Faktor pendukung

Top PDF Faktor pendukung:

FAKTOR -FAKTOR PENDUKUNG PROGRAM KEAKSARAAN FUNGSIONAL

FAKTOR -FAKTOR PENDUKUNG PROGRAM KEAKSARAAN FUNGSIONAL

Berdasarkan hasil pengisian angket, observasi, dan dokumentasi menyatakan bahwa seluruh warga belajar program keakasaraan fungsional di Kelurahan Antirogo telah memenuhi standar kompetensi indikator keberhasilan pada petunjuk pelaksanaan program. Dari hasil analisis data hal tersebut menunjukkan bahwa ada faktor - faktor pendukung keberhasilan program keaksaraan fungsional yang tertinggi terdapat pada indikator dana dengan program keaksaraan fungsional sebesar 32.2 % dan sisanya 67.8 % di pengaruhi faktor lain.
Baca lebih lanjut

3 Baca lebih lajut

FAKTOR-FAKTOR PENDUKUNG MINAT BERWIRAUSAHA  FAKTOR-FAKTOR PENDUKUNG MINAT BERWIRAUSAHA SISWA SMK PANCASILA 5 WONOGIRI.

FAKTOR-FAKTOR PENDUKUNG MINAT BERWIRAUSAHA FAKTOR-FAKTOR PENDUKUNG MINAT BERWIRAUSAHA SISWA SMK PANCASILA 5 WONOGIRI.

Hasil dari korelasi faktor pendukung minat berwirausaha siswa, dipilih tingkat signifikansi 0,003 yang berarti < 0,05. Penarikan kesimpulan: tolak Ho, terima Ha. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara faktor pendukung dengan minat berwirausaha siswa di SMK Pancasila 5 Wonogiri.

14 Baca lebih lajut

FAKTOR PENDUKUNG PERKEMBANGAN RAYAP

FAKTOR PENDUKUNG PERKEMBANGAN RAYAP

Laporan penelitian terakhir oleh Rahmawati (1995) menyatakan bahwa kerugian ekonomis akibat serangan rayap pada bangunan perumahan adalah sebesar 1,67 triliyun. Faktor- faktor yang digunakan untuk memperkirakan kerugian ekonomis akibat serangan rayap tersebut adalah jumlah rumah yang terserang, nilai kayu dipasaran, dan konstanta kerugian. Konstanta nilai kerugian ekonomis akibat serangan rayap per unit rumah yaitu sebesar 12.5% dengan nilai kayu per-unit rumah yang ditaksir sebesar Rp. 294.000; Sementara itu untuk memperkirakan kerugian ekonomis di tahun-tahun mendatang dapat digunakan data Badan Pusat Statistik (1990) dalam Nandika (2003) yang menyatakan bahwa peningkatan pertumbuhan perumahan adalah 2.4% dan pertambahan nilai kayu per tahun 8.25%.
Baca lebih lanjut

6 Baca lebih lajut

Analisis Faktor Faktor Pendukung Pengamb

Analisis Faktor Faktor Pendukung Pengamb

14 dan sistem jejaring komunikasi dalam proses rujukan yang masih berjalan parsial antara puskesmas dan rumah sakit di Kabupaten Lingga[17]. Masih di Provinsi Kepulauan Riau, Zulhadi, L.Trisnantoro, dan S.N.Zaenab, melakukan penelitian tentang problem dan tantangan Puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah dalam mendukung Sistem Rujukan Maternal di Kabupaten Karimun Provinsi Kepri Tahun 2012. Penelitian ini menyimpulkan bahwa beberapa masalah yang masih menjadi kendala dalam mendukung rujukan maternal adalah terbatasnya sumber daya fasilitas dan alat, kemudian kondisi alam dan transportasi rujukan yang belum siap dan dikelola dengan baik agar bisa diakses setiap saat, SOP maternal rujukan yang lengkap terutama untuk mendukung kondisi gawat darurat terkait persalinan, dan masih ditemukannya persalinan dengan bantuan dukun karena faktor sosial budaya mayarakat[18]. Dalam upaya menjaga dan menjamin keselamatan ibu hamil maka jika memerlukan kesiapan dan kesigapan rujukan yang tepat. Penelitian ini telah dilakukan oleh I.Handriani, S.Melaniani, yang membahas tentang Pengaruh Proses Rujukan Dan Komplikasi Terhadap Kematian Ibu di Kabupaten Sidoarjo Provinsi Jawa Timur. Angka Kematian Ibu (AKI) yang masih tinggi membutuhkan analisis terhadap proses rujukan dan komplikasi terhadap kematian ibu di RSUD Sidoarjo. Hasil penelitian ini menunjukkan salah satu penyebab AKI yang tinggi karena bidang merujuk tidak sesuai proses rujukan kegawatdaruratan. Beberapa faktor inilah yang mendorong peneliti untuk menganalisis dampak proses rujukan terhadap komplikasi kematian ibu di RSID Sidoarjo[19]. Penelitian yang juga mengangkat masalah proses rujukan maternal dilakukan oleh Stevie Yonara, Ratna Dwi Wulandari, hasil penelitian ini menyimpulkan ada beberapa hal yang menyebabkan masih tingginya AKI di Surabaya terkait dengan pelayanan sistem rujukan maternal yaitu faktor ketepatan waktu (termasuk didalamnya adalah response time rumah sakit tempat merujuk saat di hubungi oleh Puskemas dan timely treatment of complication yaitu kecepatan penanganan kasus rujukan oleh rumah sakit tempat merujuk berdasarkan persepsi bidang Puskesmas), dan sistem komunikasi yang baik[20].
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

Evaluasi Potensi Jalur Trekking Hutan Pendidikan USU, Taman Hutan Raya Bukit Barisan, Kabupaten Karo

Evaluasi Potensi Jalur Trekking Hutan Pendidikan USU, Taman Hutan Raya Bukit Barisan, Kabupaten Karo

Gambar 1 dan Gambar 2 memperlihatkan bahwa penilaian faktor pendukung dan faktor penghambat mulai dari sangat kuat hingga tidak kuat adalah dengan memberi nilai 5 hingga 1 yang disesuaikan dengan grafik. Dapat dilihat bahwa faktor pendukung yang memiliki pengaruh paling kuat terhadap pemanfaatan Hutan Pendidikan USU adalah faktor pendukung yang memiliki skor 5 yaitu kesejukan udara di dalam kawasan hutan. Faktor pendukung yang berpengaruh kuat terhadap pemanfaatan Hutan Pendidikan USU adalah faktor pendukung dengan skor 4 yaitu jalur trekking yang bersih dari sampah anorganik, flora dan fauna yang terdapat di dalam kawasan hutan yang masih hidup dengan alami dan kondisi hutan alam yang masih alami dan belum terusak oleh tangan manusia. Air terjun yang terdapat di dalam kawasan hutan mendapat skor 3 yaitu cukup kuat pengaruhnya terhadap pemanfaatan Hutan Pendidikan USU.
Baca lebih lanjut

5 Baca lebih lajut

Studi Perencanaan Program Interpretasi Alam Pada Jalur Trekking Hutan Pendidikan USU, Taman Hutan Raya Bukit Barisan Kabupaten Karo

Studi Perencanaan Program Interpretasi Alam Pada Jalur Trekking Hutan Pendidikan USU, Taman Hutan Raya Bukit Barisan Kabupaten Karo

Gambar 32 dan Gambar 33 memperlihatkan bahwa penilaian faktor pendukung dan faktor penghambat mulai dari sangat kuat hingga tidak kuat adalah dengan memberi nilai 5 hingga 1 yang disesuaikan dengan grafik. Dapat dilihat bahwa faktor pendukung yang memiliki pengaruh paling kuat terhadap pemanfaatan Hutan Pendidikan USU adalah faktor pendukung yang memiliki skor 5 yaitu kesejukan udara di dalam kawasan hutan. Faktor pendukung yang berpengaruh kuat terhadap pemanfaatan Hutan Pendidikan USU adalah faktor pendukung dengan skor 4 yaitu jalur trekking yang bersih dari sampah anorganik, flora dan fauna yang terdapat di dalam kawasan hutan yang masih hidup dengan alami dan kondisi hutan alam yang masih alami dan belum terusak oleh tangan manusia. Air terjun yang terdapat di dalam kawasan hutan mendapat skor 3 yaitu cukup kuat pengaruhnya terhadap pemanfaatan Hutan Pendidikan USU.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Jenjang SMP di Kabupaten Wonosobo.

Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Jenjang SMP di Kabupaten Wonosobo.

Penelitian ini bertujuan mengungkap tiga permasalahan tentang implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Pertama , perencanaan pembelajaran. Kedua , pelaksanaan pembelajaran. Ketiga , faktor pendukung dan hambatan dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran.

Baca lebih lajut

PELAKSANAAN HIZBUL WATHAN SEBAGAI PENGUAT KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI SD MUHAMMADIYAH 5                            Pelaksanaan Hizbul Wathan sebagai Penguat Kecerdasan Emosional Siswa di SD Muhammadiyah 5 Surakarta.

PELAKSANAAN HIZBUL WATHAN SEBAGAI PENGUAT KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI SD MUHAMMADIYAH 5 Pelaksanaan Hizbul Wathan sebagai Penguat Kecerdasan Emosional Siswa di SD Muhammadiyah 5 Surakarta.

c. Faktor pendukung dan faktor penghambat penguatan kecerdasan emosional siswa pada pelaksanaan kegiatan Hizbul Wathan di SD Muhammadiyah 5 Surakarta : Faktor pendukung penguatan kecerdasan emosional siswa dalam pelaksanaan Hizbul Wathan di SD Muhammadiyah 5 Surakarta, sebagai berikut : Sarana prasarana, Komunikasi yang baik, Lingkungan belajar, Antusias siswa. Faktor penghambat penguatan kecerdasan emosional siswa dalam pelaksanaan Hizbul Wathan di SD Muhammadiyah 5 Surakarta, sebagai berikut :Kurangnya jumlah Pembina, Kurangnya kemampuan Pembina, Pelaksanaan tidak tepat waktu, Kurangnya buku materi kepanduan Hizbul Wathan, Karakter dari anak atau pembawaan diri siswa, Lingkungan Keluarga dan orang tua.
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 1 KALASAN YOGYAKARTA.

LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 1 KALASAN YOGYAKARTA.

Pelaksanaan praktik mengajar baik mengajar terbimbing maupun mandiri ada beberapa faktor pendukung yang dapat memperlancar proses belajar antara lain faktor pendukung yang berasal dari guru pembimbing, siswa dan sekolah.Guru pembimbing memberikan keleluasaan praktik untuk memberikan ide dan gagasan dalam hak praktik mengajar, mengelola kelas bahkan evaluasi kemudian guru pembimbing memberikan saran dan kritik serta perbaikan dalam praktik mengajar.Faktor pendukung yang berasal dari siswa adalah kemauan dan kesungguhan siswa dalam mengikuti pelajaran. Faktor pendukung dari sekolah adalah sarana dan prasarana perpustakaan yang dapat digunakan siswa untuk melengkapi referensi khususnya buku Bahsa Indonesia.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pemanfaatan Dana Desa di Desa Tolang Kecamatan Ulupungkut Kabupaten Mandailing Natal

Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pemanfaatan Dana Desa di Desa Tolang Kecamatan Ulupungkut Kabupaten Mandailing Natal

Faktor pendukung dan penghambat peran saya terhadap pemberdayaan dalam pemanfaatan dana desa ini, lebih banyak faktor pendukung bagi saya seperti kerja sama antara pemerintah desa dan masyarakat dalam setiap program yang saya buat, semua masyarakat selalu mendukung dan tidak ada yang bikin keributan, adanya panitia untuk menyelenggarakan pembangunan yang dilaksanakan, yang penting semua terlaksana dengan baik. Sedangkan faktor yang menghambat masyarakat yang tidak peduli dengan itu semua dan sudah berusaha di ajak tetapi tidak pernah peduli. 3. Pemberdayaan masyarakat melalui pemanfaatan dana desa terkait
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

TUGAS AKHIR teknik Industri FIX

TUGAS AKHIR teknik Industri FIX

Faktor dari metode yang menyebabkan terjadinya reject pada cabinet adalah Pada saat peletakan dan pengambilan cabinet jadi pada rak kabinet, timbul gesekan antara kabinet yang mana dapat menyebabkan sisi-sisi kabinet gompal, Saat proses mentory, pada ujung cabinet mengalami gompal, Peletakan kabinet pada Rak tidak sesuai dengan kabinet ketika dilakukan pengiriman cabinet. Adapun ada beberapa faktor pendukung terjadinya penyebab itu, yang mana ketika faktor ini terjadi dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya reject pada cabinet, faktor pendukung itu antara lain adalah Kabinet diletakan bertempuk, Pada sisi alas rak tidak ditambahi busa sebagai peredam ketika meletakan kabinet pada rak, Alas rak dibuat miring sehingga menyulitkan operator untuk meletakkan dan mengambil kabinet pada rak, Arah pengerjaan mentory tidak sesuai dengan prosedur yang mana seharusnya mengerjakan mentory dari bagian kanan ke kiri, menjadi kiri ke kanan, Karyawan yang belum ahli proses mentor, Space rak kabinet terlalu kecil.  Manusia
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG - Institutional Repository of IAIN Tulungagung

STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG - Institutional Repository of IAIN Tulungagung

Jadi faktor yang mendukung proses pembentukan kepribadian siswa di SMP Negeri 2 Sumbergempol itu dapat berasal dari faktor lingkungan keluarga dan masyarakat, serta fasilitas dan sarana prasarana yang memadai seperti kondisi kelas yang nyaman, tersedianya musholla sebagai tempat menjalankan sholat, buku keagamaan yang banyak ditemukan di perpustakaan yang sesuai dengan pembelajaran.

Baca lebih lajut

BAB II TINJAUAN PUSTAKA A. Peran Guru 1. Pengertian Peran Guru - Alviatun Munawaroh BAB II

BAB II TINJAUAN PUSTAKA A. Peran Guru 1. Pengertian Peran Guru - Alviatun Munawaroh BAB II

pendidikan aqidah akhlak. 2) upayaperan guru yang dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut melalui kegiatan belajar mengajar yang dalam penyampaian materi pendidikan mengkaitkannya dengan nilai-nilai islam dan tindakan guru harus mencerminkan sikap yang sesuai ajaran islam. 3) peran guru secara profesi dilakukan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yaitu sebagai pembimbing, pendidik pengajar dan bagi muridnya serta dapat menjadikan dirinya sebagai orang tua, pelatih kedua. 4) faktor pendukung dalam membentuk akhlak mulia yaitu didukung dari para orang tua murid, profil dari guru-guru yang memiliki kompetensi terhadap pendidikan dan diterapkannya kebiasaan islami sehingga anak terbiasa dengan cara islami dan disiplin.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL).

LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL).

Terdapat 5 laboratorium yang meliputi Laboratorium Kimia, Laboratorium Fisika, Laboratorium Biologi, Laboratorium Komputer/TI, dan Laboratorium Bahasa. Laboratorium fisika, kimia, dan biologi memiliki perlatan praktikum yang lengkap. Terdapat alat ukur analog dan digital. Laboratorium biologi, fisika dan kimia dilengkapi bahan-bahan yang digunakan untuk praktikum. Selain itu, Laboratorium juga memiliki perlengkapan P3K, alat pemadam kebakaran, dan pintu keluar darurat. Setiap hari laboratorium dikelola oleh asisten laboratorium dan siap digunakaan setiap saat selama KBM. Selain alat-alat praktikum, lab fisika dilengkapi dengan fasilitas pendukung seperti wi-fi dan printer.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMKPIRI 3 YOGYAKARTA.

LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMKPIRI 3 YOGYAKARTA.

Untuk dapat memenuhi fungsi sebagai wahana pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang baik, diperlukan sarana dan prasarana yang baik pula. Salah satu faktor yang berperan dalam hal ini adalah guru. Guru mempunyai tugas tidak hanya mengajar, tetapi juga mendidik, membentuk sikap mental dan kepribadian siswa. Oleh karena itu guru dituntut mempunyai profesionalisme tinggi. Agar dapat mewujudkan guru-guru yang profesional, maka UNY sebagai salah satu lembaga pendidikan yang mencetak para calon guru berusaha mendidik mahasiswa untuk menjadi mahasiswa yang profesional dengan cara mengadakan program PPL.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

UPAYA PENGELOLA LEMBAGA KURSUS MENJAHIT DALAM MEMPERSIAPKAN LULUSANNYA MEMASUKI LAPANGAN KERJA : Studi Kasus Pada LKP Cahaya Melati Di Kota Cimahi.

UPAYA PENGELOLA LEMBAGA KURSUS MENJAHIT DALAM MEMPERSIAPKAN LULUSANNYA MEMASUKI LAPANGAN KERJA : Studi Kasus Pada LKP Cahaya Melati Di Kota Cimahi.

Hasil penelitian diperoleh data mengenai 1) Kompetensi yang dimiliki lulusan sudah tercapai dengan program yang ditetapkan oleh lembaga kursus menjahit. 2) Lulusan telah dapat mengimplementasikan keterampilan menjahit dengan membuka usaha online shop pakaian dan berbisnis memaklon pakaian 3) Upaya pengelola lembaga dalam mempersiapkan lulusannya memasuki lapangan kerja berupa menyediakan informasi pekerjaan dan kegiatan pendampingan untuk lulusan yang ingin membuka usaha menjahit sendiri. 4) Pengelola memiliki metoda pengajaran kursus yang menekankan kepada perolehan kompetensi untuk lulusannya, namun lembaga juga memiliki faktor penghambat berupa kesigapan pengelola dalam melakukan penyesuaian perkembangan teknologi yang ada.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

MODEL PENDIDIKAN KARAKTER DIPONDOK PESANTREN AL-ITTIHAD DAN SMK AL-ITTIHAD BRINGIN KABUPATEN SEMARANG

MODEL PENDIDIKAN KARAKTER DIPONDOK PESANTREN AL-ITTIHAD DAN SMK AL-ITTIHAD BRINGIN KABUPATEN SEMARANG

Kaitannya dengan faktor penghambat NC mengatakan santri sedikit malas untuk diarahkan, terkadang santri tidak memperhatikan apa yang dikatakan oleh pengasuh pondok pesantren. 29 Terjadi pemadaman listrik disampaikan NH merupakan salah satu penghambat dalam proses internalisasi nilai-nilai pada santriwan santriwati. 30 Selain itu faktor pribadi santri yang terkadang malas dan mengantuk jadi susah untuk diajak berkembang bersama. 31 Terkadang kecapean karena padatnya jadwal sehingga terkadang malas dan ngantuk merupakan salah satu faktor
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 1 IMOGIRI BANTUL.

LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 1 IMOGIRI BANTUL.

Kegiatan PPL merupakan kegiatan untuk melakukan praktek kependidikan yang meliputi: melakukan praktek mengajar dan membuat administrasi pembelajaran guru. Persiapan merupakan salah satu faktor yang sangat menentukan bagi suatu kegiatan, persiapan yang baik akan menunjang keberhasilan suatu program. Dalam rangka mempersiapkan mahasiswa dalam pelaksanaaan kegiatan PPL maka diadakan persiapan pada waktu mahasiswa masih berada di kampus, berupa persiapan fisik maupun mentalnya untuk dapat mengatasi permasalahan yang dapat muncul pada saat pelaksanaan program. Persiapan ini digunakan juga sebagai sarana persiapan program yang akan dilaksanakan pada waktu PPL nanti, maka sebelum diterjunkan ke lokasi sekolah, UNY membuat berbagai program persiapan sebagai bekal mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan PPL. Persiapan yang dilaksanakan adalah sebagai berikut :
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

Identifikasi Faktor Pendorong Pernikahan Dini Dengan Metode Analisis Faktor

Identifikasi Faktor Pendorong Pernikahan Dini Dengan Metode Analisis Faktor

Dibawah ini ada beberapa pernyataan yang seluruhnya berkaitan dengan analisis faktor yang berhubungan pernikahan dini pada remaja di kota medan. Saya sangat mengharapkan agar saudara/i dapat memberikan jawaban tersebut sesuai dengan keadaan anda yang sebenarnya. Peneliti meminta maaf sebelumnya jika dari pernyataan-pernyataan nantinya telah menyinggung perasaan saudara/i. Anda tidak perlu takut untuk menjawab pernyataan tersebut karena jawaban yang saudara/i berikan tidak memiliki makna salah atau benar serta jawaban yang anda berikan tidak untuk di PUBLIKASI. Oleh karena itu, saya hanya menginginkan jawaban yang saudara/i rasakan dan ketahui.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...