Bantuan Operasional Sekolah

Top PDF Bantuan Operasional Sekolah:

BUKU PANDUAN BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH

BUKU PANDUAN BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH

Program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang dimulai sejak bulan Juli 2005, telah berperan dalam percepatan pencapaian program Wajib Belajar 9 tahun. Oleh karena itu, mulai tahun 2009, pemerintah melakukan perubahan tujuan, pendekatan dan orientasi BOS. Program BOS ke depan bukan hanya berperan untuk mempertahankan APK, namun harus juga berkontribusi penting untuk peningkatan mutu pendidikan dasar. Selain itu, dengan biaya satuan BOS yang telah dinaikkan secara signifikan, program ini akan menjadi pilar utama untuk mewujudkan pendidikan gratis di pendidikan dasar.
Baca lebih lanjut

179 Baca lebih lajut

   PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL  SEKOLAH (BOS) DI SD N Pengelolaan Dana BAntuan Operasional Sekolah (BOS) Di SD N Kemasan I Surakarta.

PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) DI SD N Pengelolaan Dana BAntuan Operasional Sekolah (BOS) Di SD N Kemasan I Surakarta.

3.1 Perencanaan pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Dalam proses perencanaan pengelolaan Dana BOS komponen yang terlibat didalam pengelolaan dana BOS adalah Kepala Sekolah sebagai penanggung jawab, Bendahara sekolah, sebagaian dewan guru dan Komite sekolah. Proses perencanaan diawali dengan menyusun RAKS oleh tim manajemen bos sekolah, guru dan komite sekolah selanjutnya kami sering melibatkan beberapa stekholder sekolah yakni pihak- pihak yeng berkepentingan dengan sekolah, dan mereka menjalankan perannya masing-masing yakni Tim Manajemen Bos, dewan guru dan Komite sekolah. Dalam hal ini penelitian ini sesuai dengan penelitian dari Rose Kahavizakiriza, Kisiangani Benson Walela dan Danstanwanyonyikukubo, 2015, hasil penelitianya : Sekolah tergantung pada dana dari orang tua dan pemerintah dan hampir tidak dana yang dihasilkan dari mereka sendiri , penyusunan anggaran dilakukan oleh Kepala Sekolah , HODs dan Bursars , pemantauan dan pengawasan anggaran sekolah dilakukan oleh Kepala Sekolah dan B.O.Gs , persetujuan anggaran itu terutama dilakukan oleh B.O.Gs. Demikian halnya dengan penelitian Ho, Hsuan- fu, 2010, hasil penelitiannya antara lain pemerintah perlu memberikan sekolah kebebasan untuk merumuskan anggaran mereka sendiri, memastikan bahwa jumlah dana yang tepat. Selanjutnya pihak sekolah harus meningkatkan sistem audit, membuat informasi anggaran sekolah lebih transparan.
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

PELAKSANAAN BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) PADA MADRASAH NEGERI

PELAKSANAAN BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) PADA MADRASAH NEGERI

BOS adalah program pemerintah yang pada dasarnya adalah untuk penyediaan pendanaan biaya operasional non personalia bagi satuan pendidikan dasar sebagai pelaksana program wajib belajar. Menurut PP 48 Tahun 2008 tentang Pendanaan Pendidikan, biaya non personalia adalah biaya untuk bahan atau peralatan pendidikan habis pakai, dan biaya tidak langsung berupa daya, air, jasa telekomunikasi, pemeliharaan sarana dan prasarana, uang lembur, transportasi, konsulmi, pajak, asuransi, dll. Namun demikian, ada beberapa jenis pembiayaan investasi dan personalia yang diperbolehkan dibiayai dengan dana BOS. Secara detail jenis biaya yang boleh dibiayai dari dana BOS dibahas pada penggunaan dana BOS. C. Tujuan Bantuan Operasional Sekolah
Baca lebih lanjut

80 Baca lebih lajut

PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH  DI SEKOLAH   PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR SE GUGUS IRAWAN KECAMATAN MASARAN KABUPATEN SRAGEN.

PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH DI SEKOLAH PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR SE GUGUS IRAWAN KECAMATAN MASARAN KABUPATEN SRAGEN.

There are three main goals in this research. First, this research aims to describe the characteristics on the process of getting the School Operational Aid Fund or “Bantuan Operasional sekolah” (BOS) including planning, implementation, and evaluation on the use of it in elementary school especially at Gugus Irawan. Second, this research aims to describe about the allocation on the use of School Operational Aid Fund (BOS). Third, this research tries to describe about the barriers faced in managing School Operational Aid fund (BOS) and how to solve those problems in elementary school especially at Gugus Irawan Masaran.
Baca lebih lanjut

19 Baca lebih lajut

BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH BOS SEKOLAH

BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH BOS SEKOLAH

Usaha untuk memenuhi amanat Undang-undang tersebut dilakukan melalui program Wajib Belajar 9 Tahun. Program yang telah dimulai dari tahun 1994 tersebut berhasil dituntaskan dengan indikator Angka Partisipasi Kasar (APK) SMP mencapai 98,2% pada tahun 2010. Konsekuensi dari keberhasilan program Wajib Belajar 9 Tahun tersebut adalah meningkatnya jumlah siswa lulusan SMP yang harus ditampung oleh pendidikan menengah. Pusat Data dan Statistik Pendidikan atau PDSP, Kemdikbud (2011) menyatakan bahwa dari 4,2 juta lulusan SMP, hanya sekitar 3 juta yang melanjutkan ke Sekolah Menengah (SM) dan sisanya sebesar 1,2 juta siswa tidak melanjutkan. Sementara pada waktu yang bersamaan sekitar 159.805 siswa SM mengalami putus sekolah, yang sebagian besar disebabkan karena alasan ketidakmampuan membayar biaya pendidikan.
Baca lebih lanjut

79 Baca lebih lajut

EFEKTIVITAS PELAKSANAAN BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH ( STUDI KASUS PROGRAM BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH DI SDN MANGLI I BONDOWOSO)

EFEKTIVITAS PELAKSANAAN BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH ( STUDI KASUS PROGRAM BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH DI SDN MANGLI I BONDOWOSO)

menyatakan dengan sesungguhnya bahwa skripsi yang berjudul: Efektivitas Pelaksanaan Bantuan Operasional Sekolah (Studi Kasus Program Bantuan Operasional Sekolah Di SDN MANGLI I Bondowoso) adalah benar-benar hasil karya sendiri, kecuali jika dalam pengutipan substansi disebutkan sumbernya, dan belum pernah diajukan pada institusi mana pun, serta bukan karya jiplakan. Saya bertanggung jawab atas keabsahan dan kebenaran isinya sesuai dengan sikap ilmiah yang harus dijunjung tinggi.

16 Baca lebih lajut

PENGELOLAAN  DANA BANTUAN OPERASIONAL  SEKOLAH (BOS)   Pengelolaan Dana BAntuan Operasional Sekolah (BOS) Di SD N Kemasan I Surakarta.

PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) Pengelolaan Dana BAntuan Operasional Sekolah (BOS) Di SD N Kemasan I Surakarta.

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (1) perencanaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) (2) pelaksanaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) (3) pertanggungjawaban dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di SD Negeri Kemasan I Surakarta. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan beberapa tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengujian keabsahan datan dilakukan dengan menggunakan teknik trianggulasi sumber dan metode. Hasil dari penelitian menyimpulkan (1) dalam proses perencanaan komponen yang terlibat antara lain Kepala Sekolah sebagai penanggung jawab, Bendahara sekolah, dewan guru dan Komite sekolah. Proses perencanaan diawali dengan menyusun RAKS oleh tim Manajemen Bos Sekolah, Guru dan Komite Sekolah. (2) Pelaksanaan pengelolaan BOS diawali dengan pengambilan dana yang dilakukan bendahara sesuai kebutuhan dengan menyisakan saldo minimum di bank. Pengambilan dana dilakukan per triwulan. Uang yang sudah diambil dari Bank disimpan di kas sekolah oleh bendahara. Sedangkan pengeluaran yang tidak masuk pada 13 item dalam tata kelola dana BOS menggunakan iuran infak siswa yang dilaksanakan setiap jumat. (3) Pertanggungjawaban BOS dilakukan oleh Bendahara sekolah, dikerjakan bertahap setiap hari pelaporanya sesuai dengan anggaran yang direncanakan. Dalam penyusunan administrasinya dibantu guru olah raga. Terdapat 2 metode pelaporan yaitu metode offline dan online. Dalam pengelolaan BOS ada beberapa buku tata kelola yang harus dibuat yaitu Buku kas umum, Buku Pembantu Kas Umum, Buku Pembantu Bank dan Buku Pembantu Pajak.
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

EFEKTIVITAS PELAKSANAAN BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH ( STUDI KASUS PROGRAM BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH DI SDN MANGLI I BONDOWOSO)

EFEKTIVITAS PELAKSANAAN BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH ( STUDI KASUS PROGRAM BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH DI SDN MANGLI I BONDOWOSO)

Untuk mengetahui tingkat efektivitas pelaksanaan dana Bantuan Operasional Sekolah dilakukan analisis terhadap variabel-variabel yang diteliti, meliputi komunikasi dalam penyampaian pelaksanaan program yang meliputi proses sosialisasi, dimensi transmisi, kejelasan pelaksanaan, dan konsistensi dalam pelaksanaan, sehingga tujuan pelaksanaan pemberian dana bantuan dapat diterima dan dipahami oleh penerima bantuan. Sumber-sumber juga mempengaruhi tingkat

16 Baca lebih lajut

BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH BOS SEKOLAH (1)

BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH BOS SEKOLAH (1)

Peranan Program BOS SMA dalam konteks tersebut di atas adalah memberikan keadilan dan kesempatan kepada siswa miskin untuk memperoleh layanan pendidikan bermutu dengan mewajibkan sekolah membebaskan (fee waive) dan/atau memberikan keringanan (discount fee) tagihan biaya sekolah kepada siswa miskin. Komposisi jumlah siswa miskin yang mendapat pembebasan (fee waive) dan keringanan (discount fee), menjadi diskresi/kewenangan sekolah sesuai dengan konsep MBS. Namun demikian sekolah tetap harus memperhatikan kriteria siswa miskin dan faktor lainnya, yaitu: (a) biaya pendidikan per siswa, (b) jumlah siswa miskin dan, (c) dana BOS yang diterima sekolah.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

BAB II PENYALURAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH TAHUN 2013 2.1 Bantuan Operasional Sekolah 2.1.1 Latar Belakang Bantuan Operasional Sekolah - SISTEM PENYALURAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) DARI PUSAT KE DAERAH TAHUN 2005-2013 Repository - UNA

BAB II PENYALURAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH TAHUN 2013 2.1 Bantuan Operasional Sekolah 2.1.1 Latar Belakang Bantuan Operasional Sekolah - SISTEM PENYALURAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) DARI PUSAT KE DAERAH TAHUN 2005-2013 Repository - UNA

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional mengamanatkan bahwa setiap warga Negara yang berusia 7-15 tahun wajib mengikuti pendidikan dasar. Pasal 34 ayat (2) menyebutkan bahwa Pemerintah dan Pemerintah Daerah menjamin terselenggaranya wajib belajar minimal pada jenjang pendidikan dasar tanpa memungut biaya, sedangkan dalam ayat (3) menyebutkan bahwa wajib belajar merupakan tanggung jawab negara yang diselenggarakan oleh lembaga pendidikan Pemerintah, Pemerintah Daerah, dan masyarakat. Konseskuensi dari amanat undang-undang tersebut adalah Pemerintah dan Pemerintah Daerah wajib memberikan layanan pendidikan bagi seluruh peserta didik pada tingkat pendidikan dasar, Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama (SD dan SMP) serta satuan pendidikan lain yang sederajat.
Baca lebih lanjut

45 Baca lebih lajut

1. Nama : H. MOH. IKBAL, SH, MSi - 3. SK,SPTJM,SURAT PERJANJIAN (MA)

1. Nama : H. MOH. IKBAL, SH, MSi - 3. SK,SPTJM,SURAT PERJANJIAN (MA)

Dengan ini menyatakan dengan sesungguhnya bahwa saya bertanggung jawab penuh atas penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah. Apabila di kemudian hari, atas penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah tersebut di atas mengakibatkan kerugian negara maka saya bersedia dituntut penggantian kerugian negara dimaksud sesuai dengan ketentuan peraturan perudang- undangan.

Baca lebih lajut

SURAT PERJANJIAN KERJASAMA 2016

SURAT PERJANJIAN KERJASAMA 2016

Dalam hal PIHAK KEDUA tidak melaksanakan sebagian atau seluruhnya isi perjanjian ini, PIHAK PERTAMA akan mengenakan Sanksi berupa sanksi administratif sampai dengan sanksi penghentian penyaluran dana Bantuan Operasional Sekolah pada tahun berikutnya termasuk melaporkan kepada pihak yang berwajib apabila ditemukan unsur tindak pidana.

Baca lebih lajut

1. Nama : H. MOH. IKBAL, SH, MSi - 3a. SPTJM,SURAT PERJANJIAN (MTS)

1. Nama : H. MOH. IKBAL, SH, MSi - 3a. SPTJM,SURAT PERJANJIAN (MTS)

Berdasarkan kuitansi bukti penerimaan No. …………….. tanggal ……………… yang disahkan oleh PPK, dengan ini kami nyatakan bahwa dokumen penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah tahun 2016 dalam bentuk bukti-bukti pengeluaran, SK Kepala Madrasah dan dokumen lainnya, telah kami simpan di madrasah sebagai bahan laporan pertanggungjawaban untuk dapat diperiksa oleh auditor fungsional umum. Demikian surat pernyataan ini kami buat dengan sesungguhnya.

Baca lebih lajut

3 . Surat Perjanjian Kerjasama MI

3 . Surat Perjanjian Kerjasama MI

1) Penyaluran Dana Bantuan Operasional Sekolah dilakukan dengan pengajuan Surat Perintah Membayar (SPM) kepada KPPN Kediri oleh PIHAK PERTAMA untuk selanjutnya diterbitkan Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) yang ditujukan langsung kepada Rekening PIHAK KEDUA melalui Bank BTN Rekening No. ......................................... atas nama Madrasah................................... Kecamatan......................

Baca lebih lajut

SPK BOS 2016 SMT II tahap III MI MTS MA (Ukuran KERTAS WAJIB A4)

SPK BOS 2016 SMT II tahap III MI MTS MA (Ukuran KERTAS WAJIB A4)

Dengan ini menyatakan dengan sesungguhnya bahwa saya bertanggungjawab penuh atas penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Tahun 2016. Apabila dikemudian hari atas penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Tahun 2016 tersebut di atas mengakibatkan kerugian negara maka saya bersedia dituntut penggantian kerugian negara dimaksud sesuai dengan ketentuan peraturan perudang-undangan.

Baca lebih lajut

CONTOH LPJ MI SEMESTER 2 TAHUN 2015   SEKSI PEDIDIKAN MADRASAH klikuntukmengunduh CONTOH LPJ BOS MI

CONTOH LPJ MI SEMESTER 2 TAHUN 2015 SEKSI PEDIDIKAN MADRASAH klikuntukmengunduh CONTOH LPJ BOS MI

( 1 ) Penyaluran Dana Bantuan Operasional Sekolah dilakukan dengan pengajuan Surat Perintah Membayar kepada KPPN Jakarta II oleh PIHAK PERTAMA untuk selanjutnya diterbitkan Surat Perintah Pencairan Dana yang ditujukan langsung kepada Rekening PIHAK KEDUA melalui Bank

Baca lebih lajut

SPK BOS 2018 MI MTS MA (Ukuran KERTAS WAJIB A4, 5 hal) SMT II REV

SPK BOS 2018 MI MTS MA (Ukuran KERTAS WAJIB A4, 5 hal) SMT II REV

1. Rencana Kegiatan dan Anggaran Madrasah (RKAM) dalam satu tahun anggaran; 2. Perjanjian Kerjasama yang telah ditandatangani oleh penerima bantuan dan PPK; 3. Kuitansi bukti penerimaan uang yang telah ditandatangani oleh Kepala Madrasah; 4. Rencana pengambilan dana Bantuan Operasional sekolah yang akan di cairkan sesuai dengan kebutuhan madrasah perbulan ;

Baca lebih lajut

SPK BOS 2018 MI MTS MA (Ukuran KERTAS WAJIB A4, 5 hal) SMT I   Tahap2

SPK BOS 2018 MI MTS MA (Ukuran KERTAS WAJIB A4, 5 hal) SMT I Tahap2

1. Rencana Kegiatan dan Anggaran Madrasah (RKAM) dalam satu tahun anggaran; 2. Perjanjian Kerjasama yang telah ditandatangani oleh penerima bantuan dan PPK; 3. Kuitansi bukti penerimaan uang yang telah ditandatangani oleh Kepala Madrasah; 4. Rencana pengambilan dana Bantuan Operasional sekolah yang akan di cairkan sesuai dengan kebutuhan madrasah perbulan ;

Baca lebih lajut

SPK BOS MA SEMESTER II TAHAP II TAHUN 2017 - .

SPK BOS MA SEMESTER II TAHAP II TAHUN 2017 - .

ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018 kepada PIHAK KEDUA untuk melaksanakan Program menengah universal 12 tahun sebagaimana diatur dalam Petunjuk Teknis (Juknis) Pelaksanaan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Madrasah Tahun 2017; 2. PIHAK KEDUA menerima tugas yang diberikan PIHAK PERTAMA sebagaimana dimaksud

Baca lebih lajut

SPK BOS 2017 MI MTS MA (Ukuran KERTAS WAJIB A4, 5 hal) SMT II 2017

SPK BOS 2017 MI MTS MA (Ukuran KERTAS WAJIB A4, 5 hal) SMT II 2017

Dalam hal PIHAK KEDUA tidak melaksanakan sebagian atau seluruhnya isi perjanjian ini, PIHAK   PERTAMA   akan   mengenakan   Sanksi   berupa   sanksi   administratif   sampai   dengan sanksi   penghentian   penyaluran   dana   Bantuan   Operasional   Sekolah   (BOS)   pada   tahun berikutnya   termasuk   melaporkan   kepada   pihak   yang   berwajib   apabila   ditemukan   unsur Tindak Pidana.

Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...