Citamiang, Citamiang, Sukabumi

Top PDF Citamiang, Citamiang, Sukabumi:

Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Ibu Bersalin Oleh Paraji Tentang Persalinan Aman Di Wilayah Kerja Puskesmas Tipar Kecamatan Citamiang Kota Sukabumi.

Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Ibu Bersalin Oleh Paraji Tentang Persalinan Aman Di Wilayah Kerja Puskesmas Tipar Kecamatan Citamiang Kota Sukabumi.

Berdasarkan hal tersebut diatas, maka penulis akan mencoba untuk mengadakan penelitian yang berjudul Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Ibu Bersalin Tentang Persalinan Aman Oleh Paraji di Wilayah Kerja Puskesmas Tipar Kecamatan Citamiang Kota Sukabumi Periode Maret-Agustus 2009.

24 Baca lebih lajut

PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (1)

PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (1)

3 Kayla Salsabila P Sukabumi, 19 Juni 2009 Citamiang M. Suhadi Indah Wiraswasta A 4 Chintya Aulia N P Sukabumi, 16 Maret 2010 Citamiang Sopian Ranih Wiraswasta A 5 Lusy Oktaviani P P Sukabumi, 11 Oktober 2009 Citamiang Pepen Risma Wiraswasta A 6 Fanisa Karunia P P Sukabumi, 15 September 2010 Citamiang Warmunaji Casriyah Wiraswasta A 7 Virama M Surya L Sukabumi, 06 Mei 2010 Citamiang Enden Widyastini Wiraswasta A 8 M. Akbar Hadiyansah L Sukabumi, 25 April 2010 Citamiang Deri Dede Wiraswasta A

2 Baca lebih lajut

BERITA ACARA RAPAT DEWAN GURU DAN KOMITE

BERITA ACARA RAPAT DEWAN GURU DAN KOMITE

Pada hari ini SELASA tanggal 27 bulan MARET tahun dua ribu dua belas, bertempat di MI. Raudlatul Falah Kelurahan Tipar Kecamatan Citamiang Kota Sukabumi, telah dilaksanakan rapat Dewan Guru dan Komite Sekolah untuk menetapkan nilai Passingrid/Standar Kelulusan dalam rangka Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) yang akan dilaksankan pada minggu kedua bulan Mei tahun 2012.

3 Baca lebih lajut

J.D.I.H. - Dewan Perwakilan Rakyat

J.D.I.H. - Dewan Perwakilan Rakyat

Undang-undang pembentukan tersebut sama sekali tidak memperhatikan keadaan yang nyata mengenai luasnya wilayah Kota Sukabumi menurut perkembangannya pada waktu itu, sehingga sebagian dari desa Citamiang yang pada waktu Pemerintah Jepang berkuasa, dengan Bogor-Syurei tanggal 15 Nopember 1942 No. 1 telah dimasukkan ke dalam wilayah Kota Sukabumi, kembali lagi kepada Kabupaten Sukabumi. Akan tetapi meskipun menurut hukum, sebahagian dari desa Citamiang itu tidak termasuk wilayah Kotapraja Sukabumi namun dalam kenyataannya penduduk dari desa tersebut sudah merasa menjadi penduduk kota, sedangkan mengenai soal pemerintahan bahagian dari desa tersebut tetap berhubungan dengan Pemerintah Daerah Kotapraja Sukabumi sesuai dengan keadaan pada waktu Pemerintahan Jepang berkuasa.
Baca lebih lanjut

0 Baca lebih lajut

 file 1494309251

file 1494309251

SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN Program Studi Pendidikan Matematika Bekerjasama Dengan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUKABUMI Sukabumi, 09 Agustus 2017 FORMULIR PENDAFTARAN PESERTA

2 Baca lebih lajut

Tipe & Size (, 332K) edisi2 pdf2b

Tipe & Size (, 332K) edisi2 pdf2b

Sementara itu, di sektor pertambangan Kabupaten Sukabumi memliki dua potensi yakni bahan galian dan sumber panas bumi. Jenis bahan galian yang merupakan produk unggulan Kabupaten yang mengangkat Visi Terwujudnya Perubahan Kabupaten Sukabumi Menuju Masyarakat yang Berakhlakul Mulia, Produktif dan Sejahtera adalah jenis Tras, Batu Gamping, Tanah Liat, Pasir Kwarsa, Marmer, Pasir Besi, Tanah Hitam, Bentonit, Batubara dan Andesit. Produk galian tersebsar adalah Kuarsa sebanyak 152.529 ton dan tanah liat merah sebanyak 104.962 ton. Di sumber panas bumi menghasilkan produksi tenaga listrik geothermal yang menghasilkan 330-340 mega watt dikelola oleh PT Cevron. Darah penghasil panas bumi ini berada di Kecamatan Kabandungan dan Cisolok.
Baca lebih lanjut

5 Baca lebih lajut

Skenario perubahan iklim di Sukabumi.pdf

Skenario perubahan iklim di Sukabumi.pdf

Kabupaten Sukabumi yang terletak pada 6°43'-7°29' di sebelah selatan garis khatulistiwa, termasuk dalam zona tropis yang ditandai dengan kelembaban udara yang sedang, curah hujan yang tinggi dan kecepatan angin yang sedang (Iklim Tipe B1 Oldeman). Distribusi curah hujan sementara terutama ditentukan oleh pola peredaran udara dari bulan Mei hingga bulan Oktober berhembus angin muson timur yang kering, dan dari bulan November hingga bulan Maret bertiup angin Muson Barat yang basah. Di bagian selatan Sukabumi angin musim barat biasanya bertiup lebih awal, yaitu pada akhir bulan September (www.bappeda-sukabumi.go.id). Distribusi curah hujan secara tata ruang terutama ditentukan oleh ketinggian lokasi dan keadaaangeografis. Curah hujan tertinggi ( > 3500 mm per tahun), tercatat di Sukabumi bagian utara, disekitar lereng Gunung Gede, di Kecamatan Ciemas, sebelah timur Teluk Pelabuhan Ratu. Di kaki gunung berapi di sebelah utara dan di Sukabumi selatan memiliki curah hujan rata-rata berkisar 3000-4000 mm/tahun. Daerah yang terletak di sebelah utara dan selatan Sungai Cimandiri mempunyai curah hujan tahunan rata-rata yang paling rendah berkisar 2000–3000 mm/tahun
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

Analisis Kelayakan Pengembangan Usaha Pembuatan Bandrek Instan Pada Rradh Indonesia Fic, Kota Sukabumi

Analisis Kelayakan Pengembangan Usaha Pembuatan Bandrek Instan Pada Rradh Indonesia Fic, Kota Sukabumi

Bandrek merupakan salah satu minuman tradisional Jawa Barat yang menjadi salah satu produk unggulan Kota Sukabumi. Rradh Indonesia FIC merupakan salah satu produsen bandrek instan di Kota Sukabumi. Permintaan konsumen yang meningkat menjadi peluang usaha bagi Rradh Indonesia FIC untuk meningkatkan produksi. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kelayakan pengembangan usaha pembuatan serbuk minuman bandrek instan yang akan dilakukan oleh Rradh Indonesia FIC. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif untuk aspek non finansial dan metode kuantitatif untuk aspek finansial. Berdasarkan hasil analisis aspek non finansial yaitu aspek pasar, aspek teknis, aspek manajemen dan hukum, serta aspek ekonomi sosial dan lingkungan, usaha pembuatan serbuk minuman bandrek instan layak untuk dijalankan. Hasil analisis finansial berdasarkan kriteria investasi NPV, Net B/C, IRR, dan payback period menunjukkan rencana pengembangan usaha pembuatan serbuk minuman bandrek instan layak untuk dijalankan. Sedangkan berdasarkan analisis switching value, usaha pembuatan serbuk minuman bandrek instan di Rradh Indonesia FIC memiliki tingkat sensitifitas yang tinggi pada penurunan penjualan produk.
Baca lebih lanjut

91 Baca lebih lajut

03 surat undangan pembutian kualifikasi 2014

03 surat undangan pembutian kualifikasi 2014

Berdasarkan Hasil Evaluasi Penawaran Pengadaan Bahan Makanan Penerima Manfaat Panti Sosial Bina Laras (PSBL) “Phala Martha” Sukabumi Tahun Anggaran 2015, maka Kami mengundang dan meminta perusahaan yang Saudara wakili untuk klarifikasi dan pembuktian dokumen isian kualifikasi dengan membawa dokumen asli dan salinannya pada:

1 Baca lebih lajut

02 surat undangan pembutian kualifikasi1

02 surat undangan pembutian kualifikasi1

Berdasarkan Hasil Evaluasi Penawaran Pengadaan Jasa Konsultansi Perencanaan Rehabilitasi Gedung Kantor Pada Panti Sosial Bina Laras “Phala Martha” Sukabumi Tahun Anggaran 2015, maka Kami mengundang dan meminta perusahaan yang Saudara wakili untuk pembuktian dokumen kualifikasi dengan membawa dokumen asli dan salinannya pada:

1 Baca lebih lajut

Pengaruh Saat Pemanenan Terhadap Produksi dan Kualitas Produksi Empat Varietas Kangkung Darat (Ipomea reptans Poir)

Pengaruh Saat Pemanenan Terhadap Produksi dan Kualitas Produksi Empat Varietas Kangkung Darat (Ipomea reptans Poir)

The r e s u l t show t h a t r a p i d e a r l y growth was shown by Bang- kok, Sukabumi A , and Sutera, Bangkok i s t h e b e s t v a r i e t y , giv- ing minimum y i e l d of 49.9 6 weeks with 75 p e r c e n t e d i b l e p o r t i o n , The b e s t h a r v e s t i n g d a t e was t w i c e a t 5 and 8 weeks f o r Sukabumi, twice a t 4 and 7 weeks f o r Bangkok and once a t 7 weeks f o r Kuningan and Sutera, A canparison were being made f o r t h e i r growth h a b i t .

24 Baca lebih lajut

TENTARA KEAMANAN RAKYAT DI SUKABUMI : PEMBENTUKAN DAN PERANANNYA DALAM PERTEMPURAN KONVOI SUKABUMI 1945-1946.

TENTARA KEAMANAN RAKYAT DI SUKABUMI : PEMBENTUKAN DAN PERANANNYA DALAM PERTEMPURAN KONVOI SUKABUMI 1945-1946.

Strategi ‘Memukul Ular Berbisa’ ini merupakan adaptasi dari strategi perang gerilya dengan memanfaatkan kondisi georgafis wilayah Sukabumi. Kunci utama dari strategi ini adalah penempatan pasukan/herdislokasi yang tepat. Terutama di wilayah yang masuk ke dalam Kabupaten Sukabumi yang masih banyak sekali terdapat hutan rimbun dan jauh dari pemukiman warga. Sebelumnya untuk warga yang bertempat tinggal di dekat jalan raya diharapkan untuk mengungsikan diri ke wilayah yang lebih aman dan cukup jauh dari jalan raya. Dalam strategi penyerangan ini, pasukan penyergap akan difokuskan pada daerah Bojongkokosan, suatu daerah yang terdiri dari hutan yang rimbun serta terdapat kedua tebing yang mengapit jalan raya. Tempat ini dirasa memungkinkan untuk melakukan penyergapan mengingat senjata utama TKR pada saat itu adalah granat dan molotov coctail, selain itu mengutamakan kecepatan menyerang dan cepat mundur (Hit and Run) pula. Untuk pasukan sisanya bersiap di sepanjang jalan sesuai Batalyon masing-masing ditempatkan.
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

Promosi Batik Sukabumi Lokatmala di Sukabumi.

Promosi Batik Sukabumi Lokatmala di Sukabumi.

Kesimpulan yang didapatkan oleh penulis dalam perancangan promosi batik Sukabumi Lokatmala ini adalah Batik Sukabumi Lokatmala tidak kalah bagus dengan batik-batik daerah lainnya yang sudah terlebih dahulu terkenal. Dan bisa dikatakan, batik Sukabumi Lokatmala merupakan batik modern yang bisa dijadikan trend masa kini. Promosi batik Sukabumi Lokatmala yang sudah dilakukan oleh komunitas Lokatmala dinilai kurang meluas, karena bedasarkan kuisioner pun banyak masyarakat Sukabumi yang tidak mengetahui keberadaan batik Sukabumi Lokatmala ini. Sehingga batik Sukabumi Lokatmala ini terkalahkan dengan batik- batik Pekalongan yang masuk ke Sukabumi dan menguasai pasar Sukabumi. Hal ini sangat disayangkan, jika saja batik Sukabumi ini mendapatkan perhatian penuh dari Pemerintah semenjak tahun 2010 maka batik Sukabumi ini bisa berkembang lebih meluas lagi dan mengalahkan batik Pekalongan yang sudah lebih dulu menguasai pasar batik di Kota Sukabumi.
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

Optimasi Penggunaan Lahan dan Penutupan Lahan Menggunakan Sistem Informasi Geografis di DAS Citamiang

Optimasi Penggunaan Lahan dan Penutupan Lahan Menggunakan Sistem Informasi Geografis di DAS Citamiang

Produktivitas lahan adalah salah satu dari kriteria yang dipakai untuk pendekatan dalam rangka meminimalkan erosi disamping sebagai ukuran keberhasilan pengelolaan suatu daerah aliran sungai. Nilai produktivitas lahan dihitung berdasarkan besarnya penerimaan setiap pemanfaatan ruang dikurangi biaya operasional dalam satuan Rp/ha/th, konversi nilai produktivitas lahan dalam satuan Rp/ha/th dimaksudkan untuk penyeragaman nilai produktivitas lahan dari berbagai penggunaan lahan yang terdapat di DAS Citamiang yang memiliki nilai produktivitas lahan yang berbeda-beda. Nilai produktivitas lahan per hektar diambil dari data sekunder dan survey lapangan, sedangkan harga nilai masing-masing komoditas berdasarkan hasil wawancara dengan penduduk dan dinas terkait. Dalam setiap kegiatan pemanfaatan ruang akan menghasilkan output produksi yang memiliki nilai berbeda. Produktivitas lahan dipengaruhi oleh kemampuan tanah dalam berproduksi, disamping itu juga dipengaruhi oleh jenis kegiatan pemanfaatan tanah tersebut. Ini berarti bahwa jenis penggunaan lahan yang berbeda akan memiliki nilai produktivitas lahan yang berbeda pula.
Baca lebih lanjut

168 Baca lebih lajut

PERKEMBANGAN PENCAK SILAT PANCER DI JAMPANGKULON SUKABUMI TAHUN 1960-1990.

PERKEMBANGAN PENCAK SILAT PANCER DI JAMPANGKULON SUKABUMI TAHUN 1960-1990.

Pancer yang sekarang hampir punah di kalangan masyarakat masa kini ingin kembali dihidupkan dan diperkenalkan kembali kepada masyarakat masa kini sehingga nilai- nilai seni tradisional tidak hilang begitu saja di kalangan masyarakat Jampangkulon Sukabumi Selatan. Kedua, Penulis ingin melihat bagaimana upaya masyarakat setempat atau pihak terkait terutama para pesilat aliran Pancer dalam mengembangkan seni tradisional yang dimilikinya pada masa itu dan masa sekarang. Ketiga, penulisan sejarah lokal mengenai seni Pencak Silat Pancer sebagai usaha pelestarian terhadap potensi budaya lokal agar nama Jampangkulon bisa dikenal di mata dunia tidak dengan hal-hal yang negatif melainkan mempunyai nilai historisnya. Berdasarkan alasan di atas tersebut, penulis tertarik untuk melakukan pengkajian lebih dalam mengenai perkembangan kesenian tradisional dengan sudut kajian sosial budaya yang mengambil objek kajian penelitian di Jampangkulon Sukabumi Selatan dengan judul “ Perkembangan Pencak Silat Pancer di Jampangkulon Sukabumi Tahun 1960-1990.
Baca lebih lanjut

47 Baca lebih lajut

Juknis Tunjangan Profesi Guru 2016 compressed ilove compressed

Juknis Tunjangan Profesi Guru 2016 compressed ilove compressed

Rt/rw.01/05 Desa Bunijaya Kec. Pagelaran Kab Cianjur 7465 4605 MTsS Al-Qona`ah Kp.Ciparaya RT/RW 02/01 Desa Simpang Kec. Pasirkuda Kab Cianjur 7466 4606 MTsS Al-Muthmainnah Ciogong Desa Kertasari Kec. Sindang Barang Kab. Cianjur Cianjur 7467 4607 MTsS Al-akhyar Kp.bungbulang Desa Sindangraja Kec. Sukaluyu Kab. Cianjur Cianjur 7468 4608 MTsS Al-falah Kp. Babakan Padang Desa Mekarjaya Kec. Sukaluyu Kab. Ci Cianjur 7469 4609 MTsS Al-ikhlas Jl. Bojongsari Kp Pajagan Rt 03 Rw 08 Kec. Sukaluyu Kab. Ci Cianjur 7470 4610 MTsS Nurul Islam Jl. Raya Cianjur Bandung Km.09 Ciodeng Desa Selajambe Kec Cianjur 7471 4611 MTsS Syariful Anwar Kp. Pasir Anta Rt 01 Rw 03 Kec. Sukaluyu Kab. Cianjur Cianjur 7472 4612 MTsS Al-Huda Jl.cisuren Desa Gunungsari Kec. Sukanagara Kab. Cianjur Cianjur 7473 4613 MTsS Nurulhuda Kp. Panenjoan RT.05/05 Kec. Sukanagara Kab. Cianjur Cianjur 7474 4614 MTsS Al-hasanah Kp. Cipancur Rt/rw. 06/07 Desa Sindanghayu Kec. Takokak Cianjur 7475 4615 MTsS Miftahul Khoeriyah Jl. Datar Cimanggu Rt 04 Rw 02 Kec. Takokak Kab. Cianjur Cianjur 7476 4616 MTsS Nurul Falah Kp Lemah Sari Jl. Pasanggrahan Kec. Takokak Kab. Cianjur Cianjur 7477 4617 MTsS Nurul Huda Kp. Hegarmanah Rt. 03/07 Kec. Takokak Kab. Cianjur Cianjur 7478 4618 MTsS Al-Barkah Kp. Rancakeiyeup RT/RW 01/04 Kec. Tanggeung Kab. Cianjur Cianjur 7479 4619 MTsS Al Ihya Kp. Cibadak RT 02/ RW 01 Kec. Tanggeung Kab. Cianjur Cianjur 7480 4620 MTsS Al-Hidayah Jl.Raya Sukabumi KM.08 Kampung Ciuendeur Kec. Warung Ko Cianjur 7481 4621 MTsS ASSULAIMANIYYAH Kp. Manglad Rt/Rw 02/02 Kec. Warung Kondang Kab. Cianjur Cianjur 7482 4622 MTsS Sa Martausshibyan Kp. Sukamanah Kec. Campaka Mulya Kab. Cianjur Cianjur 7483 4623 MTsS Sa Al-Munawwir Kp. Warudoyong Kec. Cikalong Kulon Kab. Cianjur Cianjur 7484 4624 MTsS SA Miftahul Ulum Kp. Sukamanah Rt. 02 Rw.05 Kec. Tanggeung Kab. Cianjur Cianjur 7485 4625 MTsS Sa Al-Barokah Kp. Parasu 02/04 Desa Cijagang Kec. Cikalong Kulon Kab. Ci Cianjur 7486 4626 MTsS Sa Miftahul Falah Kp.kubang Rt.03/09 Kec. Cipanas Kab. Cianjur Cianjur 7487 4627 MTsS SA AL-ISTIQOMAH Kp. Ciheulang Ds. Langensari Kec. Karang Tengah Kab. Cianjur Cianjur
Baca lebih lanjut

275 Baca lebih lajut

Juknis Tunjangan Profesi Guru 2016 compressed ilovepdf compressed

Juknis Tunjangan Profesi Guru 2016 compressed ilovepdf compressed

Rt/rw.01/05 Desa Bunijaya Kec. Pagelaran Kab Cianjur 7465 4605 MTsS Al-Qona`ah Kp.Ciparaya RT/RW 02/01 Desa Simpang Kec. Pasirkuda Kab Cianjur 7466 4606 MTsS Al-Muthmainnah Ciogong Desa Kertasari Kec. Sindang Barang Kab. Cianjur Cianjur 7467 4607 MTsS Al-akhyar Kp.bungbulang Desa Sindangraja Kec. Sukaluyu Kab. Cianjur Cianjur 7468 4608 MTsS Al-falah Kp. Babakan Padang Desa Mekarjaya Kec. Sukaluyu Kab. Ci Cianjur 7469 4609 MTsS Al-ikhlas Jl. Bojongsari Kp Pajagan Rt 03 Rw 08 Kec. Sukaluyu Kab. Ci Cianjur 7470 4610 MTsS Nurul Islam Jl. Raya Cianjur Bandung Km.09 Ciodeng Desa Selajambe Kec Cianjur 7471 4611 MTsS Syariful Anwar Kp. Pasir Anta Rt 01 Rw 03 Kec. Sukaluyu Kab. Cianjur Cianjur 7472 4612 MTsS Al-Huda Jl.cisuren Desa Gunungsari Kec. Sukanagara Kab. Cianjur Cianjur 7473 4613 MTsS Nurulhuda Kp. Panenjoan RT.05/05 Kec. Sukanagara Kab. Cianjur Cianjur 7474 4614 MTsS Al-hasanah Kp. Cipancur Rt/rw. 06/07 Desa Sindanghayu Kec. Takokak Cianjur 7475 4615 MTsS Miftahul Khoeriyah Jl. Datar Cimanggu Rt 04 Rw 02 Kec. Takokak Kab. Cianjur Cianjur 7476 4616 MTsS Nurul Falah Kp Lemah Sari Jl. Pasanggrahan Kec. Takokak Kab. Cianjur Cianjur 7477 4617 MTsS Nurul Huda Kp. Hegarmanah Rt. 03/07 Kec. Takokak Kab. Cianjur Cianjur 7478 4618 MTsS Al-Barkah Kp. Rancakeiyeup RT/RW 01/04 Kec. Tanggeung Kab. Cianjur Cianjur 7479 4619 MTsS Al Ihya Kp. Cibadak RT 02/ RW 01 Kec. Tanggeung Kab. Cianjur Cianjur 7480 4620 MTsS Al-Hidayah Jl.Raya Sukabumi KM.08 Kampung Ciuendeur Kec. Warung Ko Cianjur 7481 4621 MTsS ASSULAIMANIYYAH Kp. Manglad Rt/Rw 02/02 Kec. Warung Kondang Kab. Cianjur Cianjur 7482 4622 MTsS Sa Martausshibyan Kp. Sukamanah Kec. Campaka Mulya Kab. Cianjur Cianjur 7483 4623 MTsS Sa Al-Munawwir Kp. Warudoyong Kec. Cikalong Kulon Kab. Cianjur Cianjur 7484 4624 MTsS SA Miftahul Ulum Kp. Sukamanah Rt. 02 Rw.05 Kec. Tanggeung Kab. Cianjur Cianjur 7485 4625 MTsS Sa Al-Barokah Kp. Parasu 02/04 Desa Cijagang Kec. Cikalong Kulon Kab. Ci Cianjur 7486 4626 MTsS Sa Miftahul Falah Kp.kubang Rt.03/09 Kec. Cipanas Kab. Cianjur Cianjur 7487 4627 MTsS SA AL-ISTIQOMAH Kp. Ciheulang Ds. Langensari Kec. Karang Tengah Kab. Cianjur Cianjur
Baca lebih lanjut

275 Baca lebih lajut

Muammar Maulana Arifin  (21020111110141) Daftar Pustaka

Muammar Maulana Arifin (21020111110141) Daftar Pustaka

BPS Kota Sukabumi.2010,2011,2012,2013,2014. Kota Sukabumi Dalam Angka. Sukabumi : BPS Direktorat Jenderal Bina Marga. 1997. Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota. Jakarta Dirjen Perhubungan Darat. 2003. Lampiran Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor : sk.1361/aj.106/drjd/2003 tanggal : 11 agustus 2003. Jakarta

2 Baca lebih lajut

TARI TOPENG KLANA SUKABUMI DI KECAMATAN CIKOLE KOTA SUKABUMI.

TARI TOPENG KLANA SUKABUMI DI KECAMATAN CIKOLE KOTA SUKABUMI.

Dari hasil penelitian, bahwa Pertunjukan Tari Topeng Klana Sukabumi ini termasuk ke dalam Tari Topeng Priangan, karena wilayah Sukabumi merupakan bagian dari wilayah Priangan. Tari Topeng Klana Sukabumi diciptakan oleh Alm. Aum Bidin pada tahun 1953 di Kecamatan Cikole Kota Sukabumi. Terciptanya Tari Topeng Klana Sukabumi dikarenakan kecintaannya terhadap Tari Topeng khusunya Tari Topeng Klana yang dianggap olehnya memiliki banyak keunikan dibanding Tari Topeng yang lainnya, khususnya dari segi gerak yang gagah dan lincah dan menggambarkan angkara murka. Adapun ciri khas yang dimiliki oleh Tari Topeng Klana Sukabumi yaitu pada struktur gerak yaitu gerak jayeng, capangan yang memperkuat karakter pada Tari Topeng Klana Sukabumi. Selain itu pada penggunaan busana dengan mengenakan sinjang dodot rahwana yang mengibaratkan seorang yang memiliki kekuasaan dan wibawa. Tari Topeng Klana Sukabumi diiringi oleh Lagu Rumyang dan Bendrong dengan alat musiknya separangkat gamelan berlaras Salendro. Waditra yang digunakan antara lain kendang, Goong, Rebab, Saron I, Saron II, dan Bonang. Busana Tari Topeng Klana Sukabumi terdiri dari baju kutung, celana sontog, samping (Dodot Rahwana), lemrah, pelayang, iket pinggang, sampur, sobrah atau tekes. Aksesoris yang dikenakan yaitu keris, gelang tangan, gelang kaki, bantangan serta penutup wajah atau topeng.
Baca lebih lanjut

31 Baca lebih lajut

Show all 1887 documents...