Gereja dan negara di Eropa pada Abad Pertengahan

Top PDF Gereja dan negara di Eropa pada Abad Pertengahan:

Diplomasi Pada Abad Pertengahan hingga

Diplomasi Pada Abad Pertengahan hingga

kekuasaan raja, ini terjadi pada bagian utara Eropa. Adanya pelemahan dominasi gereja ini berakhir pada masa Renaissans yakni masa pencerahan pada abad ke-14 hingga abad ke-17 (Lucas 1993, tt). Pada era ini, perwakilan duta besar dari satu negara ke negara lain mulai dijalankan.

3 Baca lebih lajut

Gereja Pada Abad Pertengahan Hingga Masa

Gereja Pada Abad Pertengahan Hingga Masa

Sejak tahun 870 A.D. ada tiga kerajaan di Eropa Barat, yaitu: Jerman, Perancis dan Italia. Jerman-lah yang terbesar dan terkuat kaisarnya bernama Otto I. Kaisar Otto I melawan hertog-hertog (pangeran pangeran asli dan suku-suku di negeri itu yang dipersatukan dalam kekaisarannya) takhtanya diancam oleh hertog hertog itu, oleh karena itu Otto I merendahkan derajat mereka dengan menjadikan mereka menjadi pegawai negara, dan Otto menaikkan derajat uskup-uskup dan abt-abt (kepala-kepala biara) dengan menjadikan mereka pemerintah pemerintah. Sejak pemerintahan Otto I hingga pada masa Napoleon 1800 A.D. uskup-uskup di negara Jerman terus merangkap jabatan pemerintahan. Tentu pada masa itu kepentingan politiklah yang diutamakan oleh kaisar bukan kepentingan gereja. 13
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

ABAD PERTENGAHAN SAMPAI MUNCULNYA REFORM

ABAD PERTENGAHAN SAMPAI MUNCULNYA REFORM

Awal gerakan reformasi gereja Protestan terjadi di jerman dengan tokoh utamanya Martin Luther. Mengapa terjadi di Jerman? Menurut Burns dan Ralph dalam Suhelmi, Ahmad 2001:149-150. Ada beberapa faktor yakni: (1) jerman yang sekitar abad XV-XVI masih merupakan negara agraris atau negara yang masih terbelakang jika dibandingkan dengan negara-negara Eropa lainnya. Sektor Industri perdagangan dan manafaktur belum berkembang seperti di Inggris dan Italia. Dan Katolisisme yang konservatif paling kuat ada di Negara ini. Penyembahan terhadap tokoh ataupun benda-benda keramat dianggap kepercayaan yang wajib di yakini. Penjualan surat-surat pengampunan dosa paling banyak dijual di Jerman melebihi negara-negara lainnya di Eropa. (2) rakyat Jerman pada saat itu sebagian besar adalah masyarakat petani yang merupakan kelompok sosial yang paling menderita akibat adanya kekuasaan gereja katolisisme. Pajak-pajak yang memberatkan, urusan kepemilikan tanah yang dipersulit oleh pihak gereja, harta kekayaan yang sering diambil oleh pihak geraja tanpa alasan yang jelas.
Baca lebih lanjut

22 Baca lebih lajut

Kepemimpinan Gereja kuliah Abad Pertengahan

Kepemimpinan Gereja kuliah Abad Pertengahan

8. Gereja dan Negara adalah bagian yang tidak terpisahkan dalam peradaban Eropa abad pertengahan, keduanya berasal dari Allah. Keduanya menuntun manusia ke satu tujuan yang sama baik dalam bidang kodrati maupun adikodrati, duniawi maupun surgawi. Inilah cita-cita abad pertengahan, “reduction ad unum” (penyusutan dua entitas menjadi satu kesatuan). Kesatuan dan keutuhan agama Kristen menemukan ungkapan politiknya dalam sepak terjang kekaisaran. Kekaisaran berkewajiban melindungi dan membantu Gereja melaksanakan misi utamanya. Sama halnya dengan umat Israel yang tidak mengenal pemisahan agama dan kerajaan, demikian berulang pada abad pertengahan yang belum mengenal adanya pemisahan antara kedua lembaga ini, Gereja dan Negara. Tetapi di dalam prakteknya akan nampak dalam sejarah abad pertengahan bahwa tugas utamanya ialah melayani pelbagai jenis peribadatan dan kultus sedang hal-hal lainnya menjadi wewenang kaisar. Kaisar Karolus Agung sering mengintervensi masalah-masalah gerejawi antara lain kasus ikonoklasma, menominasi para petugas Gereja pendidikan para calon imam, tata pemerintahankeuskupan, administrasi harta benda Gereja, investiture, perang-perang salib dan lain-lain sekalipun kata terakhir dari Paus “Paus dikurung dalam sakristi”. Entitas yang sedemikian rupa menyimpan kekuatan-kekuatan yang sesewaktu bisa memicu konflik di antara keduanya, dan itulah yang sering terjadi pada abad sebelas sampai ketigabelas. Salah satu pemicunya adalah sebab kaisar memiliki kekuasaan untuk menominasi Paus dan juga mengangkat uskup- uskup. Gereja sudah terperangkap ke dalam suatu system ketergantungannya kepada kaisar. Para uskup bukan hanya memiliki kekuasaan spiritual di daerahnya, tetapi jugta dilimpahi tugas mengatur serta mengurus kekayaan duniawi lainnya. Para uskup harus melayani pada waktu yang sama kepentingan Paus dan kepentingan kaisar.
Baca lebih lanjut

20 Baca lebih lajut

KONTRIBUSI MUSIK ARAB ISLAM TERHADAP MUS

KONTRIBUSI MUSIK ARAB ISLAM TERHADAP MUS

Henry George Farmer sendiri dikenal sebagai penyokong utama tesis “Pengaruh Arab” (Arabian Influence) yang paling brilian dan efektif. Selama sekitar lima puluh tahun, dari tahun 1915 sampai ia meninggal pada tahun 1965, Farmer membanjiri literatur musikologi dengan studi musik Arab dan kontribusinya terhadap musik Barat. Argumen yang paling meyakinkan dituangkan dalam bukunya Historical Facts for the Arabian Musical Influence. Farmer mengumpulkan banyak informasi yang disajikan sebagai fakta-fakta yang membuktikan “Pengaruh Arab” terhadap musik Eropa Abad Pertengahan. Dia menyusun daftar panjang alat-alat musik asal Timur yang sangat mengesankan dan menelusuri proses perjalanan alat-alat musik tersebut ke Eropa, diikuti oleh daftar yang lebih panjang tentang istilah-istilah musik dalam bahasa Latin, Perancis, Spanyol dan Inggris yang berasal dari bahasa Arab. Banyak dari interpretasi Farmer sangat masuk akal, sementara yang lainnya terbuka untuk dipertanyakan. Selama sekitar enam dekade, Farmer tetap konsisten menampilkan diri sebagai penganjur tesis “Pengaruh Arab” yang paling kuat, berwawasan luas dan mengesankan. Kekuatan nyata dari tulisan-tulisannya berakar dari penguasaannya terhadap pelbagai literatur teori musik Arab Abad Pertengahan dan sumber-sumber Latin yang berhubungan dengan subjek tersebut. 28
Baca lebih lanjut

26 Baca lebih lajut

KUASA BAHASA TERHADAP SASTRA

KUASA BAHASA TERHADAP SASTRA

Pertarungan yang masih relatif sengit terjadi pada wacana yang lebih khusus tentang knight templar. Dalam sejumlah kajian, knight templar yang identik dengan kabalah, iluminati, priory of sion, atau kini dengan freemasonry adalah sebuah kajian yang juga menimbulkan pro dan kontra, khususnya dengan sejarah gereja. Tampaknya bukan fenomena yang lumrah jika kini sejumlah novel atau karya sastra dunia seperti serial karya Dan Brown mulai dari Angels and Demons, The Da Vinci Code, dan The Lost Symbol mengisahkan sebuah cerita yang berlatar belakang tentang iluminati, priory of Sion, dan freemasonry. Novel-novel Brown bersifat membela kelompok-kelompok rahasia ini yang biasanya mendapat stigma negatif oleh pihak gereja atau kelompok agama lainnya.
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

Kebudayaan Abad Pertengahan Eropa dalam

Kebudayaan Abad Pertengahan Eropa dalam

Kesusteraan juga turut berkembang, dengan bentuk khas kesusteraan periode ini adalah hagiografi, atau kisah-kisah para santo. Banyak dari kisah-kisah ini yang telah disusun menjadi semacam antologi yang dikenal sebagai Acta Sanctorum atau kisah Para Santo. Kisah ini menjadi bacaan umum di biara-biara, tempat kisah-kisah itu berasal. Gregorius Agung, Paus pada 590-604 adalah pemimpin gereja yang paling bersemangat mendorong penulisan tentang kehidupan para santo. Karyanya sendiri yang berjudul Dialogoues, yang ditulis untuk menyenagkan umat Kristen, penuh dengan berbagai cerita keajaiban untuk menunjukkan kebenaran agama Kristen. Karya lain Gregorius, yakni Magna Moralia, merupakan komentar atau catatan terhadap Kitab Job. Karya ini menjadi fondasi teologi selam Zaman Pertengahan. Tokoh lain yang cukup berpengaruh ialah Boethius dengan karya yang berkaitan teologi dan karya besarnya adalah Consolation of Philosophy yang ditulis dalam penjara. Selain kedua tokoh itu masih ada Cossiodorus seorang Italia yang berpengaruh dalam penyelenggaraan pendidikan pada zaman pertengahan.
Baca lebih lanjut

5 Baca lebih lajut

Arsitektur Abad Pertengahan hingga ke

Arsitektur Abad Pertengahan hingga ke

Menurut Widiastuti (2013) dalam perkuliahannya, peradaban arsitektur pertama kali diperkirakan berasal dari bangsa Mesopotamia yang terletak di antara dua sungai, yakni sungai Tigris dan sungai Euphrates yang saat ini merupakan bagian dari negara Irak dan Syria bagian timur. Sejarah Mesopotamia dimulai sekitar 3.000 SM dan kemudian menyebar ke wilayah Mesir dan hampir sebagian benua Asia hingga memasuki peradaban di Eropa.

29 Baca lebih lajut

Sejarah Filsafat Barat armawi (1)

Sejarah Filsafat Barat armawi (1)

Filsuf besar jaman ini terutama berasal dari Jerman, yaitu J. Fichte (1762- 1814), F. Schelling (1775-1854), dan G.Hegel (1770-1831). Alirannya disebut Idealisme. Inti fahamnya: yang penting adalah ide-ide, bukan dunia materi sebagaimana faham materialisme. Tokoh terpenting adalah F. Hegel, yang banyak mempengaruhi abad 19 dan 20 kemudian.

8 Baca lebih lajut

S SEJ 1202823 Chapter3

S SEJ 1202823 Chapter3

Dari hasil diskusi tersebut peneliti mempunyai ketertarikan untuk membahas peranan William di kerajaan Inggris tahun 1066-1087 yang pada saat itu merupakan awal Abad Pertengahan. Pertanyaan awal peneliti adalah apa yang dilakukan William di Inggris ketika menjabat sebagai raja, mengapa William bisa menjadi raja mengingat latar belakang William yang merupakan Duke of Normandy terlebih adalah keturunan bangsa Viking, bagaimana dengan kondisi Normandia yang ditinggalkan oleh pemimpinnya selama William di Inggris, Bagaimana hubungan Inggris dan Perancis pada saat William menjadi raja Inggris. Dari ide awal ini, peneliti kemudian membaca kembali literatur mengenai sejarah Eropa. Dari hasil pembacaan beberapa literatur, peneliti mendapatkan suatu peristiwa dalam sejarah Eropa yang berhubungan dengan ide awal penulisan skripsi in. Peneliti kemudian menarik ide awal penulisan ini kedalam sejarah invasi Normandia ke beberapa wilayah di Eropa terutama ke Inggris pada awal Abad Pertengahan.
Baca lebih lanjut

19 Baca lebih lajut

Diplomasi di Era Abad Pertengahan

Diplomasi di Era Abad Pertengahan

Dari semua tulisan di atas, penulis dapat menyimpulkan bahwa berbeda dengan diplomasi pada era Romawi kuno yang lebih menekankan pada hard diplomacy, di era setelah runtuhnya Romawi kuno, lebih menekankan pada soft diplomacy. Hal ini dilakukan dengan cara mengadu-domba antar suku bangsa dan mendoktrin mereka menjadi agama Kristen untuk mendapatkan dukungan. Agama dipilih sebagai salah satu bentuk soft diplomacy pada waktu itu karena pada saat itu banyak fanatisme terhadap agama. Lama-kelamaan, peran gereja makin besar sehingga berpengaruh pada hampir semua aspek kehidupan manusia hingga ilmu pengetahuan. Karena pengaruh gereja yang begitu kuat, pada masa tersebut jika ada sesuatu yang bertentangan dengan aturan gereja akan dihukum yang tidak jarang menyebabkan penyimpangan gereja pada masa tersebut. Lambat laun, peran gereja mulai menurun karena mulai hilangnya kepercayaan masyarakat pada agama Kristen karena gereja tidak dapat menyelesaikan the black death yang merupakan wabah penyakit pes. Tokoh- tokoh pada era pertengahan yaitu, Paus, Kaisar, serta penguasa lokal seperti Adipati.
Baca lebih lanjut

2 Baca lebih lajut

MAKALAH SEJARAH ABAD PERTENGAHAN hingga

MAKALAH SEJARAH ABAD PERTENGAHAN hingga

Upaya skolastik abad pertengahan Dalam gambaran historis singkat ini, metode untuk menghubungkan iman dan rasio yang pertama dibahas adalah filsafat Thomistik Gereja Roma Katolikl. Selain persetujuan (assent) pribadi orang percaya, dalam sistem ini iman artinya informasi yang diwahyukan yang ada dalam Alkitab, tradisi, dan suara hidup dari gereja Roma. Akal budi artinya informasi yang dapat diperoleh melalui pengamatan inderawi terhadap alam dan dinterprestasi intelek. Rasionalis abad ke-17 membedakan akal budi (reason) dengan sensasi (inderawi), Thomas membedakan akal budi (reason) dan wahyu. kebenaran akal budi adalah kebenaran yang dapat diperoleh melalui kemampuan indera dan intelek alamiah manusia tanpa bantuan anugrah supranatural.
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

ILMU PENGETAHUAN DI ABAD PERTENGAHAN

ILMU PENGETAHUAN DI ABAD PERTENGAHAN

Meskipun dalam waktu yang laama John dianggap sebagai pemikir kelas rendah ternyata lebih baik dari pada seorang ilmuan yang serius. Kesimpulannya adalah bahwa udara merupakan partikel yang bergerak, yang berlaku selama 15 abad sebelum abad itu. Dia juga mengembangkan pengetahuan mekanik dan matematik. terutama mengenai pengukuran geometri. Selain itu dia juga memberikan kritikan dan memberikan penjelasan tentang teori Aristoteles. Berdasarkan percobaan dan konsep dasar inersia, dia menyangkal doktrin Aristoteles bahwa benda yang lebih berat jatuh lebih cepat dari pada yang lebih ringan sebagaimana kritikannya, dia melawan dengan kemungkinan di ruang hampa.
Baca lebih lanjut

5 Baca lebih lajut

Misteri abad pertengahan mediterania

Misteri abad pertengahan mediterania

Tanpa mengetahui atau mengenali permasalahan yang terkait dengan Knight Templar, rasanya sulit untuk membaca novel ini. Untuk menjadi pembaca novel-novel semacam ini diperlukan pengetahuan yang mendasarinya. Eco memperlakukan calon pembacanya sebagai orang yang bukan awam terhadap informasi abad pertengahan di wilayah Mediterania itu.

2 Baca lebih lajut

Filsafat Barat dan islam docx

Filsafat Barat dan islam docx

Filsafat Timur adalah tradisi falsafi yang terutama berkembang di Asia, khususnya di India, Republik Rakyat Tiongkok dan daerah-daerah lain yang pernah dipengaruhi budayanya. Sebuah ciri khas Filsafat Timur ialah dekatnya hubungan filsafat dengan agama. Meskipun hal ini kurang lebih juga bisa dikatakan untuk Filsafat Barat, terutama pada Abad Pertengahan, tetapi di Dunia Barat filsafat ’an sich’ masih lebih menonjol daripada agama.

7 Baca lebih lajut

seni abad pertengahan abad pertengahan

seni abad pertengahan abad pertengahan

Selama   abad   gelap,   di   Eropa   Barat   tidak   ada   gaya   khas   yang berkembang.   Mundurnya   peradaban   Romawi   berakibat   pada   melemahnya upaya   pengembangan   gaya   arsitektur   orisinal.   Kaum   barbar,   baik   Jerman, Slav, maupun Finno­Ugria, paling banter hanya bisa membuat imitasi gaya arsitektur Romawi Barat yang tengah merosot itu.

10 Baca lebih lajut

Periode negara islam abad Pertengahan

Periode negara islam abad Pertengahan

Periode ini biasanya dikenal dengan zaman kebekuan atau kejumudan. Kata jumud mengandung arti keadaan membeku, statis, tiada perubahan. Keadaan seperti ini melanda umat Islam sejak akhir abad 13 hingga memasuki abad 18 M. Pemikiran rasional yang dulu mendapat tempat yang proporsional digantikan dengan pemikiran tradisional.

2 Baca lebih lajut

Revolusi Industri Inggris pelopor revolusi

Revolusi Industri Inggris pelopor revolusi

Ketika keadaan masyarakat semakin membutuhkan alat untuk memajukan perusahaan manufaktur mereka, Eropa sedang mengalami renaisans, masa pencerahan dimana rasio dan manusia diangkat setinggi-tingginya. Maka muncullah pemikiran-pemikiran pendorong revolusi industri yang menjadi pondasi-pondasi dalam cara berpikir masyarakat Eropa ketika itu untuk menciptakan perubahan besar pada Eropa bahkan dunia yang pengaruhnya bisa kita rasakan hingga hari ini.

7 Baca lebih lajut

Makalah abad pertengahan abad ke

Makalah abad pertengahan abad ke

Aliran ini dimulai di Inggris, kemudian Prancis dan selanjutnya menyebar keseluruh Eropa,terutama di Jerman. Di Jerman pertentangan antara rasionalisme dan empirisme terus berlanjut. Masing-masing berebut otonomi. Kemudian timbul masalah,siapah sebenarnya dikatakan sumber pengetahuan? Apakah pengetahuan yang benar itu lewat rasio atau empiri? Kant mencoba menyelesaikan persoalan diatas. Pada awalnya Kant mengikuti rasionalisme, tetapi kemudian terpengaruh oleh empirisme (Hume). Walaupun demikian, Kant tidak begitu mudah menerimanya, karena ia mengetahui bahwa dalam empirisme terkandung skeptisme. Untuk itu tetap mengakui kebenaran ilmu dan dengan akal manusia akan dapat mencapai kebenaran.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

PERAN STRATEGIS FILSAFAT ISLAM DALAM PEN

PERAN STRATEGIS FILSAFAT ISLAM DALAM PEN

utuh sebagai ilmu pengetahuan pada tahun 1879, psikologi dipelajari dalam cabang filsafat dan ilmu faal. Filsafat sudah mempelajari gejala-gejala kejiwaan sejak 500 atau 600 tahun sebelum masehi, yaitu melalui filsuf-filsuf Yunani Konu seperto Socrates (469-399 SM), Plato (427-347 SM), dan Aristoteles (384-322 SM). Sedangkan para ahli ilmu faal, terutama para dokter mulai tertarik pada masalah-masalah kejiwaan ini bersamaan dengan perkembangan ilmu pengetahuan yang pesat di eropa, berpendapat bahwa jiwa erat sekali hubungannya dengan susunan syaraf dan refleks-refleks. Di antara tokoh- tokohnya Sir Charles Bell (1774-1842) dan Francis Magensie. Lihat Abdurrahman Saleh dan Muhbib Abdul
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...