daerah lainnya di Amerika Serikat

Top PDF daerah lainnya di Amerika Serikat:

Pertanian di Amerika Serikat di

Pertanian di Amerika Serikat di

Diantara Rocky Mountain dan Appalachian terletak daerah dataran pedalaman Amerika yang sangat luas yang disebut Great Plain membentang dari delta Mackenzie di samudera Artik sampai kepantai Teluk Mexico. Dataran rendah pedalaman ini dibagi lagi menjadi beberapa propinsi yakni: (1) Great Cana Shield, yakni wilayah inti geologi mengandung batu bara tua di Amerika Utara, (2) Interior lowland ditutupi oleh sebagian tumpukan glacial yang dibawa oleh lelehan salju dan angin selama periode glacial akhir Conozoic dan (3) Great Plain ditutupi oleh sedimen yang bertambah luas kearah Barat sampai batas pegunungan Rocky. Dibagian sisi barat Rocky Mountain terdapat zona basin antar pegunungan dan plateau, propinsi fisiografi wilayah ini meliputi: (1) plateau Colorado bagian selatan dengan ditutupi endapan sedimen tebal dan Grand Cayon Coloradonya yang terkenal, (2) Lava yang menutupi Columbia Utara yang merupakan bentuk tangkapan air sungai Columbia, dan, (3) Basin sentral dan range Country (Great Basin) Nevada dan Utah meliputi beberapa daerah bekas danau yang terjadi pada periode glasial dan masih tersisa sampai saat ini yakni danau Great Salt. Propinsi ini disebut Intermountains karena posisinya terletak antara Rocky mountain dan pegunungan pantai Pasifik yang membentang dari semenanjung Alaska sampai ke California bagian selatan di pantai Amerika Utara bagian barat.
Baca lebih lanjut

27 Baca lebih lajut

Desentralisasi PWP di Amerika Serikat

Desentralisasi PWP di Amerika Serikat

Program pengelolaan pesisir berbasis DAS diperlukan untuk menjamin kesehatan dan produktivitas ekonomi perkotaan di w ilay ah teluk. Hal ini ditunjukkan oleh pendekatan berbasis DAS terpadu oleh Tim Pengawas Kualitas Air Puget Sound dalam mengatasi dampak kualitas air Puget Sound. DAS yang dijadikan proyek pengelolaan teluk pemukiman rumit dan di Puget Sound melibatkan lebih dari 15 perundangan federal dan negara bagian, sejumlah peraturan tambahan federal, negara bagian dan lokal dan juga yurisdiksi dan kepentingan Suku Indian. Hal ini analog dengan tanggungjawab administratif di banyak teluk pemukiman di Indonesia dan menjadi model bagaimana kewenangan administratif dan manajerial dapat diintegrasikan untuk mencapai perlindungan perkotaan di wilayah teluk dan pembangunan yang berkelanjutan. Model ini memerlukan pembentukan suatu kantor atau tim dengan tanggung jawab khusus untuk mengkoordinasikan pengelolaan perkotaan di wilayah teluk melalui perencanaan DAS. Melalui kelompok kerja antar lembaga, tim ini kemudian mengarahkan proses identifik asi wilayah, identifikasi hist oris dan masalah t ekanan yang sedang dialami wilayah tersebut, dan menentukan tingkatan masalah serta tindakan untuk mengurangi sumber kontaminasi, melindungi dan memperbaiki habitat dan rencana bagi kelangsungan pembangunan ekonomi. Pencemaran non-point source berperan dalam kontaminasi di perkotaan di wilayah teluk. Sumber ini biasanya berawal di hulu dari tumpahnya oli ke got, kont aminasi storm water, sedimen dari pembersihan ladang tanpa daerah penyangga sungai, limbah kimia pertanian dan rumah tangga dan buangan yang tidak diolah. Dalam menangani masalah tersebut, pemerintah setempat di Indonesia harus pertama-tama disadarkan ak an masalah t ersebut dan dijadikan rek an pada set iap program yang dicalonkan. Lalu, pemerintah setempat tadi membuat program pengelolaan DAS mereka sendiri yang dipahami dan didukung oleh warga setempat. Seperti pada program DAS Sungai Nisqually Negara Bagian Washington, mungkin pemerintah propinsi atau kabupaten berminat untuk membeli tanah kritis bagi pelestarian kualitas air di DAS atau perkot aan di wilayah teluk yang menjadi tempat pelimpahan buangan DAS. Dukungan USAID melalui Proyek Pesisir, bekerja sama dengan pemerintah setempat, telah memulai program pengelolaan DAS di Balikpapan berfokus pada perlindungan dan mengurangi tekanan di Teluk Balikpapan. Pertemuan telah diselenggarakan dan rencana sedang disempurnakan untuk mendirikan sebuah LSM baru dengan fokus ut ama pada pengelolaan DAS. Ini menjadi model unt uk perkot aam di wilayah t eluk lain namun juga memiliki implikasi luas bagi pengelolaan kualitas air di wilayah-wilayah lain di Indonesia.
Baca lebih lanjut

106 Baca lebih lajut

SISTEM PENDIDIKAN di AMERIKA Serikat

SISTEM PENDIDIKAN di AMERIKA Serikat

Amerika Serikat mulai dihuni manusia sekitar tahun 40.000 tahun yang lalu. Penduduk aslinya orang Indian. Mereka tidak diganggu musuh dari luar hingga Colombus menemukan Amerika pada tahun 1492. Pada tahun 1581, misionaris Spanyol sampai di Meksiko. Mereka menyebarkan agama dan mengajarkan berbagai keterampilan kepada suku bangsa Indian seperti keterampilan di bidang pertanian, peternakan, dan irigasi. Bangsa Perancis memasuki Amerika dari bagian utara. Sejumlah bentrokan terjadi antara kedua pendatang ini dalam merebutkan daerah kekuasaan. John Cabot, seorang berkebangsaan Inggris, memasuki Amerika tahun 1947. Ia diikuti sejumlah penjelajah Inggris berikutnya yang segera meluaskan daerahnya ke seluruh benua ini. Kedatangan Inggris ini mengakibatkan timbulnya berbagai pertempuranan melawan Perancis dan Spanyol. Namun orang Inggris akhirnya paling berhasil membentuk kolonial di Amerika Serikat (Ensiklopedi Nasional Indonesia, 1990: 353-354).
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

GERAKAN BURUH DI AMERIKA SERIKAT

GERAKAN BURUH DI AMERIKA SERIKAT

Buku ini hanya mungkin terbit berkat bantuan, nasihat, dukungan dan bimbingan intelektual dari berbagai pihak. Pertama yang perlu disebut adalah Bapak Drs. M.H. Sundoro dan Drs. Sudiro, SU selaku pembimbing skripsi satu dan dua yang telah banyak memberikan bimbingan dan pengarahan akademik. Mereka berdua dengan tulus-ikhlas dan kesabarannya telah meluangkan banyak waktu untuk memberikan bimbingan dan wawasan ilmiah, sehingga skripsi tersebut dapat terselesaikan tepat waktu. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Dewan Penguji Skripsi yang terdiri dari Drs. Soedardi (Almarhum), Drs. M.H. Sundoro (Penguji 1), Drs. Sudiro, S.U, Drs. Kamidjan SH, M.Hum, Dra. Siti Sumardiati (Sekretaris) yang telah banyak memberikan kritik dan saran yang bersifat konstruktif demi penyempurnaan skripsi ini. Penulis juga mengucapkan terima kasih kepada pegawai koleksi buku jursan di Fakulktas Sastra Universitas Jember, perpustakaan pusat Universitas Jember, perpustakaan Pasca-sarjana UGM, perpustakaan IKIP Sanatadharma, perpustakaan pusat Universitas Indonesia, perpustakaan LIPI, maupun pegawai perpustakaan Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta yang banyak menyediakan buku-buku referensi. Selain itu penulis juga mengucapkan terima kasih kepada penerbit PT Lembah Manah, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta yang bersedia menerbitkan buku ini. Betapa berat beban yang harus ditanggung oleh mereka yang ada di sekeliling penulis dan sungguh besar bantuan, nasihat, dukungan serta bimbingan intelektual terhadap penerbitan buku ini. Namun penulis hanya dapat memberikan imbalan yang sungguh tidak pantas untuk diterima kepada mereka semuanya, karena memang begitu kecil nilainya, yaitu sekedar ucapan terima kasih. Walaupun demikian, Tuhan Yang Mahaesa senantiasa memberikan balasan yang setimpal untuk mereka dengan kelimpahan berkat dan hidayah-Nya yang senantiasa mengalir untuk mereka.
Baca lebih lanjut

21 Baca lebih lajut

DIPLOMASI BATIK INDONESIA DI AMERIKA SERIKAT PADA MASA

DIPLOMASI BATIK INDONESIA DI AMERIKA SERIKAT PADA MASA

Washington DC, Amerika Serikat (Nahaba, 2013). Pada acara tersebut diawali dengan pameran batik Indonesia yang menampilkan koleksi kekayaan khasanah batik dan tekstil Indonesia. Pada acara ini turut dihadirkan juga Sri Sultan Hamengku Buwono ke-10 selaku kepala Daerah Istimewa Yogyakarta yang merupakan salah satu kiblat batik di Indonesia. Kehadiran beliau adalah untuk memberikan sambutan dan pengetahuan lebih dalam tentang batik itu sendiri. Dalam acara penganugrahan bagi pemenang lomba membatik ini juga di adakan acara makan malam, dimana juga akan menghadirkan peragaan busana Batik Indonesia dari pengrajin Batik ternama Indonesia, Alleira, dan Designer Tekstil terkenal Amerika Serikat yang berbasis di New York yaitu Mary Jaeger (Santosa, 2013). Turut menyemarakkan acara malam penganugerahan juga ditampilkan beragam tarian tradisional Indonesia, musik, pertunjukan, dan makanan Indonesia.
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

OPERASI KONTRAINSURJENSI AMERIKA SERIKAT SEBAGAI

OPERASI KONTRAINSURJENSI AMERIKA SERIKAT SEBAGAI

antara pasukan gerilya dengan penduduk sipil adalah untuk menghindari penduduk sipil dari pengaruh-pengaruh pasukan gerilya, memperkecil kesempatan bagi para pasukan gerilya untuk mendapatkan tempat persembunyian dari penduduk sipil serta untuk mencegah adanya dukungan- dukungan dari luar (Filiberti, 1998). AS tidak semata-mata memperlakukan dengan baik para penduduk Filipina tanpa ada aturan mainnya. AS tetap memberlakukan pajak atau denda, penangkapan, penghancuran properto serta melakukan deportasi terhadap penduduk yang tetap melakukan dukungan terhadap insurjensi, yang membantu AS dalam mengurangi dukungan terhadap paukan gerilya. Taktik-taktik dan teknik dalam melakukan hal tersebut juga sangat berbeda-beda di tiap daerah di Filipina, sesuai dengan kondisi dan situasi wilayah setempat (Linn, 2000).
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

Kemiskinan di Amerika Serikat terhadap

Kemiskinan di Amerika Serikat terhadap

5) Keterasingan (Isolation) Dimensi keterasingan seperti yang dimaksudkan oleh Chambers adalah faktor lokasi yang menyebabkan seseorang atau sekelompok orang menjadi miskin. Pada umumnya, masyarakat yang disebut miskin ini berada pada daerah yang jauh dari pusat-pusat pertumbuhan ekonomi. Hal ini dikarenakan sebagian besar fasilitas kesejahteraan lebih banyak terkonsentrasi di pusat-pusat pertumbuhan ekonomi seperti di perkotaan atau kota-kota besar. Masyarakat yang tinggal di daerah terpencil atau sulit dijangkau oleh fasilitas- fasilitas kesejahteraan relatif memiliki taraf hidup yang rendah sehingga kondisi ini menjadi penyebab adanya kemiskinan.
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

KRISIS FINANSIAL DI AMERIKA SERIKAT

KRISIS FINANSIAL DI AMERIKA SERIKAT

Marxisme merupakan dasar dari teori komunisme modern di mana teori ini termuat dalam sebuah buku Manifesto Komunis yang ditulis oleh Marx dan Friedrich Engels. 28 Marxisme sendiri muncul sebagai bentuk protes Marx terhadap kaum kapitalisme yang mengumpulkan uang dengan mengekplorasi kaum proletar secara berlebihan. Hal ini menyebabkan kondisi kaum proletar sangat memprihatinkan. Selain harus tinggal di daerah pinggiran serta kumuh, mereka terpaksa bekerja berjam-jam dengan upah yang sangat minimum sementara hasil pekerjaan mereka berjam-jam tersebut hampir keseluruhannya dinikmati oleh kaum kapitalis. Marx memandang bahwa permasalahan kesenjangan hidup ini terjadi karena adanya “kepemilikan pribadi” dan penguasaan terhadap kekayaan yang didominasi oleh orang-orang kapitalis. Bila
Baca lebih lanjut

20 Baca lebih lajut

Diplomasi HI di Amerika Serikat

Diplomasi HI di Amerika Serikat

Tetapi jalan menuju UUD tidaklah lurus dan mudah. Konsep awalnya muncul tahun 1787, itu pun setelah melalui perdebatan alot dan pengalaman enam tahun dalam bentuk kesatuan federal yang lama. Tiga belas daerah koloni dengan negeri Inggris di Amerika menyatakan kemerdekannya dari Negara ibu tahun 1776. Setahun sebelumnya, pecah perang antara daerah-daerah koloni dengan negeri Inggris, sebuah perang kemerdekaan selama enam tahun yang pahit. Masih dalam suasana perang, daerah-daerah koloni sekarang emreka menyebut dirinya Amerika Serikat, merancang sebuah kesepakatan yang mengikat mereka bersama sebagai sebuah bangsa. Kesepakatan itu disebut Pasal-pasal tentang Konfederasi dan Perserikatan (Articles of Confederation and Perpetual Union), dibahas oleh kongres Negara bagian tahun 1777 dan secara resmi ditandatangani Juli 1778. Pasal-pasal tersebut baru mengikat setelah diratifikasi oleh ke 13 negara bagian di Maryland pada tahun 1781.
Baca lebih lanjut

142 Baca lebih lajut

Diplomasi HI Di Amerika Serikat

Diplomasi HI Di Amerika Serikat

Tetapi jalan menuju UUD tidaklah lurus dan mudah. Konsep awalnya muncul tahun 1787, itu pun setelah melalui perdebatan alot dan pengalaman enam tahun dalam bentuk kesatuan federal yang lama. Tiga belas daerah koloni dengan negeri Inggris di Amerika menyatakan kemerdekannya dari Negara ibu tahun 1776. Setahun sebelumnya, pecah perang antara daerah-daerah koloni dengan negeri Inggris, sebuah perang kemerdekaan selama enam tahun yang pahit. Masih dalam suasana perang, daerah-daerah koloni sekarang emreka menyebut dirinya Amerika Serikat, merancang sebuah kesepakatan yang mengikat mereka bersama sebagai sebuah bangsa. Kesepakatan itu disebut Pasal-pasal tentang Konfederasi dan Perserikatan (Articles of Confederation and Perpetual Union), dibahas oleh kongres Negara bagian tahun 1777 dan secara resmi ditandatangani Juli 1778. Pasal-pasal tersebut baru mengikat setelah diratifikasi oleh ke 13 negara bagian di Maryland pada tahun 1781.
Baca lebih lanjut

142 Baca lebih lajut

Krisis Finansial Amerika Serikat dan Per

Krisis Finansial Amerika Serikat dan Per

Bappenas memperkirakan tingkat kemiskinan di I ndonesia pada tahun 2009 sebesar 14% , angka tersebut hampir sama dengan angka yang ditargetkan oleh pemerintah sebesar 12% – 14% yang masih lebih rendah dibandingkan dengan tingkat kemiskinan I ndonesia tahun 2008 yang mencapai 15,4% (Deputi Kemiskinan, Ketenagakerjaan dan UKM Bappenas Prasetijono di Bali 3 Mei 2009). Bila inflasi dapat ditekan di bawah angka 7% , maka penurunan angka kemiskinan akan lebih cepat. Sementara itu untuk angka pengangguran pada tahun 2009 ini di atas 8% (range 8,3% – 8,4% ) dari jumlah angkatan kerja, yang sedikit lebih tinggi dari tahun sebelumnya sebesar 7% – 8% . Kondisi tersebut di samping akibat krisis global juga dipicu oleh lambatnya realisasi stilmulus dari infrastruktur yang telah direncanakan pemerintah. Manakala DI PA (Daftar I sian Penggunaan Anggaran) selesai, mestinya segera langsung dijalankan, keterlambatan akan berefek negatif. I ntegrasi I ndonesia ke dalam sistem finansial global, memiliki konsekuensi logis, di mana rupiah semakin sensitif terhadap setiap gejolak kegoncangan keuangan global. Melambatnya perekonomian Amerika Serikat yang dilanda krisis finansial telah menimbulkan dampak bagi perekonomian I ndonesia, bahkan menurunkan minat investor global untuk menambah investasi di I ndonesia. Hal ini akan mengakibatkan instability nilai tukar rupiah melemah, karena penurunan capital inflow.
Baca lebih lanjut

22 Baca lebih lajut

Kebijakan Amerika Serikat di dalam bidan

Kebijakan Amerika Serikat di dalam bidan

Konflik senjata antara Amerika Serikat dengan Irak pada tahun 2003, ada tiga tujuan yaitu AS ingin menghancurkan senjata pemusnah masal, menyingkirkan ancaman teroris internasional dan membebaskan rakyat irak dari penindasan rezim Saddam Hussein dengan cara memulihkan demokrasi di Irak. Dari tiga alasan tentang masalah Irak yang harus diselesaikan dengan cara AS ( dhancurkan ) ternyata dipenuhi kebohongan, yaitu : Agresi AS ke Irak untuk memusnahkan senjata pemusnah masal adalah upaya AS untuk membohongi masyarakat internasional. Dikatakan oleh Presiden George W. Bush bahwa Irak mempunyai senjata pemusnah atau destruksi missal ( Weapons of mass Destruction ) yang berupa :
Baca lebih lanjut

6 Baca lebih lajut

RESPON MASYARAKAT -  INTERNASIONAL TERHADAP

RESPON MASYARAKAT - INTERNASIONAL TERHADAP

Pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) di Sudan Selatan dapat dikatakan sebagai pelanggaran HAM terburuk di dunia pada abad ini. Namun dengan adanya pelanggaran HAM tersebut muncul berbagai macam respon dari masyarakat Internasional termasuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan negara anggota Dewan Keamanan PBB seperti Amerika Serikat dan Cina. Dengan adanya reaksi masyarakat internasional tersebut seperti Amerika Serikat dan Cina diharapkan agar keberadaan kedua negara ini pada konflik tersebut dapat menghentikan pertikaian antara kedua pemimpin Sudan Selatan sehingga pelanggaran HAM dapat segera di hentikan dan para pelaku tindak pelanggaran HAM dapat diadili. Amerika Serikat dan Cina tentunya telah memberikan kontribusinya selaku masyarakat internasional dan juga pihak ketiga. Namun konflik akan berakhir ketiga kedua belah pihak yang bertikai telah melakukan kesepakatan damai. Oleh karena itu disamping membantu rakyat Sudan Selatan dari ancaman-ancaman tindak kejahatan dengan mengirimkan berbagai macam bantuan, kedua belah pihak yang berkonflikpun harus sesegera mungkin menyetujui kesepakatan untuk berdamai.
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

ANALISIS PENYADAPAN AMERIKA SERIKAT DAN

ANALISIS PENYADAPAN AMERIKA SERIKAT DAN

Dalam rangka melakukan penelusuran mengenai kebenaran pelanggaran yang dilakukan oleh Amerika dan Australia tersebut maka dapat dilakukan penyidikan di Wisma Perwakilan Diplomatik Australia di Indonesia. Pasa dasarnya Gedung Perwakilan Diplomatik tidak dapat diganggu gugat sebagaimana dalam Pasal 22 Ayat (1) Konvensi Wina 1961 tentang Hukum Diplomatik, “The premises of the mission shall be inviolable. The agents of the receiving State may not enter them, except wih the consent of the head of the mission”, artinya, bahwa rangka melakukan penyidikan kasus ini tidak mungkin dilakukan. 12
Baca lebih lanjut

20 Baca lebih lajut

Diplomasi Publik Amerika Serikat Melalui

Diplomasi Publik Amerika Serikat Melalui

Partnership ‘ ini diawali pada tanggal 17 September 2010 di Washington D. C. Dimana pada era kepemimpinan Obama ini, menekankan bahwa kerjasama ini dilakukan untuk memperluas, mempererat, serta membangun hubungan bilateral antara Amerika Serikat dan Indonesia dengan komitmen jangka panjang (long term). 133 Kedua belah pihak sepakat untuk meningkatkan jumlah program pertukaran pelajar yang dibiayai oleh pemerintah, memperkuat kemitraan antar universitas kedua negara, melibatkan yayasan dan komunitas pendidikan terkait, serta sektor swasta untuk mencapai tujuan kerjasama ini. 134 Keinginan kuat dalam membangun hubungan yang solid atas kerjasama bilateral ini, diutarakan oleh Menteri Luar Negeri Indonesia pada saat itu, Martya Natalegawa, terhadap Secretary of State , John Kerry:
Baca lebih lanjut

102 Baca lebih lajut

NAFTA dan Sikap Amerika Serikat Terhadap

NAFTA dan Sikap Amerika Serikat Terhadap

Meksiko sendiri memiliki permasalahan disektor pertanian, yaitu seperti diketahui komoditas dari sebagian lahan di Meksiko digunakan untuk produksi jagung yang dihasilkan 2,5 juta petani. Namun pada tahun 1996 Meksiko malah menimpor jagung senilai 1,1, Milyar dolar yang merupakan salah satu komoditas produksi terbesarnya. Mengapa demikian ? ini disebabkan karena membajirnya jagung-jagung impor dari Amerika Serikat (yang disubsidi oeh pemerintah AS) telah menekan harga jagung lokal di Meksiko sehingga petani Meksiko mengalami kerugian. Akan tetapi, secara relative penduduk kota juga mendapat keuntungan dari harga jagung yang lebih rendah.
Baca lebih lanjut

6 Baca lebih lajut

Muhammadiyah di Amerika Serikat ke

Muhammadiyah di Amerika Serikat ke

“Muktamar online” itu di antaranya dihadiri oleh Ahmad Syamil, profesor di Arkansas State University; Muhamad Ali, profesor di University of California, Riverside; dan Halbana Tarmizi, profesor di Bemidji State University. Pertemuan online ini akhirnya memilih Muhammad Ali sebagai Ketua Tim Formatur yang pada akhir Ramadlan ini harus selesai membentuk kepengurusan PCIM Amerika Serikat yang baru.

2 Baca lebih lajut

Daftar Perguruan Tinggi Tujuan Beasiswa (5)

Daftar Perguruan Tinggi Tujuan Beasiswa (5)

12 Princeton University Amerika Serikat Princeton, New Jersey 13 Stanford University Amerika Serikat Stanford, California 14 University of California, Berkeley Amerika Serikat Berkeley, California 15 University of California, Los Angeles Amerika Serikat Los Angeles, California 16 University of Chicago Amerika Serikat Chicago, Illinois 17 University of Illinois at Urbana-

10 Baca lebih lajut

REVOLUSI AMERIKA  serikat pasca revolusi (3)

REVOLUSI AMERIKA serikat pasca revolusi (3)

kemerdekaan sebuah bangsa berdaulat yang baru, Amerika Serikat, pada tanggal 4 Juli 1776. Kaum Loyalis Amerika Serikat menolak Deklarasi ini dan berpihak pada Raja; mereka diasingkan dari kekuasaan di mana-mana. Upaya Amerika Serikat untuk memperluas pemberontakan ini hingga Quebec dan Florida tidak berhasil.

3 Baca lebih lajut

PENGUATAN ALIANSI AUSTRALIA-AMERIKA SERIKAT DALAM PEMBANGUNAN PANGKALAN MILITER AMERIKA SERIKAT DI DARWIN

PENGUATAN ALIANSI AUSTRALIA-AMERIKA SERIKAT DALAM PEMBANGUNAN PANGKALAN MILITER AMERIKA SERIKAT DI DARWIN

Penelitian kedua berjudul Ancaman Pangkalan Amerika Serikat di Darwin terhadap stabilitas keamanan Indonesia. Dalam penelitian tersebut mengatakan bahwa Pengiriman pasukan dan berdirinya pangkalan militer Amerika Serikat di Darwin menimbulkan security dillema dan dapat memunculkan ketidakstabilitasan keamanan bagi Indonesia. Meski berdirinya pangkalan militer tersebut dikatakan Amerika Serikat bertujuan untuk meningkatkan kerjasama militer dengan Australia, tetapi dapat dibalik itu juga mempunyai tujuan untuk mengamankan kepentingannya di wilayah Asia Tenggara, termasuk di Indonesia, khususnya kekayaan alam di Papua terkait keberadaan PT Freeport Indonesia. Dapat dibuktikan dari terungkapnya keberadaan puluhan tentara Amerika Serikat di PT Freeport yang menyamar sebagai pekerja dalam rapat tim pemantau situasi Papua DPR RI dengan menteri lingkungan Polhukam. Penyamaran tersebut dapat diindikasikan sebagai upaya Amerika Serikat untuk mengamankan aset
Baca lebih lanjut

40 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...

Related subjects