dari permukaan air laut

Top PDF dari permukaan air laut:

Koefisien Absorpsi dan Atenuasi Cahaya di Permukaan Air Laut pada Berbagai Musim

Koefisien Absorpsi dan Atenuasi Cahaya di Permukaan Air Laut pada Berbagai Musim

Secara umum nilai rata-rata koefisien absorpsi dan atenuasi paling rendah ditemui pada daerah laut lepas (Offshore 1-3) kecuali pada musim panas 1999 (Su-99) dan 2000 (Su-00) (Gambar 16). Relatif tingginya koefisien absorpsi maupun atenuasi di daerah laut lepas (offshore 1-3) pada musim panas tahun 1999 (Su-99) dan tahun 2000 (Su-00) diduga karena pengaruh tranpor nutrien dari sekitar muara Sungai Mississippi ke arah timur dan tenggara akibat pengaruh pergerakan arus (loop current) yang pernah dijelaskan sebelumnya (Nababan 2005), sehingga menyebabkan terbawanya kandungan materi ke arah laut lepas. Perbandingan antar musim dibahas lebih detail pada perbandingan sebaran koefisien absorpsi dan atenuasi pada gelombang biru, hijau, dan merah yang dapat dilihat pada pembahasan berikutnya.
Baca lebih lanjut

55 Baca lebih lajut

Karakteristik aliran Sungai Serang bagian hilir, Pantai Glagah, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, DIY.

Karakteristik aliran Sungai Serang bagian hilir, Pantai Glagah, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, DIY.

Pantai Glagah di Kecamatan Temon, Kabupaten kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta di mana Sungai Serang bermuara adalah merupakan area wisata pantai dan laguna di sebelah barat dan kegiatan pertambangan pasir besi di sebelah timurnya. Informasi karakteristik aliran yang juga dipengaruhi oleh pasang surut air laut akan berguna bagi perencanaan pasir besi terutama dampaknya terhadap perilaku air tanah dan bagi pengelolaan wisata laguna terutama keadaan peairannya yang berhubungan dengan muara sungai Serang. Studi karakteristik aliran air Sungai Serang di bagian hilir yang dipengaruhi oleh pasang surut permukaan air laut telah dilaksanakan dengan melakukan pengukuran tinggi muka air (TMA) di tiga titik pegamatan selama tiga kali duapuluh empat jam, serta pengukuran debit aliran air sungai di dua titik. Kemudian dilakukan analisis hidrograf dan analisis hubungan antara TMA dan debit aliran sungai. Fluktuasi harian maksimum dan minimum terjadi dua kali dalam sehari dengan rentang tiga jam antara maksimum dan minimum, yaitu pada jam 00.00 ( jam dua belas malam) atau jam 02.00 (dua dini hari), jam 12.00(dua belas siang hari) atau jam 14.00 (dua siang), sedangkan minimumnya terjadi pada jam 06.00 atau jam 08.00 (pagi hari) dan jam 18.00 atau 20.00 (sorehari). Jarak pengaruh fluktuasi permukaan air laut (pasang surut) terhadap aliran Sungai Serang adalah 11,3 Km. Debit Sungai Serang berdasarkan pengukuran dan hasil analisis adalah 4 m3/detik di lokasi bagian hulu(4,5 Km dari pantai), dan 4,5 m3/detik (1,3 km dari pantai).
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

Materi Pelajaran IPS SMP Kelas 7 Lengkap || kurikulumsekolahku 10. IPS KLS 7 BAB 9

Materi Pelajaran IPS SMP Kelas 7 Lengkap || kurikulumsekolahku 10. IPS KLS 7 BAB 9

Landas kontinen (landas benua) adalah bagian benua yang berada di bawah permukaan air laut. Batas landas kontinen adalah 200 mil dari garis dasar. Kedalaman batas kontinen tidak lebih dari 150 m. Sumber daya alam yang terkandung dalam batas landas kontinen menjadi milik negara yang bersangkutan. Namun negara tersebut tidak boleh mengganggu lalu lintas pelayaran damai. Zone Ekonomi Eksklusif, yaitu zone perairan laut yang diukur sepanjang 200 mil dari garis dasar. Dalam ekonomi eksklusif ini Indonesia memiliki hak dan kewenangan untuk memanfaatkan sumber daya alam terkandung di dalamnya.
Baca lebih lanjut

24 Baca lebih lajut

Kekayaan Air di Muka Bumi

Kekayaan Air di Muka Bumi

Sungai adalah air tawar dari sumber alamiah yang mengalir dari tempat yang lebih tinggi ke tempat yang lebih rendah dan menuju atau berbuara ke laut, danau atau sungai yang lebih besar. Arus air di bagian hulu sungai (umumnya terletak di daerah pegunungan) biasanya lebih deras dibandingkan dengan arus sungai di bagian hilir. Aliran sungai seringkali berliku-liku karena terjadinya proses pengikisan dan pengendapan di sepanjang sungai. Sungai merupakan jalan air alami mengalir menuju samudera, danau atau laut, atau ke sungai yang lain. Sungai juga salah satu bagian dari siklus hidrologi.
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

PERUBAHAN DENSITAS, SUHU DAN SALINITAS AKIBAT BERTAMBAHNYA KEDAN | Karya Tulis Ilmiah

PERUBAHAN DENSITAS, SUHU DAN SALINITAS AKIBAT BERTAMBAHNYA KEDAN | Karya Tulis Ilmiah

Distribusi densitas dalam perairan dapat dilihat melalui stratifikasi densitas secara vertikal di dalam kolom perairan, dan perbedaan secara horisontal yang disebabkan oleh arus. Distribusi densitas berhubungan dengan karakter arus dan daya tenggelam suatu massa air yang berdensitas tinggi pada lapisan permukaan ke kedalaman tertentu. Densitas air laut tergantung pada suhu dan salinitas serta semua proses yang mengakibatkan berubahnya suhu dan salinitas. Densitas permukaan laut berkurang karena ada pemanasan, presipitasi, run off dari daratan serta meningkat jika terjadi evaporasi dan menurunnya suhu permukaan.
Baca lebih lanjut

2 Baca lebih lajut

JawabPilgan&EssayOSN08Kebumian

JawabPilgan&EssayOSN08Kebumian

Kondisi umum sirkulasi air laut di Samudera Pasifik bagian selatan adalah pergerakan angin  dan  arus permukaan menuju  tekanan atmosfer rendah  di katulistiwa bagian barat yang menyerap  banyak  energi  matahari.  Penumpukan  massa  air  dan  intensitas  penguapan  yang  tinggi  di  bagian  tersebut  menciptakan  kondisi  tropis  ideal  bagi  Indonesia,  yang  mendukung  terbentuknya  hutan  hujan  yang  lebat.  Sedangkan  di  katulistiwa  bagian  timur  dari  Samudera  Pasifik,  air  permukaan  hangat yang berpindah ke barat tadi digantikan oleh naiknya air dingin dari bagian laut dalam dan  dari bagian lautan yang berada di lintang tinggi. Kemunculan air dingin di daerah ini menyebabkan  hujan  yang  sedikit,  sehingga  banyak  terbentuk  gurun  pasir  di  sepanjang  pesisir  Amerika  selatan  bagian barat. 
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

STRATEGI REKLAMASI LAHAN PASCA TAMBANG

STRATEGI REKLAMASI LAHAN PASCA TAMBANG

Salah satu konsekuensi dari pembangunan aktifitas adalah penambangan yang akan mengakibatkan adanya lahan bekas tambang. Lahan pasca tambang dapat dianalisis secara fisik, kimia dan hidrologis. Secara fisik, lahan telah mengalami kerusakan, kedalaman efektif tanah menjadi dangkal, terdapat berbagai lapisan penghambat pertumbuhan tanaman seperti pasir, kerikil, lapisan sisa-sisa tailing dan pada kondisi yang parah dapat pula terlihat lapisan cadas. Bentuk permukaan tanah biasanya secara topografis sangat ekstrem, yaitu antara permukaan tanah yang berkontur dengan nilai rendah dan berkontur dengan nilai tinggi pada jarak pendek bedanya sangat menonjol. Dengan kata lain terdapat perbedaan kemiringan tanah yang sangat mencolok pada jarak pendek. Secara kimia, lahan tidak dapat lagi memberikan dukungan positif terhadap penyediaan unsur hara untuk pertumbuhan tanaman.
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA PASANG (3)

PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA PASANG (3)

gravitasi (gaya tarik menarik) antara bumi dan bulan, bumi dan matahari, atau bumi dengan bulan dan matahari. Pasang-surut laut merupakan hasil dari gaya tarik gravitasi dan efek sentrifugal, yakni dorongan ke arah luar pusat rotasi. Hukum gravitasi Newton menyatakan, bahwa semua massa benda tarik menarik satu sama lain dan gaya ini tergantung pada besar massanya, serta jarak di antara massa tersebut. Gravitasi bervariasi secara langsung dengan massa, tetapi berbanding terbalik terhadap jarak. Sejalan dengan hukum di atas, dapat dipahami bahwa meskipun massa bulan lebih kecil dari massa matahari tetapi jarak bulan ke bumi jauh lebih kecil, sehingga gaya tarik bulan terhadap bumi pengaruhnya lebih besar dibanding matahari terhadap bumi. Kejadian yang sebenarnya dari gerakan pasang air laut sangat berbelit-belit,sebab gerakan tersebut tergantung pula pada rotasi bumi, angin, arus laut dan keadaan-keadaan lain yang bersifat setempat. Gaya tarik gravitasi menarik air laut ke arah bulan dan matahari dan menghasilkan dua tonjolan (bulge) pasang surut gravitasional di laut. Lintang dari tonjolan pasang surut ditentukan oleh deklinasi, yaitu sudut antara sumbu rotasi bumi dan bidang orbital bulan dan matahari ( WARDIYATMOKO & BINTARTO,1994 ).
Baca lebih lanjut

19 Baca lebih lajut

Contoh Makalah Manajemen Kualitas Air Untuk Meningkatkan Produktivitas Udang

Contoh Makalah Manajemen Kualitas Air Untuk Meningkatkan Produktivitas Udang

Kondisi kualitas air akan selalu direspon oleh ikan. Apabila kondisi kualitas airnya optimal untuk kehidupan ikan tersebut maka sudah barang tentu pertumbuhannya juga optimal. Apabila air tingkat kekeruhannya tinggi maka supsensi tersebut akan menempel pada lamela insang sehingga akan mengganggu pernafasan. Apabila pH air rendah maka lendir ikan akan menggumpal. Begitu contoh persoalan kondisi kualitas air yang akan langsung mempengaruhi pertumbuhan.

2 Baca lebih lajut

PENERAPAN SIFAT KOLIGATIF LARUTAN DALAM (3)

PENERAPAN SIFAT KOLIGATIF LARUTAN DALAM (3)

Cairan pendingin adalah larutan berair yang memiliki titik beku jauh di bawah 0oC. Cairan pendingin digunakan pada pabrik es, juga digunakan untuk membuat es putar. Cairan pendingin dibuat dengan melarutkan berbagai jenis garam ke dalam air.

5 Baca lebih lajut

Potensi Konversi Energi Termal Lautan di

Potensi Konversi Energi Termal Lautan di

2. Laut menyerap panas yang berasal dari matahari. Panas matahari membuat permukaan air laut lebih panas dibandingkan air di dasar laut. Hal ini menyebabkan air laut bersirkulasi dari dasar ke permukaan (prinsip perpindahan panas dan massa). Sirkulasi air laut ini dimanfaatkan untuk menggerakkan turbin dan menghasilkan listrik. 3. Dalam pengoperasian OTEC, pipa-pipa akan ditempatkan di laut yang berfungsi untuk menyedot panas laut dan mengalirkannya ke dalam tangki pemanas guna mendidihkan fluida kerja. Umumnya digunakan ammonia (NH 3 ) sebagai fluida kerja
Baca lebih lanjut

6 Baca lebih lajut

SISTEM KARBONAT AIR LAUT (BAGIAN AKHIR DARI II TULISAN)

SISTEM KARBONAT AIR LAUT (BAGIAN AKHIR DARI II TULISAN)

kerang-kerangan yang memanfaatkan kalsit dan aragonit dari kalsium karbonat untuk membentuk cangkang. Organisme ini berperan dalam rantai makanan di laut. Karena adanya proses photosintesis oleh alga yang menyebabkan bertambahnya produksi kalsium karbonat dengan menghilangkan karbondioksida. Dan fotosintesis oleh alga yang bersimbiosis dengan karang membentuk terumbu menghasilkan deposit cangkang yang terbuat dari kalsium karbonat.Pada kondisi normal, kalsit dan aragonit stabil di permukaan air karena ion karbonat berada pada kondisi sangat jenuh. Dengan turunnya pH air laut, konsentrasi ion karbonat ini juga akan turun, dan pada saat karbonat berada pada kondisi tak jenuh, struktur yang dibentuk dari kalsium karbonat menjadi rapuh dan akan mudah terpecah/terputus (dissolute). Hasil penelitian menunjukkan bahwa karang-karangan (Gattuso et al., 1998), alga coccolithophore (Riebesell et al., 2000) dan pteropods (Orr et al., 2005) akan mengalami pengurangan kalsifikasi atau peningkatan pemutusan ketika terpapar oleh naiknya kadar CO2.Membicarakan masalah laut tidak terlepas dari biota yang hidup didalamnya,diantaranya
Baca lebih lanjut

2 Baca lebih lajut

PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA PASANG SURUT (2)

PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA PASANG SURUT (2)

Dibandingkan dengan MCT dan jenis turbin lainnya, desain Swan Turbines memiliki beberapa perbedaan, yaitu: baling-balingnya langsung terhubung dengan generator listrik tanpa melalui kotak gir. Ini lebih efisien dan mengurangi kemungkinan terjadinya kesalahan teknis pada alat. Perbedaan kedua yaitu, daripada melakukan pemboran turbin ke dasar laut ST menggunakan pemberat secara gravitasi (berupa balok beton) untuk menahan turbin tetap di dasar laut.

8 Baca lebih lajut

Staff Site Universitas Negeri Yogyakarta

Staff Site Universitas Negeri Yogyakarta

Pengamatan curah hujan dapat dilakukan dengan bantuan alat ukur curah hujan. Ada 2 (dua) jenis alat yang digunakan untuk pengamatan, yakni jenis biasa (manual) dan jenis otomatis. Alat ukur jenis biasa ditempatkan di tempat terbuka yang tidak dipengaruhi oleh pohon-pohon dan gedung- gedung. Bagian atas alat itu dipasang 20 cm lebih tinggi dari permukaan tanah yang di sekelilingnya ditanami rumput (lihat gambar 3). Ketelitian pembacaan alat adalah sampai 1/10 mm. Pembacaan harus diadakan 1 kali sehari, biasanya jam 09.00 dan hasil pembacaan ini dicatat sebagai curah hujan hari kemarin (terdahulu). Curah hujan kurang dari 0,1 mm harus dicatat 0,00 mm, yang harus dibedakan dengan keadaan yang tidak ada curah hujan yang dicatat dengan membubuhkan garis (-).
Baca lebih lanjut

76 Baca lebih lajut

9. Sumber daya energi air

9. Sumber daya energi air

Lautan, yang meliputi dua per tiga luas permukaan bumi, menerima panas yang berasal dari penyinaran matahari. Selain daripada itu, air lautan juga menerima panas bumi yaitu magma, yang terletak di bawah dasar laut. Energi termal ini dapat dimanfaatkan dengan mengkonversinya menjadi energi listrik dengan suatu teknologi yang disebut Ocean Thermal Energy Conversion (OTEC), atau Konversi Energi Panas Laut (KEPL) bila dipakai istilah Indonesia.

32 Baca lebih lajut

PENGARUH FAKTOR LINGKUNGAN LAUT PADA TINGKAH LAKU DAN KELIMPAHAN IKAN

PENGARUH FAKTOR LINGKUNGAN LAUT PADA TINGKAH LAKU DAN KELIMPAHAN IKAN

Plankton adalah organisme kecil yang keberadaannya mengambang bebas di kolom perairan, beberapa diantaranya tidak mempunyai alat pergerakan, pergerakannya mengikuti arus gelombang. Plankton dibedakan menjadi fitoplankton (tumbuhan) dan zooplankton (hewan). Fitoplankton terdiri dari tumbuhan mikroskopik, diatom, flagellata dan alga biru-hijau sedangkan zooplanktonterdiri dari bermacam-macam spesies yang dikelompokkan dalam beberapa genera. Fitoplanktonsangat penting untuk kehidupan di laut karena kemampuannya mensistesis makanannya sendiri dari bahan inorganik. Pola makan-dimakan di lautan menunjukkan sebuah jaring-jaring makanan. Zooplankton, karnivora kecil, merupakan jaring pertama dalam rantai makanan; biasanya mereka memakan fitoplankton,zooplankton dimakan ikan, dan selanjutnya ikan dimakan oleh predatornya. Plankton mempunyai peranan yang penting dalam kehidupan ikan karena mereka berperan pada kelangsungan hidup larva ikan dan rekruitmen. Biasanya daerah yang kaya fitoplankton juga kaya zooplankton dan keberadaan ikan yang melimpah (Reddy, 1993).
Baca lebih lanjut

4 Baca lebih lajut

Kajian Intrusi Air Laut Pada Sumur Dangkal di Desa Denai Kuala Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang

Kajian Intrusi Air Laut Pada Sumur Dangkal di Desa Denai Kuala Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang

40 m baru diperoleh air bebas. Keadaan atau sifat air sumur gali yaitu pada ketinggian air bebas umumnya sekitar 1-3 m dari dasar sumur. Ketinggian air bebas bervariasi, tergantung jumlah air yang diambil dan tergantung musim. Rasa dan warna air tergantung jenis tanah yang ada, tanah sawah airnya kekuning kuningan, tanah berpasir airnya jernih dan rasanya sejuk, tanah liat rasanya sedikit sepat, tanah kapur airnya terasa sedikit sepat dan warnanya kehijau-hijauan dan tanah gambut airnya berwarna kemerahmerahan seperti teh dan rasanya asam. Mudah tercemar oleh karena kelalaian dalam menutup mulut sumur. Mengandung alga dalam jumlah sedikit Mengandung bakteri cukup banyak.
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

Laut Terdalam di Dunia pendidikan

Laut Terdalam di Dunia pendidikan

d. Rip current, arus yang berada di pantai berpasir halus dan bergelombang agak besar. Arah gerakannya tegak lurus dengan garis pantai. Biasanya arus ini mampu menyeret pasir beserta orang yang berada di tempat itu menuju ke laut yang lebih dalam. Contohnya, di pantai Parangtritis yang memiliki kecepatan sampai 80 km/jam.

8 Baca lebih lajut

Pengertihan Tentang Etika kearifan lokal

Pengertihan Tentang Etika kearifan lokal

a) Irigasi permukaan adalah pengaliran air di atas permukaan dengan ketinggian air sekitar 10-15 cm di atas permukaan tanah.irigasi permukaan merupakan system irigasi yang menyadap air langsung di sungai melalui bangunan bengdung maupun melalui bangunn pengambilan bebas (free intake) kemudian air irigasi di alirkan secara gravitasi melalui saluran sampai ke lahan pertanian, di sini melalui saluran primer, sekunder, dan tersier. Pengaturan air ini dilakukan dengan pintu air.prosesnya adalah gravitasi,tanah yang tinggi akan mendapat air lebih dulu.
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

MAKALAH PENGARUH IKLIM BAGI MANUSIA BENC (1)

MAKALAH PENGARUH IKLIM BAGI MANUSIA BENC (1)

Jika suhu udara naik menjadi 4 derajat celcius, maka lapisan es mencair seluruhnya dan mengakibatkan pemanasan global tak dapat dikendalikan lagi, sebagian wilayah Inggris yang merupakan daratan rendah terbenam banjir, serta wilayah mediterania akan ditinggalkan penduduknya karena tak layak untuk dihuni. Lebih lanjut jika udara naik 5 derajat celcius maka pemanasan global akan semakin cepat dengan keluarnya gas metana dari dalam laut, yang menyebabkan es kutub utara dan selatan habis. Di bumi banyak terjadi bencana yang banyak merenggut nyawa manusia oleh karena itu, jika suhu udara naik sebesar 5 derajat celcius, manusia akan berpindah – pindah tempat untuk menyelamatkan hidupnya dan mencari makan, akan tetapi hasil yang diperoleh adalah sia – sia karena kebanyakan spesies sudah tidak ada. Terakhir dalam buku tersebut dijelaskan bahwa jika suhu udara naik sebesar 6 derajat celcius maka kehidupan di Bumi akan berakhir akibat badai besar, banjir bandang, bola api hidrogen sulfida dan metana berputar-putar cepat melintas di seluruh dunia dengan kekuatan bom atom dan dapat diperkirakan hanya jamur yang dapat bertahan hidup.
Baca lebih lanjut

38 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...