Hasil belajar Pkn

Top PDF Hasil belajar Pkn:

PENINGKATAH HASIL BELAJAR PKn MELALUI MODEL STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DEVISION) DI KELAS IV SD NEGERI 173316 PARANGINAN KECAMATAN PARANGINAN KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016.

PENINGKATAH HASIL BELAJAR PKn MELALUI MODEL STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DEVISION) DI KELAS IV SD NEGERI 173316 PARANGINAN KECAMATAN PARANGINAN KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016.

Pertama sekali penulis ucapkan terimakasih kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas limpahan berkat, kasih dan karuniaNya yang selalu menyertai penulis hingga dapat menyelesaikan Skripsi ini dengan baik. Sripsi ini merupakan syarat untuk memperoleh gelar sarjana pendidikan dengan Judul Peningkatan Hasil Belajar PKn melalui metode STAD (Student Team Achievement di kelas IV SD Negeri 173316 Paranginan Kecamatan Paranginan Kabupaten Humbang Hasundutan Tahun Pembelajaran 2014/2015.

22 Baca lebih lajut

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN INTERAKSI SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V MIS IKHWANUL MUSLIMIN II TEMBUNG.

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN INTERAKSI SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V MIS IKHWANUL MUSLIMIN II TEMBUNG.

Berdasarkan simpulan pertama dari hasil penelitian ini yang menyatakan bahwa siswa yang diajar dengan model problem based learning , memiliki hasil belajar PKn yang lebih tinggi dibandingkan jika diajar dengan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian para guru di MIS Ikhwanul Muslimin II Tembung selayaknya mempunyai pengetahuan dan pemahaman serta wawasan yang luas dalam memilih dan menyusun model pembelajaran, khususnya model pembelajaran yang akan diterapkan pada mata pelajaran PKn. Dengan memiliki pengetahuan dan wawasan, guru mampu merancang suatu desain pembelajaran PKn yang akan memaksimalkan pencapaian hasil belajar siswa.
Baca lebih lanjut

43 Baca lebih lajut

Peningkatan hasil belajar PKn melalui pendekatan Think-Pair-Share

Peningkatan hasil belajar PKn melalui pendekatan Think-Pair-Share

Model pembelajaran kooperatif tipe student team learning ini dikembangkan di John Hopkins University-Amerika Serikat. Lebih dari separuh penelitian tentang pembelajaran kooperatif di sana menggunakan student team learning. Pada dasarnya model pembelajaran kooperatif yang satu ini sama saja dengan model pembelajaran kooperatif yang lain yaitu adanya ide dasar bahwa siswa harus bekerjasama dan turut bertanggungjawab terhadap pembelajaran siswa lainnya yang merupakan anggota kelompoknya. Pada tipe STL ini penekanannya adalah bahwa setiap kelompok harus belajar sebagai sebuah tim. Ada 3 konsep sentral pada model pembelajaran kooperatif tipe STL ini, yaitu: (1) penghargaan terhadap kelompok; (2) akuntabilitas individual; (3) kesempatan yang sama untuk memperoleh kesuksesan. Pada sebuah kelas yang menerapkan model pembelajaran ini, setiap kelompok dapat memperoleh penghargaan apabila mereka berhasil melampaui ktiteria yang telah ditetapkan sebelumnya. Akuntabilitas individual bermakna bahwa kesuksesan sebuah kelompok bergantung pada pembelajaran yang dilakukan oleh setiap individu anggotanya. Pada model pembelajaran tipe STL, setiap siswa baik dari kelompok atas, menengah, atau bawah dapat memberikan kontribusi yang sama bagi kesuksesan kelompoknya, karena skor mereka dihitung berdasarkan skor peningkatan dari pembelajaran mereka sebelumnya. v. Two Stay Two Stray
Baca lebih lanjut

153 Baca lebih lajut

NASKAH PUBLIKASI  Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar PKn Melalui Pembelajaran Studi Kasus Pada Siswa Kelas VA SD Negeri Pucangan 03 Kartasura Tahun Pelajaran 2011/2012.

NASKAH PUBLIKASI Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar PKn Melalui Pembelajaran Studi Kasus Pada Siswa Kelas VA SD Negeri Pucangan 03 Kartasura Tahun Pelajaran 2011/2012.

Penelitian tindakan kelas yang dilakukan peneliti dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dan motivasi PKn siswa kelas V mengalami kenaikan setelah menggunakan metode pembelajaran studi kasus. Hal ini terbukti dengan hasil belajar siswa yang cukup bagus dan motivasi siswa dalam melakukan semua aktifitas belajar yang terus meningkat. Sebelum putaran hasil belajar siswa hanya 29,26% setelah dilakukan siklus I meningkat menjadi 58,53% dan pada siklus II meningkat menjadi 68,29%. Sedangkan motivasi siswa dapat telihatv adanya peningkatan dari aktifitas belajar siswa. Siswa yang bertanya mencapai 31,70%, siswa yang menjawab pertanyaan mencapai 41,46%, siswa yang berpendapat mencapai 78,04%, siswa yang berdiskusi kelompok dengan baik mencapai 92,68, siswa yang mengerjakan soal secara mandiri mencapai 85,36%.
Baca lebih lanjut

19 Baca lebih lajut

PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW PADA KELAS V SD BAWAMAI ARTIKEL PENELITIAN

PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW PADA KELAS V SD BAWAMAI ARTIKEL PENELITIAN

hanya berorientasi pada penguasaan teori, hafalan, dan selera guru sehingga meyebabkan kemampuan siswa tidak dapat berkembang secara optimal dan utuh. Akibatnya proses pendidikan menjadi rutin, tidak menarik, dan kurang mampu memupuk kreativitas siswa untuk belajar secara efektif. Konsep mengajar yang demikian tuntunannya sangat sederhana, yaitu asal paham informasi yang akan diajarkan kepada siswa, maka ia dapat dikatakan menjadi seorang guru. Tetapi menjadi seorang guru bukanlah demikian, mengajar bukan hanya sekedar menyampaikan materi pelajaran, akan tetapi suatu proses mengubah perilaku siswa sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Oleh sebab itu dalam proses mengajar diharapkan kegiatan yang dapat membimbing siswa agar berkembang sesuai dengan perkembangannya, melatih keterampilan motorik maupun intelektualnya sehingga dapat membentuk siswa yang memiliki kemampuan inovatif dan kreatif. Suryanto dan Hisyam (2000 : 70) menyatakan dalam skala mikro proses pembelajaran dihampir semua jenjang pendidikan hanya memusatkan perhatiannya pada kemampuan otak kiri peserta didik. Sebaliknya, kemampuan otak kanan kurang ditumbuh kembangkan secara sistematis. Kondisi itu menyebabkan pendidikan nasional tidak mampu menghasilkan orang-orang yang mandiri, kreatif, memiiki self awareness, dan orang-orang yang mampu berkomunikasi secara baik dengan lingkungan fisik dan sosial dalam komunitas kehidupannya.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

Peningkatan Hasil Belajar PKN SD melalui Stategi Crossword Puzzle

Peningkatan Hasil Belajar PKN SD melalui Stategi Crossword Puzzle

Hasil belajar dapat dijelaskan dengan memahami dua kata yang mem bentuknya, yaitu “hasil” dan “belajar”. Pengertian hasil (produk) menunjuk pada suatu perolehan akibat dilakukannya suatu aktivitas atau proses yang mengakibatkan berubahnya input secara fungsional sedangkan belajar merupakan usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku. Belajar merupakan suatu proses yang terarah kepada pencapaian tujuan atau kompetensi yang telah ditentukan (Purwanto, 2009:44). Belajar juga dapat diartikan sebagai suatu proses, artinya dalam belajar akan terjadi proseslihat, membuat, mengamati, menyelesaikan masalah atau persoalan, menyimak dan latihan (Anisah, dkk., 2011:25). Hasil belajar adalah kemampuan- kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya (Sudjana, 2010:22). Ketika pembelajaran berakhir, maka siswa memperoleh hasil belajar. Hasil belajar merupakan hasil dari interaksi kegiatan belajar mengajar (Dimyati, 2010:3).
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

Peningkatan Hasil Belajar PKn Materi Globalisasi Melalui Pembelajaran Kooperatif Teknik Make A Match Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Dawuan Kabupaten Cirebon

Peningkatan Hasil Belajar PKn Materi Globalisasi Melalui Pembelajaran Kooperatif Teknik Make A Match Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Dawuan Kabupaten Cirebon

dilakukan dengan baik. Di dalamnya terdapat kegiatan memulai kegiatan pembelajaran, melaksanakan jenis kegiatan yang sesuai dengan tujuan, siswa, situasi, dan lingkungan, melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan urutan yang logis baik secara individual, kelompok atau klasikal, serta dapat mengelola waktu pembelajaran secara efisien. Dalam pengelolaan interaksi kelas, guru memberikan petunjuk dan penjelasan yang berkaitan dengan isi pembelajaran, menanggapi pertanyaan dan respon siswa, menggunakan ekspresi lisan, tulisan, isyarat dan gerakan badan, memicu dan memelihara keterlibatan siswa dan memantapkan penguasaan materi pembelajaran dengan cukup baik. Guru sudah dapat bersikap terbuka dan luwes serta membantu mengembangkan sikap positif siswa terhadap belajar dengan sangat baik. Di dalamnya terdapat tindakan guru menunjukkan sikap ramah, hangat, luwes, terbuka, penuh perhatian dan sabar kepada siswa, menunjukkan kegairahan belajar, mengembangkan hubungan antarpribadi yang sehat dan serasi, membantu siswa menyadari kelebihan dan kekurangannya, serta membantu siswa menumbuhkan kepercayaan diri.
Baca lebih lanjut

186 Baca lebih lajut

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MATERI KE

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MATERI KE

bernegara . Apabila hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn rendah, maka akan berpengaruh pada rendahnya moral dan wawasan siswa terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara. Kondisi yang demikian tentu akan sangat berpengaruh terhadap rendahnya hasil belajar siswa. Jika kondisi seperti ini tidak secepatnya ditanggulangi, maka sangat mungkin kualitas sekolah akan menjadi menurun, karena salah satu indikator keberhasilan sekolah adalah mampu mencetak lulusan yang baik.

11 Baca lebih lajut

KEEFEKTIFAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN  MATERI KEPUTUSAN BERSAMA SISWA KELAS V SDN PONCOL 01 PEKALONGAN

KEEFEKTIFAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN MATERI KEPUTUSAN BERSAMA SISWA KELAS V SDN PONCOL 01 PEKALONGAN

Saputri, Indriyana. 2016. Keefektifan Metode Role Playing terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Materi Keputusan Bersama Siswa Kelas V SDN Poncol 01 Pekalongan. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang. Susilo Tri Widodo, S.Pd, M.H. dan Dra. Florentina Widihastrini, M.Pd. Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) bertujuan meningkatkan kesadaran dan wawasan akan status, hak dan kewajiban dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Berdasarkan pra penelitian di kelas V SDN Poncol 01 Pekalongan diperoleh informasi bahwa pembelajaran PKn dilaksanakan dengan metode ceramah dan tanya jawab, siswa cenderung pasif dan hasil belajar siswa kurang optimal. Rumusan masalah penelitian ini yaitu apakah metode role playing lebih efektif dibandingkan dengan metode ceramah dan tanya jawab terhadap hasil belajar PKn materi keputusan bersama dan bagaimanakah aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran PKn materi keputusan bersama dengan metode role playing di kelas V SDN Poncol 01 Pekalongan? Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan metode role playing dibandingkan dengan metode ceramah dan tanya jawab terhadap hasil belajar PKn materi keputusan bersama dan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran PKn materi keputusan bersama dengan metode role playing di kelas V SDN Poncol 01 Pekalongan.
Baca lebih lanjut

95 Baca lebih lajut

Welcome to Repositori Universitas Muria Kudus  Repositori Universitas Muria Kudus

Welcome to Repositori Universitas Muria Kudus Repositori Universitas Muria Kudus

Pambudi, Afrizal Bayu. 2017. Peningkatan Hasil Belajar PKn Melalui Model Pembelajaran Make A Match Pada Siswa Kelas IV SDN 03 Bugel Kedung Jepara. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Pendidikan, Universitas Muria Kudus. Pembimbing: (I) Drs. Moh. Kanzunnudin, M.Pd., (II) Santoso, S.Pd., M.Pd.

20 Baca lebih lajut

NASKAH PUBLIKASI  Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Menghargai Keputusan Bersama Melalui Strategi Debat Aktif Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Jipangan PKn Materi Tahun Pelajaran 2011/2012 Boyolali.

NASKAH PUBLIKASI Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Menghargai Keputusan Bersama Melalui Strategi Debat Aktif Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Jipangan PKn Materi Tahun Pelajaran 2011/2012 Boyolali.

Berdasarkan hasil penelitia dapat disimpulkan strategi debat aktif dapat meningkatkan hasil belajar PKn meteri menghargai keputusan bersama pada kelas V SD Negeri 1 Jipangan. Hal ini dapat dilihat dari penigkakan keaktifan dan kerja sama siswa, peningkatan hasil belajar tampak pada hasil nilai dalam pra siklus, siklus I dan siklus II. Pada pra siklus siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM yaitu sebanyak 8 siswa atau sebesar 50 % dari keseluruhan 16 siswa. Kemudian pada siklus I meningkat sebesar 18,75% siswa yang mendapat nilai di atas KKM yaitu sebanyak 11 siswa atau sebesar 68,75% dari keseluruhan 16 siswa dan pada siklus II meningkat sebesar 12,5% siswa yang mendapat nilai di atas KKM yaitu sebanyak 13 siswa atau sebesar 81,25% dari keseluruhan 16 siswa.
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKnMATERIMENGHARGAIKEPUTUSAN  Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Menghargai Keputusan Bersama Melalui Strategi Debat Aktif Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Jipangan PKn Materi Tahun Pelajaran 2011/2012 Boyolali.

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKnMATERIMENGHARGAIKEPUTUSAN Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Menghargai Keputusan Bersama Melalui Strategi Debat Aktif Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Jipangan PKn Materi Tahun Pelajaran 2011/2012 Boyolali.

Hasil penelitian adalah adanya peningkatan hasil belajar PKn materi menghargai keputusan bersama melalui strategi debat aktif pada siswa kelas V, peningkatan hasil belajar ditandai dengan peningkatan jumlah siswa yang mencapai nilai ketuntasan dari prasiklus, siklus I hingga siklus II. Pada pra siklus jumlah siswa yang mencapai nilai KKM adalah sebanyak 50% dari jumlah siswa kelas V meningkat 18,75% pada siklus I menjadi 68,75%, pada siklus II siswa yang mencapai KKM yaitu sebanyak 81,25% atau meningkat sebesar 12,5% dari siklus I.
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN - Institutional Repository | Satya Wacana Christian University: Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) dengan Pembelajaran Konvensional Ditinjau dari Hasil Belajar Ranah Afektif pa

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN - Institutional Repository | Satya Wacana Christian University: Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) dengan Pembelajaran Konvensional Ditinjau dari Hasil Belajar Ranah Afektif pa

Dukungan terhadap temuan hasil penelitian ini, tidak hanya N. L. P. Eka Agustini, Ndara Tanggu Renda, dan I Nyoman Murda (2015); Kd. Dewi Anggarini, I Nym. Murda, I Wyn. Sudiana (2013); dan Si Ayu Sri Wahyuni, Ni Nyn. Ganing, I Md. Suara (2013); keampuhan model pembelajaran VCT juga telah dibuktikan oleh Mursetyadi Yuli Sadono dan Muhsinatun Siasah Masruri (2014), hasil penelitiannya menunjukkan bahwa model pembelajaran VCT efektif dalam pembelajaran penanaman nilai. Sejalan dengan Mursetyadi Yuli Sadono dan Muhsinatun Siasah Masruri (2014), Dewa Ayu, I Made Suara, I Gede Meter (2014), membuktikan bahwa model pembelajaran VCT berpengaruh dan signifikan terhadap hasil belajar PKn.
Baca lebih lanjut

28 Baca lebih lajut

Welcome to Repositori Universitas Muria Kudus - Repositori Universitas Muria Kudus

Welcome to Repositori Universitas Muria Kudus - Repositori Universitas Muria Kudus

Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri atas dua pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV Batukali. Jumlah siswa sebanyak 25 orang. Variabel penelitian ini model pembelajaran Jigsaw dan hasil belajar PKn materi globalisasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif.

24 Baca lebih lajut

PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA DI KELAS V SD NEGERI NO. 064978 MEDAN DENAI.

PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA DI KELAS V SD NEGERI NO. 064978 MEDAN DENAI.

Pembelajaran PKn bersifat abstrak membuat siswa merasa bosan dalam mengikuti proses pembelajaran, maka diperlukan pendekatan pembelajaran yang dapat memotivasi siswa sehingga hasil belajar PKn siswa dapat meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Pengaruh pendekatan pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar PKn siswa di kelas V SD Negeri 064978 Medan Denai; (2) Hasil belajar PKn siswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah di kelas V SD Negeri 064978 Medan Denai; dan (3) Interaksi antara pendekatan pembelajaran berbasis masalah dan motivasi belajar terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 064978 Medan Denai. Penelitian berbentuk Quasi Experiment dengan desain faktorial 2x2. Instrumen yang digunakan yaitu angket motivasi dan tes hasil belajar. Analisis data menggunakan analisis varians dan uji tukey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar PKn siswa di kelas V SD Negeri 064978 Medan Denai; (2) Hasil belajar PKn siswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi lebih baik dari siswa yang mempunyai motivasi belajar rendah di kelas V SD Negeri 064978 Medan Denai; dan (3) Terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran berbasis masalah dan motivasi belajar terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 064978 Medan Denai.
Baca lebih lanjut

27 Baca lebih lajut

Welcome to Repositori Universitas Muria Kudus - Repositori Universitas Muria Kudus

Welcome to Repositori Universitas Muria Kudus - Repositori Universitas Muria Kudus

Model pembelajaran Make A Match merupakan model pembelajaran yang menekankan siswa untuk aktif dalam memilih jawaban dari kartu soal maupun kartu jawaban yang dipegangnya.Media grafis merupakan media yang menyajikan suatu ide atau gagasan yang dapat memperjelas dalam penyajian materi pelajaran. Hasil belajar merupakan perubahan tingkah laku seseorang setelah mengalami proses pembelajaran yang meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Hipotesis tindakan yang diajukan adalah hasil belajar PKn, keterampilan guru dan aktivitas belajar siswa dengan diterapkannya model Make A Match pada kelas IV SD 3 Mayong Lor dapat meningkat.
Baca lebih lanjut

21 Baca lebih lajut

Welcome to Repositori Universitas Muria Kudus - Repositori Universitas Muria Kudus

Welcome to Repositori Universitas Muria Kudus - Repositori Universitas Muria Kudus

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas IV SD 2 Karangampel Kudus dengan subjek penelitian 17 siswa dan guru yang berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari duapertemuan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Inside Outside Circle, sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar PKn materi globalisasi. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes dan dokumentasi.Data yang diperoleh dari tindakan yang dilakukan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif.

20 Baca lebih lajut

Welcome to Repositori Universitas Muria Kudus - Repositori Universitas Muria Kudus

Welcome to Repositori Universitas Muria Kudus - Repositori Universitas Muria Kudus

Alhamdulillah, segala puji syukur bagi Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, taufik, hidayah, serta inayah-Nya, sehingga peneliti dapat menyelesaikan skripsi dengan jud ul “Peningkatan Hasil Belajar PKn Melalui Model Example Non Example Bagi Siswa Kelas V SD I Jatibarat Jepara” . Sholawat serta salam selalu terlimpah pada junjungan Nabi Agung Muhammad SAW hingga akhir zaman. Skripsi ini disusun guna memenuhi salah satu persyaratan peneliti dalam memperoleh gelar sarjana pendidikan S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar di Fakultas Keguruan Universitas Muria Kudus.
Baca lebih lanjut

26 Baca lebih lajut

Welcome to Repositori Universitas Muria Kudus - Repositori Universitas Muria Kudus

Welcome to Repositori Universitas Muria Kudus - Repositori Universitas Muria Kudus

Hubungan Antara Keterampilan Dasar Guru Dalam Mengajar Dengan Hasil Belajar PKn Siswa.. Universitas Negeri Jakarta.[r]

4 Baca lebih lajut

Welcome to Repositori Universitas Muria Kudus - Repositori Universitas Muria Kudus

Welcome to Repositori Universitas Muria Kudus - Repositori Universitas Muria Kudus

Hubungan Antara Keterampilan Dasar Guru Dalam Mengajar Dengan Hasil Belajar PKn Siswa.. Universitas Negeri Jakarta.[r]

4 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...