Faktor pendukung

Top PDF Faktor pendukung:

FAKTOR -FAKTOR PENDUKUNG PROGRAM KEAKSARAAN FUNGSIONAL

FAKTOR -FAKTOR PENDUKUNG PROGRAM KEAKSARAAN FUNGSIONAL

Berdasarkan analisis data dapat di simpulkan bahwa program keaksaraan fungsional ada faktor-faktor pendukung keberhasilan program keaksaraan fungsional di kelurahan Antirogo kecamatan Sumbersari kabupaten Jember. Temuan tersebut telah dibuktikan pada analisis Faktor-Faktor pendukung keberhasilan program keaksaraan fungsional berdasarkan data yang diperoleh di lapangan maka dapat dilihat bahwa hasil keberhasilan yang dihasilkan dalam pada indikator dana dengan program keaksaraan fungsional 32.2% dan sisanya 67.8% di pengaruhi faktor lain. Pada indikator sumber belajar terhadap program keaksaraan fungsional mendapatkan besar pengaruh terendah sebesar 22.9% dan sisanya sebesar 77.1% di pengaruhi faktor lain. Dari temuan-temuan tersebut dapat dikatakan bahwa hipotesis kerja (H a ) diterima dan hipotesis nol (H 0 ) ditolak yang artinya ada Faktor-Faktor Pendukung Keberhasilan Program Keaksaraan Fungsional di Kelurahan Antirogo Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember 2014/2015.
Baca lebih lanjut

3 Baca lebih lajut

FAKTOR-FAKTOR PENDUKUNG MINAT BERWIRAUSAHA  FAKTOR-FAKTOR PENDUKUNG MINAT BERWIRAUSAHA SISWA SMK PANCASILA 5 WONOGIRI.

FAKTOR-FAKTOR PENDUKUNG MINAT BERWIRAUSAHA FAKTOR-FAKTOR PENDUKUNG MINAT BERWIRAUSAHA SISWA SMK PANCASILA 5 WONOGIRI.

Hasil dari korelasi faktor pendukung minat berwirausaha siswa, dipilih tingkat signifikansi 0,003 yang berarti < 0,05. Penarikan kesimpulan: tolak Ho, terima Ha. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara faktor pendukung dengan minat berwirausaha siswa di SMK Pancasila 5 Wonogiri.

14 Baca lebih lajut

FAKTOR-FAKTOR PENDUKUNG PERCEPATAN PENCAPAIAN DESA SWASEMBADA DI JAWA TIMUR Repository - UNAIR REPOSITORY

FAKTOR-FAKTOR PENDUKUNG PERCEPATAN PENCAPAIAN DESA SWASEMBADA DI JAWA TIMUR Repository - UNAIR REPOSITORY

Laporan Penelitian FAKTOR-FAKTOR PENDUKUNG PERCEPATAN PENCAPAIAN DESA SWASEMBADA DI JAWA TIMUR... Laporan Penelitian FAKTOR-FAKTOR PENDUKUNG PERCEPATAN PENCAPAIAN DESA SWASEMBADA DI JAWA[r]

13 Baca lebih lajut

Analisis Faktor Faktor Pendukung Pengamb

Analisis Faktor Faktor Pendukung Pengamb

Layanan kesehatan adalah layanan dasar yang pelaksanaannya dilindungi dan dijamin oleh pemerintah. Adanya BPJS membuat layanan kesehatan menadi lebih mudah, terjamin, dan terangkau semua lapisan masyarakat. Pada saat kondisi kesehatan pasien membutuhkan fasilitas yang lebih tinggi, umumnya pasien dirujuk ke fasilitas kesehatan yang lebih tinggi levelnya. Di Provinsi Bangka Belitung saat ini berdiri beberapa rumah sakit dengan berbagai tingkat dan kelengkapan fasilitasnya, mulai dari rumah sakit umum provinsi, rumah sakit umum daerah, sampai rumah sakit swasta. Pasien yang membutuhkan rujukan dapat menyesuaikan pilihan rumah sakit dengan kondisi kesehatannya. Beragamnya kebutuhan layanan kesehatan pasein rujukan dan beragamnya rumah sakit dengan layanan kesehatanya membuat proses pengambilan keputusan menjadi sulit. Penelitian ini fokus pada analisis faktorfaktor apa saja yang menjadi dasar pertimbangan pasien dalam memilih rumah sakit rujukan. Untuk mendukung proses pemilihan dengan multikriteria dan multialternatif, maka penelitian ini menggunakan metodologi Analitycal Hierarchy Process (AHP). Dengan menggunakan AHP, semua kriteria disusun secara hirarkis dan dihitung tingkat kepentingannya dengan perangkat lunak Expert Choice. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa kriteria yang paling penting bagi pasien saat memilih rumah sakit rujukan adalah attribut layanan kesehatan dengan bobot 19,2% dan pasien yang dirujuk sebagian besar adalah pasien rujukan poli rawat inap bangsal dengan bobot mencapai 24,2%.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

FAKTOR PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT YANG

FAKTOR PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT YANG

sangat vitas di butuhkan suatu industri baik untuk mengangkut bahan mentah ke lokasi industri, mengangkut dan mengantarkan tenaga kerja, pengangkutan barang jadi hasil output industri [r]

4 Baca lebih lajut

FAKTOR PENDUKUNG PERKEMBANGAN RAYAP

FAKTOR PENDUKUNG PERKEMBANGAN RAYAP

Dalam konsep perlindungan bangunan bahwa perencanaan dalam mendirikan suatu bangunan harus dapat bertahan dan berfungsi sebagaimana mestinya dalam jangka waktu yang relatif lama. Usaha dalam mempertahankan bangunan untuk dapat bertahan lama dan dapat berfungsi sebagaimana mestinya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Faktor-faktor penyebab kerusakan bangunan perlu diketahui sebelum melakukan usaha proteksi bangunan maupun usaha dalam rangka membasmi faktor perusak tersebut. Salah satu langkah yang diambil adalah mengidentifikasi rayap. Dengan diidentifikasi, maka akan dengan mudah perlakuan pembasmian dan proteksi akan lebih mudah dan efektif disesuaikan dengan jenis rayap.
Baca lebih lanjut

6 Baca lebih lajut

FAKTOR-FAKTOR PENDUKUNG DALAM KEBERHASILAN MEDIASI DI PENGADILAN

FAKTOR-FAKTOR PENDUKUNG DALAM KEBERHASILAN MEDIASI DI PENGADILAN

Para pihak akhirnya set uj u unt uk berm ediasi dan m engam bil j alan keluar dengan cara pem belian saham m inorit as Penggugat oleh Tergugat selaku pem egang saham m ayorit as sebesa[r]

21 Baca lebih lajut

BAB II TINJAUAN PUSTAKA A. Peran Guru 1. Pengertian Peran Guru - Alviatun Munawaroh BAB II

BAB II TINJAUAN PUSTAKA A. Peran Guru 1. Pengertian Peran Guru - Alviatun Munawaroh BAB II

pendidikan aqidah akhlak. 2) upayaperan guru yang dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut melalui kegiatan belajar mengajar yang dalam penyampaian materi pendidikan mengkaitkannya dengan nilai-nilai islam dan tindakan guru harus mencerminkan sikap yang sesuai ajaran islam. 3) peran guru secara profesi dilakukan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yaitu sebagai pembimbing, pendidik pengajar dan bagi muridnya serta dapat menjadikan dirinya sebagai orang tua, pelatih kedua. 4) faktor pendukung dalam membentuk akhlak mulia yaitu didukung dari para orang tua murid, profil dari guru-guru yang memiliki kompetensi terhadap pendidikan dan diterapkannya kebiasaan islami sehingga anak terbiasa dengan cara islami dan disiplin.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

18 Dalam pelaksanaan praktik mengajar terdapat beberapa faktor pendukung yang dapat memperlancar proses belajar mengajar antara lain faktor pendukung dari guru pembimbing, siswa, dan se[r]

23 Baca lebih lajut

Evaluasi Potensi Jalur Trekking Hutan Pendidikan USU, Taman Hutan Raya Bukit Barisan, Kabupaten Karo

Evaluasi Potensi Jalur Trekking Hutan Pendidikan USU, Taman Hutan Raya Bukit Barisan, Kabupaten Karo

Gambar 1 dan Gambar 2 memperlihatkan bahwa penilaian faktor pendukung dan faktor penghambat mulai dari sangat kuat hingga tidak kuat adalah dengan memberi nilai 5 hingga 1 yang disesuaikan dengan grafik. Dapat dilihat bahwa faktor pendukung yang memiliki pengaruh paling kuat terhadap pemanfaatan Hutan Pendidikan USU adalah faktor pendukung yang memiliki skor 5 yaitu kesejukan udara di dalam kawasan hutan. Faktor pendukung yang berpengaruh kuat terhadap pemanfaatan Hutan Pendidikan USU adalah faktor pendukung dengan skor 4 yaitu jalur trekking yang bersih dari sampah anorganik, flora dan fauna yang terdapat di dalam kawasan hutan yang masih hidup dengan alami dan kondisi hutan alam yang masih alami dan belum terusak oleh tangan manusia. Air terjun yang terdapat di dalam kawasan hutan mendapat skor 3 yaitu cukup kuat pengaruhnya terhadap pemanfaatan Hutan Pendidikan USU.
Baca lebih lanjut

5 Baca lebih lajut

PELAKSANAAN HIZBUL WATHAN SEBAGAI PENGUAT KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI SD MUHAMMADIYAH 5                            Pelaksanaan Hizbul Wathan sebagai Penguat Kecerdasan Emosional Siswa di SD Muhammadiyah 5 Surakarta.

PELAKSANAAN HIZBUL WATHAN SEBAGAI PENGUAT KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI SD MUHAMMADIYAH 5 Pelaksanaan Hizbul Wathan sebagai Penguat Kecerdasan Emosional Siswa di SD Muhammadiyah 5 Surakarta.

Penelit ian ini bertujuan untuk : 1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan Hizbul Wathan di SD Muhammadiyah 5 Sura karta. 2) Untuk menganalisis kegiatan yang dapat memperkuat kecerdasan emosional siswa pada kegiatan Hizbul Wathan di SD Muhammad iyah 5 Sura karta. 3) Untuk mengidentifikasi fa ktor pendukung dan faktor penghambat penguatan kecerdasan emosional siswa pada pelaksanaan kegiatan Hizbul Wathan di SD Muha mmadiyah 5 Suraka rta. Jen is penelitian ini adalah penelitian kualitat if dengan desain deskriptif kualitatif. Informan penelitian ini adalah kepala sekolah, Pe mbina HW dan guru kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisisnya meliputi reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penyimpulan. Keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pe laksananaan Hizbul Wathan: pembina berna ma Bpk Sugiyarto dan Bpk Je my, yang mengikuti kegiatan HW siswa ke las 3-5, pela ksanaan dilakukan setiap Sabtu pukul 10.50-12.00 di ruang kelas 3, kegiatan yang dilaku kan tepuk-tepuk, lagu dan ketrampilan kepanduan, pelaksanaan sudah sesuai sifat dan misi kepanduan. 2) Bentuk keg iatan yang dapat me mpe rkuat kecerdasan emosional : yel-yel, tali-te ma li, dra g ba r, PBB, Outbond. 3) Faktor Pendukung penguat: sarana prasana, komunikasi yang baik, lingkungan belajar, antusias. Faktor penghambat : karakter anak, kurangnya jumlah pemb ina,kurangnya buku dan kema mpuan pembina, tidak tepat waktu, lingkungan keluarga, orang tua. Dengan demikian penelit ian in i dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan Hizbul Wathan dapat me mperkuat kece rdasan emosional siswa di SD Muhammadiyah 5 Sura karta.
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG - Institutional Repository of IAIN Tulungagung

STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG - Institutional Repository of IAIN Tulungagung

Faktor – Faktor Penghambat Dan Pendukung Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung .... Faktor Pendukung Motivasi [r]

3 Baca lebih lajut

xii DAFTAR ISI - IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS SISTEM KREDIT SEMESTER DI SMA NEGERI 01 KUDUS - STAIN Kudus Repository

xii DAFTAR ISI - IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS SISTEM KREDIT SEMESTER DI SMA NEGERI 01 KUDUS - STAIN Kudus Repository

Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam PAI Berbasis Sistem Kredit Semester SKS di SMA Negeri 01 Kudus .... Faktor Pendukung ...[r]

9 Baca lebih lajut

LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMA Negeri 1 Magelang.

LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMA Negeri 1 Magelang.

Faktor Pendukung Dalam melaksanaan kegiatan PPL, ada beberapa faktor pendukung yang sangat membatu dalam melaksanakan PPL, antara lain : a Dosen Pembimbing Lapangan DPL PPL yang sanga[r]

176 Baca lebih lajut

t pk 0808951 chapter5

t pk 0808951 chapter5

Faktor pendukung dalam penerapan model pembelajaran afektif yang dapat meningkatkan kompetensi siswa dalam aspek akhlak pada mata pelajaran Pendididkan Agama Islam di Sekolah Menengah pertama (SMP) yang menjadi objek penelitian ini adalah sebagai berikut :

6 Baca lebih lajut

Arahan Penataan Lingkungan Kawasan Perumahan Swadaya di Kelurahan Tambak Wedi Kota Surabaya

Arahan Penataan Lingkungan Kawasan Perumahan Swadaya di Kelurahan Tambak Wedi Kota Surabaya

Abstrak — Pembangunan perumahan swadaya di Kelurahan Tambak Wedi Kecamatan Kenjeran mengakibatkan pertumbuhan perumahan secara incremental. Pertumbuhan incremental adalah pertumbuhan perumahan tanpa adanya pengendalian secara spasial. Pertumbuhan secara incremental mengakibatkan lingkungan perumahan swadaya belum tertata dengan baik. Sehingga diperlukan arahan penataan lingkungan kawasan perumahan swadaya di Kelurahan Tambak Wedi. Analisa penelitian dilakukan mengidentifikasi karakteristik dengan analisa data kualitatif, kemudian untuk menganalisa faktor pendukung dengan analisa deskriptif dan Delphi, selanjutnya untuk merumuskan arahan penataan lingkungan kawasan perumahan swadaya dengan analisa triangulasi. Hasil dari penelitian didapatkan arahan penataan lingkungan kawasan perumahan swadaya di Kelurahan Tambak Wedi yang dibagi sesuai dengan kepentingannya ke dalam arahan mikro spasial maupun mikro non-spasial dan arahan makro spasial maupun makro non-spasial. Arahan mikro spasial seperti rehabilitasi bangunan semi permanen, pembangunan rumah susun. Arahan mikro non-spasial seperti peningkatan ketrampilan masyarakat melalui pelatihan kerja, pengembangan industri pengasapan melalui penerapan konsep smoked fish-to-go, dan revitalisasi sarana TPI. Arahan makro spasial seperti pembangunan sarana pendidikan- peribadatan-pengolahan dan pengeringan hasil tangkapan laut, pembangunan tandon umum (waduk), perbaikan dan pembangunan drainase, perbaikan jalan dengan melakukan penambalan, penambahan prasarana tempat sampah. Arahan makro non-spasial seperti pendampingan kader untuk menanamkan kesadaran masyarakat terhadap lingkungan, peningkatan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan melalui penerapan insentif-disinsentif, pembinaan dan sosialisasi pembangunan perumahan swadaya, pemberian akses koordinasi antara (masyarakat-pemerintah-swasta), pemberian kemudahan penyerahan sarana-prasarana kepada pemerintah, pengembangan perumahan yang dilengkapi sarana-prasarana pendukung nelayan, pendekatan stakeholder dalam mendukung penataan lingkungan kawasan perumahan swadaya melalui bantuan institusi pendidikan.
Baca lebih lanjut

6 Baca lebih lajut

Supervisi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesional Guru Pada SMA Methodist Kota Banda Aceh | Henny | Intelektualita 404 745 1 SM

Supervisi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesional Guru Pada SMA Methodist Kota Banda Aceh | Henny | Intelektualita 404 745 1 SM

Melalui kegiatan supervisi kepala sekolah dapat memberikan bimbingan, motivasi dan bantuan teknis kepada guru yang mengalami kesulitan dalam kegiatan pembelajaran sehingga dapat meningkatkan profesional guru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan supervisi yang meliputi program, pelaksanaan, evaluasi, faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi kepala SMA Methodist Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, subjek penelitian kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru dan pengawas. Data dianalisis dengan cara mereduksi, display, mengambil kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penyusunan program supervisi dilakukan pada setiap awal tahun ajaran melalui kegiatan rapat dengan melibatkan seluruh personel sekolah. Program yang disusun adalah membentuk struktur organisasi supervisi akademik, membentuk tim dan meng SK tugaskan supervisor, supervisi administratsi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, bimbingan konseling, evaluasi pelaksanaan supervisi dan melakukan tindak lanjut hasil supervisi. 2) Supervisi dilaksanakan berdasarkan jadwal yang telah ditentukan oleh tim pelaksana supervisi. Teknik supervisi yang digunakan adalah teknik individual dan kelompok meliputi kunjungan kelas, percakapan pribadi, rapat guru, diskusi sebagai proses kelompok, tukar menukar pengalaman, diskusi dan seminar. 3) Evaluasi supervisi dilaksanakan pada setiap akhir semester. Hasil evaluasi akan dipertahankan serta ditingkatkan apabila sudah mencapai tujuan, sedangkan kekurangan akan dianalisis dan mengadakan perbaikan-perbaikan dalam penyusunan program pada tahun berikutnya. 4) Faktor pendukung pelaksanaan supervisi adalah guru menanggapi secara positif tentang pelaksanaan supervisi, terjalinnya hubungan yang baik antara guru dengan guru dan kepala sekolah dengan guru dan timbulnya kesadaran guru untuk meningkatkan kemampuannya. Sedangkan hambatan-hambatannya adalah adanya guru yang tidak hadir waktu pelaksanaan supervisi yang disebabkan karena sakit, izin dan mengikuti pelatihan, adanya guru yang gugup ketika dilakukan supervisi dan kesibukan kepala sekolah dan guru.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

Perencanaan Program Interpretasi Lingkungan di Kawasan Wisata Danau Linting Kabupaten Deli Serdang

Perencanaan Program Interpretasi Lingkungan di Kawasan Wisata Danau Linting Kabupaten Deli Serdang

• Kategori nilai/kekuatan yang diberikan pada faktor pendukung dan penghambat adalah: 5 = Sangat kuat 2 = Kurang kuat 4 = Kuat 1 = Tidak kuat 3 = Cukup kuat Faktor Pendukung Faktor [r]

12 Baca lebih lajut

MANAJEMEN PENDIDIKAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) (Studi Multi Situs Di SMPN 9 dan SMPN 10 Metro)

MANAJEMEN PENDIDIKAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) (Studi Multi Situs Di SMPN 9 dan SMPN 10 Metro)

Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat Manajemen Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus di SMPN 9 dan SMPN 10 Metro Faktor pendukung penyelenggaraan pendidikan inklusi di SMPN 9 da[r]

16 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...