Bimbingan dan Penyuluhan

Top PDF Bimbingan dan Penyuluhan:

Pedoman Bimbingan dan Penyuluhan Islam

Pedoman Bimbingan dan Penyuluhan Islam

Pada bagian kelima menjelaskan sasaran psikologis bimbingan dan penyuluhan agama. Dalam hal ini karakteristik objek dibagi menjadi dua bagian yaitu: 1) anak tingkat usia sekolah dasar, dan 2) anak usia sekolah menengah. Pada tingkat usia sekolah dasar dapat dikatakan sebagai tingkat permulaan perkembangan perasaan keagamaan dalam pribadi anak melalui partisipasi ibadah bersama keluarga, teman, dan lingkungan sekitar. Hal ini pun harus dibimbing oleh peran orang tua dan guru, agar perhatian anak menjadi semakin kuat terhadap agamanya dan tumbuh menjadi sikap. Selain itu anak-anak dalam tingkat ini sangat antusias dan
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

Bimbingan dan Penyuluhan PLS.

Bimbingan dan Penyuluhan PLS.

Dalam kuliah ini dibahas mengenai : Hubungan PLS dengan profesi PLS dengan mata kuliah lain, Latar belakang pentingnya bimbingan dan penyuluhan dalam PLS, Konsep dasar bimbingan dan penyuluhan, Tujuan dan prinsip dilakukannya bimbingan dan penyuluhan dalam pendidikan luar sekolah, Prinsip-prinsip dalam bimbingan dan penyuluhan program pendidikan luar sekolah, Pendekatan Andragogi dalam bimbingan dan penyuluhan PLS, Strategi yang dilakukan dalam melaksanakan bimbingan dan penyuluhan PLS, dan Langkah-langkah kerja dalam bimbingan penyuluhan pada kasus-kasus dalam satuan PLS
Baca lebih lanjut

3 Baca lebih lajut

PERATURAN KAPOLRI NOMOR 21 TAHUN 2007 TENTANG BIMBINGAN PENYULUHAN KEAMANAN DAN KETERTIBAN MASYARAKAT

PERATURAN KAPOLRI NOMOR 21 TAHUN 2007 TENTANG BIMBINGAN PENYULUHAN KEAMANAN DAN KETERTIBAN MASYARAKAT

2. Bimbingan penyuluhan adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk memberikan tuntunan, petunjuk, dan penerangan kepada individu atau kelompok secara terus-menerus dengan maksud agar terjadi perubahan perilaku atau sikap yang berguna bagi diri pribadi maupun kelompok atau masyarakat.

6 Baca lebih lajut

MATA KULIAH BIMBINGAN DAN PENYULUHAN PLSx

MATA KULIAH BIMBINGAN DAN PENYULUHAN PLSx

penyuluhan PLS, dan Langkah-langkah kerja dalam bimbingan penyuluhan pada kasus-kasus dalam satuan PLS Pelaksanaan kuliah menggunakan pendekatan ekspository dan inquiry. Metode yang digunakan yaitu tanya jawab dan diskusi yang dilengkapi dengan OHP, tranparansi, LCD dan Power Point. Selain itu dilengkapi juga dengan penyelesaian tugas, penyusunan dan penyajian makalah, review buku dan jurnal serta pemecahan maslah. Tahapan penguasaan mahasiswa selain evaluasi melalui UTS dan UAS juga evaluasi terhadap tugas-tugas.

7 Baca lebih lajut

FAJAR KURNIASARI NIM. 12143010 Program Studi: Bimbingan Penyuluhan Islam

FAJAR KURNIASARI NIM. 12143010 Program Studi: Bimbingan Penyuluhan Islam

2. Bimbingan Pranikah Calon Pengantin sebagai Upaya Pencegahan Perceraian oleh Pebriana Wulansari (2017). Adanya kesamaan pada penelitian ini yaitu tentang bimbingan pra nikah. Hasil dari penelitian ini bahwa proses pelaksanaan bimbingan pra nikah bagi calon pengantin dilakukan dengan memberi materi pernikahan dan fiqh munakahat, materi penyuluhan KB, imunisasi dan materi keluarga sakinah, mawaddah, warahmah. Materi tersebut disampaikan dengan metode ceramah dan tanya jawab. Dampak bimbingan pranikah dalama memantapkan calon pengantin yakni adanya persipan dari calon pengantin terutama segi fisik terkait dengan materi yang disampaikan. Dan keberhasilan yang telah dicapai dari program ini adanya kesadaran, akan hak dan tanggung jawab sebagai seorang suami istri. Sehingga dalam kehidupan berumah tangga terbentuk sikap saling pengertian, saling menghargai. Karena dari kebanyakan kasus perceraian yang terjadi kurangnya rasa pengertian antara suami istri dan komunikasi yang kurang lancar atau tidak adanya keterbukaan antara pasangan suami istri.
Baca lebih lanjut

80 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  BIMBINGAN KONSELING ISLAMI STUDY KASUS DI MAN 1 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2009/2010.

PENDAHULUAN BIMBINGAN KONSELING ISLAMI STUDY KASUS DI MAN 1 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2009/2010.

bilamana yang bersangkutan menunjukan kemampuan yang tinggi terhadap kekuatan dan kelemahan yang ada pada dirinya, bakat dan minatnya, serta karakteristik pribadi lainnya. Upaya bimbingan dan penyuluhan ditujukan agar anak didik mengenal dan menerima diri sendiri serta mengenal dan menerima lingkungannya secara positif dan dinamis serta mampu mengambil keputusan, mengamalkan dan mewujudkan diri sendiri secara efektif dan produktif sesuai dengan aktifitasan yang diinginkannya di masa depan.

15 Baca lebih lajut

propbkmetode angket030

propbkmetode angket030

Dalam hal ini penulis laksanakan agar dapat mendeteksi sejauh mana tanggapan dan fungsi bimbingan dan penyuluhan terhadap prestasi belajar nya. Sebab ternyata walaupun program bimbingan dan penyuluhan sudah dilaksanakan di……………………..masih ada siswa yang enggan datang mengemukakan masalahnya atau kesulitannya yang dihadapi terhadap guru wali wali kelas bahkan terhadap tugas bimbingan dan penyuluhan sendiri. Untuk itu maka penulis memendang perlu untuk mendapatkan informasi dari siswa melalui angket.
Baca lebih lanjut

47 Baca lebih lajut

IMPLEMENTASI PERDA No. 7 TAHUN 2002 TERHADAP KEBERADAAN PEDAGANG KAKI LIMA DI RUANG TERBUKA HIJAU DI KAWASAN SURABAYA TIMUR.

IMPLEMENTASI PERDA No. 7 TAHUN 2002 TERHADAP KEBERADAAN PEDAGANG KAKI LIMA DI RUANG TERBUKA HIJAU DI KAWASAN SURABAYA TIMUR.

Bimbingan dan penyuluhan manajemen usaha yang diberikan oleh Pemerintah Kota Surabaya dalam hal ini Dinas Koperasi dan Sektor Informal kepada para Pedagang Kaki Lima ini bertujuan agar mereka dapat mengatur usahanya dengan baik sehingga dengan pengaturan tersebut pendapatan pedagang kaki lima menjadi meningkat, selain itu adanya bimbingan dan penyuluhan manajemen usaha ini juga bertujuan untuk memberikan kesadaran kepada para pedagang kaki lima untuk tidak lagi berjualan disekitar ruang terbuka hijau hal ini dikarenakan fungsi dari ruang terbuka hijau tersebut tidak beralih fungsi yang sebagaimana mesatinya tercantum dalam Perda Kota Surabaya No. 7 Tahun 2002 serta mempunyai kesadaran lingkungan dan kesadaran tentang hukum
Baca lebih lanjut

63 Baca lebih lajut

UNDERSTANDING THE PARALINGUISTIC ASPECTS IN LIBRARY TENING ACTIVITIES | Winoto | Edulib 9383 19166 1 SM

UNDERSTANDING THE PARALINGUISTIC ASPECTS IN LIBRARY TENING ACTIVITIES | Winoto | Edulib 9383 19166 1 SM

Abstrak. Komunikasi merupakan suatu aktivitas yang tidak bisa dilepaskan dalam kehidupan manusia sehari-hari. Begitu juga dalam kegiatan penyelenggaraan perpustakaan, kegiatan komunikasi merupakan suatau kegiatan yang tidak lepas dalam aktivitas pustakawan sehari-hari. Apalagi jika merujuk pada kompetensi inti pustakawan minimal ada dua aktivitas komunikasi yang sering dilakukan yakni kegiatan layanan perpustakaan dan promosi perpustakaan. Keberhasilan seorang pustakawan sebagai seorang komunikator dalam menyampaikan pesan-pesan komunikasi pada kegiatan pelayanan, penyuluhan maupun bimbingan teknis perpustakaan, salah satunya ditentukan oleh aspek komunikator atau pembicara (nara sumbernya). Salah satu aspek komunikator dalam menyampaikan pesan komunikasinya adalah kemampuan bagaimana pada saat menyampaikan pesan-pesan komunikasi verbalnya atau lebih dikenal dengan paralinguistik. Kemampuan paralungistik akan menjadi aspek daya tarik (source atrrativeness) seorang pembicara dan aspek ini akan menjadi dasar dalam membangun persepsi peserta terhadap kredibilitas seorang pembicara. Oleh karena demikian pemahaman tentang aspek paralinguisitik menjadi hal yang penting bagi seorang penyuluh termasuk dalam hal ini pustakawan ketika akan melakukan kegiatan- kegiatan penyuluhan maupun bimbingan tenis tentang perpustakaan.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

MENINGKATKAN SIKAP EMPATI MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PROBLEM SOLVING DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 BATANG ANGKOLA TAHUN AJARAN 2015/2016.

MENINGKATKAN SIKAP EMPATI MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PROBLEM SOLVING DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 BATANG ANGKOLA TAHUN AJARAN 2015/2016.

Umumnya diketahui bahwa problem solving adalah juga merupakan strategi belajar mengajar dalam upaya penyelesaian masalah, maka dalam bimbingan penyuluhan problem solving ini juga dapat diterapkan dalam pelaksanaan bimbingan kelompok, yang mana setiap hari, setiap saat ada sekelompok siswa yang berhadapan dengan berbagai masalah yang menuntut penyelesaian, mulai dari masalah yang paling sederhana sampai persoalan yang paling rumit, yang semuanya akan berpengaruh terhadap siswa sehingga minat dan perhatian siswa terhadap pelajaran terganggu. Diharapkan dengan bimbingan kelompok sikap empati siswa semakin berkembang sehingga masing-masing siswa merasa tidak merasakan beban yang berat akibat masalah yang dihadapinya dan siswa terus semangat penuh perhatian mengikuti proses belajar mengajar, pada akhirnya pelaksanaan proses belajar mengajar juga berjalan lancar.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

Rehabilitasi Mental Remaja Korban Penyalahgunaan Narkoba Di Yayasan Madani Mental Health Care Cipinang Besar Selatan - Jakarta Timur

Rehabilitasi Mental Remaja Korban Penyalahgunaan Narkoba Di Yayasan Madani Mental Health Care Cipinang Besar Selatan - Jakarta Timur

Narkoba adalah singkatan dari narkotika, psikotropika, dan bahan berbahaya. Narkotika merupakan zat atau bahan adiktif yang bekerja pada sistem sarap, dapat menyebabkan hilangnya kesadaran dan rasa sakit, dan dapat menyebabkan ketergantungan. Psikotropika yaitu zat atau bahan aktif yang bekerja pada sistem sarap pusat, dapat menyebabkan perubahan pada aktivitas mental dan perilaku, dan dapat menyebabkan ketergantungan. Banyak lembaga yang membicarakan penanggulangan dan pencegahan penyalahgunaan narkoba khususnya pada remaja. Salah satu lembaga yang khusus menangani permasalahan ini yaitu Panti Rehabilitasi Mental dan pengobatan Yayasan Madani Mental Health Care Cipinang Besar Selatan, Jakarta Timur. Lembaga ini bergerak dalam pelaksanakan usaha pencegahan melalui penyuluhan, bimbingan, pembinaan dan konsultasi mengenai bahaya yang ditimbulkan dari penyalahgunaan NAZA maupun mengobati serta meningkatkan kualitas hidup korban NAZA dan Penderita SKIZOFRENIA sehingga dapat kembali ke masyarakat dan lingkungannya secara baik dan benar.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DAN IPA MELALUI PEMBELAJARAN DISKUSI KELOMPOK PADA SISWA SEKOLAH DASAR

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DAN IPA MELALUI PEMBELAJARAN DISKUSI KELOMPOK PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Guru merupakan salah satu komponen yang tidak bisa dipisahkan dan terkait langsung dalam pemberian pengarahan, bimbingan, penyuluhan dan mentransfer ilmu yang dimilikinya kepada siswa dengan berbagai metode belajar agar apa yang telah digariskan dalam kurikulum yang berlaku dapat dituangkan kepada siswa dan begitu juga dengan proses pembelajaran dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia dan IPA akan berhasil jika proses yang dilakukan oleh guru mata pelajaran yang profesional yang salah satunya ciri adalah memahami materi pelajaran, memahami metode, memahami kondisi siswanya dan memiliki pemahaman
Baca lebih lanjut

6 Baca lebih lajut

PERAN UNITBINMAS (UNIT PEMBINAAN MASYARAKAT) DALAM MENANGGULANGI KENAKALAN REMAJA PELAJAR  Peran Unit BINMAS (Unit Pembinaan Masyarakat) Dalam Menanggulangi Kenakalan Remaja Pelajar (Studi Kasus Pada Polsek Kerjo Kabupaten Karanganyar).

PERAN UNITBINMAS (UNIT PEMBINAAN MASYARAKAT) DALAM MENANGGULANGI KENAKALAN REMAJA PELAJAR Peran Unit BINMAS (Unit Pembinaan Masyarakat) Dalam Menanggulangi Kenakalan Remaja Pelajar (Studi Kasus Pada Polsek Kerjo Kabupaten Karanganyar).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pelaksanaan Unitbinmas Polsek Kerjo Kabupaten Karanganyar dalam menanggulangi kenakalan remaja pelajar dengan melalui bimbingan penyuluhan yang diadakan di sekolah tingkat menengah pertama dan menengah atas/kejuruan; 2) Hambatan yang dialami Unitbinmas Polsek Kerjo Kabupaten Karanganyar berupa kurangnya anggota Unitbinmas, kurangnya partisipasi warga, kurangnya pemahaman remaja terhadap tujuan pencak silat sehingga menyebabkan maraknya perkelahian antar remaja, dan kurangnya partisipasi dari guru dan pihak sekolah dalam mengatasi kenakalan remaja pelajar; 3) Solusi yang dilakukan Unitbinmas Polsek Kerjo Kabupaten Karanganyar dalam menanggulangi kenakalan renaja pelajar yaitu dengan mengadakan rutin kegiatan bimbingan penyuluhan mulai dari MOS (Masa Orientasi Siswa), karang taruna setiap satu bulan sekali, menghadiri pertemuan pencak silat setiap dua bulan sekali. Mengadakan kerja sama dengan guru, pihak sekolah, warga masyarakat, orang tua, serta instansi pemerintahan yang terkait dalam upaya menanggulangi kenakalan remaja pelajar.
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

BIMBINGAN DAN KONSELING | Karya Tulis Ilmiah

BIMBINGAN DAN KONSELING | Karya Tulis Ilmiah

Istilah konseling (counseling) diartikan sebagai penyuluhan. Istilah penyuluhan dalam kegiatan bimbingan menurut beberapa ahli kurang tepat. Menurut mereka yang lebih tepat adalah konseling karena kegiatan konseling ini sifatnya lebih khusus, tidak sama dengan kegiatan-kegiatan penyuluhan lain seperti penyuluhan dalam bidang pertanian dan penyuluhan dalam keluarga berencana. Untuk menekankan kekhususannya itulah maka dipakai istilah Bimbingan dan Konseling. Pelayanan konseling menuntut keahlian khusus, sehingga tidak semua orang yang dapat memberikan bimbingan mampu memberikan jenis layanan konseling ini (Winkel, 1978).
Baca lebih lanjut

34 Baca lebih lajut

BIMBINGAN DAN KONSELING

BIMBINGAN DAN KONSELING

Istilah konseling (counseling) diartikan sebagai penyuluhan. Istilah penyuluhan dalam kegiatan bimbingan menurut beberapa ahli kurang tepat. Menurut mereka yang lebih tepat adalah konseling karena kegiatan konseling ini sifatnya lebih khusus, tidak sama dengan kegiatan-kegiatan penyuluhan lain seperti penyuluhan dalam bidang pertanian dan penyuluhan dalam keluarga berencana. Untuk menekankan kekhususannya itulah maka dipakai istilah Bimbingan dan Konseling. Pelayanan konseling menuntut keahlian khusus, sehingga tidak semua orang yang dapat memberikan bimbingan mampu memberikan jenis layanan konseling ini (Winkel, 1978).
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

Deskriptif Persepsi Siswa Terhadap Perpustakaan - Ubaya Repository

Deskriptif Persepsi Siswa Terhadap Perpustakaan - Ubaya Repository

Saran yang dapat diberikan kepada guru dan pustakawan yaitu memberikan bimbingan membaca secara rutin yaitu berupa penyuluhan seperti bahan-bahan apa saja yang ada di perpustakaan sekolah, bagaimana cara mendayagunakannya, bagaimana cara membaca yang efektif, sehingga siswa dapat lebih memanfaatkan koleksi yang ada di perpustakaan untuk menunjang proses belajar.

Baca lebih lajut

Hubungan intensitas layanan bimbingandan konseling dengan motivasi belajar siswa SMA Negeri 3 Kota Tangerang Selatanr

Hubungan intensitas layanan bimbingandan konseling dengan motivasi belajar siswa SMA Negeri 3 Kota Tangerang Selatanr

“ Konseling atau penyuluhan merupakan bagian dari program bimbingan di sekolah dan merupakan salah satu jenis pelayanan bimbingan”. 17 Tidak mengherankan kalau pelayanan bimbingan terutama ditujukan kepada orang- orang yang masih muda, khususnya terhadap murid di sekolah lanjutan dan mahasiswa di perguruan tinggi. Sekolah merupakan tempat yang membuka kesempatan yang luas untuk menawarkan pelayanan bimbingan. Bagi banyak siswa, sekolah merupakan satu-satunya tempat untuk menghubungi seorang pembimbing. Maka tidak mengherankan pula kalau di banyak negara, termasuk Indonesia, bimbingan di sekolah diberi proiritas dan paling dikembangkan. Pengembangan itu tampak jelas bila sekolah menyelenggarakan suatu program bimbingan, yaitu sejumlah kegiatan bimbingan yang terencana dan terorganisir selama periode waktu tertentu, misalnya selama satu tahun ajaran.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

63Perwako 29 PENJAB TUPOKSI DINAS TRTBP

63Perwako 29 PENJAB TUPOKSI DINAS TRTBP

(2) Seksi Penyuluhan dan Pembinaan mempunyai tugas membantu Kepala Bidang dalam memberikan bimbingan, penyuluhan, dan petunjuk teknis tentang perencanaan tata ruang, tata bangunan, pengawasan kebenaran arsitektur, konstruksi, atau kelengkapan bangunan, serta memproses pengaduan yang berkaitan dengan pelanggaran atau penyimpangan izin mendirikan bangunan dan keterangan rencana kota dan mengambil tindakan sesuai ketentuan terhadap pelanggaran, penyimpangan, dan penyalahgunaan pemanfaatan ruang kota.

Baca lebih lajut

Analisa Pelayanan Prima Di Kantor Kementerian Agama Kota Medan

Analisa Pelayanan Prima Di Kantor Kementerian Agama Kota Medan

Untuk tercapainya maksud tersebut, diperlukan suasana yang kondusif bagi warga Negara yang akan melaksanakan ibadah haji. Suasana kondusif tersebut dapat dicapai apabila pihak penyelenggara ibadah haji mampu memberikan pembinaan, pelayanan dan perlindungan kepada calon jamaah haji dan jamaah haji (Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam dan Penyelenggaraan Haji, 2002).

Baca lebih lajut

MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INGGRIS DENGAN MENGGUNAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2011/2012

MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INGGRIS DENGAN MENGGUNAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Siswa yang mengikuti kegiatan bimbingan kelompok dapat secara langsung berlatih menciptakan dinamika kelompok yang di dalamnya siswa akan berlatih memecahkan masalah bersama, merasa ada yang menyayangi dan memperhatikan, mendapatkan informasi mengenai belajar Bahasa Inggris, sehingga kebutuhan-kebutuhan yang selama ini belum terpenuhi yang mengakibatkan siswa memiliki motivasi belajar Bahasa Inggris rendah akan terpenuhi dalam kelompok, seperti kebutuhan akan penghargaan, rasa aman, aktualisasi diri, sehingga motivasi siswa akan meningkat. Selain kebutuhan siswa terpenuhi dalam kegiatan bimbingan kelompok siswa dapat memahami tujuan yang ingin dicapai, sehingga jika siswa sudah memahami tujuan yang ingin dicapai, siswa akan memiliki motivasi dalam usaha mewujudkan tujuan tersebut.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...