Bangsa Indonesia

Top PDF Bangsa Indonesia:

PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI PANDANGAN HIDUP BANGSA INDONESIA

PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI PANDANGAN HIDUP BANGSA INDONESIA

Walaupun begitu, banyaknya sebutan untuk Pancasila bukanlah merupakan suatu kesalahan atau pelanggaran melainkan dapat dijadikan sebagai suatu kekayaan akan makna dari Pancasila bagi bangsa Indonesia. Karena hal yang terpenting adalah perbedaan penyebutan itu tidak mengaburkan hakikat pancasila yang sesungguhnya yaitu sebagai dasar negara. Tetapi pengertian pancasila tidak dapat ditafsirkan oleh sembarang orang karena akan dapat mengaturkan maknanya dan pada akhirnya merongrong dasar negara, seperti yang pernah terjadi di masa lalu.
Baca lebih lanjut

5 Baca lebih lajut

Bagaimana jati diri bangsa indonesia sekarang

Bagaimana jati diri bangsa indonesia sekarang

- Tidak, karena akan merusak kepribadian bangsa Indonesia yang seharusnya sesuai dengan nilai-nilai pancasila sebagai jati diri bangsa Indonesia. Untuk itu kita perlu menyaring budaya- budaya yang mengglobalisasi hingga masuk ke negara kita danmelindungi budaya bangsa kita melalui pengajaran nilai – nilai budaya bangsa Indonesia yang sesuai jati diri bangsa

2 Baca lebih lajut

Orang Bangsa Indonesia Asli

Orang Bangsa Indonesia Asli

Sejak abad ke tiga dan empat Masehi, baru mulai tampak unsur kebudayaan asal Hindia,ialah unsur-unsur kebudayaan yang terbawa ke Asia tenggara oleh penyebaran agama Hindu dan Budha kedaerah lain. Bersamaan dengan penyebaran itu mulailah suatu babak baru dalam sejarah kebudayaan bangsa Asia Tenggara, khususnya Indonesia, karena adanya kepandaian tulis menulis sebagai akibat pengaruh kebudayaan Hindia itu. Dengan itu juga berhentilah abad-abad pra histori dan mulailah abad-abad histori atau abad-abad sejarah bangsa Indonesia.Melalui perniagaan timbullah kerajaan-kerajaan Indonesia pada kir-kira abad keempat. Dari apa yang diuraikan bahwa tidak ada ras yang murni misalnya ras Melayu,Austro- Melanesia atau Mongoloid yang mendiami Nusantara ini. Persilangan yang dialami berabad- abad antara keturunan manusia-manusia yang semula bersal dari keturunan nenek moyang manusia Wajak,yaitu ras Melayu Purba,Austroloid dan Melasonoid,dengan bangsa yang berciri Paleo Mongoloid, Dapatlah dikatakan bahwa telah terbentuk ras baru,yaitu bukan salah satu arti ras yang yang ada,meskipun type-typenya menunjukkan kecenderungan kepada type-type stock ras yang ada tersebut diatas.
Baca lebih lanjut

26 Baca lebih lajut

BANGSA INDONESIA MASYARAKAT DWIBAHASA

BANGSA INDONESIA MASYARAKAT DWIBAHASA

Orang Indonesia, bangsa Indonesia yang tinggal di manapun, pergi kemanapun seantero kepulauan Nusantara, dari Sabang sampai Merauke dari Sangir Talaud sampai Alor-Solor-Timor; lancar dan nikmat berkomunikasi, bertegursapa, bersilaturahim menggunakan bahasa nasional, bahasa persatuan, Bahasa Indonesia, meski bangsa Indonesia ini masyarakat dwibahasa ”bilinguistic society” hampir semua suku bangsa Indonesia memiliki dan menggunakan dua macam bahasa, yaitu Bahasa Ibu/Bahasa Daerah yang pertama kali diperoleh, dipelajari di keluarga, pada lingkungan pendidikan informal, yang oleh karena itu disebut B 1 (B-satu) dan bahasa yang kedua yang
Baca lebih lanjut

33 Baca lebih lajut

Inilah strategi bangsa Indonesia dalam m

Inilah strategi bangsa Indonesia dalam m

demokratisasi. Akan tetapi demokratisasi yang diusung adalah demokrasi yang dikehendaki oleh negara-negara adidaya yang digunakan untuk menekan bahkan menyerang negara-negara berkembang yang bukan sekutunya. Akibatnya adalah selalu terjadi konflik kepentingan yang pada akhirnya mengarah pada pertikaian antar negara. Berkaitan dengan hal tersebut, Indonesia sebagai negara yang menganut paham demokrasi Pancasila harus mampu menumbuhkan pemerintahan yang kuat,mandiri dan tahan uji serta mampu mengelola konflik kepentingan yang dapat menghancurkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia yang pluralistik, dengan tetap memperteguh wawasan kebangsaan yang berlandaskan Bhinneka Tunggal Ika.
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

Bahasa Indonesia Sebagai Jati Diri Bangsa Indonesia

Bahasa Indonesia Sebagai Jati Diri Bangsa Indonesia

Dari uraian di atas pemerintah perlu mengeluarkan undang- undang untuk mengatur semua itu. Dalam hal ini Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa menerbitkan Undang- Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan. Hal tersebut ditempuh pemerintah karena pada zaman era globalisasi seperti sekarang ini bangsa Indonesia dituntut untuk dapat mempertahankan diri di tengah-tengah pergaulan antar bangsa. Salah satunya yang perlu diperhatikan adalah persoalan jati diri bangsa yang dituangkan melalui jati diri bahasa. Hal tersebut menunjukkan bahwa pemerintah mempunyai tanggungjawab yang besar terhadap pembinaan dan pengembangan bahasa Indonesia, sebagai upaya pemerintah untuk mempertahankan bahasa Indonesia sebagai jati diri bangsa. Kita sadari saat ini bangsa kita justru seolah-olah sedang bergeser untuk menguasai bahasa asing terutama bahasa Inggris untuk kepentingan dunia pendidikan atau ekonomi. Tak heran kata-kata serapan dari bahasa asing kian banyak memperkaya kosa kata bahasa Indonesia. Tuntutan kepentingan dunia pendidikan yang berpadu dengan tuntutan serapan dunia kerja (ekonomi) menjadikan bahasa asing Inggris menjadi bahasa wajib di tanah air.
Baca lebih lanjut

23 Baca lebih lajut

Polri dan Masa Depan Bangsa Indonesia

Polri dan Masa Depan Bangsa Indonesia

Pemisahan Polri dari ABRI merupakan pemaknaan ulang terhadap fungsi dan tugas polisi secara universal (kepolisian modern). Dalam konteks pemaknaan universal, kedudukan TNI dan Polri pada masa itu harus diresposisi. Konsep penegakan hukum di dalam negeri harus dikembalikan kepada institusi kepolisian yang memiliki visi penegakan hukum sipil untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), sesuai dengan amanat UUD 1945 pasal 30 ayat (4): Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagai alat negara yang menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat bertugas menlindungi, mengayomi, melayani masyarakat, serta menegakkan hukum.” Hal paling mendasar dan tak mungkin diabaikan adalah bahwa Polri sebagai institusi sipil, sesuai dengan norma universal yang tertuang dalam Resolusi PBB Nomor 143 tahun 1960, 14 Juli di Kongo, tentang Polisi Non-Combatant (institusi sipil). Pasca pemisahan Polri dari ABRI maka salah satu aspek mendasar dalam perubahan konsep kepolisian pasca reformasi 1998 adalah status Polri sebagai institusi sipil. Polri sebagai “democratic policing,” atau pemolisian demokratis adalah suatu pranata umum sipil yang mengatur tata tertib (orde) dan hukum yang menjunjung tinggi HAM, sepenuhnya di bawah otoritas pemerintahan sipil, demokratis, mandiri, akuntabel, transparan serta menjalankan tugas dan fungsinya secara profesional.
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

MANUSIA DAN PERADABAN BANGSA indonesia

MANUSIA DAN PERADABAN BANGSA indonesia

Manusia beradab adalah manusia yang bisa menyelaraskan antara, cipata, rasa, dan karsa. Kaelan (2002) menyatakan manusi yang beradab adalah manusi yang mampu melaksanakan hakikatnya sebagai manusia (monopluraris secara optimal). Manusia adalah makhluk yang beradab sebab dianugrahi karkat, martabat, serta potensi kemanusiaan yang tinggi. Konsep masyarakat adab berasal dari konsep civil society, dari asal kata cociety civilis.istilah masyarakat adab dikenal dengan kata lain masyarakat sipil, masyarakat warga, atau masyarakat madani. Pada mulanya, civil society berasal dari dunia barat. Adalah datao answar ibrahim(mantan wakil perdana mentri malaysia)yang pertama kali memperkenalkan istilah masyarakat madani sebagaia istilah lain dari civil society. Nurcholish madjid mengindonesiakan civil society (inggris) dengan masyarakat madani. Oleh banyak kalangan, istilah civil society dapat diterjemahkan dalam bahasa indonesia dengan berbagai istilh antara lain :
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

Pandangan hidup bangsa Indonesia tentang

Pandangan hidup bangsa Indonesia tentang

Kesimpulan yang ditarik dari penerapan Pancasila selama periode ini adalah Pancasila diarahkan sebagai ideology liberal yang ternyata tidak menjamin stabilitas pemerintahan.. Pada per[r]

2 Baca lebih lajut

RAGAM BAHASA Rumusan masalah. docx (1)

RAGAM BAHASA Rumusan masalah. docx (1)

Bahasa Indonesia merupakan bahasa dari bangsa kita yang sudah dipakai oleh bangsa Indonesia sejak dahulu kala sebelum Belanda menjajah Indonesia, namun tidak semua orang menggunakan tata cara atau aturan- aturan yang benar, salah satunya pada penggunaan bahasa Indonesia itu sendiri yang tidak sesuai dengan ejaan dan Kamus Besar Bahasa Indonesia oleh karena itu pengetahuan tentang ragam bahasa cukup penting untuk mempelajari bahasa Indonesia dan bisa diterapkan dengan baik sehingga identitas kita sebagai warga negara Indonesia tidak akan hilang.
Baca lebih lanjut

24 Baca lebih lajut

BAHASA INDONESIA SEBAGAI IDENTITAS BANGSA

BAHASA INDONESIA SEBAGAI IDENTITAS BANGSA

Identitas selain pengakuan terhadap diri sendiri, kesadaran diri sebagai individu, insan tak terbagikan, juga pengakuan keanggotaan suatu kebersamaan atau bangsa. Kita mengidentifikasikan diri dengan bangsa kita, kita satu dengannya dan kembali menemukan diri dalam bangsa kita. Identifikasi merupakan fungsi sadar setiap individu dalam suatu kebersamaan senasib atau se-asal. Simbol-simbol identitas nasional seperti bendera merah-putih, Garuda Pancasila, Lagu Indonesia Raya, kesebelasan nasional, tim bulu tangkis nasional, dan sebagainya membantu kita untuk memper-erat dan menegaskan identitas bersama yang telah dimatangkan sejarah. Bagi bangsa Indonesia salah satu warisan historis dan hakiki untuk identitas bersama yakni bahasa Indonesia yang dicetuskan generasi pemuda 1928. Sumpah pemuda 1928 di tengah trik politik penjajah 'Divide et impera' (perintah belanda yang berusaha memecah- belah bangsa Indonesia) dan jajah!) merupakan 'blessing in disguise' (rahmat dalam ketidakpastian) bagi penghuni nusantara.
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

Indonesia Sebagai Pemimpin Bangsa Bangsa

Indonesia Sebagai Pemimpin Bangsa Bangsa

Kendala yang cukup banyak inilah yang menyulitkan Indonesia untuk memimpin negara- negara di Asia, selain kasus internal yang begitu rumit dan sulit untuk diselesaikan, eksistensi bangsa Indonesia di Asia juga cenderung redup. Selain diredupkan kasus korupsi yang menggurita, nama baik Indonesia juga mulai redup semenjak adanya kasus terorisme. Sejak awal terjadinya terorisme di Indonesia pada tahun 2002 yang dikenal dengan istilah bom Bali 1, keamanan dan stabilitas Indonesia mulai diragukan. Peristiwa bom bali 1 ini terjadi pada tanggal 12 Oktober tahun 2002 dengan tiga lokasi pengeboman yaitu di Paddy’s Pub dan Sari Club di jalan Legian, Kuta Bali dan di Konsulat Amerika Serikat. Tahun 2003, terjadi pengeboman dengan dugaan bom bunuh diri di Hotel JW Marriot di Kawasan Mega Kuningan, Jakarta. Tahun 2004, pengeboman selanjutnya terjadi di Kedubes Australia di Kawasan Kuningan Jakarta. Tahun 2005, terorisme kembali dilakukan di Bali yang di sebuat dengan istilah bom Bali 2 pada tanggal 1 Oktober 2005. Ledakan terjadi di R.AJA’s Bar dan Restaurant, Kuta square, daerah pantai kuta dan di Nyoamn Cafe’ Jimbaran. Dan terakhir tahun 2011 terjadi peneboman yang diduga bom bunuh diri di sebuah masjid Mapolresta Cirebon saat shalat Jumat. Meskipun para terorisnya sudah ditangkap dan dihukum mati, pengeboman yang terjadi lima tahun berturut-turut telah mengurangi tingkat kepercayaan internasional terhadap keamanan dan stabilitas Indonesia. Citra buruk sebagai negara teroris itu tetap melekat untuk Indonesia. Dengan kondisi semacam inilah selain dituntut untuk membenahi diri menjadi lebih baik, Indonesia juga dituntut untuk mengembalikan rasa kepercanyaan masyarakat Internasional terhadap negara Indonesia.
Baca lebih lanjut

23 Baca lebih lajut

Bahasa Indonesia Sebagai Pemersatu Bangsa

Bahasa Indonesia Sebagai Pemersatu Bangsa

Sejak dahulu, bangsa Indonesia dikenal sebagai bangsa yang multikultural dan sekaligus juga multilingual. Hal ini berarti bahwa setiap suku atau kelompok etnik mempunyai tradisi dan kebudayaan sendiri, termasuk keanekaan bahasanya. Bahasa-bahasa kelompok etnik tersebut, atau lebih dikenal sebagai bahasa daerah, selain dituturkan dan didukung oleh jumlah kelompok penutur yang sangat variatif, juga memiliki wilayah yang tersebar luas. Tersebarnya bahasa daerah tertentu ke wilayah lain di Nusantara tentunya memungkinkan terjadinya persaingan antarbahasa daerah tersebut. Hal ini perlu disikapi secara serius oleh para pengambil kebijakan dalam hal ini pemerintah. Kalau dibiarkan pergesekan antarbahasa daerah tersebut,
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

Hubungan Dasar Negara dan Konstitusi

Hubungan Dasar Negara dan Konstitusi

6. Pancasila sebagai falsafah hidup yang mempersatukan bangsa Indonesia Pancasila merupakan falsafah hidup dan kepribadian bangsa Indonesia yang mengandung nilai dan norma yang oleh bangsa Indonesia diyakini karena sesuai dan tepat bagi bangsa Indonesia sehingga dapat mempersatukan bangsa

5 Baca lebih lajut

KOLONIALISME BANGSA BARAT DI INDONESIA

KOLONIALISME BANGSA BARAT DI INDONESIA

Kebijakan pertama dan kedua disalahgunakan oleh Pemerintah Belanda dengan membangun irigasi untuk perkebunan-perkebunan Belanda dan emigrasi dilakukan dengan memindahkan penduduk ke daerah perkebunan Belanda untuk dijadikan pekerja rodi. Hanya pendidikan yang membawa dampak positif bagi bangsa Indonesia.

8 Baca lebih lajut

Kedatangan bangsa barat di Indonesia

Kedatangan bangsa barat di Indonesia

Canraad Theodore van deventeer, 1899, telah menulis di majalah de gids yang berjudul een eereschuld (utang budi) yang intinya belanda sudah selayaknya membalas budi pada bangsa Indonesia. Cara membalas dengan trilogy van deventeer, yaitu :

12 Baca lebih lajut

Nasionalisme religius partai demokrat

Nasionalisme religius partai demokrat

Sebagai penunjang langkah awal dari metode diatas, maka kemudian dilengkapi dengan metodologi yang secara umum dikenal dengan penelitian kepustakaan (library research). Untuk penelitian kepustakaan ini, penulis menggunakan literature-literatur yang mengkaji tentang wacana ideologi dan sistem kenegaraan dan sebagai sumber utama kajian kepustakaan adalah buku dengan judul NASIONALIS RELIGIUS: Jati Diri Bangsa Indonesia, karya Prof. Dr. A. Mubarok dengan pengantar Susilo Bambang Yudhoyono. Hal ini dilakukan dengan berbagai pertimbangan. Pertama, menganalisa sebuah wacana yang diusung oleh sebuah Partai membutuhkan landasan teoritis yang kuat untuk mencapai hasil yang optimal. kedua, untuk mendukung upaya optimal tersebut maka salah satu diantaranya adalah terpenuhinya data-data yang orisinil melalui penelitian kepustakaan yang juga menjanjikan obyektifitas terhadap obyek kajian yang akan dianalisa; ketiga, kajian kepustakaan dilakukan sebagai langkah awal dari upaya pengumpulan data, dan kemudian sebagai langkah praktisnya dibarengi dengan riset lapangan, yang mana menggali wacana tersebut langsung dari sumbernya
Baca lebih lanjut

55 Baca lebih lajut

HIKMAH PERKEMBANGAN BANGSA dan INDONESIA

HIKMAH PERKEMBANGAN BANGSA dan INDONESIA

kita bagi pemerintahan, baik berupa pendapat maupun kritik. Namun perlu diingat, bahwa kebebasan dalam beraspirasi tersebut harus tetap mengikuti norma-norma yang berlaku. Aspirasi yang kita sampaikan harus dapat berguna bagi kemajuan bangsa, jangan sampai malah memecah belah persatuan bangsa. Intinya, reformasi harus bisa menjadikan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang lebih demokratis, sebagaimana cita-cita dari reformasi itu sendiri.

6 Baca lebih lajut

MAKALAH SEJARAH INDONESIA TENTANG PERSEB

MAKALAH SEJARAH INDONESIA TENTANG PERSEB

Persebaran Nenek Moyang Bangsa Indonesia| Nenek monyang bangsa indonesia memiliki asal-muasal nenek monyang bangsa indonesia itu dari mana ??.Serta Proses datangnya ke Indonesia, Nenek Monyang bangsa indonesia terdapat dari rumpun-rumpun seperti Rumpun Melayu Austronesia, Masyarakat tani di yunan, dan adapula cara kedatangan nenek monyang bangsa indonesia yaitu Kedatangan Proto Melayu, Kedatangan Duetro Melayu, Dalam Kedatangan nenek monyang memiliki jalur-jalur dalam kedatangannya atau dari mana mereka berasal serta dalam kedatangan nenek monyang bangsa indonesia membawa berbagai alat-alat atau peralatan-peralatan. Untuk mengetahui asal nenek monyang bangsa indonesia dapat menggunakan dua cara yaitu persebaran rumpun bahasa dan persebaran budaya bercocok, Untuk mengetahui Persebaran Nenek moyang bangsa indonesia mari kita lihat pembahasan dibawah ini...
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

BAB II PANCASILA SEBAGAI FILSAFAT - Pancasila Sebagai Filsafat - Repository UNIKOM

BAB II PANCASILA SEBAGAI FILSAFAT - Pancasila Sebagai Filsafat - Repository UNIKOM

Sejarah Pancasila tidak dapat dipisahkan dengan sejarah bangsa Indonesia itu sendiri karena itu dalam tulisan ini kami mencoba mulai dari masa kejayaan bahwa Indonesia merdeka yang kemidian mengalami penderitaan akibat ulah kolonialisme sehingga timbul perjuangan bangsa Indonesia melawan kolonialisme tersebut kemudian bangsa Indonesia berhasil meproklamasikan kemerdekaan dan berhasil juga menjawab tanatangan tersebut serta mengisi kemerdekaannya itu dengan pembangunnan. Dalam seluruh peristiwa tersebut Pancasila mempunyai peranan penting.
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...