Distribusi Frekuensi Hasil Penelitian

Top PDF Distribusi Frekuensi Hasil Penelitian:

HASIL DAN ANALISIS Distribusi Frekuensi

HASIL DAN ANALISIS Distribusi Frekuensi

Variasi nila-b dari relasi Gutenberg-Richter memegang peranan penting dalam sebagian besar model prakiraan gempabumi yang terkait dengan resiko bencana. Dari relasi Gutenberg-Richter yaitu log N = a – bM, slope dari hukum pangkat ini merupakan nilai-b yaitu sebuah paremeter tektonik yang menggambarkan ukuran distribusi dari gempabumi. Nilai-b yang tinggi mengindikasikan suatu proporsional yang relatif besar dari gempa-gempa kecil dan nilai-b yang rendah sebaliknya. Di dalam analisis kegempaan ini, kelengkapan katalog gempabumi merupakan faktor penting yang dapat mereduksi timbulnya deviasi linearitas. Katalog gempabumi NEIC dari tahun 1973-2006 dan katalog gempabumi BMG digunakan untuk analisis variasi nilai-a, nilai-b dan periode ulang gempabumi di Zona Subduksi Jawa dengan batas 6,5° LS - 12° LS dan 105° BT - 115° BT. Dari analisis katalog gempabumi di wilayah penelitian diperoleh variasi nilai-b berkisar antara 0,8-2,5, variasi nilai-a berkisar antara 6-12 sedangkan periode ulang gempabumi dengan magnitude 6 secara umum adalah sekitar 5 tahun.
Show more

6 Read more

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN. menggambarkan distribusi frekuensi dari responden.

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN. menggambarkan distribusi frekuensi dari responden.

Pemilihan sampel di Kelurahan Pulubala dilakukan di RW 6. 4.1 Hasil Penelitian 4.1.1 Gambaran Umum Lokasi Penelitian Kelurahan Pulubala terdiri atas 6 RW dengan jumlah penduduk sebanyak 6.239 Jiwa, dan jumlah kepala keluarga sebanyak 1.174 jiwa. Luas Kelurahan Pulubala yaitu 306.500 Ha/m 2 dan batas-batas dari Kelurahan ini adalah :

14 Read more

MAKALAH DISTRIBUSI FREKUENSI Variabel Penelitian

MAKALAH DISTRIBUSI FREKUENSI Variabel Penelitian

Karena penilaian hasil pendidikan yang paling umum itu menggunakan data kuantitatif, maka tidak diragukan lagi statistik memiliki fungsi yang sangat penting. Cara penyajian data statistik pun bermacam- macam, baik melalui tabel, ataupun grafik, sehingga muncul istilah “Distribusi Frekuensi”. Karena banyaknya kalangan yang belum memahami dengan benar apa itu distribusi frekuensi, serta tabel dan grafik distribusi frekuensi, maka kehadiran makalah ini semoga bisa membantu kita untuk memahami.

25 Read more

HASIL Distribusi Frekuensi Karakteristik Responden

HASIL Distribusi Frekuensi Karakteristik Responden

Apapun pekerjaannya, manusia tak luput dari berbuat salah. Demikian juga halnya dengan tenaga kesehatan, bisa saja berbuat salah dalam melaksana- kan tugasnya meskipun pada prinsipnya kesalahan yang terjadi merupakan suatu ketidaksengajaan (7). Sistem keselamatan pasien harus dibangun dalam ling- kungan budaya yang tidak menyalahkan, namun lebih kepada mencari akar masalah atas suatu kesalahan untuk dapat selanjutnya melakukan koreksi sehingga tidak terjadi kesalahan yang sama (7). Menghukum staf sebagai usaha perbaikan justru akan menurunkan laporan kesalahan dan bukannya memperbaiki system dan memperkecil resiko kesalahan di masa depan(6). Karakteristik yang paling menentukan keberhasil- an dalam pengembangan sistem pelaporan adalah lingkungan yang tidak menghukum, baik bagi pelapor atau individu lain yang terlibat dalam insiden (8). Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon tidak menghu- kum tidak berpengaruh secara signifikan terhadap sikap melaporkan insiden keselamatan pasien. Fakta penelitian ini berbeda dengan hasil studi pendahuluan yang peneliti lakukan, di mana kebanyakan sumber data menyebutkan keengganan membuat laporan insiden adalah dikarenakan perasaan takut dan kuatir disalahkan dan dimarahi oleh atasan. Fakta ini juga bertentangan dengan penelitian Fung, et al., yang mendapatkan hasil bahwa hambatan terbesar dari pelaporan adalah perasaan takut (12).
Show more

13 Read more

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN. distribusi frekuensi jenis kelamin yang disajikan pada Tabel 4.1. Tabel 4.1 Distribusi Frekuensi Jenis Kelamin

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN. distribusi frekuensi jenis kelamin yang disajikan pada Tabel 4.1. Tabel 4.1 Distribusi Frekuensi Jenis Kelamin

Keterbatasan dalam penelitian adalah jenis penelitian ini non eksperimen yang merupakan penelitian observasional analitik dengan rancangan cross sectional yaitu peneli[r]

16 Read more

BAB IV HASIL PENELITIAN. rata-rata, standar deviasi, standar error, distribusi frekuensi, serta histogram

BAB IV HASIL PENELITIAN. rata-rata, standar deviasi, standar error, distribusi frekuensi, serta histogram

HISTOGRAM TES AKHIR PENDEKATAN BOLA DIUMPAN Gambar 9. Histogram Tes Akhir Bola Diumpan B. Pengujian Hipotesis Data yang diperoleh untuk membandingkan pada tes awal dan membandingkan tes akhir dan keterampilan forehand drive tenis meja antara pendekatan berpasangan dan pendekatan bola diumpan diperoleh hasil sebagai berikut :

11 Read more

BAB 5 HASIL PENELITIAN Distribusi Frekuensi Tingkat Kecemasan Dental Anak Usia 6 Tahun

BAB 5 HASIL PENELITIAN Distribusi Frekuensi Tingkat Kecemasan Dental Anak Usia 6 Tahun

Dalam penelitian ini, peneliti memberi penjelasan langsung pada tiap anak menggunakan bantuan foto dan audiovisual tentang berbagai jenis perawatan dental untuk membantu anak mengingat kembali pengalamannya ke dokter gigi. Hal ini terutama dikhususkan untuk anak usia 6 tahun dimana kemampuan kognitifnya baru mulai mengalami perkembangan dan rentang perhatian yang masih terbatas. 23 Selain itu, peneliti menggunakan teknik wawancara untuk memperoleh ketepatan tinggi atau menghindari bias seperti bila diisi sendiri anak dan orang tuanya. Hal ini disebabkan karena ada kemungkinan orang tua menjawab apa yang baik tentang anaknya bukan keadaan yang sebenarnya. Selain itu, peneliti juga mampu menjelaskan bila ada hal – hal yang tidak dimengerti oleh anak. Hal yang terpenting ialah peneliti mengetahui bahwa anak sungguh- sungguh mengerti dan mengisi dengan benar. Peneliti mengambil sampel anak usia 6 tahun karena pada usia ini anak memasuki periode middle childhood dan awal dari mixed dentition. Kemudian usia 9 tahun karena anak memasuki tahap pra-remaja. 9, 28 Peneliti berharap melihat apakah ada perbedaan dalam tingkat kecemasan dentalnya.
Show more

17 Read more

BAB VI HASIL PENELITIAN. Tabel Distribusi Frekuensi Faktor- Faktor yang Berhubungan dengan Stres Kerja. Sedang. Ringan th.

BAB VI HASIL PENELITIAN. Tabel Distribusi Frekuensi Faktor- Faktor yang Berhubungan dengan Stres Kerja. Sedang. Ringan th.

produksi sebelumnya. Akibat lain dari perpanjangan jam kerja ini adalah naiknya secara mencolok angka kecelakaan, sakit, dan absensi. Lebih dari itu, perpanjangan jam kerja nominal (jam kerja yang ditetapkan perusahaan) ini ternyata juga mengurangi jumlah jam kerja aktual (jam kerja yang dijalankan oleh tenaga kerja) yang hanya 51 jam dari 53 jam kerja aktual sebelum diperpanjangnya waktu kerja menjadi 69,5 jam per minggu. Kajian lain yang dilakukan di Amerika pada kurun waktu yang hampir sama mengindikasikan bahwa tujuh hari kerja per minggu menghasilkan produksi yang tidak lebih tinggi daripada sewaktu bekerja enam hari per minggu. Satu hari dari tujuh hari kerja merupakan ’hari tanpa produksi’. Hasil penelitian juga menunjukkan adanya hubungan yang menarik antara jam-jam kerja nominal dan aktual. Jika jam kerja nominal ditambah maka jam kerja aktual malahan menurun (Munandar, 2006).Karena alasan-alasan tersebut, sebaiknya sistem kerja 40 jam per minggu ini tetap dipertahankan tidak hanya untuk kesehatan pekerja tetapi juga untuk kepentingan perusahaan.
Show more

32 Read more

BAB IV HASIL PENELITIAN. terendah,nilai rata-rata, standar deviasi, standar error, distribusi frekuensi,

BAB IV HASIL PENELITIAN. terendah,nilai rata-rata, standar deviasi, standar error, distribusi frekuensi,

1. Hasil Tes Awal dan Tes Akhir Strategi Pembelajaraan Pantul Lantai. Data yang diperoleh di lapangan mengenai tes awal dan tes akhir servis bola voli sebagai berikut . Hasil tes awal kelompok yang menggunakan strategi pantul lantai dengan 20 sampel tes, awal di dapat point minimal 22 dan maksimal 30, standar deviasi 1,81, mean 26,1. Setelah perlakuan menggunakan strategi pantul lantai dan tes akhir didapat point minimal 27 dan point maksimal 36, standar deviasi 2,15 dan mean 31,95.

13 Read more

DISTRIBUSI FREKUENSI PRETES KONTROL

DISTRIBUSI FREKUENSI PRETES KONTROL

Tujuan paragraf eksposisi adalah memaparkan atau menjelaskan sesuatu agar pengetahuan pembaca bertambah. Oleh karena itu, topik-topik yang dikembangkan dalam paragraf eksposisi berkaitan dengan penyampaian informasi. Sumber karangan ini dapat diperoleh dari hasil pengamatan, penelitian atau pengalaman.

54 Read more

Gambar 2.Distribusi frekuensi motivasi

Gambar 2.Distribusi frekuensi motivasi

Hasil penelitian Handayani (2012) menyatakan bahwa peran keluarga dalam perawatan lansia antara lain menjaga atau mempertahankan dan meningkatkan status mental, serta memberikan motivasi dan memfasilitasi kebutuhan spiritual lansia. Dukungan keluarga merupakan suatu bentuk bantuan yang bertujuan untuk merawat ang- gota keluarga dirumah yang mengalami ketidakmampuan atau keterbatasan.Keluarga juga berperan sebagai motivator bagi lansia untuk menyediakan waktu luang men- dampingi lansia untuk memeriksakan kesehatannya.Dalam penelitian ini, bentuk dari dukungan keluarga terlihat dari respond- en yang sebagian besar selalu di antar dan ditemani oleh keluarganya ketika melakukan kontrol.
Show more

7 Read more

Tabel 4. Distribusi Frekuensi Sikap Sisw

Tabel 4. Distribusi Frekuensi Sikap Sisw

Terjadinya penyimpangan perilaku seksual terjadi karena minimnya pengetahuan dan bimbingan tentang kesehatan reproduksi remaja. Pendidikan kesehatan reproduksi menjadi sebuah sarana yang tepat sebagai upaya promotif dan preventif dalam peningkatan pengetahuan dan sikap terhadap pembentukan moral remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan pengetahuan dengan sikap siswa terhadap pendidikan kesehatan reproduksi remaja di SMAN 1 Margahayu. Jenis penelitian kuantitatif menggunakan metode korelasi. Sedangkan pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling sehingga didapat sampel sebanyak 300 siswa yang tersebar dari kelas VII"IX. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan diolah serta dianalisa menggunakan uji statistik Rank Spearman. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa 80,67% siswa memiliki pengetahuan yang baik tentang pendidikan kesehatan reproduksi remaja sedangkan 55% siswa memiliki sikap positif (unfavorable). Dengan taraf signifikansi α = 5% diperoleh t hitung (3,616 ) > dari t tabel (1,968), sehingga dapat disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan dengan sikap siswa terhadap pendidikan kesehatan reproduksi remaja dengan keeratan hubungan rendah tapi pasti. Saran dari penelitian ini diharapkan sekolah, puskesmas, dan lintas sektoral yang berkaitan mampu meningkatkan pelaksanaan pendidikan kesehatan reproduksi menjadi agenda bulanan yang rutin dilaksanakan ke sekolah"sekolah. Pokok materi utama yang harus lebih ditingkatkan adalah hal"hal yang berhubungan dengan HIV/AIDS. Kata Kunci : Pengetahuan, Sikap, Pendidikan Kesehatan Reproduksi Remaja
Show more

15 Read more

Distribusi Frekuensi

Distribusi Frekuensi

1abel distribusi frekuensi merupakan alat penyajian data statistika yang berbentuk k$l$m dan lajur (baris), yang di dalamnya termuat angka-angka yang dapat melukiskan atau menggambarkan pancaran atau pembagian frekuensi dari ariabel yang sedang menjadi $bjek penelitian. Sebelum menggunakan tabel, ada tiga tahapan yang perlu dilakukan pada data, yaitu penyusunan, penyederhanaan, dan pengel$mp$kan.

18 Read more

DISTRIBUSI FREKUENSI

DISTRIBUSI FREKUENSI

24 Jenis lain dari poligon frekuensi adalah kurva frekuensi, yaitu penggambaran distribusi frekuensi dalam bentuk garis, dimana luas daerah di bawah kurva kurang lebih sama dengan luas histogram frekuensinya. Kurva frekuensi dapat digambarkan dengan memanfaatkan histogram frekuensi dengan menggunakan angka-angka tepi kelas sebagai skala kelas, dengan menghubungkan titik-titik tengah masing-masing balok.

21 Read more

2. Pembuatan Distribusi Frekuensi - Modul 4 Distribusi Frekuensi

2. Pembuatan Distribusi Frekuensi - Modul 4 Distribusi Frekuensi

Prosedur yang kerapkali menyimpang dari apa yang telah dibahas di atas adalah ketika kita menghadapi data yang menyebar secara tidak merata dalam suatu kisaran yang sangat lebar.Dalam kasus yang demikian kelas interval tidak saja berbeda-beda dalam kisarannya, akan tetapi batas bawah dan batas atas dari kelas-kelas interval yang ekstrim juga bisa diabaikan. Sebagai contoh adalah penghasilan yang bisa diperoleh tenaga kerja Indonesia mulai dari tingkat buruh hingga manajer puncak bisa berkisar dari Rp. 400.000 hingga Rp. 50.000.000 per bulan. Untuk kasus-kasus seperti ini maka ada dua bentuk distribusi frekuensi yang bisa dibuat. Yang pertama adalah distribusi frekuensi dengan kelas interval yang tidak sama. Hal ini dimaksudkan untuk menghindarkan jumlah kelas yang terlalu banyak dan kelas interval yang berisikan frekuensi nol. Contoh, jika salah satu dalam kelas interval ada yang berisikan frekuensi nol atau relatif kecil, maka kelas interval ini digabungkan dengan kelas interval sebelumnya atau sesudahnya. Konsekuensinya, panjang kelas interval dari distribusi frekuensi akan berbeda antara kelas interval gabungan ini dengan yang lainnya (Tabel 4.3a dan 4.3b). Kedua, adalah distribusi frekuensi dengan kelas interval berbeda tetapi kelas interval pertamanya tidak memiliki batas bawah kelas dan kelas interval terakhirnya tidak memiliki batas atas kelas interval (tabel 4.4). Ketiga, distribusi frekuensi dengan panjang kelas interval sama akan tetapi bersifat terbuka (Tabel 4.5).
Show more

18 Read more

A dan Distribusi DAn Frekuensi

A dan Distribusi DAn Frekuensi

Distribusi Frekuensi Kumulatif Relatif. No.[r]

11 Read more

distribusi dan frekuensi dan grafiknya

distribusi dan frekuensi dan grafiknya

Statistika digunakan sebagai cara-cara ilmiah untuk mengumpulkan, menyusun, meringkas dan menyajikan data suatu penelitian. Dalam arti yang lebih lanjut atau luas, statistika merupakan cara untuk mengolah data dan menarik kesimpulan-kesimpulan yang teliti dan keputusan yang logic dari sebuah proses pengolahan data tersubut. Sedngkan statistik lebih banyak digunakan untuk menggambarkan atau mendiskripsikan suatu persoalan atau keadaan.

14 Read more

handout distribusi frekuensi

handout distribusi frekuensi

[Distribusi Frekuensi merupakan penyusunan suatu data dimulai dari yang terkecil sampai yang terbesar dan membaginya dalam beberapa kelas atau disusun berdasarkan kelompok-kelompok atau kategori tertentu. Manfaat penyajian data dalam bentuk Distribusi Frekuensi adalah untuk menyederhanakan penyajian data sehingga menjadi lebih mudah untuk dibaca dan dipahami sebagai bahan informasi].

9 Read more

Daftar Distribusi Frekuensi

Daftar Distribusi Frekuensi

Tetapi dalam hal pengolahan dan anlisis data secara statistik, daftar data yang dapat digunakan manakala data tersebut bersifat kuantitatif (numeric). Demikian pula, bahwa dalam penyusunan DDF, orang dapat saja membuatnya secara bebas, tetapi sebaiknya untuk keperluan analisis yang baik, dibuatkan Daftar Distribusi Frekuensi (DDF) dengan panjang distribusi (interval data dalam kelas) yang sama. Untuk membuat DDF tersebut dapat dilakukan dengan cara beberapa cara, seperti cara yang dikemukakan oleh Sturgess, ataupun cara dari Bowle. Berikut ini akan dikemukakan salah satu cara yang umum dan paling sering digunakan yaitu cara atau menggunakan aturan Sturgess, dengan langkah-langkah seperti berikut ini :
Show more

10 Read more

Tabel Distribusi Frekuensi

Tabel Distribusi Frekuensi

Tabel Distribusi Frekuensi Tabel distribusi frekuensi adalah susunan data menurut kelas-kelas interval tertentu atau menurut kategori tertentu dalam sebuah daftar. Dari distribusi frekuensi, dapat diperoleh keterangan atau gambaran sederhana dan sistematis dari data yang diperoleh.

46 Read more

Show all 10000 documents...