Analisis Rasio Keuangan untuk Menilai Kinerja Keuangan

Top PDF Analisis Rasio Keuangan untuk Menilai Kinerja Keuangan:

ANALISIS RASIO KEUANGAN UNTUK MENILAI  KINERJA KEUANGAN PADA KPRI “SEGAR”   ANALISIS RASIO KEUANGAN UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PADA KPRI “SEGAR” KECAMATAN GIRIWOYO WONOGIRI.

ANALISIS RASIO KEUANGAN UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PADA KPRI “SEGAR” ANALISIS RASIO KEUANGAN UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PADA KPRI “SEGAR” KECAMATAN GIRIWOYO WONOGIRI.

Pada kesempatan ini penulis ingin menyampaikan rasa terima kasih yang tulus dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah membantu baik secara langsung maupun tidak langsung hingga terselesaikannya skripsi ini yang berjudul ANALISIS RASIO KEUANGAN UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PADA KPRI “SEGAR” KECAMATAN GIRIWOYO WONOGIRI.

15 Baca lebih lajut

Analisis Rasio Keuangan Untuk Menilai Kinerja Keuangan PT.Metrodata Elecronics, Tbk.

Analisis Rasio Keuangan Untuk Menilai Kinerja Keuangan PT.Metrodata Elecronics, Tbk.

Berdasarkan hal – hal yang telah disebutkan di atas, dapat diketahui bahwa dalam menilai kinerja keuangan perusahaan dapat dilakukan dengan cara menganalisis neraca keuangan dan laporan laba rugi suatu perusahaan dengan menggunakan analisis rasio. Karena pentingnya suatu perusahaan mengetahui kemampuan – kemampuan di bidang keuangannya seperti memenuhi kewajiban jangka pendek dan jangka panjang, mengukur efektivitas penggunaan asset, dan mengukur kemampuan perusahaan untuk menghasilkan laba, maka penulis tertarik untuk membahas lebih dalam mengenai rasio keuangan dengan judul “Analisis Rasio Keuangan untuk Menilai Kinerja Keuangan PT. Metrodata Electronics, Tbk”. Lamanya periode yang akan di analisis oleh penulis adalah sebanyak empat tahun, dari periode 2003 sampai dengan 2006.
Baca lebih lanjut

22 Baca lebih lajut

Analisis Rasio Keuangan untuk Menilai Kinerja Keuangan Perusahaan pada PT. ARTCRAFT Indonesia

Analisis Rasio Keuangan untuk Menilai Kinerja Keuangan Perusahaan pada PT. ARTCRAFT Indonesia

PERNYATAAN Dengan ini saya menyatakan skripsi yang berjudul : “Analisis Rasio Keuangan untuk Menilai Kinerja Keuangan Perusahaan pada PT. ARTCRAFT Indonesia” adalah benar hasil karya saya sendiri dan judul yang dimaksud belum pernah dimuat, dipublikasikan atau diteliti oleh mahasiswa lain dalam konteks penulisan skripsi Program Strata-1 Departemen Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara. Semua sumber data dan informasi yang diperoleh telah dinyatakan dengan jelas, benar apa adanya. Apabila dikemudian hari pernyataan ini tidak benar, saya bersedia menerima sanksi yang ditetapkan oleh Universitas Sumatera Utara.
Baca lebih lanjut

113 Baca lebih lajut

ANALISIS RASIO KEUANGAN UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PADA PT. BANK SYARIAH MANDIRI   Analisis Rasio Keuangan Untuk Menilai Kinerja Keuangan Pada PT. Bank Syariah Mandiri Di Jakarta Tahun 2010-2012.

ANALISIS RASIO KEUANGAN UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PADA PT. BANK SYARIAH MANDIRI Analisis Rasio Keuangan Untuk Menilai Kinerja Keuangan Pada PT. Bank Syariah Mandiri Di Jakarta Tahun 2010-2012.

KATA PENGANTAR Assalamu’alaikum Wr. Wb. Syukur Alhamdulillah penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada penulis, sehingga skripsi dengan judul: “ANALISIS RASIO KEUANGAN UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PADA PT. BANK SYARIAH MANDIRI DI JAKARTA TAHUN 2010-2012 ” ini dapat terselesaikan dengan lancar. Skripsi ini disusun sebagai salah satu syarat memperoleh gelar sarjana strata-1 pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta. Penulis menyadari bahwa skripsi ini tidak akan terselesaikan tanpa bantuan dan bimbingan serta pengarahan dari berbagai pihak. Oleh karena itu dengan segala kerendahan hati penulis tidak lupa mengucapkan terima kasih yang setulus-tulusnya kepada:
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

ANALISIS RASIO KEUANGAN UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PADA BMT SYARI’AH SURYA DANA MAKMUR  Analisis Rasio Keuangan Untuk Menilai Kinerja Keuangan Pada BMT Syari’ah Surya Dana Makmur Di Tulung Klaten.

ANALISIS RASIO KEUANGAN UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PADA BMT SYARI’AH SURYA DANA MAKMUR Analisis Rasio Keuangan Untuk Menilai Kinerja Keuangan Pada BMT Syari’ah Surya Dana Makmur Di Tulung Klaten.

Judul Skripsi : ANALISIS RASIO KEUANGAN UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PADA BMT SYARI’AH SURYA DANA MAKMUR DI TULUNG KLATEN Menyatakan dengan sebenarnya bahwa skripsi yang saya buat dan serahkan ini merupakan hasil karya saya sendiri, kecuali kutipan-kutipan dan ringkasan- ringkasan yang semuanya telah saya jelaskan sumbernya. Apabila dikemudian hari terbukti dan atau dapat dibuktikan bahwa skripsi ini hasil jiplakan, maka saya bersedia menerima sanksi apapun dari Fakultas Ekonomi dan atau gelar dan ijazah yang diberikan oleh Universitas Muhammadiyah Surakarta batal saya terima.
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

ANALISIS RASIO KEUANGAN UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PADA CV. MITRA BISNIS INDONESIA TAHUN  Analisis Rasio Keuangan Untuk Menilai Kinerja Keuangan Pada CV. Mitra Bisnis Indonesia Tahun 2010 – 2012 Di Jakarta.

ANALISIS RASIO KEUANGAN UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PADA CV. MITRA BISNIS INDONESIA TAHUN Analisis Rasio Keuangan Untuk Menilai Kinerja Keuangan Pada CV. Mitra Bisnis Indonesia Tahun 2010 – 2012 Di Jakarta.

Penelitian ini berjudul “Analisis Rasio Keuangan Untuk Menilai Kinerja Keuangan Pada CV. Mitra Bisnis Indonesia Tahun 2010-2012 Di Jakarta”. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kinerja keuangan pada CV. Mitra Bisnis Indonesia yang dilihat dari laporan keuangan. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan dapat memberikan masukan- masukan atau informasi bagi perusahaan untuk digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam usaha meningkatkan atau mengembangkan kinerja keuangan di masa yang akan datang. Teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah rasio rentabilitas ( net profit margin, return on equity capital), rasio likuiditas (current ratio, quick ratio, cash ratio), rasio solvabilitas (total debt to equity ratio, total debt to total capitalasset). Adapun laporan yang digunakan yaitu laporan keuangan yang terdapat pada CV. Mitra Bisnis Indonesia periode tahun 2010- 2012.
Baca lebih lanjut

18 Baca lebih lajut

ANALISIS RASIO KEUANGAN UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PADA KPRI SEGAR KECAMATAN GIRIWOYO WONOGIRI

ANALISIS RASIO KEUANGAN UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PADA KPRI SEGAR KECAMATAN GIRIWOYO WONOGIRI

Pada kesempatan ini penulis ingin menyampaikan rasa terima kasih yang tulus dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah membantu baik secara langsung maupun tidak langsung hingga terselesaikannya skripsi ini yang berjudul ANALISIS RASIO KEUANGAN UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PADA KPRI “SEGAR” KECAMATAN GIRIWOYO WONOGIRI.

15 Baca lebih lajut

Analisis Rasio Keuangan Untuk Menilai Kinerja Keuangan Perusahaan

Analisis Rasio Keuangan Untuk Menilai Kinerja Keuangan Perusahaan

Kinerja keuangan perusahaan merupakan gambaran kondisi keuangan perusahaan pada suatu periode tertentu baik menyangkut aspek penyedia dana maupun penyaluran dana, yang biasanya diukur dengan indikator kecukupan modal, likuiditas, dan profitabilitas. Dalam mengevaluasi sejauh mana kinerja keuangan perusahaan, salah satu indikator yang dipakai oleh perusahaan adalah informasi akuntansi berupa laporan keuangan yang dikeluarkan oleh perusahaan. Dari komponen- komponen laporan keuangan tersebut dapat dinilai prestasi yang telah dicapai perusahaan, efektivitas dan efesiensi kegiatan operasional yang telah dilaksanakan, kelemahan atau kekuatan yang sedang dimiliki perusahaan serta apa yang menyebabkan kinerja perusahaan naik atau turun.
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

ANALISIS RASIO KEUANGAN UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN

ANALISIS RASIO KEUANGAN UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN

Menurut (Sudjaja dan Barlian, 2003:128) “Analisis dari laporan keuangan bersifat relatif karena didasarkan pengetahuan dan menggunakan rasio nilai relatif serta merupakan metode untuk menilai kinerja dan status perusahaan”. Rasio keuangan merupakan kegiatan membandingkan angka yang ada dalam komponen pada laporan keuangan, angka yang diperbandingkan dapat berupa angka dalam satu periode atau beberapa periode. Rasio yang digunakan dalam analisis laporan keuangan meliputi rasio likuiditas, rasio aktifitas, rasio leverage, rasio profitabilitas, dan rasio pasar. Rasio likuiditas digunakan untuk mengetahui kemampuan perusahaan dalam memenuhi kemampuan jangka pendeknya yang jatuh tempo. Rasio aktifitas bermanfaat untuk mengetahui efesiensi perusahaan dalam mengunakan aset perusahaan. Rasio leverage merupakan rasio yang mengukur seberapa banyak perusahaan menggunakan dana dari pinjaman. Rasio leverage digunakan oleh analis keuangan untuk mengetahui hutang jangka panjang perusahaan. Rasio profitabilitas merupakan rasio yang menunjukkan kemampuan perusahaan untuk memperoleh keuntungan dari penggunaan modal. Menurut Hanafi, (2004:43) rasio pasar mengukur harga pasar saham perusahaan dan relatif terhadap nilai bukunya. Rasio pasar bermanfaat untuk investor dalam memberi petunjuk mengenai seberapa baik perusahaan mengelola hasil dan risiko.
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

Analisis Rasio Keuangan Untuk Menilai Kinerja Keuangan Koperasi Syariah

Analisis Rasio Keuangan Untuk Menilai Kinerja Keuangan Koperasi Syariah

Rangkuman dari hasil Konferensi Tahunan Koperasi-Koperasi Petani, Oktober 29-20, 2001 di LasVegas, Nevada (AS) menghasilkan beberapa butir penting yang disampaikan oleh pembicara-pembicara mengenai tantangan yang dihadapi oleh koperasi pada era sekarang ini. Diantaranya dari Larson, yakni sebagai berikut: (1) Membangun suatu sistem koperasi yang menyatukan peran lokal dan peran regional; dalam kata lain bagaimana koperasi lokal dan koperasi regional bisa bekerja sama untuk jangka panjang; (2) Menciptakan penghasilan yang cukup (atau menaikkan profit); (3) Mengembangkan atau menyempurnakan strategi dan keahlian pemasaran (mensegmentasikan pasar hanya permulaan); (4) Program-program SDM; dan (5) Mengembangkan dan melaksanakan suatu strategi e-commerce. Pesan paling utama dari Larson untuk koperasi-koperasi lokal adalah bahwa kinerja keuangan yang solid sangat penting; koperasi-koperasi harus mempunyai tujuan-tujuan penggerak/peningkatan kinerja. 11
Baca lebih lanjut

109 Baca lebih lajut

ANALISIS RASIO KEUANGAN UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN FARMASI DI BEI

ANALISIS RASIO KEUANGAN UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN FARMASI DI BEI

Prastowo dan Juliaty (2005:4) menyatakan bahwa para pemakai laporan keuangan menggunakan laporan keuangan untuk memenuhi beberapa kebutuhan informasi yang berbeda sebagai berikut: (a) Investor, Para investor dan penasihatnya yang berkepentingan terhadap risiko yang melekat dan hasil pengembangan dari investasi yang dilakukannya. Investor membutuhkan informasi untuk membantu menentukan apakah harus membeli, menahan, atau menjual investasi tersebut (b) Kreditor, Para kreditor tertarik dengan informasi keuangan yang memungkinkan mereka untuk apakah pinjaman serta bunganya dapat dibayarkan saat jatuh tempo (c) Pemasok dan kreditor usaha lainnya, Pemakai laporan keuangan ini tertarik dengan informasi yang memungkinkan mereka untuk memutuskan apakah jumlah yang terhutang akan dibayar pada saat jatuh tempo (d) Shareholders (para pemegang saham), Para pemegang saham dengan informasi mengenai kemajuan perusahaan, pembagian keuntungan yang akan diperoleh, dan penambahan modal untuk business plan selanjutnya (e) Pelanggan, Para pelanggan berkepentingan dengan informasi mengenai keberlangsungan hidup perusahaan, terutama kalau mereka terlibat dalam perjanjian jangka panjang dengan atau bergantung pada perusahaan (f) Pemerintah, Pemerintah dan berbagai lembaga yang dibawah kekuasaannya berkepentingan dengan alokasi sumber daya dan oleh karenanya berkepentingan dengan aktivitas perusahaan (g) Karyawan, Karyawan dan kelompok-kelompok yang mewakilinya tertarik pada informasi mengenai stabilitas dan profitabilitas perusahaan dan (h) Masyarakat, Perusahaan mempengaruhi anggota masyarakat dalam berbagai cara, seperti pemberian kontribusi pada perekonomian nasional termasuk jumlah yang dipekerjakan dan perlindungan para penanam modal domestik.
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

ANALISIS RASIO KEUANGAN UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PERBANKAN SYARIAH (2003-2007).

ANALISIS RASIO KEUANGAN UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PERBANKAN SYARIAH (2003-2007).

Sebagai salah satu instrumen sistem ekonomi islam, perkembangan bank syariah di Indonesia dalam bidang infrastuktur, konsep, dan implementasinya, relatif menggembirakan dibanding instrumen yang lain. Diberlakukannya Undang-Undang (UU) No. 10 Tahun 1998 tentang perbankan sebagai penyempurnaan Undang-Undang No. 7 Tahun 1992, memberikan kemudahan dan kesempatan bagi bank konvensional untuk mendirikan atau membuka kantor cabang syariah dan mengkonversi kantor cabang konvensional menjadi kantor cabang syariah.

10 Baca lebih lajut

Analisis Rasio Keuangan untuk Menilai Kinerja Keuangan pada PT Unilever Indonesia, Tbk.

Analisis Rasio Keuangan untuk Menilai Kinerja Keuangan pada PT Unilever Indonesia, Tbk.

Salah satu aspek pengukuran kinerja perusahaan adalah melakukan analisis atas laporan keuangan. Dengan menganalisis laporan keuangan dapat diketahui kinerja perusahaan di masa lalu dan prediksi posisi keuangan pada saat ini. Dari hasil penilaian tersebut serta data tambahan lainnya manajer dapat melihat potensi perusahaan di masa depan serta kemungkinan risiko yang ada sehingga manajer dapat merencanakan hal-hal yang dipandang akan menaikkan kinerja perusahaan serta perbaikan atas hal-hal yang dapat menimbulkan kerugian bagi perusahaan.
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

ANALISIS RASIO KEUANGAN UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PADA KP-RI MEKAR GOMBONG.

ANALISIS RASIO KEUANGAN UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PADA KP-RI MEKAR GOMBONG.

karena menyebabkan tingkat kembalian yang tinggi. Berdasarkan Peraturan Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia, nomor 06/Per/M.KUKM/V/2006 tanggal 1 Mei 2006 tentang Pedoman Penilaian Koperasi Berprestasi/Koperasi Award kategori total debt to total assets ratio yang sangat baik ketika mencapai hasil kurang dari 40%. Dari hasil perhitungan total debt to total assets ratio KP-RI Mekar Gombong dari tahun 2009-2011 mencapai angka 69,87%, 67,49%, 65,33%. Hasil tersebut menunjukan bahwa KP-RI Mekar Gombong termasuk dalam kategori kurang baik karena total utang yang terjadi terlalu tinggi sehingga total aktiva yang ada hanya digunakan untuk menjamin hutang koperasi saja dan beban bunga yang didapat juga akan semakin besar sehingga secara otomatis keuntungan yang diterima akan semakin kecil. Sebaiknya koperasi harus bisa memanfaatkan total aktiva yang dimiliki untuk membiayai program kegiatan koperasi yang lebih produktif.
Baca lebih lanjut

93 Baca lebih lajut

ANALISIS RASIO KEUANGAN UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PADA BMT SYARI’AH SURYA DANA MAKMUR  Analisis Rasio Keuangan Untuk Menilai Kinerja Keuangan Pada BMT Syari’ah Surya Dana Makmur Di Tulung Klaten.

ANALISIS RASIO KEUANGAN UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PADA BMT SYARI’AH SURYA DANA MAKMUR Analisis Rasio Keuangan Untuk Menilai Kinerja Keuangan Pada BMT Syari’ah Surya Dana Makmur Di Tulung Klaten.

Analisis rasio ini merupakan teknis analisis untuk mengetahui hubungan antara pos- pos tertentu dalam neraca maupun laporan rugi laba bank secara individu maupun secara bersama-sama. Aspek likuiditas yang dipakai dalam rasio perbankan dapat diketahui dengan menghitung Quick Ratio, Banking Ratio , Dan Loan To Asset Ratio. Ratio keuangan untuk mengukur solvabilitas bank dapat diketahui dengan menghitung capital adequacy (Ratio CAR), primary Ratio, dan Capital Ratio . Ratio Rentabilitas dapat diketahui dengan menghitung Return on Assets (Roa), Return On Equity (Roe), Dan Gross Profit Margin (GPM). Sementara rasio efisiensi usaha dapat diketahui dengan menghitung Leverage Mulitipler Ratio, Assets Utilization Ratio (Aur), dan Operating Ratio. Selain itu, analisis ratio juga membantu manajemen dalam memahami apa yang sebenarnya terjadi pada perbankan berdasarkan suatu informaasi laporan keuangan baik dengan perbandingan rasio-rasio sekarang dengan yang lalu dan yang akan datang pada internal perbankan maupun perbandingan rasio perbankan denga perbankan yang lainnya atau dengan rata-rata industri pada saat titik yang sama atau perbandingan eksternal.
Baca lebih lanjut

20 Baca lebih lajut

ANALISIS RASIO KEUANGAN UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PADA CV. MITRA BISNIS INDONESIA TAHUN  Analisis Rasio Keuangan Untuk Menilai Kinerja Keuangan Pada CV. Mitra Bisnis Indonesia Tahun 2010 – 2012 Di Jakarta.

ANALISIS RASIO KEUANGAN UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PADA CV. MITRA BISNIS INDONESIA TAHUN Analisis Rasio Keuangan Untuk Menilai Kinerja Keuangan Pada CV. Mitra Bisnis Indonesia Tahun 2010 – 2012 Di Jakarta.

7. Seluruh staff dan karyawan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Muhammadiyah Surakarta. 8. Bapak dan Ibu tercinta yang selalu mencurahkan kasih sayang kepadaku, kusampaikan trimakasih yang tak terhingga untuk segalanya yang telah bapak ibu berikan, dan doa yang tak henti-hentinya dipanjatkan untukku, dan nasehat yang kujadikan pedoman melangkah dalam hidup.

14 Baca lebih lajut

ANALISIS RASIO KEUANGAN UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PERBANKAN SYARIAH (TAHUN 2004 – 2007).

ANALISIS RASIO KEUANGAN UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PERBANKAN SYARIAH (TAHUN 2004 – 2007).

Keadaan tersebut tentu menuntut bank umum syariah untuk ekstra keras dalam meningkatkan kinerjanya. Dalam dunia perbankan memang sangat penting untuk mengetahui keadaan kinerja keuangan sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan kebijakan di segala aspek. Penilaian tingkat kinerja keuangan juga berguna untuk memberikan informasi kepada masyarakat untuk menilai keamanan dalam menyimpan uang. Penilaian terhadap kinerja suatu bank merupakan penilaian terhadap suatu bank dalam kurun waktu tertentu.

9 Baca lebih lajut

ANALISIS RASIO KEUANGAN UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PADA KOPERASI PT. PLN PERSERO PALEMBANG -

ANALISIS RASIO KEUANGAN UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PADA KOPERASI PT. PLN PERSERO PALEMBANG -

Perbandingan Kinerja Keuangan Berdasarkan Hasil Analisis Dari Standar Keuangan Dinas Koperasi pada5. Koperasi P T.[r]

89 Baca lebih lajut

Analisis Rasio Keuangan Untuk Menilai Kinerja Keuangan Perbankan Pada PT. Bank Muamalat Di Salatiga.

Analisis Rasio Keuangan Untuk Menilai Kinerja Keuangan Perbankan Pada PT. Bank Muamalat Di Salatiga.

Ada beberapa cara untuk menilai kondisi kesehatan keuangan dalam dunia perbankan salah satunya dengan menggunakan analisis kinerja keuangan, yang meliputi analisis rasio aktivitas dan rasio profitabilitas serta analisis rasio regresi berganda. Pemilihan rasio tersebut karena pentingnya kedua rasio bagi dunia perbankan, karena menyangkut kelangsungan hidup suatu perbankan. Penilaian prestasi perbankan bagi pihak manajemen, khususnya untuk mengukur profitabilitas perbankan merupakan salah satu faktor yang sangat penting untuk mengetahui tingkat efisiensi perbankan.
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

ANALISIS RASIO KEUANGAN UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PT GUDANG GARAM TBK TAHUN

ANALISIS RASIO KEUANGAN UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PT GUDANG GARAM TBK TAHUN

Ukuran yang sering digunakan dalam analisis keuangan adalah rasio. Jumingan (2011) mengemukakan bahwa rasio dalam analisis laporan keuangan adalah angka yang menunjukkan hubungan antara suatu unsur dengan unsur lainnya dalam laporan keuangan. Analisis rasio dapat menggambarkan posisi, kondisi, maupun hasil kerja yang telah dicapai. Terdapat enam kategori rasio keuangan yang biasa digunakan untuk menganalisis laporan keuangan menurut Sjahrial (2006) yaitu dengan menggunakan rasio likuiditas (liquidity ratio), rasio aktivitas (activity ratio), rasio utang (leverage ratio), rasio kemampuan menghasilkan laba (profitability ratio), rasio pertumbuhan (growth ratio) dan rasio penilaian. Rasio tersebut merupakan indikator keuangan yang digunakan untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan dari tahun ke tahun. Karena rasio keuangan sangatlah banyak, maka penelitian ini membatasi pada empat rasio keuangan saja, yaitu rasio likuiditas (liquidity ratio), rasio utang (leverage
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...