Arus Kas Operasi

Top PDF Arus Kas Operasi:

KEMAMPUAN PREDIKSI INFORMASI LABA DAN ARUS KAS OPERASI TERHADAP INFORMASI ARUS KAS OPERASI   KEMAMPUAN PREDIKSI INFORMASI LABA DAN ARUS KAS OPERASI TERHADAP INFORMASI ARUS KAS OPERASI DI MASA YANG AKAN DATANG.

KEMAMPUAN PREDIKSI INFORMASI LABA DAN ARUS KAS OPERASI TERHADAP INFORMASI ARUS KAS OPERASI KEMAMPUAN PREDIKSI INFORMASI LABA DAN ARUS KAS OPERASI TERHADAP INFORMASI ARUS KAS OPERASI DI MASA YANG AKAN DATANG.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Secara individu informasi laba dapat digunakan untuk memprediksi arus kas operasi masa depan dengan kemampuan prediksi satu tahun ke depan. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh nilai t hitung = 2,285 diterima pada taraf signifikansi 5% (p‹0,05). (2) Secara individu

13 Baca lebih lajut

ANALISIS PENGARUH INFORMASI LABA AKUNTANSI, NILAI BUKU EKUITAS DAN ARUS KAS OPERASI TERHADAP HARGA SAHAM (Analyze the Influence of Earning, Book Value of Equity and Operation Cash Flow on Stock Price) Rio Iustian ) Dista Amalia Arifah )

ANALISIS PENGARUH INFORMASI LABA AKUNTANSI, NILAI BUKU EKUITAS DAN ARUS KAS OPERASI TERHADAP HARGA SAHAM (Analyze the Influence of Earning, Book Value of Equity and Operation Cash Flow on Stock Price) Rio Iustian ) Dista Amalia Arifah )

Terdapat beberapa penelitian tentang hubungan antara informasi laba akuntansi, nilai buku ekuitas, dan arus kas operasi. Ferry dan Wati (2004) menyimpulkan bahwa pemisahan total aliran kas ke dalam tiga komponen aliran kas yang terdiri dari aliran kas dari aktivitas operasi investasi, dan pendanaan mempunyai pengaruh yang signifikan dengan harga saham. Selain itu juga menjelaskan bahwa pada model levels untuk laba akuntansi mempunyai pengaruh yang positif dengan harga saham daripada total aliran kas maupun pemisahan kedalam komponen aliran kas. Penelitian tersebut sejalan dengan penelitian Naimah dan Utama (2006).
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

KEMAMPUAN MEMPREDIKSI ARUS KAS MELALUI ANALISA PENGARUH LABA, ARUS KAS OPERASI AGREGAT DAN KOMPONEN ARUS KAS OPERASI.

KEMAMPUAN MEMPREDIKSI ARUS KAS MELALUI ANALISA PENGARUH LABA, ARUS KAS OPERASI AGREGAT DAN KOMPONEN ARUS KAS OPERASI.

Model prediksi yang akan diuji dalam penelitian ini menggunakan informasi akuntansi yang digunakan sebagai prediktor dalam penelitian ini yaitu laba, arus kasa operasi agregat dan komponen arus kas operasi. Dari beberapa model tersebut kemudian akan diuji model prediksi mana yang paling memiliki tingkat keakuratan dalam memprediksi arus kas masa depan. Penelitian ini diharapkan dapay memberikan manfaat baik bagi akademis maupun investor. Bagi akademis adalah penelitian ini dapat memberi kontribusi teoritis dan bukti emperis terkait dengan relevansi informasi akuntansi dalam memprediksi arus kas masa depan. Sedangkan Bagi investor adalah untuk membantu mereka dalam mengambil keputusan yang tepat dalam memberikan investasi bagi perusahaan yang dipilihnya.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

RASIO ARUS KAS operasi dan

RASIO ARUS KAS operasi dan

Rasio arus kas operasi pada tahun 2011 mengalami peningkatan dari tahun 2010, pada tahun 2012 dan 2013 mengalami penurunan dari tahun sebelumnya dan pada tahun 2014 kembali mengalami peningkatan. Jika rasio arus kas operasi > 1 berarti kemungkinan perusahaan tidak mampu membayar kewajiban lancar. Pada tahun 2011 berarti kemungkinan perusahaan tidak mampu membayar kewajiban lancar yaitu sebesar 74545033.

6 Baca lebih lajut

Analisis Laba dan Arus Kas Operasi sebagai Prediktor Arus Kas di Masa Depan.

Analisis Laba dan Arus Kas Operasi sebagai Prediktor Arus Kas di Masa Depan.

Tingkat signifikan variabel arus kas operasi adalah sebesar 0,000. Hasil ini lebih rendah dari signifikansi sebesar 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa arus kas operasional berpengaruh terhadap arus kas operasi di masa depan, dan hipotesis H4 diterima. Informasi arus kas historis atas aktivitas operasional dapat digunakan dalam memprediksi arus kas operasi di masa depan. Hasil arus kas operasi di masa depan akan bertambah jika perusahaan menggunakan nilai arus kas saat ini untuk melakukan investasi, selain itu nilai arus kas operasi yang digunakan untuk membayar deviden dan melakukan pinjaman jangka panjang dari aktivitas pendanaan akan mengurangi jumlah arus kas masuk di masa depan. Penelitian yang dilakukan Widiana (2011) menunjukan bahwa berdasarkan uji parsial (uji t) arus kas mempunyai kemampuan paling dominan dalam memprediksi arus kas masa depan, hasil penelitian ini didukung oleh Mohammad (2013) menunjukkan arus kas operasi tahun sebelumnya memiliki kemampuan utama untuk memprediksi arus kas masa depan.
Baca lebih lanjut

28 Baca lebih lajut

PENGARUH LABA ARUS KAS OPERASI ARUS KAS

PENGARUH LABA ARUS KAS OPERASI ARUS KAS

Kebijakan dividen kas sebuah perusahaan memiliki dampak penting bagi banyak pihak yang terlibat di masyarakat (Suharli, 2006). Bagi para pemegang saham atau investor, dividen kas merupakan tingkat pengembalian investasi mereka berupa kepemilikan saham yang diterbitkan perusahaan lain. Di dalam menentukan besaran jumlah dividen yang akan dibagikan manajemen sering dihadapkan pada suatu keputusan yang sulit. Kesulitan ini disebabkan oleh manajemen harus mempertimbangkan pembayaran dividen yang lebih kecil, lebih besar, tetap ataupun stabil, karena setiap keputusan pembayaran dividen akan berakibat investor bereaksi atas saham perusahaan. Ada beberapa faktor yang diduga dapat menjelaskan variasi dividen kas yang dibagikan oleh suatu perusahaan kepada investor, diantaranya Laba, arus kas operasi, arus kas bebas, dan pembayaran dividen kas sebelumnya. Laba memiliki hubungan yang positif dengan dividen kas, hal ini terlihat dimana umumnya perusahaan akan menaikkan dividen bila terjadi peningkatan laba, Beberapa peneliti antara lain Litner (1956) mengemukakan bahwa perusahaan hanya akan menaikkan dividen bila manajemen berkeyakinan bahwa laba perusahaan akan naik. Hasil penelitian Surya (2007) menunjukkan bahwa laba berpengaruh terhadap dividen kas.
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

KEMAMPUAN LABA, ARUS KAS OPERASI DALAM MEMPREDIKSI ARUS KAS MASA DEPAN.

KEMAMPUAN LABA, ARUS KAS OPERASI DALAM MEMPREDIKSI ARUS KAS MASA DEPAN.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kemampuan arus kas operasi saat ini, laba saat ini, laba saat ini ditambah depresiasi, dan modal kerja operasional dalam memprediksi arus kas masa depan. Sampel yang diambil sebanyak 120 sampel dari tahun 2011-2013. Metode penentuan sampel yaitu nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling dan observasi non participant. Regresi linier berganda yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil dari Uji statistik t menunjukkan bahwa arus kas operasi memiliki kemampuan secara signifikan, sedangkan variabel laba, laba ditambah depresiasi dan modal kerja operasional tidak memiliki kemampuan dalam memprediksi arus kas masa depan. Kata Kunci: arus kas operasi, laba, laba ditambah depresiasi, modal kerja operasional
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

Arus Kas operasi terhadap return

Arus Kas operasi terhadap return

Terdapat dua bentuk penyajian laporan arus kas, yang pertama metode langsung dan yang kedua metode tidak langsung. Perbedaan antara kedua metode terletak pada penyajian arus kas berasal dari kegiatan operasi. Dengan metode langsung, arus kas dari kegiatan operasional

15 Baca lebih lajut

ARUS KAS operasi terhadap return

ARUS KAS operasi terhadap return

Dengan diketahuinya perkiraan atau proyeksi saldo kas akhir pada periode yang akan datang, maka manajemen bank dapat melakukan rencana tindakan atau kebijakan yang harus ditempuh dalam mengoptimalkan penglolaan dananya, sehingga posisi kas yang dimiliki bank akan selalu dalam keadaan cukup, dalam arti tidak berlebih atau idle funds dan tidak dalam kondisi yang kekurangan sehingga harus memaksa bank untuk mengeluarkan biaya yang lebih besar atau mahal untuk mendapatkan kekurangan dana tersebut.

5 Baca lebih lajut

PENGARUH ARUS KAS OPERASI ARUS KAS INVES

PENGARUH ARUS KAS OPERASI ARUS KAS INVES

Saham suatu perusahaan dapat dinilai dari pengembalian (return) yang diterima oleh pemegang saham. Return bagi pemegang saham dapat berupa penerimaan deviden tunai atau perubahan harga saham pada suatu periode. Kinerja pengukuran yang digunakan oleh pemegang saham dalam keputusan investasi adalah arus kas dan laba kotor. Selain itu, investor juga mempertimbangkan karakteristik keuangan perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor internal perusahaan yang dapat mempengaruhi return saham dari perusahaan Otomotif dan Komponen, faktor-faktor tersebut adalah arus kas aktivitas operasi, arus kas aktivitas investasi, arus kas aktivitas pendanaan dan laba kotor.
Baca lebih lanjut

1 Baca lebih lajut

Manajemen Arus kas operasi arus

Manajemen Arus kas operasi arus

Kegiatan operasional untuk perusahaan dagang terdiri dari membeli barang dagangan, menjual barang dagangan tersebut serta kegiatan lain yang terkait dengan pembelian dan penjualan barang. Untuk perusahaan jasa, kegiatan operasional antara lain adalah menjual jasa kepada pelanggannya. Misalkan menjual jasa aeronautika dan non aaeronautika. Kegiatan ini akan mengakibatkan terjadinya uang masuk untuk pendapatan dan aliran uang keluar untuk biaya. Baik pendapatan dan biaya yang terjadi telah dilaporkan dalam laporan laba rugi, namun besarnya pendapatan tersebut belum tentu sama dengan uang yang diterima karena perusahaan umumnya menggunakan dasar akrual untuk mengakui pendapatan. Demikian halnya dengan biaya, biaya yang dilaporkan laba rugi belum tentu sama dengan arus keluar untuk biaya tersebut.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

Pengaruh Laporan Arus Kas Terhadap Harga Saham Dan Return Saham Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek jakarta

Pengaruh Laporan Arus Kas Terhadap Harga Saham Dan Return Saham Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek jakarta

Arus kas operasi mempengaruhi harga saham dan return saham jika arus kas operasi pada periode akuntansi tertentu mengalami surplus atau bernilai positif. Livnat dan Zarowin (1990) berpendapat bahwa arus kas operasi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap return saham. Namun pendapat di atas di bantah oleh Ali (1994) yang menyatakan bahwa laporan arus kas tidak memberikan informasi dalam hubungannya dengan return saham kepada para pemegang saham. Hal ini dikarenakan arus kas operasi yang positif mencerminkan realitas ekonomi perusahaan yang baik sehingga harga saham dan return saham diharapkan dapat meningkat, begitu pula sebaliknya. Pendapat ini konsisiten dengan yang dilaporkan Triyono dan Jogiyanto (2000) yang menyatakan bahwa arus kas operasi mempunyai hubungan maupun pengaruh yang signifikan dengan harga saham namun tidak terhadap return saham. Wahyuni (1998) dan Ngaisah (1998) dalam penelitiannya tidak berhasil mendapatkan hubungan yang signifikan antara arus kas operasi dengan return saham.
Baca lebih lanjut

71 Baca lebih lajut

Pengaruh Laba Akuntansi dan Arus Kas Terhadap Harga Saham pada Perusahaan Manufaktur di Bei Tahun 2012-2015 - UDiNus Repository

Pengaruh Laba Akuntansi dan Arus Kas Terhadap Harga Saham pada Perusahaan Manufaktur di Bei Tahun 2012-2015 - UDiNus Repository

Arus kas operasi adalah aktivitas penghasil utama pendapatan perusahaan (principal revenue activities) dan aktivitas lain yang bukan merupakan aktifitas investasi dan pendanaan, umumnya berasal dari transaksi dan peristiwa lain yang mempengaruhi penetapan laba atau rugi bersih, dan merupakan indikator yang menentukan apakah dari operasi perusahaan dapat menghasilkan kas yang cukup untuk melunasi pinjaman, memelihara kemampuan operasi perusahaan, membayar dividen dan melakukan investasi baru tanpa mengandalkan pada sumber pendanaan dari luar yang dapat di cari melalui melalui annual report perusahaan per 31 Desember (Sa’adah da Kadarusman, 2014). Menurut (Triyono dan Hartono, 2000) arus kas operasi dapat dihitung menggunakan rumus sebagai berikut :
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

Makalah Arus Kas makalah dan

Makalah Arus Kas makalah dan

Suatu metode penyusunan laporan arus kas dimana dirinci sema aliran masuk dan aliran keluar dari aktivitas-aktivitas operasi. Metode langsung menghitung saldo operasi dari selisih antara kas masuk dari pendapatan usaha dengan kas keluar untuk beban usaha perusahaan. Sedangkan arus kas dari aktivitas investasi dan aktivitas pendanaan dihitung dengan mencari selisih antara arus kas masuk dan arus kas keluar pada masingmasing kelompok sumber kas tersebut. Arus kas bersih masing-masing kategori dijumlahkan untuk menghasilkan arus kas bersih total, yang kemudian ditambahkan dengan saldo kas pada awal periode sehingga menghasilakn saldo kas pada akhir periode tersebut.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

PENGARUH ARUS KAS, LABA AKUNTANSI, TINGKAT SUKU BUNGA TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI INDEKS SRI KEHATI - Perbanas Institutional Repository

PENGARUH ARUS KAS, LABA AKUNTANSI, TINGKAT SUKU BUNGA TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI INDEKS SRI KEHATI - Perbanas Institutional Repository

Laporan arus kas memberikan informasi yang relevan tentang penerimaan dan pengeluaran pada suatu periode tertentu (Harahap,2012). Tujuan laporan arus kas yaitu memberikan informasi kepada kreditor, investor dan pemakai lainnya untuk menentukan kemampuan perusahaan dalam menghasilkan kas bersih di masa yang akan datang, dan juga kemampuan perusahaan dalam melunasi semua hutang-hutangnya kepada kreditor. Penyajian laporan arus kas terdiri dari aktivitas arus kas operasi, aktivitas arus kas investasi dan aktivitas arus kas pendanaan (Harahap, 2012). Pembedaan komponen arus kas ini sangat penting karena tiap komponen dianggap mempunyai pengaruh dalam pengambilan keputusan bagi penggunanya.
Baca lebih lanjut

21 Baca lebih lajut

Makalah Analsisis Laporan Keuangan PT VA

Makalah Analsisis Laporan Keuangan PT VA

Menurut S. Munawir likuiditas adalah menunjukan kemampuan suatu perusahaan untuk memenuhi kewajiban pada saat ditagih, perusahaan yang mampu memenuhi kewajiban keuangannnya tepat pada waktunya berarti perusahaan tersebut dalam keadaaan “likuid” dan koperasai dikatakan mampu memenuhi kewajiban keuangan tepat pada waktunya apabila perusahaan tersebut menpunyai alat pembayaran atau pun aktiva lancar yang lebih besar dari pada hutang lancar atau hutang jangka pendek dan sebaliknya ”. Menurut Sutrisno, M.M dalam buku Manajemen Keuangan : “Likuiditas adalah kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban yang harus segara dipenuhi ”. ( Sutrisno, 2000:18). Dari definisi diatas dapat disimpulkan likuiditas adalah kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban-kewajiban jangka pendeknya.Untuk melihat apakah perusahaan dalam keadaan likuid atau tidak likuid dapat dianalisis dengan menggunakan 2 (dua) sumber informasi yaitu modal kerja (working capital) dan aktivitas operasi perusahaan (operating activity).Perusahaan dalam keadaan likuid apabila mampu memenuhi kewajiban jangka pendeknya.Sebaliknya, apabila perusahaan tidak mampu memenuhi kewajiban jangka pendeknya maka perusahaan dalam keadaan tidak likuid.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

LAPORAN ARUS KAS  untuk mengukur (1)

LAPORAN ARUS KAS untuk mengukur (1)

Laporan arus kas melaporkan penerimaan dan pengeluaran kas entitas selama periode tertentu dari mana kas datang dan bagaimana dibelanjakannya. Cash flow menjelaskan sebab-sebab dari perubahan nilai sisa kas. Informasi ini tidak bisa dipelajari dengan sendirinya dari laporan keuangan yang lain.

Baca lebih lajut

CALK 2 Tahun 2013

CALK 2 Tahun 2013

Dana cadangan ditetapkan dengan Perda Nomor 3 Tahun 2008 tanggal 15 April 2008 tentang Penyediaan Dana Cadangan Daerah untuk membiayai Program dan Kegiatan Transportasi di DIY. Tujuan pembentukan dana cadangan adalah guna memenuhi program peremajaan 20 (dua puluh) bus angkutan perkotaan di wilayah DIY. Penyediaan Dana Cadangan dialokasikan secara bertahap selama 7 (tujuh) tahun terhitung sejak Tahun Anggaran 2008 sampai dengan Tahun Anggaran 2014 dengan nilai sebesar Rp1.575.000.000,00 per tahun. Sesuai dengan Perda Nomor 2 Tahun 2011 tanggal 10 Januari 2011, Perda Nomor 3 Tahun 2008 tanggal 15 April 2008 tentang Penyediaan Dana Cadangan Daerah dinyatakan dicabut dan tidak berlaku lagi. Namun demikian sampai dengan per 31 Desember 2011 Dana Cadangan belum dilimpahkan kembali ke rekening Kas Daerah. Saldo per 31 Desember 2011 sebesar Rp3.233.796.153,01 dan saldo per 31 Desember 2012 sebesar Rp3.228.100.950,42 sehingga terjadi penurunan sebesar Rp5.695.202,59 dengan penjelasan sebagai berikut:
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

Analisis Studi Kelayakan Investasi Pengembangan Usaha Pada Cv. Anugerah Sejati

Analisis Studi Kelayakan Investasi Pengembangan Usaha Pada Cv. Anugerah Sejati

Menurut Kasmir & Jakfar (2012 : 88), investasi yang dilakukan dalam berbagai bidang bisnis (usaha), tentu memerlukan sejumlah modal, disamping keahlian lainnya. Modal yang digunakan untuk membiayai suatu bisnis, mulai dari prainvestasi, biaya investasi dalam aktiva tetap, hingga modal kerja.Modal digunakan untuk membiayai biaya investasi seperti pengurusan izin-izin dan pembuatan studi usaha.Kemudian selanjutnya yang harus dikeluarkan adalah untuk pembelian aktiva tetap seperti pembelian tanah, pendirian bangunan atau gedung, pembelian mesin-mesin, dan aktiva tetap lainnya. Modal juga digunakan untuk biaya operasi pada saat bisnis tersebut dijalankan, misalnya untuk biaya bahan baku, gaji, dan biaya operasi lainnya.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

Pengaruh Komponen Laporan Arus Kas Dan Dividen Payout Ratio Terhadap Return Saham Dengan Earning Per Share Sebagai Variabel   Moderating Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia

Pengaruh Komponen Laporan Arus Kas Dan Dividen Payout Ratio Terhadap Return Saham Dengan Earning Per Share Sebagai Variabel Moderating Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia

Laporan keuangan terdiri dari beberapa laporan yaitu laporan laba rugi, laporan neraca, laporan arus kas, laporan perubahan modal dan catatan atas laporan keuangan yang merupakan bagian terintegrasi dari laporan keuangan tersebut. Hal paling pokok dalam laporan keuangan adalah laba (net income), dimana banyak investor menjadikan hal ini sebagai alat analisa utama kelayakan sebuah harga saham. Dalam laporan keuangan banyak variabel yang menggambarkan laba seperti Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE), dan variabel lainnya. Dividen Payout Ratio (DPR) dan Earning per share (EPS) sebagai salah satu turunan dari laba menjadi satu variabel yang secara teoritis akan sangat mempengaruhi harga saham.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...