Body Image

Top PDF Body Image:

Hubungan antara body image dan kecenderungan pembelian impulsif pada remaja.

Hubungan antara body image dan kecenderungan pembelian impulsif pada remaja.

Konsep diri merupakan cara seseorang untuk melihat diri sendiri, pada saat yang sama seseorang juga menganggap orang lain mempunyai gambaran yang sama (Stanton, 1984). Brooks (dalam Rakhmat, 2008) mendefinisikan bahwa melalui konsep diri individu dapat memperoleh gambaran tentang dirinya secara utuh. Baik yang bersifat fisik, sosial dan psikologis diperoleh melalui pengalaman dan interaksi individu dengan orang lain. Gambaran diri berkaitan dengan citra tubuh atau body image yang dimiliki oleh remaja. Stuart dan Sundeen (1995) menyatakan bahwa salah satu bagian dari konsep diri adalah body image.
Baca lebih lanjut

115 Baca lebih lajut

HUBUNGAN ANTARA BODY IMAGE DENGAN KEPERCAYAAN DIRI MAHASISWI YANG MENGALAMI OBESITAS  Hubungan Antara Body Image Dengan Kepercayaan Diri Mahasiswi Yang Mengalami Obesitas.

HUBUNGAN ANTARA BODY IMAGE DENGAN KEPERCAYAAN DIRI MAHASISWI YANG MENGALAMI OBESITAS Hubungan Antara Body Image Dengan Kepercayaan Diri Mahasiswi Yang Mengalami Obesitas.

Kepercayaan diri adalah keyakinan seseorang akan kemampuan yang dimilikinya. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi kepercayaan diri seseorang, salah satunya bagaimana individu dapat mempersepsikan penampilan fisiknya. Ketika individu puas dengan keadaan fisiknya, maka individu tersebut akan memiliki kepercayaan diri yang tinggi, begitu juga sebaliknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara body image dengan kepercayaan diri mahasiswi yang mengalami obesitas, tingkat body image pada mahasiswi yang mengalami obesitas, tingkat kepercayaan diri mahasiswi yang mengalami obesitas dan sumbangan efektif body image terhadap kepercayaan diri mahasiswi yang mengalami obesitas. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan positif antara body image dengan kepercayaan diri mahasiswi yang megalami obesitas.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

HUBUNGAN ANTARA BODY IMAGE DENGAN STATUS GIZI PADA REMAJA PUTRI KELAS XI IPS DI SMA BATIK 1 SURAKARTA  Hubungan Antara Body Image Dengan Status Gizi Pada Remaja Putri Kelas XI IPS Di SMA Batik 1 Surakarta.

HUBUNGAN ANTARA BODY IMAGE DENGAN STATUS GIZI PADA REMAJA PUTRI KELAS XI IPS DI SMA BATIK 1 SURAKARTA Hubungan Antara Body Image Dengan Status Gizi Pada Remaja Putri Kelas XI IPS Di SMA Batik 1 Surakarta.

Hasil penelitian Kusumajaya (2007) menunjukkan bahwa adanya ketidakpuasan terhadap body image pada remaja terutama pada remaja putri. Pada remaja putri usia 14-17 tahun, menganggap dirinya lebih gemuk dari ukuran tubuh mereka yang sebenarnya. Remaja putri juga lebih cenderung melakukan upaya penurunan berat badan berkaitan dengan bertambahnya umur mereka. Sedangkan berdasarka penelitian Tarigan (2004) di Yogyakarta menunjukan hasil bahwa 67 % remaja obesitas dan 33 % remaja yang tidak obesitas menyatakan ketidak puasannya dengan body image. Sedangkan pada penelitian Widianti (2012) 40,3 % remaja tidak puas dengan bentuk tubuhnya dan 59,7 % remaja puas dengan bentuk tubuhnya. Adapun tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara body image dengan status gizi pada remaja putri.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

HUBUNGAN ANTARA BODY IMAGE DENGAN KEPERCAYAAN DIRI P ADA REMAJA PUTRI  Hubungan anatar Body Image dengan Kepercayaan Diri pada Remaja Putri.

HUBUNGAN ANTARA BODY IMAGE DENGAN KEPERCAYAAN DIRI P ADA REMAJA PUTRI Hubungan anatar Body Image dengan Kepercayaan Diri pada Remaja Putri.

Kesimpulan penelitian ini menyatakan ada hubungan positif yang sangat signifikan antara body image dengan kepercayaan diri. Artinya semakin tinggi body image maka semakin tinggi pula kepercayaan diri. Dengan demikian variabel body image dapat digunakan sebagai prediktor (variabel bebas) untuk memprediksikan kepercayaan diri.

Baca lebih lajut

HUBUNGAN ANTARA BODY IMAGE DENGAN KEPERCAYAAN DIRI MAHASISWI YANG MENGALAMI OBESITAS   Hubungan Antara Body Image Dengan Kepercayaan Diri Mahasiswi Yang Mengalami Obesitas.

HUBUNGAN ANTARA BODY IMAGE DENGAN KEPERCAYAAN DIRI MAHASISWI YANG MENGALAMI OBESITAS Hubungan Antara Body Image Dengan Kepercayaan Diri Mahasiswi Yang Mengalami Obesitas.

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi kepercayaan diri seseorang, salah satunya adalah penampilan fisik. Penampilan fisik sangat erat hubungannya dengan gambaran dan persepsi individu terhadap bentuk tubuhnya. Gambaran dan persepsi inilah yang disebut body image. Schilder (dalam Grogan, 2008) menjelaskan bahwa body image adalah gambaran mengenai tubuh yang terbentuk dalam pikiran seseorang, atau dengan kata lain gambaran tubuh menurut dirinya sendiri.

Baca lebih lajut

Mengubah Body Image Negatif Menjadi Body Image Positif Melalui Pelatihan Body Image pada Siswi SMP "X" Pamanukan.

Mengubah Body Image Negatif Menjadi Body Image Positif Melalui Pelatihan Body Image pada Siswi SMP "X" Pamanukan.

Perpustakaan Pusat Universitas Indonesia). Ketua umum dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Abidin (2012), mengatakan bahwa body image adalah pandangan seseorang terhadap ukuran dan bentuk tubuh serta perkiraan mengenai pandangan orang lain terhadap diri sendiri. Seseorang yang tidak puas terhadap tubuhnya (body image negatif) cenderung berlomba untuk mulai menyesuaikan diri dengan definisi bentuk tubuh ideal dengan berbagai cara, termasuk menganiaya diri sendiri dengan diet ketat. Beliau juga menambahkan bahwa konsep yang salah mengenai body image seringkali terjadi pada usia remaja karena pada masa remaja seseorang belum memiliki kondisi mental yang stabil, sehingga mudah terpengaruh orang lain .
Baca lebih lanjut

35 Baca lebih lajut

Hubungan antara body image dan kecenderungan impulse buying wanita bekerja

Hubungan antara body image dan kecenderungan impulse buying wanita bekerja

Tiggeman (dalam Cash & Pruzinsky, 2002) menyatakan bahwa majalah wanita menyajikan gambar-gambar model yang kurus sebagai figur ideal. Hal tersebut menyebabkan wanita memiliki citra tubuh yang berkembang ke arah citra tubuh negatif. Maulad (2008) menyatakan bahwa sebagian besar wanita menganggap bahwa tubuh ideal identik dengan tubuh yang kurus atau langsing. Memiliki tubuh yang langsing akan membuat mereka merasa lebih percaya diri. Namun terjadinya kesenjangan antara diri fisik dengan tubuh ideal yang terlalu jauh dapat memunculkan penilaian tubuh yang negatif. Menurut Feingold dan Mazzella (dalam Davison & McCabe, 2006) persepsi yang salah mengenai tubuh ideal membuat sebagian orang merasa khawatir dan kurang percaya diri dengan tubuh yang mereka miliki sehingga dapat memunculkan ketidakpuasan terhadap body image.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  Hubungan Body Image Terhadap Penerimaan Diri Pada Remaja.

PENDAHULUAN Hubungan Body Image Terhadap Penerimaan Diri Pada Remaja.

Dari penelitian-penelitian diatas menunjukkan bahwa telah banyak dilakukan penelitian mengenai Penerimaan diri dan body image tetapi penulis tidak menemukan penelitian yang memiliki kesamaan dengan judul yang diajukan oleh penulis. Hal ini dapat dilihat dari variabel-variabel yang digunakan yaitu Penerimaan diri sebagai variabel tergantung dengan menggunakan teori Hurlock (1973, 1978, 1980) dan body image sebagai variabel bebas dengan menggunakan teori Kelliat (1994). Tidak ada penelitian di atas yang meneliti hubungan body image dengan Penerimaan diri pada remaja.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

Konsep Body Image Remaja Putri

Konsep Body Image Remaja Putri

Tingkat Body image individu digambarkan oleh seberapa jauh individu merasa puas terhadap bagian-bagian tubuh dan penampilan fisik secara keseluruhan serta menambahkan tingkat penerimaan citra raga sebagian besar tergantung pada pengaruh sosial budaya yang terdiri dari empat aspek yaitu reaksi orang lain, perbandingan dengan orang lain, peranan individu dan identifikasi terhadap orang lain (Thompson, 2000). Pengertian Body Image menurut Honigam dan Castle (Januar, 2007) adalah gambaran mental seseorang terhadap bentuk dan ukuran tubuhnya, bagaimana seseorang mempersepsi dan memberikan penilaian atas apa yang dipikirkan dan rasakan terhadap ukuran dan bentuk tubuhnya, dan atas penilaian orang lain terhadap dirinya. Sebenarnya, apa yang dipikirkan dan rasakan olehnya, belum tentu benar-benar mempresentasikan keadaan yang aktual, namun lebih merupakan hasil penilaian diri yang bersifat subjektif.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

HUBUNGAN ANTARA BODY IMAGE DENGAN SELF ESTEEM PADA WANITA DEWASA AWAL PENGGUNA SKINCARE  Hubungan Antara Body Image Dengan Self Esteem Pada Wanita Dewasa Awal Pengguna Skincare.

HUBUNGAN ANTARA BODY IMAGE DENGAN SELF ESTEEM PADA WANITA DEWASA AWAL PENGGUNA SKINCARE Hubungan Antara Body Image Dengan Self Esteem Pada Wanita Dewasa Awal Pengguna Skincare.

HASIL DAN PEMBAHASAN Berdasarkan hasil uji asumsi variabel body image dengan self esteem memenuhi asumsi normal dan linier, sehingga analisis yang telah dilakukan dengan menggunakan teknik korelasi product moment Pearson diperoleh hasil nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,234 dengan p value = 0,008 < 0,01 yang berarti ada hubungan positif yang sangat signifikan antara body image dengan self esteem pada wanita dewasa awal pengguna skincare. Hal ini sesuai dengan teori Henggaryadi & Fakhrurrozi (dalam Sari, 2012), semakin menarik atau efektif kepercayaan diri seseorang terhadap tubuh mereka, maka semakin positif self esteem yang dimiliki, karena body image positif akan
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

Pengaruh Body Image Terhadap Penyesuaian Diri Wanita Pada Kehamilan Pertama

Pengaruh Body Image Terhadap Penyesuaian Diri Wanita Pada Kehamilan Pertama

First pregnancy is an experience that creates life to a great social and psychological changes. In the other hand, first time pregnant women have also never experienced physical changes related to pregnancy and haven’t developed a cognitive ability about being a mother. During the pregnancy, women experienced great physical changes. These physival changes during pregnancy will changes their body image. Body image is attitude towards ones own body which can be positive or negative. Body image will effect self adjustmen of someone. Self adjustment is a process include mentally responses and behavior to overcome internal need, conflict, strain, and frustration also balance the need of the person and the environtment.The aim of this research is to see whether body image effects significantly self adjustment of first pregnant women. Subjects of this research are 60 first pregnant women who examined their pregnancy in Life Fertility Centre Clinic in Binjai and data was analyzed by regression. The result shows that body image effects self adjustment of first pregnant women significantly (p = 0.000). Body image effectively effects about 19.5% in first pregnant women’s adjustment. As additional results, body image effects significantly self adjustment of subjects ages 26-30; subjects who work and subjects with pregnancy in third trimester.
Baca lebih lanjut

95 Baca lebih lajut

Institutional Repository | Satya Wacana Christian University: Hubungan antara Perilaku Olahraga (Fitness) dengan Body Image pada Dewasa Muda

Institutional Repository | Satya Wacana Christian University: Hubungan antara Perilaku Olahraga (Fitness) dengan Body Image pada Dewasa Muda

The purpose of this study was to determine the sporting behavior, body image and a picture of the relationship between exercise behavior with body image in young adults at the Fitness Center in Semarang. Subjects in this study amounted to 55 people actively doing sports at the fitness center. The method used is correlational research method. Techniques used in data collection methods scale. Body Image subject is measured using a scale of body image composed of researchers, as well as the sporting behavior as measured by a scale and researcher interchanges. Stated reliability test on body image scale with 14 items that fall and 31 items with a reliability of 0.235 is used, whereas on a scale of sporting behavior there are 17 items that fall and the 51 items used with reliability of 0.313. The results of the correlation coefficient (r) of 0.783 with a significance level of p = 0.000 where p <0.05 it indicates there is a positive relationship between exercise behavior with body image in young adults in Fitness. Spearman correlation analysis showed a significant relationship between exercise behavior with body image.
Baca lebih lanjut

2 Baca lebih lajut

Hubungan Antara Body Image Dan Perilaku Diet Pada Remaja

Hubungan Antara Body Image Dan Perilaku Diet Pada Remaja

Body image bagi remaja merupakan suatu hal yang penting, karena pada masa remaja seseorang banyak mengalami perubahan, baik secara fisik maupun psikis. Perubahan yang pesat ini menimbulkan respon tersendiri bagi remaja berupa tingkah laku yang sangat memperhatikan perubahan bentuk tubuhnya. Hal ini sesuai dengan pendapat Conger dan Peterson (dalam Sarafino, 1998) yang mengatakan bahwa pada masa remaja, para remaja biasanya mulai bersibuk diri dengan penampilan fisik mereka dan ingin mengubah penampilan mereka. Keinginan ini disebabkan karena remaja sering merasa tidak puas terhadap penampilan dirinya. Bagaimana perasaan seseorang mengenai penampilan fisik inilah yang disebut dengan body image (Valencia, 2008). Body image dapat juga didefinisikan sebagai derajat kepuasan individu terhadap dirinya secara fisik yang mencakup ukuran, bentuk, dan penampilan umum (Cash dan Deagle dalam Jones, 2002). Peneliti akan menggunakan istilah gambaran tubuh untuk menjelaskan body image pada penelitian ini.
Baca lebih lanjut

138 Baca lebih lajut

HUBUNGAN ANTARA BODY IMAGE DENGAN PERILAKU DIET PADA WANITA DEWASA AWAL DI UPI.

HUBUNGAN ANTARA BODY IMAGE DENGAN PERILAKU DIET PADA WANITA DEWASA AWAL DI UPI.

Physical conditions which are owned by the individual concerned with how individuals evaluate themselves. Individuals who have a positive body image will have a good self- acceptance, which is characterized by a positiveassessmentand a positive attitude toward theirself, and accept the advantages and disadvantages of theirself. The study entitled "The Correlation Between Body Image with Diet Behavior in Early Adult Women in UPI" aims to find out the correlation between body image and diet behavior in early adult women at UPI. The method used is quantitative method with a sample totaled at 127 early adult women at UPI. Instruments in this study are Body Image Scale and Diet Behavior Scale with used questionnairesas a data collection technique. Correlation technique used is the Pearson Product Moment Correlation. The results showed that there wasa negative correlation between body image and diet behavior in early adult women At UPI. That is, most early adult women in the UPI that have a negative body image, the diet behavior tends to be highandearly adult women who have a positive body image, the diet behaviour tend to be low.
Baca lebih lanjut

31 Baca lebih lajut

Percaya Diri, Body Image dan Kecenderungan Anorexia Nervosa Pada Remaja Putri

Percaya Diri, Body Image dan Kecenderungan Anorexia Nervosa Pada Remaja Putri

Hasil pengolahan data menunjukkan nilai terendah body image adalah 90 dan nilai tertinggi mencapai 155 dengan mean sebesar 119,57 dari 120 orang siswa yang menjadi subjek penelitian. Menunjukkan sebanyak 74 orang siswa yang memiliki body image sedang atau 61,7%, sebanyak 46 orang siswa memiliki body image tinggi atau sebesar 37,5%. Data tersebut terlihat bahwa sebagian besar siswa memiliki body image sedang. Body image merupakan sebuah persepsi seseorang mengenai tam- pilan fisik tubuhnya, bentuk dan beratnya. pada masa remaja body image dan rasa percaya diri sangatlah berkaitan, oleh karena itu kepedulian terhadap body image jangan dilihat sebagai sesuatu yang wajar dan normatif bagi remaja. Dalam menilai bentuk tubuh ada yang dikenal sebagai distorsi bentuk tubuh, distorsi bentuk tubuh muncul ketika seseorang melebihkan atau mengurangi pencitraan body image dengan ukuran yang sebenarnya.
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  Hubungan Antara Body Image Dengan Pola Makan Dan Status Gizi Remaja Putri Di SMP Al Islam 1 Surakarta.

PENDAHULUAN Hubungan Antara Body Image Dengan Pola Makan Dan Status Gizi Remaja Putri Di SMP Al Islam 1 Surakarta.

tentang berbagai metode penurunan berat badan yang sangat berperan dalam menarik kaum remaja, khususnya wanita yang ingin langsing. Tidak semua iklan mengakibatkan hal negatif namun sebaliknya tidak menutup kemungkinan remaja mempraktekkan pola makan seperti dalam iklan yang akhirnya akan berakibat kekurangan gizi (Khomsan, 2003). Penelitian Widianti dan Candra (2012) menunjukkan bahwa ada hubungan antara body image dan perilaku makan dengan status gizi. Body image cenderung terjadi

6 Baca lebih lajut

Hubungan antara body image dan perilaku

Hubungan antara body image dan perilaku

Menurut Davison & Mc Cabe istilah body image mempunyai arti yaitu persepsi dan sikap seseorang terhadap tubuhnya sendiri. Definisi yang lebih spesifik mengenai body image dikemukakan oleh Rudd dan Lennon yang menyatakan bahwa body image adalah gambaran mental yang seseorang miliki tentang tubuhnya yang meliputi dua komponen. Schilder juga mendefinisikan body image sebagai gambaran tentang tubuh individu yang terbentuk alam pikirannya atau dengan kata lain gambaran.

Baca lebih lajut

Gambaran Body Image Pada Model

Gambaran Body Image Pada Model

Metode Penelitian merupakan unsur yang penting dalam penelitian ilmiah, karena metode yang digunakan dalam penelitian dapat menentukan apakah penelitian tersebut dapat dipertanggungjawabkan hasilnya (Hadi, 2000). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang bersifat deskriptif yang dimaksudkan untuk melihat bagaimana gambaran body image pada model di kota Medan. Punch (1998) menyatakan bahwa ada 2 (dua) kegunaan dilakukannya penelitian deskriptif. Pertama, untuk pengembangan teori dan area penelitian yang baru, dimana sebelum merencanakan/melakukan penelitian yang lebih mendalam (exploratory studies) adalah lebih baik untuk terlebih dahulu memusatkan perhatian pada deskripsi yang sistematis terhadap objek penelitian. Kedua, deskripsi yang tepat mengenai proses- proses sosial yang kompleks dapat membantu kita untuk memahami faktor apa saja yang mempengaruhi suatu variabel dan faktor apa yang perlu diteliti lebih lanjut dalam penelitian berikutnya secara lebih mendalam.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

HUBUNGAN ANTARA BODY IMAGE DAN KONFORMIT

HUBUNGAN ANTARA BODY IMAGE DAN KONFORMIT

Pada umumnya, perilaku konsumtif sering dilakukan oleh kaum muda terutama remaja putri. Remaja biasanya cenderung melakukan pembelian yang terus-menerus pada produk yang ditawarkan karena mereka selalu merasa tidak puas dengan produk yang telah dimilikinya (Richins, dalam Djudiyah dan Hadipranata, 2002). Termasuk bagaimana remaja mencoba menampilkan diri secara fisik. Hal tersebut membuat remaja lebih sensitif terhadap gambaran dan penampilan fisik seperti tubuh yang tidak langsing, pendek, jerawat, dan sebagainya. Ketidakpuasan remaja pada tubuhnya akhirnya mendorong mereka melakukan berbagai upaya agar tampilan fisiknya sesuai dengan body image yang dianggap ideal.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

BODY IMAGE PADA PRIA METROSEKSUAL

BODY IMAGE PADA PRIA METROSEKSUAL

improve the appearance. But not all men think it is right or good because in Indonesia, he is a human figure who has the nature of the assertive, stubborn, male, realistic and full of logic in the act, the Indonesian men generally do not like things that are feminine and femininity . However, over the development of culture coming into this country, then comes the metrosexual phenomenon that was born due pegeseran values "manhood" as a result the entry of women into the world of work because she brought in the habit of beautifying themselves into the world of work. Thus, this study aims to determine description metrosexual male body image and the factors that influence the metrosexual male body image.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...