tarigan, 2005).
Baca lebih lanjut

72 Baca lebih lajut

ANALISIS POTENSI LAHAN PERTANIAN (PRODUKSI PANGAN) BERDASARKAN NILAI INDEKS POTENSI LAHAN  Analisis Potensi Lahan (Pertanian Pangan) Berdasarkan Nilai Indeks Potensi Lahan Kabupaten Bantul.

ANALISIS POTENSI LAHAN PERTANIAN (PRODUKSI PANGAN) BERDASARKAN NILAI INDEKS POTENSI LAHAN Analisis Potensi Lahan (Pertanian Pangan) Berdasarkan Nilai Indeks Potensi Lahan Kabupaten Bantul.

keduanya ditanami tanaman pangan seperti padi, jagung, kedelai, kacang hijau, ubi jalar, ubi kayu, dan sorgum. Tujuh jenis tanaman pangan ini yang paling dominan dan tumbuh di Kabupaten Bantul dan sebagai upaya pemerintah dalam swasembada pangan untuk upaya peningkatan hasil produktivitas tanaman pangan di wilayah ini. Kebutuhan akan konsumsi tanaman pangan di wilayah ini terus meningkat, sehingga sangatlah harus diimbangi penempatan lahan yang sesuai dengan potensi yang dimiliki. Upaya pengendalian dan penigkatan produktivitas tanaman pangan dengan memperbaiki media tempat tanaman berkembang yaitu lahan berdasarkan indeks potensi lahan.
Baca lebih lanjut

19 Baca lebih lajut

Bab 7 Analisis Potensi Wilayah - Bab 7

Bab 7 Analisis Potensi Wilayah - Bab 7

Pertumbuhan ekonomi yang tinggi merupakan tujuan pembangunan dari sebagian besar pemerintah di daerah. Namun, seringkali penggalian dan pemberdayaan potensi dalam konteks pembangunan untuk mencapai pertumbuhan ekonomi menimbulkan masalah baru, yaitu kurang di perhatikannya masalah sosial (terutama pendidikan dan kesehatan) serta masalah lingkungan. Padahal, dalam mencapai pembangunan ekonomi wilayah yang baik, diperlukan sumber daya manusia yang handal dan sehat. Selain itu, diperlukan ketersediaan sumber daya alam yang berkelanjutan guna memenuhi segala kebutuhan manusia yang tidak terbatas.
Baca lebih lanjut

27 Baca lebih lajut

Analisis Potensi Ekonomi Kabupaten Bondowoso

Analisis Potensi Ekonomi Kabupaten Bondowoso

Analisis Yuridis Penyelesaian Perkara Hadlanah Di Bawah Umur Pasca Perceraian (Studi Putusan Pengadilan Tinggi Agama Palembang No. 26/ Pdt.G/ 2010/ PTA. Plg.) ” adalah benar-benar karya sendiri, kecuali jika dalam pengutipan substansi disebutkan sumbernya, dan belum pernah diajukan pada institusi manapun, serta bukan karya jiplakan. Saya bertanggung jawab atas keabsahan dan kebenaran isinya sesuai dengan sikap ilmiah yang harus dijunjung tinggi.

17 Baca lebih lajut

ANALISIS POTENSI PEREKONOMIAN KOTA BANJARBARU

ANALISIS POTENSI PEREKONOMIAN KOTA BANJARBARU

Rahardjo Adisasmita (2005), menyatakan bahwa pembangunan wilayah (regional) meru- pakan fungsi dari sumberdaya alam, tenaga kerja dan sumberdaya manusia, investasi mo- dal, prasarana dan sarana pembangunan, tran- sportasi dan komunikasi, komposisi industri, tehnologi, situasi ekonomi dan perdagangan antar wilayah, kemampuan pendanaan dan pembiayaan pembangunan, kewirausahaan, ke- lembagaan daerah dan lingkungan pembangun- an secara luas. Hal ini merupakan petunjuk bahwa identifikasi potensi perekonomian akan menemukan sumber yang berdimensi luas. Strategi Pengembangan Potensi Ekonomi Daerah
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...