Apa Itu Karang Taruna

Top PDF Apa Itu Karang Taruna:

KONTRIBUSI AKTIVITAS KARANG TARUNA ARIH ERSADA II DALAM RANGKA MENGANTISIPASI TERJADINYA KENAKALAN REMAJA DI DESA NAMO PECAWIR TUNTUNGAN II KECAMATAN PANCUR BATU.

KONTRIBUSI AKTIVITAS KARANG TARUNA ARIH ERSADA II DALAM RANGKA MENGANTISIPASI TERJADINYA KENAKALAN REMAJA DI DESA NAMO PECAWIR TUNTUNGAN II KECAMATAN PANCUR BATU.

banyak yang terjerumus ke hal-hal yang negatif antara lain: bermain judi, mencoba mengkonsumsi narkoba (minuman keras), mencuri, serta ugal-ugalan saat berkendara, itu semua disebabkan karena faktor lingkungan yang tidak mendukung kearah yang lebih baik, adanya kemalasan dalam melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi, orang tua yang selalu bertengkar sehingga sianak sering keluar rumah dan bergaul dengan teman yang tidak baik untuk dirinya. Dan tidak terlepas dari kurangnya pengetahuan masyarakat tentang karang taruna dan apa fungsi karang taruna untuk masyarakat. Hal ini menyebabkan sebagian masyarakat tidak peduli terhadap keberadaan Karang Taruna Arih Ersada II yang ada di Desa Namo Pecawir.
Baca lebih lanjut

28 Baca lebih lajut

Usaha dan Kegiatan Karang Taruna

Usaha dan Kegiatan Karang Taruna

Usaha ekonomi produktif (UEP) ini biasanya disesuaikan dengan potensi lingkungan dan keterampilan yang dimiliki oleh pengurus atau anggotanya. Wilayah dengan potensi pertanian seperti Jawa dan Sumatera menunjukkan adanya korelasi dengan kegiatan ekonomi produktif yang ditekuni oleh Karang Taruna melalui budidaya tanaman pangan atau palawija.

3 Baca lebih lajut

Apa Itu Karang Taruna (1)

Apa Itu Karang Taruna (1)

Pengurus Karang Taruna tingkat Desa/Kelurahan dipilih dan disahkan dalam Temu Karya Desa/Kelurahan. Pengurus Karang Taruna tingkat Desa/Kelurahan dikukuhkan dengan Surat Keputusan Kepala Desa/Lurah dan dilantik oleh Kepala Desa/Lurah setempat. Pengurus Karang Taruna tingkat Desa/Kelurahan selanjutnya berfungsi sebagai Pelaksana Organisasi dalam diwilayahnya. Karang Taruna tingkat Desa/Kelurahan atau komunitas sosial yang sederajat memiliki Pengurus minimal 35 Orang, masa bhakti 3 (Tiga) Tahun dengan struktur sekurang-kurangnya terdiri dari:
Baca lebih lanjut

4 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  Penanaman Nilai-Nilai Karakter Pada Pemuda Desa Melalui Kegiatan Kepemudaan Karang Taruna (Studi Kasus Pada Karang Taruna “Gapura” Dukuh Purosari Desa Kembang Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali).

PENDAHULUAN Penanaman Nilai-Nilai Karakter Pada Pemuda Desa Melalui Kegiatan Kepemudaan Karang Taruna (Studi Kasus Pada Karang Taruna “Gapura” Dukuh Purosari Desa Kembang Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali).

mampu dijadikan sebagai public figure seperti yang dapat kita lihat seperti Revaldo seorang artis yang ditangkap oleh pihak kepolisian karena mengkonsumsi narkoba, begitu juga dengan artis lain seperti Sammy Simorangkir yang juga tersandung masalah narkoba. Selain itu masih banyak lagi perbuatan- perbuatan yang tidak seharusnya dilakukan oleh pemuda sebagai generasi bangsa. Sekarang ini banyak organisasi kepemudaan yang dapat dijadikan sebagai wadah pengembang nilai karakter pada pemuda. Contohnya seperti organisasi- organisasi keagamaan seperti remaja masjid, ataupun organisasi lain seperti perkumpulan pemuda pecinta motor, organisasi pemuda pecinta alam ataupun organisasi yang berdiri di suatu wilayah tertentu seperti di kecamatan, kelurahan ataupun di suatu dukuh atau RT seperti organisasi kepemudaan karang taruna.
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

CONTOH PROPOSAL DAN KARANG TARUNA

CONTOH PROPOSAL DAN KARANG TARUNA

Demi meningkatkan prestasi dalam bidang Olahraga Kesenian, Ekonomi dan bidang lainnya yang berdampak positif. maka kami bermaksud memohon bantuan sarana prasarana untuk Warga Karang Taruna Sehubungan dengan terbatasnya swadaya rekan-rekan generasi muda dan masyarakat Kurang dari pengeluaran kebutuhan,, sedangkan kebutuhan untuk sarana prasarana tersebut kami memerlukan biaya sebesar Rp …………… (……………………………..) dengan demikian sesuai Rencana Anggaran Biaya terlampir, maka untuk menutupi kekurangan yang kami butuhkan dengan ini dibuat proposal pengajuan bantuan dana.
Baca lebih lanjut

18 Baca lebih lajut

Peranan Karang taruna dalam Pembinaan Remaja

Peranan Karang taruna dalam Pembinaan Remaja

Penelitian yang dilakukan untuk mengetahui peranan Karang Taruna dalam pembinaan Remaja ini mengambil lokasi di Desa Tempel Rejo, Kecamatan Kedondong, Kabupaten Pesawaran. Sedangkan dengan analisa kuantitatif sebagai penjelasan. Adapun yang menjadi populasi dari penelitian ini adalah organisasi Karang Taruna yang berada di desa Tempel Rejo. Jumlah sampel adalah sebanyak 75 anggota yang memiliki keaktifan dalam organisasi terdiri kategori umur 15-35 tahun, pengambilan sampel dilakukan secara perposif, dengan menggunakan observasi, quisioner, dan wawancara sebagai teknik pengumpulan data.
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

PENGARUH DUKUNGAN APARAT DESA DAN KOMITMEN ANGGOTA KARANG TARUNA TERHADAP PROGRAM KERJA KARANG TARUNA DI DESA SIMPANG ASAM KECAMATAN BANJIT KABUPATEN WAYKANAN TAHUN 2015

PENGARUH DUKUNGAN APARAT DESA DAN KOMITMEN ANGGOTA KARANG TARUNA TERHADAP PROGRAM KERJA KARANG TARUNA DI DESA SIMPANG ASAM KECAMATAN BANJIT KABUPATEN WAYKANAN TAHUN 2015

Di samping itu, gerakan reformasi yang timbul dalam situasi krisis, sempat pula membuat adanya dua pedoman dasar Karang Taruna. Masing – masing Pedoman Dasar Karang Taruna ditetapkan dengan Keputusan Menteri Sosial dan Pedoman Dasar karang Taruna Indonesia sebagai hasil Temu Karya Nasional IV tahun 2001 di Medan. Hal itu membuat pemahaman tentang Karang Taruna di kalangan Karang Taruna itu sendiri berbeda – beda dan jika terus berlanjut akan kurang menguntungkan bagi perkembangan Karang Taruna ke depan.
Baca lebih lanjut

68 Baca lebih lajut

Analisis Partisipasi Karang Taruna Citra Yodha Dalam Pembangunan Desa Mekar Sari Kecamatan Deli Tua

Analisis Partisipasi Karang Taruna Citra Yodha Dalam Pembangunan Desa Mekar Sari Kecamatan Deli Tua

Karang Taruna merupakan salah satu organisasi pemuda yang sudah dikenal luas oleh masyarakat karena merupakan wadah yang memiliki misi untuk membina generasi muda khususnya di pedesaan. Adapun visi Karang Taruna, yaitu sebagai wadah pembinaan dan pengembangan kreatifitas generasi muda yang berkelanjutan untuk menjalin persaudaraan dan rasa kebersamaan menjadi mitra organisasi lembaga, baik kepemudaan ataupun pemerintah dalam pengembangan kreatifitas. Kemampuan di bidang kesejahteraan sosial baik untuk masyarakat di lingkungan sekitar ataupun di wilayah lain. Dalam bidang kesejahteraan sosial, Karang Taruna sebagai organisasi sosial masyarakat di pedesaan akan ditingkatkan fungsi dan perannya agar dapat menghimpun, menggerakkan, dan menyalurkan peran serta generasi muda dalam pembangunan. Selain mewujudkan kesejahteraan sosial di desa atau kelurahan, Karang Taruna berfungsi mengembangkan potensi kreatifitas generasi muda agar secara terarah generasi muda di pedesaan membina dirinya sebagai pendukung pembangunan pedesaan.
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

DISFUNGSIONAL PERAN KARANG TARUNA DALAM PELESTARIAN KEARIFAN LOKAL DI KAMPUNG CIREUNDEU.

DISFUNGSIONAL PERAN KARANG TARUNA DALAM PELESTARIAN KEARIFAN LOKAL DI KAMPUNG CIREUNDEU.

Abstrak: Disfungsional Peran Karang Taruna Dalam Pelestarian Kearifan Lokal Di Kampung Cireundeu. Karang taruna RW 10 yang bertugas di Kampung Cireundeu Kelurahan Leuwi Gajah Kecamatan Cimahi Selatan, merupakan karang taruna yang tidak melakukan peranannya dengan semestinya. Pada harapannya sesuai dengan Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 77/HUK/2010 tentang Pedoman Dasar Karang Taruna dalam Bab VII mengenai program kerja pasal 19, yang berbunyi: "Setiap Karang Taruna bertanggung jawab untuk menetapkan program kerja berdasarkan mekanisme, potensi, sumber, kemampuan dan kebutuhan Karang Taruna setempat". Pada kenyataannya Karang Taruna RW 10 tidak sama sekali menyentuh potensi kearifan lokal yang ada di Kampung Cireundeu, sehingga fungsi dari karang taruna tersebut tidak dirasakan oleh masyarakat. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kinerja karang taruna hingga saat ini, dan peneliti hendak untuk memperbaiki karang taruna kepada jalur fungsi dan peranan yang diinginkan oleh warga. Warga Kampung Cireundeu hanya ingin merasakan bukti dari kinerja karang taruna yang menguntungkan bagi masyarakat Kampung Cireundeu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Untuk dapat menjawab rumusan-rumusan penelitian yang diajukan, peneliti melakukan pengumpulan data dari informan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Data-data yang telah dikumpulkan kemudian diolah dan dianalisis sehingga membentuk suatu kesimpulan. Hasil temuan penelitian menunjukan beberapa disfungsional peranan karang taruna seperti, penyelarasan program kerja dengan masyarakat adat tidak ada. Fungsi karang taruna sebagai penyambung komunikasi antar pemuda tidak terjadi sama sekali. Pada tubuh karang taruna itu sendiri tidak jelas, dikarenakan tidak memilikinya atribut organisasi yang seharusnya karang taruna miliki.
Baca lebih lanjut

50 Baca lebih lajut

PERAN KARANG TARUNA SAGUH JAYA DALAM MEMBENTUK SIKAP KEPEMIMPINAN PEMUDA DI KAWASAN DESA WISATA BRONTOKUSUMAN KECAMATAN MERGANGSAN, KOTA YOGYAKARTA.

PERAN KARANG TARUNA SAGUH JAYA DALAM MEMBENTUK SIKAP KEPEMIMPINAN PEMUDA DI KAWASAN DESA WISATA BRONTOKUSUMAN KECAMATAN MERGANGSAN, KOTA YOGYAKARTA.

1. Peran Karang Taruna Saguh Jaya dalam membentuk sikap kepemimpinan pemuda dapat terlihat melalui berbagai program kerja yang dilaksanakan dengan tujuan untuk membentuk jiwa kepemimpinan di dalam diri pemuda. Apalagi dengan adanya kegiatan pelatihan dasar kepemimpinan yang ada di Karang Taruna Saguh Jaya ini menjadikan dasar pembinaan karakter bagi pemuda. Melalui potensi desa wisata, proses pendidikan kepemimpinan pemuda dipadukan dengan kepemimpinan Jawa agar pemuda lebih terarah ke basis kepariwisataan dengan menonjolkan budaya lokal serta potensi masyarakatnya. Sehingga dengan adanya potensi tersebut Karang Taruna Saguh Jaya melakukan pendidikan kepemimpinan berbasis kearifan lokal dengan harapan mampu membina karakter pemuda untuk menjaga dan mengembangkan potensi budaya lokal yang ada. 2. Sebagai organisasi yang bergerak di lingkup pemberdayaan dan
Baca lebih lanjut

184 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Sikap Terhadap Perilaku Seksual Pada Remaja Karang Taruna.

PENDAHULUAN Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Sikap Terhadap Perilaku Seksual Pada Remaja Karang Taruna.

Dari 62 jumlah anggota karang taruna yang aktif, lebih dari 25% diantaranya ada kecenderungan melakukan perilaku seksual. Beberapa pasangan (kekasih) sama-sama anggota karang taruna, namun ada juga beberapa anggota karang taruna yang memiliki pacar atau pasangan bukan anggota karang taruna. Beberapa contoh perilaku seksual yang terjadi pada beberapa anggota karang taruna “Sedyo Utomo” yang dapat diamati ketika melakukan aktivitas bersama- sama anggota karang taruna seperti pada tabel I.1:
Baca lebih lanjut

6 Baca lebih lajut

HUBUNGAN ANTARA EMPATI DENGAN PERILAKU ALTRUISME PADA KARANG TARUNA DESA PAKANG  Hubungan Antara Empati Dengan Perilaku Altruisme Pada Karang Taruna Desa Pakang.

HUBUNGAN ANTARA EMPATI DENGAN PERILAKU ALTRUISME PADA KARANG TARUNA DESA PAKANG Hubungan Antara Empati Dengan Perilaku Altruisme Pada Karang Taruna Desa Pakang.

Perilaku altruisme pada remaja khususnya pada karang taruna di era globalisai saat ini mengalami banyak penurunan. Salah satu penyebabnya yaitu lunturnya sikap empati dikalangan remaja. Penggunaan teknologi canggih, mesin, elektronik, komputer,,beban pekerjaan, tugas sekolah dan fokusnya di bangku perkuliahan membuat remaja saat ini cenderung membuat remaja fokus pada kepentingannya sendiri dan cenderung mengabaikan perilaku altruisme terhadap orang lain. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara empati dengan perilaku altruisme pada karang taruna khususnya di desa Pakang. Mengetahui tingkat empati pada remaja. Seberapa besar perilaku altruisme pada remaja karang taruna. Mengetahui sumbangan efektif empati terhadap perilaku altruisme pada remaja karang taruna desa Pakang. Hipotesis penelitian ini adalah ada hubungan positif antara empati dengan perilaku altruisme pada karang taruna desa Pakang. Subjek berjumlah 65 orang dari keseluruhan remaja yang ada di dalam anggota karang taruna desa Pakang. Untuk itu peneliti menggunakan teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dengan menggunakan teknik studi populasi atau study sensus karena peneliti menggunakan seluruh sampel pada anggota karang taruna desa Pakang. Metode pengumpulan data menggunakan alat ukur skala empati dan skala perilaku altruisme. Metode penelitian yang digunakan kuantitatif. Analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment. Hasil analisis diperoleh data koefisien korelasi (r xy) sebesar 0,584 dengan Signifikansi p = 0,000 (p ≤ 0,01). Ada hubungan positif yang sangat signifikan antara empati dengan perilaku altruisme pada karang taruna desa Pakang, yang berarti hipotesis diterima. Sumbangan efektif empati 34,1%, hal ini berarti masih terdapat 65,9% variabel-variabel lain yang dapat mempengaruhi perilaku altruisme. Variabel perilaku altruisme mempunyai rerata empirik (RE) sebesar 81,89 dan rerata hipotetik (RH) sebesar 62,5 yang berarti perilaku altruisme pada subjek tergolong tinggi. Variabel empati diketahui rerata empirik (RE) sebesar 75,89 dan rerata hipotetik (RH) sebesar 62,5 yang berarti tergolong tinggi.
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

KONTRIBUSI KEGIATAN KARANG TARUNA DALAM MENUMBUHKAN MINAT BERWIRAUSAHA REMAJA DI DESA ALURGADUNG KECAMATAN SAWIT SEBERANG KABUPATEN LANGKAT.

KONTRIBUSI KEGIATAN KARANG TARUNA DALAM MENUMBUHKAN MINAT BERWIRAUSAHA REMAJA DI DESA ALURGADUNG KECAMATAN SAWIT SEBERANG KABUPATEN LANGKAT.

sosial. Karang taruna terdapat hampir diseluruh Indonesia. Karang taruna sebagaimana tercantum dalam Peraturan Menteri Sosial RI No. 83/HUK/2005 adalah organisasi sosial wadah pembinaan dan pengembangan generasi muda yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial, dari, oleh dan untuk masyarakat terutama bagi generasi muda diwilayah desa/kelurahan atau komunitas sederajat dan terutama bergerak dibidang usaha kesejahteraan sosial. Sedangkan keanggotaanya bersifat stelsel pasif artinya seluruh generasi muda dalam lingkungan Desa/Kelurahan atau komunitas adat sederajat yang berusia 11 sampai 45 tahun yang selanjutnya disebut Warga Karang Taruna.
Baca lebih lanjut

19 Baca lebih lajut

PELAKSANAAN MUSYAWARAH UNTUK MUFAKAT  DALAM RAPAT KARANG TARUNA  Pelaksanaan Musyawarah Untuk Mufakat Dalam Rapat Karang Taruna (Studi Kasus pada Karang Taruna Sumber Cahaya di Dukuh Sumberejo Desa Patihan Kecamatan Sidoharjo Kabupaten Sragen).

PELAKSANAAN MUSYAWARAH UNTUK MUFAKAT DALAM RAPAT KARANG TARUNA Pelaksanaan Musyawarah Untuk Mufakat Dalam Rapat Karang Taruna (Studi Kasus pada Karang Taruna Sumber Cahaya di Dukuh Sumberejo Desa Patihan Kecamatan Sidoharjo Kabupaten Sragen).

3. Solusi dalam Pelaksanaan Musyawarah untuk Mufakat dalam Rapat Karang Taruna Sumber Cahaya di Dukuh Sumberejo Desa Patihan Kecamatan Sidoharjo Kabupaten Sragen ..................................................................................... 118

18 Baca lebih lajut

PERATURAN MENTERI SOSIAL REPUBLIK INDONE

PERATURAN MENTERI SOSIAL REPUBLIK INDONE

(2) Untuk melaksanakan koordinasi, komunikasi, informasi, konsultasi, koordinasi, dan kerja sama, dibentuk Forum Pengurus Karang Taruna di Kecamatan, Kabupaten/ Kota, Provinsi dan Nasional sebagai sarana organisasi Karang Taruna yang pelaksanaannya melalui para pengurus di setiap lingkup wilayah masing - masing.

12 Baca lebih lajut

EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI PELAYANAN PENERBITAN SURAT IJIN USAHA PERDAGANGAN (SIUP) BERDASARKAN PERATURAN DAERAH NO.15 TAHUN 2006 DI DINAS PERINDUSTRIAN PERDAGANGAN DAN PENANAMAN MODAL KABUPATEN JEMBER

EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI PELAYANAN PENERBITAN SURAT IJIN USAHA PERDAGANGAN (SIUP) BERDASARKAN PERATURAN DAERAH NO.15 TAHUN 2006 DI DINAS PERINDUSTRIAN PERDAGANGAN DAN PENANAMAN MODAL KABUPATEN JEMBER

Dari hasil penelitian ini saya menemukan ada pengaruh yang signifikan antara Pengaruh Pemberdayaan Karang Taruna Di Desa Kaliwining Oleh Dinas Sosial Kabupaten Jember Terhadap Tingkat Kesejahteraan Anggota Karang Taruna Desa Kaliwining. Dengan demikian Hipotesis Nol (Ho) yang menyatakan bahwa tidak ada pengaruh antara pemberdayaan Karang Taruna dengan tingkat kesejahteraan anggota karang taruna ditolak dan Hipotesis Kerja (Hi) yang menyatakan bahwa ada pengaruh antara Pemberdayaan Karang Taruna dengan Tingkat Kesejahteraan Anggota Karang Taruna diterima.
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

Contoh Proposal Musik Orkes Dangdut Format Word - Info Operator Sekolah proposal full

Contoh Proposal Musik Orkes Dangdut Format Word - Info Operator Sekolah proposal full

Besar harapan kami agar Pimpinan PT. Gurang Garam Tbk dapat mengabulkan permohonan kami. Semoga dari acara Hari Ulang Tahun Karang Taruna GP Community yang ke-9 ini dapat memberikan rasa persatuan dan kesatuan antar pemuda dan warga pada umunya dan dapat menguntungkan berbagai pihak. Atas kerjasama yang baik ini kami segenap panitia HUT GP Community mengucapkan terima kasih.

8 Baca lebih lajut

203545273.doc 53.65KB 2015-10-12 00:17:35

203545273.doc 53.65KB 2015-10-12 00:17:35

Karang Taruna adalah organisasi non-partisan yang memiliki tugas pokok bersama-sama pemerintah dan komponen masyarakat lainnya menangani masalah sosial yang berhubungan dengan pemuda baik yang bersifat preventif, rehabilitatif, maupun pengembangan potensi generasi muda di lingkungannya dalam rangka peningkatan taraf kesejahteraan sosial masyarakat sesuai dengan bunyi Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 77/HUK/2010 tentang Pedoman Dasar Karang Taruna dalam Bab 1 pasal 1 ayat 1. Pengembangan dan pemberdayaan KT diselenggarakan dalam bingkai kebijakan pembangunan kesejahteraan sosial oleh instansi sosial dengan menyertakan KT sebagai subjek. Seluruh pembangunan di bidang kesejahteraan sosial baik oleh pemerintah maupun masyarakat dalam bentuk koordinasikan dan diatur (legitinasi) oleh instansi pemerintah yang menangani bidang kesejahteraan sosial. Sehingga jika dihubungkan dengan permasalahan sosial yang sedang dialami Indonesia saat ini yaitu masalah narkoba maka KT tentu menjadi sarana yang bisa dijadikan sebagai alat kontrol paling dini dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba terutama di desa maupun kelurahan yang saat ini mulai terkontaminasi dengan kehidupan orang-orang kota tak terkecuali adalah masalah penyalahgunaan narkoba.
Baca lebih lanjut

20 Baca lebih lajut

S PKN 1001716 Chapter5

S PKN 1001716 Chapter5

5. Terdapat enam upaya yang dilakukan karang taruna kampung baru untuk mengatasi kendala yang dihadapi dalam mengembangkan kesadaran moral pemuda, diantaranya yaitu: (1) memberikan motivasi yang membangun kepada para pemuda untuk berpartisipasi dalam setiap kegiatan. (2) melakukan pengkaderan. (3) melakukan komunikasi, dan koordinasi yang baik antar pengurus dan anggota Karang Taruna Kampung Baru. (4) meningkatkan kerjasama, komunikasi dan koordinasi yang baik antara Karang Taruna Kampung Baru dengan pemerintah desa dan masyarakat. (5) melakukan upaya khusus seperti melaksanakan pengajian rutin dan diskusi atau sharing mengenai problematika anak muda setiap malam jumat di lingkungan Bale Paseban, serta melakukan kerjasama dengan pemerintah desa untuk mengadakan pengajian umum tingkat kelurahan yang dilaksanakan pada setiap hari rabu pagi di Masjid Besar Ujung Berung. (6) memberikan pengertian tentang tingkah laku yang benar melalui teladan yang baik, dan memberikan pengertian mengenai tingkah laku yang salah dan buruk melalui nasihat.
Baca lebih lanjut

4 Baca lebih lajut

peraturan bupati 2005 08

peraturan bupati 2005 08

a. Pembentukan Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD) dengan nama Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD), Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Karang Taruna, Rukun Warga(RW), Rukun Tetangga(RT) ditetapkan dalam Peraturan Desa.

1 Baca lebih lajut

Show all 3476 documents...