Bangun Datar

Top PDF Bangun Datar:

Aplikasi Pembelajaran Geometri Bangun Datar dan Bangun Ruang untuk Sekolah Menengah.

Aplikasi Pembelajaran Geometri Bangun Datar dan Bangun Ruang untuk Sekolah Menengah.

Aplikasi ini dirancang untuk pembelajaran siswa di sekolah menengah tentang geometri bangun datar dan bangun ruang. Aplikasi ini dirancang semenarik mungkin untuk para siswa. Fitur-fitur pada aplikasi ini diantaranya deskripsi bangun, kuis, dan juga perhitungan sederhana untuk menguji kemampuan siswa seperti perhitungan luas, keliling, volume dan lain-lain.

17 Baca lebih lajut

Animasi Sistem Pembelajaran Matematika Pada Bangun Datar Dan Bangun Ruang Untuk Sekolah Menengah Pertama Dengan Flash CS3

Animasi Sistem Pembelajaran Matematika Pada Bangun Datar Dan Bangun Ruang Untuk Sekolah Menengah Pertama Dengan Flash CS3

Prisma adalah bangun ruang yang dibatasi oleh dua buah bidang sejajar serta beberapa bidang yang saling berpotongan menurut garis-garis yang sejajar. Dua bidang yang sejajar tersebut dinamakan bidang alas dan bidang atas, bidang lainnya disebut dengan bidang tegak, sedangkan jarak antara kedua bidang tersebut disebut tinggi prisma.

16 Baca lebih lajut

PERSEPSI GURU DAN SISWA TERHADAP ALAT PERAGA BANGUN DATAR BERBASIS METODE MONTESSORI SKRIPSI

PERSEPSI GURU DAN SISWA TERHADAP ALAT PERAGA BANGUN DATAR BERBASIS METODE MONTESSORI SKRIPSI

SA membagi tugas dengan teman kelompoknya dan dia mendapat tugas untuk membuktikan sifat-sifat bangun jajar genjang, SA membaca satu persatu sifatnya kalu membuktikannya dengan mengunakan alat peraga. SB mengerjakan lembar kerja siswa dengan membaca sifat-sifat jajar genjang lalu menerima bangun jajar genjang yang diberikan oleh SC dan menunjukkan sisi yang sejajar yaitu dengan memegang kedua sisi atas dan bawah serta sisi kanan dan kiri lalu menyeret sisi tersebut secara bergantian lalu bertanya kepada peneliti mengenai apa yang dia lakukan benar apa salah. Lalu mengambil bangun jajar genjang yang dibawa oleh SC lalu membaca sifat-sifatnya lalu memegang sisi, sudut dan diagonal secara bergantian. SC membaca sifat-sifat jajar genjang dan mengambil bangun jajar genjang lalu di berikan oleh SB. Lalu membaca sifat yang kedua mengenai garis diagonal pada bangun jajar genjang dan berkata “kalau diagonal ini gimana?”lalu bertanya kepada salah satu peneliti. Dan memberikan bangun jajar genjang kepada SB karena SB yang akan mempresentasikan bangun jajar genjang. SC mengambil bangun trapesium sembarang dan berkata “aku tak ini aja SB, trapesium sama kaki” setelah itu mengambil satu bagian dari segitiga siku-siku lalu menempelkan pada sisi atas dan bawah pada segitiga sembarang yang dibawanya dan berkata “kok bedo, eh ini harusnya sama hlo, org trapesium sama kaki kok, kok beda sih” setelah itu mengambil bangun trapesium siku-siku lalu menempelkan sisi miring dengan sisi trapesium sembarang dan berkata lagi “ kok beda lagi, jangan-jangan salah nih? ” Lalu melihat teman yang sedang meletakkan bangun trapesium sama kaki kedalam alasnya dan berkata “oh pantes ngga ketemu orang tok bawa”, lalu mengambil trapesium yang diletakakkan oleh temannya lalu menempelkan sisi miring trapesium sama kaki dengan sisi yang berhadapan pada segitiga sama kaki dan berkata “ini baru bener” Lalu SC mengambil bangun trapesium sama kaki setelah itu membaca sifat-sifatnya lalu menunjukkan sudut dan diagonal pada bangun trapesium siku-siku secara bergantian. G berkata “sudah bisa ya semuanya? Beri tepuk tangan untuk kelompok SB Sekarang mengerjakan lembar evaluasi”
Baca lebih lanjut

177 Baca lebih lajut

PEMBELAJARAN BANGUN DATAR (2)

PEMBELAJARAN BANGUN DATAR (2)

Jika kita melipat dengan cara apapun jajargenjang di atas maka kita tidak akan memperoleh dua buah bangun yang kongruen. Sampaikan kepada siswa bahwa bangun yang demikian itu tidak mempunyai simetri lipat karena tidak mempunyai sumbu simetri. Untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap simetri lipat, mintalah mereka menyelesaikan beberapa soal latihan yang telah disiapkan oleh guru.

28 Baca lebih lajut

MAKALAH TENTANG PERANCANGAN TUGAS UTS

MAKALAH TENTANG PERANCANGAN TUGAS UTS

Seperti yang kita ketahui bahwa bangun datar merupakan sebutan untuk beragam jenis bangun dua dimensi. Setiap jenis bangun datar tersebut tentu memiliki ciri-ciri dan sifat tertentu.Maka dalam perhitungan bangun datar yang berbentuk pemrograman dalam konsep OOP “ INHERITANCE” ( pewarisan ) dan

17 Baca lebih lajut

Institutional Repository | Satya Wacana Christian University: Perbedaan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran STAD yang Dikombinasikan Teori Permainan Dienes dengan Model Mekanistik Siswa Kelas 4 SD Negeri Tlompakan 03 dan 01 Tuntang Sem

Institutional Repository | Satya Wacana Christian University: Perbedaan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran STAD yang Dikombinasikan Teori Permainan Dienes dengan Model Mekanistik Siswa Kelas 4 SD Negeri Tlompakan 03 dan 01 Tuntang Sem

Suatu bangun apabila dilipat sisi-sisinya saling berhimpit dengan tepat maka, bangun tersebut mempunyai simetri lipat. Bekas lipatan tersebut disebut sumbu simetri lipat. Banyaknya simetri lipat sama dengan banyaknya sumbu simetrinya. Bangun datar yang dapat dilipat menjadi dua bagian sama besar dan berhimpit dengan tepat disebut bangun datar simetris.

89 Baca lebih lajut

Marsigit Mathilda Susanti Ali Mahmudi Atmini Dhoruri

Marsigit Mathilda Susanti Ali Mahmudi Atmini Dhoruri

Banyak masalah dalam kehidupan sehari-hari yang dapat diselesaikan dengan menggunakan konsep kesebangunan. Misalnya, kamu ingin mengetahui tinggi suatu benda, tetapi sulit untuk mengukur benda tersebut secara langsung. Masalah tersebut identik dengan kasus ketika pada suatu waktu di siang hari, panjang bayangan anak yang tingginya 150 cm adalah 50 cm. Kemudian, pada waktu yang sama panjang bayangan menara adalah 10 m, berapakah tinggi menara tersebut? Kasus ini dapat kamu selesaikan dengan konsep kesebangunan pada bangun datar segitiga. Kamu akan mempelajarinya pada subbab ini.

202 Baca lebih lajut

Matematika 3 Kelas 9 Marsigit Mathilda Susanti Ali Mahmudi Atmini Dh 2011

Matematika 3 Kelas 9 Marsigit Mathilda Susanti Ali Mahmudi Atmini Dh 2011

Banyak masalah dalam kehidupan sehari-hari yang dapat diselesaikan dengan menggunakan konsep kesebangunan. Misalnya, kamu ingin mengetahui tinggi suatu benda, tetapi sulit untuk mengukur benda tersebut secara langsung. Masalah tersebut identik dengan kasus ketika pada suatu waktu di siang hari, panjang bayangan anak yang tingginya 150 cm adalah 50 cm. Kemudian, pada waktu yang sama panjang bayangan menara adalah 10 m, berapakah tinggi menara tersebut? Kasus ini dapat kamu selesaikan dengan konsep kesebangunan pada bangun datar segitiga. Kamu akan mempelajarinya pada subbab ini.

202 Baca lebih lajut

Buku Matematika Kelas 9 Marsigit

Buku Matematika Kelas 9 Marsigit

Banyak masalah dalam kehidupan sehari-hari yang dapat diselesaikan dengan menggunakan konsep kesebangunan. Misalnya, kamu ingin mengetahui tinggi suatu benda, tetapi sulit untuk mengukur benda tersebut secara langsung. Masalah tersebut identik dengan kasus ketika pada suatu waktu di siang hari, panjang bayangan anak yang tingginya 150 cm adalah 50 cm. Kemudian, pada waktu yang sama panjang bayangan menara adalah 10 m, berapakah tinggi menara tersebut? Kasus ini dapat kamu selesaikan dengan konsep kesebangunan pada bangun datar segitiga. Kamu akan mempelajarinya pada subbab ini.

Baca lebih lajut

Inisiasi 2 Geometri dan Pengukuran

Inisiasi 2 Geometri dan Pengukuran

Bangun datar yang akan dipelajari adalah segitiga, segiempat dan segilima. Segitiga merupakan model bangun datar yang dibatasi oleh tiga ruas garis. Segitiga bisa dikelompokkan menurut tiga hal yaitu menurut panjang sisinya, besar sudutnya, dan besar sudut beserta panjang sisinya. Berdasarkan panjang sisinya segitiga dikelompokkan dalam 3 jenis yaitu segitiga sembarang, segitiga sama kaki dan segitiga sama sisi. Jika berdasarkan besar sudutnya, segitiga juga dikelompokkan menjadi 3 jenis yaitu segitiga lancip, segitiga tumpuldan segitiga siku-siku. Sedangkan menurut besar sudut dan panjang sisinya, diperoleh beberapa jenis segitiga seperti pada tabel berikut.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

Kisi – kisi Tes Kemampuan Pemecahan Masalah Bangun Ruang Siswa Kelas VIII

Kisi – kisi Tes Kemampuan Pemecahan Masalah Bangun Ruang Siswa Kelas VIII

Dalam kegiatan ini siswa merespon pertanyaan guru mengenai arti bangun ruang sisi datar serta memberikan contoh bangun ruang sisi datar yang diketahui dengan mengingat kembali materi pembelajaran yang telah dipelajari sebelumnya agar siswa dapat mengikuti pemebelajaran berikutnya (materi tentang prisma dan limas) dengan mudah.

Baca lebih lajut

Matematika

Matematika

= 21 cm – 15 cm = = 6 cm = = 10 cm Keliling bangun ABCDEF = AB + BC + CD + DE + EF + FA

Baca lebih lajut

Materi Pengayaan UN Matematika SMP MTs 2016

Materi Pengayaan UN Matematika SMP MTs 2016

= 21 cm – 15 cm = = 6 cm = = 10 cm Keliling bangun ABCDEF = AB + BC + CD + DE + EF + FA

Baca lebih lajut

US SMP Matematika   Kunci Jawab

US SMP Matematika Kunci Jawab

= 21 cm – 15 cm = = 6 cm = = 10 cm Keliling bangun ABCDEF = AB + BC + CD + DE + EF + FA

Baca lebih lajut

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI LUAS BANGUN RUANG MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI KEMBANGKUNING 1 WINDUSARI.

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI LUAS BANGUN RUANG MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI KEMBANGKUNING 1 WINDUSARI.

bangun ruang. Selama ini guru menggunakan metode yang umum dilakukan, yaitu mendengarkan, mencatat, dan mengerjakan lathan tanpa menggunakan media pembelajaran. Media pembelajaran ini mempunyai kelebihan yaitu dalam waktu singkat anak memahami materi pelajaran, namun tingkat retensi pemahaman siswa tidak optimal. Melalui medeia pembelajaran yang tepat dapat membentuk sistem pembelajaran yang logis artinya dapat dipikirkan dan dipahami oleh siswa dan sistematis artinya urutan pembelajaran disusun dengan teratur dan berurutan sehingga dapat dipahami setiap konsep yang diberikan dan diajarkan kepada peserta didik, dalam hal ini siswa.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...