biaya bahan

Top PDF biaya bahan:

ANALISIS SELISIH BIAYA BAHAN BAKU

ANALISIS SELISIH BIAYA BAHAN BAKU

Untuk menjawab masalah, yaitu apakah bahan baku yang telah dikeluarkan PT Sempulur Pratama selama tahun 2004 sudah terkendali, langkah yang dilakukan yaitu dengan membandingkan langkah-langkah penyusunan anggaran biaya bahan baku oleh perusahaan dengan langkah-langkah penyusunan menurut kajian teori kemudian perbandingan tersebut sebagai dasar untuk menentukan apakah pada tahun 2004 sudah terkendali atau belum dengan membandingkan antara biaya yang dianggarkan dengan biaya yang sesungguhnya atau yang terealisasi. Apakah terjadi selisih yang menguntungkan atau selisih yang tidak menguntungkan tetapi masih dalam batas toleransi perusahaan yaitu sebesar 5% maka masih dapat dikatakan terkendali. Sedangkan untuk mencari penyebab terjadinya selisih digunakan analisis selisih bahan baku.
Baca lebih lanjut

119 Baca lebih lajut

BIAYA BAHAN BAKU DAN BIAYA TENAGA KERJA (1)

BIAYA BAHAN BAKU DAN BIAYA TENAGA KERJA (1)

Dalam metode ini hanya tambahan persediaan bahan saja yang dicatat sedang mutasi berkurangnya bahan tidak dicatat untuk mengetahui bahan baku yang diperoleh , harus menghitung persediaan bahan baku digudang pada akhir periode akuntansi. Harga pokok persediaan awal ditambah Harga pokok pembelian dikurang Harga pokok persediaan akhir yang ada digudang merupakan biaya bahan baku yang dipakai selama periode akuntansi.

28 Baca lebih lajut

PENGENDALIAN BIAYA BAHAN DENGAN METODE A

PENGENDALIAN BIAYA BAHAN DENGAN METODE A

Setiap aktivitas suatu proyek tidak lepas dari komponen waktu, biaya dan mutu. dimana setiap komponen saling berkaitan satu dengan yang lainnya. Dari ketiga komponen tersebut, salah satu komponen yang sangat penting adalah biaya bahan, pada kenyataannya 40% – 60% anggaran proyek adalah biaya bahan. Oleh karena itu tanpa biaya bahan maka suatu proyek tidak akan terlaksana. Contohnya, pada proyek pem- bangunan Polresta ini tidak akan terlaksana sesuai rencana apabila tidak dilengkapi dengan adanya biaya bahan.
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

BIAYA BAHAN BAKU bahan penolong

BIAYA BAHAN BAKU bahan penolong

persediaan fisik, hanya tambahan persediaan bahan baku dari pembelian saja yang dicatatat, sedangkan mutasi berkurangnya bahan baku karena pemakaian tidak dicatat dalam kartu persediaan. Untuk mengetahui beberapa biaya bahan baku yang dipakai dalam produksi, harus dilakukan dengan cara menghitung sisa persediaan bahan baku yang masih ada di gudang pada akhir periode akuntansi. Harga pokok persediaan awal bahan baku ditambah dengan harga pokok bahan baku yang dibeli selama periode dikurangi dengan harga pokok persediaan bahan baku yang masih ada pada akhir periode merupakan biaya bahan baku yang dipakai dalam produksi selama periode yang bersangkutan.
Baca lebih lanjut

19 Baca lebih lajut

Pengaruh Biaya Bahan Baku, Bahan Penolong, Tenaga Kerja Dan Peralatan

Pengaruh Biaya Bahan Baku, Bahan Penolong, Tenaga Kerja Dan Peralatan

Analisis biaya bahan penolong yang terdiri dari biaya pakan hijauan, pakan tambahan dan obat-obatan perlu diperhatikan karena mempengaruhi tingkat pendapatan peternak itu sendiri. Pada umumnya biaya yang banyak dikeluarkankan para peternak untuk pembelian bahan pakan tambahan berupa konsentrat jadi. Harga bahan pakan ternak sapi perah seperti konsentrat relatif tinggi dan mengalami kenaikan. Harga pakan tambahan ini memang berfluktuasi mengikuti naik turunnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika. Pasalnya, konsentrat sebagai komponen pakan unggas masih merupakan barang impor. Sebaliknya jagung, komponen pakan lainnya, justru kini diekspor ke Amerika untuk bahan biodiesel.
Baca lebih lanjut

115 Baca lebih lajut

Makalah Biaya Bahan Baku bahan

Makalah Biaya Bahan Baku bahan

Biaya bahan dapat dibedakan menjadi biaya bahan baku dan biaya bahan penolong. Biaya bahan baku adalah bahan yang identitasnya dapat dilacak pada produk jadi dan yang diproses menjadi produk jadi dengan menggunakan tenaga kerja dan overhead pabrik. Biaya bahan baku merupakan salah satu elemen biaya utama. Bahan penolong adalah bahan yang indentitasnya tidak dapat dilacak pada produk jadi dan nilai relatif tidak material. Biaya bahan penolong merupakan elemen biaya overhead pabrik.
Baca lebih lanjut

4 Baca lebih lajut

MAKALAH AKUNTANSI BIAYA BIAYA BAHAN BAKU

MAKALAH AKUNTANSI BIAYA BIAYA BAHAN BAKU

Bahan baku merupakan bahan yang membentuk bagian menyeluruh produk jadi. Bahan baku yang diolah dalam perusahaan manufaktur dapat di peroleh dari pembelian lokal, impor atau pengolahan sendiri. Dalam memperoleh bahan baku perusahaan tidak hanya mengeluarkan biaya sejumlah harga beli bahan baku, tetapi mengeluarkan biaya-biaya pembelian, pengundangan dan biaya peroehan lain-lain. Biaya bahan baku merupakan komponen biaya yang terbesar dalam pembuatan produk jadi. Dalam perusahaan manufaktur, bahan baku diolah menjadi produk jadi dengan mengeluarkan biaya konversi. Bahan yang digunakan untuk produksi diklasifikasikan menjadi bahan baku (bahan langsung) dan bahan pembantu (bahan tidak langsung). Bahan langsung yaitu bahan yang digunakan untuk produksi yang dapat
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

Rancang Bangun Mesin Pemeras Santan Sistem Screw Press

Rancang Bangun Mesin Pemeras Santan Sistem Screw Press

Biaya pokok ialah biaya yang diperlukan suatu alat/mesin pertanian untuk setiap unit produk dan diperlukan data kapasitas alat/mesin yang bersangkutan. Biaya produksi atau biaya pokok adalah biaya dari tiga unsur biaya yaitu biaya langsung, tenaga kerja langsung dan over head pabrik. Biaya-biaya ini secara langsung berkaitan dengan biaya pembuatan produk secara fisik yang dikeluarkan dalam rangka kegiatan proses produksi sehingga disebut juga dengan production cost. Biaya produksi terdiri dari biaya bahan langsung, biaya tenaga kerja langsung, biaya bahan tak langsung, biaya tenaga kerja tak langsung, dan biaya tak langsung lainnya.Ada dua kelompok biaya pemakaian alat atau mesin yang umum dibicarakan, yaitu biaya tetap dan biaya tidak tetap. Jumlah biaya tetap tidak dipengaruhi oleh jam kerja alsin, sedangkan biaya tidak tetap sangat dipengaruhi oleh alat dan mesin (Giatman, 2006).
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

BAB 2  BIAYA BAHAN BAKU

BAB 2 BIAYA BAHAN BAKU

Merupakan permintaan tertulis ke supplier bahan, yang dikirim oleh departemen pembelian. Dalam pesanan pembelian ini memuat : jumlah bahan yang diminta, harga dan syarat-syarat pembelian, formulir ini dibuat rangkap 4, satu dikirim ke supplier, satu dikirim ke departemen akuntansi, departemen penerimaan, departemen pembelian.

31 Baca lebih lajut

Biaya Overhead Pabrik.  Bahan Pembantu

Biaya Overhead Pabrik. Bahan Pembantu

Biaya Bahan langsung : Yaitu Bahan Baku yang merupakan bahan yang integral dari produk jadi, biasanya biaya ini memiliki ratio pasti dengan output yang dihasilkan Biaya pah Langsung : Yaitu tenaga kerja yang dapat di indentifikasikan kepada setiap satuan produk baik secara fisik maupun secara manajerial

Baca lebih lajut

Perhitungan Harga Pokok Produksi Activit

Perhitungan Harga Pokok Produksi Activit

Langkah yang harus dilaksanakan dalam penentuan harga pokok produksi dengan menggunakan metode activity based costing adalah setelah proses alokasi biaya overhead pabrik selesai, langkah selanjutnya mengumpulkan biaya produksi untuk menentukan harga pokok produksi. Mengumpulkan biaya-biaya langsung yang terdiri dari biaya bahan baku dan tenaga kerja langsung dilakukan sama dengan prosedur dalam PENDAHULUAN

Baca lebih lajut

Bahan Ajar Akuntansi Biaya

Bahan Ajar Akuntansi Biaya

1. PT X menggunakan metode harga pokok pesanan untuk mengumpulkan biaya produksinya. Biaya overhead pabrik dibebankan kepada produk atas dasar jam kerja langsung. Diperkirakan biaya overhead pabrik 2009 adalah Rp 50.000,00 pada kapasitas 20.000 jam tenaga kerja langsung. Biaya bahan baku yang dipakai untuk pesanan 461 adalah sebesar Rp

Baca lebih lajut

BIAYA OVERHEAD PABRIK  PEMBEBANAN BOP DENGAN TARIF DEPARTEMEN PADA PT. NAGA SEMUT KEBUMEN.

BIAYA OVERHEAD PABRIK PEMBEBANAN BOP DENGAN TARIF DEPARTEMEN PADA PT. NAGA SEMUT KEBUMEN.

Biaya reparasi dan pemeliharaan berupa biaya suku cadang (spareparts), biaya bahan habis pakai (factory supplies) dan harga perolehan jasa dari pihak luar perusahaan untuk keperluan perbaikan atau pemeliharaan emplasemen, perumahan, bangunan pabrik, mesin-mesin dan ekuipmen, kendaraan, perkakas laboratorium dan aktiva tetap lain yang digunakan untuk keperluan pabrik.

Baca lebih lajut

Penerapan target costing dalam pengendalian biaya produksi : studi kasus pada perusahaan PT. X tahun 2011 - USD Repository

Penerapan target costing dalam pengendalian biaya produksi : studi kasus pada perusahaan PT. X tahun 2011 - USD Repository

Pada penentuan harga pokok produk menurut perusahaan belum menerapkan metode target costing. Dalam penentuan biaya produk perusahaan mengumpulkan seluruh biaya produksi yang meliputi biaya bahan baku, biaya bahan penolong, biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik. Berbeda dengan target costing, yaitu metode yang bekerja secara mundur dimulai harga jual untuk menentukan biaya produksi. Dalam perhitungan metode target costing telah menentukan harga jual Rp 1.750,00 per unit masker bengkoang dengan harapan meraih laba 40% dari harga jual atau sebesar Rp 700,00 dengan demikian target cost perusahaan adalah sebesar Rp 1.050,00. Berdasarkan biaya produksi menurut perusahaan ternyata belum sesuai dengan target cost yang telah ditetapkan perusahaan, yaitu sebesar Rp 4.078,28,00. Perhitungan ini lebih tinggi dari target cost yang ditentukan yaitu sebesar Rp 3028,28.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

 PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI  EVALUASI PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI PADA PERUSAHAAN BATIK NAKULA SADEWA YOGYAKARTA.

PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI EVALUASI PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI PADA PERUSAHAAN BATIK NAKULA SADEWA YOGYAKARTA.

Biaya Bahan = kuantitas bahan dalam proses produksi x harga beli bahan Karena dalam suatu periode akuntansi seringkali terjadi fluktuasi harga, maka harga beli bahan baku juga berbeda dari pembelian yang satu dengan pembelian yang lain. Oleh karena itu persediaan bahan baku yang ada di gudang mempunyai harga pokok per satuan yang berbeda-beda, meskipun jenisnya sama. Hal ini menimbulkan masalah dalam penentuan harga pokok bahan baku yang dipakai dalam produksi.

Baca lebih lajut

Perhitungan Biaya Produksi Ayam Bakar Dengan Metode Full Costing (Studi Kasus Ayam Bakar Kaki Lima Jalan Dr. Mansyur Iii Padang Bulan Medan)

Perhitungan Biaya Produksi Ayam Bakar Dengan Metode Full Costing (Studi Kasus Ayam Bakar Kaki Lima Jalan Dr. Mansyur Iii Padang Bulan Medan)

banyak, usaha ini dapat mempertahankan kelangsungan usahanya. Adapun beberapa cara yang digunakan untuk mampu bertahan ditengah persaingan adalah dengan cara mempromosikan Ayam Bakar Kaki Lima melalui media cetak dan membuat harga yang terjangkau. Sebelum menentukan harga jual, usaha ini terlebih dahulu melakukan survey lapangan ke beberapa usaha yang menjual produk ayam bakar. Survey ini dimaksudkan agar pemilik usaha Ayam Bakar Kaki Lima mengetahui standar harga kompetitor sehingga dapat dengan cermat menentukan harga jual yang tepat tanpa mengurangi laba maksimal yang akan dicapai. Dalam menentukan harga jual usaha ini masih menggunakan metode tradisional untuk menghitung biaya produksi yang hanya memperhitungan biaya bahan baku dan biaya operasional.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

Analisis Nilai Tambah Berbagai Jenis Keju Pada Usaha Pengolahan Keju Komersial di Kabupaten Boyolali.

Analisis Nilai Tambah Berbagai Jenis Keju Pada Usaha Pengolahan Keju Komersial di Kabupaten Boyolali.

Keju dapat diklasifikasikan berdasarkan asalnya (daerah/negara), bahan baku (jenis susu), teksturnya, karakteristik eksternal dan internal, komposisi (kadar air dan lemak) dan bentuk, ukuran serta beratnya (Muchtadi dan Sugiyono 1992). Variasi-variasi jenis keju didasarkan pada berat, ukuran, bentuk, tempat pembuatan, jenis susu yang digunakan, dan sebagainya. Setiap keju mempunyai karakteristik tertentu seperti ukuran, bentuk, warna, penampakan eksternal, aroma, cita rasa, dan data analitik untuk persentase lemak dan bahan kering, persentase kandungan garam, persentase air dalam subtansi bebas lemak dan sebagainya (Andarwulan dan Kaswari 1992).
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

Materi Kuliah Manajemen Bisnis tentang Pengantar Bisnis   Dunia Kuliah 12 Keuangan 2

Materi Kuliah Manajemen Bisnis tentang Pengantar Bisnis Dunia Kuliah 12 Keuangan 2

Di sini ditetapkan dulu harga standar bahan baku oleh perusahaan untuk jangka waktu tertentu, misalka 1 tahun. Penetapan harga standar ini didasarkan atas penelitian perkembangan harga pada waktu yang akan dating, dengan demikian harga standar ini akan saling menetralisasi naik dan turunnya harga bahan di pasar. Dalam hal ini apabila perbedaan antara jumlah harga pembelian dengan jumlah harga standar (harga taksiran), maka dibukukan dalam klolom “selisih harga” dengan ketentuan:

Baca lebih lajut

ANGGARAN DASAR NERACA DAN LABA RUGI PERU

ANGGARAN DASAR NERACA DAN LABA RUGI PERU

b) Pengeluaran untuk barang modal yang jumlahnya kecil. lni merupakan pengeluaran untuk barang modal yang kecil jurnlahnya sering berulang dan umum. Contohnya adalah penggantian dan pemeliharaan aset tetap yang berulang, dan pembelian alat khusus yang meningkatkan pendapatan di masa datang atau menghemat biaya di masa datang. Suatu pengeluaran untuk barang modal renting bagi kelangsungan hidup perusahaan juga data yang dipergunakan hams dapat dipercaya tepat dan relevan karena manajemen mungkin menggunakan data ini untuk mengambil suatu keputusan tentang budget pengeluaran untuk barang modal.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

Analisis penentuan harga pokok produksi filling cabinet dengan metode target costing (studi kasus di ATMI Surakarta).

Analisis penentuan harga pokok produksi filling cabinet dengan metode target costing (studi kasus di ATMI Surakarta).

Desain filling cabinet yang ada sudah diperhitungkan dengan matang oleh pihak ATMI. Desain yang ada juga merupakan desain yang terbaik. Pihak ATMI juga tidak begitu setuju dengan alternatif ini. Namun peneliti menyarankan adanya potensi perubahan desain. Perubahan desain yang disarankan hanyalah salah satu potensi untuk pengurangan biaya yang ada. Peneliti menyarankan sedikit perubahan pada handle yang ada. Handle yang ada pada filling cabinet ATMI berbentuk memanjang sepanjang drawer. Desain yang disarankan oleh peneliti adalah mengganti model handle. Handle berada di tengah, sehingga membutuhkan stainless steel yang lebih sedikit. Handle berada di tengah tidaklah mengganggu bagi pengguna filling cabinet. Handle akan mempermudah bagi pengguna filling cabinet untuk membuka laci yang cukup berat. Panjang stainless steel yang dibutuhkan 13cm. Desain yang ditawarkan mendekati desain yang sudah ada dengan produk filling cabinet yang ada di pasaran. Desain yang disarankan tidak merubah apapun pada mesin yang digunakan, karena mesin penekukan yang ada bisa disesuaikan dengan desain tekukan yang diinginkan. .
Baca lebih lanjut

101 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...