Aspek Psikologi

Top PDF Aspek Psikologi:

Analisis perilaku investor terhadap pemilihan jenis saham perusahaan berdasarkan aspek Psikologi

Analisis perilaku investor terhadap pemilihan jenis saham perusahaan berdasarkan aspek Psikologi

Walaupun aspek psikologi familiarity & representativeness cenderung mendominasi perilaku investor muda dibandingkan dengan aspek yang lain, tetapi aspek psikologi yang lain juga berpengaruh terhadap perilaku investor. Aspek considering the past & fear and greed memiliki rata-rata sebesar 28,98 dari skor maksimum 40. Artinya perilaku investor dalam bertransaksi jual beli saham dipengaruhi oleh aspek tersebut karena investor merupakan mahasiswa yang tergolong masih pemula sehingga masih ada keraguan di dalam diri mereka untuk melakukan transaksi jual beli dengan banyak melakukan pertimbangan dan tidak berani mengambil tindakan yang terlalu berisiko.
Baca lebih lanjut

155 Baca lebih lajut

View of ASPEK-ASPEK PSIKOLOGI DALAM NOVEL TETRALOGI LASKAR PELANGI KARYA ANDREA HIRATA

View of ASPEK-ASPEK PSIKOLOGI DALAM NOVEL TETRALOGI LASKAR PELANGI KARYA ANDREA HIRATA

Abstrak: Tetralogi Laskar Pelangi tersebut terdiri dari novel pertama “Laskar Pelangi”, kedua “Sang Pemimpi”, ketiga “Edensor”, dan terakhir “Maryamah Karpov”.Tetralogi Laskar Pelangi banyak memberikan gambaran tentang latar belakang budaya di lokasi yang ditempati atau sekedar dikunjungi oleh tokoh-tokoh di dalamnya.Pendekatan Psikologi sastra dapat menjelaskan mengenai kejiwaan dan meneliti alam bawah sadar pengarang. Psikologi Sastra adalah suatu seni yang menyajikan situasi tidak masuk akal dan suatu kejadian-kejadian yang fantastik.Seorang pengarang harus memiliki keahlian tertentu untuk dapat memberikan nilai-nilai estetik menggunakan aspek psikologis.Aspek Psikologi Karya Sastra Novel Tetralogi Laskar Pelangi ini akan memberikan khasanah baru bagi perkembangan penelitian sartra di negeri ini. Selain itu juga akan mengungkap aspek-aspek yang selama ini menjadi kekuatan sebuah karya sastra yang menarik minat penikmatnya. Dalam peneltian tersebut menjelaskan mengenai aspek-aspek kejiwaan terhadap tokoh- tokoh dalam karya sastra tetralogi Laskar Pelangi dengan mengenal dan menguraikan karakter-karakternya secara deskriptif.Penelitian tersebut terbagi menjadi tiga tahap, yaitu: (1) pengumpulan data, (2) pengolahan data, (3) penafsiran data.Penelitian mengenai psikologis ini selanjutnya akan mengarahkan kepada keberadaan sistem psikologi manusia untuk menterjemahkan, memaknai, menilai, dan menindak eksistensi diri dan lingkungan.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

LOGIKA KONFIGURASI RUANG DAN ASPEK PSIKOLOGI RUANG BAGI LANSIA.

LOGIKA KONFIGURASI RUANG DAN ASPEK PSIKOLOGI RUANG BAGI LANSIA.

utamanya bila ada fasilitas dan kebutuhan- kebutuhan khusus, misalnya fasilitas khusus untuk orang-orang berkebutuhan khusus (penyakit alzheimer). Riset juga dilanjutkan pada isu mikro seperti desain pintu sampai isu makro seperti matrik yang benar untuk servis pada desain (Evans 2007). Hal ini juga dikemukakan oleh IAAP (International Association Of Applied Psychology), division 4 : Environmental Psychology, yang menyebutkan Environmental Psychology adalah sub disiplin didalam psikologi terapan, membahas efek psikologis dari lingkungan fisik dan efek dari aksi manusia pada lingkungannya (IAAP 2007).
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

Winarso W. 2015 . ASPEK PSIKOLOGI SOSIAL

Winarso W. 2015 . ASPEK PSIKOLOGI SOSIAL

Aspek lingkungan sosial merupakan salah satu pemucu terbentuknya perilaku sosial. Pada dasarnya manusia tidak terlepas pada kehidupan sosial. Seorang individu dalam keseharianya pasti berinteraksi dengan individu lain. Disini sosialisasi membentuk pribdi seseorang. Adapun Sosialisasi adalah proses belajar warga masyarakat suatu kelompok kebudayaan tentang nilai-nilai social yang berlaku dalam masyarakat itu. Sosialisasi adalah proses yang berjalan sepanjang hidup social manusia itu sendiri. Selain itu Hollander (1982) Socialization is the term used for the process by which individuals learn and perform behaviour, expected of them by society. In order to survive and work together, people have to agree on certain common values, and conduct themselves accordingly 12 .
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

ASPEK PSIKOLOGI KOGNITIF MENURUT JEROME

ASPEK PSIKOLOGI KOGNITIF MENURUT JEROME

prosses belajar siswa menempuh tiga tahap, yaitu: Tahap informasi tahap penerimaan materi Tahap informasi, yaitu tahap awal untuk memperoleh pengetahuan atau pengalaman baru.. Tahap t[r]

11 Baca lebih lajut

Mantra Tarian Dabus pada Masyarakat Melayu Batu Bara : Suatu Kajian Psikologi Sastra

Mantra Tarian Dabus pada Masyarakat Melayu Batu Bara : Suatu Kajian Psikologi Sastra

Metode penelitian yang digunakan dalam menganalisis masalah ini adalah metode penelitian obsevasi dan metode wawancara dengan teknik lapangan. Penelitian ini menggunakan teori psikologi sastra. adapun unsur-unsur yang dibahas antara lain : tahapan- tahapan pertunjukkan tarian dabus, dan aspek-aspek psikologi pawang dabus, pemain dabus dan khalayak (penonton) dalam mantra tarian dabus Melayu Batu Bara.

1 Baca lebih lajut

Kajian Psikologi Sastra Terhadap Legenda   Raja Sisingamangaraja Xii

Kajian Psikologi Sastra Terhadap Legenda Raja Sisingamangaraja Xii

Penelitian ini merupakan kajian tentang PSIKOLOGI SASTRA TERHADAP LEGENDA RAJA SISINGAMANGARAJA XII. Masalah dalam penelitian ini adalah unsur intrinsik legenda Raja Sisingamangaraja XII, aspek-aspek psikologi sastra yang terkandung dalam legenda Raja Sisingamangaraja XII. Legenda ini merupakan salah satu bentuk cerita yang dimiliki masyarakat Batak Toba, tepatnya berada di Desa Simamora, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan, Provinsi Sumatera Utara. Penelitian ini bertujuan agar mengetahui struktur legenda Raja Sisingamangaraja XII, aspek-aspek psikologi sastra yang terdapat dalam legenda Raja Sisingamangaraja XII.Susunan cerita dan peristiwa yang terjadi didalam legenda Raja Sisingamangaraja XII telah terstruktur dan diterjemahkan menjadi sebuah legenda serta menggali nilai psikosastra yang terkandung didalamnya.Metode yang digunakan dalam menganalisis masalah penelitian adalah metode deskripstif dengan teknik penelitian lapangan. Penelitian ini menggunakan teori struktural dan teori psikologi sastra. Adapun unsur- unsur intrinsik yang terkandung didalam legenda terdiri atas: tema, alur atau plot, latar atau setting, dan perwatakan atau penokohan. Legenda Raja Sisingamangaraja XII, mengisahkan seorang Raja yang berjiwa demokrasi, berloyalitas tinggi, berkharisma, adil dan bijaksana dalam menggayomi dan memimpin rakyatnya.
Baca lebih lanjut

114 Baca lebih lajut

NOVEL BUMI CINTA KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY (TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA DAN NILAI RELIGIUS)

NOVEL BUMI CINTA KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY (TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA DAN NILAI RELIGIUS)

Masalah wanita memang tidak dapat dipungkiri membuat Ayyas mulai merasa resah/ cemas. Kecemasannya tersebut muncul karena banyaknya wanita yang berada di dekatnya. Mungkin keinginan untuk mendapatkan jodoh atau pendamping yang baik dan Muslimah itu ada, dan itu juga merupakan pengaruh dari adanya dorongan Id yang merupakan aspek psikologi kepribadian paling dasar yang di dalamnya terdapat naluri-naluri bawaan organisme. Naluri yang muncul di dalam dirinya merupakan representasi psikologis bawahan dari eksitasi yang diakibatkan oleh munculnya suatu kebutuhan organisme. Kebutuhan-kebutuhan fisiologis, dan rasa aman yang telah dapat terpenuhi, di dalam diri Ayyas muncul kebutuhan akan rasa cinta dan ingin memiliki pasangan hidup. Sebenarnya ia ingin mendapatkan jodoh yang baik dan menikah, namun ia menyadari bahwa ia belum memiliki menemukan wanita yang tepat untuk dirinya yaitu wanita yang muslimah, oleh karena itu ia merepresikan keinginannya tersebut dengan melupakan atau mengalihkan ke alam bawah sadarnya, sehingga persediaan energi psikis yang ada di dalam dirinya dapat mencapai keseimbangan. Hal tersebut merupakan pengaruh dari peran superego yang mampu menguasai Id dengan baik.
Baca lebih lanjut

189 Baca lebih lajut

Mantra Tarian Dabus pada Masyarakat Melayu Batu Bara : Suatu Kajian Psikologi Sastra

Mantra Tarian Dabus pada Masyarakat Melayu Batu Bara : Suatu Kajian Psikologi Sastra

Mantra tarian dabus adalah merupakan kekuatan utama yang diucapkan oleh setiap pawang dabus serta terwujudnya tradisi tarian dabus. mantra tarian dabus ini masih dikenali masyarakat Melayu Batu Bara yang dibawa oleh pawang dabus dan dimainkan oleh pemain dabus dalam pertunjukkan tarian dabus. kemudian, membicarakan tentang tahapan-tahapan pertunjukkan tarian dabus, dan aspek-aspek psikologi pawang dabus, pemain dabus dan khalayak (penonton) dalam mantra tarian dabus Melayu Batu Bara.

9 Baca lebih lajut

LANDASAN PSIKOLOGI DAN AKTUALISASINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM

LANDASAN PSIKOLOGI DAN AKTUALISASINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM

Selain persepsi motivasi juga merupakan salah satu aspek psikologi sosial. Dalam pembelajaran motivasi adalah sesuatu yang menggerakkan atau mendorong peserta didik untuk belajar atau menguasai materi pelajaran yang diikutinya. Dengan motivasi belajar yang tinggi peserta didik dapat mencapai prestasi belajar yang tinggi pula. Secara garis besar ada dua jenis motivasi dilihat dari sumber datangnya yaitu motivasi ekstrinsik dan motivasi instrinsik. Motivasi instrinsik sangat diharapkan akan tetapi justru tidak selalu timbul dalam diri peserta didik.sedangkan motivasi ekstrinsik jika diberikan secara terus menerus akan menimbulkan motivasi dalam diri peserta didik.
Baca lebih lanjut

24 Baca lebih lajut

LATAR BELAKANG  Aspek Kepribadian Tokoh Utama dalam Novel Cinta di Ujung Sajadah Karya Asma Nadia: Tinjauan Psikologi Sastra.

LATAR BELAKANG Aspek Kepribadian Tokoh Utama dalam Novel Cinta di Ujung Sajadah Karya Asma Nadia: Tinjauan Psikologi Sastra.

Nawang Yulianti (2007) melakukan penelitian untuk skripsinya dengan judul “Tingkah Laku Abnormal Tokoh Santo dal am Novelet Tulalit karya Putu Wijaya: Tinjauan Psikologi Sastra”. Hasil penelitian ini tentang tingkah laku abnormal tokoh Santo adalah Schizophrenia Paranoid, (1) tingkah laku abnormal tokoh Santo disebabkan oleh faktor sosial dan psikologis, (2) dari segi pendekatan psikologi sastra mengatakan bahwa tokoh Santo mengalami Schizoprenia Paranoid yang di dalamnya ada gangguan emosi, delusi kejar, delusi kebesaran, delusi pengaruh serta adanya halusinasi melihat seorang wanita terbujur di atas tempat tidur, berhalusinasi melihat sel dan halusinasi melihat wajah istrinya yang hancur, dan berhalusinasi bahwa dirinya akan menjadi korban kecelakaan pesawat.
Baca lebih lanjut

23 Baca lebih lajut

ASPEK-ASPEK PENGASUHAN ANAK PADA PASANGAN PERNIKAHAN BERORIENTASI NILAI-NILAI ISLAM  Aspek-Aspek Pengasuhan Anak Pada Pasangan Pernikahan Berorientasi Nilai-Nilai Islam.

ASPEK-ASPEK PENGASUHAN ANAK PADA PASANGAN PERNIKAHAN BERORIENTASI NILAI-NILAI ISLAM Aspek-Aspek Pengasuhan Anak Pada Pasangan Pernikahan Berorientasi Nilai-Nilai Islam.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek-aspek pengasuhan anak pada pasangan pernikahan yang berorientasi nilai-nilai Islam. Informan dalam penelitian ini adalah 3 pasangan pernikahan monogami yang berusia 20 – 45 tahun, yang memiliki minimal 1 anak berusia 2 – 7 tahun, dan lama menikah 3 tahun. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini dengan pendekatan kualitatif dan pengumpulan data melalui teknik wawancara dan observasi. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa informan menjadikan agama sebagai orientasi dalam menentukan pasangan pernikahan, namun nilai yang dianut tidak sama. Aspek-aspek pengasuhan anak pada pasangan pertama seperti peraturan, kemandirian, komunikasi, kasih sayang, pendidikan dan penanaman nilai Islam, sedangkan pasangan kedua tidak jauh berbeda yaitu peraturan, pendidikan, penanaman nilai Islam, komunkasi dan kasih sayang. Selanjutnya, aspek pengasuhan pada pasangan ketiga diantaranya peraturan dan pengawasan, pendidikan, penanaman nilai Islam, komunikasi, serta kasih sayang. Kesimpulan: Penelitian ini terdapat beberapa aspek pengasuhan yang sejalan dengan pendapat Baumrind (2002) yaitu ada kontrol (aturan), komunikasi dan kasih sayang. Selain itu peneliti menemukan aspek baru dalam proses penelitian yaitu aspek pendidikan dan penanaman nilai Islam. Dari aspek pendidikan dan penanaman nilai Islam muncul di setiap pasangan pernikahan, akan tetapi prosentase dalam menerapkan kedua aspek tersebut berbeda-beda. Implikasi: penelitian ini menunjukkan bahwa individu yang sudah menikah dan belum menikah perlu meningkatkan orientasi keagaaman dengan cara membaca buku/informasi keagamaan, mengikuti diskusi keagamaan, kajian rutin, dan lain sebagainya.
Baca lebih lanjut

19 Baca lebih lajut

MINAT MELANJUTKAN STUDI DITINJAU DARI KONSEP DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI - Unika Repository

MINAT MELANJUTKAN STUDI DITINJAU DARI KONSEP DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI - Unika Repository

35 Saya sering mencari informasi mengenai Program Profesi Psikologi 32 Saya acuh tak acuh pada informasi mengenai Program Magister Psikologi Aspek Keinginan: Mengetahui secara lebi[r]

48 Baca lebih lajut

Bimbingan dan Konseling id. pdf

Bimbingan dan Konseling id. pdf

Ditinjau dari asal katanya, psikologi berasal dari kata psyche yang berarti jiwa, dan Ligos yang berarti ilmu.Jadi secara istilah, psikologi berarti ilmu jiwa atau ilmu yang mempelajari tentang gejala-gejala kejiwaan. Tetapi dalam sejarah perkembangannya , kemudian arti psikologi menjadi ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia. Ini di sebabkan karena jiwa yang mengandung arti yang abstrak itu sukar untuk di pelajari secara objektif. Kecuali itu, keadaan jiwa seseorang melatar belakangi timbulnya hampir setiap tingkah laku. Beragamnya pendapat para ahli psikologi tentang pengertian dari psikologi, sehingga bisa di simpulkan bahwa psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku dan perbuatan individu dimana individu tersebut tidak dapat di lepaskan dari lingkungannya.
Baca lebih lanjut

29 Baca lebih lajut

this PDF file PERTIMBANGAN ASPEK KEJIWAAN TERHADAP FENG SHUI DALAM PERANCANGAN INTERIOR | C. Indrani | Dimensi Interior 1 PB

this PDF file PERTIMBANGAN ASPEK KEJIWAAN TERHADAP FENG SHUI DALAM PERANCANGAN INTERIOR | C. Indrani | Dimensi Interior 1 PB

Fakta, bahwa feng shui tidak sepenuhnya dapat dijelaskan secara nalar, apalagi keilmuan, tampaknya mendorong orang untuk memahami bahwa feng shui tidak jauh dari hal-hal yang tidak nalar (baca: “takhayul”). Feng shui memang dapat dipandang sebagai ilmu pengetahuan (tradisional), namun bukan sepenuhnya psikologi (ilmu pengetahuan modern). Untuk mengetahui mana pengetahuan yang murni dan mana yang sekedar merupakan ekspresi kebudayaan lokal, dibutuhkan keahlian tersendiri. Idealnya seseorang yang mendalami feng shui selayaknya memiliki logika akademis dan kepekaan sosial yang terlatih sehingga bisa membedah ajaran yang dibacanya secara psikologis, sosiologis dan historis, untuk mengetahui apa yang sesungguhnya melandasi segala larangan serta anjuran feng shui tersebut.
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

HCI 2 Faktor Manusia

HCI 2 Faktor Manusia

Aspek Penglihatan  Psikologi warna  perhatikan efek warna  Persepsi  pilih warna yang sesuai untuk menampilkan informasi  Penggunaan warna yang efektif  dari aspek psikologis, [r]

59 Baca lebih lajut

Konflik tokoh tokoh dalam trilogi novel pada Mu aku bersimpuh, biarkan aku jadi milik Mu, dan tempatku di sisi Mu karya gola gong pendekatan psikologi sastra

Konflik tokoh tokoh dalam trilogi novel pada Mu aku bersimpuh, biarkan aku jadi milik Mu, dan tempatku di sisi Mu karya gola gong pendekatan psikologi sastra

Super ego merupakan aspek sosiologi kepribadian yang mempunyai fungsi pokok menentukan benar salahnya atau susila tidaknya sesuatu. Dengan demikian, pribadi dapat bertindak sesuai dengan moral masyarakat. Super ego Hakim ini mendominasi saat dirinya dijodohkan dengan Anah oleh ayahnya sendiri, Pak Haji Budiman. Padahal saat itu Hakim sudah mempunyai istri dan anak di luar negeri. Hakim tidak sanggup mengatakannya karena dia tidak ingin ayahnya terkejut mengetahui dirinya telah menikah. Dia berjanji tidak akan menikah selama studi dan kenyataannya tidak demikian. Hakim telah melanggar kepercayaan ayahnya dan itulah yang membuatnya berdusta. Hakim tidak bermaksud menyembunyikan rahasia itu selamanya karena dia sedang mencari waktu yang tepat untuk mengatakannya. Ego-nya masih mempertimbangkan segala sesuatu agar id dan super ego-nya bisa berjalan seimbang.
Baca lebih lanjut

105 Baca lebih lajut

 BAB I PENDAHULUAN  Aspek Kepribadian Tokoh Karang dalam Novel Moga Bunda Disayang Allah Karya Tere Liye: Tinjauan Psikologi Sastra dan Implementasinya dalam Pembelajaran Sastra di SMA.

BAB I PENDAHULUAN Aspek Kepribadian Tokoh Karang dalam Novel Moga Bunda Disayang Allah Karya Tere Liye: Tinjauan Psikologi Sastra dan Implementasinya dalam Pembelajaran Sastra di SMA.

Abrams (dalam Al’Maruf,2010:108) menjelaskan bahwa latar dalam karya sastra dibagi menjadi tiga yaitu; a) latar tempat, berhubungan dengan keadaan geografis, b) latar waktu, berhubungan dengan zaman dan c) latar sosial berhubungan sosial budaya yang melingkupi kehidupan para tokok. Latar berfungsi untuk memberi suasana dalan cerita. Aspek ruang, waktu dan sosial merupan elemen latar cerita yang berperan menghidupkan imajinasi pembaca. Berdasarkan rangkaian pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa latar atau setting adalah keseluruhan gambaran lingkungan dalam cerita, baik tempat, waktu maupun sosial.
Baca lebih lanjut

20 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...