Desa di Sumatera Selatan

Top PDF Desa di Sumatera Selatan:

NILAI-NILAI SOSIAL DALAM KESENIAN ANTAN DELAPAN DI DESA PENYANDINGAN KECAMATAN TANJUNG AGUNG KABUPATEN MUARA ENIM PROVINSI SUMATERA SELATAN.

NILAI-NILAI SOSIAL DALAM KESENIAN ANTAN DELAPAN DI DESA PENYANDINGAN KECAMATAN TANJUNG AGUNG KABUPATEN MUARA ENIM PROVINSI SUMATERA SELATAN.

proses terbentuknya nilai sosial dalam kehidupan bermasyarakat. Nilai sosial adalah segala sesuatu yang mempunyai peranan penting bagi masyarakat, dan memberi pengaruh terhadap tata kehidupan kelompok masyarakat. kesenian Antan Delapan merupakan Salah satu kesenian yang tumbuh dan berkembang di lingkungan masyarakat agraris (pertanian). Bentuk dan jenis kesenian masyarakat agraris adalah kesenian yang bernuansa komunal, kegotongroyongan, dan kebersamaan. nilai sosial yang terdapat dalam kesenian tersebut melekat dengan fungsi kesenian itu bagi masyarakatnya. Dalam kesenian Antan Delapan, nilai sosial terbentuk karena kesenian tersebut masih mempunyai fungsi bagi masyarakat pendukungnya. Fungsi inilah yang kemudian memunculkan adanya nilai- nilai sosial pada kesenian Antan Delapan yang berada di Desa Penyandingan Kecamatan Tanjung Agung Kabupaten Muara Enim Provinsi Sumatera Selatan. Adanya peranan dan fungsi dalam kesenian tersebut terlihat ketika ada pementasan Antan Delapan, terjadi interaksi di antara anggota masyarakat yang menyaksikan kesenian itu. Adapun nilai- nilai sosial yang terkandung dalam kesenian Antan Delapan di Penyandingan Kecamatan Tanjung Agung Kabupaten Muara Enim Provinsi Sumatera Selatan adalah sebagai berikut:
Baca lebih lanjut

117 Baca lebih lajut

PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA MELALUI INOVASI PENGEMASAN MAKANAN DI KECAMATAN PAYARAMAN KABUPATEN OGAN ILIR, SUMATERA SELATAN

PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA MELALUI INOVASI PENGEMASAN MAKANAN DI KECAMATAN PAYARAMAN KABUPATEN OGAN ILIR, SUMATERA SELATAN

Salah satu permasalahan di masyarakat yang ada di Kecamatan Payaraman Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan ialah 1) Kurangnya kreativitas masyarakat dalam hal pengemasan makanan. 2) Kurangnya pengetahuan dalam mengembangkan produk yang ada. 3) Kurangnya pengetahuan dalam hal pemasaran makanan. Padahal masyarakat mempunyai potensi untuk menghasilkan makanan khas dari bahan dasar singkong yang seharusnya bisa dipasarkan, namun masyarakat mempunyai keterbatasan pendidikan dan kreativitas dalam pengemasan makan produknya. Maka dari itu dibuat program kreativitas dalam mengemas makanan. Agar masyarakat bisa memasarkan hasil potensi desa dengan baik dan bisa menambah penghasilan. Metode yang dipakai dalam kegiatan inovasi pengemasan makanan yaitu 1) dengan mengadakan penyuluhan kewirausahaan dan 2) dengan pelatihan pengemasan makanan. Dampak program kegiatan ini adalah 1) Mampu mengangkat perekonomian desa atau kecamatan. 2) Mampu menambah pendapatan perkapita untuk setiap keluarga. 3) Meningkatkan kesejakterahan perekonomian. 4) Mampu menjualkan produk ke luar Kecamatan.
Baca lebih lanjut

6 Baca lebih lajut

Unduh BRS Ini

Unduh BRS Ini

 Indeks Kesulitan Geografis (IKG) merupakan indeks komposit tertimbang dengan skala 0-100 yang dihitung untuk setiap wilayah pemerintahan setingkat desa. Semakin besar indeks menunjukkan tingkat kesulitan geografis yang semakin tinggi. IKG desa di Sumatera Selatan bervariasi antar wilayah dengan rentang antara 12,05 sampai 78,24.

15 Baca lebih lajut

TAP.COM -   JURNAL PENELITIAN PENYAKIT TULAR VEKTOR - LITBANG DEPKES 6925 15960 1 SM

TAP.COM - JURNAL PENELITIAN PENYAKIT TULAR VEKTOR - LITBANG DEPKES 6925 15960 1 SM

Penelitian dilakukan di Desa Simpang Empat, Kecamatan Lengkiti, Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, dari bulan Maret sampai Oktober 2014 dengan cara penangkapan nyamuk dewasa melalui umpan orang dan umpan sapi. Hasil penelitian menunjukkan nyamuk Anopheles spp. yang tertangkap selama 8 kali penangkapan terdiri dari 10 spesies dan yang paling banyak tertangkap adalah Anopheles philippinensis. Aktivitas mengisap darah Anopheles spp. lebih cenderung di luar rumah dan terjadi sepanjang malam kecuali pukul 01.00-02.00 dan pukul 04.00-05.00, puncaknya pada pukul 18.00-19.00. Kepadatan nyamuk per orang per jam (MHD) pada penangkapan nyamuk umpan orang dalam dan luar berkisar antara 0,0025-0,0075 nyamuk/orang/jam. Anopheles spp. yang ditemukan yaitu An. philippinensis, An. vagus, An. maculatus, An. minimus, An. kochi, An. barbirostris, An. flavirostris, An. leocosphyrus group, An. sinensis, dan An. nigerrimus. Kepadatan nyamuk tertinggi terdapat di luar rumah yaitu pada spesies An. vagus. Nyamuk An. philippinensis merupakan spesies yang paling dominan.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

Keanekaragaman Serangga Pada Mina Padi Di Desa Purwosari, Pematang Bandar, Simalungun, Sumatera Utara.

Keanekaragaman Serangga Pada Mina Padi Di Desa Purwosari, Pematang Bandar, Simalungun, Sumatera Utara.

Suin, N. M. 1997.Ekologi Hewan. BumiAksara. JakartadalamSaragih, A. 2008.Indeks Keragaman Jenis Serangga Pada Tanaman Stroberi (Fragaria sp.) di Lapangan.Skripsi.Universitas Sumatera Utara. Medan. Sumariadi, Wildan dan Meqorry Y. 2013. Aplikasi Mikrokontroler AT89S52

4 Baca lebih lajut

2. SUMATERA SELATAN DALAM KERANGKA NEGARA FEDERAL BELANDA

2. SUMATERA SELATAN DALAM KERANGKA NEGARA FEDERAL BELANDA

Pada awalnya, Sumatera Selatan tidak termasuk dalam kerangka pembentukan negara federal di Indonesia. Negara Sumatera Selatan baru beridiri tanggal 30 Agustus 1948, ini berarti perjuangan Indonesia menghadapi Belanda sudah berjalan panjang. Di Palembang sudah terjadi dua peristiwa besar yaitu pertempuran lima hari lima malam dan agresi militer pertama Belanda. Dua peristiwa ini telah berdampak besar terhadap perjuangan bangsa. Kekuatan Republik telah menjadi lemah, pemerintahan sipil dan militer di Palembang mengungsi ke luar kota. Kekosongan ini telah memudahkan Belanda menguasai kembali daerah Republik guna melaksanakan tujuan politik federalnya. Untuk mencapai tujuan ini sejak bulan Desember 1947 Belanda sudah merintis pemebentukan negara federal di Palembang dengan membentuk Badan Persiapan Negara Sumatera Selatan (BPNSS).
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

Dinas Pendidikan | Warta Pendidikan

Dinas Pendidikan | Warta Pendidikan

Oleh karenanya, Widodo ber- harap melalui kegiatan O2SN SMA dan SMK ini dapat dijadikan sebagai salah satu strategi mem pererat persahabatan, membina persatuan dan ke- satuan bangsa khususnya dikalangan para siswa SMA dan SMK di Sumatera Selatan. Setelah berkompetisi den- gan ketat, akhirnya diperoleh pemenang pada masing-mas- ing cabang olahraga yang ditetapkan melalui keputusan Wasit/Juri O2SN SMA/SMK Tingkat Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2015 Nomor 026/P2B/O2SN Prov.SS/2015, sebagai berikut :

52 Baca lebih lajut

RPJMD KABUPATEN OKU TIMUR 2010 2015 BAB I

RPJMD KABUPATEN OKU TIMUR 2010 2015 BAB I

RPJMD Kabupaten OKU TIMUR sebagai penjabaran visi, misi dan program Kepala Daerah terpilih berpedoman pada RPJP Daerah dan memperhatikan RPJM Nasional/Provinsi Sumatera Selatan. Dalam penyelenggaraan Pemerintah Kabupaten OKU TIMUR, RPJMD Kabupaten OKU TIMUR Tahun 2010-2015 merupakan dokumen perencanaan pembangunan daerah sebagai satu kesatuan yang tak terpisahkan dari sistem perencanaan pembangunan nasional sebagaimana yang telah diatur oleh Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Undang Undang nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah.
Baca lebih lanjut

26 Baca lebih lajut

Unduh BRS Ini

Unduh BRS Ini

Keadaan ketenagakerjaan di Provinsi Sumatera Selatan pada periode Agustus 2016 Agustus 2017 menunjukkan kondisi yang kurang menggembirakan. Penurunan jumlah angkatan kerja pada kurun waktu itu diikuti dengan penurunan penyerapan jumlah penduduk bekerja dan peningkatan tingkat pengangguran terbuka.

8 Baca lebih lajut

Dinas Pendidikan | Warta Pendidikan

Dinas Pendidikan | Warta Pendidikan

Dikatakan, pihak Pemprov Sum- sel akan terus berusaha memberikan kontribusi untuk peningkatan pen- didikan dengan program sekolah gratis seperti yang sudah dicanang- kan dan dilaksanakan Gubernur Alex Noerdin selama ini dari tingkat sekolah menengah sampai perguru- an tinggi. Program ini bisa diman- faatkan oleh siswa-siswi yang ber- prestasi untuk bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebi tinggi. Dalam kesempatan terpisah Ke- pala Dinas Pendidikan Prov Sum- sel, Widodo Mpd mengungkapkan, selang beberapa hari setelah peny- erahan simbolis, seluruh berkas Ijazah dan SHUN untuk seluruh sekolah SMA/SMK/MA Negeri dan Swasta se-Sumatera Selatan, sudah dibagikan. Bahkan Sumsel salah satu provinsi cepat tanggap dan ter- maasuk sepuluh besar dalam hal penyerahan ijazah ini.
Baca lebih lanjut

52 Baca lebih lajut

APLIKASI PERIZINAN DAN PENGAWASAN ANGKUTAN KOTA PROVINSI SUMATERA SELATAN PADA DINAS PERHUBUNGAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA PROVINSI SUMATERA SELATAN

APLIKASI PERIZINAN DAN PENGAWASAN ANGKUTAN KOTA PROVINSI SUMATERA SELATAN PADA DINAS PERHUBUNGAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA PROVINSI SUMATERA SELATAN

Alhamdulillah puji dan syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT, karena hanya atas Rahmat, Ridho, dan Karunia – Nya lah penulis dapat menyelesaikan laporan kerja praktek ini dengan judul “ Aplikasi Perizinan Angkutan Kota Antar Provinsi Sumatera Selatan pada Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Selatan ” yang terdiri dari 5 bab yaitu Bab I Pendahuluan, Bab II Tinjauan Pustaka, Bab III Gambaran Umum Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Selatan, Bab IV Hasil dan Pembahasan, dan Bab V Kesimpulan dan Saran. Shalawat beriring salam tak lupa tercurahkan kepada suritauladan kita Nabi Besar Muhammad SAW beserta keluarga, sahabat, dan para pengikutnya hingga akhir zaman.
Baca lebih lanjut

18 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...