Gondangan, Jogonalan, Klaten

Top PDF Gondangan, Jogonalan, Klaten:

PENDAHULUAN  Peningkatan Kemampuan Sains Melalui Metode Bermain Warna Pada Anak Kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal Gondangan Jogonalan Klaten Tahun 2011/2012.

PENDAHULUAN Peningkatan Kemampuan Sains Melalui Metode Bermain Warna Pada Anak Kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal Gondangan Jogonalan Klaten Tahun 2011/2012.

Dari latar belakang dan pembatasan masalah maka penulis dapat merumuskan permasalahan sebagai berikut: Apakah metode bermain warna mampu meningkatkan kemampuan sains pada anak-anak kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Gondangan Jogonalan Klaten Tahun 2011/2012 ? D. Tujuan Penelitian

4 Baca lebih lajut

PENINGKATAN KEMAMPUAN SAINS MELALUI METODE BERMAIN WARNA PADA ANAK KELOMPOK B TK AISYIYAH BUSTANUL  Peningkatan Kemampuan Sains Melalui Metode Bermain Warna Pada Anak Kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal Gondangan Jogonalan Klaten Tahun 2011/2012.

PENINGKATAN KEMAMPUAN SAINS MELALUI METODE BERMAIN WARNA PADA ANAK KELOMPOK B TK AISYIYAH BUSTANUL Peningkatan Kemampuan Sains Melalui Metode Bermain Warna Pada Anak Kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal Gondangan Jogonalan Klaten Tahun 2011/2012.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bermain warna dapat meningkatkan kemampuan sains pada anak kelompok B TK ABA Gondangan Jogonalan Klaten tahun 2011/2012. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan sains pada siklus I sebesar 15% (kondisi prasiklus 30% menjadi 45%), siklus II sebesar 15% (siklus I 45% menjadi 60%), dan mengalami peningkatan yang signifikan pada siklus III sebesar 25% (siklus II 60% menjadi 85%).

11 Baca lebih lajut

Pengembangan Model Agroindustri Desa Gondangan Kecamatan Jogonalan Kabupaten Klaten

Pengembangan Model Agroindustri Desa Gondangan Kecamatan Jogonalan Kabupaten Klaten

Model pengembangan kluster yang disusun pada penelitian tahun pertama terdiri beberapa bagian yang mendukung pengembangan UKM di desa Jogonalan. Adapun bagian yang terpenting yaitu adanya pelaku inti dan pelaku pendukung. Keterkaitan aktor inovasi diatas merupakan komponen penting dari pelaksanaan untuk mengembangkan kluster agroindustri makanan ringan. Artinya keberhasilan dalam membina dan mengembangkan UKM tidak bisa lepas dari peran instansi maupun pihak lain. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Todaro (1995) bahwa untuk menciptakan agribisnis yang tangguh perlu adanya dukungan dari komponen-komponen yang antara lain adalah sistem kerja sama kelembagaan dalam sistem agribisnis yang terpadu.
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

Analisis distribusi pendapatan sektor industri kecil : studi kasus Kecamatan Jogonalan, Kabupaten Klaten - USD Repository

Analisis distribusi pendapatan sektor industri kecil : studi kasus Kecamatan Jogonalan, Kabupaten Klaten - USD Repository

dengan persentase pendapatan yang benar-benar mereka peroleh dari total pendapatan selama satu bulan. Dari gambar tersebut nampak jelas bahwa distribusi pendapatan pembuat kripik sukun di Desa Gondangan, Kecamatan Jogonalan, Kabupaten Klaten berada pada tingkat ketimpangan pendapatan yang rendah. Titik A menunjukkan bahwa golongan 20% pertama dari total jumlah rumah tangga pembuatan tahu hanya menerima 10,08% total dari pendapatan rumah tangga pembuat kripik sukun (Rp 17.850.000,00). Titik B menunjukkan bahwa golongan 20% kedua hanya menerima 20,16% total pendapatan, sedangkan untuk titik C menunjukkan bahwa golongan 20% ketiga memperoleh 31,42% total pendapatan rumah tangga. Titik D menunjukkan bahwa golongan 20% keempat menerima 49,32% total pendapatan dan titik E menunjukkan bahwa golongan 20% kelima memperoleh 100% total pendapatan. Dari titik A, B, C, D dan E, jika ditarik garis akan menunjukkan gambar kurva Lorenz, yang menggambarkan keadaan distribusi pendapatan pembuat kripik sukun di Desa Gondangan, Kecamatan Jogonalan, Kabupaten Klaten pada bulan Januari 2007.
Baca lebih lanjut

92 Baca lebih lajut

LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK NEGERI 1 JOGONALAN TEGALMAS, PRAWATAN, JOGONALAN, KLATEN.

LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK NEGERI 1 JOGONALAN TEGALMAS, PRAWATAN, JOGONALAN, KLATEN.

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap Mahasiswa program kependidikan. Tujuan dilaksakannya kegiatan ini adalah memberikan pengalaman kepada Mahasiswa dalam bidang pembelajaran, manajerial dan teknik mengajar di sekolah atau lembaga lain dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. PPL dilaksanakan mulai tanggal 15 Juli sampai 15 September 2016 yang bertempat di SMK Negeri 1 Jogonalan. Sebagai calon pendidik diperlukan pengembangan pengajaran sebagai bekal untuk masa mendatang. Maka dari itu dilaksanakannya Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) untuk melatih dan mengembangkan ketrampilan mengajar. Dengan diwajibkannya menempuh Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini diharapkan mahasiswa lebih profesional dalam melaksanakan tugas sebagai tenaga pendidik.
Baca lebih lanjut

293 Baca lebih lajut

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERCERITA MELALUI PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B   Peningkatan Kemampuan Bercerita Melalui Pemanfaatan Media Gambar Pada Anak Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Kraguman 02 Jogonalan Klaten Tahun 2012.

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERCERITA MELALUI PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B Peningkatan Kemampuan Bercerita Melalui Pemanfaatan Media Gambar Pada Anak Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Kraguman 02 Jogonalan Klaten Tahun 2012.

Dari hasil pengamatan yang penulis lakukan pada pembelajaran menunjukkan bahwa keteramplan bercerita para siswa TK Pertiwi Kraguman 02, Jogonalan, Klaten masih jauh dari yang diharapkan. Setelah diskusi dengan teman sejawat, ternyata ditemukan beberapa penyebab rendahnya keterampilan bercerita siswa TK Pertiwi Kraguman. Salah satu penyebabnya adalah dari faktor guru, dimana guru dalam mengajar masih menggunakan ceramah dan Tanya yang masih banyak kelemahannya. Menurut Hamdani (2011: 279), keterbatasan metode ceramah antara lain: (1) keberhasilan siswa tidak diukur, (2) perhatian dan motivasi sulit diukur, (3) peran serta siswa dalam pembelajaran rendah, (4) materi kurang terfokus dan (5) pembicaraan sering melantur. Sedangan kelemahan metode Tanya jawab, antara lain (1) guru hanya memberikan giliran pada siswa tertentu, (2) hanya dikuasai oleh siswa yang pandai (Hamdani 2011: 275).
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMA NEGERI 1 JOGONALAN (Jalan Raya Klaten – Yogya Km 7/23, Prawatan, Jogonalan, Klaten).

LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMA NEGERI 1 JOGONALAN (Jalan Raya Klaten – Yogya Km 7/23, Prawatan, Jogonalan, Klaten).

Mata kuliah PPL pada dasarnya dapat memberikan life skill bagi mahasiswa, yaitu pengalaman belajar yang kaya, dapat memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, meningkatkan ketrampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah. PPL di sekolah bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mempelajari, mengenal, dan menghayati permasalahan lembaga pendidikan baik yang terkait dengan proses pembelajaran maupun manajerial kelembagaan. Selain itu juga memacu pengembangan sekolah atau lembaga dengan cara menumbuhkan motivasi atas dasar kekuatan sendiri serta meningkatkan hubungan kemitraan antara UNY dan pihak sekolah. Tempat yang menjadi lokasi program PPL ini adalah di SMA Negeri 1 Jogonalan yang beralamat di Jalan Raya Klaten – Yogya Km 7/23, Prawatan, Jogonalan, Klaten
Baca lebih lanjut

167 Baca lebih lajut

BAB 1 PENDAHULUAN  Peningkatan Kemampuan Membaca Awal Melalui Permainan Kartu Huruf Pada Anak Kelompok B2 TK ABA Tangkisanpos Jogonalan Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013.

BAB 1 PENDAHULUAN Peningkatan Kemampuan Membaca Awal Melalui Permainan Kartu Huruf Pada Anak Kelompok B2 TK ABA Tangkisanpos Jogonalan Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013.

Namun demikian menurut pengamatan ketika melakukan observasi kelas pada kelompok B2 TK ABA Tangkisanpos Jogonalan Klaten, ditemukan bahwa kemampuan anak dalam membaca awal masih rendah. Berdasarkan nilai awal yang peneliti amati, dari 20 anak ternyata yang mampu membaca hanya 7 anak, sedangkan yang 13 anak kemampuan membaca masih rendah.

7 Baca lebih lajut

HUBUNGAN ANTARA PENGUASAAN KOSAKATA DAN MOTIVASI MEMBACA DENGAN KEMAMPUAN  Hubungan Antara Penguasaan Kosakata Dan Motivasi Membaca Dengan Kemampuan Menulis Eksposisi (Penelitian di SMA Negeri 1 Jogonalan Kabupaten Klaten).

HUBUNGAN ANTARA PENGUASAAN KOSAKATA DAN MOTIVASI MEMBACA DENGAN KEMAMPUAN Hubungan Antara Penguasaan Kosakata Dan Motivasi Membaca Dengan Kemampuan Menulis Eksposisi (Penelitian di SMA Negeri 1 Jogonalan Kabupaten Klaten).

Most high school students still have the ability and skill level is very low writing exposition. The purpose of this study was to determine the relationship between vocabulary and reading motivation with the ability to write exposition Jogonalan Klaten high school students, either simultaneously or partially.

15 Baca lebih lajut

TINGKAT KETERAMPILAN BERMAIN SEPAKBOLA PADA SISWA PESERTA ESKTRAKURIKULER SEPAKBOLA DI SMP NEGERI 1 JOGONALAN KLATEN.

TINGKAT KETERAMPILAN BERMAIN SEPAKBOLA PADA SISWA PESERTA ESKTRAKURIKULER SEPAKBOLA DI SMP NEGERI 1 JOGONALAN KLATEN.

Belum diketahuinya tingkat keterampilan bermain sepakbola siswa peserta ekstrakurikuler di SMP Negeri 1 Jogonalan Kab. Klaten mempengaruhi skill dan cara bermain anak didik (siswa), sehingga perlu adanya peningkatan dalam hal keterampilan bermain sepakbola yang di dalamnya terdapat beberapa komponen teknik dasar yang harus dikuasai oleh setiap anak didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterampilan bermain sepakbola pada siswa peserta ekstrkurikuler di SMP Negeri 1 Jogonalan Klaten, selain itu juga dapat dijadikan sebagai cara untuk mengevaluasi siswa tentang pemahaman dalam menguasai teknik dasar dalam bermain sepakbola yang telah diajarkan.
Baca lebih lanjut

73 Baca lebih lajut

UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN  MOTORIK HALUS ANAK MELALUI MERONCE   Upaya Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Meronce Pada Kelompok A TK Aisyiyah Joton I Jogonalan Klaten Tahun Ajaran 2012/2013.

UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI MERONCE Upaya Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Meronce Pada Kelompok A TK Aisyiyah Joton I Jogonalan Klaten Tahun Ajaran 2012/2013.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui pengembangan kemampuan motorik halus anak melalui meronce anak kelompok A TK Aisyiyah Joton I Jogonalan Klaten Tahun Ajaran 2012/2013 dan untuk mengetahui berapa besar keberhasilan implementasi dengan kegiatan meronce dapat mengembangkan kemampuan motorik halus anak kelompok A TK Aisyiyah Joton I Jogonalan Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas, dan kepala sekolah. Prosedur penelitian adalah suatu rangkaian tahap peneliti awal sampai akhir, prosedur penelitian ini mencakup tahap-tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah anak-anak kelompok A TK Aisyiyah Joton I Jogonalan Klaten, yang berjumlah 14 anak,selain anak subyek penelitian ini adalah peneliti sendiri. Dalam penelitian ini ada dua jenis data yang digunakan yaitu data kuantitatif dan data kualitatif.data kuantitatif berupa kemampuan motorik halus untuk mengetahui kemampuan motorik halus anak digunakan teknik observasi yaitu melakukan pengamatan langsung dengan teliti. Data kualitatif berupa pelaksanaan meronce, dalam penelitian ini pembelajaran yang digunakan untuk mengembangkan motorik halus anak adalah kegiatan meronce, karena dengan kegiatan meronce ini banyak kegiatan yang akan dilakukan sehingga anak tidak merasa bosan. Pengumpulan data dikumpulkan menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif model alur, dengan 2 siklus yang setiap siklusnya dilakukan dua kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengembangan kemampuan motorik halus anak kelompok A TK Aisyiyah Joton I Jogonalan Klaten melalui meronce. Sebelum tindakan sampai dengan siklus II yaitu sebelum tindakan 54,75%, siklus I 70,74%, dan siklus II 93,19%, kesimpulan peneliti ini adalah melalui meronce dapat mengembangkan kemampuan motorik halus anak kelompok A TK Joton I Jogonalan Klaten Tahun Ajaran 2012/2013.
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

ppm unggulan ft 2010 elearning jogonalan klaten herman dkk

ppm unggulan ft 2010 elearning jogonalan klaten herman dkk

The PPM activity was conducted in SMA Negeri 1 Klaten Jogonalan, with the goal of teachers. Activities include seminars and training of e-learning. Seminar topics include: The Development of Moodle-based E-Learning Course, Learning Media Development, and The Implementation of e-learning in schools which was held on the 17th of July 2010 attended by 47 participants. The seminar was conducted using methods of lecture, discussion, and home work. The training of e-learning was held on 24, 26, 31 of August and 2 nd of September 2010 and was attended by 35 participants. The training is delivered using methods of discussion, practice, giving tasks and guidance. Then the participants are required to upload their subject matter to the localhost of school e-learning portal.
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

PEMBINAAN KENAKALAN SISWA (STUDI SITUS SMA NEGERI 1 JOGONALAN KLATEN)  PEMBINAAN KENAKALAN SISWA (STUDI SITUS SMA NEGERI 1 JOGONALAN KLATEN).

PEMBINAAN KENAKALAN SISWA (STUDI SITUS SMA NEGERI 1 JOGONALAN KLATEN) PEMBINAAN KENAKALAN SISWA (STUDI SITUS SMA NEGERI 1 JOGONALAN KLATEN).

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan adanya karakteristik yang sama pada saat-saat siswa berperilaku seks di antaranya adalah sebagai berikut: (1). Perilaku Seks Siswa, Siswa melakukan berbagai macam tindakan perilaku seks di antara adalah: (a). Melihat adegan porno, (b). Pegang dagu dan bicara yang berbau seks, (c). Pegang alat kelamin dan ngajak ngamar, (d). Pegang pantat, (e). Mencari kesenangan main wanita untuk pegang payudara, (f). Menyekap dalam kelas untuk pegang payudara, (g). Onani dengan menggunakan alat kontrasepsi kondom, (h). Onani dengan menggunakan jari- jemari; (2). Lokasi yang telah dilakukan oleh para siswa SMA Negeri 1 Jogonalan biasanya dilakukan di tempat sebagai berikut: (a). di lokasi Sekolah; (b). di lingkungan rumah; (c). di lingkungan obyek pariwisata, villa atau hotel; (d). di tempat-tempat yang sepi yaitu di rumah teman yang sepi, di dalam kamar rumah sendiri yang sepi, di lingkungan kantin sekolah yang sepi, di tempat kamar mandi yang sepi, di dalam kelas yang sepi, di tempat-tempat obyek pariwisata yang sepi; (3). Pembinaan Perilaku Seks Siswa dengan mengadakan pemanggilan baik terhadap orang tua wali murid maupun kepada siswa yang telah melakukan tindakan perilaku seks, mengadakan pembinaan dengan memberikan bimbingan baik secara pribadi maupun kelompok serta memberikan sanksi bagi siswa yang mengulang tindakannya kembali dengan jalan tidak naik kelas dan dikeluarkan dari SMA Negeri 1 Jogonalan..
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

LPSE Kabupaten Klaten 58. 58

LPSE Kabupaten Klaten 58. 58

Dasar : Berita Acara Hasil Pengadaan Langsung (BAHPL) No : 06.58/PJBT.SDA/PL .2 POA/V/2013 tanggal 27 Mei 2013. Kegiatan Pembangunan Talud Bakung, Jogonalan Klaten (2 Poa) Pekerjaan Pembangunan Talud Bakung, Jogonalan Klaten

1 Baca lebih lajut

LAPORAN PRATIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 10 AGUSTUS - 12 SEPTEMBER 2015 DI SMA NEGERI 1 JOGONALAN , KLATEN JAWA TENGAH.

LAPORAN PRATIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 10 AGUSTUS - 12 SEPTEMBER 2015 DI SMA NEGERI 1 JOGONALAN , KLATEN JAWA TENGAH.

SMA Negeri 1 Jogonalan memiliki 23 kelas yang terdiri dari : Kelas X dan XI 8 kelas, XII juga 7 kelas dan terbagi atas 4 kelas IPA dan 3 kelas IPS. Secara keseluruhan SMA Negeri 1 Jogonalan sudah memiliki fasilitas KBM yang cukup baik, tiap kelas sudah dilengkapi dengan meja dan kursi yang jumlahnya sesuai dengan jumlah siswanya, selain itu mayoritas tiap kelas memiliki LCD, hanya ada beberapa kelas yang LCDnya masih dalam perbaikan, tetapi pihak sekolah memiliki 2 portable yang bisa di pindahkan pada kelas yang ingin menggunakan. Di tiap kelas juga sudah tersedia white board beserta spidol dan penghapusnya. Di tiap kelas juga ada speaker yang berfungsi untuk memperjelas suara apabila menggunakan media audio visual contoh: listening pada saat pelajaran bahasa inggris.
Baca lebih lanjut

164 Baca lebih lajut

LAPORAN PPL LOKASI SMK Negeri 1 Jogonalan.

LAPORAN PPL LOKASI SMK Negeri 1 Jogonalan.

Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) telah dilaksanakan di SMK Negeri 1 Jogonalan selama dua setengah bulan, terhitung sejak tanggal 1 Juli 2014 sampai dengan 17 September 2014. Selama praktik mengajar, praktikan diberi tanggung jawab untuk mengampu kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran dengan jumlah 2 kelas, yakni X Administrasi Perkantoran 1 dan X Adimistrasi Perkantoran 2, dan kelas XI Teknik Komputer Jaringan dengan jumlah satu kelas. Selama melaksanakan PPL di SMK Negeri 1 Jogonalan, praktikan sangat terbantu dengan adanya bimbingan dari berbagai pihak seperti guru pembimbing, Dosen Pembimbing Lapangan, serta Koordinator PPL SMK yang ditunjuk. Adapun partisipasi aktif dari siswa-siswi SMK Negeri 1 Jogonalan turut membantu kelancaran PPL di SMK Negeri 1 Jogonalan. Selama melakukan PPL di SMK Negeri 1 Jogonalan, kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan meliputi pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), pembuatan media pembelajaran, praktik di kelas, serta pembimbingan ekstrakurikuler English Speaking Club (ESC) di SMK Negeri 1 Jogonalan sebanyak dua kali setiap minggunya, dan diakhiri dengan pembuatan laporan akhir yang menandakan berakhirnya kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Seluruh rangkaian kegiatan PPL yang telah dilaksanakan diharapkan dapat memberikan manfaat bagi lahirnya tenaga pendidik yang mumpuni, terampil, berkualitas, dan profesional sehingga dapat memajukan bangsa Indonesia.
Baca lebih lanjut

220 Baca lebih lajut

LPSE Kabupaten Klaten 14. 14

LPSE Kabupaten Klaten 14. 14

Dasar : Berita Acara Hasil Pengadaan Langsung (BAHPL) No : 06.46/PJBT.SDA/PL .APBD/IX/2013 tanggal 2 September 2013. Kegiatan Rehab Dan Pemeliharaan Bendung Pekerjaan Rehab Bendung Karangduwet Kel Kabupaten Kec Klaten Tengah

1 Baca lebih lajut

LPSE Kabupaten Klaten 60. 60

LPSE Kabupaten Klaten 60. 60

Dasar : Berita Acara Hasil Pengadaan Langsung (BAHPL) No : 06.60/PJBT.SDA/PL .2 POA/V/2013 tanggal 27 Mei 2013. Kegiatan Pembangunan Talud Irigasi Rejoso,Jogonalan Klaten (2 Poa) Pekerjaan Pembangunan Talud Irigasi Rejoso,Jogonalan Klaten

1 Baca lebih lajut

LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK NEGERI 1 JOGONALAN KLATEN Tegalmas, Prawatan, Jogonalan, Klaten.

LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK NEGERI 1 JOGONALAN KLATEN Tegalmas, Prawatan, Jogonalan, Klaten.

Perpustakaan sering di kunjungi baik siswa dan guru. Fasilitascukup baik, walau belum sepenuhnya memadai, prosedur peminjaman sudah sesuai dengan ketentuan. Perpustakaan sekolah berada di sebelah ruang bimbingan konselin (BK). Didalamnya terdapat rak-rak tempat menata buku-buku. Buku-buku yang terdapat diperpustakaan antara lain buku pendukung kegiatan belajar siswa jurusan akuntansi (AK), administrasi perkantoran (AP), pemasaran (PM/PJ), dan teknik komputer dan jaringan TKJ serta telah ditambah buku tentang multimedia. Selain buku, siswa juga dapat membaca koran maupun majalah. Selain petugas perpustakaan yang mengurus administrasi sirkulasi peminjaman-pengembalian buku yang ada diperpustakan, guru jurusan bahasa dan administrasi juga turut mengelola. Bulan Agustus 2015 ini, perpustakaan SMK Negeri 1 Jogonalan baru saja memperoleh juara 2 lomba perpustakaan tingkat Kabupaten Klaten. 11) Mushola
Baca lebih lanjut

99 Baca lebih lajut

LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK NEGERI 1 JOGONALAN KLATEN Tegalmas, Prawatan, Jogonalan, Klaten.

LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK NEGERI 1 JOGONALAN KLATEN Tegalmas, Prawatan, Jogonalan, Klaten.

Kegiatan PPL ini dilaksanakan selama kurang lebih waktu aktif dua bulan, terhitung mulai tanggal 15 Juli sampai dengan 15 September 2016. Selain itu terdapat juga alokasi waktu untuk observasi sekolah dan observasi kelas yang dilaksanakan sebelum PPL dimulai. Program yang direncanakan untuk dilaksanakan di SMK Negeri 1 Jogonalan untuk Program Individu meliputi persiapan, pelaksanaan dan analisis hasil. Untuk mempersiapkan mahasiswa dalam melaksanakan PPL baik yang dipersiapkan berupa persiapan fisik maupun mental, untuk dapat mengatasi permasalahan yang akan muncul selanjutnya dan sebagai saran persiapan program apa yang akan dilaksanakan nantinya, maka sebelum diterjunkan ke lokasi PPL, LPPMP membuat berbagai program persiapan sebagai bekal mahasiswa dalam melaksanakan PPL. Persiapan yang dilaksanakan adalah sebagai berikut :
Baca lebih lanjut

193 Baca lebih lajut

Show all 7380 documents...