Bimbingan Konseling

Top PDF Bimbingan Konseling:

Bimbingan Konseling Anak Usia Dini Berkebutuhan Khusus

Bimbingan Konseling Anak Usia Dini Berkebutuhan Khusus

Bimbingan Konseling Anak Usia Dini Berkebutuhan Khusus. Bimbingan Konseling (BK) anakberkebutuhan khusus (ABK) atau anak luar biasa (ALB) sangat diperlukan apalagi bagi anak berkebutuhan khusus yang sudah jelas memiliki apa yang disebut keterbelakangan mental, ketidakmampuan belajar atau gangguan atensi, gangguan emosional atau perilaku, hambatan fisik, komunikasi, autisme, traumatic brain injury, hambatan pendengaran, hambatan penglihatan, dan anak-anak yang memiliki bakat khusus.

3 Baca lebih lajut

UNJUK KERJA KONSELOR SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN PROGRAM BIMBINGAN KONSELING DI SEKOLAH MENENGAH DAN MADRASAH KECAMATAN TERBANGGI BESAR TAHUN PELAJARAN 2012-2013

UNJUK KERJA KONSELOR SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN PROGRAM BIMBINGAN KONSELING DI SEKOLAH MENENGAH DAN MADRASAH KECAMATAN TERBANGGI BESAR TAHUN PELAJARAN 2012-2013

terdapat konselor yang mengakui bahwa pembuatan program bimbingan dan konseling di sekolah belum berdasarkan perkembangan kebutuhan siswa melainkan dengan mengolah ulang program bimbingan konseling tahun ajaran sebelumnya. Kemudian belum adanya kolaborasi antara konselor dengan pihak terkait misalnya guru, wali kelas atau kepala sekolah dalam penyusunan program bimbingan konseling. Ditambahkan lagi bahwa konselor belum mengadakan pengelolaan terhadap sarana dan biaya program bimbingan dan konseling serta belum adanya evaluasi terhadap hasil, proses dan program bimbingan konseling di setiap akhir semester. Dengan demikian, bisa dilihat bahwa pelaksanaan kompetensi profesional di wilayah tersebut belum bisa dikatakan maksimal dalam hal penyusunan program bimbingan konseling. Oleh karena itu, penulis bermaksud untuk melakukan kajian lebih dalam untuk mengetahui sejauh mana unjuk kerja konselor dalam pelaksanaan program bimbingan konseling di Sekolah Menengah dan Madrasah Kecamatan Terbanggi Besar tahun pelajaran 2012-2013.
Baca lebih lanjut

71 Baca lebih lajut

MAKALAH BIMBINGAN DAN KONSELING “Jenis-Jenis Layanan Bimbingan Konseling” | Karya Tulis Ilmiah

MAKALAH BIMBINGAN DAN KONSELING “Jenis-Jenis Layanan Bimbingan Konseling” | Karya Tulis Ilmiah

Segala puji dan syukur kami panjatkan atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat dan hidayahnya kami dapat menyusun sebuah makalah yang membahas tentang ?Jenis-Jenis Layanan Bimbingan Konseling?. Meskipun bentuknya sangat jauh dari kesempurnaan, selanjutnya salawat dan salam kami kirimkan kepada Nabi Besar Muhammad SAW sebagaimana beliau telah mengangkat derajat manusia dari alam kegelapan menuju alam yang terang benderang.

3 Baca lebih lajut

BIMBINGAN KONSELING SOSIAL.

BIMBINGAN KONSELING SOSIAL.

Interaksi personal yang intim yang ditunjukkan dengan pola-pola hubungan individu yang saling tolong-menolong, solidaritas yang tinggi, menjunjung kebersamaan, saling menjaga dan menghormati hak azasi dan lain-lain. Disisi lain akibat adanya kemajuan atau modernisasi mengakibatkan: (1) lenturnya atau bahkan hilangnya nilai-nilai intimitas tersebut, sehingga yang muncul adalah tidak adanya kesinambunan pengalaman dari kelompok satu ke kelompok yang lain; (2) perubahan yang terjadi serba cepat; (3) kondisi yang tidak stabil; (4) tidak adanya penyesuaian diantara individu-individu yang ada dalam masyarakat; (5) relasi yang retak dan lain-lain, yang kemudian tercipta pola-pola hubungan yang individualistis, ekstrim untuk kepentingan diri sendiri atau kelompoknya, karena yang demikian ini maka banyak anggota masyarakat yang mengalami depresi bahkan frustrasi dan lain sebagainya. Kondisi yang demikian ini, maka bimbingan konseling sosial hadir sebagai upaya untuk membantu individu-individu yang ada dalam masyarakat agar mampu menghadapi realitas yang ada secara dinamis dan fleksibel.
Baca lebih lanjut

105 Baca lebih lajut

BIMBINGAN KONSELING

BIMBINGAN KONSELING

Sasaran pelayanan bimbingan dan konseling adalah individu-individu, baik secara perorangan maupun kelompok. individu-individu itu sangat bervariasi, misalnya dalam hal umurnya, jenis kelaminnya, status sosial ekonomi keluarga, kedudukan, pangkat dan jabatannya, keterikatannya terhadap suatu lembaga tertentu, dan variasi- variasi lainnya. Berbagai variasi itu menyebabkan individu yang satu berbeda dari yang lainnya. Masing-masing individu adalah unik. Secara lebih khusus lagi, yang menjadi sasaran pelayanan pada umumnya adalah perkembangan dan perikehidupan individu, namun secara lebih nyata dan langsung adalah sikap dan tingkah lakunya.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

27 Bimbingan Konseling

27 Bimbingan Konseling

Menelaah esensi layanan Bimbingan dan Konseling pada satuan pendidikan formal Menganalisis esesnsi layanan bimbingan dan konseling Menganalisis esesnsi layanan bimbingan dan konseling [r]

10 Baca lebih lajut

Bimbingan Konseling layanan bimbingan be

Bimbingan Konseling layanan bimbingan be

Menurut Abu Ahmadi (1991: 1), bahwa bimbingan adalah bantuan yang diberikan kepada individu (peserta didik) agar dengan potensi yang dimiliki mampu mengembangkan diri secara optimal dengan jalan memahami diri, memahami lingkungan, mengatasi hambatan guna menentukan rencana masa depan yang lebih baik. Hal senada juga dikemukakan oleh Prayitno dan Erman Amti (2004: 99), Bimbingan adalah proses pemberian bantuan yang dilakukan oleh orang yang ahli kepada seseorang atau beberapa orang individu, baik anak- anak, remaja, atau orang dewasa; agar orang yang dibimbing dapat mengembangkan kemampuan dirinya sendiri dan mandiri dengan memanfaatkan kekuatan individu dan sarana yang ada dan dapat dikembangkan berdasarkan norma-norma yang berlaku.
Baca lebih lanjut

4 Baca lebih lajut

Program Bimbingan Konseling

Program Bimbingan Konseling

Dalam pelaksanaan program bimbingan dan konseling di sekolah tentunya harus mengikuti garis-garis besar yang telah ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan sebagai landasan regulasi yaitu Undang Undang no 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 1 butir (1) menegaskan bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan,pengendalian diri,kepribadian,kecerdasan,ahlak mulia,serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat,bangsa dan negara. Pasal 3 pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia,sehat, berilmu, cakap,kreatif,mandiri,dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Baca lebih lanjut

36 Baca lebih lajut

bimbingan & konseling.

bimbingan & konseling.

2 Pertemuan 2 Konsep Bimbingan dan Konseling a. Pengertian Bimbingan dan Konseling b. Tujuan Bimbingan dan Konseling c. Azas Bimbingan dan Konseling d. Prinsip Bimbingan dan konseling e. Fungsi Bimbingan dan konseling. 3 Pertemuan 3 Pendekatan bimbingan dan konseling

12 Baca lebih lajut

Kota Gorontalo pemerintah.net

Kota Gorontalo pemerintah.net

GURU BIMBINGAN KONSELING PERTAMA NO... GURU BIMBINGAN KONSELING PERTAMA NO..[r]

135 Baca lebih lajut

BAB II BIMBINGAN DAN KONSELING (BK) DI SEKOLAH - BIMBINGAN DAN KONSELING baru

BAB II BIMBINGAN DAN KONSELING (BK) DI SEKOLAH - BIMBINGAN DAN KONSELING baru

Dalam hubungannya dengan bimbingan, konseling merupakan salah satu jenis layanan bimbingan yang sering dikatakan sebagai inti dari keseluruhan layanan bimbingan. Konseling merupakan layanan bimbingan kepada individu dalam rangka membantu mengembangkan diri atau memecahkan masalahnya secara perorangan atau kelompok dalam suatu pertalian hubungan tatap muka (face to face). Dengan demikian maka dapat dirumuskan bahwa konseling adalah suatu proses memberi bantuan yang dilakukan melalui wawancara konseling oleh seorang ahli (konselor) kepada individu yang sedang mengalami suatu masalah (klien) yang bertujuan mengatasi masalah yang dihadapi klien.
Baca lebih lanjut

23 Baca lebih lajut

SILABUS BK S 1

SILABUS BK S 1

Mata kuliah ini dibahas : Konsep bimbingan konseling mencakup pengertian, prinsip, azas, dan fungsi bimbingan dan konseling, pendekatan bimbingan dan konseling mencakup : kurarif, preventif dan developmental. Landasan bimbingan dan konseling mencakup landasan psikologi, filosofis, agama, sosial budaya, dan landasan ilmu dan teknologi. Stategi dan teknik bimbingan dan konseling : jenis-jenis layanan bimbingan dan konseling, pelajaran berbasis bimbingan dan konseling, diagnostik dan remedial teaching. Dasar- dasar pemahaman peserta didik, serta bimbingan bagi peserta didik berkebutuhan khusus.
Baca lebih lanjut

3 Baca lebih lajut

KEBIJAKAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMA NEGERI SE KABUPATEN PURBALINGGA

KEBIJAKAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMA NEGERI SE KABUPATEN PURBALINGGA

Data yang telah diperoleh berdasarkan fenomena di lapangan, menunjukkan beberapa kebijakan kepala sekolah terhadap layanan bimbingan konseling yang tidak sesuai. Diperoleh data dari hasil observasi di beberapa SMA Negeri di kabupaten Purbalingga, diantaranya SMA Negeri 1 Kutasari, SMA Negeri 1 Padamara dan SMA Negeri 1 Rembang. Di SMA Negeri 1 Kutasari, terdapat 3 orang guru BK yang latar belakang pendidikan mereka tidak semuanya dari lulusan Bimbingan dan Konseling. Hanya satu orang saja yang lulusan BK, dua lainnya lulusan dari Psikologi. Untuk jam BK di sekolah ini hanya ada di kelas X dan XI saja, sedangkan kelas XII tidak ada jam BK masuk kelas dengan asumsi kelas XII butuh pemadatan materi untuk UAN. Padahal menurut guru BK di sana, kelas XII juga perlu mendapatkan jam BK untuk mendapatkan informasi terutama mengenai kelanjutan karir mereka setelah lulus. Di sekolah ini kesadaran siswa untuk memanfaatkan layanan BK belum muncul secara optimal karena anggapan BK sebagai polisi sekolah masih kental.
Baca lebih lanjut

345 Baca lebih lajut

Layanan Bimbingan dan Konseling Anak Usi

Layanan Bimbingan dan Konseling Anak Usi

Menurut Crow & Crow (dalam Surya, M. 2003) bimbingan diartikan sebagai bantuan yang diberikan seseorang baik pria maupun wanita yang memiliki pribadi yang baik dan pendidikan yang memadai kepada seorang individu dari setiap usia untuk menolongnya, mengembangkan kegiatan- kegiatan kehidupanya sendiri, membuat pilihan sendiri, dan memikul bebannya sendiri. Natawidjaja (dalam Syaodih, E 2004) mengartikan bimbingan sebagai suatu proses pemberian bantuan kepada individu yang dilakukan secara berkesinambungan, agar individu tersebut dapat memahami dirinya sehingga dia dapat sanggup mengarahkan dirinya dan dapat bertindak secara wajar, sesuai dengan tuntutan dan keadaan lingkungan sekolah, keluarga, masyarakat dan kehidupan apa umumnya.
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

Persepsi Mahasiswa Terhadap Layanan Kegiatan Mahasiswa S1 Keperawatan di Fakultas Keperawatan USU

Persepsi Mahasiswa Terhadap Layanan Kegiatan Mahasiswa S1 Keperawatan di Fakultas Keperawatan USU

Kuesioner ini berisi pernyataan-pernyataan yang ditujukan untuk mengetahui persepsi anda terhadap layanan kegiatan mahasiswa di Fakultas Keperawatan USU yang menjadi indicator penilaian Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. Ada 5 bentuk layanan yang seharusnya disediakan oleh Fakultas kepada mahasiswa, yaitu mencakup layanan bimbingan dan konseling, minat dan bakat, pembinaan soft skills, beasiswa dan kesehatan.

27 Baca lebih lajut

BAHANDIKLATPROFESIGURU SERTIFIKASIGURURAYON11DIY&JATENG PenyusunanProgramBKdi Sekolah

BAHANDIKLATPROFESIGURU SERTIFIKASIGURURAYON11DIY&JATENG PenyusunanProgramBKdi Sekolah

Pelayanan  dasar  diartikan  sebagai  proses  pemberian  bantuan  kepada  seluruh  konseli    melalui  kegiatan  penyiapan  pengalaman  terstruktur secara klasikal atau kelompok yang disajikan secara sistematis  dalam  rangka  mengembangkan  perilaku  jangka  pan‐jang  sesuai  dengan  tahap  dan  tugas‐tugas  perkem‐bangan  yang  dituangkan  sebagai  standar  kompetensi  kemandirian   yang  diperlukan  dalam  pengembangan  kemampuan  memilih  dan  mengambil  keputusan  dalam  menjalani  kehidupannya. Di Amerika Serikat sendiri, istilah pelayanan dasar ini lebih  populer  dengan  sebutan  kurikulum  bimbingan  guidance  curriculum .  Tidak  jauh  berbeda  dengan  pelayanan  dasar,  kurikulum  bimbingan  ini  diharapkan  dapat  memfasilitasi  peningkatan  pengetahuan,  sikap,  dan  keterampilan  tertentu  dalam  diri  siswa  yang  tepat  dan  sesuai  dengan  tahapan perkembangannya  Bowers & (atch,   
Baca lebih lanjut

23 Baca lebih lajut

BIMBINGAN DAN KONSELING

BIMBINGAN DAN KONSELING

Bimbingan dan konseling merupakan dua istilah yang sering dirangkaikan bagaikan kata majemuk. Hal itu mengisyaratkan bahwa kegiatan bimbingan kadang-kadang dilanjutkan dengan kegiatan konseling. Beberapa ahli menyatakan bahwa konseling merupakan inti atau jantung hati dari kegiatan bimbingan. Ada pula yang menyatakan bahwa konseling merupakan salah satu jenis layanan bimbingan. Dengan demikian dalam istilah bimbingan sudah termasuk di dalamnya kegiatan konseling. Kelompok yang sesuai dengan pandangan di atas menyatakan bahwa terminologi layanan bimbingan dan konseling dapat diganti dengan layanan bimbingan saja.
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

BIMBINGAN DAN KONSELING | Karya Tulis Ilmiah

BIMBINGAN DAN KONSELING | Karya Tulis Ilmiah

4. Tenaga Bimbingan di Sekolah Beserta Fungsi dan Peranannya Layanan bimbingan dan konseling merupakan bagian yang integral dan keseluruhan proses pendidikan di sekolah. Oleh karena itu, pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolah menjadi tanggung jawab bersama antara personel sekolah, yaitu: kepala sekolah, guru-guru, wali kelas, dan petugas lainnya (Rochman Natawidjaja dan Moh. Surya, 1985).

34 Baca lebih lajut

d bk 049762 bibliography

d bk 049762 bibliography

Sedanayasa, Gede. (2003) Model Bimbingan Kolaborasi Pembimbing dan Guru dalam Peningkatan Keterampilan Belajar Siswa dengan Pendekatan Multimodal (Studi Deskriptif Analitik pada SMU Negeri 1 Singaraja). Disertasi Program Pascasarjana, UPI Bandung: tidak diterbitkan.

5 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...