Gempa bumi di Indonesia tahun 2006

Top PDF Gempa bumi di Indonesia tahun 2006:

Statistik Asuransi Gempa Bumi Indonesia 2010

Statistik Asuransi Gempa Bumi Indonesia 2010

Dari pengamatan saat ini untuk tiga tahun underwriting, 2006,2007 dan 2008, diasumsikan pertumbuhan premi di ketiga tahun underwriting tersebut tidak akan banyak berubah. Maka,meskipun tingkat penyebaran premi asuransi gempa bumi tertinggi berada di provinsi DKI Jakarta, dan Jawa Barat, ternyata jika dilihat dari kontribusi asuransi gempa bumi terhadap pendapatan domestik regional bruto, atau penetrasi asuransi per provinsi, menunjukkan bahwa kontribusi atau penetrasi tertinggi asuransi gempa bumi terhadap pendapatan regional masing-masing provinsi ada di provinsi Sulawesi Tenggara. Berdasarkan laporan Biro Pusat Statistik, produk regional bruto di provinsi Sulawesi Tenggara pada tahun 2008 sebesar Rp. 22.173.885 juta, dengan pendapatan gross premi asuransi gempa bumi sebesar Rp. 36.385 juta. Rata-rata penetrasi asuransi gempa bumi memberikan kontribusi pada tahun underwriting 2006, 2007, dan 2008 tersebut sebesar 0,20%. Kehadiran sektor pertambangan di provinsi ini memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap pendapatan premi bruto asuransi gempa bumi pada provinsi ini. Meskipun demikian, kontribusi asuransi gempa bumi terhadap pendapatan regional domestik bruto (penetrasi asuransi) di Provinsi DKI Jakarta, dan Jawa Barat di tahun underwriting 2006, 2007 dan 2008 terbilang tinggi dan masih diatas rata-rata rasio penetrasi secara nasional. Penetrasi asuransi gempa bumi di provinsi DKI Jakarta adalah sebesar 0,064%, di provinsi Jawa Barat sebesar 0,056%
Baca lebih lanjut

85 Baca lebih lajut

PENYELESAIAN KREDIT BERMASALAH PADA PT. BANK DANAMON, Tbk CABANG BUKITTINGGI PASCA GEMPA BUMI TAHUN 2007 DIKAITKAN DENGAN PERATURAN BANK INDONESIA NOMOR : 8/15/PBI/2006 TENTANG PERLAKUAN KHUSUS.

PENYELESAIAN KREDIT BERMASALAH PADA PT. BANK DANAMON, Tbk CABANG BUKITTINGGI PASCA GEMPA BUMI TAHUN 2007 DIKAITKAN DENGAN PERATURAN BANK INDONESIA NOMOR : 8/15/PBI/2006 TENTANG PERLAKUAN KHUSUS.

Bencana alam gempa bumi yang terjadi di Kota Bukittinggi pada tahun 2007 silam berdampak buruk terhadap multisektor. Dampak buruk tersebut, mulai dari tingginya angka korban jiwa, kerusakan infrastruktur, hingga lumpuhnya sendi-sendi kehidupan, terutama kegiatan atau aktivitas ekonomi dan bisnis. Serangkaian dampak tersebut pun menyebabkan dunia perbankan, terutama aspek perkreditan terkena pula imbasnya. Dalam situasi dan kondisi tersebut maka, nasabah debitur perbankan pun mengalami kesulitan dalam membayar utang (kewajibannya) terhadapa pihak bank salah satunya yang dialami oleh Sri Sensi Purnawati nasabah debitur pada Bank Danamon cabang kota Bukittinggi. Bank Indonesia sebagai regulator perbankan di Indonesia mengeluarkan Peraturan Bank Indonesia Nomor 8/15/PBI/2006 tentang Perlakuan Khusus Terhadap Kredit Bagi Daerah-Daerah Tertentu Di Indonesia yang Terkena Bencana Alam.
Baca lebih lanjut

2 Baca lebih lajut

Statistik Gempa Bumi indonesia 2008

Statistik Gempa Bumi indonesia 2008

Pertumbuhan jumlah risiko pada portfolio underwriting 2007 tercatat sebesar 13% jika dibanding dengan portfolio tahun underwriting 2006. Untuk tahun underwriting 2006, 2007, dan 2008, kami mulai memisahkan risiko multi location dalam catatan statistik kami. Saat ini kami masih mencoba melakukan hal yang sama untuk tahun underwriting 2005 dan sebelumnya. Hasil ini akan kami sampaikan pada laporan statistik selanjutnya sehingga kita dapat melihat tingkat pertumbuhan jumlah risiko dengan lebih tepat.

66 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERTUMBUHAN EKONOMI DI PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 1989-2009.

PENDAHULUAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERTUMBUHAN EKONOMI DI PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 1989-2009.

Daerah Istimewa Yogyakarta adalah salah satu provinsi dari 33 provinsi di wilayah Indonesia dan terletak di Pulau Jawa bagian tengah. Yogyakarta merupakan daerah otonom dengan luas wilayah 3.185,80 km 2 . Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan provinsi yang sedang berkembang dan giat melaksanakan pembangunan secara berencana dan bertahap tanpa mengabaikan usaha pemerataan dan kesetabilan. Pembangunan nasional mengusahakan tercapainya pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi, yang pada akhirnya memungkinkan terwujudnya peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan seluruh rakyat. Perkembangan pertumbuhan ekonomi di DIY, dapat dilihat pada Tabel 1.1 yang menerangkan bahwa pertumbuhan ekonomi DIY mengalami perubahan yang fluktuatif dari tahun ke tahun.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

statistic report 2012 december 31

statistic report 2012 december 31

Memperkirakan bagaimana bangunan merespon getaran tanah yang berbeda penting dalam memprediksi berapa banyak potensi kerusakan bangunan pada peristiwa gempa yang mungkin terjadi di masa depan. Informasi ini dibutuhkan untuk pengembangan model vulnerability. Model vulnerability akan mengkorelasikan damage index atau damage ratio dari konstruksi bangunan tertentu sebagai fungsi getaran tanah. Getaran tanah biasanya diwakili oleh Modified Mercally Intensity (MMI). Berdasarkan data klaim dari gempa bumi Bengkulu, pada zona dengan MMI 8, probabilitas loss ratio 20% adalah sebesar 7,51% dari jumlah risiko, juga probabilitas loss ratio 80% adalah sebesar 0,52% (lihat pada Grafik Damage Ratio di bawah ini).
Baca lebih lanjut

75 Baca lebih lajut

TINJAUAN PUSTAKA  PERENCANAAN GEDUNG YANG MEMPUNYAI KOLOM MIRING DENGAN PUSHOVER ANALYSIS.

TINJAUAN PUSTAKA PERENCANAAN GEDUNG YANG MEMPUNYAI KOLOM MIRING DENGAN PUSHOVER ANALYSIS.

3. Kualitas material dan praktik konstruksi pada umumnya kurang baik. 4. Pengawasan dan kontrol pelaksanaan pembangunan kurang memadai. Agar kerusakan struktur dapat diminimalkan maka Imran dan Hendrik (2010) memiliki prinsip-prinsip dasar dalam perencanaan, perancangan, dan pelaksanaan struktur beton bertulang tahan gempa yaitu sebagai berikut.

5 Baca lebih lajut

PANDUAN PENGUKURAN DURASI RUPTURE

PANDUAN PENGUKURAN DURASI RUPTURE

Madlazim (2012), Toward tsunami early warning system in Indonesia by using rapid rupture durations estimation, AIP Conf. Proc. 1454, pp. 142-145; doi:http://dx.doi.org/10.1063/1.4730707 (4 pages) INTERNATIONAL CONFERENCE ON PHYSICS AND ITS APPLICATIONS: (ICPAP 2011)

7 Baca lebih lajut

083244 AKJ 2006 09 11 Dana Rekontruksi

083244 AKJ 2006 09 11 Dana Rekontruksi

Rekruitment ini fasilitator senior ini /dilakukan nantinya untuk menjembatani permasalahan-permasalahan yang ada di pokmas/serta melaporkan setiap kegiatan masyarakat dalam mempergunakan dana rekonstruksi yang turun dari pemerintah pusat// Assek 2 kota yogya ini/juga menjelaskan bahwa dana rekonstruksi yang turun untuk sementara hanya untuk rumah roboh dan rumah rusak berat//diperkirakan dana bantuan sebesar 71,7 milyar untuk 6095 rumah yang masuk ke 2 kriteria tersebut akan turun pada tanggal 1 oktober 2006//

2 Baca lebih lajut

KOPING STRES PADA DIFABEL KORBAN GEMPA BUMI 27 MEI 2006.

KOPING STRES PADA DIFABEL KORBAN GEMPA BUMI 27 MEI 2006.

Gempa tektonik yang mengguncang daerah Jawa Tengah dan DIY, terutama Kecamatan Gantiwarno, menyisakan trauma bagi warganya. Tidak hanya kehilangan tempat tinggal, tetapi ada beberapa dari mereka yang kehilangan sanak saudaranya. Tak hanya itu saja, mereka juga mengalami luka fisik maupun psikisnya, namun ada satu hal penting yang selama ini kurang mendapatkan perhatian adalah realita bahwa bencana alam selain menimbulkan korban jiwa juga menyebabkan beberapa korban selamat menjadi difabel (cacat).

11 Baca lebih lajut

GEMPA BUMI DAN AKTIVITASNYA DI INDONESIA

GEMPA BUMI DAN AKTIVITASNYA DI INDONESIA

Gempa bumi adalah getaran yang berasal dari energi dalam bumi yang bisa disebabkan oleh pergerakan batuan atau pergerakan lempeng, aktivitas magma, maupun aktivitas yang dilakukan manusia. Proses terjadinya gempa bumi juga dipengaruhi oleh jenis gempa yang terjadi baik tektonik maupun vulkanik. Gelombang gempa ada 3 yaitu gelombang longitudinal, transversal dan panjang. ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi besar kecilnya gempa yaitu, skala atau magnitude, durasi dan kekuatan, jarak sumber gempa dengan perkotaan, kedalaman sumber gempa, kualitas tanah dan bangunan, dan lokasi perbukitan dan pantai. Gempa dibagi menjadi beberapa macam yaitu:
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

STUDI ANALISIS GEMPA BUMI 2006 TERHADAP PERKEMBANGAN BATIK DI DESA KEBON KECAMATAN BAYAT

STUDI ANALISIS GEMPA BUMI 2006 TERHADAP PERKEMBANGAN BATIK DI DESA KEBON KECAMATAN BAYAT

Then it was concluded that there was a journey and a history of the development of KebonBayat batik, with the cycle of increase starting after the earthquake disaster that occurred in 2006 and at that time Kebon Batik craft had suffered paralysis due to the earthquake which destroyed the infrastructure. After improvements in various aspects by the government and IOM, there has been a better development than the production of Kebon Batik Tulis. These developments include several aspects, namely income, marketing and productivity of kebon village batik. until now the market for selling kebon batik has reached overseas with a sales turnover of more than 200 pieces of batik fabric with more than 60 active craftsmen. With significant sales and managed by the group itself, it can be ascertained to greatly affect the economic funding of kebon batik craftsmen.
Baca lebih lanjut

29 Baca lebih lajut

Sistem Informasi pada Monitoring Gempa

Sistem Informasi pada Monitoring Gempa

Kemudian pada teknis validasi pengolahan data gempa bumi dengan menggunakan software JISVIEW adalah bahwa penetuan parameter magnitudo gempa bumi bumi dengan menggunakan model kecepatan IASP91, AK135F, dan Koulakov diperoleh beberapa hasil perbandingan yang diperoleh adalah selisih nilai magnitudo dibawah atau sama dengan M0,3, 82,96% dan selisih kedalaman dibawah atau sama dengan 25 km, yang berarti secara keseluruhan 54.07% dari 135 kali pengolahan dari 15 event gempa bumi, dihasilkan nilai magnitudo, dengan koefisien korelasi R : 0.43 - 0.96 dan RMSE 0.353 - 0.428 dan koefisien korelasi kedalaman 0.0022 s.d 0.94. Faktor penyebab perbedaan nilai parameter output antar instansi dalam merilis informasi gempa bumi antara lain lebih disebabkan oleh, picking gelombang tiba, perumusan penentuan hypocenter gempa bumi yang menyesuaikan dengan jarak tempuh sinyal gempa bumi yang dipengaruhi oleh koreksi efek kelengkungan bumi, kondisi dan kestabilan instrument sensor gempa bumi dan pemilihan serta distribusi stasiun pencatat yang berkaitan dengan kemutakhiran dari masing-masing sistem monitoring gempa bumi tersebut.
Baca lebih lanjut

22 Baca lebih lajut

ANALISIS STRATEGI PEMASARAN SENTRA INDUSTRI GERABAH PASCA GEMPA BUMI DI KECAMATAN PUNDONG BANTUL TAHUN 2006

ANALISIS STRATEGI PEMASARAN SENTRA INDUSTRI GERABAH PASCA GEMPA BUMI DI KECAMATAN PUNDONG BANTUL TAHUN 2006

Jika dibandingkan antara strategi pemasaran Pundong sebelumnya, strategi pemasaran baru ini lebih kompleks karena mencakup berbagai penggunaan sarana teknologi informasi yang sangat mendukung bagi perkembangan sentra industri gerabah Pundong terutama pasca gempa bumi. Pada strategi sebelumnya, penggunaan sarana teknologi informasi seperti internet belum digunakan. Padahal apabila dilihat dari manfaatnya, penggunaan internet ini mempunyai banyak keunggulan. Diantaranya adalah perajin gerabah dapat menambah informasi dan pengetahuan dengan mengakses internet, para perajin juga dapat menggunakan internet untuk melakukan promosi gerabah, sehingga memudahkan konsumen untuk memesan produk gerabah Pundong. Perajin tidak lagi menunggu konsumen yang datang untuk memesan produk gerabah Pundong. Layanan internet yang ada juga dapat digunakan untuk menyebarkan informasi kepada masyarakat lokal maupun mancanegara bahwa Yogyakarta sudah aman dan tidak perlu lagi khawatir untuk berkunjung ke Bantul terutama di sentra industri gerabah Pundong.
Baca lebih lanjut

246 Baca lebih lajut

PENGARUH DESAIN KAMAR MANDI TERHADAP KEMUDAHAN AKSESIBILITAS TOILETING   Pengaruh Desain Kamar Mandi Terhadap Kemudahan Aksesibilitas Toileting Paraplegi Pasca Bencana Gempa Bumi Di Yogyakarta Tahun 2006.

PENGARUH DESAIN KAMAR MANDI TERHADAP KEMUDAHAN AKSESIBILITAS TOILETING Pengaruh Desain Kamar Mandi Terhadap Kemudahan Aksesibilitas Toileting Paraplegi Pasca Bencana Gempa Bumi Di Yogyakarta Tahun 2006.

Results: Based on interviews, observation and documentation analysis, the obtained results that the bathrooms or toilets that have been created or improved by the private sector with a special design for people with difabel paraplegia give effect to the ease of accessibility to people with difabel toileting paraplegia. Conclusion: An accessible bathroom design influence on the ease of accessibility toileting paraplegia post earthquake in Yogyakarta in 2006.

18 Baca lebih lajut

Survival Book Bencana Alam Gempa Bumi di Indonesia.

Survival Book Bencana Alam Gempa Bumi di Indonesia.

2 Mekanisme perusakan terjadi karena energi getaran gempa dirambatkan ke seluruh bagian bumi. Di permukaan bumi, getaran tersebut dapat menyebabkan kerusakan dan runtuhnya bangunan sehingga dapat menimbulkan korban jiwa. Getaran gempa juga dapat memicu terjadinya tanah longsor, runtuhan batuan, dan kerusakan tanah lainnya yang merusak permukiman penduduk. Gempa bumi juga menyebabkan bencana ikutan berupa kebakaran, kecelakaan industri dan transportasi serta banjir akibat runtuhnya bendungan maupun tanggul penahan lainnya.
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

Statistik Asuransi Gempa Bumi Indonesia 2009

Statistik Asuransi Gempa Bumi Indonesia 2009

Kerugian asuransi atas gempa pariaman ini dipastikan akan sangat besar. Menurut catatan per 31 Desember 2009, jumlah incurred claim akibat gempa ini telah mencapai Rp. 835,33 milliar. Kerugian asuransi ini jauh lebih besar dari kerugian gempa bumi Yogyakarta 2006 lalu, yang per 31 Desember 2009 ini, tercatat hanya Rp. 336,43 milliar. Diperkirakan angka ini akan terus bertambah, karena masih banyak klaim yang masih dalam penilaian.

75 Baca lebih lajut

GEMPA BUMI di indonesia SEISME

GEMPA BUMI di indonesia SEISME

Selain gempa tektonik dan gempa vulkanik, gempa bumi dapat terjadi karena runtuhan lapisan batuan bagian atas. Kegiatan penambangan bawah tanah menyisakan rongga-rongga dibawah tanah. Rongga-rongga bawah tanah yang berupa gua-gua juga dapat terbentuk oleh pelarutan batuan kapur. Apabila rongga- rongga bawah tanah itu runtuh,bumi akan bergetar. Gempa jenis ini bersifat lokal dan kekuatannya paling lemah bila dibandingkan kedua gempa di atas.

10 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  PERANCANGAN KAMAR MANDI MOVABLE.

PENDAHULUAN PERANCANGAN KAMAR MANDI MOVABLE.

Contohnya pada saat bencana alam Gempa Bumi yang terjadi di Yogyakarta pada tahun 2006 yang lalu, dimana pengadaan sarana MCK tidak dapat diatasi dengan segera dan setelah tersedianya sarana MCK disekitar tempat pengungsian MCK tersebut tidak dirawat dengan baik dan ditelantarkan oleh masyarakat.

5 Baca lebih lajut

Statistik Gempa Bumi indonesia 2011

Statistik Gempa Bumi indonesia 2011

Besarnya jumlah risiko pada okupasi komersial adalah selain banyaknya gedung bertingkat tinggi, bank dan perusahaan yang memiliki cabang di beberapa wilayah Indonesia juga karena rumah toko (shop houses) masuk dalam kategori okupasi komersial. Rumah toko memiliki kisaran nilai pertanggungan sekitar Rp. 500 juta hingga Rp. 1 mililar atau lebih. Dari segi nilai pertanggungan, rumah toko tidak berbeda jauh dengan nilai pertanggungan pada rumah biasa, namun dari segi kuantitas banyaknya rumah toko (shop houses) secara langsung menyumbang kontribusi jumlah risiko yang besar pada okupasi komersial. Begitupun pada okupasi residensial, jumlah risiko yang tercatat cukup besar namun masih dibawah jumlah risiko komersial. Sementara itu, okupasi industrial sebagai penyumbang kontribusi premi bruto tertinggi hanya menempati urutan ketiga dalam jumlah risiko. Hal ini dikarenakan lokasi dari okupasi industrial yang hanya berada pada titik-titik tertentu dan tidak tersebar di berbagai wilayah Indonesia, contohnya, Unit Pengolahan Pertamina. Terakhir, okupasi agrikultural memiliki jumlah risiko yang paling rendah dibandingkan okupasi
Baca lebih lanjut

86 Baca lebih lajut

Zonasi Gempa bumi di Indonesia

Zonasi Gempa bumi di Indonesia

A. Di kawasan timur Indonesia Samudera Pasifik bergerak dengan kecepatan rata- rata 8 cm/tahun (Sudrajat, 1997) membentur Lempeng Eurasia dan arah timur, sehingga merobekkan kerak bumi di Sulawesi dengan terbentuknya patahan- patahan geser: patahan Pulokoro, patahan Matano, dan patahan Sorong dll. Fragmen-fragmen benua mikro yang banyak dijumpai di kawasan Timur Indonesia yang selama ruang dan waktu geologi yang lama telah bergeser sejauh ratusan kilometer meninggalkan tempatnya seperti fragmen kepulauan Banggai Sula yang telah lepas dari induknya. Sementara itu dari Selat Lempeng Australia bergerak ke utara yang bergerak ke barat-barat laut, pembenturan ini mengakibatkan terbentuknya pegunungan-pegunungan lipatan (pegunungan Jaya Wijaya) seperti "highland fold thrust belt", "Lengguru Fols Thrust Belt," dan patahan-patahan geser dan naik: patahan Terera-Aiduna, patahan Mamoa, patahan Sungkup Membramo "Membramo Thrush Belt" (PTFI, 1997).
Baca lebih lanjut

30 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...