Daya Tarik Wisata

Top PDF Daya Tarik Wisata:

Pendahuluan Daya tarik wisata terpinggir

Pendahuluan Daya tarik wisata terpinggir

Berdasarkan latar belakang, diketahui sistem Pindul memiliki sistem sungai bawah tanah, yang di dalamnya terdapat banyak gua-gua. Tetapi dari gua-gua tersebut, hanya Gua Pindul yang paling sering dikunjungi dan paling tenar jika dibandingkan dengan gua-gua yang lainnya. Padahal jika daya tarik wisata masing-masing gua teridentifikasi dengan baik, maka dalam sistem Pindul, gua-gua lain akan lebih menarik pengunjung. Pengelolaan juga akan lebih optimal, sehingga tidak hanya terpusat pada Gua Pindul saja. Diharapkan dengan begitu akan semakin meningkatkan pendapatan dari wisata gua, dan akan lebih membutuhkan peran masyarakat sekitar untuk mengembangkan wisata gua, tidak hanya Gua Pindul.
Baca lebih lanjut

4 Baca lebih lajut

BAB I DAYA TARIK WISATA

BAB I DAYA TARIK WISATA

Daya tarik yang tidak atau belum dikembangkan merupakan sumber daya potensial dan belum dapat disebut daya tarik wisata, sampai adanya suatu jenis pengembangan tertentu. Objek dan daya tarik wisata merupakan dasar bagi kepariwisataan. Tanpa adanya daya tarik di suatu daerah atau tempat tertentu kepariwisataan sulit untuk dikembangkan. Daya Tarik Wisata sejatinya merupakan kata lain dari obyek wisata namun sesuai peraturan pemerintah Indonesia tahun 2009 kata obyek wisata sudah tidak relevan lagi untuk menyebutkan suatu daerah tujuan wisatawan maka digunakanlah kata “ Daya Tarik Wisata.”
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

KARAKTERISTIK DAYA TARIK WISATA DAN WISATAWAN DI KABUPATEN BELITUNG.

KARAKTERISTIK DAYA TARIK WISATA DAN WISATAWAN DI KABUPATEN BELITUNG.

Kabupaten Belitung mempunyai daya tarik wisata yang berpotensi untuk dikembangkan. Permasalahan yang diangkat yaitu bagaimana karakteristik daya tarik wisata di Kabupaten Belitung, bagaimana kemenarikan daya tarik wisata di Kabupaten Belitung, dan bagaimana karakteristik wisatawan yang berkunjung Kabupaten Belitung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi persebaran daya tarik wisata di Kabupaten Belitung, untuk menganalisis kemenarikan daya tarik wisata di Kabupaten Belitung, dan untuk mengidentifikasi karakteristik wisatawan yang berkunjung di Kabupaten Belitung.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dekristiptif survey. Pengambilan sampel wilayah objek wisata dilakukan secara purposive sampling dan sampel responden wisatawan dilakukan secara accidental sampling. Pengambilan sampel wilayah objek wisata diambil setiap kriteria objek wisata dengan jumlah 9 jenis objek wisata sedangkan sampel responden wisatawan sebanyak 99 orang. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase dan rumus kemenarikan model Fishbein dan Rossenberg. Hasil penelitian diperoleh bahwa Kabupaten Belitung dengan karakteristik daerah kepulauan lebih banyak daerah dataran rendahnya sehingga daerah tujuan wisata di Kabupaten Belitung lebih di dominasi wisata bahari seperti pantai dan pulau-pulau kecil. Tingkat kemenarikan daya tarik wisata menurut persepsi wisatawan menunjukkan bahwa nilai kemenarikan kebersihan, cinderamata dan sarana dan prasarana perlu diperhatikan Keindahan alamnya dan ketertiban dalam berwisata dapat dijadikan sebagai pengembangan wisata dan sangat perlu dijaga kelestariannya. wisatawan dominan berasal dari luar Pulau Belitung, berjenis kelamin perempuan, pendidikan terakhir penguruan tinggi, dan penghasilan lebih besar Rp. 3.000.000,-/bulan. Wisatawan yang mengunjungi Kabupaten Belitung berasal dari kalangan menengah keatas. Pemerintah dan pengelola tempat wisata diharapkan terus melakukan evaluasi dan meningkatkan kualitas pelayanan.
Baca lebih lanjut

27 Baca lebih lajut

MAKALAH POTENSI DAN DAYA TARIK WISATA.do

MAKALAH POTENSI DAN DAYA TARIK WISATA.do

Dalam literatur kepariwisataan luar negeri tidak dijumpai istilah objek wisata seperti yang biasa dikenal di Indonesia. Untuk pengertian objek wisata biasanya lebih banyak menggunakan istilah “tuorist attractions”, yaitu segala sesuatu yang menjadi daya tarik bagi orang untuk mengunjungi suatu daerah tertentu. Seperti yang telah dikemukakan sebelumnya, wisata merupakan perjalanan yang dilakukan seseorang atau sekelompok orang dan menetap untuk sementara di tempat lain selain tempat tinggalnya, untuk salah satu atau beberapa alasan, selain mencari pekerjaan. Perjalanan wisata ini memerlukan suatu tujuan, diantaranya adalah menikmati objek wisata atau daya tarik wisata. Dalam hal ini, daya tarik wisata merupakan sasaran dari wisatawan untuk melakukan kegiatan kepariwisatanya.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

Analisis Stakeholders Daya Tarik Wisata

Analisis Stakeholders Daya Tarik Wisata

Identifikasi stakeholder menandakan diawalinya proses analisis kepentingan stakeholder secara formal, dan merupakan langkah awal dalam melakukan manejemen konflik dan membangunn kesepakatan bersama (Brown, 2001) dalam (Syarif, 2009). Siapa saja pihak yang mempunyai kepentingan (stakeholder) terhadap “Daya Tarik Wisata Senggigi di Lombok Barat”. Pada analisis ini, stakeholder yang berkepentingan meliputi:

3 Baca lebih lajut

KAJIAN KARAKTERISTIK KORIDOR JALAN PAHLAWAN SEBAGAI DAYA TARIK WISATA KOTA SEMARANG

KAJIAN KARAKTERISTIK KORIDOR JALAN PAHLAWAN SEBAGAI DAYA TARIK WISATA KOTA SEMARANG

Lokasi Jalan Pahlawan yang berdekatan dengan landmark Kota Semarang yaitu Kawasan Simpang Lima menjadi daya tarik tersendiri bagi pejalan kaki untuk melakukan berbagai macam aktivitas. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahuai karakteristik koridor Jalan Pahlawan sebagai daya tarik wisata Kota Semarang. Metode ini menggunakan analisis deskritip kualitatif untuk mengetahui daya tarik wisata dengan menggunkaan perhitungan Obyek dan Daya Tarik Wisata (ODTW) guna memberikan penilaian terhadap potensial tidaknya suatu koridor Jalan Pahlawan yang mampu menarik pengguna dan aktivitas disepanjang jalur pejalan kaki. Analisis yang dilakukan adalah analisis jalur pejalan kaki yang dilihat dari analisis aktivitas pejalan kaki berdasarkan tujuan, analisis pengguna jalur pejalan kaki berdasarkan pekerjaan di hari-hari tertentu. Dan analisis daya tarik wisata yang berdasarkan perhitungan ODTW. Sebagai tempat public yang dituju pada saat berkunjung di Kota Semarang, Jalan Pahlawan menjadi suatu daya tarik wisata yang potensial dan mampu memberikan kenikmatan dan kepuasan tersendiri bagi para pengunjung yang datang.
Baca lebih lanjut

5 Baca lebih lajut

OBJEK DAN DAYA TARIK WISATA (UTS)

OBJEK DAN DAYA TARIK WISATA (UTS)

Objek dan daya tarik wisata adalah suatu bentukan dan fasilitas yang berhubungan, yang dapat menarik minat wisatawan atau pengunjung untuk datang ke suatu daerah atau tempat tertentu. Daya tarik yang tidak atau belum dikembangkan merupakan sumber daya potensial dan belum dapat disebut sebagai daya tarik wisata, sampai adanya suatu jenis pengembangan tertentu. Objek dan daya tarik wisata merupakan dasar bagi kepariwisataan. Tanpa adnnya daya tarik di suatu daerah atau tempat tertentu, kepariwisataan sulit untuk dikembangkan.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

BA. Penjelasan DAYA TARIK WISATA BEDUGUL

BA. Penjelasan DAYA TARIK WISATA BEDUGUL

Pada hari ini Jumat, tanggal Dua Puluh Enam, bulan Mei, tahun Dua Ribu Enam Belas, kami yang bertanda tangan di bawah ini Kelompok Kerja (Pokja) Pekerjaan Konstruksi 2 pada Unit Layanan Pengadaan (ULP) Kabupaten Tabanan, telah mengadakan Penjelasan Pekerjaan untuk Pekerjaan Pembangunan Tempat Parkir di Daya Tarik Wisata Bedugul melalui http://lpse.tabanankab.go.id yaitu sebagai berikut:

2 Baca lebih lajut

STATISTIK OBJEK DAYA TARIK WISATA

STATISTIK OBJEK DAYA TARIK WISATA

- Pekerja bersertifikat Pariwisata: pekerja yang telah memperoleh tanda atau surat keterangan tertulis dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang dibentuk oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Contoh bidang kompetensi dari pekerja bersertifikat pariwisata adalah Front Office, Housekeeping, Tata Boga, Patttiserie, Food & Beverage Service, SPA, Tour Leader, Pemandu Wisata, Pemandu Eko Wisata, Pemandu Wisata Selam, Pemandu Wisata Museum, Terapis Air Panas, Panjat Tebing, Wisata Agro, Wisata Gua, Wisata Gunung, dan sebagainya.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

Pengertian Daya Tarik Wisata

Pengertian Daya Tarik Wisata

Dari uji analisis regresi linier berganda untuk variabel Word of Mouth diperoleh t hitung sebesar 2,675 ≥ 1,985 t tabel dan nilai signifikan 0,004 ≤ 0,05. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa Word of Mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Keputusan Berkunjung Wisatawan Obyek Wisata Gunung Beruk. Hal ini disebabakan komunikasi dari mulut ke mulut setiap hari semua orang lakukan. Informasi dari teman atau keluarga yang pernah membeli suatu barang atau berkunjung ke suatu tempat wisata akan mempengaruhi orang yang diajak bicara. Apabila orang yang menyampaikan informasi tersebut bercerita tentang keunggulan tentang sesuatu yang diceritakan maka yang menjadi lawan bicara akan terpengaruh dan ingin membeli atau mengunjungi tempat yang dicertakan tersebut.
Baca lebih lanjut

6 Baca lebih lajut

Analisis Stakeholders Daya Tarik Wisata

Analisis Stakeholders Daya Tarik Wisata

Adapun fasilitas penting dalam mendukung pariwisata bahari Pantai Sanur yaitu fasilitas internal yang mendukung kegiatan wisata bahari. Dari hasil observasi di sepanjang Pantai Sanur yang memiliki Sembilan Usaha tirta dan dua organisasi sipecinta olahraga selancar angin. Pantai sanur juga memiliki fasilitas jasa penunjang yang dapat dikatakan sudah sangat memadai, yaitu seperti: transportasi, akomodas dan boga, warung, pedagang kaki lima, toko, art shop serta sekelompok nelayan.

Baca lebih lajut

Daya Tarik Wisata di JAWA TIMUR

Daya Tarik Wisata di JAWA TIMUR

Pantai Pasir Putih Situbondo adalah salah satu tempat wisata di Jawa Timur yang paling populer. Berlokasi di Kabupaten Situbondo, perjalanan menuju Pantai Pasir Putih Situbondo akan memakan waktu sekitar 4 jam dari kota Surabaya. Sesuai dengan namanya, Pantai Pasir Putih Situbondo terkenal dengan pasir putihnya yang indah, dan hamparan hutan yang berada di tepi pantai.

Baca lebih lajut

Daya Tarik Wisata uts (1)

Daya Tarik Wisata uts (1)

Lokasi wisata yang layak, aman, nyaman dan dapat dijangkau / ditempuh oleh wisatawan secara individu maupun rombongan dan adanya sarana penunjang transportasi, seperti kelayakan dan kenyamanan serta keamanan jalan menuju lokasi. Kecuali bagi wisatawan adventure, yang mampu menelusuri lokasi wisata dengan berjalan kaki, namun pada jarak tertentu. Transportasi:Pesawat Udara/Kapal Laut/Kereta Api/Bus,minibus, sedan, motor, sepeda, becak.

Baca lebih lajut

TAP.COM -   ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGEMBANGAN ... 22245 47675 1 PB

TAP.COM - ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGEMBANGAN ... 22245 47675 1 PB

Pada tahap analisis identifikasi objek daya tarik wisata bahari di Gili Labak adalah dengan skoring menggunakan Skala Likert. Analisis skoring ini berdasarkan pendapat dari para stakeholders yang telah ditetapkan sebelumnya untuk menjadi responden. Data input yang digunakan adalah data kualitatif yang dikonversikan ke dalam skala likert. Kemudian dihitung jumlah dari masing-masing skor atau nilai dari objek daya tarik wisata di Gili Labak. Dari nilai bobot yang paling tinggi untuk masing-masing karakteristik objek daya tarik wisata di Gili Labak tersebut dapat diketahui objek daya tarik wisata yang berpotensi untuk dikembangkan.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

Peran Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Dalam Mempromosikan Pariwisata Di Kabupaten Tapanuli Tengah

Peran Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Dalam Mempromosikan Pariwisata Di Kabupaten Tapanuli Tengah

Pariwisata bila ditinjau secara harfiah berasal dari asal kata wisata dengan kata kerjanya berwisata artinya bepergian atau melancong untuk bersenang- senang.Pariwisata adalah berbagai macam kegiatan wisata dan didukung berbagai fasilitas serta layanan yang disediakan oleh masyarakat, pengusaha, pemerintah, dan pemerintah daerah.Wisata adalah kegiatan perjalanan yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang dengan mengunjungi tempat tertentu untuk tujuan rekreasi, pengembangan pribadi, atau mempelajari keunikan daya tarik wisata yang dikunjungi dalam jangka waktu sementara.(UU RI No. 10 Tahun 2009).
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

TUGAS KELOMPOK STUDI LAPANGAN PARIWISATA

TUGAS KELOMPOK STUDI LAPANGAN PARIWISATA

Pengertian obyek dan daya tarik wisata menurut Marpaung (2002:78) adalah suatu bentuk dari aktifitas dan fasilitas yang berhubungan, yang menarik minat wisatawan atu pengunjung untuk datang ke suatu daerah atau tempat tertentu. Obyek dan daya tarik wisata sangat erat hubungannya dengan travel motivation dan travel fasion, karena wisatawan ingin mendapatkan suatu pengalaman tertentu dalam kunjungannya ke suatu obyek wisata.

Baca lebih lajut

Identifikasi Potensi dan Permasalahan Pengembangan Pariwisata Kawasan Pesisir Pantai Tablanusu Kecamatan Depapre Kabupaten Jayapura

Identifikasi Potensi dan Permasalahan Pengembangan Pariwisata Kawasan Pesisir Pantai Tablanusu Kecamatan Depapre Kabupaten Jayapura

Dalam pengembangan sebuah objek wisata dibutuhkan adanya fasilitas yang berfungsi sebagai pelengkap dan untuk memenuhi berbagai kebutuhan wisatawan yang bermacam-macam. Menurut Bukart dan Medlik (1974 ; 133), fasilitas bukanlah merupakan faktor utama yang dapat menstimulasi kedatangan wisatawan ke suatu destinasi wisata, tetapi ketiadaan fasilitas dapat menghalangi wisatawan dalam menikmati atraksi wisata. Pada intinya, fungsi fasilitas haruslah bersifat melayani dan mempermudah kegiatan atau aktivitas pengunjung/wisatawan yang dilakukan dalam rangka mendapat pengalaman rekreasi. Di samping itu, fasilitas dapat pula menjadi daya tarik wisata apabila penyajiannya disertai dengan keramahtamahan yang menyenangkab wisatawan, dimana keramah tamahan dapat mengangkat pemberian jasa menjadi suatu atraksi wisata. Bovy dan Lawson (1979;9) menyebutkan bahwa fasilitas adalah atraksi buatan manusia yang berbeda dari daya tarik wisata yang lebih cenderung berupa sumber daya. 4.2.5 Kebijakan Berdasarkan Aspek Sosial Budaya.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

Usaha daya tarik fisik pada

Usaha daya tarik fisik pada

Ø Daya tarik wisata hasil karya manusia yang berwujud museum, peninggalan sejarah, seni dan budaya, wisata agro, wisata buru, wisata petualangan alam, taman rekreasi dan komplek hiburan. Ø Daya tarik wisata minat khusus, seperti : berburu, mendaki

Baca lebih lajut

S MRL 1202498 Chapter1

S MRL 1202498 Chapter1

Tabel diatas menunjukkan bahwa penilaian tertinggi motivasi wisatawan berkunjung ke daya tarik wisata Cibulan diperoleh family oriented/education dengan skor rata-rata 441 sebesar 26.21%. Hal ini membuktikan bahwa wisatawan berkunjung ke daya tarik wisata Cibulan untuk sekedar berkumpul dan berwisata bersama keluarga. Sementara untuk penilaian terendah terdapat pada achievement yaitu dengan skor rata-rata 395 atau 23.47%. Hal ini disebabkan karena wisatawan merasa untuk mendapatkan sebuah kebanggaan gengsi (prestige) adalah ketika melakukan perjalanan ke tempat wisata yang terkenal atau wisata ke luar negri.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...