efektivitas biaya

Top PDF efektivitas biaya:

Efektivitas Biaya Pengelolaan Limbah Rumah Sakit X di Jakarta Selatan

Efektivitas Biaya Pengelolaan Limbah Rumah Sakit X di Jakarta Selatan

Seluruh jenis biaya yang dipakai dalam penelitian ini adalah biaya instalasi yang dibagi dengan umur ekonomis IPAL, biaya operasional dan pemeliharaan rutin selama tiga tahun. Data konsentrasi limbah pada masing-masing parameter menggunakan rataan inlet dan 30 sampel outlet. Efektivitas biaya penurunan parameter limbah ditunjukkan dengan membandingkan rasio biaya penurunan pada masing-masing parameter yang diuji. Selain itu, untuk melihat efektivitas biaya juga dapat dilakukan dengan membandingkan nilai rasio efektivitas biaya setiap parameter dalam suatu sistem pengolahan limbah dengan rasio efektivitas biaya setiap parameter dalam suatu sistem pengolahan limbah lain. Hasil perbandingan data akan terlihat rasio biaya penurunan masing-masing parameter yang paling efektif di antara dua sistem pengolahan limbah yang berbeda tersebut. 4.4.4. Unit Daily Cost
Baca lebih lanjut

96 Baca lebih lajut

ANALISIS EFEKTIVITAS BIAYA PENGGUNAAN ANTIBIOTIK PADA ANAK PENDERITA DEMAM TIFOID   Analisis Efektivitas Biaya Penggunaan Antibiotik Pada Anak Penderita Demam Tifoid Di Rsud Sukoharjo 2016.

ANALISIS EFEKTIVITAS BIAYA PENGGUNAAN ANTIBIOTIK PADA ANAK PENDERITA DEMAM TIFOID Analisis Efektivitas Biaya Penggunaan Antibiotik Pada Anak Penderita Demam Tifoid Di Rsud Sukoharjo 2016.

Alhamdulillah, puji syukur kehadirat Allah SWT Maha Pengasih dan Maha penyayang, yang senantiasa memberikan petunjuk sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi dengan judul “Analisis Efektivitas Biaya Penggunaan Antibiotik Pada Anak Penderit a Demam Tifoid Di RSUD Sukoharjo 2016” . Skripsi ini dimaksudkan untuk melengkapi salah satu syarat mencapai gelar Sarjana Farmasi (S. Farm.) Program Studi Farmasi di Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

13 Baca lebih lajut

Pengaruh Anggaran Biaya terhadap Efektivitas Biaya Operasional (pada Instansi Pemerintah Dinas Pemuda dan Olahraga Prov. Sulawesi Tenggara).

Pengaruh Anggaran Biaya terhadap Efektivitas Biaya Operasional (pada Instansi Pemerintah Dinas Pemuda dan Olahraga Prov. Sulawesi Tenggara).

Menurut M.Munandar (2001:1) Anggaran merupakan suatu rencana yang disusun secara sistematis, yang meliputi seluruh kegiatan perusahaan, yang dinyatakan dalam unit (kesatuan) moneter dan berlaku untuk jangka waktu (periode) tertentu yang akan datang. Oleh karena rencana yang disusun dinyatakan dalam bentuk unit moneter, maka anggaran seringkali disebut juga dengan rencana keuangan sedangkan efektivitas biaya operasional merupakan rasio keluaran terhadap masukan biaya yang telah ditentukan atau menggunakan biaya yang lebih kecil untuk menghasilkan keluaran dalam jumlah yang sama atau jumlah yang lebih besar dari yang telah direncanakan dan yang diterapkan sehubungan dengan hasil yang diinginkan, penggunaan sumber daya dan pembentukan sistem komunikasi yang memungkinkan pelaporan dan pengendalian hasil yang aktual.
Baca lebih lanjut

23 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN Analisis Efektivitas Biaya Terapi Antihipertensi Pada Pasien Hipertensi Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Moewardi Tahun 2014.

PENDAHULUAN Analisis Efektivitas Biaya Terapi Antihipertensi Pada Pasien Hipertensi Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Moewardi Tahun 2014.

pengobatan hipertensi di RSUD Dr. Moewardi Surakarta menunjukkan obat yang banyak diresepkan pada terapi antihipertensi dengan kombinasi adalah ACEI+CCB dan ACEI+Diuretik (Chiburdanidze, 2013). Penelitian mengenai efektivitas biaya terapi antihipertensi dua kombinasi yang dilakukan Nintyasari (2011) di RS PKU Muhammadiyah Surakarta, menunjukkan biaya tertinggi ditunjukkan oleh kombinasi Tenace ® + Concor ® (Enalapril+Bisoprolol). Terapi hipertensi dengan biaya terendah ditunjukkan oleh kombinasi Captopril + Hidroklorotiazid sehingga kombinasi ini dianggap paling cost effective. Penelitian lain mengenai pola penggunaan obat antihipertensi yang dilakukan pada 300 resep antihipertensi menunjukkan bahwa monoterapi paling banyak dilanjutkan dengan terapi kombinasi (35,04%). Obat yang paling cost effective untuk terapi hipertensi adalah diuretik (Rachana et al., 2014).
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

Analisis Efektivitas Biaya Kloramfenikol dan Seftriakson pada Pengobatan Demam Tifoid Dewasa Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Padangsidimpuan.

Analisis Efektivitas Biaya Kloramfenikol dan Seftriakson pada Pengobatan Demam Tifoid Dewasa Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Padangsidimpuan.

Puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa yang telah melimpahkan rahmat dan anugerah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan penelitian dan penyusunan skripsi ini yang berjudul “Analisis Efektivitas Biaya Kloramfenikol dan Seftriakson pada Pengobatan Demam Tifoid Dewasa Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Padangsidimpuan. Skripsi ini diajukan sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Sarjana Farmasi pada Fakultas Farmasi Univesitas Sumatera Utara.

87 Baca lebih lajut

ANALISIS EFEKTIVITAS BIAYA DAN TERAPI AN

ANALISIS EFEKTIVITAS BIAYA DAN TERAPI AN

Penggunaan jangka panjang terapi antipsikotik merupakan beban biaya yang ditanggung pasien skizofrenia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan efektivitas biaya dan efektivitas terapi kombinasi oral haloperidol-klorpromazin (tipikal) dibanding terapi kombinasi oral risperidol-klozapin (atipikal) pada pasien skizofrenia di ruang Unit Perawatan Intensif Psikiatrik (UPIP) di salah satu rumah sakit jiwa yang ada di Provinsi Riau. Penelitian dilakukan secara prospektif menggunakan rekam medik periode Februari hingga Mei 2016, dengan teknik accidental sampling. Dimana didapatkan yaitu nilai ACER (obat) kelompok terapi haloperidol-klorpromazin Rp 402,90 sedangkan terapi risperidon-klozapin Rp 4.848,53 dan nilai ACER (total) kelompok terapi haloperidol- klorpromazin Rp 302.073,43 sedangkan terapi risperidon-klozapin Rp 339.476,85. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terapi kombinasi haloperidol-klorpromazin lebih cost-effective.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

ANALISIS EFEKTIVITAS BIAYA TERAPI ANTIHIPERTENSI PADAPASIEN HIPERTENSI RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH Analisis Efektivitas Biaya Terapi Antihipertensi Pada Pasien Hipertensi Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Moewardi Tahun 2014.

ANALISIS EFEKTIVITAS BIAYA TERAPI ANTIHIPERTENSI PADAPASIEN HIPERTENSI RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH Analisis Efektivitas Biaya Terapi Antihipertensi Pada Pasien Hipertensi Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Moewardi Tahun 2014.

Hipertensi merupakan faktor risiko utama untuk penyakit jantung seperti infark miokard, stroke, gagal jantung dan kematian. Pembiayaan kesehatan di Indonesia semakin meningkat. Perlu dilakukan analisis efektivitas biaya agar dapat membantu dalam pengambilan keputusan pemilihan obat yang efektif secara manfaat dan biaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui biaya medik langsung dan menganalisis obat antihipertensi yang cost-effective bagi pasien hipertensi rawat inap di RSUD Dr.Moewardi tahun 2014.

16 Baca lebih lajut

BIAYA MUTU  EFEKTIVITAS BIAYA MUTU (Studi Kasus di CV. Karya Hidup Sentosa).

BIAYA MUTU EFEKTIVITAS BIAYA MUTU (Studi Kasus di CV. Karya Hidup Sentosa).

Biaya kegagalan eksternal adalah biaya yang terjadi karena produk dan jasa gagal menyesuaikan persyaratan-persyaratan yang diketahui setelah produk tersebut dikirimkan ke pelanggan. Dari empat jenis biaya mutu, biaya kegagalan eksternal dapat menjadi biaya yang paling membahayakan. Biaya kegagalan internal meliputi: penjualan yang hilang karena kinerja yang buruk, pengembalian dan cadangan karena mutu yang buruk, jaminan, reparasi, penggantian produk, dan penyesuaian atas keluhan-keluhan. Biaya kegagalan eksternal tidak terjadi jika tidak ada kerusakan.
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

EFEKTIVITAS BIAYA PROMOSI DAN BIAYA DIKL

EFEKTIVITAS BIAYA PROMOSI DAN BIAYA DIKL

Tujuan penulisan ini adalah untuk menganalisis pengaruh biaya promosi, biaya pendidikan dan pelatihan terhadap penghimpunan dana pihak ketiga di bank syariah. Penelitian ini menggunakan regresi OLS sederhana untuk menganalisis pengaruh biaya promosi, biaya pendidikan dan pelatihan kepada penghimpunan dana pihak ketiga di bank syariah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa baik biaya promosi maupun biaya pendidikan dan pelatihan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap penghimpunan dana pihak ketiga di bank syariah. Hal ini menunjukkan bahwa kenaikan biaya promosi dan biaya pendidikan dan pelatihan akan dapat menaikkan penghimpunan dana pihak ketiga di bank syariah
Baca lebih lanjut

1 Baca lebih lajut

EFEKTIVITAS BIAYA MUTU  EFEKTIVITAS BIAYA MUTU (Studi Kasus di CV. Karya Hidup Sentosa).

EFEKTIVITAS BIAYA MUTU EFEKTIVITAS BIAYA MUTU (Studi Kasus di CV. Karya Hidup Sentosa).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah biaya mutu di CV. Karya Hidup Sentosa sudah efektif atau belum. Informasi tersebut akan digunakan sebagai pengambilan keputusan perusahaan untuk dapat melakukan continue improvement yang berkaitan dengan bidang mutu produk. Penelitian ini menggunakan produk Exhaust Manifold GZ460 yang merupakan produk pesanan eksport dan harus memiliki kualitas internasional.

14 Baca lebih lajut

ANALISIS EFEKTIFITAS BIAYA ANTARA OBAT ANGIOTENSIN  Analisis Efektifitas Biaya Antara Obat Angiotensin Converting Enzyme (Ace) Inhibitor Dengan Calcium Channel Blocker (Ccb) Pada Pengobatan Penyakit Hipertensi Rawat Inap Di Rumah Sakit “X” Tahun 2013.

ANALISIS EFEKTIFITAS BIAYA ANTARA OBAT ANGIOTENSIN Analisis Efektifitas Biaya Antara Obat Angiotensin Converting Enzyme (Ace) Inhibitor Dengan Calcium Channel Blocker (Ccb) Pada Pengobatan Penyakit Hipertensi Rawat Inap Di Rumah Sakit “X” Tahun 2013.

Seseorang dikatakan hipertensi ditandai dengan tekanan darah ≥ 140/90 mmHg. Pengobatan hipertensi bertujuan mendapatkan target tekanan darah dalam rentang yang normal, yaitu ≤ 140/90 mmHg pada berbagai kondisi pasien. Khusus pasien hipertensi dengan diabetes mellitus dan penyakit ginjal, tekanan yang dicapai adalah ≤ 130/80 mmHg (Chobanian et al., 2003). Harga dari obat antihipertensi sangat bervariasi, sehingga harga obat menjadi salah satu faktor penting dalam pengambilan keputusan untuk mempertimbangkan penggunaan obat bagi pasien. Analisis efektivitas biaya perlu dilakukan agar dapat membantu dalam pengambilan keputusan pemilihan obat yang efektif secara manfaat dan biaya (Wisloff et al., 2012)
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN   Analisis Efektifitas Biaya Antara Obat Angiotensin Converting Enzyme (Ace) Inhibitor Dengan Calcium Channel Blocker (Ccb) Pada Pengobatan Penyakit Hipertensi Rawat Inap Di Rumah Sakit “X” Tahun 2013.

PENDAHULUAN Analisis Efektifitas Biaya Antara Obat Angiotensin Converting Enzyme (Ace) Inhibitor Dengan Calcium Channel Blocker (Ccb) Pada Pengobatan Penyakit Hipertensi Rawat Inap Di Rumah Sakit “X” Tahun 2013.

Seseorang dikatakan hipertensi ditandai dengan tekanan darah ≥ 140/90 mmHg. Pengobatan hipertensi bertujuan mendapatkan target tekanan darah dalam rentang yang normal, yaitu ≤140/90 mmHg pada berbagai kondisi pasien. Khusus pasien hipertensi dengan diabetes mellitus dan penyakit ginjal, tekanan yang dicapai adalah ≤ 130/80 mmHg (Chobanian et al., 2003). Harga dari obat antihipertensi sangat bervariasi, sehingga harga obat menjadi salah satu faktor penting dalam pengambilan keputusan untuk mempertimbangkan penggunaan obat bagi pasien. Analisis efektivitas biaya perlu dilakukan agar dapat membantu dalam pengambilan keputusan pemilihan obat yang efektif secara manfaat dan biaya (Wisloff et al., 2012)
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  ANALISIS EFEKTIVITAS PENGENDALIAN BIAYA MUTU PADA PT MAESINDO INDONESIA.

PENDAHULUAN ANALISIS EFEKTIVITAS PENGENDALIAN BIAYA MUTU PADA PT MAESINDO INDONESIA.

Dalam melakukan upaya peningkatan mutu diperlukan kegiatan mutu. Kegiatan mutu tersebut mulai dari pemilihan bahan baku, pemotongan, masuk ke mesin cetak, quality control, dan packing yang dijalankan oleh perusahaan mengakibatkan timbulnya biaya yang disebut biaya mutu. PT Maesindo belum membuat laporan biaya mutu karena biaya-biaya yang terjadi masuk ke dalam biaya produksi yang berupa biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, biaya overhead pabrik sehingga belum dikelompokkan kedalam klasifikasi biaya mutu, karena belum dikelompokkan maka belum dapat dievaluasi efektivitas biaya-biaya yang berkaitan dengan mutu. Tujuan dievaluasi efektivitas biaya-biaya tersebut supaya PT Maesindo dapat meningkatkan usaha pengendalian kerusakan produk untuk mengurangi biaya kegagalan.
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

 this  file 1587 6443 1 PB

this file 1587 6443 1 PB

Permasalahan lingkungan semakin banyak terjadi di seluruh dunia. Permasalahan lingkungan tersebut yaitu pencemaran lingkungan. Kegiatan industri menghasilkan limbah yang dapat mencemari lingkungan. Perusahaan industri harus melakukan pengelolaan limbah sebelum dibuang di lingkungan sekitar. Pengelolaan limbah membutuhkan alokasi dana yang disebut dengan biaya lingkungan. Tujuan penerapan biaya lingkungan adalah untuk mendanai pengelolaan limbah agar memenuhi standar baku mutu limbah yang telah ditetapkan pemerintah. Biaya lingkungan dinilai dengan konsep efisiensi dan efektivitas. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui biaya lingkungan yang ada di PG Gempolkrep serta menilai efisiensi dan efektivitas biaya lingkungan. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder yang didapatkan dari PG Gempolkrep. Hasil analisis data yaitu biaya lingkungan di PG Gempolkrep Mojokerto hanya terdiri dari dua klasifikasi yaitu biaya deteksi dan biaya kegagalan intenal. Biaya lingkungan PG Gempolkrep Mojokerto belum mencapai efisiensi pada periode 2013 sampai 2015. Namun, biaya lingkungan PG Gempolkrep Mojokerto telah efektif karena semua parameter limbah pada periode 2013 sampai 2015 telah memenuhi baku mutu yang telah ditetapkan pemerintah.
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

EFEKTIVITAS  EFEKTIVITAS AKTIVITAS BIAYA LINGKUNGAN DI RS. Santa Elisabeth Ganjuran.

EFEKTIVITAS EFEKTIVITAS AKTIVITAS BIAYA LINGKUNGAN DI RS. Santa Elisabeth Ganjuran.

Penelitian ini dilakukan pada RS. Santa Elisabeth Ganjuran, dengan metode wawancara dan observasi secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui jumlah biaya lingkungan yang ditanggung rumah sakit pada setiap komponen biaya lingkungan pada tahun 2010 – 2011 (2) Melakukan penilaian efektivitas biaya lingkungan yang terjadi pada rumah sakit selama tahun 2010 – 2011 (3) Melakukan analisis terhadap penyebab ketidakefektifan biaya mutu pada perusahaan.

16 Baca lebih lajut

Anggaran biaya produksi sebagai alat untuk mengukur efektivitas kerja bagian produksi : studi kasus pada PT. Menara Kartika Buana di Surakarta.

Anggaran biaya produksi sebagai alat untuk mengukur efektivitas kerja bagian produksi : studi kasus pada PT. Menara Kartika Buana di Surakarta.

Jenis penelitian ini adalah studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi laporan keuangan dan wawancara pada manajer produksi dan supervisor. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengetahui anggaran biaya produksi pada divisi rokok PT. Menara Kartika Buana 2005 adalah dengan cara mencatat data anggaran dan realisasi biaya produksi tahun 2005. Kemudian dilakukan analisis selisih biaya dan signifikansi selisih tersebut. Untuk mengetahui faktor-faktor efektivitas kerja apa saja yang mempengaruhi ketepatan anggaran biaya produksi pada divisi rokok PT Menara Kartika Buana tahun 2005 mengunakan analisis kualitatif.
Baca lebih lanjut

123 Baca lebih lajut

BIAYA LINGKUNGAN  EFEKTIVITAS AKTIVITAS BIAYA LINGKUNGAN DI RS. Santa Elisabeth Ganjuran.

BIAYA LINGKUNGAN EFEKTIVITAS AKTIVITAS BIAYA LINGKUNGAN DI RS. Santa Elisabeth Ganjuran.

Reparasi besar biasanya terjadi selang beberapa tahun. Sehingga dapat dikatakan bahwa manfaat reparasi seperti ini akan dirasakan dalam beberapa periode. Oleh karena itu biaya reparasi besar dikapitalisasi dan biaya pembebanannya sebagai biaya dilakaukan dalam periode-periode yang menerima manfaat. Ada dua cara dalam mencatat dua reparasi besar, yaitu (Baridwan, 2000 : 291) :

14 Baca lebih lajut

PENGARUH EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI BIAYA OPERASIONAL TERHADAP LABA BERSIH BUS RAPID TRANSIT (BRT) TRANS MUSI PALEMBANG

PENGARUH EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI BIAYA OPERASIONAL TERHADAP LABA BERSIH BUS RAPID TRANSIT (BRT) TRANS MUSI PALEMBANG

Permasalahan yang terjadi pada setiap perusahaan biasanya dikarenakan salah dalam mengukur kinerja perusahaan, begitu juga masalah yang sedang dialami oleh Trans Musi saat ini. Besarnya biaya operasional yang dikeluarkan perusahaan PT.SP2J menyebabkan rendahnya laba bersih yang diperoleh. Hal ini dibuktikan oleh beberapa penelitian yang dilakukan oleh peneliti terdahulu. Menurut Pebriyanti (2013), dalam penelitiannya yang berjudul Pengaruh Efisiensi Biaya Operasional terhadap Laba Bersih dengan Perputaran Persediaan sebagai Variabel Pemoderasi (studi kasus pada PT.Petro Multi Guna Tanjungpinang, semakin besar
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

Peranan Anggaran Biaya Produksi dalam Menunjang Efektivitas Pengendalian Biaya Produksi pada PT Panca Mitra Sandang Indah.

Peranan Anggaran Biaya Produksi dalam Menunjang Efektivitas Pengendalian Biaya Produksi pada PT Panca Mitra Sandang Indah.

pengendalian yang memberikan informasi dan standar pengukuran yang jelas sehingga dapat memudahkan manajemen untuk melakukan pengendalian biaya produksiyang efektif dan juga dapat menjadi acuan untuk anggaran tahun berikutnya untuk menjadi lebih baik lagi. Dala hal ini anggaran biaya produksi yang dibuat oleh PT Panca Mitra Sandang Indah memiliki peranan dalam menunjang efektivitas anggaran biaya produksi.

17 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...