Blok Silinder

Top PDF Blok Silinder:

ANALISA KEKERASAN DAN LAJU KEAUSAN BLOK SILINDER MESIN SEPEDA MOTOR BERBAHAN PADUAN Al-Si

ANALISA KEKERASAN DAN LAJU KEAUSAN BLOK SILINDER MESIN SEPEDA MOTOR BERBAHAN PADUAN Al-Si

Blok liner silinder merupakan bagian dari blok silinder yang berfungsi sebagai tempat berlangsungnya proses kerja engine. Dimana pada bagian ini terjadi proses kerja proses kerja hisap, kompresi, kerja dan buang. Oleh karena itu agar tidak terjadi kebocoran kompresi yang disebabkan oleh gesekan antara ring piston dan dinding liner silinder, diperlukan dinding liner silinder yang mempunyai nilai kekerasan yang tinggi dan nilai keausan yang rendah. Karena apabila terjadi kebocoran kompresi diruang bakar hal ini dapat berakibat pada tenaga yang dikeluarkan motor menjadi berkurang dan juga selain itu system pembakaran diruang bakar juga menjadi tidak sempurna dimana pelumnas atau oli mesin juga ikut terbakar. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui nilai karakteristik sifat mekanik dan struktur mikro blok silinder liner bahan aluminium dan silikon. Pengujian yang dilakukan yaitu pengujian komposisi kimia, pengujian kekerasan (brinell), pengujian keausan (ogoshi), dan pengujian struktur mikro. Pada pengujian komposisi kimia dihasilkan kandungan unsur terbesar adalah Al 76,140% dan silikon 13,898%. Dengan kandungan silikon <12% menempatkan blok silinder aluminium dan silikon berada pada fasa hipereutektik. Dan dengan pengujian kekerasan (brinell) didapat nilai kekerasan rata- rata sebesar 151,5 HB, dengan nilai kekerasan yang cukup tinggi ini bisa dipastikan bahwa blok liner silinder mempunyai keausan yang kecil. Tetapi dengan nilai kekerasan yang didapat hal ini tidak dimungkinkan untuk blok silinder bahan aluminium silikon dilakukan proses reparasi over size atau korter terhadap dinding liner blok silinder. Hal ini sangat berbeda bila dibandingkan dengan blok silinder liner pada umumnya.
Baca lebih lanjut

5 Baca lebih lajut

Blok silinder dan ruang engkol merupakan

Blok silinder dan ruang engkol merupakan

Blok silinder dan ruang engkol merupakan bagian utama dari motor bakar. Bagian lain dari motor dipasangkan di dalam atau pada blok silinder,sehingga terbentuk susunan motor yang lengkap. Pada blok silinder terdapat lubang silinder yang berdinding halus,dimana torak bergerak bolak-balik dan pada bagian sisi-sisi blok silinder dibuatkan sirip maupun lubang mantel air pendingin yang digunakan pendinginan motor. Blok silinder dan ruang engkol dapat dituang menjadi satu bagian atau terpisah satu sama lain, kemudian disatukan dengan baut-baut. Variasi lain dalam konstruksi blok silinder ialah dengan pemasangan tabung silinder ke dalam blok silinder. Tabung ini dibuat dari besi tuang atau baja tuang.
Baca lebih lanjut

1 Baca lebih lajut

Prinsip Kerja Mesin pembakaran dalam

Prinsip Kerja Mesin pembakaran dalam

komponen utama pada mesin ini adalah bentuk dasar dari pada sebuah mesin dan di dalam blok silinder ini terdapat beberapa buah silinder mesin,dimana setiap silinder ini digunakan oleh torak yang bergerak naik turun karena pembakaran mesin,pada bagian bawah piston ini berhubungan langsung dengan poros engkol/crank shaft, maka dengan demikian gerak naik turunnya piston dapat menggerakan poros engkol. Sementara itu, disekitar blok silinder terdapat lubang- lubang yang berfungsi sebagai lubang air atau water jacket dan lubang oli.
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

Teknik Dasar Generator.zip

Teknik Dasar Generator.zip

Setelah mesin panas beroperasi normal, pelumas dari panci pelumas (oil pan) (1) melewati saluran isap (2) terus ke pompa pelumas ( 3). Pompa pelumas akan meneruskan pelumas ke cooler (pendingin pelumas) (4) dan kemudian ke filter, pelumas diteruskan ke seluruh penampung pelumas oil (oil manipold) (6) yang terletak di dalam blok silinder. Untuk selanjutnya diteruskan ke bagian-bagian yang perlu dilumasi. Sementara lewat saluran (7) pelumas akan diteruskan ke turbo. Dari turbo, pelumas masuk kembali ke panci pelumas lewat saluran (8).

50 Baca lebih lajut

Bagian Statis pada Motor Bakar

Bagian Statis pada Motor Bakar

Akhir-akhir ini banyak engine yang kepala silindernya terbuaat dari paduan aluminium. Kepala silinder yang terbuat dari paduan Aluminium memiliki kemampuan pendingin lebih besar di Banding dengan yang terbuat dari besi tuang. Pada kepala silinder dilengkapi dengan mantel pendingin yang di aliri air pendingin yang datang dari blok silinder untuk mendingin kan busi dan katup-katup.

6 Baca lebih lajut

KOMPONEN SEPEDA MOTOR 4 TAK Kick Starter (1)

KOMPONEN SEPEDA MOTOR 4 TAK Kick Starter (1)

2. Blok Silinder / Cylinder Block berfungsi sebagai tempat bergeraknya piston, pertukaran gas sisa hasil pembakaran dengan campuran bahan bakar baru, tempat dudukan sirip-sirip pendingin serta tempat masuk dan buang. Adapun komponen- komponennya yang terdapat pada blok silinder adalah :

3 Baca lebih lajut

TA TM 1002298 Chapter3

TA TM 1002298 Chapter3

1) Sebelumnya keluarkan dahulu air pendingin pada radiator dan blok silinder, dengan cara membuka baut pembuangan pada radiator. Tampung air pendingin dengan washing pane/ baskom. 2) Kemudian keluarkan oli pelumas dengan membuka baut

19 Baca lebih lajut

1654-P3-SPK-Teknika Kapal Niaga

1654-P3-SPK-Teknika Kapal Niaga

Pasanglah kembali kepala silinder pada blok silinder pada tempatnya sehingga dapat berfungsi dengan baik.. Pasanglah kembali pipa-pipa di kepala silinder pada tempatnya sehingga dapat be[r]

4 Baca lebih lajut

2014 3352 ped Pedoman Pencacah ST2013 SBI.PCS

2014 3352 ped Pedoman Pencacah ST2013 SBI.PCS

Sebelum pelaksanaan pencacahan SBI 2014, setiap PMS akan menerima dari BPS Kabupaten/Kota berupa peta desa, peta blok sensus hasil pemutakhiran rumah tangga pada blok sensus terpilih dengan Daftar ST2013-PBS, ST2013-SBI.DSBS, ST2013-SBI.DSRT, dan ST2013-SBI.S yang menjadi tanggung jawabnya. Setiap PMS mempunyai tanggung jawab membawahi 3 - 4 orang PCS dengan jumlah sampel keseluruhan sekitar 90 - 120 rumah tangga. Pembagian tugas/jumlah sampel kepada setiap PCS harus berimbang antara satu PCS dengan PCS lainnya.

107 Baca lebih lajut

Rancang Bangun Sistem Hidrolik pada Mekanisme Bongkar Muatan Transporter Trek Kayu

Rancang Bangun Sistem Hidrolik pada Mekanisme Bongkar Muatan Transporter Trek Kayu

Sistem hidrolik dapat diaplikasikan pada transporter trek kayu dalam melakukan kegiatan bongkar muatan. Mekanisme tipping yang digunakan adalah mekanisme tipe under body direct lift. Hasil pengujian menunjukkan bahwa pembebanan yang dapat diangkat oleh silinder aktuator dengan pembebanan maksimum sebesar 360 kg, dengan beban yang direkomendasikan sebesar 340 kg. Kegiatan unloading atau bongkar muatan transporter dapat dilakukan dengan waktu 3.6 detik, yaitu 2.4 detik untuk ekstrusi, dan 1.2 detik untuk intrusi. Hasil tersebut lebih cepat dibandingkan dengan mekanisme sebelumnya, yaitu dengan mekanisme sliding dahulu yang membutuhkan waktu 24 detik. Selain itu, mekanisme bongkar muatan dengan sistem hidrolik dapat mempersingkat tahapan kerja yang dilakukan operator sehingga dapat mengurangi risiko kecelakaan kerja yang ditimbulkan.
Baca lebih lanjut

48 Baca lebih lajut

27 osilasi silinder pegas solusi

27 osilasi silinder pegas solusi

com Minggu 27 25/08/2015 Osilasi silinder-pegas Sebuah silinder pejal radius r dan massa m dihubungkan dengan pegas tepat dipusatnya, seperti ditunjukkan pada gambar.. Silinder sela[r]

2 Baca lebih lajut

PERENCANAAN ULANG MESIN PUNCH DI PT OMETRACO ARYA SAMANTA SURABAYA - ITS Repository

PERENCANAAN ULANG MESIN PUNCH DI PT OMETRACO ARYA SAMANTA SURABAYA - ITS Repository

Dari hasil observasi yang dilakukan di PT. Ometraco Arya Samanta yang bertempat di Rungkut, Surabaya. Data inilah yang digunakan untuk meredesain mesin punch. Mengingat gaya yang dibutuhkan untuk melakukan proses punching yang relatif besar maka pemilihan silinder hidraulik untuk melakukan proses ini relatif sulit dan rumit. Selain itu pula pemilihan silinder tersebut juga hanya didasarkan atas kebutuhan panjang langkah atau stroke yang dibutuhkan untuk pemasangan silinder pada kerangka peralatan. Jadi gaya tonase mesin punch sebesar F = 80.000 kgf atau 784.532N inilah yang digunakan sebagai dasar untuk sistem control elektrohidrolik pada penelitian ini. Dari hasil pengamatan di pabrik didapat bahwa silinder yang digunakan mempunyai panjang langkah atau stroke s = 16,2 dan waktu rata-rata proses punching 5 de tik, sehingga diperoleh kecepatan proses punching :
Baca lebih lanjut

101 Baca lebih lajut

43 sistem silinder pemercepat partikel solusi

43 sistem silinder pemercepat partikel solusi

Sebuah sistem silinder pemercepat partikel berupa susunan linier dari 2 buah silinder berongga masing-masing panjangnya L . Percepatan partikel bervariasi di dalam silinder dengan cara percepatan partikel menjadi dua kali semula setelah melewati silinder pertama. Sebuah partikel mula-mula diam dipercepat a 0 di ujung kiri silinder pertama. Asumsikan permukaan rongga silinder licin. Tentukan lama partikel berada di dalam sistem silinder.

1 Baca lebih lajut

Experimental Analisis Penggunaan CFRP (Carbon Fiber Reinforcement Polymer) dan GFRP (Glass Fiber Reinforcement Polymer) pada Perkuatan Beton

Experimental Analisis Penggunaan CFRP (Carbon Fiber Reinforcement Polymer) dan GFRP (Glass Fiber Reinforcement Polymer) pada Perkuatan Beton

Fiber Reinforcement Polymer adalah Teknologi bahan yang sering digunakan pada saat ini, FRP telah dikembangkan pada tahun 1970 an di Eropa. hal ini dapat kita lihat dikarenakan terjadinya bencana yang sering terjadi. Fiber Reinforcement Polymer yang dapat memperkuat struktur secara eksternal, dan kini dipakai pada banyak jenis bangunan. Dikarenakan Fiber Reinforcement Polymer adalah perkuatan dengan kekuatan tarik yang besar. Dari Fiber Reinforcement Polymer juga memiliki kekakuan dan kekuatan yang tinggi. Profil material tipis dan ringan. Dan pemasangannya sangat mudah dilakukan. Salah satu material Fiber Reinforcement Polymer tersebut yaitu Carbon Fiber Reinforcement Polymer dan Glass Fiber Reinforcement Polymer. Kedua material tersebut diuji kekuatannya saat dipasangkan pada beton silinder, sehingga dapat diketahui pengaruh terhadap kuat tekan beton silinder, dan bisa juga mengetahui perbandingan kuat tekan CFRP atau GFRP. Beton silinder yang digunakan pada penelitian ini berdiameter 15 cm dan tinggi 30 cm berjumlah 13 dan dibagi menjadi 5 kelompok. Beton silinder dibebani sampai runtuh sehingga diketahui beban maksimal yang dapat ditahan oleh beton silinder. Penggunaan CFRP dan GFRP tersebut dapat meningkatkan kapasitas pembebanan. Hasil penelitian digunakannya CFRP dan GFRP telah menunjukkan penambahan kuat tekan. CFRP dapat menambahkan kuat tekan 26.897 %, dan GFRP dapat menambahkan kuat tekan 14.89 %. Untuk perbandingan kedua material, CFRP lebih kuat dari pada GFRP untuk penambahan kuat tekan. Penggunaan CFRP dan GFRP dapat menambahkan kapasitas pembebanan.
Baca lebih lanjut

1 Baca lebih lajut

2014 3352 ped Pedoman Pencacah ST2013 SPI.PCS

2014 3352 ped Pedoman Pencacah ST2013 SPI.PCS

Isian kolom-kolom ini sudah tercetak untuk sepuluh rumah tangga sampel. Isian Kolom (7) yang sudah tercetak dapat diperbaiki apabila nama kepala rumah tangga berbeda dengan kondisi di lapangan, tetapi masih merupakan satu rumah tangga yang sama. Dalam hal ini dapat disebabkan ganti kepala rumah tangga. Perbaikan juga dapat dilakukan apabila ada perbedaan alamat yang disebabkan kesalahan penulisan pada saat pemutakhiran maupun pindah dalam blok sensus.

112 Baca lebih lajut

Survei Angkatan Kerja Nasional Agustus 2013 Pedoman Pencacah

Survei Angkatan Kerja Nasional Agustus 2013 Pedoman Pencacah

Blok ini terdiri dari enam 6 sub blok, yaitu:  Sub Blok V.A: Pendidikan  Sub Blok V.B: Kegiatan Seminggu yang Lalu  Sub Blok V.C: Pekerjaan Utama  Sub Blok V.D: Pekerjaan Tambaha[r]

83 Baca lebih lajut

Staff Site Universitas Negeri Yogyakarta

Staff Site Universitas Negeri Yogyakarta

silinder Menggambar bentuk gabungan bentuk dasar silinder dan kubus 100 Menggambar gabungan benda-benda bentuk dasar kubus dan silinder 100 7 – 8 Menggambar benda-benda be[r]

12 Baca lebih lajut

elemen dan Sambungan Elemen Mesin mesin II.pdf

elemen dan Sambungan Elemen Mesin mesin II.pdf

setelan sepatu rem berfungsi menjamin ujung sepatu rem dan untuk penyetelan renggang antara sepatu dengan drum. Pada beberapa macam rem, sebagai pengganti silinder penyetel sepatu, anchor pin dan kam penyetel sepatu digunakan secara terpisah.

18 Baca lebih lajut

10. Tipe dan Mode Algoritma Simetri bagian 2

10. Tipe dan Mode Algoritma Simetri bagian 2

Misalkan kriptanalis berhasil mendekripsi keseluruhan blok cipherteks menjadi plainteks semula, sehingga ia dapat mendekripsi C 1 menjadi Ua, C 2 menjadi ng, C 3 menjadi di dan seterusnya. Kriptanalis memanipulasi cipherteks dengan membuang blok cipheteks ke-8 dan 9 sehingga menjadi

18 Baca lebih lajut

Show all 4022 documents...