Deteksi Plat Nomor

Top PDF Deteksi Plat Nomor:

SISTEM PENGENALAN PLAT NOMOR MOBIL UNTUK

SISTEM PENGENALAN PLAT NOMOR MOBIL UNTUK

Sistem deteksi plat nomor merupakan salah satu aplikasi dalam ilmu komputer yang dapat membantu proses pengolahan data plat nomor mobil dengan menggunakan Image processing sebagai pembantu (assistance system) yang dapat meningkatkan kinerja dari sistem kontrol dan informasi pada area parkir. Ada beberapa tahapan dalam pengenalan ini yaitu image diambil dari kamera, selanjutnya mencari lokasi plat nomor dan mensegmentasi setiap karakter yang ada dari plat tersebut dengan menggunakan Integral Proyeksi, dan kemudian melakukan pengenalan pada setiap karakter dengan metode feature reduction PCA. Selanjutnya proses pengenalan plat nomor mobil dengan menggunakan metode Euclidean Distance. Hasil yang diharapkan mampu mengenali plat nomor mobil yang di proses. Sistem telah diujicobakan pada suatu basis data alphanumeric (0-9, A-Z) yang masing-masing terdiri dari beberapa variasi pengujian plat nomor. Hasil pengujian menunjukkan tingkat keberhasilan yang cukup menggembirakan, dimana tingkat keberhasilan 83% untuk pengujian platnomor 1, 87% untuk pengujian platnomor 2 dan 83% untuk pengujian plat nomor 3. Sedangkan berdasarkan nilai kontribusi yang diambil dari PCA yaitu 3,5 dan 7 kontribusi, hasilnya juga bagus, Pengenalan ini kira-kira cukup berhasil dengan tingkat keberhasilan 74%, 83%,87 % untuk pengujian platnomor 1, 83%, 87%, 89% untuk pengujian platnomor 2 dan 80%, 83%, 84% untuk pengujian plat nomor 3. Sistem cukup prospektif digunakan sebagai salah satu assistance system pada area parkir . Kata kunci : Pengenalan Plat Nomor Mobil, Integral Proyeksi, Feature Reduction PCA, Microsoft Visual C+ + , Euclidean Distance.
Baca lebih lanjut

6 Baca lebih lajut

TEKNIK LOKALISASI PLAT NOMOR MENGGUNAKAN MORFOLOGI.

TEKNIK LOKALISASI PLAT NOMOR MENGGUNAKAN MORFOLOGI.

Proses ini adalah proses terakhir yang dijalan. Pada dasarnya konsep dari proses ini adalah mencari ukuran piksel hitam yang sudah ditentukan untuk di deteksi sebagai plat nomor. Ukuran piksel hitam yang sudah ditentukan adalah 44 x 18. Ukuran tersebut didapat karena sudah diuji dan hasil yang paling maksimal adalah ukuran 44 x 18. Jika ada ukuran plat piksel hitam tersebut akan di deteksi sebagai plat nomor. Setelah di deteksi plat nomor, proses selanjutnya menggunakan L terbalik dengan ukuran 1 x 1. Jika sesuai dengan ukuran L terbalik, maka itulah yang dideteksi plat nomor.Plat nomor yang sudah terpotong akan disimpan di dalam drive C pada komputer dengan folder beranama TA dan format dari file image tersebut adalah JPEG. Berikut adalah source code dari proses pemotongan plat. Pencarian ukuran plat nomor :
Baca lebih lanjut

86 Baca lebih lajut

T1 672004137 Full tex

T1 672004137 Full tex

Dari pengujian 30 sampel citra plat mobil berdasarkan perbandingan pada proses thresholding dan segmentasi dapat diperoleh hasil dengan menggunakan metode deteksi tepi prewitt memiliki tingkat keberhasilan lebih tinggi dalam sistem. Hal ini terlihat pada hasil yang telah diperoleh dari pengujian menggunakan kedua metode deteksi tepi. Keberhasilan deteksi plat nomor menggunakan metode deteksi tepi prewitt sebesar 76,7% dan menggunakan metode deteksi tepi sobel sebesar 66,7%. Untuk pengujian pengenalan plat nomor menggunakan metode deteksi tepi prewitt sebesar 10% dan menggunakan metode deteksi tepi sobel sebesar 3,3%. Dalam pengujian masih ada beberapa citra plat mobil yang tidak bisa dideteksi atau tidak bisa mendeteksi plat nomor maupun pengenalan plat nomor. Berdasarkan dari hasil analisis, kondisi ini bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor: a) Pencahayaan kurang baik sehingga membuat proses deteksi tepi tidak bisa memperoleh hasil yang baik untuk deteksi plat nomor. b) Adanya variasi pada mobil yang berlebihan membuat deteksi plat nomor jadi tidak berhasil yang disebabkan adanya noise yang terlalu pekat didaerah lain pada proses thresholding dari kedua metode. c) Salahnya identifikasi karakter yang disebabkan hampir miripnya bentuk dari dua buah karakter. Seperti angka 1 dengan huruf I dan angka 8 dengan angka 3 pada proses feature extraction. d) Proses pengambilan objek citra plat mobil sangat berpengaruh pada pengenalan plat nomor dimana sudut pemotretan dan tingkat pencahayaan yang membuat bayangan di sekitar karakter plat mobil.
Baca lebih lanjut

18 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  EKSTRAKSI DAN PENGENALAN PLAT NOMOR KENDARAAN BERMOTOR DI INDONESIA.

PENDAHULUAN EKSTRAKSI DAN PENGENALAN PLAT NOMOR KENDARAAN BERMOTOR DI INDONESIA.

objek plat nomor. Lokalisasi daerah plat yang potensial dari gambar kendaraan adalah tugas yang menantang karena banyaknya variasi dalam hal ukuran, bentuk, warna, tekstur dan orientasi spasial dari derah plat di gambar tersebut (Sonavane et al., 2013). Ada beberapa teknik yang dapat digunakan untuk melakukan deteksi plat nomor seperti Thresholding, Cluster-based method, Compression based method, dan Histogram based method (Patel et al., 2013).

8 Baca lebih lajut

Institutional Repository | Satya Wacana Christian University: Perbandingan dan Implementasi Sistem Deteksi Citra Plat Mobil Menggunakan Metode Deteksi Tepi Prewitt dan Deteksi Tepi Sobel

Institutional Repository | Satya Wacana Christian University: Perbandingan dan Implementasi Sistem Deteksi Citra Plat Mobil Menggunakan Metode Deteksi Tepi Prewitt dan Deteksi Tepi Sobel

Dalam mengidentifikasi plat mobil diperlukan metode deteksi tepi yang tepat untuk memproses citra plat mobil dalam mengenali letak plat dan karakternya. Salah satu cara mengolah citra digital adalah dengan menggunakan deteksi tepi untuk identifikasi citra plat mobil. Metode yang digunakan dalam deteksi tepi yaitu deteksi tepi prewitt dan deteksi tepi sobel. Dari dua metode yang ada dilakukan pengujian untuk memperoleh metode deteksi tepi yang paling optimal dengan parameter pengujian akurasi deteksi plat nomor dan akurasi pengenalan plat nomor. Pada penelitian ini dilakukan dengan 30 sampel citra plat mobil yang diambil dengan kondisi tertentu menghasilkan deteksi tepi prewitt memiliki tingkat keberhasilan yang paling banyak dibandingkan tingkat keberhasilan deteksi sobel.
Baca lebih lanjut

3 Baca lebih lajut

PENGENALAN PLAT NOMOR KENDARAAN DENGAN METODE KOHONEN SOM.

PENGENALAN PLAT NOMOR KENDARAAN DENGAN METODE KOHONEN SOM.

Saat ini jaringan saraf tiruan sudah dimanfaatkan dalam berbagai bidang seperti salah satu contohnya adalah pengenalan plat nomor. Hal ini berfungsi untuk otomatisasi dalam pencatatan plat nomor. Input citra mobil menggunakan kamera digital dengan format JPEG yang kemudian akan dicari lokasi plat nomor dengan menggunakan deteksi tepi Canny. Setiap karakter dikelompokkan berdasarkan pelatihan menggunakan Jaringan Saraf Tiruan Kohonen SOM. Pengenalan karakter dilakukan dengan mencari selisih bobot terkecil pada tiap kelompok. Berdasarkan hasil pengujian dari 40 sampel, akurasi pengenalan karakter tertinggi sebesar 75,46%. Dengan hasil tersebut, tingkat kesalahan pada pengenalan karakter masih tinggi. Faktor yang mempengaruhi tingkat akurasi pada Kohonen SOM adalah jumlah iterasi dan banyaknya sampel yang digunakan.
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

Sistem Otomatisasi Gerbang Dengan Pengolahan Citra Membaca Nomor Plat Kendaraan

Sistem Otomatisasi Gerbang Dengan Pengolahan Citra Membaca Nomor Plat Kendaraan

Terdapat beberapa proses untuk mengenali nomor plat (Liciense Plate Recognation, LPR), yaitu proses tangkap gambar nomor plat mobil (scanning), preprocessing, segmentation, dan pengenalan karakter (Object Character Recognation, OCR). Dilakukan proses pengecekan apakah nomor plat mobil diperbolehkan parkir di Unikom, melalui alur kondisi (ya atau tidak). Seluruh prosedur pengolahan citra diterapkan menggunakan software MatLab. Selanjutnya untuk mengontrol buka tutup gerbang digunakan mikrokontroler Atmega 32 dari ATMEL, yang diperintah dari PC yang terhubung dengan komunikasi serial. Apabila nomor plat diizinkan dan terdaftar oleh sistem sebagai mobil Unikom maka PC akan mengirimkan karakter “1” ke mikrokontroler dan gerbang terbuka, jika tidak terdaftar maka gerbang tidak terbuka dan LED merah akan tetap menyala, karena pc tidak mengirim karakter “1”.
Baca lebih lanjut

39 Baca lebih lajut

KESIMPULAN DAN SARAN  EKSTRAKSI DAN PENGENALAN PLAT NOMOR KENDARAAN BERMOTOR DI INDONESIA.

KESIMPULAN DAN SARAN EKSTRAKSI DAN PENGENALAN PLAT NOMOR KENDARAAN BERMOTOR DI INDONESIA.

Dokumen Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak (SKPL) dalam pengembangan Aplikasi Pengenalan Pola Plat Nomor Indonesia (Nummerbord) memiliki tujuan untuk mendefinisikan kebutuhan dari perangkat lunak. Kebutuhan tersebut mencakup antarmuka eksternal, performansi, atribut, serta mendefinisikan fungsi- fungsi yang dimiliki perangkat lunak Nummerbord. Pada Dokumen SKPL ini akan didefinisikan pula batasan- batasan yang ada pada tahap perancangan perangkat lunak Nummerbord.

46 Baca lebih lajut

Manajemen Parkir Menggunakan Mikrokontroler dan Pengenalan Citra Plat Nomor Kendaraan.

Manajemen Parkir Menggunakan Mikrokontroler dan Pengenalan Citra Plat Nomor Kendaraan.

- Tahapan selanjutnya adalah memotong tiap objek tulisan yang ada dalam hasil sebelumnya ini menjadi per bagian per bagian seperti pada Gambar 16. Selain itu aplikasi ini juga mengatasi untuk plat merah atau kuning karena akan berpengaruh pada jumlah objek yang akan ditemukan. Caranya dengan menyiapkan sebuah tempat x yang sudah dibalik warna nya (hitam menjadi putih, putih menjadi hitam) lalu membandingkan jumlah objek tulisan gambar asli dengan tempat x tersebut, apabila jumlah objek lebih sedikit maka gambar asli diganti dengan tempat x tersebut.
Baca lebih lanjut

21 Baca lebih lajut

Implementasi Prototipe Sistem Parkir Oto

Implementasi Prototipe Sistem Parkir Oto

[95] Dalam penelitian ini, diimplementasikan prototipe sistem parkir otomatis berdasarkan pengenalan plat nomor kendaraan, pengenalan warna kendaraan dan algoritma enkripsi simetris untuk keamanan data. Implementasi prototipe sistem yang diusulkan untuk pencatatan informasi kendaraan secara otomatis dan menggunakan informasi tersebut sebagai identitas kendaraan masuk dan keluar area parkir. Sistem ini juga menyediakan Graphical User Interface (GUI) yang mudah digunakan.

6 Baca lebih lajut

7gpertemuan 3memory intelegensi

7gpertemuan 3memory intelegensi

• Contoh menghafalkan nomor telepon atau nomor plat motor, setelah kita berhasil menghafalkan nomor tersebut dan menggunakannya maka informasi tersebut cenderung dilupakan atau hilang [r]

23 Baca lebih lajut

this PDF file Sistem Pengenalan Plat Nomor Mobil Dengan Metode Principal Components Analysis | Lim | Jurnal Teknik Elektro ELK03030105

this PDF file Sistem Pengenalan Plat Nomor Mobil Dengan Metode Principal Components Analysis | Lim | Jurnal Teknik Elektro ELK03030105

Pada setiap iterasi akan dilakukan pengecekan apakah pada daerah sekitar model persegi panjang ini terdapat berapa banyak kandidat digit. Kandidat digit yang ada harus terdiri dari minimal tiga atau maksimal delapan digit. Hal ini diasumsikan bahwa plat nomor standart yang ada di negara kita memiliki kondisi yang demikian. Selain dilakukan pengecekan banyaknya kan- didat digit, juga dilakukan pengecekan terhadap posisi dari masing masing kandidat digit tersebut. Hal ini dilakukan sebagai pencegahan terhadap pengambilan kandidat digit yang salah. Apabila posisi teratas antara kandidat digit yang satu dengan yang lain terpaut sangat jauh, maka posisi kandidat ini akan didiskualifikasi. Posisi model persegi panjang yang dapat diterima adalah posisi dimana terdapat kandidat digit yang lebih dari dua dan kurang dari sembilan, serta memiliki posisi yang tingginya tidak terpaut jauh antara satu dengan yang lainnya. Posisi yang benar akan disimpan dalam suatu list array. Setelah semua kandidat plat nomor ditemukan, maka selanjutnya adalah mencari lokasi sebenarnya dari kandidat-kandidat plat nomor yang ditemukan pada tahap sebelumnya (Final Plate Location). Pada tahap ini akan melakukan iterasi terhadap seluruh kandidat plat nomor yang ditemukan pada tahap sebelumnya. Umumnya setelah memasuki tahap terakhir ini kandidat plat nomor yang ada sering menghasilkan satu kandidat saja. Dan apabila kandidat plat nomor yang dihasilkan ternyata lebih dari satu, maka plat nomor yang dipilih adalah kandidat yang memiliki posisi paling bawah pada image. Pada lokasi yang ditemukan tersebut kemudian dilakukan proses cropping. Hasil dari cropping tersebut disimpan ke dalam sebuah file yang digunakan lebih lanjut untuk proses pengenalan.
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

Aplikasi Kamera Web Untuk Mengidentifikasi Plat Nomor Mobil.

Aplikasi Kamera Web Untuk Mengidentifikasi Plat Nomor Mobil.

Pada tugas akhir ini dibuat sebuah perangkat lunak dengan judul aplikasi kamera web untuk mengidentifikasi plat nomor mobil dengan menggunakan simulasi matlab. Proses ini diawali dengan pengambilan gambar melalui kamera web berupa gambar berwarna (RGB) kemudian diubah ke bentuk gambar hitam putih. Setelah itu, gambar dibagi menjadi beberapa bagian secara horizontal, bagian gambar yang mengandung plat nomor diambil sebagai kandidat gambar untuk proses selanjutnya. Kandidat gambar tersebut dipisahkan berdasar gambar bentuk karakter. Selanjutnya gambar kandidat tersebut akan dikorelasikan dengan database sehingga didapat hasil pengenalan karakter. Proses terakhir adalah pencocokan nomor plat dengan database kepemilikan yang sudah ada.
Baca lebih lanjut

44 Baca lebih lajut

141816 AKJ 2007 08 25 Pembuatan Plat Nomor

141816 AKJ 2007 08 25 Pembuatan Plat Nomor

Bisnis kecil-kecilan banyak kita jumpai di kota gudeg ini// Salah satunya adalah bisnis Plat Nomor // Awalnya hanya kerja sampingan saja / kini jasa pembuatan plat nomor ini menjadi suatu usaha yang cukup berkembang// Semakin lama/ berbagai model dan variasi tulisan dapat di buat dalam berbagai bentuk// Tingkat kesulitan pembuatan plat nomor ini tergantung model yang diminta pemesan// Yang paling mudah dibuat adalah plat yang bentuknya sama dengan nomor asli standar kepolisian// Proses pembuatannya sekitar setengah jam sampai 2 jam// Bahan dan alat yang digunakan yaitu aluminium / batu hijau / palu / karet ban / gabus / dan cat// proses pembuatannya/ Aluminium dibakar tujuannya agar lunak / dipasang huruf dan di ketok/ setelah itu dilakukan tahap penghalusan/ larutan batu hijau yang sudah dicampur dengan minyak tanah digosok menggunakan gabus/ tujuannya untuk mengkilapkan plat nomor/ setelah itu dicat sampai tiga lapisan dan dikeringkan// Harganya plat motor berkisar 10 ribu sampai 25 ribu rupiah/ sedangkan plat mobil berkisar 20 ribu sampai 100 ribu rupiah// Pemesanan perhari rata-rata sebanyak 5 sampai 8 pasang/ peminat kebanyakan dari pelajar dan mahasiswa//
Baca lebih lanjut

1 Baca lebih lajut

122453 AKJ 29 Oktober 2004 Pembuatan Plat Nomor

122453 AKJ 29 Oktober 2004 Pembuatan Plat Nomor

Bisnis kecil-kecilan banyak kita jumpai di kota gudeg ini// Salah satunya adalah bisnis Plat Nomor // Awalnya hanya kerja sampingan saja / kini jasa pembuatan plat nomor ini menjadi suatu usaha yang cukup berkembang// Semakin lama/ berbagai model dan variasi tulisan dapat di buat dalam berbagai bentuk// Tingkat kesulitan pembuatan plat nomor ini tergantung model yang diminta pemesan// Yang paling mudah dibuat adalah plat yang bentuknya sama dengan nomor asli standar kepolisian// Proses pembuatannya sekitar setengah jam sampai 2 jam// Bahan dan alat yang digunakan yaitu aluminium / batu hijau / palu / karet ban / gabus / dan cat// proses pembuatannya/ Aluminium dibakar tujuannya agar lunak / dipasang huruf dan di ketok/ setelah itu dilakukan tahap penghalusan/ larutan batu hijau yang sudah dicampur dengan minyak tanah digosok menggunakan gabus/ tujuannya untuk mengkilapkan plat nomor/ setelah itu dicat sampai tiga lapisan dan dikeringkan// Harganya plat motor berkisar 10 ribu sampai 25 ribu rupiah/ sedangkan plat mobil berkisar 20 ribu sampai 100 ribu rupiah// Pemesanan perhari rata-rata sebanyak 5 sampai 8 pasang/ peminat kebanyakan dari pelajar dan mahasiswa//
Baca lebih lanjut

1 Baca lebih lajut

PENGENALAN KARAKTER PADA PLAT NOMOR KENDARAAN BERBASIS SUPPORT VECTOR MACHINE

PENGENALAN KARAKTER PADA PLAT NOMOR KENDARAAN BERBASIS SUPPORT VECTOR MACHINE

Kumar Pasuraman dari University of Tiruneveli, India melakukan penelitian tentang pengenalan plat nomor kendaraan menggunakan metode Support Vector Machine [14]. Ruang lingkup pada penelitian tersebut adalah menguji akurasi metode SVM untuk mendeteksi letak plat nomor dan men-segmentasi karakter plat nomor kendaraan. Metode yang digunakan adalah One Againts All untuk kasus multi kelas dan untuk metode kernel menggunakan metode Radial Basis Function (RBF). Metode penelitianya dilakukan dengan mengumpulkan data citra plat nomor sebanyak 180 sample. Dari citra sample tersebut dinormalkan kedalam ukuran 140X36 sebelum di segmentasi dan dijadikan sebagai data train pada dataset. Selanjutnya pada tahap recognition menggunakan empat tahap yakni:pertama tahap preprocessing image plat nomor pada tahap ini citra plat nomor yang akan dikenali dilakukan tresholding dan menentukan dilate image untuk menentukan posisi citra plat nomor, tahap kedua yakni segmentation dan normalize plat nomor pada tahap ini citra plat yang telah diidentifikasi di segmentasi dan dinormalkan kedalam ukuran 140X36 piksel,tahap ketiga: fiture extraction untuk tiap normalized candidate pada ini dilakukan ekstraksi fitur dari normal kandidat untuk digunakan pada tahap selanjutnya, tahap keempat: train SVM dari dataset pada tahap, dan kelima adalah tahap recognition pada tahap ini fitur hasil fitur
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

Model Sistem Akses Tempat Parkir Berdasarkan Pengenalan Plat Nomor Kendaraan.

Model Sistem Akses Tempat Parkir Berdasarkan Pengenalan Plat Nomor Kendaraan.

Gambarc4.12 (a) Histogram citra grayscale plat nomor Z24T percobaan pertama untuk posisi di bawah miring ke arah kiri sebesar 22.5 0 . (b) Histogram equalization citra plat nomor Z24T percobaan pertama untuk posisi di bawah miring ke arah kiri sebesar 22.5 0 . ............ 54

14 Baca lebih lajut

PENGEMBANGAN APLIKASI PENGENALAN PLAT NOMOR KENDARAAN RODA DUA PADA AREA PARKIR

PENGEMBANGAN APLIKASI PENGENALAN PLAT NOMOR KENDARAAN RODA DUA PADA AREA PARKIR

Deteksi tepi berfungsi untuk memperoleh tepi objek. Deteksi tepi memanfaatkan perubahan nilai intensitas yang drastis pada batas dua area. Definisi tepi di sini adalah “himpunan piksel yang terhubung yang terletak pada batas dua area” (Gonzalez dan Woods, 2002). Perlu diketahui, tapi sesungguhnya mengandung informasi sangat penting. Informasi yang diperoleh dapat berupa bentuk maupun ukuran objek. Deteksi tepi dapat dibagi menjadi dua golongan. Golongan pertama disebut deteksi tepi orde pertama, yang bekerja dengan menggunakan turunan atau diferensial orde pertama. Termasuk kelompok ini adalah operator Roberts,Prewitt, dan Sobel. Golongan kedua dinamakan deteksi tepi orde kedua, yang menggunakan turunan orde kedua. Contoh yang termasuk kelompok ini adalah Laplacian of Gaussian (LoG).
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...