Bimbingan Kelompok

Top PDF Bimbingan Kelompok:

Microsoft PowerPoint - Bimbingan kelompok [Compatibility Mode].

Microsoft PowerPoint - Bimbingan kelompok [Compatibility Mode].

Bimbingan Kelompok — Bimbingan kelompok adalah layanan bimbingan yang diberikan dalam suasana kelompok — Bimbingan kelompok di sekolah merupakan kegiatan informasi kepada sekelompo[r]

6 Baca lebih lajut

PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENIN

PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENIN

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini berjumlah 38 siswa dari kelas XB 2 jurusan Akuntasi pada SMK negeri 2 Ambon. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan dua variable yakni variable tindalan:”layanan bimbingan kelompok”; dan variable masalaha:”penyesuain diri siswa”. Teknik pengumpulan data dilkukan melalui pengamatan langsung terhadap objek yang bermasalah, wawancara langsung dengan objek, pemndistribusian angket dan pencatatan dokumen. Sementara teknik analisis data adalah analisis deskriptif dimana cara penganalisaan data, dideskripsikan secara sistematis dan akurat berdasarkan data dan informasi yang dikumpulkan (Miles dan Huberman, 2008).
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

MODEL BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS NILAI

MODEL BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS NILAI

Bimbingan kelompok merupakan lingkungan yang kondusif yang memberikan kesempatan bagi anggotanya untuk menambah penerimaan diri dan orang lain, memberkan ide, perasaan, dukungan bantuan alternatf pemecahan masalah dan mengambil keputusan yang tepat, dapat berlatih tentang prilaku baru dan bertanggung jawab atas pilihannya sendiri. Berdasarkan hal tersebut, penulis mengembangkan sebuah model layanan bimbingan kelompok untuk mengintervensi keterampilan sosial siswa. Pengembangan model dilakukan dengan menginternalisasikan nilai- nilai kebudayaan lokal kedalam konten layanan bimbingan kelompok. Nilai-nilai kebudayaan lokal yang dimanfaatkan dalam pengembangan model bimbingan kelompok ini adalah nilai-nilai kebudayaan dalam suku Tolaki, penduduk asli di Kabupaten Konawe Provinsi Sulawesi Tenggara, wilayah SMKS Kesehatan Unaaha yang menjadi lokasi penelitian berada.
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

PENERAPAN MODEL BIMBINGAN KELOMPOK DENGA

PENERAPAN MODEL BIMBINGAN KELOMPOK DENGA

Model BKp dengan teknik mind mapping bertumpu pada aktivitas siswa mulai dari aktif bertanya, menghargai pendapat orang lain, membuat mind mapping dengan kreasi masing-masing serta mau menjelaskan ide dan hasil karya mind mappnya kepada semua anggota kelompok. Proses berfikir kreatif seperti: kelancaran, keluwesan, rasional, elaborasi dan evaluasi terjadi dalam BKp. Dengan demikian penerapan bimbingan kelompok dengan teknik mind mapping merupakan layanan yang efektif untuk mengembangkan kemampuan berfikir kreatif siswa.
Baca lebih lanjut

20 Baca lebih lajut

PENGEMBANGAN MODEL BIMBINGAN KELOMPOK BE

PENGEMBANGAN MODEL BIMBINGAN KELOMPOK BE

Bimbingan kelompok sudah dilakukan di SMP Negeri 1 Secang Kabupaten Magelang, namun belum optimal dengan indikasi tidak memperhatiakn proses yang akan dilakukakan, tidak memperhatikan terbentuknya dinamika kelompok, tahapan belum sesuai konsep, tidak memperhatikan pendekatan yang dipakai, belum menyentuh aspek-aspek spiritual yang digunakan sebagai strategi efektif, dan belum terprogram secara khusus. Oleh sebab itu dibutuhkan sebuah kemasan baru serta pendekatan yang tepat untuk mengembangkan model layanan bimbingan kelompok yang lebih efektif untuk meningkatkan konsep diri siswa yaitu Bimbingan Kelompok berbasis ajaran Islam.
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

PERANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGK

PERANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGK

Pelaksanaan layanan bimbingan kelompok pertama ini di laksanakan di Aula MTs Negeri tanjung morawa pada tanggal 26 april 2014, pelaksanaan bimbingan kelompok ini dilaksanakan di AULA MTs Negeri tanjung morawa dikarenakan Ruang bimbingan konseling atau kantor bimbingan dan konseling tidak memungkinkan untuk dipakai dikarenakan sempit, pelaksanaan bimbingan kelompok ini dilaksanakan dikarenakan guru pembimbing menjumpai siswa yang terlambat masuk sewaktu bel masuk sekolah berbunyi,tingkat keterlambatan ini bermacam-macam, ada diantara siswa yang terlambat 10 menit, ada yang terlambat 15 menit dan bahkan ada yang terlambat sampai setengah jam. Jumlah siswa yang terlambat dalam pengamatan peneliti sangat banyak, yang terlambat masuk selama sepuluh menit ada 4 siswa sedangkan yang terlambat masuk 15 menit ada 5 siswa sedangkan yang terlambat masuk diatas setengah jam ada satu siswa, dan kebanyakan diantara mereka yang terlambat ini tidak lengkap dalam memakai atribut sekolah, ada yang memakai sepatu putih yang seharusnya wajib memakai sepatu hitam, ada yang tidak mengenakan dasi, dan bahkan ada yang tidak memakai atribut Osis pelanggaran kedisiplinan dalam ketepatan waktu masuk sekolah dan pemakiian atribut sekolah ini dilakukan oleh umumnya siswa- siswi senioran yaitu kelas dua dan tiga yang seharusnya bisa menjadi contoh teladan bagi adik-adik kelasnya yaitu kelas satu. peneliti bekerja sama dengan guru bimbingan konseling dalam mengamati pelaksaan layanan bimbingan kelompok ini, berikut peroses layanan bimbingan tersebut:
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

Hubungan Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Keberanian Siswa Berargumentasi Pada Siswa Kelas XI IPA di MAN Sumenep - Repositori STKIP PGRI Sumenep

Hubungan Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Keberanian Siswa Berargumentasi Pada Siswa Kelas XI IPA di MAN Sumenep - Repositori STKIP PGRI Sumenep

Menurut Rusmana (dalam Nurnaningsih, 2011:271) bimbingan kelompok dapat didefinisi-kan sebagai suatu proses pemberian bantuan kepada individu melalui suasana kelompok yang memungkinkan setiap anggota untuk belajar berpartisipasi aktif dan berbagi pengalaman dalam upaya pengembangan wawasan, sikap atau keterampilan yang diperlukan dalam upaya mencegah timbulnya masalah atau dalam upaya pengembangan pribadi.

8 Baca lebih lajut

MODEL BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK F

MODEL BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK F

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan kelompok di SMA Negeri Kabupaten Semarang, keterampilan pengambilan keputusan studi lanjut siswa SMA N 1 Bergas Kabupaten Semarang, dan tingkat keefektifan teknik fishbowl untuk mengembangkan keterampilan pengambilan keputusan studi lanjut siswa. Artikel ini menggunakan teknik puposive sampling kepada 15 siswa. Teknik fishbowl dikembangkan penulis dalam pengambilan keputusan studi lanjut siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perubahan tingkat keterampilan pengambilan keputusan sebelum diberikan perlakuan ( pre-test ) dan setelah diberikan perlakuan ( post- test ) sebesar 70,27%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model bimbingan kelompok dengan teknik fishbowl efektif digunakan dalam pengembangan keterampilan pengambilan keputusan studi lanjut siswa. Peneliti menganjurkan agar guru bimbingan dan konseling meningkatkan kompetensi dan mutu layanan bimbingan kelompok di sekolah seperti penerapan model bimbingan kelompok dengan teknik fishbowl.
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

EFEKTIFITAS BIMBINGAN KELOMPOK  DENGAN  TEKNIK DISKUSI KELOMPOK SEBAYA   Efektifitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Kelompok Sebaya Untuk Mengurangi Kecemasan Dalam Menghadapi Ujian Nasional Pada Siswa SMA.

EFEKTIFITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI KELOMPOK SEBAYA Efektifitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Kelompok Sebaya Untuk Mengurangi Kecemasan Dalam Menghadapi Ujian Nasional Pada Siswa SMA.

nilai p sebesar 0,002 yang lebih kecil dari nilai kritis α=0,05 . Dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok mampu mengurangi tingkat kecemasan siswa dalam menghadapi UN, dimana metode diskusi kelompok sebaya terbukti secara statistik mampu mengurangi kecemasan secara signifikan dibandingkan dengan teknik bimbingan kelompok yang lain.

17 Baca lebih lajut

T1__BAB IV Institutional Repository | Satya Wacana Christian University: Peningkatan Kematangan Emosional Melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Remaja PPA IO935 “Air Hidup” Surakarta T1  BAB IV

T1__BAB IV Institutional Repository | Satya Wacana Christian University: Peningkatan Kematangan Emosional Melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Remaja PPA IO935 “Air Hidup” Surakarta T1 BAB IV

Layanan Bimbingan kelompok diadakan selama 7 kali pertemuan. Layanan Bimbingan kelompok ini mengajarkan pada remaja untuk lebih saling terbuka dan saling menghormati satu sama lain. Bimbingan kelompok ini sangat membantu untuk membantu memecahkan masalah pribadi, sosial, belajar, karir. Salah satu permasalahan yang dapat diselesaikan dengan layanan bimbingan kelompok adalah kematangan emosional.

21 Baca lebih lajut

PENGGUNAAN TEKNIK PERMAINAN DALAM LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP WIYATAMA BANDARLAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2011/2012

PENGGUNAAN TEKNIK PERMAINAN DALAM LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP WIYATAMA BANDARLAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2011/2012

anggota yang telah menunjukkan sikap berani berbicara dan menanggapi pendapat. Pemimpin kelompok tetap mengawasi jalannya proses bimbingan kelompok apabila ada anggota yang cenderung diam, pemimpin kelompok selalu berusaha memotivasinya. Perubahan mulai terlihat pada anggota kelompok, mereka mulai terlihat semangat untuk berubah lebih baik lagi. Anggota kelompok mulai menyadari bagaimana pentingnya motivasi dalam belajar untuk mewujudkan semua cita-citanya. Secara keseluruhan dari pertemuan ke dua ini berjalan dengan baik dan terarah, satu persatu yang tadinya kurang menanggapi secara positif telah mengalami perubahan lebih baik. Setelah membahas topik belajar dari kodok, anggota lebih memahami arti motivasi belajar. Setelah membahas topik pada pertemuan ini pemimpin kelompok mengajak setiap anggota kelompok untuk mengungkapkan arti motivasi belajar dalam diri mereka.
Baca lebih lanjut

188 Baca lebih lajut

Institutional Repository | Satya Wacana Christian University: Meningkatkan Perilaku Asertif Siswa Kelas X SMA Kartika III-1 Banyubiru melalui Layanan Bimbingan Kelompok T1 132009109 BAB II

Institutional Repository | Satya Wacana Christian University: Meningkatkan Perilaku Asertif Siswa Kelas X SMA Kartika III-1 Banyubiru melalui Layanan Bimbingan Kelompok T1 132009109 BAB II

Dari pengertian layanan bimbingan kelompok di atas, maka dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok adalah suatu proses pemberian bantuan kepada individu/ layanan bimbingan yang diberikan oleh narasumber dalam kegiatan kelompok yang menunjang perkembangan pribadi dan perkembangan sosial masing-masing individu dalam kelompok guna mencapai tujuan untuk mengambil keputusan dalam kehidupan sehari-hari.

12 Baca lebih lajut

MENINGKATKAN DISIPLIN SEKOLAH MELALUI PEMBERIAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS X-10 SMA NEGERI 1 TANJUNG MORAWA TAHUN AJARAN 2015/2016.

MENINGKATKAN DISIPLIN SEKOLAH MELALUI PEMBERIAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS X-10 SMA NEGERI 1 TANJUNG MORAWA TAHUN AJARAN 2015/2016.

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan disiplin sekolah siswa sebelum dan sesudah pemberian layanan. Subjek penelitian yang awalnya 7 orang siswa yang memiliki disiplin sekolah yang rendah, 3 orang siswa memiliki disiplin yang tinggi setelah diberikan layanan siswa menjadi memiliki disiplin sekolah yang meningkat di sekolah tersebut. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan dapat diterima yaitu dengan melaksanakan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan disiplin sekolah melalui Pemberian layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas X-10 SMA Negeri 1 Tanjung Morawa T.A 2015/2016 .
Baca lebih lanjut

32 Baca lebih lajut

T1__BAB II Institutional Repository | Satya Wacana Christian University: Peningkatan Kematangan Emosional Melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Remaja PPA IO935 “Air Hidup” Surakarta T1  BAB II

T1__BAB II Institutional Repository | Satya Wacana Christian University: Peningkatan Kematangan Emosional Melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Remaja PPA IO935 “Air Hidup” Surakarta T1 BAB II

Menurut Sukardi (2002) layanan bimbingan kelompok adalah layanan yang memungkinkan sejumlah peserta didik secara bersama-sama memperoleh bahan dari nara sumber tertentu (terutama guru pembimbing atau konselor) yang berguna unuk menunjang kehidupan sehari-hari baik individu sebagai pelajar, anggota kelompok, anggota keluarga dan masyarakat serta untuk mempertimbangkan dalam pengambilan keputusan. Menurut Romlah (2001) bimbingan kelompok adalah proses pemberian bantuan yang diberikan pada individu dalam situasi kelompok. Bimbingan kelompok ditujukan untuk mencegah timbulnya masalah pada siswa dan mengembangkan potensi siswa.
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI TERHADAP SELF MANAGEMENT SISWA BERPERILAKU KONSUMTIF DIKELAS XI SMA N 1 BALIGE KAB.TOBASA T.A 2015/2016.

PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI TERHADAP SELF MANAGEMENT SISWA BERPERILAKU KONSUMTIF DIKELAS XI SMA N 1 BALIGE KAB.TOBASA T.A 2015/2016.

Untuk lebih mendekatkan arah pada permasalahan yang akan dikaji, maka dilakukan pembatasan masalah. Adapun pembatasan masalah dalam penelitian ini hanya dibatasi pada layanan bimbingan kelompok teknik diskusi dan masalah self management siswa dengan perilaku konsumtif. Selain itu, tempat penelitian dibatasi hanya pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Balige saja

30 Baca lebih lajut

PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKN

PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKN

pengukuran lewat angket. Mereka ini yang Adapun kategorisasi skor subjek berda- akan menjadi motivator bagi teman-teman sarkan skor empirik dari data kemampuan atau anggota kelompok. Masing-masing remaja dalam menjalin hubungan persaha- kelompok melakukan bimbingan kelompok batan disajikan pada tabel berikut :

6 Baca lebih lajut

LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DAN KONSELING

LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DAN KONSELING

dicapai baik oleh masing-masing, sebagian, maupun seluruh anggota. Memberikan penjelasan tentang bimbingan kelompok sehingga masing-masing anggota akan tahu apa arti dari bimbingan kelompok dan mengapa bimbingan kelompok harus dilaksanakan serta menjelaskan aturan main yang akan diterapkan dalam bimbingan kelompok ini. Jika ada masalah dalam proses pelaksanaannya, mereka akan mengerti bagaimana cara menyelesaikannya. Asas kerahasiaan juga disampaikan kepada seluruh anggota agar orang lain tidak mengetahui permasalahan yang terjadi pada mereka.
Baca lebih lanjut

22 Baca lebih lajut

PENGGUNAAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEK

PENGGUNAAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEK

Gunarsa (1980:55) juga menyebutkan bahwa “ Pokok-pokok yang dapat didiskusikan adalah: masalah belajar dan memanfaatkan waktu senggang”. Berdasarkan penjelasan tersebut, kurangnya minat belajar siswa pada pelajaran matematika merupakan salah satu bentuk dari masalah belajar yaitu tidak ada dorongan untuk belajar pada diri siswa. Berdasarkan pendapat di atas dapat dilihat bahwa masalah kurangnya minat belajar dapat dijadikan materi dalam bimbingan kelompok. Untuk itulah perlu diadakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok untuk membantu mendiskusikan masalah minat belajar yang dialami oleh siswa.
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

PELAKSANAAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MEN

PELAKSANAAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MEN

Berdasarkan beberapa pendapat tersebut maka, pada dasarnya penyusun mempunyai kesimpulan bahwa: Bimbingan kelompok adalah layanan bimbingan yang diberikan dalam suasana kelompok. mengemukakan bahwa bimbingan kelompok di sekolah merupakan kegiatan informasi kepada sekelompok siswa untuk membantu mereka menyusun rencana dan keputusan yang tepat. Jadi pada dasarnya bimbingan kelompok diselenggarakan untuk memberikan informasi yang bersifat personal, dan sosial. Telah lama dikenal bahwa berbagai informasi, berkenaan dengan orientasi siswa baru, pindah program dan bagaimana mengembangkan hubungan antar siswa dapat disampaikan dan dibahas dalam bimbingan kelompok. Dengan demikian jelas bahwa kegiatan dalam bimbingan kelompok ialah pemberian informasi untuk keperluan tertentu bagi para anggota kelompok.
Baca lebih lanjut

77 Baca lebih lajut

BIMBINGAN KELOMPOK [Compatibility Mode]

BIMBINGAN KELOMPOK [Compatibility Mode]

MELAKUKAN LAYANAN MELAKUKAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK BIMBINGAN KELOMPOK MEMBERIKAN BANTUAN MEMBERIKAN BANTUAN PENGEMBANGAN KEMAMPUAN/ PENGEMBANGAN KEMAMPUAN/ KETERAMPILAN BERPE[r]

15 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...