dan ujian nasional

Top PDF dan ujian nasional:

MAKALAH UJIAN NASIONAL

MAKALAH UJIAN NASIONAL

Keempat, pelaksanaan UAN hanya pada beberapa mata pelajaran yang dianggap “penting” juga memiliki permasalahan tersendiri. Sekarang yang terjadi orang akan beranggapan hanya matematika, bahasa Indonesia, bahasa Inggris dan IPA yang merupakan mata pelajaran penting. Sedangkan ada diantara kita anak- anak yang memiliki bakat untuk melukis atau olahraga, mereka akan meragukan bahwa pelajaran tersebut merupakan pelajaran penting bagi dia. Sehingga bakat tersebut akan terkubur dengan sendirinya karena yang ada di benak mereka adalah bagaimana mereka bisa lulus dalam UAN tersebut. Dengan demikian pelaksanaan UAN hanya pada beberapa mata pelajaran akan mendorong guru untuk cenderung mengajarkan hanya mata pelajaran tersebut, karena yang lain tidak akan dilakukan ujian nasional. Hal ini dapat berakibat terkesampingnya mata pelajaran lain, padahal tidak semua anak senang pada mata pelajaran yang diujikan. Akibat dari kondisi ini adalah terjadi peremehan terhadap mata pelajaran yang tidak dilakukan pengujian.
Baca lebih lanjut

18 Baca lebih lajut

Persiapan ujian nasional

Persiapan ujian nasional

Ketiga, Perbanyak beribadah dan beramal baik. Dengan demikian hati kita terasa tenang dan kita akan terbantu pada saat menghadapi ujian nasional. Demikian pidato yang bisa saya sampaikan, semoga bisa membantu dan memberi wawasan baru. Semoga pula kita semua lulus 100%.

2 Baca lebih lajut

MAKALAH UJIAN NASIONAL

MAKALAH UJIAN NASIONAL

Ujian Nasional yang selanjutnya disebut UN adalah kegiatan pengukuran dan penilaian kompetensi peserta didik secara nasional pada jenjang pendidikan menengah. Ujian Nasional (UN) merupakan istilah bagi penilaian kompetensi peserta didik secara nasional pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. Berbagai polemik yang berkepanjangan mengenai Ujian Nasional di Indonesia tampak baik bagi demokrasi di negeri ini. Tapi satu hal yang jangan terlupa bahwa siswa peserta UN jangan sampai dibuat ragu atau takut tentang kepastian Ujian Nasional sebagai sarana untuk mengukur kemampuan mereka di bangku sekolahnya. Walaupun UN mengundang pro dan kontra tapi hendaknya tetap di jalur yang semestinya, karena bagaimana pun para siswa terutama siswa SMA / MA adalah para calon Agent of Change yang akan berperan untuk membawa perubahan-perubahan konstruktif bagi negeri ini. Oleh karena itu agar keraguan berkurang di kalangan dunia kependidikan, kami dari Tim Ujian Nasional mencoba menyampaikan beberapa hal yang dipandang penting terutama dalam hal dalam kebijakan UN 2011 yang tentunya diharapkan dapat menjadi bekal bagi para siswa agar mereka cukup persiapan dalam menghadapi Ujian Nasional 2011.
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

Permasalahan dalam Ujian Nasional dalam

Permasalahan dalam Ujian Nasional dalam

Berbagai pro dan kontra mengenai ujian nasional muncul dari berbagai kalangan guru, sekolah, elite politik, dan siswa-siswi peserta ujian nasional. Dimana PRO tentang pelaksanaannya yakni salah satunya Moh. Nuh. Dimana Moh. Nuh mengatakan bahwa UN, adalah upaya pengendalian mutu pendidikan. Tujuan dari pengendalian mutu adalah memastikan peningkatan mutu secara berkesinambungan (continuous quality improvement). Untuk itu UN inilah dipergunakan untuk pemetaan sekaligus pembinaan dan perbaikan mutu. Selain itu sejumlah praktisi dan pemerhati pendidikan pun menyatakan, bahwa UN menjadi alat tes yang memetakan kemampuan daya serap peserta didik secara nasional. Selain alat tes nasional, UN secara tidak langsung telah menjadi media pendidikan mentalitas peserta didik. Sedangkan yang Kontra Jika UN sebagai upaya mencerdaskan bangsa, dengan dana yang begitu tinggi hingga triliunan rupiah. Alangkah baiknya, jika dana tersebut diberikan kepada anak-anak yang ingin bersekolah, memenuhi perlengkapan sekolah, membangun jembatan menuju sekolah, memberikan fasilitas yang baik bagi sekolah, dan memberikan insfratruktur yang baik
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

Lelang Ujian Nasional

Lelang Ujian Nasional

63197 E-Mail: P&K PENGUMUMAN LELANG Nomor : 03/ Pan/ UN/ 2011 Panitia Pengadaan Dinas pendidikan Provinsi Jambi akan mengadakan pelelangan umum pascakualifikasi pengadaan barang/ ja[r]

1 Baca lebih lajut

Kebijakan Nasional Perubahan Ujian Nasional

Kebijakan Nasional Perubahan Ujian Nasional

Seharusnya  Mendorong siswa belajar  Mendorong guru tuntaskan kompetensi  Menjadi standar kompetensi minimum nasional  Dapat dipakai sebagai acuan antar propinsi  Adanya uk[r]

36 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  STRATEGI PESAN PERSUASIF PADA BERITA TELEVISI (Analisis Isi Kuantitatif Strategi Pesan Persuasif kepada Anak pada Berita Anak "CERDAS" di RBTV Yogyakarta edisi April 2011).

PENDAHULUAN STRATEGI PESAN PERSUASIF PADA BERITA TELEVISI (Analisis Isi Kuantitatif Strategi Pesan Persuasif kepada Anak pada Berita Anak "CERDAS" di RBTV Yogyakarta edisi April 2011).

Penelitian ini akan meneliti dari tayangan berita anak "CERDAS" yang tayang setiap hari Sabtu pukul 18.00 WIB sampai 19.00 WIB pada bulan April 2011. Di bulan April 2011 terdapat peristiwa yang sangat penting bagi anak-anak (yang merupakan segmentasi dari berita anak "CERDAS"), peristiwa itu adalah Ujian Nasional (UN) bagi siswa-siswi kelas 9 (kelas 3 SLTP). Menurut Ketetapan Resmi Kemendiknas (http://ujiannasional.web.id/jadwal-un-tahun-2011.html yang diakses 15 April 2011 pukul 12:42), ujian nasional untuk Sekolah Dasar adalah 10 sampai 12 Mei 2011 sedangkan ujian nasional untuk SLTP adalah 25 sampai 27 April 2011.
Baca lebih lanjut

42 Baca lebih lajut

Ujian Nasional 004

Ujian Nasional 004

Keputusan meniadakan UN merupakan suatu kebijakan yang sangat berat. Pemerintah harus memikirkaan dampak-dampak buruk yang akan terjadi. Salah satunya, pemerintah tidak memiliki standar untuk menentukan apakah siswa tersebut telah berhak lulus dari jenjang pendidikan yang sedang dijalani. Maka dari itu, wacana untuk penghapusan UN bukanlah solusi yang terbaik. Hal yang perlu dilakukan pemerintah adalah mengevaluasi pelaksanaan ujian nasional, bukan menghapusnya. Penghapusan UN hanya akan membuat sistem pendidikan di

5 Baca lebih lajut

Ujian Nasional 001

Ujian Nasional 001

Pada kenyataannya ujian nasional yang diadakan pada jenjang sekolah dasar sampai sekolah menengah datang laksana monster. Ujian nasional bagaikan momok menakutkan bagi semua orang, baik itu pendidik, orang tua, sekolah dan tentu saja peserta didik. Hal tersebut dikarenakan ujian nasional yang menjadi salah satu penentu kelulusan peserta didik mempunyai label nasional dan berstandar nasional. Padahal pada dasarnya semua individu berbeda, tidak dapat diharapkan bahwa dua orang tertentu akan bereaksi dengan cara yang sama terhadap rangsangan dari lingkungan yang sama. (Hurlock. 2002: 7)
Baca lebih lanjut

5 Baca lebih lajut

14 persiapan unas DpsAgt14

14 persiapan unas DpsAgt14

Merujuk surat Kolegium No. 398/Kol/XII/2013 tanggal 24 Desember 2013 tentang Jadwal Ujian Nasional 2013, bersama ini diberitahukan bahwa Ujian Nasional yang terdiri atas ujian tulis dan ujian lisan yang sedianya akan diselenggarakan pada hari Selasa tanggal 19 Agustus 2014, diubah menjadi hari Selasa, 26 Agustus 2014. Hal tersebut berkaitan dengan berubahnya jadwal PIT XXI POGI. Ujian akan diselenggarakan di Hotel Inna Grand Bali Beach Sanur Bali. Sehubungan dengan itu, kami mohon setiap senter pendidikan dapat mempersiapkan peserta yang akan mengikuti ujian dengan cara:
Baca lebih lanjut

5 Baca lebih lajut

Paket D Matematika IPS

Paket D Matematika IPS

A. Prima tidak lulus ujian nasional dan tidak kuliah di luar negeri B. Prima lulus ujian nasional dan tidak kuliah di luar negeri C. Prima tidak lulus ujian nasional dan kuliah di luar negeri D. Prima tidak lulus ujian nasional atau tidak kuliah di luar negeri E. Prima lulus ujian nasional atau tidak kuliah di luar negeri

13 Baca lebih lajut

BAB I  PENDAHULUAN - Program Kerja UN 2010

BAB I PENDAHULUAN - Program Kerja UN 2010

Kegiatan Ujian Nasional dan Ujian Seolah adalah kegiatan edukatif untuk menentukan kelulusan seorang siswa. Dan pada tahun pelajaran ini, kami akan melaksanakan kegiatan Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah sebagai acuan untuk melihat keberhasilan siswa dalam menghadapi UN utama dan US. Dikarenakan semua kegiatan tersebut menyangkut peserta didik, maka pelaksanaannya harus betul-betul dengan ketentuan yang digariskan pemerintah melalui Dinas Pendidikan. Untuk mencapai tujuan dan sasaran yang diharapkan, maka penyusunan program kerja merupakan sesuatu yang mutlak diperlukan. Karena kegiatan yang didasarkan pada program dan tujuan, hasilnya akan jauh lebih terarah pada sasaran yang ingin dicapai.
Baca lebih lanjut

33 Baca lebih lajut

Perlengkapan Administrasi Ujian Tahun 2016 2017

Perlengkapan Administrasi Ujian Tahun 2016 2017

Tata Tertib Peserta Ujian Nasional 3.. Daftar Hadir Peserta Ujian Nasional 4.[r]

1 Baca lebih lajut

13 persiapan unas jkt Juli2013

13 persiapan unas jkt Juli2013

Merujuk surat Kolegium No. 101/Kol/IV/2013 tanggal 4 April 2013 tentang Perubahan Jadwal Ujian Nasional 2013, bersama ini diberitahukan bahwa Ujian Nasional yang terdiri atas ujian tulis dan ujian lisan diselenggarakan pada hari Sabtu tanggal 6 Juli 2013 di Hotel Novotel Mangga Dua Square, Jakarta sebagai pengganti Ujian Nasional di Medan bulan September 2013 (PIT ke-20).

5 Baca lebih lajut

UJIAN NASIONAL SMA MA SMK SELALU RIBUT S

UJIAN NASIONAL SMA MA SMK SELALU RIBUT S

Masalah Ujian Nasional slalu ribut setiap tahun, sebuah gambaran filosofi bagaimana mutu generasi muda Indonesia ke depan. Pada tahun-tahun sebelumnya selalu setiap tahun diributkan mengenai ketidakjujuran peserta ujian nasional dalam mengerjakan lembar jawaban ujian nasional. Ketidak-jujuran itu bisa dilakukan oleh peserta maupun pihak penyelenggara dikarenakan keraguan, siswa ragu memberikan jawaban dan guru ragu apakah siswanya dapat lulus ujian nasional. Masalah klasik ini telah sejak dulu menjadi bahan temuan di berbagai tempat saat UN SMA/MA/SMK namun litbang Kemendikbud tak dapat menyimpulkan solusi yang baik untuk penyelenggaraan Ujian Nasional.
Baca lebih lanjut

3 Baca lebih lajut

UJIAN NASIONAL 008

UJIAN NASIONAL 008

Harapan yang digantungkan pada sistem pendidikan saat itu adalah, kejelasan dari Depdiknas mengenai sikapnya dalam menentapkan standar kelulusan yang berbeda dan meningkat selama lima tahun mendatang (Kunandar, 2009) seperti contohnya standar kelulusan terus meningkat dengan rentang nilai 0,5 - 1 pada tiap rentang kenaikannya. Standar kelulusan pada UAN 2003 adalah 3,01 pada setiap mata pelajaran dan nilai rata minilan adalah 6,00. Dan pada 2004 standar kelulusan UAN adalah 4,01. Berarti pada rentang >1 hingga memasuki periode tahun 2005 yang kembali nama berubah menjadi UN. Hal yang menyebabkan terjadinya perubahan nama, menjadi bentuk ketidakjelasan pemerintah dalam menentukan nama yang sesuai dengan apa yang ada dalam bayangan rancangan ujian akhir nasional. Hal tersebut berlangsung hingga kini, dengan nama Ujian Nasional (UN). Sejarah mencatatkan nama dalam perubahan Ujian akhir nasional, tetapi sejarah tidak mencatat perubahan sistematika yang mencarikan solusi pendidikan di Indonesia terkait evaluasi hasil belajar di tingkat akhir pembelajaran.
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

Ujian NAsional Perbaikan

Ujian NAsional Perbaikan

c. Hasil UNP dilaporkan dalam bentuk Sertifikat HAsil Ujian Nasional Perbaikan (SHUNP) yang memuat nilai mata ujian yang ditempuh pada UNP dan ditandatangani oleh Ketua Pelaksana UNP yang ditetapkan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

2 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...