Drug Related Problems

Top PDF Drug Related Problems:

IDENTIFIKASI DRUG RELATED PROBLEMS (DRPs) PADA PASIEN ANAK GASTROENTERITIS AKUT DI INSTALASI RAWAT INAP RSU ANUTAPURA PALU | Arlinda | Jurnal Farmasi Galenika (Galenika Journal of Pharmacy) 5302 17370 2 PB

IDENTIFIKASI DRUG RELATED PROBLEMS (DRPs) PADA PASIEN ANAK GASTROENTERITIS AKUT DI INSTALASI RAWAT INAP RSU ANUTAPURA PALU | Arlinda | Jurnal Farmasi Galenika (Galenika Journal of Pharmacy) 5302 17370 2 PB

Acute gastroenteritis, one of the most common disease in children and one of the causes of children’s death in the world, has a great chance of the occurrence of Drug Related Problems (DRPs). This study aimed to determine the incidence of potential DRPs occurred in pediatric inpatients of acute gastroenteritis in Anutapura General Hospital, Palu, Central Sulawesi. This was a prospective observational study done by collecting primary data from the observation and secondary data from medical records of pediatric inpatients aged from 1 month to 14 years and diagnosed with acute gastroenteritis with or without dehydration. Data were then analyzed and descriptively presented including drug use without indication, wrong drug, drug dose too low, drug dose loo high, and untreated indication. The results showed that there were 115 cases of DRPs. The most DRPs found was drug use without indication as many as 56 cases (48.7%), while the others successively were drug dose too low 26 cases (22.6%), untreated indication 16 cases (14%), drug dose too high 15 cases (13%), and wrong drug 2 cases (1.7%).
Baca lebih lanjut

6 Baca lebih lajut

EVALUASI DRUG RELATED PROBLEMs (DRPs) POTENSIAL PADA PASIEN HIPERTENSI DI INSTALASI RAWAT INAP RS “Y”   Evaluasi Drug Related Problems (DRPs)Potensial pada Pasien Hipertensi di Instalasi Rawat Inap RS "Y" Periode Tahun 2015.

EVALUASI DRUG RELATED PROBLEMs (DRPs) POTENSIAL PADA PASIEN HIPERTENSI DI INSTALASI RAWAT INAP RS “Y” Evaluasi Drug Related Problems (DRPs)Potensial pada Pasien Hipertensi di Instalasi Rawat Inap RS "Y" Periode Tahun 2015.

Penggunaan obat lebih dari satu macam ( multidrug-use ) menyebabkan pasien hipertensi rentan terhadap masalah terkait obat atau dikenal dengan sebutan Drug Related Problems (Supraptia et al. , 2014). Hasil terapi akan dipengaruhi oleh potensi kejadian Drug Related Problems . Drug Related Problems merupakan suatu kejadian berkaitan dengan obat secara potensial atau aktual dapat mempengaruhi hasil terapi yang ingin dicapai (Pharmaceutical Care Network European, 2010). Drug Related Problems potensial kemungkinan besar dapat terjadi pada pasien disebabkan resiko yang akan terjadi bila farmasis tidak segera turun tangan. Drug Related Problems potensial dapat dikatakan sebagai problem terapi yang mungkin akan terjadi berkaitan dengan pengobatan yang sedang dijalani oleh pasien. Berbeda dengan Drug Related Problems aktual yang membahas tentang problem yang sedang dihadapi pasien berkaitan dengan obat (Nita et al. , 2004). Evaluasi Drug Related Problems dibutuhkan untuk peningkatan efektivitas terapi terutama pada penyakit jangka panjang seperti hipertensi (Gumi et al. , 2012).
Baca lebih lanjut

21 Baca lebih lajut

IDENTIFIKASI DRUG RELATED PROBLEMS (DRPs) PADA PASIEN GANGGUAN LAMBUNG DI INSTALASI RAWAT  Identifikasi Drug Related Problems (DRPs) Pada Pasien Gangguan Lambung di Instalasi Rawat Inap RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten Tahun 2015.

IDENTIFIKASI DRUG RELATED PROBLEMS (DRPs) PADA PASIEN GANGGUAN LAMBUNG DI INSTALASI RAWAT Identifikasi Drug Related Problems (DRPs) Pada Pasien Gangguan Lambung di Instalasi Rawat Inap RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten Tahun 2015.

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyanyang, kiranya pantaslah penulis memanjatkan puji dan rasa syukur yang sangat mendalam atas limpahan rahmat, dan hidayah-Nya sehingga penulis mampu menyelesaikan skripsi yang berjudul “Identifikasi Drug Related Problems (DRPs) Pada Pasien Gangguan Lambung di Instalasi Rawat Inap RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten Tahun 2015” yang disusun sebagai syarat dalam mencapai gelar sarjana di Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Baca lebih lajut

IDENTIFIKASI  DRUG RELATED PROBLEMS PADA PASIEN ANAK DEMAM BERDARAH DI INSTALASI RAWAT INAP  IDENTIFIKASI DRUG RELATED PROBLEMS PADA PASIEN ANAK DEMAM BERDARAH DI INSTALASI RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM BOYOLALI TAHUN 2007.

IDENTIFIKASI DRUG RELATED PROBLEMS PADA PASIEN ANAK DEMAM BERDARAH DI INSTALASI RAWAT INAP IDENTIFIKASI DRUG RELATED PROBLEMS PADA PASIEN ANAK DEMAM BERDARAH DI INSTALASI RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM BOYOLALI TAHUN 2007.

Demam berdarah dengue di berbagai negara merupakan salah satu penyakit primer yang terjadi terutama pada anak dan mempunyai peluang besar terjadinya Drug Related Problems (DRPs), karena anak-anak merupakan segmen terbesar dari individu rentan dalam populasi beresiko. Saat ini DBD merupakan satu permasalahan kesehatan pada masyarakat yang sangat signifikan di banyak negara tropis di Asia Tenggara dan wilayah Pasifik Barat. Penyakit ini termasuk dalam 10 penyebab perawatan di rumah sakit dan penyebab kematian pada anak yang tersebar sedikitnya di delapan negara tropis Asia (Anonim, 1999).
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  Evaluasi Drug Related Problems (DRPS) Kategori Obat Salah, Dosis Rendah, Dosis Tinggi Dan Interaksi Obat Pada Pasien Kanker Payudara Di Instalasi Rawat Inap RSUD Dr. Moewardi Tahun 2010.

PENDAHULUAN Evaluasi Drug Related Problems (DRPS) Kategori Obat Salah, Dosis Rendah, Dosis Tinggi Dan Interaksi Obat Pada Pasien Kanker Payudara Di Instalasi Rawat Inap RSUD Dr. Moewardi Tahun 2010.

Dengan semakin bertambahnya penderita yang terserang penyakit kanker payudara dan adanya beberapa efek negatif yang timbul akibat dari terapi obat (Drug Related Problems) maka peneliti tertarik untuk melakukan evaluasi Drug Related Problems (DRPs) pada pasien yang terserang penyakit kanker payudara.

12 Baca lebih lajut

Studi Penyebab Terjadinya Drug Related Problems Pada Pengobatan Pasien Asma Bronkiale yang Menjalani Rawat Inap di Rumah Sakit Delta Surya Sidoarjo - Ubaya Repository

Studi Penyebab Terjadinya Drug Related Problems Pada Pengobatan Pasien Asma Bronkiale yang Menjalani Rawat Inap di Rumah Sakit Delta Surya Sidoarjo - Ubaya Repository

Asma adalah masalah kesehatan yang sangat umum di seluruh dunia. Beberapa penelitian telah mengindikasi bahwa asma telah meningkat hampir 7% selama tiga dekade terakhir dikebanyakan Negara, diperkirakan 300 juta individu menderita asma. Di Indonesia, asma termasuk sepuluh besar penyebab kematian, hal ini tergambar dari data Studi Survei Kesehatan Rumah Tangga (SKRT) di berbagai propinsi di Indonesia. Tujuan dari terapi asma adalah untuk meminimalkan gejala kronis yang mengganggu aktivitas normal (termasuk latihan fisik). Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab terjadinya Drug Related Problem pada penyakit asma.penelitian ini bersifat non eksperimental dengan rancangan analisa deskriptif yang bersifat retrospektif. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 50 pasien.Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah sebagai berikut: kejadian Drug Related Problems (DRPs) yang terjadi adalah DRPs yang berdasarkan penyebab yaitu: Pemilihan obat tidak tepat (bukan untuk indikasi yang paling tepat) termasuk penggunaan obat yang kontraindikasi 33,88%, tidak ada indikasi penggunaan obat atau indikasi obat tidak jelas 23,25%, duplikasi kelompok terapi atau bahan aktif yang tidak tepat 37,84%,dosis obat terlalu rendah 1,99%,dosis obat terlalu tinggi 2,99%. Obat asma yang paling sering terlibat dalam Drug Related Problems (DRPs) di Rumah Sakit Delta Surya pada pasien asma rawat inap di Rumah Sakit Delta Surya pada bulan Januari 2010-Januari 2012 adalah golongan kortikosteroid (15,56 %) dan Methylxanthin (15,56 %).
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

Analisis Drug Related Problems Pengunaan Antipsikotik pada Penderita Gangguan Bipolar di Rumah Sakit Jiwa X Surabaya - Ubaya Repository

Analisis Drug Related Problems Pengunaan Antipsikotik pada Penderita Gangguan Bipolar di Rumah Sakit Jiwa X Surabaya - Ubaya Repository

Gangguan bipolar adalah suatu gangguan yang disertai satu atau lebih episode hipomanik atau manik dimana episode tersebut sering digantikan dengan episode depresi mayor dengan jeda berupa periode mood yang normal. Pengobatan yang diterima oleh penderita gangguan bipolar dapat menimbulkan suatu permasalahan sehingga perlu pemantauan mengenai terapi penderita gangguan bipolar tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis drug related problems (DRPs) yang mungkin terjadi terkait penggunaan antipsikotik pada penderita yang pernah didiagnosis mengalami gangguan bipolar. Penelitian non-eksperimental ini dilakukan dengan rancangan analisis diskriptif yang bersifat retrospektif. Sebagai bahan penelitian digunakan data rekam medis sebanyak 30 sampel yang merupakan keseluruhan populasi selama bulan Januari 2013 sampai Oktober 2015. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh DRPs yang sering terjadi adalah masalah terkait pemilihan obat yang kurang tepat untuk pasien dan juga termasuk kontraindikasi dengan pasien (45,92%), dan masalah interaksi obat yang dapat meningkatkan timbulnya reaksi obat yang tidak dikehendaki (25,51%). Masalah- masalah yang dijumpai tersebut bersifat potensial dan aktual.
Baca lebih lanjut

2 Baca lebih lajut

Analisis Drug Related Problems pada Penderita Asma Usia Dewasa yang Menjalani Rawat Inap di Rumah Sakit Islam Siti Hajar Sidoarjo Se Tahun 2005 - Ubaya Repository

Analisis Drug Related Problems pada Penderita Asma Usia Dewasa yang Menjalani Rawat Inap di Rumah Sakit Islam Siti Hajar Sidoarjo Se Tahun 2005 - Ubaya Repository

Asma (asthma bronchiale) merupakan penyakit obstruksi saluran napas yang bersifat reversibel yang dapat menjadi kronis, dimana pengobatan dilakukan terus- menerus untuk dapat mengontrol eksaserbasi asma. Pengobatan tersebut umumnya menggunakan lebih dari satu macam obat. Hal tersebut merupakan faktor risiko terjadinya drug related problems. Oleh karena itu dilakukan penelitian non-eksperimenal dengan rancangan analisis deskriptif yang bersifat retrospektif mengenai analisis drug related problems yang mungkin terjadi pada penderita asma usia dewasa yang menjalani rawat inap di Rumah Sakit Islam Siti Hajar Sidoarjo selama tahun 2005. Sebagai bahan penelitian digunakan data rekam medis penderita dengan diagnosis akhir utama asma, sebanyak 50 data rekam medis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat drug related problem (DRP) yang mungkin terjadi pada penderita asma usia dewasa, dimana terjadi pada semua penderita tetapi tidak semua kategori DRP, yang meliputi: Indikasi yang tidak memperoleh terapi (0,41%); Dosis subterapetik (0,41%); Overdosis (4,73%); Penggunaan obat tanpa indikasi (24,07%); Interaksi obat yang berpotensi terjadi (35,39%); Gagal menerima obat (34,98%). Reaksi obat yang tidak dikehendaki (aktual) dan pilihan obat yang tidak tepat tidak ditemukan (0,00%). Melihat banyaknya kejadian DRP yang ditemukan, diperlukan kerjasama antar tenaga kesehatan (dokter, farmasis dan perawat) untuk mencegah terjadinya DRP yang merugikan penderita.
Baca lebih lanjut

1 Baca lebih lajut

IDENTIFIKASI DRUG RELATED PROBLEMS (DRPs) POTENSIAL  PADA PASIEN ASMA DI INSTALASI RAWAT  Identifikasi Drug Related Problems (Drps) Potensial Pada Pasien Asma Di Instalasi Rawat Inap Rsud Dr. Moewardi Tahun 2015.

IDENTIFIKASI DRUG RELATED PROBLEMS (DRPs) POTENSIAL PADA PASIEN ASMA DI INSTALASI RAWAT Identifikasi Drug Related Problems (Drps) Potensial Pada Pasien Asma Di Instalasi Rawat Inap Rsud Dr. Moewardi Tahun 2015.

Asthma is a public health problem in almost all countries in the world. Potential drug related problems (DRPs) contribute to morbidity and mortality in asthmatic patients. This study aims to determine the incidence of Drug Related Problems (DRPs) with category of wrong drug selection that includes the use of ineffective drugs, the use of unsafe drugs, and the use of drug combination that are not necessary in asthmatic patients in Dr. Moewardi Surakarta Hospital in 2015.

Baca lebih lajut

IDENTIFIKASI Drug Related Problems (DRPs) PADA PASIEN HIPERTENSI RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT  Identifikasi Drug Related Problems (DRPs) Pada Pasien Hipertensi Rawat Jalan Di Rsi Klaten Tahun 2010.

IDENTIFIKASI Drug Related Problems (DRPs) PADA PASIEN HIPERTENSI RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT Identifikasi Drug Related Problems (DRPs) Pada Pasien Hipertensi Rawat Jalan Di Rsi Klaten Tahun 2010.

Berdasarkan hal tersebut diatas, maka penulis menganggap perlu dilakukan penelitian tentang Identifikasi Drug Related Problems (DRPs) pada pasien hipertensi rawat jalan dengan kategori obat salah, dosis kurang, dosis lebih dan interaksi obat di RS “X” Klaten Tahun 2010. Dengan maksud untuk mengetahui kejadian DRPs potensial yang terjadi pada pengobatan penyakit hipertensi.

Baca lebih lajut

IDENTIFIKASI DRUG RELATED PROBLEMS ( DRPs) POTENSIAL DENGAN KATEGORI PEMILIHAN OBAT  Drug Related Problems (DRPs) Potensial dengan Kategori Pemilihan Obat yang Tidak YTepat pada PAsien Rwat Inap Hi[ertensi dengan Diabetes Mellitus di Rumah Sakit Islam Sur

IDENTIFIKASI DRUG RELATED PROBLEMS ( DRPs) POTENSIAL DENGAN KATEGORI PEMILIHAN OBAT Drug Related Problems (DRPs) Potensial dengan Kategori Pemilihan Obat yang Tidak YTepat pada PAsien Rwat Inap Hi[ertensi dengan Diabetes Mellitus di Rumah Sakit Islam Sur

Drug Related Problems (DRPs) Potensial adalah suatu kejadian yang tidak diinginkan yang diperkirakan dialami oleh pasien yang diduga melibatkan terapi obat dan itu sebenarnya atau berpotensi berpengaruh terhadap hasil yang diinginkan pasien. Dengan meningkatnya jumlah penggunaan obat-obat memungkinkan terjadinya DRPs potensial terutama kategori pemilihan obat yang tidak tepat, apalagi pasien yang menderita lebih dari satu macam penyakit. Pemilihan obat merupakan sesuatu hal yang harus diperhatikan agar mencapai hasil yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kejadian DRPs potensial kategori pemilihan obat yang tidak tepat pada pasien rawat inap hipertensi dengan diabetes melitus (DM) di RSIS tahun 2007.
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

IDENTIFIKASI Drug Related Problems (DRPs) PADA  PASIEN HIPERTENSI RAWAT JALAN DI RSI   Identifikasi Drug Related Problems (DRPs) Pada Pasien Hipertensi Rawat Jalan Di Rsi Klaten Tahun 2010.

IDENTIFIKASI Drug Related Problems (DRPs) PADA PASIEN HIPERTENSI RAWAT JALAN DI RSI Identifikasi Drug Related Problems (DRPs) Pada Pasien Hipertensi Rawat Jalan Di Rsi Klaten Tahun 2010.

Puji syukur Alhamdulillah penulis panjatkan kehadirat Allah SWT atas berkat dan rahmat-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi dengan judul “ Identifikasi Drug Related Problems (DRPs) Pada Pasien Hipertensi Rawat Jalan di RSI klaten Tahun 2010 “ , yang disusun sebagai syarat untuk mencapai derajat sarjana farmasi pada Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

13 Baca lebih lajut

Identifikasi Drug Related Problems pada Penyakit Ginjal Kronik dengan Penderita Anemia di Instalasi RawatInap di Rumah Sakit Umum Pusat H. Adam Malik Medan

Identifikasi Drug Related Problems pada Penyakit Ginjal Kronik dengan Penderita Anemia di Instalasi RawatInap di Rumah Sakit Umum Pusat H. Adam Malik Medan

Drug Related Problems(DRPs) adalah kejadian yang tidak diinginkan pasien terkait terapi obat yang secara nyata maupun potensial berpengaruh terhadap outcome yang diinginkan pasien. Penyakit ginjal kronik (PGK) kini telah menjadi masalah kesehatan serius di dunia, karena menyebabkan berbagai komplikasi diantaranya pasien memerlukan polifarmasi yang dapat mengakibatkan DRPs sehingga menurunkan kualitas hidup pasien.

Baca lebih lajut

Evaluasi Drug Related Problems (DRPs) obat antipeptik pada pasien dengan Peptic Ulcer Disease (PUD) non spesifik sekunder rawat inap RSUP. Dr. Sardjito Yogyakarta (studi kasus pada periode Januari 2013-Desember 2013).

Evaluasi Drug Related Problems (DRPs) obat antipeptik pada pasien dengan Peptic Ulcer Disease (PUD) non spesifik sekunder rawat inap RSUP. Dr. Sardjito Yogyakarta (studi kasus pada periode Januari 2013-Desember 2013).

Pada penelitian ini, studi kasus Drug Related Problems dilakukan dengan mengevaluasi kasus dan permasalahan yang timbul berkaitan dengan penggunaan obat dalam pengobatan pasien dengan Peptic Ulcer Disease (PUD) non spesifik sekunder di instalasi rawat inap RSUP Dr. Sardjito periode Januari 2013-Desember 2013. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi permasalahan terkait dengan penggunaan obat anti peptik untuk pengobatan pasien dengan PUD. Evaluasi dilakukan dengan mengikutsertakan hasil pemeriksaan hasil laboratorium terutama dengan melihat fungsi hati dan ginjal karena pasien umumnya sudah berusia lanjut atau sakit yang parah, serta mengalami penurunan fungsi organ ginjal dan hati sehingga perlu pengawasan terhadap pemberian dosis dan kondisi pasien. Secara umum, hasil evaluasi Drug Related Problems obat anti peptik pada pasien dengan Peptic Ulcer Disease non spesifik sekunder dapat dilihat pada Tabel V.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

 IDENTIFIKASI DRUG RELATED PROBLEMS (DRPs) POTENSIAL PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2   Idenifikasi Drug Related Problems (DRPs) Potensial pada Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 di Instalasi Rawat Inap RS "X" Tahun 2015.

IDENTIFIKASI DRUG RELATED PROBLEMS (DRPs) POTENSIAL PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 Idenifikasi Drug Related Problems (DRPs) Potensial pada Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 di Instalasi Rawat Inap RS "X" Tahun 2015.

Diabetes melitus tipe 2 disebabkan karena sel-sel sasaran insulin tidak mampu merespon insulin secara normal. Salah satu tindakan yang dilakukan untuk terapi penyakit ini dengan terapi farmakologis. Jika tidak dilakukan dengan tepat, tindakan ini dapat memperburuk atau menimbulkan masalah baru bagi pasien. Drug related problems potensial adalah keadaan dimana terapi obat secara teori mempunyai potensi yang dapat mengganggu goal therapy. Penelitian ini bertujuan untuk melihat drug related problems potensial kategori interaksi obat dan ketidaktepatan pemilihan obat meliputi obat efektif tapi tidak aman, obat tidak efektif dan kombinasi obat yang tidak tepat pada pasien diabetes melitus tipe 2 di instalasi rawat inap RSUD dr. Soeratno Gemolong tahun 2015.
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

KAJIAN DRUG RELATED PROBLEMS  (DRPs) PADA PASIEN PERSALINAN PRETERM DI INSTALASI RAWAT INAP RSUD Dr.  Kajian Drug Related Problems (Drps) Pada Pasien Persalinan Preterm Di Instalasi Rawat Inap Rsud Dr. Moewardi Tahun 2010.

KAJIAN DRUG RELATED PROBLEMS (DRPs) PADA PASIEN PERSALINAN PRETERM DI INSTALASI RAWAT INAP RSUD Dr. Kajian Drug Related Problems (Drps) Pada Pasien Persalinan Preterm Di Instalasi Rawat Inap Rsud Dr. Moewardi Tahun 2010.

Segala puji bagi allah SWT yang telah melimpahkan karunianya sehingga penulis memperoleh kesempatan untuk menyelesaikan penyusunan skripsi ini. Skripsi yang berjudul “Kajian Drug Related Problems (DRPs) pada pasien persalinan preterm di Instalasi rawat inap RSUD Dr. Moewardi tahun 2010” ini disusun sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar sarjana strata I (SI) Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

18 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  Identifikasi Drug Related Problems (DRPs) Pada Pasien Gangguan Lambung di Instalasi Rawat Inap RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten Tahun 2015.

PENDAHULUAN Identifikasi Drug Related Problems (DRPs) Pada Pasien Gangguan Lambung di Instalasi Rawat Inap RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten Tahun 2015.

pemberian terapi obat yang dibutuhkan oleh pasien dan menjamin bahwa terapi obat yang diterima pasien aman serta menjamin penggunaan obat yang rasional (Cipolle et al ., 1998). Dengan adanya paradigma tersebut praktek farmasi klinik perlu diterapkan dengan tujuan untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan obat (Drug Related Problem) serta menjamin penggunaan obat yang aman dan tepat bagi setiap pasien (Nita, 2004). Permasalahan obat jika tidak diatasi atau diperhatikan akan sangat mempengaruhi hasil terapi. Permasalahan obat dapat berkaitan dengan indikasi, efektivitas, keamanan, dan kepatuhan pasien (Priyanto, 2009).
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

EVALUASI DRUG RELATED PROBLEMS KATEGORI DOSIS LEBIH DAN DOSIS KURANG PADA PASIEN INFEKSI  EVALUASI DRUG RELATED PROBLEMS KATEGORI DOSIS LEBIH DAN DOSIS KURANG PADA PASIEN INFEKSI SALURAN PERNAFASAN AKUT DI INSTALASI RAWAT INAP RSUP DR.SOERADJI TIRTONEGORO

EVALUASI DRUG RELATED PROBLEMS KATEGORI DOSIS LEBIH DAN DOSIS KURANG PADA PASIEN INFEKSI EVALUASI DRUG RELATED PROBLEMS KATEGORI DOSIS LEBIH DAN DOSIS KURANG PADA PASIEN INFEKSI SALURAN PERNAFASAN AKUT DI INSTALASI RAWAT INAP RSUP DR.SOERADJI TIRTONEGORO

Segala puji bagi Allah SWT, yang telah melimpahan karunia-Nya sehingga penulis memperoleh kesempatan untuk menyelesaikan penyusunan skripsi ini. Skripsi yang berjudul “ EVALUASI DRUG RELATED PROBLEMS KATEGORI DOSIS LEBIH DAN DOSIS KURANG PADA PASIEN INFEKSI SALURAN PERNAFASAN AKUT DI INSTALASI RAWAT INAP RSUP DR.SOERADJI TIRTONEGORO KLATEN TAHUN 2009 ” ini, disusun sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar sarjana strata I (SI) Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

16 Baca lebih lajut

 EVALUASI DRUG RELATED PROBLEMs (DRPs) POTENSIAL PADA PASIEN HIPERTENSI DI INSTALASI RAWAT INAP  Evaluasi Drug Related Problems (DRPs)Potensial pada Pasien Hipertensi di Instalasi Rawat Inap RS "Y" Periode Tahun 2015.

EVALUASI DRUG RELATED PROBLEMs (DRPs) POTENSIAL PADA PASIEN HIPERTENSI DI INSTALASI RAWAT INAP Evaluasi Drug Related Problems (DRPs)Potensial pada Pasien Hipertensi di Instalasi Rawat Inap RS "Y" Periode Tahun 2015.

Hipertensi merupakan suatu keadaan tekanan darah di pembuluh darah meningkat secara kronis. Pada kondisi tertentu, hipertensi menyebabkan berbagai macam komplikasi seperti penyakit ginjal, jantung dan otak. Komplikasi hipertensi menyebabkan pasien memerlukan bermacam obat untuk indikasi lain sehingga berpotensi munculnya drug-related problems. Potensi drug-related problems dapat menyebabkan terganggunya terapi sehingga tujuan pengobatan tidak bisa maksimal. Penelitian dilakukan dengan tujuan mengetahui potensi drug-related problems pada pasien hipertensi kategori interaksi obat antihipertensi dan ketidaktepatan pemilihan obat antihipertensi meliputi ketidaktepatan kombinasi obat antihipertensi dan obat efektif tetapi tidak aman pada pasien hipertensi di instalasi rawat inap RSUD dr. Soeratno Gemolong periode tahun 2015.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

Kajian Drug Related Problems (DRP) resep polifarmasi pada penderita hipertensi di Apotek Kimia Farma "X" Sidoarjo - Widya Mandala Catholic University Surabaya Repository

Kajian Drug Related Problems (DRP) resep polifarmasi pada penderita hipertensi di Apotek Kimia Farma "X" Sidoarjo - Widya Mandala Catholic University Surabaya Repository

Segala puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat dan berkat-Nya, sehingga skripsi dengan judul “ Kajian Drug Related Problems (DRP) Resep Polifarmasi pada Penderita Hipertensi di Apotek Kimia Farma “X” Wilayah Sidoarjo” dapat terselesaikan dengan baik. Penyusunan skripsi ini dimaksudkan untuk memenuhi persyaratan guna memperoleh gelar Sarjana Farmasi pada Fakultas Farmasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.

Baca lebih lajut

Show all 6100 documents...